SILABUS PLH KELAS VI
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Kelas / Semester : VI / I
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan Kebersihan, Kesehatan, dan Keindahan di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | ..Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1. Menjelaskan Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat | Materi Pokok Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) Materi Pembelajaran Waktu tepat mencuci tangan pakai sabun (CTPS): 1. sebelum makan 2. setelah buang air besar 3. sebelum memgang bayi 4. setelah menceboki bayi 5. sebelum menyiapkan makanan Cara cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang tepat : 1. basuh kedua tangan dengan air yang mengalir 2. gosok kedua permukaan tangan dengan sabun seperti bersalaman 3. gosok sela-sela jari hingga kuku 4. bilas kedua tangan dengan air yang mengalir 5. keringkan tangan dengan lap bersih dan kering | Berdiskusi tentang bahaya penyakit yang muncul diakibatkan karena tidak mencuci tangan pakai sabun (CTPS) Berdiskusi tentang waktu-waktu yang tepat melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) serta manfaat melakukannya Peserta didik mempraktekkan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan benar | § Menyebutkan waktu-waktu tepat cuci tangan pakai sabun (CTPS) § Menjelaskan cara-cara yang tepat ketika mencuci tangan pakai sabun (CTPS) | Tertulis Proses | 2 x 35 menit | Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Buku sumber lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran Tempat Cuci Tangan dengan kran air Sabun Lap kering |
1.2. Menyenangi Kehidupan yang Bersih, Sehat, dan Indah di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat | Materi Pokok Menyenangi Kehidupan yang sehat, indah di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat Materi Pembelajaran Membuat slogan-slogan atau simbol-simbol untuk mengajak orang mencintai kebersihan, kesehatan, dan keindahan lingkungan | Peserta didik menentukan judul kalimat untuk slogan/simbol yang bertema kebersihan, kesehatan, dan keindahan Peserta didik menginventarisir kebutuhan alat dan bahan yang diperlukan Peserta didik membuat slogan atau simbol yang dapat dipajang Peserta didik meletakkan slogan/simbol di tempat umum dan lingkungan yang dibaca orang | Mengampanyekan kehidupan bersih, sehat, dan indah | Unjuk Kerja | 2 x 35 menit | Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Papan kayu, spon, cat, pengait Gunting, kuas, ampelas kayu, lem kayu. |
1.3. Melaksanakan Pola Hidup Bersih, Sehat, dan Indah di Lingkungan Rumah, Sekolah, dan Masyarakat | Materi Pokok Berlaku sehat, Bersih, dan Indah di Lingkungan Rumah, Sekolah, dan Masyarakat Materi Pembelajaran Membiasakan pola hidup sehat, bersih, dan indah di rumah Membiasakan pola hidup sehat, bersih, dan indah di sekolah Membiasakan pola hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan masyarakat | Mendiskusikan secara kelompok tentang perilaku yang harus dilakukan sebagai upaya berlaku hidup sehat, bersih, dan indah di rumah Mempresentasikan hasil diskusi kelompok Peserta didik membuat daftar kegiatan yang dilakukan di rumah sebagai upaya membiasakan pola hidup sehat, bersih, dan indah Mendiskusikan secara kelompok perilaku yang harus dilakukan sebagai upaya berlaku hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan sekolah Mempresentasikan hasil diskusi kelompok Peserta didik membuat daftar kegiatan yang dilakukan sebagai upaya membiasakan pola hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan sekolah Mendiskusikan secara kelompok perilaku yang harus dilakukan sebagai upaya berlaku hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan masyarakat Mempresentasikan hasil diskusi kelompok Peserta didik membuat daftar kegiatan pengamatan di lingkungan masyarakat yang berkaitan dengan upaya membiasakan perilaku hidup sehat, bersih, dan indah | § Menjelaskan perilaku hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan rumah § Menjelaskan perilaku hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan sekolah § Menjelaskan perilaku hidup sehat, bersih, dan indah di lingkungan masyarakat | Tertulis Unjuk Kerja Porto Folio | 4 x 35 menit | Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Buku sumber lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran |
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Kelas / Semester : VI / I
Standar Kompetensi : 2. Melakukan Pemeliharaan Lingkungan Biotik dan Abiotik
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1. Menyebutkan jenis-jenis lingkungan biotik dan abiotik | Materi Pokok Lingkungan Biotik dan Abiotik Materi Pembelajaran Lingkungan biotik adalah lingkungan yang meliputi makhluk hidup Lingkungan biotik terdiri atas tingkatan-tingkatan makhluk hidup berupa individu, populasi, komunitas, dan ekosistem Lingkungan abiotik merupakan lingkungan tak hidup yang tersusun atas faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah ekosistem. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah suhu, sinar matahari, air, tanah, dan angin. | Peserta didik menyimak display berupa film/tampilan poster tentang kehidupan makhluk hidup atau lingkungan biotik yang terdiri atas individu, populasi, komunitas, dan ekosistem. Peserta didik bertanya jawab seputar tampilan yang telah disaksikan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan guru. Peserta didik berkelompok membuat contoh rangkaian ekosistem dari lingkungan biotik dan mempresentasikannya. Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk menyebutkan faktor-faktor pengaruh dari lingkungan abiotik terhadap lingkungan biotik | Menjelaskan tentang lingkungan biotik Memberikan contoh lingkungan biotik berupa individu, populasi, komunitas, dan ekosistem di lingkungan sekitar. Menggambarkan alur lingkungan biotik berupa ekosistem yang saling berhubungan Menjelaskan tentang lingkungan abiotik Menjelaskan pengaruh faktor lingkungan abiotik terhadap lingkungan biotik | Pengamatan Lisan Unjuk Kerja | 4 x 35 menit | Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Buku sumber lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran Video/CD tentang lingkungan biotik dan abiotik |
2.2. Menyenangi Keindahan Lingkungan | Materi Pokok Membuat taman kelas Materi Pembelajaran Memanfaatkan l kelas untuk dijadikan taman kelas | Peserta didik diberikan penjelasan tentang manfaat taman bagi kehidupan Peserta didik dibagi kelompok untuk membuat dan menggagas taman kelas Peserta didik dibuat berkelompok untuk membuat taman kelas dengan tanaman-tanaman pot/hiasan, | Menciptakan lingkungan hijau di sekitar kelas | Unjuk Kerja | 2 x 35 menit | Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Tanaman pot Tanaman hias |
2.3. Mempraktikan Cara Memelihara Lingkungan Biotik dan Abiotik | Materi Pokok Memelihara Lingkungan Biotik dan Abiotik Materi Pembelajaran Upaya pemerintah untuk memelihara lingkungan biotik dan abiotik dengan membuat berbagai cara perlindungan seperti perlindungan alam umum, perlindungan alam dengan tujuan tertentu (perlindungan alam botani, zoologi, antropologi, suaka margasatwa, perlindungan ikan, geologi, dan pemandangan alam) Pemberian penghargaan yang berkaitan dengan lingkungan : Adipura, Kalpataru Mengamati Ekosistem Lingkungan Membuat Sebuah Ekosistem Lingkungan | Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan tugas yang diberikan sebelumnya berupa upaya pemerintah dalam memelihara lingkungan biotik dan abiotik dengan diadakannya perlindungan-perlindungan terhadap lingkungan biotik dan abiotik Peserta didik bertanya jawab dari pertanyaan yang disampaikan guru. Peserta didik secara berkelompok pula menuliskan penghargaan-penghargaan yang diberikan dalam kaitan lingkungan hidup Peserta didik melakukan pengamatan sebuah ekosistem lingkungan Peserta didik membuat miniatur sebuah ekosistem berupa paludarium hiasan untuk akuarium | Menyebutkan upaya-upaya untuk memelihara lingkungan biotik dan abiotik Melaporkan hasil sebuah pengamatan ekosistem sebuah lingkungan Membuat miniatur sebuah ekosistem | Porto Folio Pengamatan Unjuk Kerja | 6 x 35 menit | Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Buku sumber lain yang relvan Lembar Pengamatan Ekosistem Sebuah Lingkungan Alat dan Bahan membuat paludarium dan hiasan akuarium |
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Kelas / Semester : VI / I
Standar Kompetensi : 3. Melakukan Penanggulangan Pencemaran Lingkungan dan Perusakan Lingkungan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1. Menyebutkan Cara-cara Penanggulangan Pencemaran dan Perusakan Lingkungan | Materi Pokok Penanggulangan Pencemaran Lingkungan dan Perusakan Lingkungan Materi Pembelajaran Bentuk pencemaran yang terjadi menyebabkan adanya pemanasan global. Jenis-jenis pencemaran :
| Peserta didik menyimak tampilan/display VCD tentang bahaya pemanasan global bagi kehidupan manusia Peserta didik berdiskusi secara kelompok menyebutkan langkah-langkah mengatasi pemanasan global Dengan berdiskusi pula peserta didik menyebutkan kejadian-kejadian di lingkungan sekitar yang termasuk kegiatan pencemaran dan perusakan lingkungan dan upaya pencegahannya | Menjelaskan dampak yang terjadi akbat pencemaran dan perusakan lingkungan Memberikan contoh terjadinya pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah | Pengamatan Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Buku lain yang relevan VCD tentang bahaya pemanasan global Kliping tentang kejadian pencemaran dan perusakan lingkungan |
3.2. Menyenangi Penanggulangan Pencemaran dan Perusakan Lingkungan | Materi Pokok Upaya Penanggulangan Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Materi Pembelajaran Kegiatan untuk menghindari pencemaran: 1. membersihkan lampu di rumah 2. menggunakan lampu hemat listrik 3. mengatur penggunaan listrik 4. meminimalisasikan penggunaan AC 5. mengurangi penggunaan mesin cuci 6. bertanam pohon 7. mengurangi emisi karbon pada kendaraan 8. mengelola sampah 9. menghemat air 10. tidak melakukan penebangan pohon | Peserta didik membuat daftar kegiatan manusia yang dapat menimbulkan pencemaran dan perusakan lingkungan Peserta didik berdiskusi secara kelompok menentukan upaya-upaya yang dapat dilakukan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat untuk menghindari pencemaran dan perusakan lingkungan | Menjelaskan upaya-upaya untuk menghindari pencemaran dan perusakan lingkungan | Unjuk kerja Tertulis | 2 x 35 menit | Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Buku lain yang relevan |
3.3. Melakukan Penanggulangan Pencemaran dan Perusakan Lingkungan | Materi Pokok Upaya penanggulangan pencemaran dan perusakan lingkungan Materi Pembelajaran Melakukan penanaman di lahan sempit Melakukan penanaman di polibag dengan sistem infus | Peserta didik dibagi secara berkelompok untuk membuat wadah tanaman guna melakukan penanaman di lahan sempit Peserta didik secara berkelompok membuat penanaman tanaman tomat di polibag dengan sistem infus | Melakukan upaya penanggulangan pencemaran dan perusakan lingkungan | Unjuk kerja | 4 x 35 menit | Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Papan kayu dengan berbagai ukuran Plastik berwarna hitam Tanah Gembur Benih tanaman sawi Polibag ukuran besar, tanah gembur, benih tomat, botol bekas kemasan air, triplek dan papan kayu, palu, paku, selang infus, gunting, tali kasur. |
1 komentar :
Assalamualaikum. salam kenal pak. boleh share juga Silabuh PLH semester 2 nya donk pak.terimakasih
Posting Komentar