REFLESI DWI MINGGUAN
MODUL 1.1
FEELING
(Perasaan)
Selama kurang lebih
dua minggu menjadi CGP, banyak sekali hal yang dirasakan. sedih ,
senang, down, bahagia, semua bercampur aduk dengan keinginan dan tekad yang
kuat untuk dapat menyelesaikan Program Guru Penggerak ini. Keseluruhan perasaan
tersebut saya ibaratkan juga dengan apa yang dialami oleh murid-murid saya
sosok Ki Hajar
Dewantara yang mengatakan bahwa kita harus memanusiakan manusia, sehingga murid
dapat mencapai kodrat alam, namun juga tetap selalu membuka mata untuk setiap
hal positif di luaran sana (kodrat zaman) sehingga anak didik kita dapat
merasakan kebahagiaan dan
Dalam pembelajaran
ini saya menemukan hal-hal yang kurang saya pahami sebelumnya yaitu tentang
filosofis Ki Hajar Dewantara. Saya mendapat ilmu-ilmu baru yang sangat saya
perlukan untuk meningkatkan kompetensi saya sebagai seorang pendidik. Melalaui
6 Dasar pemikiran ki hajar Dewantara saya merasa mendapat bekal yang tidak
ternilai harganya.
FINDINGS
(Pembelajaran)
Sebagai seorang
pendidik saya harus menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak,
agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya
baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat dengan mengacu pada trilogi
pendidikan yaitu ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso dan tut wuri
handayani
FUTURE (Penerapan)
Saya akan
merealisasikan hal terbaik dalam proses pembelajaran saya dikelas, agar tujuan
pendidikan bisa tercapai dengan baik. Banyak hal yang akan saya benahi, karena
saya sadar selama ini yang saya lakukan jauh dari kata sempurna jika dikaitkan
dengan filosofis pemikiran Ki Hajar Dewantara . Pembelajaran yang berpusat pada
guru harus segera diganti dengan pembelajaran yang berpusat pada murid, agar
tercipta interaktif yang menyenangkandidalam kelas.
Memberi kebebasan
kepada anak-anak untuk menggali potensi yang dimilikinya harus terjadi dalam
proses pembelajaran agar mereka menemukan jati dirinya sehingga menjadi manusia
seutuhnya.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar