PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
LATIHAN UJIAN IPA
WAKTU : 120 MENIT
PILIHLAH JAWABAN
A,B,C ATAU D YANG PALING TEPAT
1.Siswa dapat
menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan tertentu
1.1.Fungsi ciri khusus yang
dimiliki cecak adalah….
a.menyelamatkan
dirinya
b.mengelabuhi
mangsanya
c.merayap di
dinding
d.mematahkan
ekornya
1.2.Fungsi ciri
khusus yang dimiliki tanaman teratai adalah….
a.mempercepat penguapan,menyalurkan oksigen
b.menyalurkan oksigen,mengurangi penguapan
c.mengurangi penguapan,bernafas di air
d.mempercepat penguapan,meyalurkan
karbondioksida
2.Disajikan
contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan
dari tumbuhan/hewan tersebut
2.1Sapi,kambing,kerbau,singa,kuncing
Pengelompokan
hewan di atas berdasarkan….
a.jenis
makanan
b.cara
perkembangbiakan
c.tempat
tinggalnya
d.cara
hidupnya
2.2.
Pisang,cocor bebek,bambu
Pengelompokan
tumbuhan di atas berdasarkan…
a.tempat
tumbuhnya
b.mencari
makan
c.beradaptasi
d.perkembangbiakan
3.Siswa dapat menjelaskan manfaat
hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan
3.1.Manfaat tumbuhan jahe bagi
manusia adalah sebaga….
a. bahan minuman,penghangat badan
b.bahan minuman,pewarna makanan
c.penghangat badan,pewarna makanan
d.obat sakit perut,pemanis minuman
3.2.Manfaat hewan kerbau adalah
diambi….
a.dagingnya,tanduknya,bulunya
b.kulitnya,tulangnya,tenaganya
c.tenaganya,bulunya,tanduknya
d. tenaganya,dagingnya,kulitnya
4.Siswa dapat
menjelaskan tujuan melestarikan
hewan/tumbuhan
4.1.Pemerintah melestarikan orang
utan di Tanjung Putting dengan tujuan….
a.sebagai obyek wisata
b.agar tidak punah
c.untuk penelitian
d.peliharaan
4.2.Pemerintah melestarika tanaman cendana dengan tujuan….
a.tempat cagar alam
b.untuk wisata
c.agar tidak punah
d.diperdagangkan
5.Disajikan
gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
.
5.1.Perhatikan gambar di atas!
Cara perkembengberkembangbiakannya adalah….
a.menempel
b.merunduk
c.akar
tinggal
d.okulasi
5.2.Perhatikan gambar di atas.
Cara perkembangbiakannya adalah….
a.ovivar
b.ovovivivar
c.vivivovipar
d.vivipara
6.Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
6.1.Ciri-ciri perkembangan fisik
pada anak laki-laki adalah….
a.tumbuh kumis,tumbuh jakun
b.suara membesar,dating bulan
c.mimpi basah,datang bulan
d.datang bulan,tumbuh jakun
6.2.Ciri-ciri perkembangan fsik
pada anak wanita adalah….
a.tumbuh rambut di kemalun,tumbuh jakun
b.payu dara membesar,pinggul sempit
c.payu dara membesar,tumbuh rambaut di
kemaluan
d.mimpi basah,dating bulan
7.Siswa dapat
mengidentifikasi daur hidup hewan
7.1.Daur hidup pada
hewan adalah….
a.kupu-telur-kepompon-kupu-kupu
kecil-kupu-kupu dewasa
b.katak-telur-berudu-berudu
bereekor-katak berekor-katak
c.lebah-madu-telur-larva-lebah
kecil-lebah dewasa
d.nyamuk-telut-jentik-nyamuk
kecil-nyamuk dewasa
7.2.Daur hidup pada ayam adalah….
a.ayam-ayam kecil-ayam dewasa
b.ayam-telur-ayam kecil-ayam dewasa
c.ayam-telur-ayam dewasa
d.telu-ayam kcil-ayam besar
8.Siswa dapat
menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
8.1.Hubungan antara
burung jalak dan kerbau merupakan contoh simbiosis….
a.mutualisme
b.komersalisme
c.parasatisme
d.komensalisme
8.2.Hubungan antara tumbuhan
induk dengan benalu merupakan contoh simbiosis….
a.mutualisme
b.komensalisme
c.parasitisme
d.komensalisme
9.Siswa dapat
menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
9.1.Rantai makanan yang cocok
yang terdapat pada ekosistem laut adalah….
a.zooplankton-ikan
kecil-fitoplankton-ikan besar-bakteri
b.fitoplankton-ikan
kecil-zooplanknton-ikan besar-bakteri
c.zooplankton-fitoplankton-ikan
kecil-ikan besar-bakter
d.fitoplankton-zooplankton-ikan
kecil-ikan besar-bakteri
9.2.Rantai makanan yang cocok
yang terdapat pada ekosistem sawah adala….
a.padi-ulat-tikus-ular-elang-bakteri
b.padi-ulat-burung-ular;tikus-bakteri
c.ulat-burung-padi-bakteri-ular
d.bakteri-elang-ular-tikus-padi
10.Siswa dapat
menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan
10.1.Perhatikan gambar di atas
yang bertindak sebagai konsumen II
a.tikus
b.elang
c.padi
d.ular
10.2.Perhatikan gambar di
atas.Produsen adalah….
a.ular
b.rumput
c.elang
d.tikus
11.Siswa dapat
menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
11.1.Kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhi keseimbangan lingkungan hutan adalah….
a.penebangan hutan
b.pembuata terasising
c.reboisasi di hutan
d.membuat permukiman baru
11.2.Kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhi keseimbangan lingkungan sungai adalah….
a.penambangan
pasir,meracuni sungai
b.penambanga batu,penyebaran bibit ikan
c.membuat
bendungan,menyetrum ikan
d.meracun ikan,meracuni sungai
12. Siswa dapat
menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
12.1.Pohon jati
dimusim kemarau menggugurkan daunnya dengan tujuan….
a.memperkuat dahan
b.mengurangi gerak dun
c.mengurangi penguapan
d.mempercepat pertumbuhan
12.2.Walang daun
warnanya menyerupai daun dengan tujuan….
a.mempermudah cari makanan
b.menyulitkan musuh menagkapnya
c.mempermudah gerakan di daun
d.menyulitkan gerakan walang
13. Siswa dapat
menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya
13.1.Fungsi akar
pada tumbuhan adalah….
a.menyerap makanan,mmperindah batang
b.memperindah batang,mencengkeram
tanah
c.mencengkeram tanah,memperkuat batang
d.membuat batang tegak,menyerap sari
makanan
13.2.Fungsi daun
pada tumbuhan adalah….
a.memasak makanan,bernafas
b.bernafas,membuat sejuk udara
c.udara sejuk,memasak makanan
d.memperkuat batan,untuk bernafas
14.Disajikan
gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
14.1.Gambar yang
ditunjukkan pada X mengecap rasa….
a.manis
b.asin
c.pahit
d.masam
14.2.Perhatikan
gambar di atas!Yang ditunjukan oleh huruf Z berfungsi sebagai….
a.menerima cahaya
b.memperbesar benda
c.mengatur lensa
d.mengatur cahaya
15.1.Perhatikan gambar di atas!Organ
yang ditunjukkan oleh huruf R terjadi proses….
a.untuk
saluran minum
b.terjadi
proses respirasi
c.proses
asimilasi
d.jalan
keluar masuknya udara
15.2.Perhatikan
gambar di atas!Pada huruf K terjadi….
a.pertukaran karbondioksida dan karbon
monoksida
b.pertukaran oksigen dan
karbondioksida
c.perpindahan karbondioksida dan
oksigen
d.perpindahan oksigen dan
karbonmonoksida
16.Disajikan
gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan
enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
16.1.Proses yang terjadi pada huruf E
adalah….
a.memecahkan
makanan
b.mencernak
makan
c.memecahkan
sari makanan
d.meremas
amaknan
16.2.Perhatukan
gambar di atas!Fungsi organ yang ditunjukkan huruf U adalah….
a.menyerap air dari dalam tubuh
b.mengeluarkan sisa maknan
c.mengeluarkan sisa pencernaan maknan
d. membunuh bakteri
17.Siswa dapat
menentukan urutan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia
berdasarkan gambar
|
1
2
6
3 5
4 17.1.Perahitak
gambar di atas !Peredaran darah yang tepat adalah….
a.7-4-5-6
b.3-4-5-6
c.2-3-4-7
d.1-2-3-8
5
6
7
8
17.2.Perhatikan
gambar di atas! Uurutan peredaran darah adalah….
a.
b.
c.
d.
18.Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
18.1.Perhatikan
gambar di atas!Yang ditunjukkan oleh huruf H,adalah
tulang….
a.iga
b.rusuk
c.selangka
d.dada
18.2.Perhatikan
gambar di atas!Huruf H menunjukkan tulang….
a.belakang
b.dahi
c.tengkorak
d.ubun-ubun
19.Siswa dapat
menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
19.1.Fungsi zat
makan berupa protein adalah….
a.untuk pertumbuhan dan mengganti
sel-sel yang rusak
b.mengganti sel-sel yang rusak dan
sumber tenaga
c.sumber tenaga dan untuk pertumbuhan
d.cadangan makanan dan memperlancar
pencernaan
19.2.Mineral
berupa zat flour berguna untuk….
a.pembentukan
sel darah
b.mencegah penyakit gondok
c.menjaga kesehatan gigi
d.pembentukan gigi
20.Siswa dapat
menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia
20.1.Cara
mencegah penyakit demam berdarah adalah….
a.menguras bak mandi,melakukan foging,
b.menguras bak mandi,membakar sampah
c.melakukan foging,membakar sampah
d.memasang kelambu,membakar sampah
20.2.Cara
mencegah penyakit beri-beri adalah….
a.menggunakan vitamin D
b.berolah raga yang cukup
c.mengkonsumsi vitamn B
d.istirahat yang cukup
21.Disajikan
ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang
terjadi
21.1.Pada suatu
hari Ibu akan menggoreng ikan,karena minyak kelapa yang ada di dapur habis
maka,Ibu menggunakan mertega untuk menggoreng ikan.Ibu mengambila mertega yang
ada pada kemasan palstik,yang masih padat,kemudian dimasukkan mertega itu ke
wajan pengorengan,ternyata mertega itu mengalami perubahan wujud.perubahan
wujud yang terjadi adalah….
a.meleleh .
b.membeku
c.mencair
d.mengembun
21.2.Ani
mempunyai almari yang berisi pakaian,setiap sekat almari berisi pakain 15
potong.Untuk menghindari kecoak bersarang di almari Ani,maka diberilah kamper
atau kapur barus.Setelah beberapa hari ternya kamper itu hapis.Jenis perubahan wujud zat yang terjadi adalah….
a.menyublin
b,mengembun
c.membeku
d.menguap
22. Siswa dapat
menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan
bahan dasar benda tertentu
23. Disajikan
ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu
terhadap benda pada kegiatan tersebut
23.1.Pada suatu
hari Bambang memperhatikan kabel listrik yang ada di depan rumahnya.setelah
memperhatikan ternyata pada pagi hari kabel listrik itu kencang atau
tegang,tapi pada pukul 13.00 wib,ternyata kabel listrik itu kendor,pengaruh
suhu terhadapa benda itu adalah….
a.mengendor
b.mengerut
c.mengencang
d.memuai
23.2.Andi
mempunyai mainan mobil-mobilan yang terbuat dari bahan seng.Andi mencarinya
selama 3 hari baru ketemu,dan ternyata ada di samping rumah dekat pohon
mangga.setelah dilihat ternyata mobil-mobilanya rusak,karena terkena panas dan
hujan.mobili-mobilannya rusak karena adanya peristiwa….
