PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN
KOMPETSI SAINS NASIONAL
ILMU PENGETAHUAN ALAM
TINGKAT SEKOLAH DASAR
TAHUN 2020
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN
KOMPETSI SAINS NASIONAL
MATEMATIKA
TINGKAT SEKOLAH DASAR
TAHUN 2020
PETUNJUK PENGERJAAN SOAL
1.
TULIS
NOMER PESERTA ANDA
2.
BACA
DENGAN TELITI PERINTAH PENGERJAAN SOAL
3.
KERJAKAN/JAWAB SOAL YANG MUDAH DULU
4.
PERHATIKAN
WAKTU MENGERJAKAN SOAL
5.
JUMLAH
SOAL 30 PILIHAN GANDA,DENGAN OPTION A,B,C,D
ADA 25% SOAL DALAM BAHASAINGGRIS
PILIHLAH
JAWABAN A,B,C ATAU D YANG PALING TEPAT
1. |
Tumbuhann biji juga dikenal phanerogamae, alat perkembangaannya terlihat jelas. Adapun
tumbuhan paku dan lumut disebut Cryptogame,
sebab alat perkembanganbiakannya berupa spora tak terlihat jelas. Divisi Spermatopyta dibagi menjadi
dua kelas, yaitu tumbuhan Gymnosspermae dan
Angiospermae.
Tumbuhan Gymnosspermae dibagi menjadi ordo…. |
|
|
A. |
Gingkoales,Coniferales, Gnetales, Gnetales |
|
B. |
Cycadales,
Gingkoales, Coniferales, Gnetales |
|
C. |
Coniferales, Agathis alba, Cycas rumpi,
Gnetales |
|
D. |
Gnetales, Gnetum
gnemon, Agathis alba, Cycas rumpi |
2. |
To make it easier to learn the grouping of living creatures
Linnaeus introduced the taxon hierarchies (levels) to classify living
animals. The hierarchy (called taxon) is successively from the highest level
(general) to the lowest (specific) is ... |
|
|
A. |
Kerajaanà Phylumà Classis à Ordoà Familiaà Genusà Spesies |
|
B. |
Kingdomà Divisioà Classisà Ordoà Familiaà Genusà Spesies |
|
C. |
Kingdomà Phylumà Classisà Familiaà ordoà Genus-à Spesies |
|
D. |
Kingdomà Divisioà ordoà classisà Familiaà Spesiesà Genus |
3 |
Ciri serangga yang paling khas memiliki tiga
pasang kaki bernafas dengan trachea dan sebagian besar memiliki mata faset.
Insekta umumnya mengalami beberapa kali pergantian ekdisis selama hidupnya.
Berdasarkan bentuk mulutnya, insekta dibagi menjadi empat, yaitu:… |
|
|
A. |
Tipe mulut menggigit dan
mengunyah, contohnya jangkrik |
|
B. |
Tipe mulun menggigit dan menjilat,
contohnya kupu-kupu |
|
C. |
Tipe mulut menusuk dan mengisap, contohnya
lebah |
|
D. |
Tipe mulut mengisap, contohnya
nyamuk |
5 |
Manusia merupakan makluk hidup yang terdiri dari berbagai
unsur,berupa tulang,otot,daging maunpun darah. Sistem rangka manusia
tersusun dari 206 tulang yang dihubungkan oleh tendon, ligamen, dan tulang
rawan.Tulang-tulang yang menyusun kerangka manusia sebanyak…buah |
|
|
A. |
Tulang kepala 8 buah,tulang kerangka dada 25,tulang
wajah 14,tulang belakang dan pinggul 36, tulang telingga dalam 6, tulang
lengan 64,tulang lidah 1,tulang kaki 62 |
|
B. |
Tulang kepala 10 buah,tulang kerangka
dada 25,tulang wajah 14,tulang belakang dan pinggul 26, tulang telingga dalam
6, tulang lengan 64,tulang lidah 1,tulang kaki 62 |
|
C. |
Tulang kepala 8 buah,tulang kerangka dada 25,tulang
wajah 14,tulang belakang dan pinggul 26, tulang telingga dalam 6, tulang
lengan 74,tulang lidah 1,tulang kaki 62 |
|
D. |
Tulang
kepala 8 buah,tulang kerangka dada 25,tulang wajah 14,tulang belakang dan
pinggul 26, tulang telingga dalam 6, tulang lengan 64,tulang lidah 1,tulang
kaki 6 |
6 |
Ekologi yang mengkaji
berbagai kelompok organisme sebagai suatu kesatuan yang saling berinteraksi
dalam suatu daerah tertentu. mempelajari struktur dan komposisi spesies
tumbuhan di hutan rawa, hutan gambut, atau di hutan payau, mempelajari pola
distribusi binatang liar di hutan alam, hutan wisata, suaka margasatwa, di
taman nasional, dan lain sebagainya adalah…. |
|
|
A. |
Synekologi |
|
B. |
Estuaria |
|
C. |
Autekologi |
|
D. |
Evaporasi |
7 |
Gelombang
merupakan gejala rambatan dari suatu getaran,akan terjadi apabila sumber
getaran bergetar secara terus
menerus.Apabila kita mengikat tali satu ujungnya,dan satu ujungnya
digoyangkan maka akan terbentuk banyaknya bukit dan lembah pada tali yang
kita goyangkan.Berdasarkan gambar di bawah ini pernyatan yang benar adalah…. |
|
|
A. |
Arah rambat gelombang kekiri
ke samping ,sedangkan arah getarannya ke bawah ke kanan |
|
B. |
Arah rambat gelombang ke kanan ke samping,sedangkan arah
getarannya ke atas ke kiri |
|
C. |
Arah rambat gelombang ke atas dan ke bawah,sedangkan arah
getarannya kekiri dan ke kanan |
|
D. |
Arah rambat gelombang kekiri
dan ke kanan,sedangkan arah getarannya ke atas dan ke bawah |
8 |
Ecology is the study of the relationship between various
organisms and their environment. Thus ecosystems are part of ecology which is
a broad subject. Ecology is also closely related to the organizational levels
of living things, namely populations, communities, and ecosystems that
influence each other and are a system that shows unity. There is a main
principle that is held in ecology, is…. |
|
|
A. |
Interaction,Interdependence,diversity,
compatable,sustainability |
|
B. |
Interaction,dependence,diversity, harmony,sustainability |
|
C. |
Interaction,Interdependence,diversity,
humanity,sustainability |
|
D. |
Interaction,Interdependence,diversity,
harmony,sustainability |
9 |
Heat
transfer can be divided into three types based on the intermediate medium.
the types of heat transfer are conduction, convection, and radiation. the
three types of heat transfer can occur simultaneously in a heating process,
in the picture below there is a convection transfer and radiation is shown by
... |
|
|
A. |
1,2 |
|
B. |
2,3 |
|
C. |
3,1 |
|
D. |
3,2 |
10 |
Ujang
bermain-main dengan air. Dia mencampur
4 kg air bersuhu 100oC dengan 8 kg
air bersuhu 50oC.Suhu akhir campuran yang
dilakukan oelh ujang adalah…. |
|
|
A. |
|
|
B. |
|
|
C. |
|
|
D. |
|
11. |
Budi
plays with a volley ball and the soccer ball glides towards Joko. Both have
the same momentum, and they work the same force to stop each ball, what
happens is the interval between the balls to leave it is ... |
|
|
A. |
the time it takes is the same |
|
B. |
shorter to stop the ball v olly |
|
C. |
shorter to stop the soccer ball |
|
D. |
longer to stop the soccer ball |
12. |
Two
balls, one twice as heavy as the other, were dropped on the ground from the
third floor of a building. Just before reaching the ground, the heavier ball
had kinetic energy ... |
|
|
A. |
the same as lighter marbles |
|
B. |
twice as large as lighter marbles |
|
C. |
half times bigger than lighter marbles |
|
D. |
a quarter times bigger than lighter marbles |
13. |
One
day Ina, Ririn and Evi played together at Evi's house. Because the pulse ran
out Ina asked for a pulse transfer. Then they discussed about energy. Ririn
asked Ina and Evi to give examples of electromagnetic radiation energy
transfer. So they give a choice that is .... |
|
|
A. |
electric current |
|
B. |
sound |
|
C. |
encouragement |
|
D. |
ligh |
14 |
Gelombang pada permukaan
air merambat dengan panjang gelombang 2 m. Jika waktu yang dibutuhkan untuk
menempuh satu gelombang adalah 0,5 sekon,cepat rambat gelombang adalah…. |
|
|
A. |
4 m/s |
|
B. |
5
m/s |
|
C. |
6
m/s |
|
D. |
7
m/s |
|
Pernyataan yang benar dan sesuai dengan gambar di atas! |
|
|
A. |
Ujung garpu tala yang bergetar menghasilkan tenaga yang mendorong partikel
udara di sekitarnya |
|
B. |
Pangkal garpu
tala yang bergetar menghasilkan tenaga
yang mendorong partikel udara di sekitarnya |
|
C. |
Paangkal garpu
tala yang bergetar bolak-balik menghasilkan tenaga yang mendorong partikel
udara di sekitarnya |
|
D. |
Ujung
garpu tala yang bergetar bolak-balik menghasilkan tenaga yang mendorong
partikel udara di sekitarnya |
15 |
The ability of living things to hear sounds is
different. A system of using ultrasonic waves to estimate the size, shape, or
depth commonly used on ships or certain animals such as dolphins and bats is
called .... |
||||||||||||||||||
|
A. |
Sensor |
|||||||||||||||||
|
B |
Frequency |
|||||||||||||||||
|
C. |
Resonance |
|||||||||||||||||
|
D. |
Sonar |
|||||||||||||||||
16. |
Metode ilmiah sebagai cara menerapkan prinsip-prinsip
logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran. Untuk
meningkatkan keterampilan, baik dalam menulis, menyusun, mengambil kesimpulan
maupun dalam menerapkan prinsip-prinsip yang adaoleh sebab itu perlu
meengikuti langkah-langkah metode
ilmiah yaitu…. |
||||||||||||||||||
|
A. |
Perumusan masalah-Ã Perumusan hipotesis -Ã Penyusunan kerangka
berpikir dalam pengajuan hipotesis-à Pengujian hipotesisà Penarikan kesimpulan. |
|||||||||||||||||
|
B. |
.Perumusan masalah-Ã Penyusunan kerangka
berpikir dalam pengajuan hipotesis-à Perumusan hipotesis-à Pengujian hipotesisà Penarikan kesimpulan. |
|||||||||||||||||
|
C. |
Perumusan masalah-Ã Penyusunan kerangka
berpikir dalam pengajuan hipotesis-à Perumusan hipotesis-à Penarikan kesimpulan à Pengujian hipotesis. |
|||||||||||||||||
|
D. |
Perumusan masalah-Ã Penyusunan kerangka
berpikir dalam pengajuan hipotesis-à Pengujian hipotesis -à Perumusan hipotesis à Penarikan kesimpulan |
|||||||||||||||||
17. |
Argumentasi yang menjelaskan hubungan yang mungkin terdapat
antara berbagai faktor yang saling mengikat dan membentuk konstelasi
permasalahan. Disusun secara rasional berdasrakan premis-premis ilmiah yang
teruji kebenarannya dengan memperhatikan faktor-faktor empiris
yang relefan dengan permasalahannya,merupakan langkah metode
ilmiah dalam…. |
||||||||||||||||||
|
A. |
Berfikir
penyusunan perumusan masalah |
|||||||||||||||||
|
B. |
Perumusan
kerangka arah berfikir hipotesis |
|||||||||||||||||
|
C. |
Penyusunan kerangka berpikir pengajuan hipotesis |
|||||||||||||||||
|
D. |
Perumusan
pengujian hasil hipotesis |
|||||||||||||||||
18. |
Dalam kehidupan
sehari-hari sering kita jumpai perubahan wujud benda yang tidak dapat kembali
ke wujud semula. Perubahan wujud itu akan menghasilkan benda jenis baru, dan
sifat perubahannya tetap. Hal yang menyebabkan terjadinya perubahan wujud
benda yang tidak dapat kembali ke wujud semula ada beberapa macam perubahan,
yaitu…. |
||||||||||||||||||
|
A. |
pembakaran, pelapukan, dan pemasakan |
|||||||||||||||||
|
B. |
pemuaia,pelapukan,pemasakan |
|||||||||||||||||
|
C. |
pemuaian.penguapan,pembakarn |
|||||||||||||||||
|
D. |
pembakaran,pelapukan,pemuaian |
|||||||||||||||||
19. |
Dalam sistim
tata surya,sebuah benda langit dikatakan planet jika memenuhi kriteria ataupun ciri tertentu yang dimiliki
dibandingkan benda langit lainnya,oleh sebab itu kita harus mengetahui
ciri-ciri benda langit itu planet atau tidak. Demikian halnya Mars sebagai
anggota tata surya bias dikatakan sebagai anggota tata surya.Untuk ,memastiksan
bahwa itu planet Mars,Maka yang termasuk ciri planet berdasarkan table di
bawah ini adalah….
|
||||||||||||||||||
|
A. |
1 A
2 B |
|||||||||||||||||
|
B. |
1 C 3 D |
|||||||||||||||||
|
C. |
2 B
4 A |
|||||||||||||||||
|
D |
3 D
2 C |
|||||||||||||||||
20. |
Gerhana merupakan peristiwa tertutupnyasebuah obyek yang disebabkan
adanya benda/obyek yang melintas di depannya.Kedua obyek yang terlihat dalam
gerhana ini memiliki ukuran yang hampir sama jika diamati dari bumi adanya
gerhana matahari dan gerhana bulan.Bergeser antara gerhana total dan gerhana
cincin.Pada titik tertentu di permukaan bumi,gerhana ini muncul sebagai
gerhana total,sedangkan pada titik lain muncul gerhana cincin,ini merupakan
bentuk gerhana |
|
|
A. |
Total |
|
B. |
Sebagian |
|
C. |
Cincin |
|
D. |
Hibrida |
21. |
Perhatikan gambar di bawah ini! Pada gambar di atas penumbra
ditunjukkan oleh angka… |
|
|
A. |
1 |
|
B. |
2 |
|
C. |
3 |
|
D. |
4 |
22. |
Setelah membaca pernyataan,perhatikan gambar di bawah ini! Sistem peredaran darah dalam bahasa
medis dikenaldengan istilahkordiovaskular.dimana sistem peredaran darah
manusia termasuk ke dalamsistem peredaran darah ganda.Jantung sebagi organ
sentral berperan penting dalam peredaran darah dibagi menjadi beberapa bagian
yang mempunyai peran berbeda.Bagian ventrikel dexster,ventrikal
sinister,atrium dexster,atrium sinister dan aorta ditunjukkan oleh nomor…. |
|
|
A. |
6-4-8-3-1 |
|
B. |
5-6-8-1-3 |
|
C. |
7-1-3-6-4 |
|
D. |
9-3-8-2-4 |
23. |
Perhatikan sekema di bawah ini! Skema
tersebut menunjukkanproses…. |
|||||||||||||||
|
A. |
trasnportasi darah besar |
||||||||||||||
|
B. |
peredaran darah kecil |
||||||||||||||
|
C. |
trasnportasi
darah kecil |
||||||||||||||
|
D. |
peredaran darah besar |
||||||||||||||
24. |
Beberapa hewan seperti ayam berkembang biak dengan
cara bertelur. Telur-telur ayam dierami oleh induknya selama 21 hari. Di
dalam telur terdapat calon anak ayam yang mengalami perubahan dan pertumbuhan
secara terus menerus. Lama kelamaan telur tersebut akan menetas dan keluarlah
anak ayam yang memiliki bulu yang masih halus. Anak ayam lama kelamaan akan
tumbuh dan bulu haluspun lama kelamaan menjadi tebal sama seperti induknya
dan ayam pun menjadi ayam dewasa. seluruh tahap perubahan yang dialami…. |
|||||||||||||||
|
A. |
Metamorfosi |
||||||||||||||
|
B. |
berkembang
biak.bertelur |
||||||||||||||
|
C. |
siklus
hidup |
||||||||||||||
|
D. |
Bertelur |
||||||||||||||
25. |
Pernahkah Anda melihat katak?Katak
biasanya dapat kita temukan di sawah, hutan dan rawa. Katak me rupakan salah
satu hewan amfibiyaitu hewan yang hidup di dua alam yaitu di air dan di
darat. Sepanjang hidupnya, katak hidup di dua alam. Katak termasuk
satu-satunya hewan bukan serangga yang mengalami metamorfosis sempurna karena
memiliki tahap pertumbuhan yang berbeda
dengan hewan lain. Urutan daur hidup katak yaitu…. |
|||||||||||||||
|
A. |
|
||||||||||||||
|
B. |
|
||||||||||||||
|
C. |
|
||||||||||||||
|
D. |
|
||||||||||||||
26. |
Perhatikan tabel di bawah ini! Kemudian apa yang terbaca dari
tabel itu adalah.…
|
|||||||||||||||
|
A. |
Penyebab
kematian hewan dan tumbuhan |
||||||||||||||
|
B. |
Penyebab kepunahan hewan dan tumbuhan |
||||||||||||||
|
C. |
Penyebab
bertambahnya hewan dan tumbuhan |
||||||||||||||
|
D. |
Penyebab
kepindahan hewan dan tumbuhan |
||||||||||||||
27. |
Perhatikan
dengan seksama anatomi tumbuhan di atas! Akar primer,ruas dan
batang ditunjukkaan oleh nomor…. |
|||||||||||||||
|
A. |
2-6-8 |
||||||||||||||
|
B. |
6-7-3 |
||||||||||||||
|
C. |
8-3-5 |
||||||||||||||
|
D. |
5-4-1 |
28 |
Struktur atom
merupakan satuan terkecil dalam materi
baik itu berupa benda cair, padat, dan gas. Atom yang ada menjadi bahan dasar
pembentuk materi-materi yang ada sampai kepada bentuk yang dapat kita
rasakan. Dalam pembagiannya memiliki
fungsi dan tungasnya tersendiri,kita keahui atommempunya struktur .Struktur
atom yang bermuatan positif adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
|
A. |
Proton |
||||||||||||||||||||||
|
B. |
Elektron |
||||||||||||||||||||||
|
C. |
Neutron |
||||||||||||||||||||||
|
D. |
Vidiotron |
||||||||||||||||||||||
29 |
|
|||||||||||||||||||||||
|
A. |
pada
gambar 1 dan 2 terjadi
tolak-menolak keduakutub magnet itu |
||||||||||||||||||||||
|
B. |
pada
gambar 3 dan 4 terjadi tolak-menolak kedua kutub magnet itu |
||||||||||||||||||||||
|
C. |
pada gambar 1 dan 3 terjadi tarik menarik kedua kutub magnet itu |
||||||||||||||||||||||
|
D. |
pada gambar 2 dan 4 terjadi tarik-menarik kedua
kutub magnet itu |
||||||||||||||||||||||
30 |
Perhatikan tabel di atas! Suatu proses yang menghasilkan jasa dan barang dengan mmenggunakan
rekayasa genetik berdasarkan tabel di atas dinamakan…. |
|||||||||||||||||||||||
|
A. |
Bioteknologi |
||||||||||||||||||||||
|
B. |
Rekayasa teknologi |
||||||||||||||||||||||
|
C. |
Hasil teknologi |
||||||||||||||||||||||
|
D. |
Kenversi teknologi |
SELAMAT
BEKERJA,BERFIKIR,AKTIF,KREATIF DAN KRITIS
Tidak ada komentar :
Posting Komentar