RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Kelas / Semester : 4 /2
Tema :
Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub
Tema : Lingkungan Tempat Tinggalku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPKn, Bahasa Indonesia, IPS
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi
waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: PPKn
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.3
|
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat
sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal
Ika.
|
1.4
|
Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya
di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.3
|
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di
masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
|
2.4
|
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
|
3.3
|
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.3
|
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari-hari.
|
Muatan: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.9
|
Mencermati
tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
|
4.9
|
Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang
terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
|
Muatan: IPS
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.2
|
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan
hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan
budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
|
4.2
|
Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang
pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai
provinsi.
|
C.
TUJUAN
1.
Dengan kegiatan membaca teks tentang pengaruh lingkungan terhadap
mata pencaharian penduduk, siswa mengetahui jenis pekerjaan penduduk
berdasarkan tempat tinggal.
2.
Dengan kegiatan berdiskusi tentang pengaruh lingkungan terhadap
mata pencaharian, siswa dapat menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap jenis
pekerjaan dan perbedaan jenis pekerjaan di setiap daerah.
3.
Dengan kegiatan mengamati keadaan alam lingkungan tempat
tinggalnya, siswa dapat menjelaskan hubungan keadaan alam dengan mata
pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalnya.
4.
Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan
pengertian dan peranan tokoh dengan jelas.
5.
Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan
nilai pesan moral dalam cerita fiksi.
6.
Dengan kegiatan mengamati gambar anggota keluarga, siswa dapat
menjelaskan karakteristik individu dalam keluarga sesuai gambar.
7.
Dengan kegiatan mengamati ciri fisik anggota keluarganya, siswa
dapat menjelaskan karakteristik individu di
dalam keluarganya.
D. MATERI
1. Siswa mengetahui jenis pekerjaan penduduk berdasarkan
tempat tinggal.
2. Siswa dapat menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap
jenis pekerjaan dan perbedaan jenis pekerjaan di setiap daerah.
3. Siswa dapat menjelaskan hubungan keadaan alam dengan mata
pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalnya.
4. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan peranan tokoh
dengan jelas.
5. Siswa dapat menjelaskan nilai pesan moral dalam cerita
fiksi.
6. Siswa dapat menjelaskan karakteristik individu dalam
keluarga sesuai gambar.
7. Siswa dapat menjelaskan karakteristik individu di dalam keluarganya.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam
dan meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru menstimulus ide,
gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan panduan yang ada di buku siswa.
Oleh karena itulah, guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara
percaya diri.
·
Di mana kamu tinggal?
·
Bagaimana keadaan
daerah tempat tinggalmu? Coba ceritakan mata pencaharian penduduk.
4.
Siswa mengamati gambar
lalu membaca narasi pada buku siswa.
5. Guru mengajak siswa
bertanya jawab tentang berbagai jenis pekerjaan. Dalam kegiatan ini, guru
dapat menggunakan media berupa gambar berbagai jenis pekerjaan.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
AYO MEMBACA
1.
Siswa membaca dalam
hati teks tentang jenis mata pencaharian penduduk berdasarkan tempat
hidupnya.
2.
Selama proses kegiatan
berlangsung, guru berkeliling memandu siswa-siswa yang mengalami kesulitan.
3.
Setelah selesai
membaca, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya teks yang
telah ia baca sebelumya.
AYO BERDISKUSI
1.
Siswa berdiskusi
bersama teman sebangkunya. Siswa diminta mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan
di buku siswa.
2. Setelah mendapatkan
hasil diskusi, siswa diminta menuliskan hasilnya pada kolom yang telah
disediakan.
3. Guru membacakan
narasi dan memintasiswa mengamati gambar pada buku siswa.
AYO MEMBACA
1. Siswa membaca ceri ta berjudul Asal Mula Bukit Catu. Alternatif kegiatan
membaca:
1. Alternatif 1
Guru memberikan waktu selama 5
menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
2. Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk
membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Alternatif 3:
Bacaan tersebut dibaca secara
bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
2. Setelah siswa selesai membaca, Guru menjelaskan tentang tokoh dan peranan
tokoh dalam sebuah cerita.
3. Kemudian, siswa di minta mencermati cerita yang telah dibaca sebelumnya.
Setelah itu, siswa di minta menjawab pertanyaan-pertanyaan di buku siswa dan
menuliskan jawabannya pada kolom yang telah disediakan.
4. Selanjutnya, siswa diajak melakukan diskusi klasikal untuk membahas
jawaban pertanyaan tersebut.
5. Guru memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan jawabannya
6. Guru membacakan narasi dan meminta siswa mengamati gambar pada buku
siswa.
AYO BERLATIH
1.
Siswa diminta
mengamati gambar lalu mengidentifikasi karakterinstik individu yang nampak
pada gambar.
2.
Siswa menuliskan
hasilnya pada kolom yang disediakan.
3.
Guru mengajak siswa
untuk mendiskusikan jawabannya.
4. Guru memberikan
penjelasan singkat mengenai keberagaman karakteristik individu.
5. Siswa dapat
mengajukan pertanyaan apabila belum jelas dengan penjelasan guru.
AYO MENGAMATI
1.
Siswa diminta
mengamati karakteristik individu berdasarkan ciri fisik anggota keluarganya.
Siswa diminta mengisi tabel yang disediakan sesuai dengan hasil
pengamatannya.
2.
Siswa juga menuliskan
kesimpulan hasil pengamatannya pada
kolom yang tersedia.
AYO RENUNGKAN
1.
Berdasarkan pertanyaan
pada buku siswa:
2.
Apa yang telah kamu
pelajari hari ini? Dalam keluargamu, pasti terdapat keberagaman. Bagaimana
keluargamu menyikapi keberagaman yang ada? Jelaskan alasannya.
3.
Secara mandiri siswa
diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah
didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
4.
Guru mengidentifikasi
dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana
tingkat pemahaman siswa mengenai tanggung jawab sebagai warga masyarakat.
KERJA SAMA DENGAN
ORANG TUA
1.
Siswa melakukan
wawancara kepada orang tuanya. Siswa diminta menanyakan tentang cerita rakyat
yang ada di daerahnya.
2.
Selesai melakukan
wawancara, siswa menuliskan ceritanya di buku tugas.
3.
Saat di sekolah, siswa
diminta membacakan ceritanya di depan teman sekelas.
4.
Untuk mengoptimalkan
kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru menutup pelajaran dengan siswa melakukan refleksi
kegiatan hari ini.
2. Kelas ditutup dengan doa bersama.
|
15
menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 8 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2. Aplikasi Pengajaran
kelas 4 semester 2 SD/MI dari
JGC.
3. Buku cerita rakyat dari berbagai daerah
4. gambar berbagai jenis pekerjaan
5. Buku Siswa
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema :
Keunikan Daerah Tempat Tinggalku (Subtema
2)
Muatan Terpadu : PPKn, Bahasa Indonesia, IPS
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi waktu : 1 hari
F. KOMPETENSI INTI
5. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
6. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga.
7. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
8. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
G. KOMPETENSI DASAR
Muatan: PPKn
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.3
|
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat
sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka
Tunggal Ika.
|
1.4
|
Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya
di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan YangMaha Esa.
|
2.3
|
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragamadi
masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
|
2.4
|
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
|
3.3
|
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.3
|
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Muatan: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.9
|
Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks
fiksi.
|
4.9
|
Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang
terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
|
Muatan: IPS
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.3
|
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan
hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan
budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi..
|
4.3
|
Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang
pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai
provinsi.
|
H.
TUJUAN
1.
Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat
mengidentifikasi kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan
konsumen.
2.
Dengan kegiatan mengamati gambar anak-anak yang sedang berdiskusi,
siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Dengan kegiatan menemukan jawaban soal, siswa dapat menuliskan
tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi.
I. MATERI
1. Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi, meliputi
produsen, distributor, dan konsumen.
2. Siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3. Siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh pada teks cerita
fiksi.
J. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
I. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
6.
Guru memberikan salam
dan meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
7. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
8. Guru menstimulus ide dan motivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan,
”Apa nama pekerjaan orang-orang yang tinggal di lingkunganmu?”
9. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru sesuai hasil
pengamatannya sehari-hari.
10. Kemudian, siswa mengamati gambar sambil mendengarkan guru membacakan
narasi pada buku siswa.
11. Selanjutnya, siswa diminta membaca percakapan yang ada di buku siswa.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
AYO MENGAMATI
4.
Guru meminta siswa
mengamati gambar pelaku kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan
konsumen. Sebagai produsen adalah pengusaha buku. Sebagai distributor adalah
penjual buku. Sebagai konsumen adalah pelajar.
5.
Kemudian, secara
mandiri siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan
pada buku siswa.
6.
Siswa mengamati gambar
perguruantinggi pada buku siswa sambil mendengarkan guru membacakan narasi.
AYO MENGAMATI
4.
Siswa mengamati gambar
anak-anak yang sedang berdiskusi.
5.
Siswa diminta
menuliskan pendapatnya tentang keberagaman fisik berdasarkan gambar tersebut.
6.
Selanjutnya, siswa
juga diminta untuk menuliskan pendapatnya tentang cara menyikapi keberagaman
karakteristik di sekolahnya.
7.
Guru mengajak siswa
melakukan diskusi klasikal.
8.
Guru meminta siswa
menyampaikan pendapatnya di depan teman-temannya.
9.
Guru juga memberi
kesempatan siswa lain jika ada jawaban berbeda.
10.
Guru mengonfirmasi dan
mengapresiasi pendapat-pendapat siswa. Selain itu, guru juga memberi memberi
penegasan bahwa keberagaman fisik merupakan anugerah Tuhan.
11.
Siswa mengamati gambar
sambil mendengarikan guru membacakan narasi pada buku siswa.
12.
Kemudian, siswa
diminta membaca cerita fiksi berjudul Kali Gajah Wong.
AYO BERLATIH
7.
Siswa diminta untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
AYO RENUNGKAN
1.
Berdasarkan pertanyaan
pada buku siswa: Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Kegiatan apa yang
paling menyenangkan bagi kamu?
2.
Secara mandiri siswa
diminta untuk mengemukakan pendapatnya secara tertulis berdasarkan pemahaman
yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
3.
Guru mengidentifikasi dan
menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat
pemahaman siswa mengenai kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai
pekerjaan, keberagaman karakteristik individu, dan tokoh-tokoh pada cerita
fiksi.
KERJASAMA DENGAN ORANG TUA
1.
Siswa mengamati
keunikan daerah tempat tinggalnya.
2.
Selanjutnya, siswa
berdiskusi dengan anggota keluarganya tentang keunikan tersebut.
3.
Siswa diminta
menuliskan hasil diskusinya.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
3. Guru menutup pelajaran dengan siswa melakukan refleksi
kegiatan hari ini.
4. Kelas ditutup dengan doa bersama.
|
15
menit
|
J. SUMBER DAN MEDIA
6. Buku Pedoman Guru Tema 8 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
7. Aplikasi Pengajaran
kelas 4 semester 2 SD/MI dari
JGC.
8. Buku siswa
9. Gambar berbagai jenis kegiatan ekonomi.
K. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
RUBRIK MENGAMATI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Tidak ada komentar :
Posting Komentar