Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 18 Oktober 2019

KELAS IV TEMA 8-1-2


   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan             :  
Kelas / Semester                                 :  4 /2
Tema                                     :  Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema                             :  Lingkungan Tempat Tinggalku  (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                  :  PPKn, Bahasa Indonesia, IPS
Pembelajaran ke                 :  3
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan: PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.3

Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
1.4
Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya 
di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.3
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
2.4
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan.
3.3
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari-hari.

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.9
Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.9
Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
       
Muatan: IPS
No
Kompetensi Dasar
3.2
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.2

Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi  dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

C.    TUJUAN
1.     Dengan kegiatan membaca teks tentang pengaruh lingkungan terhadap mata pencaharian penduduk, siswa mengetahui jenis pekerjaan penduduk berdasarkan tempat tinggal.
2.     Dengan kegiatan berdiskusi tentang pengaruh lingkungan terhadap mata pencaharian, siswa dapat menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap jenis pekerjaan dan perbedaan jenis pekerjaan di setiap daerah.
3.     Dengan kegiatan mengamati keadaan alam lingkungan tempat tinggalnya, siswa dapat menjelaskan hubungan keadaan alam dengan mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalnya.
4.     Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan pengertian dan peranan tokoh dengan jelas.
5.     Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan nilai pesan moral dalam cerita fiksi.
6.     Dengan kegiatan mengamati gambar anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu dalam keluarga sesuai gambar.
7.     Dengan kegiatan mengamati ciri fisik anggota keluarganya, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu di  dalam keluarganya.

D.    MATERI
1.     Siswa mengetahui jenis pekerjaan penduduk berdasarkan tempat tinggal.
2.     Siswa dapat menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap jenis pekerjaan dan perbedaan jenis pekerjaan di setiap daerah.
3.     Siswa dapat menjelaskan hubungan keadaan alam dengan mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalnya.
4.     Siswa dapat menjelaskan pengertian dan peranan tokoh dengan jelas.
5.     Siswa dapat menjelaskan nilai pesan moral dalam cerita fiksi.
6.     Siswa dapat menjelaskan karakteristik individu dalam keluarga sesuai gambar.
7.     Siswa dapat menjelaskan karakteristik individu di  dalam keluarganya.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.     Guru memberikan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan panduan yang ada di buku siswa. Oleh karena itulah, guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
·         Di mana kamu tinggal?
·         Bagaimana keadaan daerah tempat tinggalmu? Coba ceritakan mata pencaharian penduduk.

4.     Siswa mengamati gambar lalu membaca narasi pada buku siswa.
5.     Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang berbagai jenis pekerjaan. Dalam kegiatan ini, guru dapat menggunakan media berupa gambar berbagai jenis pekerjaan.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
 AYO MEMBACA

1.     Siswa membaca dalam hati teks tentang jenis mata pencaharian penduduk berdasarkan tempat hidupnya.


2.     Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa-siswa yang mengalami kesulitan.
3.     Setelah selesai membaca, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya teks yang telah ia baca sebelumya.


AYO BERDISKUSI
1.     Siswa berdiskusi bersama teman sebangkunya. Siswa diminta mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan di buku siswa.

2.     Setelah mendapatkan hasil diskusi, siswa diminta menuliskan hasilnya pada kolom yang telah disediakan.
3.     Guru membacakan narasi dan memintasiswa mengamati gambar pada buku siswa.

AYO MEMBACA
1.     Siswa membaca ceri ta berjudul Asal Mula Bukit Catu. Alternatif kegiatan membaca:
1.     Alternatif 1
Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
2.     Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3.     Alternatif 3:
Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.


2.     Setelah siswa selesai membaca, Guru menjelaskan tentang tokoh dan peranan tokoh dalam sebuah cerita.
3.     Kemudian, siswa di minta mencermati cerita yang telah dibaca sebelumnya. Setelah itu, siswa di minta menjawab pertanyaan-pertanyaan di buku siswa dan menuliskan jawabannya pada kolom yang telah disediakan.


4.     Selanjutnya, siswa diajak melakukan diskusi klasikal untuk membahas jawaban pertanyaan tersebut.
5.     Guru memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan jawabannya
6.     Guru membacakan narasi dan meminta siswa mengamati gambar pada buku siswa.

AYO BERLATIH
1.     Siswa diminta mengamati gambar lalu mengidentifikasi karakterinstik individu yang nampak pada gambar. 
2.     Siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang disediakan.
3.     Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan jawabannya.
4.     Guru memberikan penjelasan singkat mengenai keberagaman karakteristik individu.
5.     Siswa dapat mengajukan pertanyaan apabila belum jelas dengan penjelasan guru.

AYO MENGAMATI

1.     Siswa diminta mengamati karakteristik individu berdasarkan ciri fisik anggota keluarganya. Siswa diminta mengisi tabel yang disediakan sesuai dengan hasil pengamatannya.
2.     Siswa juga menuliskan kesimpulan hasil pengamatannya   pada kolom yang tersedia.



AYO RENUNGKAN

1.     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:
2.     Apa yang telah kamu pelajari hari ini? Dalam keluargamu, pasti terdapat keberagaman. Bagaimana keluargamu menyikapi keberagaman yang ada? Jelaskan alasannya.
3.     Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
4.     Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

KERJA SAMA DENGAN ORANG TUA
1.     Siswa melakukan wawancara kepada orang tuanya. Siswa diminta menanyakan tentang cerita rakyat yang ada di daerahnya.
2.     Selesai melakukan wawancara, siswa menuliskan ceritanya di buku tugas.
3.     Saat di sekolah, siswa diminta membacakan ceritanya di depan teman sekelas.
4.     Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.     Guru menutup pelajaran dengan siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
2.     Kelas ditutup dengan doa bersama.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 8 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.     Aplikasi  Pengajaran  kelas 4 semester 2  SD/MI dari JGC.
3.     Buku cerita rakyat dari berbagai daerah
4.     gambar berbagai jenis pekerjaan
5.     Buku Siswa

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran


Catatan Guru
1. Masalah                            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

















Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema                             :  Keunikan Daerah Tempat Tinggalku (Subtema 2)
Muatan Terpadu                  :  PPKn, Bahasa Indonesia, IPS
Pembelajaran ke                 :  3
Alokasi waktu                       :  1 hari


F.     KOMPETENSI INTI
5.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
6.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
7.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
8.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

G.    KOMPETENSI DASAR

Muatan: PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.3
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
1.4
Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya 
di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan YangMaha Esa.
2.3
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragamadi masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
2.4
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan.
3.3
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.3
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.9
Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.9


Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual

Muatan: IPS
No
Kompetensi Dasar
3.3
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi..
4.3


Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi  dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

H.    TUJUAN

1.     Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan konsumen.
2.     Dengan kegiatan mengamati gambar anak-anak yang sedang berdiskusi, siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3.     Dengan kegiatan menemukan jawaban soal, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi.

I.      MATERI
1.     Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan konsumen.
2.     Siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3.     Siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi.
J.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah



I.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
6.     Guru memberikan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
7.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
8.     Guru menstimulus ide dan motivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan, ”Apa nama pekerjaan orang-orang yang tinggal di lingkunganmu?”
9.     Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru sesuai hasil pengamatannya sehari-hari.
10.   Kemudian, siswa mengamati gambar sambil mendengarkan guru membacakan narasi pada buku siswa.
11.   Selanjutnya, siswa diminta membaca percakapan yang ada di buku siswa.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
AYO MENGAMATI
4.     Guru meminta siswa mengamati gambar pelaku kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan konsumen. Sebagai produsen adalah pengusaha buku. Sebagai distributor adalah penjual buku. Sebagai konsumen adalah pelajar.
5.     Kemudian, secara mandiri siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.


6.     Siswa mengamati gambar perguruantinggi pada buku siswa sambil mendengarkan guru membacakan narasi.

AYO MENGAMATI
4.     Siswa mengamati gambar anak-anak yang sedang berdiskusi.
5.     Siswa diminta menuliskan pendapatnya tentang keberagaman fisik berdasarkan gambar tersebut.
6.     Selanjutnya, siswa juga diminta untuk menuliskan pendapatnya tentang cara menyikapi keberagaman karakteristik di sekolahnya.
7.     Guru mengajak siswa melakukan diskusi klasikal.
8.     Guru meminta siswa menyampaikan pendapatnya di depan teman-temannya.
9.     Guru juga memberi kesempatan siswa lain jika ada jawaban berbeda.
10.   Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi pendapat-pendapat siswa. Selain itu, guru juga memberi memberi penegasan bahwa keberagaman fisik merupakan anugerah Tuhan.
11.   Siswa mengamati gambar sambil mendengarikan guru membacakan narasi pada buku siswa.
12.   Kemudian, siswa diminta membaca cerita fiksi berjudul Kali Gajah Wong.
AYO BERLATIH

7.     Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
AYO RENUNGKAN
1.     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Kegiatan apa yang paling menyenangkan bagi kamu?


2.     Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya secara tertulis berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
3.     Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai pekerjaan, keberagaman karakteristik individu, dan tokoh-tokoh pada cerita fiksi.

KERJASAMA DENGAN ORANG TUA
1.     Siswa mengamati keunikan daerah tempat tinggalnya.
2.     Selanjutnya, siswa berdiskusi dengan anggota keluarganya tentang keunikan tersebut. 
3.     Siswa diminta menuliskan hasil diskusinya.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
3.     Guru menutup pelajaran dengan siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
4.     Kelas ditutup dengan doa bersama.
    15
    menit


J.     SUMBER DAN  MEDIA
6.     Buku Pedoman Guru Tema 8 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
7.     Aplikasi  Pengajaran  kelas 4 semester 2  SD/MI dari JGC.
8.     Buku siswa
9.     Gambar berbagai jenis kegiatan ekonomi.

K.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran dengan rubric penilaian sebagai berikut.

RUBRIK MENGAMATI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK

Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….








Tidak ada komentar :