a.pelapukan
b.perkaratan
c.pembusukan
d.pemuaian
24.Siswa dapat
menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor yang terjadi pada suatu
kegiatan/peristiwa
24.1.Contoh
perpindahan panas secara radiasi adalah…
a.terjadinya angin darat dan angin
laut
b.perpindahan panas melalui sebatang
besi
c.panas api unggun sampai ke badan
kita
d.air dimasak yang mendidih
24.2. Contoh
perpindahan panas secara konveksi adalah….
a.terjadinya angin darat dan angin
laut
b.perpindahan panas melalui sebatang
besi
c.panas api unggun sampai ke badan
kita
d.sinar matahari sampai ke bumi
25. Disajikan
gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
25.1.Perhatikan gambar di atas! Gaya
yang ditimbulkan adalah….
a.gesek
b.magnet
c.pegas
d.grafitasi
25.2.Perhatikan
gambar di atas!Gaya yang ditumbulkan adalah….
a.gerak
b.pegas
c.tarik
d.grafitasi
26.Disajikan
pernyataan/g`ambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah
gerak/bentuk suatu benda
26.1.Ada sebuah
mobil berjalan dengan kencang,karena ada anjing mobil itu direm,dan
berhenti.Ini membuktikan bahwa gaya merubah…benda
a.bentuk
b.gerak
c.bunyi
d.tempat
26.1.Perhatikan
gambar di atas! Ini membuktikan bahwa gaya…benda
a.bentuk
b.gerak
c.arah
d.bunyi
27.Disajikan
gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana
yang sesuai digunakan
27.1.Perhatikan
gambar di atas!termasuk pesawat sederhana jenis….
a.katrol
b.bidang miring
c.pengungkit
d.roda
Perhatikan
gambar di atas!pesawat sederhana jenis….
a.roda
b.bidang miring
c.tuas
d.pemgungkit
28.Disajikan
gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
1
2
3
4
|
28.1.Perhatikan
gambar di ata!Sumber bunyi ditunjukan oleh huruf….
a.4
b.3
c.2
d.1
1
2
3
4
|
28.2.
Perhatikan
ga,bar di atas !Sumber bunyi ditujukukan oleh huruf….
a.1
b.2
c.3
d.4
29. Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan
tersebut
29.1.Perhatikan
gambar di atas! Sifat cahaya tersebut adalah….
a.merambat lurus
b.dipantulkan
c.menembus benda
d.dibiaskan
29.2.Perhatikan
gambar di atas!sifat cahaya yang terjadi adalah….
a.dipantulkan
b.dibiaskan
c.menembus air
d.merambat lurus
30.Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
30.1.Perhatikan
gambar di atas!Alat tersebut mengubah energi….
a.panas menjadi listrik
b.listrik menjadi kalor
c.listrik menjadi gerak
d.listrik menjadi bunyi
31Siswa dapat
menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari
31.1. Contoh
enegi alternatife adalah….
a.air,matahari,biogas,batubara
b.matahari,angin,gas alam,biogas
c.angin,biogas,air,panas bumi
d.biogas,batu bara,biogas,angin
31.2.Contoh
energy alternatife adalah…
a.air,matahari,biogas,batubara
b.matahari,angin,gas alam,biogas
c.angin,biogas,air,miyak bumi
d.biogas,angin,matahari,angin
32. Disajikan
gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika
salah satu saklar diputus/disambung
Perhatikan
gambar di atas!Jika lampu 2 dimatikan maka lampu ….
a.1,3 dan 4 mati
b.1,3 dan 4 hidup
c.1,3 hidup 4 mati
d.1,2 mati 4 hidup
Perahtikan gambar di atas! Jika lampu 3 dimatikan maka lampu….
a.1,2 dan 4 mati
b.1,4 hidup 3 mati
c.1,2hudup 4 mati
d.1,2 dan 4 hudup
33. Siswa dapat mengidentifikasi
jenis-jenis tanah
33.1.Jenis-jenis
tanah dapat dibedakan menjadi….
a.tanah humus,tanah pasir,tanah
lumpur,tanah gambut,tanah liat
b.tanah pasir,tanah lumpur,tanah
gambut,tanah liat,tanah kapur
c.tanah lumpur,tanah gambut,tanah
liat,tanah kapur,tanah humus,
d.tanah gambut,tanah liat,tanah
kapur,tanah gundul,tanah humus
33.2.Jenis tanah
dibedakan menjadi….
a.tanah
lumpur,tanah gambut,tanah liat,tanah kapur,tanah humus
b.tanah gambut,tanah liat,tanah
kapur,tanah gundul,tanah humus
c.tanah
humus,tanah pasir,tanah lumpur,tanah gambut,tanah liat
d.tanah pasir,tanah lumpur,tanah
gambut,tanah liat,tanah kapur
34.Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya
alam
34.1.Perhatikan
gambar di atas!Sumber alam itu dapat dimanfaatkan untuk….
a.bahan bangunan,mubeler,kerajinan
b.kerajinan,mubeler,senjata
c.kerajinan,bangunan,makanan
d.pulp,senjata,bahan bangun
34.2.Perhatikan
gambar di atas!Manfaat yang dapat diambil adalah….
a.daging,bulu,telur
b.daging,telur,suara
c.suara,tenaga,bulu
d.daging,telur,keindahan
35.Siswa dapat
menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi
(pertanian, perkotaan, dsb)
35.1.Kegiatan
manusia yang dapat mengubah permukaan bumi adalah….
36. Siswa dapat
mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat
diperbaharui.
36.1.Jenis
sumberdaya alam yang dapat diperbaharui adalah….
a.air,tanah,batu-bara
b.batubara,tanah,tumbuhan
c.gas,minyak bumi,batubara
d.tumbuhan,air,tanah
36.2.Jenis
sumber daya alam yang tidak dapat terbaharui adalah….
a.minyak tanah,batu-bara,air
b.bensin,batu-bara,gas
c.air,tumbuhan,tanah
d.gas,minyak tanah,solar
37.Menentukan
nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
37.1.Perhatikan
pernyataan di bawah ini!.
1.planet
terpanas dalam tata surya
2,garis
tengahnya 12.104 km
3.palnet yang
paling dekat dengan bumi
Pernyataan
tersebut merupakan ciri planet….
a.merkurius
b.venus
c.mars
d.yupiter
37.2.Perhatikan
gambar di atas!Yang diberi tanda (X) adalah planet….
a.bumi
b.mars
c.yupiter
d.saturnus
38.Siswa dapat
menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
38.1.Akibat
gerhana matahari total berdampak pada kehidupan bumi yaitu….
a.bumi gelap,ayam masuk ke kandang
b.bulan gelap,kambing mengembik
c.bumi terang,ayam masuk ke kandang
d.bulan teran,ayam tetap di luar
kandang
38.2.Akibat yang
ditimbulkan dari gerhana bulan adalah….
a.malam tetap terang bulan
b.malam hari seperti siang
c.siang hari menjadi gelap
d.malam menjadi gelap
39.Siswa dapat
mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan
terjadinya gerhana matahari/bulan.
e
1 c
b
a
39.1.Perhatikan
gaambar di atas!gerhana bulan total ditunjukkan oleh huruf….
a.e
b.d
c.c
A
C
D
39.2.Perhatikan
gambar di atas!gerhana matahari total ditunjukkan olah huruf….
a.D
b.C
c.B
d.A
39.3.Sinar
matahari yang jatuh ke bumi terhalang oleh bulan,karena kedudukan
ketiganya sejajar pada garis terdekat
maka akan terjadi gerhana….
a.bulan
b.matahari
c.bulan total
d.matahri total
40.Siswa dapat
menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.
40.1.Perhitungan
tahun komariah didasari pada…
a.bumi mengelilingi matahri
c.bulan mengelilingi bumi
c.matahari mengelilingi bumi
d.bumi mengelilingi matahri
40.2.Perhitungan tahun syamsiah
didasari pada….
a.
bumi mengelilingi matahari
b.bulan
mengelilingi matahari
c.bulan mengelilini bumi
d.bumi
mengelilingi bulan
Tidak ada komentar :
Posting Komentar