SILABUS PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 6A
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Standar Kompetensi : 1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
1.1.Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK | OPERASI HITUNG BILANGAN Sifat-Sifat Operasi Hitung o Pengerjaan Hitung Campuran (Hlm. 2) o Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK (Hlm. 4) | 1.Memahami langkah pengerjaan soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi hitung
2.Memahami contoh soal Hlm. 2 3.Mengerjakan latihan 1 dan 2 Hlm. 3 4. ![]() 5.Mengerjakan latihan 4, 5 Hlm. 5 6.Mengerjakan latihan 12 dan 13. Hlm. 17 7.Mengerjakan latihan 13. no ganjil Hlm. 17 | o Melakukan pekerjaan hitung campuran o Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1, 2 Hlm.3 latihan 6, 7 Hlm.4 latihan 12 dan 13. Hlm. 17 latihan 13. no ganjil Hlm. 17 | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: - Buku | |||
1.2.Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik | OPERASI HITUNG BILANGAN Akar Pangkat Tiga o Arti pangkat tiga suatu bilangan o Mencari hasil pangkat tiga suatu bilangan | o Memahami bilangan berpangkat dua, tiga, empat dan seterusnya o Memahami contoh hl. 20 o Memahami latihan 1 dan 2 Hlm. 21 o Memahami mencongak Hlm.22 sebagai pekerjaan rumah Menjelaskan volumu kubus o Menjelaskan contoh soal Hlm. 22 dan 23 o Menugaskan mengerjakan latihan 3 Hlm.22, latihan 4 Hlm. 23 o Menjelaskan akar pangkat tiga suatu bilangan o Menjelaskan contoh soal Hlm. 25 o Mengerjakan latihan 6. no ganjil Hlm. 26 o Mengerjakan latihan 6 no genap Hlm. 26 dan latihan 7 | o Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkar tiga suatu bilangan | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | latihan 1 dan 2 Hlm. 21 latihan 3 Hlm.22, latihan 4 Hlm. 23 latihan 6. no ganjil Hlm. 26 latihan 6 no genap Hlm. 26 latihan 7 | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: - | |||
1.3.Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat | OPERASI HITUNG BILANGAN Akar Pangkat Tiga o Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat (Hlm. 27) | o Mmahami contoh Hlm. 27 o Mengerjakan latihan 8 s.d 11 o Mengerjakan Uji Kompetensi Bab 1 Hlm 30 | o Menghitung operasi pada bilangan berpangkat | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah Uraian Objektif | Latihan 8 Hlm. 27 latihan 9 Hlm. 27 latihan 11 Hlm. 29 Uji Kompetensi Bab 1 Hlm 30 | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: - | |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility ) |
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 16 x 30 menit
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1.Mengenal satuan debit | PENGUKURAN Mengenal debit (Hlm. 33) o Hubungan Jam, Menit dan Detik (Hlm. 33) o Hubungan antar satuan volume (Hlm. 36) | o Memahami hubungan antara jam, menit dan detik 1 jam = 60 menit = 3600 detik 1 menit = 60 detik o Mengerjakan latihan 1 dan 2 o Memahami contoh dalam bentuk soal cerita o Mengerjakan latihan 3 Hlm. 34 o Mengerjakan latihan 4 Hlm. 35 o Mengerjakan mencongak Hlm. 36 o Memahami dan menggunakan rumus untuk menghitung debit air ![]() o Mengerjakan latihan 1 Hlm. 44 o Mengerjakan teka-teki silang cepat hitung Hlm. 45 o Mengerjakan latihan 4, 5 Hlm. 5 | o Menghitung hubungan jam, menit dan detik | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru Latihan 1, 2 Hlm. 33 Latihan 3 Hlm. 34 Latihan 4 Hlm. 35 Mencongak Hlm. 36 Latihan 1 Hlm. 44 Teka-teki silang cepat hitung Hlm. 45 | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: - Dua botol susu plastik, jam tangan, paku ukuran besar dan sedang, spidol besar, air secukupnya |
2.2.Menyelesai-kan masalah yang berkaitan dengan satuan debit | PENGUKURAN Mengenal debit o Mengenal satuan debit (Hlm. 41) | o Menjelaskan rumus untuk menghitung debit air ![]() o Menjelaskan contoh Hlm. 43 o Menugaskan mengerjakan latihan 1 Hlm. 44 o Menigaskan teka-teki silang cepat hitung Hlm. 45 o Menugaskan mengerjakan latihan 4, 5 Hlm. 5 o Menugaskan untuk mengerjakan uji kompetensi Bab 2. Hlm. 45 | o Menghitung masalah dengan rumus debit | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | latihan 1 Hlm. 44 teka-teki silang cepat hitung Hlm. 45 latihan 4, 5 Hlm. 5 uji kompetensi Bab 2. Hlm. 45 | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: - |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility ) |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 24 x 30 menit
Standar Kompetensi : 3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1.Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana | LUAS dan VOLUME Luas segi banyak o Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang (Hlm. 50) o Luas Segi Banyak (Hlm. 55) | o Menjelaskan luas jajaran genjang Luas jajaran genjang = alas x tinggi 8. Mempelajari contoh penyelesaian latihan 1 s.d 6 9. Mengerjakan latihan 1 s.d 6 10. 11. Memahami bangun: - trapesium - Belah ketupat - Layang-layang 12. Memahami luas segi banyak dengan membahas contoh soal 13. Menyelesaikan soal segi banyak | o Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang o Menghitung luas berbagai bangun datar | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1. Hlm. 61 Latihan 3 Hlm. 54 Latihan 4. Hlm. 55 Latihan 5. Hlm. 56 Latihan 6. Hlm. 58 | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: - |
3.2.Menghitung luas lingkaran | LUAS dan VOLUME Luas Lingkaran o Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang (Hlm. 50) o Luas Segi Banyak (Hlm. 55) | o Memahami dan mencatat luas lingkaran o Panjang jari-jari = ½ garis tengah 14. Memahami contoh soal Hlm. 60, 61 dan 62 15. Mengerjakan latihan 1 s.d 4 16. Menuliskan hasil pekerjaan rumah secara bergantian ![]() | o Menurunkan rumus luas lingkaran o Menghitung luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya, dan diameternya | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1 Hlm. 60 Latihan 2 Hlm. 61 Latihan 3 Hlm. 62 Latihan 4 Hlm. 63 | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: |
3.3.Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran | LUAS dan VOLUME Volume Prisma Segitiga dan Tabung Lingkaran o Menerapkan Rumus Volume Tabung Lingkaran (Hlm. 70) | 17. Memahami rumus volume bangun - Prisma segitiga : ![]() ![]() 18. mengerjakan latihan 1 s.d 9 19. Memahami contoh soal Hlm. 70 20. Membahas dan mengerjakan pekerjaan rumah di depan kelas 21. Mengerjakan Uji kompetensi bab 3. Hlm. 77 | o Menurunkan rumus volume bangun ruang o Menghitung volume bangun ruang | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1 Hlm. 67 Latihan 2 Hlm. 68 Latihan 3, 4 Hlm. 54 Latihan 5 Hlm. 70 Latihan 6 Hlm. 73 Latihan 7 Hlm. 75 Latihan 8, 9 Uji kompetensi bab 3. Hlm. 77 | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: - |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility ) |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 20 x 30 menit
Standar Kompetensi : 4. Mengumpulkan dan mengolah data
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1.Mengumpulkan dan membaca data | PENGOLAHAN DATA Mengumpulkan dan membaca data o Menurunkan data (Hlm. 80) o Membaca data dalam tabel (Hlm. 83) | 22. Menjelaskan contoh soal Hlm 80. 23. Menugaskan mengerjakan kegiatan 1 s.d 4 24. Memahami data pada pelemparan dadu. 25. Menugaskan mengerjakan kegiatan 2 Hlm. 81 26. Memahami data pelemparan mata uang logam. 27. membaca data pada tabel | o Mengumpulkan data banyak siswa, pelemparan dadu dan pelem[paran mata matauang logam o Mengumpulkan data nilai | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja | Kegiatan 1 Hlm. 80 Kegiatan 2 Hlm. 81 Kegiatan 3 Hlm. 82 Kegiatan 4 Hlm. 83 Latihan 1. Hlm. 84 Latihan 2, 3. Hlm. 85 | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: - |
4.2.Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel | PENGOLAHAN DATA Mengolah dan Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel o Mengurutkan abel Tabel (Hlm. 86) o Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel (Hlm. 86) | o Memahami cara mengurutkan data Hlm. 86 o Menyajikan data dalam bentuk tabel data Hlm. 87 o Mengerjakan latihan 1. Hlm. 88 o Mengerjakan tugas hlm. 89 o Mengerjakan latihan 2. Hlm. 89 | o Mengurutkan data dan menyajikan data dalam bentuk tabel | Tugas Individu | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Latihan 1. Hlm. 88 Latihan 2. Hlm. 89 | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: - |
4.3.Menafsirkan sajian data | PENGOLAHAN DATA Menafsirkan sajian data o Menentukan data dengan ukuran tertentu (Hlm. 92) o Menentukan data terbesar dan terkecil (Hlm. 93) o Menentukan rata-rata (Hlm. 94) o Modus (Hlm. 97 | o Menjelaskan kegunaan data yang suduh diurutkan o Mempelajari contoh soal Hlm. 92 dan 93 berkaitan dengan data dengan ukuran tertentu dan besar kecilnya data o Mengerjakan latihan 1 s.d 3 o Mempelajari contoh soal Hlm. 95 berkaitan dengan nilai rata-rata o Mempelajari contoh soal Hlm. 97 o Mengerjakan uji kompetensi Bab 4. Hlm. 99 | o Menentukan data dengan ukuran tertentu, terbesar dan terkecil o Menghitung nilai rata-rata dan data yang paling banyak keluar | Tugas Individu | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Latihan 1. Hlm. 93 Latihan 2. Hlm. 95 Latihan 3. Hlm. 97 Uji kompetensi Bab 4. Hlm. 99 | 10 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 6A Alat: - |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... EDY SUSILO,S.Pd. | | Juli 20011 Guru Mapel Matematika HARYANI,S.Pd.sd |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar