Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 03 Juli 2012

SILABUS PEMBELAJARAN

                                                  SILABUS PEMBELAJARAN



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : SD 1 ARGAMAKMUR

Mata Pelajaran                      : MATEMATIKA 6A

Kelas/Program                      : VI    

Semester         : 1 (satu)

Alokasi Waktu                       : 18 x 35 menit
Standar Kompetensi             : 1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1.Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK




OPERASI HITUNG BILANGAN

Sifat-Sifat Operasi Hitung
o Pengerjaan Hitung Campuran
(Hlm. 2)

o Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK
(Hlm. 4)



1.Memahami langkah pengerjaan soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi hitung


 






2.Memahami contoh soal Hlm. 2
3.Mengerjakan latihan 1 dan 2  Hlm. 3
4.Memahami cara mencari faktor prima suatu bilangan







5.Mengerjakan latihan 4, 5 Hlm. 5
6.Mengerjakan latihan 12 dan 13. Hlm. 17
7.Mengerjakan latihan 13. no ganjil Hlm. 17


o  Melakukan pekerjaan hitung campuran

o  Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan


Tugas Individu





Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan 1, 2 
Hlm.3

latihan 6, 7 Hlm.4

latihan 12 dan 13. Hlm. 17

latihan 13. no ganjil Hlm. 17

6 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 6A

  

Alat:
-  Buku


1.2.Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik

OPERASI HITUNG BILANGAN

Akar Pangkat Tiga
o Arti pangkat tiga suatu bilangan

o Mencari hasil pangkat tiga suatu bilangan

o  Memahami bilangan berpangkat dua, tiga, empat dan seterusnya
o  Memahami contoh hl. 20
o  Memahami latihan 1 dan 2  Hlm. 21
o  Memahami mencongak Hlm.22 sebagai pekerjaan rumah Menjelaskan volumu kubus
o  Menjelaskan contoh soal Hlm. 22 dan 23
o  Menugaskan mengerjakan latihan 3 Hlm.22, latihan 4 Hlm. 23
o  Menjelaskan akar pangkat tiga suatu bilangan
o  Menjelaskan contoh soal Hlm. 25
o  Mengerjakan latihan 6. no ganjil Hlm. 26
o  Mengerjakan latihan 6 no genap Hlm. 26 dan latihan 7


o  Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkar tiga suatu bilangan


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah




latihan 1 dan 2  Hlm. 21

latihan 3 Hlm.22,

latihan 4 Hlm. 23

latihan 6. no ganjil Hlm. 26

latihan 6 no genap Hlm. 26

latihan 7

6 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 6A

 

Alat:
-   



si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


1.3.Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

OPERASI HITUNG BILANGAN
Akar Pangkat Tiga
o Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
(Hlm. 27)

o  Mmahami contoh Hlm. 27
o  Mengerjakan latihan 8 s.d 11
o  Mengerjakan Uji Kompetensi Bab 1 Hlm 30


o  Menghitung operasi pada bilangan berpangkat

Tugas Individu








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif




Latihan 8
Hlm. 27
latihan 9  Hlm. 27
latihan 11 Hlm. 29
Uji Kompetensi Bab 1 Hlm 30

6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )
 Semester                    : 1 (satu)
Alokasi Waktu                       : 16 x 30 menit
Standar Kompetensi             : 2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1.Mengenal satuan debit



PENGUKURAN

Mengenal debit (Hlm. 33)
o  Hubungan Jam, Menit dan Detik (Hlm. 33)
o  Hubungan antar satuan volume (Hlm. 36)


o  Memahami hubungan antara jam, menit dan detik
1 jam = 60 menit =  3600 detik
1 menit = 60 detik
o  Mengerjakan latihan 1 dan 2 
o  Memahami contoh dalam bentuk soal cerita
o  Mengerjakan latihan 3 Hlm. 34
o  Mengerjakan latihan 4 Hlm. 35
o  Mengerjakan mencongak Hlm. 36
o  Memahami dan menggunakan rumus untuk menghitung debit air
o  Mengerjakan latihan 1 Hlm. 44
o  Mengerjakan teka-teki silang cepat hitung Hlm. 45
o  Mengerjakan  latihan 4, 5 Hlm. 5

o  Menghitung hubungan jam, menit dan detik


Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan dari guru

Latihan 1, 2
Hlm. 33

Latihan 3
Hlm. 34

Latihan 4
Hlm. 35

Mencongak Hlm. 36

Latihan 1
Hlm. 44

Teka-teki silang cepat hitung
Hlm. 45


8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-  Dua botol susu plastik, jam tangan, paku ukuran besar dan sedang, spidol besar, air secukupnya


2.2.Menyelesai-kan masalah yang berkaitan dengan satuan debit

PENGUKURAN

Mengenal debit
o  Mengenal satuan debit (Hlm. 41)


o  Menjelaskan rumus untuk menghitung debit air
o  Menjelaskan contoh Hlm. 43
o  Menugaskan mengerjakan latihan 1 Hlm. 44
o  Menigaskan teka-teki silang cepat hitung Hlm. 45
o  Menugaskan mengerjakan latihan 4, 5 Hlm. 5
o  Menugaskan untuk mengerjakan uji kompetensi Bab 2. Hlm. 45


o  Menghitung masalah dengan rumus debit


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah


latihan 1
Hlm. 44

teka-teki silang cepat hitung Hlm. 45

latihan 4, 5
Hlm. 5

uji kompetensi Bab 2.
Hlm. 45


6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )



Mata Pelajaran                      : MATEMATIKA

Kelas/Program                      : VI

Semester                     : 1 (satu)

Alokasi Waktu                       : 24 x 30 menit
Standar Kompetensi             : 3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1.Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana


LUAS dan VOLUME

Luas segi banyak
o  Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang (Hlm. 50)

o  Luas Segi Banyak (Hlm. 55)


o  Menjelaskan luas jajaran genjang
Luas jajaran genjang = alas x tinggi
8.   Mempelajari contoh penyelesaian latihan 1 s.d 6
9.   Mengerjakan latihan 1 s.d 6
10.               
11.              Memahami bangun:
-    trapesium
-    Belah ketupat
-    Layang-layang
12.              Memahami luas segi banyak dengan membahas contoh soal
13.              Menyelesaikan soal segi banyak

o  Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang

o  Menghitung luas berbagai bangun datar


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1.
Hlm. 61

Latihan 3
Hlm. 54

Latihan 4.
Hlm. 55

Latihan 5.
Hlm. 56

Latihan 6.
Hlm. 58


8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-


3.2.Menghitung luas lingkaran



LUAS dan VOLUME

Luas Lingkaran
o  Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang (Hlm. 50)

o  Luas Segi Banyak (Hlm. 55)

o  Memahami dan mencatat luas lingkaran
o  Panjang jari-jari = ½ garis tengah
14.              Memahami contoh soal Hlm. 60, 61 dan 62
15.              Mengerjakan latihan 1 s.d 4
16.              Menuliskan hasil pekerjaan rumah secara bergantian

o  Menurunkan rumus luas lingkaran

o  Menghitung luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya, dan diameternya


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1
Hlm. 60

Latihan 2
Hlm. 61

Latihan 3
Hlm. 62

Latihan 4
Hlm. 63



8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:

3.3.Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran


LUAS dan VOLUME

Volume Prisma Segitiga dan Tabung Lingkaran
o  Menerapkan Rumus Volume Tabung Lingkaran (Hlm. 70)


17.                                                                                                  Memahami rumus volume bangun
-   Prisma segitiga :
Tabung ;
18.              mengerjakan latihan 1 s.d 9
19.              Memahami contoh soal Hlm. 70
20.              Membahas dan mengerjakan pekerjaan rumah di depan kelas
21.              Mengerjakan Uji kompetensi bab 3. Hlm. 77


o  Menurunkan rumus volume bangun ruang

o  Menghitung volume bangun ruang


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1
Hlm. 67

Latihan 2
Hlm. 68

Latihan 3, 4
Hlm. 54

Latihan 5
Hlm. 70

Latihan 6
Hlm. 73

Latihan 7
Hlm. 75

Latihan 8, 9
Uji kompetensi bab 3. Hlm. 77


























8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )

Mata Pelajaran                      : MATEMATIKA

Kelas/Program                      : VI

Semester                     : 1 (satu)

Alokasi Waktu                       : 20 x 30 menit
Standar Kompetensi             : 4. Mengumpulkan dan mengolah data

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1.Mengumpulkan dan membaca data




PENGOLAHAN DATA

Mengumpulkan dan membaca data
o  Menurunkan data (Hlm. 80)

o  Membaca data dalam tabel
(Hlm. 83)



22.              Menjelaskan contoh soal Hlm 80.
23.              Menugaskan mengerjakan kegiatan 1 s.d 4
24.              Memahami data pada pelemparan dadu.
25.              Menugaskan mengerjakan kegiatan 2 Hlm. 81
26.              Memahami data pelemparan mata uang logam.
27.              membaca data pada tabel


o  Mengumpulkan data banyak siswa, pelemparan dadu dan pelem[paran mata matauang logam

o  Mengumpulkan data nilai


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja






Kegiatan 1
Hlm. 80
Kegiatan 2
Hlm. 81
Kegiatan 3
Hlm. 82
Kegiatan 4
Hlm. 83
Latihan 1.
Hlm. 84
Latihan 2, 3.
Hlm. 85


6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   



4.2.Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel


PENGOLAHAN DATA
Mengolah dan Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel
o  Mengurutkan abel Tabel (Hlm. 86)
o  Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel (Hlm. 86)

o  Memahami cara mengurutkan data Hlm. 86
o  Menyajikan data dalam bentuk tabel data Hlm. 87
o  Mengerjakan latihan 1. Hlm. 88
o  Mengerjakan tugas hlm. 89
o  Mengerjakan latihan 2. Hlm. 89


o  Mengurutkan data dan menyajikan data dalam bentuk tabel


Tugas Individu




Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif




Latihan 1.
Hlm. 88

Latihan 2.
Hlm. 89


4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   



4.3.Menafsirkan sajian data



PENGOLAHAN DATA

Menafsirkan sajian data
o  Menentukan data dengan ukuran tertentu (Hlm. 92)
o  Menentukan data terbesar dan terkecil (Hlm. 93)
o  Menentukan rata-rata (Hlm. 94)
o  Modus (Hlm. 97


o  Menjelaskan kegunaan data yang suduh diurutkan
o  Mempelajari contoh soal Hlm. 92 dan 93 berkaitan dengan data dengan ukuran tertentu dan besar kecilnya data
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 3
o  Mempelajari contoh soal Hlm. 95 berkaitan dengan nilai rata-rata
o  Mempelajari contoh soal Hlm. 97
o  Mengerjakan uji kompetensi Bab 4. Hlm. 99


o  Menentukan data dengan ukuran tertentu, terbesar dan terkecil

o  Menghitung nilai rata-rata dan data yang paling banyak keluar


Tugas Individu




Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif




Latihan 1.
Hlm. 93

Latihan 2.
Hlm. 95

Latihan 3.
Hlm. 97

Uji kompetensi Bab 4. Hlm. 99


10 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 6A



Alat:
-   


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



EDY SUSILO,S.Pd.

Juli 20011 
Guru Mapel Matematika



HARYANI,S.Pd.sd


Tidak ada komentar :