KEGIATAN PENDAMPINGAN INDIVIDU
5
Nam CGP |
: |
|
Pendampingan
individu |
: |
5 (LIMA) |
Asal Sekolah |
|
Bengkulu Utara |
Nama PP |
: |
EDY SUSILO |
Hari/tanggal |
: |
|
Tema
Pendampingan |
: |
Rancangan Program yang Berpihak pada Murid |
Fokus
Pendampingan |
: |
Ø Refleksi penerapan aksi nyata modul 3.1 Ø Diskusi rancangan program yang berdampak pada murid Ø Diskusi perkembangan komunitas praktisi yang dijalankan di sekolah
serta implementasi dari rencana di lokakarya 3 untuk berbagi ke rekan sejawat |
NO |
AKTIFITAS PP |
AKTFITAS CGP |
1 |
Bagian Awal Pendampingan (10’) |
|
|
a.
Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP memastikan CGP
memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan. |
|
|
b. Pengajar Praktik menanyakan apa saja
proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, menanyakan rencana
tindak lanjut dari pendampingan sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap
sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan
Pembelajaran Daring) |
|
|
c. Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih
telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. |
|
|
d. Meminta hasil observasi pembelajaran rekan
sejawat |
|
2 |
Bagian Inti Pendampingan (160’) |
|
|
a.Penerapan aksi nyata modul 3.1 (30’) Penerapan aksi nyata modul 3.1, CGP tidak ditugaskan
untuk melaporkan implementasinya melalui LMS. CGP hanya mendiskusikan
pengalaman dan refleksi dari aksi nyata ini bersama pendamping pada saat pendampingan individu. Untuk mempermudah PP melaksanakan refleksi dengan CGP,
gunakanlah pertanyaan pematik berikut ini: |
|
|
|
|
|
·
Apa saja kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat
melakukan identifikasi sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu
mengatasinya? |
|
|
·
Bagaimana perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi
sumber daya sekolah? |
|
|
·
Apa pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya
sekolah? |
|
|
·
Apakah terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya
sekolah yang belum Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung? |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
o Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu masih
perlu dikembangkan atau perlu dievaluasi dari proses pengambilan keputusan
tersebut? |
|
|
b.Rancangan program
yang berdampak pada murid (30’) Diskusi rancangan program yang berdampak pada murid,
dapat diawali dengan menanyakan rancangan program yang sudah ada di sekolah.
Lakukan reviu bersama CGP, apakah rancangan di sekolah sudah berpihak kepada
murid?, berdasarkan diskusi awal ini menjadi dasar untuk PP untuk melanjutkan
diskusi pada tahap berikutnya. Untuk lebih meningkatkan penglaman CGP, ajaklah CGP
berdiskusi terkait rancangan program yang berdampak pada murid dengan
mengacukan pertanyaan pematik berikut ini: |
|
|
o
Apakah Bapak/Ibu sudah membuat rancangan program yang
berdampak pada murid? |
|
|
o
Apa bentuk program yang sudah Bapak/Ibu rancang? |
|
|
o
Dukungan apa saja yang Bapak/Ibu perlukan untuk menerapkan
program yang sudah dibuat? |
|
|
o
Apa yang menjadi tantangan Bapak/Ibu dalam melaksanakan
rancangan program yang sudah dibuat? |
|
|
o
Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk menghadapi tantangan
tersebut? |
|
|
c.Perkembangan
komunitas praktisi (30’) |
|
|
o
Bapak/ Ibu sudah merintis komunitas praktisi di
lingkungan sekolah (dan sekitarnya, jika ada), bagaimana peran komunitas ini
terhadap proses belajar Bapak/ Ibu? |
|
|
o
Apa saja perubahan menyenangkan yang Bapak/ Ibu alami
dari rekan di komunitas praktisi Bapak/ Ibu? |
|
|
o
Apa rencana yang akan dilakukan komunitas praktisi
Bapak/ Ibu setelah program ini selesai? |
|
|
o
Apa dukungan yang Bapak/ Ibu perlukan untuk komunitas
praktisi Bapak/ Ibu agar bisa terus belajar bersama? |
|
|
d.
Dialog Pasca-Observasi Pembelajaran (70’) Diakhir PI 4, CGP sudah ditugaskan untuk membimbing
satu orang rekan sejawat dalam penyusunan RPP dan juga melakukan observasi
pembelajaran ke kelas rekan sejawat. Pada PI 5 ini, PP mengarahkan CGP untuk: |
|
|
o
Menyampaikan tujuan percakapan dan hasil analisis data
observasi pembelajaran ke rekan sejawat. |
|
|
o
Melakukan percakapan umpan balik. Dalam percakapan CGP
menemukan area pengembangan dan perbaikan diri yang hendak dilakukan kepada
rekan sejawat. Catat hasil umpan balik pada Catatan Percakapan Pasca
Observasi Kelas (format ambil di modul 2.3 pada bagian aksi nyata). |
|
|
o
Percakapan perencanaan area pengembangan |
|
|
o
Rencana aksi pengembangan diri. Hasil perencanaan aksi pengembangan
diri rekan sejawat dicatat pada Lembar Rencana Pengembangan Diri (format
ambil di modul 2.3 pada bagian aksi nyata). |
|
3 |
Bagian Akhir Pendampingan (10’) |
|
|
a.
Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini: |
|
|
o
Setelah Bapak/ Ibu menjalani program PGP ini apa hal
yang menurut Bapak/ Ibu paling Bapak/Ibu kuasai dari materi-materi yang sudah
dipraktikkan? |
|
|
o
Materi apa yang Bapak/ Ibu rasakan masih membingungkan
dan ingin dipelajari lebih dalam? |
|
|
b.
Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik
yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. |
|
|
c.
Mengingat CGP untuk menyebarkan, mengumpulkan dan mengimput survei
tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360). Kegiatan ini sudah harus
dilakukan sebelum pelaksanaan PI 6. Yang harus dilakukan CGP: |
|
|
o
Menyebarkan kuesioner survey feedback 3600 sesuai peran
dan jenjang yang diampu oleh CGP dengan responden Kepala sekolah, rekan guru
(5 orang), dan perwakilan murid CGP (5 orang) |
|
|
o
CGP mengisi self evaluation |
|
|
d.
Mengingatkan CGP untuk melakuan diskusi terkait Pemetaan Aset
(pelaksanaan sebelum PI 6 dilakukan), adapun hal-hal yang harus dilakukan
CGP: |
|
|
o
Menentukan jadwal diskusi Pemetaan aset dengan Kepala
Sekolah |
|
|
o
Mengundang aktor (Kepala sekolah, rekan guru, murid,
orang tua, tokoh setempat dan perwakilan gender) yang terlibat dalam diskusi |
|
|
o
Membuat notulen hasil diskusi |
|
|
o
Mengambil foto kegiatan |
|
|
o
Mengumpulkan hasil pemetaan |
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar