Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 02 Agustus 2012

SILABUS PLH KELAS 6

                                                               SILABUS PLH KELAS VI



SILABUS

Nama Sekolah            :   
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Kelas / Semester        :  VI /  I
Standar Kompetensi   :  1. Menerapkan Kebersihan, Kesehatan, dan Keindahan di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat
           
Kompetensi Dasar
Materi  Pembelajaran
..Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menjelaskan Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

Materi Pokok
Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun (CTPS)

Materi Pembelajaran
Waktu tepat mencuci tangan pakai sabun (CTPS):
1.     sebelum makan
2.     setelah buang air besar
3.     sebelum memgang bayi
4.     setelah menceboki bayi
5.     sebelum menyiapkan makanan
Cara cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang tepat :
1.     basuh kedua tangan dengan air yang mengalir
2.     gosok kedua permukaan tangan dengan sabun seperti bersalaman
3.     gosok sela-sela jari hingga kuku
4.     bilas kedua tangan dengan air yang mengalir
5.     keringkan tangan dengan lap bersih dan kering



Berdiskusi tentang bahaya penyakit yang muncul diakibatkan karena tidak mencuci tangan pakai sabun (CTPS)

Berdiskusi tentang waktu-waktu yang tepat melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) serta manfaat melakukannya


Peserta didik mempraktekkan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan benar






§  Menyebutkan waktu-waktu tepat cuci tangan pakai sabun (CTPS)
§  Menjelaskan cara-cara yang tepat ketika mencuci tangan pakai sabun (CTPS)








Tertulis
Proses
















2 x 35 menit

Buku Pendidikan Lingkungan Hidup

Buku sumber lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran

Tempat Cuci Tangan dengan kran air
Sabun
Lap kering















1.2. Menyenangi Kehidupan yang Bersih, Sehat, dan Indah di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

Materi Pokok
Menyenangi  Kehidupan yang sehat, indah di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

Materi Pembelajaran
Membuat slogan-slogan atau simbol-simbol untuk mengajak orang mencintai kebersihan, kesehatan,  dan keindahan lingkungan

Peserta didik menentukan judul kalimat untuk slogan/simbol yang bertema kebersihan, kesehatan, dan keindahan

Peserta didik menginventarisir kebutuhan alat dan bahan yang diperlukan

Peserta didik membuat slogan atau simbol yang dapat dipajang

Peserta didik meletakkan slogan/simbol di tempat umum dan lingkungan yang dibaca orang
Mengampanyekan kehidupan bersih, sehat, dan indah
Unjuk Kerja
2 x 35  menit
Buku Pendidikan Lingkungan Hidup

Papan kayu, spon, cat, pengait

Gunting, kuas, ampelas kayu, lem kayu.
1.3. Melaksanakan Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah di Lingkungan Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

Materi Pokok
Berlaku sehat, Bersih, dan Indah di Lingkungan Rumah, Sekolah, dan Masyarakat 

Materi Pembelajaran
Membiasakan pola hidup sehat, bersih, dan indah di rumah

Membiasakan pola hidup sehat, bersih, dan indah di sekolah

Membiasakan pola hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan masyarakat



Mendiskusikan secara kelompok tentang perilaku yang harus dilakukan sebagai upaya berlaku hidup sehat, bersih, dan indah di rumah
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
Peserta didik membuat daftar kegiatan yang dilakukan di rumah sebagai upaya membiasakan pola hidup sehat, bersih, dan indah

Mendiskusikan secara kelompok perilaku yang harus dilakukan sebagai upaya berlaku hidup sehat, bersih, dan indah di  lingkungan sekolah
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
Peserta didik membuat daftar kegiatan yang dilakukan  sebagai upaya membiasakan pola hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan sekolah

Mendiskusikan secara kelompok perilaku yang harus dilakukan sebagai upaya berlaku hidup sehat, bersih, dan indah di  lingkungan masyarakat
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
Peserta didik membuat daftar kegiatan pengamatan di lingkungan masyarakat yang berkaitan dengan upaya membiasakan perilaku hidup sehat, bersih, dan indah

§  Menjelaskan perilaku hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan rumah






§  Menjelaskan perilaku hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan sekolah






§  Menjelaskan perilaku hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan masyarakat

Tertulis
Unjuk Kerja
Porto Folio
4 x 35 menit
Buku Pendidikan Lingkungan Hidup

Buku sumber lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran











SILABUS

Nama Sekolah            :   
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Kelas / Semester        :  VI /  I
Standar Kompetensi   :  2. Melakukan Pemeliharaan Lingkungan Biotik dan Abiotik 
           
Kompetensi Dasar
Materi  Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1. Menyebutkan jenis-jenis lingkungan biotik dan abiotik 

Materi Pokok
Lingkungan Biotik dan Abiotik

Materi Pembelajaran
Lingkungan biotik adalah lingkungan yang meliputi makhluk hidup
Lingkungan biotik terdiri atas tingkatan-tingkatan makhluk hidup berupa individu, populasi, komunitas, dan ekosistem   
Lingkungan abiotik merupakan lingkungan tak hidup yang tersusun atas faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah ekosistem.
Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah
suhu, sinar matahari, air, tanah, dan angin.



Peserta didik menyimak display berupa film/tampilan poster tentang kehidupan makhluk hidup atau lingkungan biotik yang terdiri atas individu, populasi, komunitas, dan ekosistem.

Peserta didik bertanya jawab seputar tampilan yang telah disaksikan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan guru.

Peserta didik berkelompok membuat contoh rangkaian ekosistem dari lingkungan biotik dan mempresentasikannya.


Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk menyebutkan faktor-faktor pengaruh dari lingkungan abiotik terhadap lingkungan biotik




Menjelaskan tentang  lingkungan biotik

Memberikan contoh lingkungan biotik berupa individu, populasi, komunitas, dan ekosistem di lingkungan sekitar.


Menggambarkan alur lingkungan biotik berupa ekosistem yang saling berhubungan

Menjelaskan tentang lingkungan abiotik

Menjelaskan pengaruh faktor lingkungan abiotik terhadap lingkungan biotik


Pengamatan
Lisan
Unjuk Kerja

4 x 35 menit

Buku Pendidikan Lingkungan Hidup

Buku sumber lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran

Video/CD tentang lingkungan biotik dan abiotik

2.2. Menyenangi Keindahan Lingkungan
Materi Pokok
Membuat taman kelas

Materi Pembelajaran
Memanfaatkan l  kelas untuk dijadikan taman kelas
Peserta didik diberikan penjelasan tentang manfaat taman bagi kehidupan

Peserta didik dibagi kelompok untuk membuat dan menggagas taman kelas

Peserta didik dibuat berkelompok untuk membuat taman kelas dengan tanaman-tanaman pot/hiasan,

Menciptakan lingkungan hijau di sekitar kelas
Unjuk Kerja
2 x 35 menit
Buku Pendidikan Lingkungan Hidup

Tanaman pot

Tanaman hias
2.3. Mempraktikan Cara Memelihara Lingkungan Biotik dan Abiotik

Materi Pokok
Memelihara Lingkungan Biotik dan Abiotik

Materi Pembelajaran
Upaya pemerintah untuk memelihara lingkungan biotik dan abiotik dengan membuat berbagai cara perlindungan seperti perlindungan alam umum, perlindungan alam dengan tujuan tertentu (perlindungan alam botani, zoologi, antropologi, suaka margasatwa, perlindungan ikan, geologi, dan pemandangan alam)

Pemberian penghargaan yang berkaitan dengan lingkungan : Adipura, Kalpataru

Mengamati Ekosistem Lingkungan

Membuat Sebuah Ekosistem Lingkungan
Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan tugas yang diberikan sebelumnya berupa upaya pemerintah dalam memelihara lingkungan biotik dan abiotik dengan diadakannya perlindungan-perlindungan terhadap lingkungan biotik dan abiotik

Peserta didik bertanya jawab dari pertanyaan yang disampaikan guru.

Peserta didik secara berkelompok pula menuliskan penghargaan-penghargaan yang diberikan dalam kaitan lingkungan hidup

Peserta didik melakukan pengamatan sebuah ekosistem lingkungan

Peserta didik membuat miniatur sebuah ekosistem berupa paludarium hiasan untuk akuarium
Menyebutkan upaya-upaya untuk memelihara lingkungan biotik dan abiotik

Melaporkan hasil sebuah pengamatan ekosistem sebuah  lingkungan

Membuat miniatur sebuah ekosistem
Porto Folio
Pengamatan
Unjuk Kerja
6 x 35 menit
Buku Pendidikan Lingkungan Hidup

Buku sumber lain yang relvan

Lembar Pengamatan Ekosistem Sebuah Lingkungan

Alat dan Bahan membuat paludarium dan hiasan akuarium
















SILABUS

Nama Sekolah            :   
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Kelas / Semester        :  VI /  I
Standar Kompetensi   :  3. Melakukan Penanggulangan Pencemaran Lingkungan dan Perusakan Lingkungan 
           
Kompetensi Dasar
Materi  Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1. Menyebutkan Cara-cara Penanggulangan Pencemaran dan Perusakan Lingkungan  

Materi Pokok
Penanggulangan Pencemaran Lingkungan dan Perusakan Lingkungan

Materi Pembelajaran
Bentuk pencemaran yang terjadi menyebabkan adanya pemanasan global.

Jenis-jenis pencemaran :
  1. Pencemaran Udara
  2. Pencemaran Air
  3. Pencemaran Tanah



Peserta didik menyimak tampilan/display VCD tentang bahaya pemanasan global bagi kehidupan manusia

Peserta didik berdiskusi secara kelompok menyebutkan langkah-langkah mengatasi pemanasan global

Dengan berdiskusi pula peserta didik menyebutkan kejadian-kejadian di lingkungan sekitar yang termasuk kegiatan  pencemaran dan perusakan lingkungan dan upaya pencegahannya





Menjelaskan dampak yang terjadi akbat pencemaran dan perusakan lingkungan




Memberikan contoh terjadinya pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah

Pengamatan
Tertulis

2 x 35 menit

Buku Pendidikan Lingkungan Hidup

Buku lain yang relevan

VCD tentang bahaya pemanasan global

Kliping tentang kejadian pencemaran dan perusakan lingkungan
3.2. Menyenangi Penanggulangan Pencemaran dan Perusakan Lingkungan 
Materi Pokok
Upaya Penanggulangan Pencemaran dan Perusakan Lingkungan

Materi Pembelajaran
Kegiatan untuk menghindari pencemaran:
1.  membersihkan lampu di rumah
2.  menggunakan lampu hemat listrik
3.  mengatur penggunaan listrik
4.  meminimalisasikan penggunaan AC
5.  mengurangi penggunaan mesin cuci
6.  bertanam pohon
7.  mengurangi emisi karbon pada kendaraan
8.  mengelola sampah
9.  menghemat air
10.          tidak melakukan penebangan pohon


Peserta didik membuat daftar kegiatan manusia yang dapat menimbulkan pencemaran dan perusakan lingkungan

Peserta didik berdiskusi secara kelompok menentukan upaya-upaya yang dapat dilakukan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat untuk menghindari pencemaran dan perusakan lingkungan
Menjelaskan upaya-upaya untuk menghindari pencemaran dan perusakan lingkungan
Unjuk kerja
Tertulis
2 x 35 menit
Buku Pendidikan Lingkungan Hidup

Buku lain yang relevan


3.3. Melakukan Penanggulangan Pencemaran dan Perusakan Lingkungan

Materi Pokok
Upaya penanggulangan pencemaran dan perusakan lingkungan
Materi Pembelajaran
Melakukan penanaman di lahan sempit






Melakukan penanaman di polibag dengan sistem infus 

Peserta didik dibagi secara berkelompok untuk membuat wadah tanaman guna melakukan penanaman di lahan sempit












Peserta didik secara berkelompok membuat penanaman tanaman tomat di polibag dengan sistem infus
Melakukan upaya penanggulangan pencemaran dan perusakan lingkungan

 Unjuk kerja





4 x 35 menit
Buku Pendidikan Lingkungan Hidup

Papan kayu dengan berbagai ukuran
Plastik berwarna hitam
Tanah Gembur
Benih tanaman sawi




Polibag ukuran besar, tanah gembur, benih tomat, botol bekas kemasan air, triplek dan papan kayu, palu, paku, selang infus, gunting, tali kasur.

1 komentar :

Guru Pembelajar mengatakan...

Assalamualaikum. salam kenal pak. boleh share juga Silabuh PLH semester 2 nya donk pak.terimakasih