Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 11 Januari 2022

RPP-CPP GURU PENGGERAK ANGKATAN 5

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Oleh EDY SUSILO

Nama Pelatihan             : Simulasi Mengajar Calon Pengajar Praktik

Satuan Pendidikan     : SDN 160 Bengkulu Utara

Kelas / Semester            :  6 /1

Topik Simulasi                :  Persatuan dalam Perbedaan

Topik                            : Menerapkan Hidup Rukun Bersatu dan Bekerja Sama Mencapai tujuan

 

A. TUJUAN

1.    Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.

2.    Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan kemerdekaan

3.  Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan oleh guru, siswa mampu Membuat peta pikiran sekitar  proklamasi

B.  KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Orientas  

2.   Apersepsi

3.  Motivasi  

  

    2 menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah pembelajaran

 

Ayo Membaca

Anak membaca pertempuran 10 Nopember di surabaya

 

Membuat peta pikiran berdasarkan bacaan di bawah ini buku siswa kelas 6 tema 2halaman 45

Menjelaskan informasi  peristiwa perjuangan mempertahankan kemerdekaan,dan siswa membuka buku buku siswa kelas 6 tema 2 halaman 47

·         siswa diminta menuliskan manfaat yang diperoleh ketika mampu berkerja sama dengan orang-orang yang berbeda.

·         siswa diminta menuliskan contoh-contoh pengalaman bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda.

·         Siswa diminta menuliskan  manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari.

(Creativity and Innovation)

Ayo Berdiskusi

·         siswa diminta mendiskusikan tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan secara berkelompok. (Critical Thinking nad Problem Formulation)

Ayo Berkreasi                                       

·         Siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa lembar kegiatan

·         siswa diminta mendiskusikan jawaban mereka secara berkelompok dan memperagakan contoh-contoh pola lantai tersebut.

 (Creativity and Innovation)

·         Siswa mempraktikkan kerja sama dalam kelompok

    6 menit

 

Kegiatan

Penutup

 

a)    Anak diajak menyimpulkan kembali pelajaran yang telah diterima

b)    Merefleksi diri dengan peristiwa masa perjuangan dalam kehidupan seharti-hari

c)    Pemberian tugas

d)    Penutup doa

 

   

   2 menit

 

D.PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

EDY SUSILO

NIP.196907151993061001

Bengkulu Utara,30 Desember 2021

Guru Kelas VI

 

 

 

EDY SUSILO

NIP.196907151993061001

 

LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.    Penilaian dilakukan dalam proses yang mencakup aspek ketrampilan meliputi ketrampilan bertanya,ketrampilan menjawab pertanyaan,keetrampilan mengkum,onikasikanhasil kerja.Penilaian meliputi tanggungjawab,bekerjasaman,keseriusan dalam belajar/diskusi.Penilaian pengetahuan mencakup kemampuan menjawab pertanyanaan baik lesan maupun tertulis

2.    Lembar kerja siswa

2.1.Amati gambar dibawah ini dan ceritakan menurut kalimatmu sendiri

2.2.        Buatlah peta Pikiran berdasarkan  bacaan di bawah ini

                         

 

2.3.     Tuliskan informasi pada peristiwa di bawah ini,sesuai dengan pembagian kelompok

                            

 

 3.Jawaban pertanyaan dinilai dengan daftar periksa.

No

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

1

Siswa dapat menuliskan perbedaan yang

ditemukan dalam bacaan .

 

 

2

Siswa dapat menuliskan cara  kawan-kawan menyikapi perbedaan yang ada.

 

 

3

Siswa dapat menuliskan penjelasan apakah perbedaan menghalangi dalam  kawan-kawa dalam melakukan kerja sama.

 

 

4

Siswa dapat menuliskan manfaat yang

diperoleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda.

 

 

5

Siswa dapat menuliskan contoh-contoh

pengalaman bekerja sama dengan orang-orangyang berbeda

 

 

6

Siswa dapat menuliskan penjelasan bagaimanamenyikapi perbedaan yang ada dalam kehidupan mereka sehari-hari.

 

 

7

Siswa dapat menuliskan penjelasan tentang manfaat kerja sama dan persatuan dalam

kehidupan sehari-hari.

 

 

 

C. Remedial dan Pengayaan

1.  Remedial Diberikan pada siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran

2.  Pengayaan Diberikan pada siswa yang sudah mencapai tujuan pembelajaran 

 

D. SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.    Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.    Lingkungan sekitar

4.    kertas HVS dan alat tulis

5.    Gambar pristiwa 10 Nopember 1945,Bandung lautan Api,Palagan ambarawa,Agrsei militer Belanda I dan II

E.  MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul halaman 42-45 tema 2 kelas VI
  2. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat.
  3. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan

F.  PENDEKATAN & METODE

      Pendekatan    : Scientific

Strategi           : Cooperative Learning

Teknik             : Example Non Example

Metode           : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN / SEBAGAI MEDIA LKS

KERJA SAM DI LINGKUNGAN SEKITAR

 

PERISTIWA 10 NOPEMBER 1945

 

PERISTIWA 10 NOPEMBER 1945

 

 

 

21 Jul 2021 — Agresi Militer Belanda I adalah operasi militer Belanda untuk kembali menjajah Indonesia. Berikut sejarah Agresi Militer Belanda I.

Setelah memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Indonesia tidak serta merta bebas dari penjajah. Belanda masih terus berupaya merebut kemerdekaan Indonesia melalui sejumlah serangan, salah satunya Agresi Militer Belanda I atau Operatie Product.Agresi Militer Belanda I adalah operasi militer yang digencarkan Belanda di Pulau Jawa dan Sumatera pada 21 Juli

 

AGRESI MILITER ELANDA II            

Agresi Militer Belanda II adalah serangan yang dilancarkan Belanda pada 19-20 Desember 1948. Operasi Gagak ini berawal dari serangan di Yogyakarta yang saat itu merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Indonesia. Serangan pun meluas ke sejumlah kota di Jawa dan Sumatera.

 

AGRESI MELITER BELANDA II, ADANYA PEMERINTAHAN DARURAT DI BUKIT TINGGI SUMATRA BARAT

             

 

Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi tanggal 23 Maret 1946. Salah satu titik penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia ini ditandai dengan pengosongan dan pembakaran Bandung oleh rakyat dan tentara agar tidak dijadikan markas pasukan Sekutu dan NICA (Belanda). Aksi bumi hangus di Bandung dipandang sebagai taktik yang dirasa paling ideal dalam situasi saat itu karena kekuatan pasukan Republik Indonesia tidak sebanding dengan kekuatan Sekutu dan NICA.
                                             

 

 

Tidak ada komentar :