REKAP HASIL PENILAIAN KINERJA GURU KELAS
REKAP HASIL PENILAIAN KINERJA GURU KELAS
FORMATIF/SUMATI
a
|
Nama
|
:EDY SUSILO,S.Pd
|
NIP
|
:196907151993061001
|
|
Tempat/Tanggal Lahir
|
:KUDUS,15/07/1969
|
|
Pangkat/jabatan/golongan
|
:PEMBINA/GURU MADYA/IVa
|
|
TMT sebagai guru
|
:01/06/1993
|
|
Masa kerja
|
:25 TAHUN
|
|
Jenis kelamin
|
:PRIA
|
|
Pendidikan terakhir/spesialis
|
:S1
|
|
Program keahlian yang diampu
|
:
|
|
b
|
Nama Sekolah
|
:SDN 03 ARMA JAYA
|
Telepon
|
:
|
|
Kelurahan/Desa
|
:PAGAR BANYU
|
|
Kecamatan
|
:ARMA JAYA
|
|
Kabupaten
|
:BENGKULU UATAR
|
|
Propinsi
|
:BENGKULU
|
Penilaian
untuk Kompetensi 1: Mengenal karakteristik peserta didik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru dapat
mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru dapat
mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua
peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
mencoba mengetahui penyebab
penyimpangan
perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan
peserta didik lainnya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat
mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak
termarginalkan (tersisihkan, diolok-
olok, minder,
dsb.).
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi 1
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 1
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 2: Menguasai teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan
belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang
bervariasi.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi
pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan
tingkat pemahaman tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru dapat
menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik
yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar pesertadidik.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan
memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi
pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan
pembelajaran berikutnya
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi 2
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 2 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 2
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 3: Pengembangan kurikulum
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru dapat
menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum. .
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas
materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai
kompetensi
dasar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b)
tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta
didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas e) sesuai dengan konteks kehidupan
sehari-hari peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 3 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/8) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 3
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah
disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan
bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses
belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik
merasa tertekan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan
usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses
pembelajaran, bukansemata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya:
dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak
setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban
yang benar.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya
dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup
untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru
mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan
kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara
produktif.
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru mampu
menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
9. Guru
memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya,
mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
|
0
|
1
|
2
|
10. Guru
mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara
sistematis
untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah
informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi
sebelumnya.
|
0
|
1
|
2
|
11. Guru
menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan
pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 4 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/22) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 4
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 5: Memahami dan
mengembangkan potensi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru menganalisis
hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik
untuk mengetahui tingkat kemajuan masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta
didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas
dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan
memberikan perhatian kepada setiap individu.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru dapat
mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar
masing-masing peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara
belajarnya masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru memusatkan
perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami
dan menggunakan informasi yangdisampaikan
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi 5
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 5 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/14) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 5
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian untuk
Kompetensi 6: Komunikasi dengan
peserta didik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi
peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta
didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta
didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau
mengklarifikasi
pertanyaan/tanggapan
tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
menanggapinya pertanyaan peserta didik
secara tepat,
benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik
antar pesertadidik.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik
baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur
tingkat
pemahaman peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara
lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi 6
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 6
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 7: Penilaian dan evaluasi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai
kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain
penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan
hasil serta
implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran
yang telah dan akan dipelajari.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menganalisis
hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga
diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial
dan pengayaan.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk
meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui
catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan
sebagainya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran
yang akan dilakukan selanjutnya
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi 7
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 7 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/10) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 7
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 8: Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi
dan etika bagi semua warga Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mengembangkan
kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan
perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
saling menghormati dan menghargai teman
sejawat
sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya:
budaya, suku, agama).
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 8 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/10) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 8
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
|||
Penilaian
untuk Kompetensi 9: Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap
semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mau
membagi pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk
mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mampu
mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik,
sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi
aktif dalam
proses
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 9 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/10) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 9
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 9 = jumlah indikator × 2
|
Penilaian
untuk Kompetensi 10: Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga menjadi
guru
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
|
0
|
1
|
2
|
2. Jika guru harus
meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif
terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi
kelas.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
memenuhi jam mengajar dan dapat
melakukan
semua kegiatan lain di luar jam
mengajar
berdasarkan ijin dan persetujuan
pengelola
sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti
yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk
proses pembelajaran di
kelas.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
menyelesaikan semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat
waktu sesuai standar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif
terkait dengan tugasnya.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru
memberikan kontribusi terhadap
pengembangan sekolah
dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru
merasa bangga dengan profesinya sebagai Guru
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 10 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/16) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 10
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 10 = jumlah indikator × 2
|
Penilaian
untuk Kompetensi 11: Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak Diskriminatif
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan
bantuan sesuai kebutuhan
masing-masing,
tanpa memperdulikan faktor personal.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif),
serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait
dengan pekerjaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya
hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal
dari daerah yang sama dengan guru).
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 11 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/6) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 10
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 11 = jumlah indikator × 2
|
Penilaian
untuk Kompetensi 12: Komunikasi dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua
peserta didik, dan masyarakat
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik
kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak
formal antara
guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
|
0
|
1
|
2
|
. Guru ikut
berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh
sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan
masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 12 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/6) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 10
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 12 = jumlah indikator × 2
|
Penilaian
untuk Kompetensi 13: Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
melakukan pemetaan standar kompetensi
dan
kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi
materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran. .
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
menyusun materi, perencanaan dan
pelaksanaan
pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu
peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 13 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/6) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 10
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 13 = jumlah indikator × 2
|
Penilaian
untuk Kompetensi 14: Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri
sendiri.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil
penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan
(PKB).
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru dapat
mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian
pembelajaran dan tindak lanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah
(misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru dapat
memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 14 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 14
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 14 = jumlah indikator × 2
|
NO
|
K O M P E T E N S I
|
NILAI *)
|
A. Pedagogik
|
||
1.
|
Menguasai karakteristik peserta didik
|
|
2.
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
|
|
3.
|
Pengembangan kurikulum
|
|
4.
|
Kegiatan pembelajaran yang mendidik
|
|
5.
|
Pengembangan potensi peserta didik
|
|
6.
|
Komunikasi dengan peserta didik
|
|
7.
|
Penilaian dan evaluasi
|
|
B. Kepribadian
|
||
8.
|
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial
dan kebudayaan nasional
|
|
9.
|
Menunjukkan pribadi yang dewasa
dan teladan
|
|
10.
|
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga
menjadi guru
|
|
C. Sosial
|
||
11.
|
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak
diskriminatif
|
|
12.
|
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua, peserta didik, dan masyarakat
|
|
D. Profesional
|
||
13.
|
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|
14.
|
Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang
reflektif
|
|
Jumlah
(Hasil penilaian kinerja guru)
|
Guru yang dinilai
EDY SUSILO,S.Pd
NIP.196907151993061001
|
Penilai
ASMIDAR,S.Pd.
NIP.195905051982122002
|
Kepala Sekolah
HASBULLAH,S.d
NIP.196503181994051001
|
REKAP HASIL PENILAIAN KINERJA GURU KELAS
FORMATIF/SUMATIF
a
|
Nama
|
:ASMIDAR,S.Pd
|
NIP
|
:195905051982
|
|
Tempat/Tanggal Lahir
|
:KUDUS,15/07/1969
|
|
Pangkat/jabatan/golongan
|
:PEMBINA/IVa
|
|
TMT sebagai guru
|
:01/06/1993
|
|
Masa kerja
|
:25 TAHUN
|
|
Jenis kelamin
|
:PEREMPUAN
|
|
Pendidikan terakhir/spesialis
|
:S1
|
|
Program keahlian yang diampu
|
:-
|
|
b
|
Nama Sekolah
|
:SDN 03 ARMA JAYA
|
Telepon
|
:
|
|
Kelurahan/Desa
|
:PAGAR BANYU
|
|
Kecamatan
|
:ARMA JAYA
|
|
Kabupaten
|
:BENGKULU UATARA
|
|
Propinsi
|
:BENGKULU
|
Penilaian untuk
Kompetensi 1: Mengenal karakteristik peserta didik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru dapat
mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru dapat
mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua
peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
mencoba mengetahui penyebab
penyimpangan
perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan
peserta didik lainnya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat
mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak
termarginalkan (tersisihkan, diolok-
olok, minder,
dsb.).
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi 1
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 1
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 2: Menguasai teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan
belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang
bervariasi.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi
pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya
berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru dapat
menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik
yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar pesertadidik.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan
memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi
pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan
pembelajaran berikutnya
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi 2
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 2 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 2
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 3: Pengembangan kurikulum
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru dapat
menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum. .
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas
materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai
kompetensi
dasar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b)
tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar
peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas e) sesuai dengan konteks
kehidupan sehari-hari peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 3 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/8) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 3
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah
disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan
bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses
belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik
merasa tertekan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan
usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses
pembelajaran, bukansemata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya:
dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak
setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban
yang benar.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya
dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup
untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru
mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan
kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru mampu
menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
9. Guru
memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya,
mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
|
0
|
1
|
2
|
10. Guru
mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara
sistematis
untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah
informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi
sebelumnya.
|
0
|
1
|
2
|
11. Guru menggunakan
alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 4 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/22) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 4
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 5: Memahami dan
mengembangkan potensi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap
setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta
didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas
dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan
memberikan perhatian kepada setiap individu.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru dapat
mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar
masing-masing peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara
belajarnya masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru memusatkan
perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami
dan menggunakan informasi yangdisampaikan
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi 5
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 5 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/14) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 5
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 6: Komunikasi dengan
peserta didik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi
peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta
didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta
didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau
mengklarifikasi
pertanyaan/tanggapan
tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
menanggapinya pertanyaan peserta didik
secara tepat,
benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik
antar pesertadidik.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik
baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur
tingkat
pemahaman peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara
lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi 6
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 6
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 7: Penilaian dan evaluasi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai
kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain
penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan
hasil serta
implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran
yang telah dan akan dipelajari.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menganalisis
hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga
diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial
dan pengayaan.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk
meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui
catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan
sebagainya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran
yang akan dilakukan selanjutnya
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
untuk kompetensi 7
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 7 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/10) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 7
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
Penilaian
untuk Kompetensi 8: Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial
dan kebudayaan nasional Indonesia
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi
dan etika bagi semua warga Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mengembangkan
kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan
perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
saling menghormati dan menghargai teman
sejawat
sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya:
budaya, suku, agama).
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 8 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/10) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 8
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
|||
Penilaian
untuk Kompetensi 9: Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap
semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mau
membagi pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk
mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mampu
mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik,
sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi
aktif dalam
proses
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 9 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/10) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 9
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 9 = jumlah indikator × 2
|
Penilaian
untuk Kompetensi 10: Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga
menjadi guru
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
|
0
|
1
|
2
|
2. Jika guru harus
meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif
terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi
kelas.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
memenuhi jam mengajar dan dapat
melakukan
semua kegiatan lain di luar jam
mengajar
berdasarkan ijin dan persetujuan
pengelola
sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru
meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti
yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk
proses pembelajaran di
kelas.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
menyelesaikan semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat
waktu sesuai standar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru
memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif
terkait dengan tugasnya.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru
memberikan kontribusi terhadap
pengembangan sekolah
dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru
merasa bangga dengan profesinya sebagai Guru
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 10 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/16) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 10
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 10 = jumlah indikator × 2
|
Penilaian
untuk Kompetensi 11: Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak Diskriminatif
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan
bantuan sesuai kebutuhan
masing-masing,
tanpa memperdulikan faktor personal.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif),
serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait
dengan pekerjaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya
hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal
dari daerah yang sama dengan guru).
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 11 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/6) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 10
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 11 = jumlah indikator × 2
|
Penilaian
untuk Kompetensi 12: Komunikasi dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang
tua peserta didik, dan masyarakat
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik
kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak
formal antara
guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
|
0
|
1
|
2
|
. Guru ikut
berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh
sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan
masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 12 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/6) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 10
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 12 = jumlah indikator × 2
|
Penilaian
untuk Kompetensi 13: Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
melakukan pemetaan standar kompetensi
dan
kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi
materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran. .
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
menyusun materi, perencanaan dan
pelaksanaan
pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu
peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 13 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/6) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 10
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 13 = jumlah indikator × 2
|
Penilaian
untuk Kompetensi 14: Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
(Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru
melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri
sendiri.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil
penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan
(PKB).
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru dapat
mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian
pembelajaran dan tindak lanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah
(misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru dapat
memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB
|
0
|
1
|
2
|
Skor maksimum
kompetensi 14 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase =
(total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk
kompetensi 14
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 14 = jumlah indikator × 2
|
NO
|
K O M P E T E N S I
|
NILAI *)
|
A. Pedagogik
|
||
1.
|
Menguasai karakteristik peserta didik
|
|
2.
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
|
|
3.
|
Pengembangan kurikulum
|
|
4.
|
Kegiatan pembelajaran yang mendidik
|
|
5.
|
Pengembangan potensi peserta didik
|
|
6.
|
Komunikasi dengan peserta didik
|
|
7.
|
Penilaian dan evaluasi
|
|
B. Kepribadian
|
||
8.
|
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial
dan kebudayaan nasional
|
|
9.
|
Menunjukkan pribadi yang dewasa
dan teladan
|
|
10.
|
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga
menjadi guru
|
|
D. Sosial
|
||
11.
|
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak
diskriminatif
|
|
12.
|
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua, peserta didik, dan masyarakat
|
|
E. Profesional
|
||
13.
|
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|
14.
|
Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang
reflektif
|
|
Jumlah
(Hasil penilaian kinerja guru)
|
Guru yang dinilai
ASMIDAR,S.Pd.
NIP.195905051982122002
|
Penilai
EDY SUSILO,S.Pd
NIP.196907151993061001
|
Kepala Sekolah
HASBULLAH,S.d
NIP.196503181994051001
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar