Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 11 Juli 2023

MATERI PENDAMPINGAN INDIVUDU PPGP 7

 


LAPORAN / CATATAN HASIL PENDAMPINGAN

PADA KEGIATAN PENDAMPINGAN INDIVIDU TAHUN 2022

Pendampingan Individu 1

 

 

Tema Pendampingan      :

Refleksi awal kompetensi guru penggerak

Fokus Pendampingan    :

a.    Diskusi tantangan pembelajaran daring

b.    Refleksi penerapan perubahan kelas selaras dengan pemikiran KHD

c.    Diskusi pembuatan kerangka portofolio

d.   Diskusi Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi GP

Nama CGP                     :

DEWI SUSANTI

Sekolah                          :

SMPN 47 BENGKULU UTARA

Hari/Tanggal                   :

Rabu, 24 November 2022

 

I.                    BAGIAN AWAL PENDAMPINGAN (20’)

 

No

Pengajar Praktik

Calon Guru Penggerak

1

Apa khabar bapak/ibu?

Alhamdulillah sehat dan semangat pak

2

Pengenalan diri PP/CGP

Perkenalkan nama Edy Susilo Pengajar Praktik pada program guru penggerak angkatan 7, tugas kami sebagai pendamping bapak/ibu CGP dalam mengikuti PPGP/

Saya Hetti Yuliani Pohan, calon guru penggerak angkatan 7 dari SMPN 48 Bengkulu Utara

3

Menjelaskan                               fokus pendampingan

a. Diskusi tantangan pembelajaran daring

b. Refleksi penerapan perubahan kelas selaras dengan pemikiran KHD c.Diskusi pembuatan kerangka portofolio

d.Diskusi Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi GP

4

Dokumen CGP yang perlu disiapkan: File (hard/soft), Link Tugas

(siapkan Laptop)

CGP menyiapkan perlengkapan pendampingan

5

Proses PGP apa yang sudah berjalan 1 bulan terakhir?

1)      Melaksanakan Lokakarya Orientasi

2)      Melaksanakan pembelajaran daring bersama fasilitator dan instruktur

3)      Melakukan tes awal pada modul 1

4)      Melaksanakan diskusi kelas secara virtual tentang pemahaman pemikiran KHD (Modul 1.1) dan Nilai-nilai serta peran Guru Penggerak (Modul 1.2)

5)      Melaksanakan Kolaborasi Kelompok pada Modul 1.1 dan Modul 1.2

6)      Melaksanakan presentasi hasil kolaborasi Modul 1.1 dan Modul 1.2

7)      Merefleksikan   Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yang menjadi titik awal kami (CGP) sebagai agen perubahan dan pemimpin

pembelajaran dalam transformasi pendidikan di sekolah.


 

 

 

8)      Memahami dan mendemonstrasikan konsep pemikiran-pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara (Modul 1.1) dan Nilai-nilai serta peran Guru Penggerak (Modul 1.2) dan relevansinya dengan penerapan pendidikan abad ke-21 pada konteks lokal (nilai-nilai luhur sosial-budaya) di tempat asal;

9)      Mengikuti kegiatan Elaborasi pemahaman Modul 1.1 dan Modul 1.2 secara virtual

10)  Membuat Koneksi antar materi yang memuat kesimpulan dan refleksi dari hasil pembelajaran

6

Apa yang sudah dilakukan sebagai capaian selama bulan tsb (cross check jurnal hasil pemantauan daring CGP)

1)      Melakukan refleksi diri yang tertuang dalam Leraning Management Sistim (LMS)

2)      Membuat video presentasi yang diupload di LMS pada ruang kolaborasi sebagai tugas Calon Guru Penggerak

3)      Melakukan ekpolrasi konsep pada modul 1.1 tentang Kerangka pemikiran KHD

4)      Asas Pendidikan Ki Hadjar Dewantara,Dasar Dasar Pendidikan yang Menuntun, Kodrat Alam dan Kodrat Zaman,Budi Pekerti,Interpretasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara,Penugasan (Refleksi diri)

5)      Unggah tugas demontrasi kontekstual modul 1.1 dan 1.2

6)      Melakukan penilian kinerja instruktur oleh CGP

7)      Mempelajari modul 1.2

8)      Upload tugas Mulai dari diri Modul 1.2.a.3

9)      Ekpolrasi konsep modul 1.1 dan 1.2.

10)  Melakukan presentasi kelompok secara daring

11)  Unggah tugas video Ruang Kolaborasi Modul 1.1 dan 1.2

12)  Unggah tugas koneksi antar materi pada modul 1.1 dan 1.2

7

Apresiasi               sudah

melakukan pembelajaran daring bulan pertama

Pembelajaran daring dapat meningkatkan kemampuan dalam menggunakan platform

digital, pembuatan presentasi online, melakukan diskusi online dan mengunggah tugas secara daring

8

Apakah                      lingkungan belajar/ekosistem sekolah (sapras/warga sekolah) mendukung kegiatan

Bapak ibu ke depan?

Sangat Mendukung, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah dukungan dan support kepada kami sebagai CPG

 

II.                BAGIAN INTI PENDAMPINGAN

A.     Tindak lanjut hasil Loka Orientasi dan pembelajaran daring (30’)

 

 

No

Pengajar Praktik

Calon Guru Penggerak

1

Selama                   proses

pembelajaran                              daring bersama fasil, apa saja kekhawatiran                                       yang sebelumnya diresahkan dan         terjadi,         atau

belum/tidak terjadi?

Kekhawatiran yang saya milki yaitu pada saat awal proses diklat yang akan dilaksanakan secara online, dimana hamper semua rangkaian kegiatan diklat dilaksanakan secara daring baik dalam pendalaman materi ataupun pengumpulan tugas, saya sedikit merasa bingung dan ragu akan kemampuan saya dalam menjalaninya. Karena saya tidak begitu berpengalaman dalam mengerjakan LMS dan  bagaimana melaksanakan kegiatan pembelajarannya.


 

 

 

Tetapi seiring perjalanan waktu, saya mulai terbiasa dalam menggunakan LMS, membuat video presentasi, mempresentasikan serta mengunggah tugas .

Kekhawatiran yang selanjutnya adalah pada saat ada kendala dengan jaringan internet, baik menggunakan data maupun wifi, sehingga akan ada kendala dalam mengerjakan tugas dan upload tugas, serta menghambat kami dalam berproses untuk melaksanakan pendidikan guru penggerak

2

Apa saja harapan-harapan yang sudah terwujud setelah pembelajaran 1 bulan ini?

Setelah melakukan pembelajaran saya perlahan mulai terbiasa dan memahami kegiatan dan tugas-tugas yang ada di LMS. Saya semakin mengerti akan peran dan nilai guru penggerak serta dapat mengaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Harapan kedepanya saya akan lebih aktif lagi dalam kegiatan yang diselenggarakan pada program Guru Penggerak

Mulai merubah konsep pemikiran tentang pendidikan yang berpusat pada anak dengan nilai luhur KHD dan mulai melakukan nilai nilai yang harus ada pada guru penggerak

yaitu berpusat pada siswa, mandiri, kolaboratif, inovatif, dan reflektif

3

Adakah harapan baru yang Bapak /Ibu harapkan untuk pembelajaran 1

bulan ke depan?

Harapan baru kami adalah saya harus lebih memahami tugas dan tanggung jawab sebagai Calon Guru Penggerak yang menjadi agen transformasi pendidikan dengan pola pikir baru dalam pendidikan yang berpinsip pada pemikiran KHD dan Nilai-nilai

serta peran Guru penggerak

4

Bagaimana dukungan yang diberikan kepala sekolah dan rekan guru selama CGP melakukan

pembelajaran daring?

Dukungan yang diberikan kepala sekolah sangat luar biasa. Kegiatan yang saya lakukan juga mendapat dukungan dari rekan guru dengan memberikan motivasi dan respon yang positif kepada saya.

 

B.      Tindak Lanjut Hasil Pembelajaran (30’)

 

 

No

Pengajar Praktik

Calon Guru Penggerak

1

Berdasarkan pembelajaran mengenai filosofi          pendidikan yang sudah bapak ibu pelajari:

Perubahan seperti apa yang telah dilakukan di ruang kelas yag selaras dengan           pemikiran KHD?

Perubahan yang saya lakukan dikelas meliputi:

a.   Membuat kesepakatan kelas

b.      Memberi kesempatan yang sama kepada siswa untuk menyampaikan pendapat didalam proses pembelajaran

c.     Berpihak kepada anak, dalam melakukan pembelajaran saya lebih mencoba memahami bagaimana karakter anak

d.  Saat pembelajaranpun saya memberikan kebebasan kepada anak untuk menentukan cara dan tempat mereka belajar

e.  saya juga terus bersabar menghadapi anak yang memang masih belum bisa dengan baik menerima pembelajaran dengan cara menuntun proses pembelajaran kepada siswa yang masih kurang memahami pembelajaran

2

Apa saja pembelajaran yang Bapak Ibu dapatkan dari modul filosofi Pend. Nasional KHD yang ternyata

Pembelajaran yang saya dapatkan adalah, ternyata sebagai seorang guru itu bukan hanya selesai tugasnya dengan mentransfer ilmu dan melaksanakan pembelajaran di kelas, seorang guru harus mampu menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang baik, harus bisa menerapkan sistem among dan menuntun siswa sehingga siswa dapat memperoleh kebahagian setinggi tingginnya, artinya sehingga siswa dapat menggali

potensinya yang nantinya dapat berguna di lingkungannya


 

 

mendorong Bapak Ibu untuk            melakukan perubahan?

Pembelajaran selanjutnya yang saya dapatkan pada modul filosofi pendidikan yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani.

Selama ini saya hanya menjalankan Ing Ngarso sung Tulodo, yaitu saya hanya memberi contoh tetapi belum maksimal sebagai pemberi contoh teladan. Setelah saya mempelajari modul ini saya mulai menerapkan pembelajaran yang berpihak kepada murid serta menuntun dalam proses KBM.

Contoh real yang saya lakukan, saya membudayakan senyum, salam, sapa setiap bertrmu dengan rekan guru disekolah, dengan tujuan agar siswa disekolah saya juga menerapkan budya tersebut, dan alhamdulillah, siswa yang ada disekolah sebagian besar sudah menerapkan hal tersebut.

3

a)       Bagaimana respon peserta didik atas perubahan tsb?

b)      bagaimana     bapak

ibu melihat respon tersebut?

a)   Peserta didik menjadi lebih senang melakukan pembelajaran, dan tentunya mereka semakin dekat dengan kita sehingga mereka semakin nyaman melakukan aktivitasnya

 

b)    Saya juga merasa senang karena dengan perubahan yang ada pada siswa saya membantu saya dalam proses pembelajaran

4

a)     Apa hal yang sudah baik dari perubahan tsb?

b)     Apa saja hal yang mungkin           perlu

diperbaiki              ke

depannya?

a)   Hal yang sudah baik adalah adanya kesepakatan antara guru dan siswa, serta siswa menanggapi hal positif terhadap perubahan yang saya lakukan walaupun awalnya saya mengalami ksulitan untuk melakukan perubahan tersebut.

b)     Konsistensi penerapan Ilmu yang di peroleh dari pendidikan CGP, pada intinya saya harus terus Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan

 

C.     Pembuatan Kerangka Portofolio Digital (60’)

 

 

No

Pengajar Praktik

Calon Guru Penggerak

1

Sudahkah menuangkan perubahan konkret yang dilakukan ke jurnal

refleksi mingguan?

Alhamdulillah Sudah pak

2

Media/Platform        apa

yang        bapak         ibu gunakan                untuk

membuat        portofolio

digital?

Porto folio saya ada di drive dan google sites. Dari keduanya saya lebih berkonsentrasi menggunakan google sites, karena tampilannya lebih menarik dan mudah mencari file

/data yang kita simpan

3

Apakah Bapak ibu sudah               memiliki Portofolio Digital di

sites.google.com

Sudah pak

4

Jika belum, apa kendala

 


 

 

bapak ibu?

Jika      sudah,     silakan tulis/buka URL nya

 

-

5

Komponen apa saja yang dituangkan ke dalam             portofolio digital?

Semua tugas – tugas mandiri yang di upload pada LMS, materi, foto pendampingan, screenshoot gmeet, dokumentasi kegiatan lokakarya 0 dan dokumentasi – dokumentasi kegiatan- kegiatan pendidikan CGP

6

Seperti apa bentuk portofolio digital yang bapak ibu buat? (pastikan ikuti panduan)

 

Porto folio yang dibuat dengan google sites

 

D.     Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompeten GP (30’)

 

 

No

Pengajar Praktik

Calon Guru Penggerak

1

Kompetensi apa yang sudah baik? Jelaskan alasannya

IT saya mulai berkembang, terutama dalam mengedit video untuk dipresentasikan. Saya mulai terbiasa menggunakan laptop dan platform belajar yang ada di internet karena hal ini sangat membantu saya dalam proses kegiatan

belajar mengajar di sekolah

2

Kompetensi apa yang perlu ditingkatkan? Jelaskan alasannya

Kompetensi yang perlu ditingkatkan adalah berkaitan dengan IT.

Alasannya saya masih harus banyak belajar terutama platform digital yang ada. Karena tugas yang saya buat dalam LMS rata-rata menggunakan aplikasi yag ada di internet. Sehingga saya harus terus belajar bahkan melakukan Gmeet

bersama teman CGP dalam anggota kelompok.

3

Setelah mengetahui umpan balik tersebut, adakah           perubahan rencana? Apa saja yang

berubah

Secara umum tidak ada perubahan rencana, hanya harus lebih konsisten melakukan kegiatan dan melakukan refleksi diri yang saya lakukan.

 

III.             BAGIAN AKHIR PENDAMPINGAN

A.     Refleksi (10’)

 

 

No

Pengajar Praktik

Calon Guru Penggerak

1

Adakah pemikiran baru yang Bapak Ibu dapatkan setelah sesi pendampingan ini?

Awal sebelum pendampingan saya khawatir apa saja nanti yang akan dilakukan. Setelah bapak pengajar praktik datang kesekolah dengan senyum dan sapa yang hangat membuat kekhawatiran saya hilang. Ide baru yang saya dapatkan adalah bagaimana saya konsisten dalam menerapkan pembelajaran pada modul yang sudah dipelajari di kelas dan membuktikan kepada rekan guru bahwa CGP itu ada    perbedaan    dibandingakan    yang    belum    mengikuti    CGP.sehingga

menumbuhkan semangat untuk rekan guru tergerak untuk mengikuti program


 

 

 

CGP ini

2

Apakah     yang     sudah baik         atau         perlu

ditingkatkan             dari pendampingan ini untuk

ke depannya?

Hal yang sudah baik adalah tata cara penyampaian pengajar praktik yang sistematis dalam bertanya. Membuat saya menjawab pertanyaan dengan nyaman tanpa ada beban. Untuk pendampingan berikutnya saya berharap bapak pengajar praktik semakin semangat membimbing saya dan berbagi ilmu yang

dimiliki

3

Terima kasih sudah berbagi Praktik Baik yang bapak ibu lakukan dari           pembelajaran

Daring

Terimakasih kembali pak, Semoga bapak tidak putus semangat dalam membimbing dan mendampingi kami hingga berakhirnya pendidikan kami pak

4

Adakah               catatan pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator (catat dalam                    jurnal

komunikasi di LMS)

 

Dalam pembelajaran daring saya rasa sudah cukup baik sekali, antara CGP dengan Pengajar praktik maupun fasilitator saling berkoordinasi, dan selalu komunikatif dalam setiap kegiatan pembelajaran pendidikan CGP ini

 

B.      Lain-lain

No

Pengajar Praktik

Calon Guru Penggerak

1

Hal-hal tambahan yang dibutuhkan  Bapak   Ibu

selama pendampingan

 

Saya kira semua sudah cukup baik, dan terpenuhi segala sesuatunya antara CGP dan PP

2

Hal-hal yang dibutuhkan Bapak Ibu untuk pendampingan berikutnya

 

Dalam pendampingan saat ini sudah cukup baik, harapannya saat pendampingan selanjutnya bisa lebih baik lagi

3

Menurut                        bapak/ibu bagaimana perkembangan sikap bapak /ibu setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang

lebih 1 bulan ini

 

Perkembangan sikap setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang lebih 1 bulan, saya menjadi pribadi yang lebih sabar

4.

Menurut                                 bapak/ibu bagaimana perkembangan ketrampilan bapak /ibu setelah                      melakukan pembelajaran                           daring selama kurang lebih 1 bulan ini

Perkembangan keterampilan banyak sekali perkembangan, selama menjadi CGP banyak sekali belajar digitalisasi, saya jadi mengenal LMS, canva, jamboard, goggle sites, intinya banyak hal hal baru yang saya pelajari


C.     Rencana Tindak Lanjut (PI-2)

1.      Umpan balik survey 3600 (CGP, Rekan Sejawat, kasek, Siswa)

2.      Refleksi Hasil Umpan Balik Kompetensi Guru Penggerak terhadap Rekan Sejawat, kasek, Siswa

3.      Diskusi refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah

4.      Diskusi refleksi perubahan diri setelah mempelajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3

5.      Diskusi rencana merintis komunitas praktisi di sekolah, berdasarkan hasil pemetaan di lokakarya 1

6.      Mengkomunikasikan visi dan prakasra perubahan ke KS dan warga sekolah dengan dimoderasi oleh PP

 

D.     Bahan/ dokumentasi kegiatan PI (PI-1)

1.      Siapkan Media video, rekaman, foto, atau dokumen lainnya terkait aksi nyata bapak ibu untuk diupload di LMS oleh PP

2.      Daftar hadir, foto-foto dan dokumen lain yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan pendampingan



PENDAMPINGAN IN DIVIDU 2 : PERUBAHAN PARADIGMA PEMIMPIN PEMBELAJARAN

Pendampingan 2: Perubahan Paradigman Pemimpin Pembelajaran

Waktu : 4 x 45 menit

Waktu Pelaksanaan :Kurun waktu seminggu sebelum lokakarya 2

Bahan Yang Dibutuhkan:

1. Buku Pegangan Pendampingan Individu

2. Jurnal hasil pemantauan pembelajaran Daring CGP

3. Jurnal Pendampingan, daftar hadir, dan rencana pendampingan selanjutnya

4. Rumusan Visi Sekolah

5. Hasil pemetaan CGP dari lokakarya 1 terkait komunitas praktisi

6. Isian lembar kerja penugasan untuk lokakarya 2

NO

AKTIFITAS PP

AKTFITAS CGP

1

BAGIA AWAL

 

 

1. Bagian awal pendampingan (10’)

a) Pengajar Praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak

Menjawab pertanyaan dan sapaan  PP

 

b) Menjelaskan tentang fokus pendampingan. PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.

 

Mendengarkan fokus pendampingan 2: Perubahan Paradigman Pemimpin Pembelajaran

 

c) Pengajar praktik memastikan dokumen yang dibutuhkan saat pendampingan

individu sudah disiapkan CGP.

 

v  Rumusan Visi Sekolah

v  Hasil pemetaan CGP dari lokakarya 1 terkait komunitas praktisi

v  Isian lembar kerja penugasan untuk lokakarya 2

 

d) Pengajar praktik menanyakan apa saja proses kegiatan yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, pembelajaran daring dan menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan individu 1, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan jurnal hasil pemantauan pembelajaran daring) e) Mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak

Kegiatan yang sudah berjalan satu bulan ini, sekolah kami selalu menerapkan disiplin positif  dengan membiasakan 5s dan menyambut kedatangan siswa, melakukan pembiasaan – pembiasaan sholat dhuha, murojaah, dan menerapkan pembelajaran sesuai dengan filosofi KHD, intinya saya sudah menerapkan ilmu yang telah saya dapatkan dalam program guru penggerak ini

2

BAGIAN INTI PENDAMPINGAN

 

 

Bagian inti pendampingan (160’)

 

 

a) Refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah (15’)

Lakukan diskusi dengan CGP terkait lingkungan belajar di sekolah dengan

memberikan pertanyaan pemantik berikut ini:

1) Bagaimana dukungan Kepala Sekolah/ Rekan Sejawat terhadap pendidikan guru penggerak yang Bapak/Ibu jalani?

 

Secara keseluruhan, baik kepala sekolah maupun rekan sejawat sangat mendukung dan mengapreasiasi pendidikan guru penggerak yang saya jalani selama ini.

 

2) Apa bentuk dukungan yang mereka berikan?

 

Memberikan dukungan berupa tenaga dan materi yang diperlukan, selalu bersedia diikutsertakan dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan guru penggerak yang saya jalani, memberikan keleluasaan saya menggunakan sarana dan prasarana disekolah untuk digunakan dalam menunjang terlaksananya program pendidikan guru penggerak

 

3) Apa tantangan yang Bapak/Ibu hadapi dalam menjalani pendidikan guru penggerak di lingkungan selolah Bapak/Ibu?

 

Tantangannya adalah, bagaimana cara saya mengaplikasikan pengetahuan yang saya dapatkan pada program pendidikan guru penggerak di lingkungan sekolah saya, sementara baru saya sendiri yang mengikuti program ini, jadi tidak ada teman disekolah yang bisa diajak berdiskusi terkait program guru penggerak ini.

 

4) Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

 

Yang saya lakukan, memberikan informasi/ pengetahuan yang saya dapatkan pada program guru penggerak kepada rekan sejawat dan mengajak mereka untuk mengaplikasikan ilmu yang saya transferkan dikelas

 

5) Apa rencana Bapak/Ibu ke depannya sehingga kegiatan pendidikan guru

penggerak yang Bapak/Ibu jalani berjalan maksimal?

 

Berupaya selalu menerapkan ilmu yang didapatkan disekolah, dan mengajak rekan guru lainnya untuk ikut program guru penggerak ini sehinga nantinya banyak guru – guru disekolah kami yang sefrekuensi dan dapat memberikan perubahan disekolah kami

 

b) Refleksi perubahan diri setelah memperlajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3. (15’)

Lakukan diskusi dengan CGP tekait perubahan apa saja yang dirasakan setelah

mempelajari modul, dengan memberikan pertanyaan pemantik berikut ini:

 

 

 

1) Apa saja yang sudah Bapak/Ibu pelajari pada Modul 1.1, 1.2 dan 1.3?

 

Yang sudah saya pelajari pada modul 1.1 filosofi ki hajar dewantara adalah, saya semakin faham bahwa seorang guru bukan hanya bertugas mentransfer ilmu, tetapi seorang guru harus bisa menuntun dan mengarahkan semua kodrat yang ada pada anak sehingga anak dapat mendapatkan kebahagiaan setinggi – tingginya. Pada modul 1.2 Nilai dan peran guru penggerak, saya semakin tau bagaimana seorang guru harus berpihak pada murid, reflektif, mandiri, kolaboratif dan inovatif dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan seorang guru harus dapat berperan sebagai pemimpin pembelajaran, coach untuk guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan menggerakkan komunitas praktisi.

Pada modul 1.3 yang saya pelajari adalah tentang Visi guru penggerak, di dalam modul ini saya belajar bagaimana cara membuat dan mewujudkan sebuah Visi yang berpusat pada siswa dengan tahapan BAGJA yaitu, Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana. Atur eksekusi

 

2) Apakah yang Bapak/Ibu pelajari sudah diimplementasikan di kelas

Bapak/Ibu?

Berikan beberapa contohnya.

 

Sebagian besar sudah saya lakukan di kelas saya, seperti menuntun anak dalam pembelajaran, memberikan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menjadi guru yang reflektif, inovatif, berkolaborasi dan sebagainya.

Saya memberikan bimbingan mengaji dengan mahroj dan tajwid yang benar kepada siswa 3x seminggu, mengarahkan dan menggali potensi siswa dalam melakukan pembelajaran, memberikan pembelajaran dengan cara yang berbeda untuk menarik minat belajar siswa seperti menggunakan tehnik permainan, media power point dll, berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk menentukan proyek yang ingin dibuat dll

 

3) Apakah terjadi perubahan terhadap murid Bapak/Ibu di kelas? dan

bagaimana tanggapan atau respons murid Bapak/Ibu terhadap perubahan

yang dilakukan?

 

Setelah saya menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memberikan inovasi pembelajaran yang beragam untuk siswa, siswa menjadi senang dan semakin antusias untuk belajar dan tidak merasa bosan saat mengikuti pembelajaran

 

4) Bagaimana perasaan Bapak/Ibu setelah menerapkan Modul 1.1, 1.2 dan 1.3 di kelas Bapak/Ibu?

 

Saya sangat senang memiliki pengetahuan dari modul 1 yang saya pelajari, saya merasa mendapat ilmu baru dan beragam yang sebelumnya belum saya ketahui, sehingga saya mempunyai amunisi baru dalam memberikan pengajaran kepada murid saya

 

5) Apa yang yang sudah baik dan yang perlu Bapak/Ibu perbaiki ke depannya?

Sudah menerapkan modul yang telah dipelajari disekolah. Yang perlu saya perbaiki adalah konsistensi dalam penerapan ilmu yang diperoleh dan menggerakkan antusias rekan – rekan guru untuk ikut menerapkan ilmu yang saya peroleh di program pendidikan guru penggerak.

 

c) Rencana merintis/menumbuhkan komunitas praktisi di sekolah (20’)

Ajak CGP untuk melihat lagi hasil pemetaan komunitas praktisi di lokakarya 1.

Kemudian diskusikan pertanyaan pemantik berikut ini dengan CGP.

 

 

 

1) Apakah Bapak/ibu memiliki pengalaman merintis komunitas praktisi di

sekolah/ lingkungan?

 

Disekolah kami, terutama sebagai wali kelas, kami memiliki komunitas WAG bersama wali murid, dimana disana terdapat struktur kepengurusan jg, ketua, wakil, dan bendahara, kami menggunakan WAG tersebut untuk saling bertukar info dan menyamampaikan informasi tentang pembelajaran disekolah. Selain itu, disekolah kami juga terdapat KKG internal guru yang kami jadikan tempat untuk wali kelas saling belajar dan menyampaikan informasi.

 

2) Apa tantangan selama penerapan komunitas praktisi di sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu mengatasi tantangan tersebut?

 

Tantangannya adalah, terkadang bahasa tulisan itu berbeda arti dengan bahasa lisan, sehingga terkadang timbul miss komunikasi. Ketersediaan paket data wali murid pun menjadi tantangan ketika ada informasi yang seharusnya diterima lebih cepat terkendala dengan wali murid yang tidak punya data. Untuk KKG, tantangannya adalah susah untuk mengatur waktu untuk bertemu, sehingga kami berinteraksi melalui WAG.

 

3) Apa saja hal menarik dan menjadi pembelajaran saat merintis komunitas praktisi?

 

Menyamakan pemahaman terhadap orang itu tidak semudah yang kita fikirkan, untuk memilih kepengurusan pun harus sedikit memaksa dan dipaksa, meskipun demikian, setelah terbentuk kepengurusan tersebut, pengurus komunitas menjalankan fungsi dengan baik.

 

Setelah CGP menjawab 4 pertanyaan di atas, berikan pertanyaan lanjutan

berikut ini:

 

 

 

1) Strategi apa saja yang akan Bapak/ Ibu lakukan untuk segera memulai komunitas praktisi di lingkungan sekolah Bapak/ Ibu? (jika belum dimulai)

 

-

 

2) Apa rencana yang akan Bapak/Ibu lakukan untuk pengembangan komunitas praktiksi yang sudah dibentuk?

 

Melakukan komunikasi dengan baik dengan sesama anggota komunitas

 

d) Mengkomunikasikan visi dan prakarsa perubahan sekolah (110’)

Pengajar praktik mendampingi dan membimbing CGP berdiskusi terkait visi dan prakasa perubahan sekolah.

 

 

 

Peserta dan pembagian peran dalam berdiskusi:

1) Pengajar Praktik : Moderator

2) Calon Guru Penggerak : Pemandu diskusi

3) Peserta diskusi : Kepala sekolah, Guru, tenaga

kependidikan

 

 

 

Proses diskusi:

1) CGP membuka diskusi dan menyampaikan tujuan diskusi kepada peserta.

Jika berkenan, CGP dapat membuka sesi dengan pembacaan beberapa bait

puisi “Aku Melihat Indonesia” karya Ir. Soekarno, untuk memantik semangat

peserta dalam memaknai visi

 

 

2) CGP mengajak peserta diskusi untuk membahas dan menganalisis visi

sekolah, CGP memberikan pertanyaan pemantik kepada peserta diskusi:

a) Apakah visi sekolah saat ini sudah menggambarkan dengan jelas impian

dan cita-cita yang ingin kita capai dari murid kita? Apakah visi tersebut sudah menunjukkan hal yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah kita dengan murid di sekolah lain? Ajaklah peserta diskusi mengisi bersama kalimat rumpang yang tercantum pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak.

 

 

b) Apakah visi sekolah sudah berpihak kepada murid? Jika visi masih berupa

jargon/slogan, dorong warga sekolah untuk membuatnya lebih

terdeskripsikan.

 

Terwujudnya Generasi Islami Yang Tangguh dan Berprestasi, Anti Korupsi, dan Berwawasan Lingkungan

 

c) Jika visi sudah berpihak kepada murid, lakukan identifikasi program apa

saja yang bisa dilakukan oleh warga sekolah untuk mendorong

pertumbuhan diri murid dari segala sisinya.

 

 

 

d) Jika visi belum berpihak kepada murid, ajak warga sekolah merumuskan

visi yang berpihak kepada murid. Setelah visi dirumuskan, ajak warga

sekolah melakukan identifikasi dan mengembangkan program yang bisa

dilakukan oleh warga sekolah.

 

 

3) PP memberikan penguatan di akhir diskusi.

 

 

4) Semua hasil diskusi dicatat dan didokumentasikan oleh CGP

 

 

5) Laporan hasil diskusi diserahkan CGP kepada Kepala sekolah dan Pengajar

Praktik

 

3

Bagian akhir pendampingan (10’)

 

 

a) Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini:

 

 

1) Apa hal paling menarik yang Bapak/ Ibu dapatkan setelah proses pendampingan hari ini? Apa yang membuat hal tersebut menarik menurut

Bapak/ Ibu?

Hal yang paling menarik dari pendampingan hari ini adalah sesi diskusi tentang Visi dan Prakarsa Perubahan sekolah, karena disini kita bisa sama – sama mengevaluasi visi yang ada disekolah kita selama ini, sudah atau belum berpihak kepada murid, dan kita bisa bersama – sama menentukan tindak lanjut dari hasil diskusi pada hari ini, kemudian pada saat pelaksanaan coaching bersama pengajar praktik.

 

2) Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari pendamping pada kegiatan pendampingan berikutnya?

Secara keseluruhan, pendampingan yang dilakukan sudah sangat baik, Pengajar Praktik membimbing dengan baik, dan harapannya, Pengajar Praktik tidak bosan untuk terus mendampingi kami para CGP hingga lulus program ini.

 

a) Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang

sudah dilakukan dari pembelajaran daring.

 

 

 

b) Mengingat CGP untuk menyebarkan, mengumpulkan dan menginput survei di

LMS tentang kompetensi guru penggerak (lembar umpan balik, lampiran 3).

Kegiatan ini dilakukan satu minggu sebelum pelaksanaan PI 3. Yang harus

dilakukan CGP:

 

 

 

 

 

1) Menyebarkan kuesioner survey Lembar Umpan Balik sesuai peran dan

jenjang yang diampu oleh CGP dengan responden Kepala sekolah, rekan

guru (5 orang), dan perwakilan murid CGP (5 orang)

 

 

 

2) CGP mengisi lembar asesmen mandiri kompetensi guru penggerak.

 

 

 

3) CGP membuat refleksi tertulis terkait umpan balik dari para responden dan

hasil asesmen mandiri. Refleksi ini diunggah di LMS pada bagian Pendampingan Individu 3 (Lampiran 2).

.

 

 

c) Memotivasi untuk tetap mencoba praktik-praktik pembelajaran yang berpihak

pada murid.

 

 

 

d) Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator,

maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi

 

 

https://www.kompasiana.com/edysusilo3008/63df8fc93f640d0930453e63/skenario-pendampingan-individu-2-pgp-7

 

 

KEGIATAN PENDAMPINGAN INDIVIDU 3

 

Nam CGP

:

EKA SAFITRIAN

ASAL SEKOLAH

:

SD IT DARUL FIKRI ARGAMAKMUR

Pendampingan individu

:

3 (TIGA)

Nama PP

:

EDY SUSILO

Hari/tanggal

:

SELAS,7 MARET 2022

Materi pendampingan

 

1)   Refleksi hasil survei (umpan balik 3600) dan asesmen mandiri tentang kompetensi guru penggerak

2)   Rencana penerapan pembelajaran sosial-emosional

3)  Diskusi  lokakarya 2, gali informasi dan berikan penguatan terkait kertelaksanaan BAGJA di sekolah CGP

 

I

PENGAJAR PRAKTIK

CGP

 

Bagian Awal Pendampingan (20’)

 

 

a.Pengajar Praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak

 

 

b.Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.

 

 

c.Pengajar Praktik memastikan Calon Guru Penggerak telah meng-input instrumen lembar umpan balik  (Lampiran 5) ke LMS s esuai dengan responden yang telah ditetapkan.

 

 

d.Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan Pembelajaran Daring)

 

 

e.Mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak

 

II

Bagian Inti Pendampingan (145’)

 

 

a. Refleksi hasil survei (umpan balik 360 derajat) dan asesmen mandiri tentang kompetensi guru penggerak (45’)

 

 

PP menggali CGP untuk menyampaikan hasil analisis dan refleksi dari umpan balik 3600 (Lampiran 2) dan asesmen mandiri tentang kompetensi guru penggerak. PP dapat memberikan pertanyaan lanjutan kepada CGP dengan memberikan pertanyaan pemantik berikut ini: 

 

 

·       Berdasarkan hasil feedback 3600 dan asesmen mandiri tentang kompetensi guru penggerak, apa yang kurang baik/ perlu ditingkatkan menurut responden terhadap kompetensi bapak/Ibu? Jelaskan menurut masingmasing responden (kepala sekolah, rekan sejawat, dan murid)

 

 

·       Apa rencana Bapak/Ibu ke depannya untuk semakin mengasah kompetensi guru penggerak yang harus Bapak/Ibu miliki?

 

 

·       Siapa saja yang akan Bapak/Ibu libatkan untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak yang harus Bapak/Ibu miliki?

 

 

 

b.Rencana penerapan pembelajaran sosial-emosional (45’)

 

 

PP mengajak CGP berdiskusi terkait rencana penerapan pembelajaran sosial-emosional, gunakan pertanyaan pematik berikut sebagai panduan diskusi:

 

 

o    Apakah Bapak/Ibu sudah mempelajari Modul 2.2? Apa yang dipelajari pada modul tersebut ?

 

 

o    Apakah Bapak/Ibu sudah merencanakan pembelajaran sosial-emosional yang akan diterapkan dalam kelas Bapak/Ibu?

 

 

o    Jika sudah, seperti apa perencanaan yang sudah Bapak/ibu buat?

 

 

o    Apa harapan Bapak/Ibu setelah menerapkan pembelajaran sosial-emosional di kelas yang Bapak/Ibu ampu?

 

 

c.Keterlaksanaan tahapan BAGJA (60’)

 

 

Berdasarkan hasil diskusi lokakarya 2, gali informasi dan berikan penguatan terkait kertelaksanaan BAGJA di sekolah CGP. Gunakan pertanyaan pematik berikut ini:

 

 

o   Apakah Bapak/Ibu telah menerapkan metode BAGJA untuk merencanakan perubahan pada diri Bapak/Ibu?

 

 

o   Setelah Bapak/Ibu melakukan tahapan BAGJA apakah memperoleh hasil sesuai dengan visi guru penggerak yang Bapak/Ibu inginkan?

 

 

o   Apakah tantangan yang Bapak/Ibu hadapi dalam menerapkan tahapan BAGJA untuk mencapai visi?

 

 

o   Apa yang perlu Bapak/Ibu perbaiki ke depannya terkait dengan pelaksanaan tahapan BAGJA untuk perubahan diri bapak/ibu sehingga bisa mencapai visi yang telah dirumuskan?

 

 

 

 

II

Bagian akhir pendampingan (15’)

 

 

a.    Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini:

 

 

o  Apa hal paling menarik yang Bapak/ Ibu dapatkan setelah proses kegiatan pendampingan hari ini? Apa yang membuat hal tersebut menarik menurut Bapak/ Ibu?

 

 

o  Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari pendamping di kegiatan pendampingan berikutnya?

 

 

b.    Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring.

 

 

c.     Sebelum pelaksanaan Pendampingan Individu 4, tugas yang harus disiapkan oleh CGP adalah:

 

 

o   CGP menyusun RPP dengan unsur diferensiasi, kompetensi sosial emosional, dan budaya positif (sepakati batas waktu pengerjaan RPP dengan CGP).

 

 

o   RPP yang telah disusun CGP dikirimkan kepada PP untuk diberikan umpan balik, kemudian diserahkan kembali ke CGP untuk dilakukan perbaikan.

 

 

o   Penetapan Jadwal pelaksanaan observasi pembelajaran dengan CGP (observasi pembelajaran dilaksanakan minimal 2 jam pelajaran dan mengikuti jadwal CGP atau jadwal yang disepakati bersama).

 

 

d.     Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS.

 

 

 

 

 KEGIATAN PENDAMPINGAN INDIVIDU 4

Nam CGP

:

WIWI ARNA

Pendampingan individu

:

4 (empat)

Asal Sekolah

 

SMPN 48  Bengkulu Utara

Nama PP

:

EDY SUSILO

Hari/tanggal

:

Materi pendampingan

 

Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran

Fokus Pendampingan

 

Ø  Observasi kelas CGP untuk melihat penerapan dari modul budaya positif, pembeljaaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial-emosional.

Ø  Penilaian Observasi Praktik Pembelajaran

 

PENGAJAR PRAKTIK

CGP

I

Bagian Awal Pendampingan (20’)

 

 

Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.

 

Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan Pembelajaran Daring)

 

Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring.

 

a.    Pengajar Praktik memastikan RPP yang dibuat CGP sudah direvisi berdasarkan masukan yang diberikan PP.

Sudah

 

b.    Menyiapkan lembar Observasi Praktik Mengajar Calon Guru Penggerak (Lampiran 5).

Disiapkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II

Bagian Inti Pendampingan (135’)

 

a

Ketentuan

 

 

v  Observasi pembelajaran dilakukan di kelas CGP baik secara luring atau daring (disesuaikan dengan kebijakan sekolah)

Disepakati antara CGP dan PP observasi luring non partisipatif

 

v  Observasi dilakukan minimal 2 (dua) jam pelajaran dengan durasi menit disesuaikan dengan jenjang sekolah.

Kegiatan sesuai dengan alokasi waktu pada RPP CGP

b

Pra- Observasi (15’)

 

 

Pertemuan pra-observasi ini merupakan percakapan yang membangun hubungan antara guru (CGP) dan supervisor (PP) sebagai mitra dalam pengembangan kompetensi diri .Percakapan pra-observasi ini berlangsung selama 15 menit, dengan menggunakan percakapan coaching untuk perencanaan, supervisor dapat mencatat apa yang menjadi sasaran pengembangan guru dan menginformasikan kepada guru prosedur supervisi klinis ini. Adapun yang harus dilakukan oleh supervisor adalah: ( Lampiran 4  Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas)

 

Supervisor menyampaikan tujuan besar supervisi dan tujuan dari percakapan awal.

*      Tujuan Pembelajaran,

*      Area Pengembangan yang hendak dicapai

*      Strategi yang dipersiapkan

 

Guru menyampaikan rancangan pelaksanaan pembelajaran dan menginformasikan aspek perkembangan yang hendak diobservasi

CGP menyerahkan RPP pada PP

 

Supervisor dan guru menyepakati sasaran observasi, waktu kunjungan kelas dan waktu percakapan pasca-observasi

Adanya kesepakatan antar CGP dan PP saat simulasi mengajar di kelas (menjaga kenyamanan saat simulasi observasi yang dilakukan oleh PP secara non partisipatif)

Pengambilan dokumentasi diambil pada saat sesi simulasi (pendahuluan, Inti dan penutup) menggunakan vidio dan foto

 

Supervisor menginformasikan bahwa ia akan mencatat kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas

Kegiatan yang dilakukan oleh CGP saat simulasi dicatat, diperhatikan dengan kesesuaian dengan RPP yang dibuat CGP

 

Percakapan pra-observasi baiknya berlangsung dengan suasana santai dan kekeluargaan dan dengan semangat positif. Hasil percakapan pra-observasi dicatat pada Lampiran 4

 

 

 

 

 

c

Observasi Pembelajaran (90’)

 

 

Ø  Observasi adalah aktivitas pengamatan oleh supervisor (PP) pada saat guru melaksanakan pembelajaran di kelas. Tujuan utama tahap ini adalah mengambil data atau informasi secara obyektif mengenai aspek pengembangan yang sudah disepakati.

Ø  Pengamatan oleh supervisor menggunakan instrumen yang telah ditentukan sebelumnya dan fokus pada sasaran yang sudah disepakati (lihat hasil catatan pada lampiran 4).

Ø  Namun dapat saja pada saat observasi ada hal-hal menarik di luar hal yang sudah disepakati yang ditemukan oleh supervisor (PP) yang dapat bermanfaat bagi guru dalam pengembangan kompetensi dirinya sebagai pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid.

d

Pasca Observasi (30’)

 

 

Dalam proses percakapan pasca-observasi ini, supervisor (PP) dan guru (CGP) secara bersama memahami tujuan percakapan dan saling percaya akan tahapan kegiatan yang berlangsung.  Percakapan pasca-observasi  berisikan aktivitas berikut:

 

v  Menyampaikan tujuan percakapan dan hasil analisis data observasi kepada CGP

PP menyampaikan tujuan percakapan yang terkait dengan kegiatan simulasi berupa catatan si,ulasi

 

v  Melakukan percakapan umpan balik. Dalam percakapan PP menemukan area pengembangan dan perbaikan diri yang hendak dilakukan. Catat hasil umpan balik pada lampiran 6.

PP mencatat area pengembangan RPP ( pembelajaran berdeferensiasi dan Kompetensi sosial emosional)

 

v  Percakapan perencanaan area pengembangan

 

Berbincang area yang dikembangkan oleh CGP dalam pembelajaran  RPP ( pembelajaran berdeferensiasi dan Kompetensi sosial emosional)

 

v  Rencana aksi pengembangan diri. Hasil perencanaan aksi pengembangan diri dicatat pada lampiran 7

CGP menyusun aksi pengembangan diri  (Lampiran 7) diserahaakan pada PP

 

III

Bagian akhir pendampingan (15’)

 

a

Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini:

 

Apa yang sudah baik dan yang  perlu Bapak/Ibu perbaiki ke depannya pada pembelajaran tadi?

Bapak (PP) memberikan sharing yang begitu bermakna sehingga saya mendapatkan pengalaman baru untuk selalu belajar dengan melakukan yang terbaik, kolaborasi yang sangat menarik

 

Sejauh apa pendampingan saat ini membantu Bapak/ Ibu mengimplementasikan pembelajaran yang berpihak kepada murid?

Hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki untuk ke depannya

Bermanfaat dalam pengembangan diri dalam paradigma baru pendidikan yaitu pembelajaran yang berpihak pada anak pembelajaran yang menyenangkan  (budaya positif,pembelajaran berdeferensiasi,Ko,petensi sosial emosional)

b

Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS

c

Mengingatkan CGP untuk menyiapkan diri untuk pendampingan individu 5.Aktivitas persiapan

 

v  Kelengkapan bahan yang harus disiapkan CGP untuk PI 5 adalah:

 

ü  Mengajak satu orang rekan sejawat untuk dibimbing dan dicoaching pada PI 5.

 

ü  Penetapan jadwal observasi pembelajaran. Pelaksanaan observasi pembelajaran minimal 2 jam pelajaran dan dapat dilakukan secara daring ataupun luring (disesuaikan dengan kebijakan sekolah)

 

ü  Membimbing rekan sejawat dalam menyusun RPP dan juga melakukan koreksi terhadap RPP yang disusun. Hasil koreksiksi CGP dijadi dasar perbaikan RPP oleh rekan sejawat.

 

v  Aktivitas Coaching untuk supervisi akademik Untuk melakukan aktivitas ini, CGP harus mengikuti instruksi yang ada dalam modul 2.3 pada bagian aksi nyata. Pastikan CGP melakukan:

 

ü  Proses pra-observasi. Hasil catatan saat proses ini diserahkan kepada PP saat pendampingan individu 5 (CGP menggunakan instrument pra-observasi di modul 2.3)

 

ü  Proses observasi pembelajatan.  Hasil catatan saat proses ini diserahkan kepada PP saat pendampingan individu 5 (CGP menggunakan instrument observasi pembelajaran di modul 2.3)

 

v  Setiap aktivitas CGP saat melakukan pra-observasi dan observasi pembelajaran, PP tetap melakukan pemantauan dan diskusi melalui WA/HP/tatap muka virtual.

                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 4: Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas

Hari/ Tanggal

:

Sekolah

: SMPN 48 BENGKULU UTARA

Nama Guru

: HETTI YP

Kelas

:

Mata Pelajaran

: IPS

Waktu Percakapan

:

 

Tujuan Pembelajaran:

Ø  Menjelaskan proses terjadinya pemanasan global.

Ø  Mendeskripsikan definisi pemanasan global

Ø  Mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global

Ø  Membuat Poster tentang upaya penanggulangan pemanasan global akibat perubahan iklim.

 

Area Pengembangan yang hendak dicapai:

 

Ø  Kemampuan  intelektual dengan cara menyampaikan materi nada secara jelas dan mudah dipahami oleh siswa, menyajikan kegiatan pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai kebutuhan siswa (DEFERSNIASI KONTEN)

Ø  Mengembangkan kemampuan sosial emosional dalam menghadapi siswa yang memiliki keberagaman kemampuan (KSE)

 

Strategi yang dipersiapkan:

Ø  Guru menyusun perangkat pembelajaran yang lengkap

Ø  Guru memberikan contoh nyata agar siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan buah

Ø  Guru menyiapkan LKPD yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa

Ø  Guru memanfaatkan media yang di sekitar sekolah

Ø  Guru mamdukan metode yang sesuai dengan materi

 

Catatan khusus  Supervisor:

Ø  Guru Melaksanakan pembelajaran, alur.medai, metode sesuai pada alur RPP

Ø  Guru melaksanakan pembelajaran mengaplikasikan KSE pada anak pada diri guru

Ø  Berdeferensiasi porses,konten maupun produk sudah sesuai dengan RPP yang dibuat

Disepakati bersama

 

 

Supervisor/PP

 

 

 

(EDY SUSILO)

NIP.196907151993061001

 

Guru/cgp

 

 

 

 

(HETTI  YULIANI POHAN)

NIP

 

Supervisi Akademik dengan Pola Pikir Coaching

 

Lampiran 6 :Lembar Catatan Percakapan Pasca-Observasi Kelas

 

Hari/ Tanggal

:

Sekolah

:

Nama Guru

:

Kelas

:

Mata Pelajaran

:

Waktu Percakapan

:

 

Lampiran: Lembar Catatan Observasi

Catatan Refleksi Guru:

 

Topik percakapan dan catatan:

Text Box:

Rencana Tindak Lanjut:

Disepakati bersama

 

 

Supervisor/PP

 

 

 

(EDY SUSILO)

NIP.196907151993061001

 

Guru/cgp

 

 

 

 

(HETTI  YULIANI POHAN)

NIP

 

 


 

Lampiran : 7 Lembar Rencana Pengembangan Diri

 

Nama Guru

:

Tahun pelajaran

:

NIp

:

Sekolah

:

Coach/ Supervisor

1.

Kelas

:

 

2.

Mata Pelajaran

 

 

 

No

Aktivitas Pengembangan

Tujuan yang hendak dicapai

Ukuran Keberhasilan

Pendukung

Waktu

1

Merumuskan tujuan pengembangandiri

Dapat merumuskan  tujuan pengembangan diiri

Terwujudnya rencana pengembangan diri

Kepala sekolah,guru PTK, keluarga

1-6 April 2023

2

Melaksanakan pembelajaran berdeferensiasi pada siswa di kelas

Peserta didik dapat mengikuti dan belajar sesuai kodratnya

Peserta didik dapat menyelesaikan tujuan pembelajaran

Kepala sekpolah, murid, guru

 

3

Melaksanakan pembelajaran bermuatan KSE  pada siswa di kelas

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disepakati Bersama

 

 

 

Hari

:

Guru

Supervisor

Tanggal

:

 

 

 

 

(……………………………)

(……………………………)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

{BERDIFERENSIASI DAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL}

 

Satuan Pendidikan          : SMPN 48 BENGKULU UTARA

Mata Pelajaran                                 : IPA

Kelas/Semester                : VII/ GENAP

Materi                                  : Pemanasan Global

Alokasi Waktu                   : 2 x 40 Menit (2 JP)

 

Kompetensi Dasar :

3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem

Indikator Pencapaian Kompetensi:

Ø  Menjelaskan proses terjadinya pemanasan global.

Ø  Mendeskripsikan definisi pemanasan global

Ø  Mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global

4.9 Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim

Ø  Membuat Poster tentang upaya penanggulangan pemanasan global akibat perubahan iklim.

Tujuan Pembelajaran  :

Ø  Melalui pengamatan gambar  pemanasan global, peserta didik dapat menjelaskan proses terjadinya pemanasan global dengan tepat

Ø   Melalui diskusi, peserta didik dapat mendeskripsikan definisi pemanasan global dengan tepat

Ø  Melalui diskusi, peserta didik dapat mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global

Ø  Melalui penugasan, peserta didik dapat membuat Poster tentang upaya penanggulangan pemanasan global akibat perubahan iklim dengan kreatif

Sumber Belajar :

  • Lingkungan Sekitar
  • Buku IPA Siswa Kelas VII
  • Buku Penunjang dan pegangan Guru
  • Materi dan bahan ajar yang diperoleh melalui berbagai media (Video, Gambar/Poster, Artikel) {Diferensiasi Konten}

Media Pembelajaran :

  • Video pembelajaran tentang pemanasan global
  • Gambar/Poster tentang pemanasan global
  • Artikel tentang pemanasan global
  • Papan Tulis
  • Laptop/Chromebook

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN

LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

(15 menit)

  • Sebelum memasuki kelas , peserta didik berbaris dengan rapi didepan kelas dan menunjukan perasaannya pagi itu sesuai dengan gambar emoji pada “Roda Emosi”, lalu memasuki kelas dan duduk ditempatnya masing-masing dengan disiplin (Kesadaran Diri)
  • Guru Mengucapkan salam, berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik sebagai bentuk sikap disiplin
  • Guru bersama-sama dengan siswa menerapkan Teknik STOP dengan dibimbing oleh guru (5 menit) yang bertujuan agar guru dan peserta didik dapat lebih tenang dan lebih siap dalam belajar dengan berada pada keadaan kesadaran penuh (Manejemen Diri)
  • Guru membuat dan meyampaikan kesepakatan kelas sebelum memulai pembelajaran
  • Guru memotivasi peserta didik dengan menampilkan Gambar/Poster tentang pencemaran dan memberikan pertanyaan pemantik
  • Guru menyampaikan Tujuan dan manfaat pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu mempelajari tentang proses, defenisi, dan penyebab pemanasan global
  • Guru melakukan appersepsi dengan mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi pembelajaran sebelumnya

Kegiatan Inti

(90 Menit)

  • Guru menayangkan video dan beberapa gambar tentang pemanasan global
  • Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat maupun bertanya berdasarkan video yang diamatinya
  • Guru menampung semua pertanyaan yang ditanyakan peserta didik untuk nanti akan dibahas dalam pembelajaran
  • Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok (dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 4 orang secara random)
  • Guru meminta peserta didik untuk saling mengenali sifat masing-masing anggota kelompok agar mereka dapat melihat kelebihan dan kekurangan teman-temannya, lalu mereka akan saling menutupi kekurangan masing-masing anggota kelompok (Kesadaran Sosial)
  • Guru meminta masing-masing peserta didik untuk mengeluarkan artikel tentang pencemaran udara yang sudah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya ( artikel dapat dicari dari berbagai media), lalu mengecek apakah artikel yang mereka bawa sudah sesuai dengan materi pembelajaran.
  • Guru membagikan LKPD kepada masing-masing kelompok, lalu menjelaskan cara mengerjakannya.
  • Peserta didik dibimbing untuk berkolaborasi dan berkerjasama serta membagi peran dalam kelompoknya, dengan menentukan siapa yang menjadi ketua, siapa yang mencatat dan siapa yang mempresentasikan dalam kelompoknya (Keterampilan Berelasi)
  • Peserta didik mengerjakan LKPD dengan rasa tanggung jawab dan keingintahuan yang tinggi
  • Guru memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok sambil berkeliling kelas
  • Bersama kelompoknya peserta didik diminta untuk menuliskan kesimpulan dari hasi diskusi kelompok.(Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)
  • Beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dan Guru memberikan apresiasi kepada semua kelompok
  • Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dengan tanya jawab
  • Dengan bimbingan dan arahan dari Guru, peserta didik menyusun kesimpulan dari hasil diskusi

 

Kegiatan Penutup

(15 Menit)

  • Guru memberikan penguatan dan kesimpulan dari pembelajaran serta menjawab pertanyaan awal yang diberikan peserta didik.
  • Untuk memperkuat dan menambah pemahaman, peserta didik diberikan link materi yang perlu dipelajari secara mandiri di rumah. (Diferensiasi proses secara mandiri untuk memahami konsep)
  • Guru memberikan tugas individu kepada peserta didik untuk membuat produk tentang penanggulangan pemanasan global dalam berbagai bentuk sesuai dengan minat peserta didik (boleh dalam bentuk poster, komik, mid maping,kliping, video, makalah dan lain-lain) {diferensiasi produk}
  • Guru bersama peserta didik meyepakati waktu pengumpulan tugas.
  • Siswa mengerjakan Post Test dan mengumpulkannya
  • Guru mengakhiri pembelajaran sambil mengingatkan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

 


 

Penilaian

  1.  Sikap

Teknik penilaian                            : Observasi

Instrumen                                        : Lembar Observasi

  1. Pengetahuan

Teknik Penilaian                            : Post Test

Instrumen                                        : Essay

  1. Keterampilan

Teknik Penilaian                            : Observasi

Instrumen                                        : Lembar Observasi Keterampilan

 

Mengetahui,

Kepala SMPN 48 Bengkulu Utara

 

 

 

 

ANISMAWATI, S.Pd

NIP. 197308071998012001

Bengkulu Utara,     Februari 2023

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

HETTI YULIANI POHAN, S.Pd

NIP. 198401132015032001

 


 

LAMPIRAN 1

  1. Penilaian Pembelajaran

1.       Sikap

Teknik penilaian                            : Observasi

Instrumen                                        : Lembar Observasi

Petunjuk :

4       = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan (A)

3       = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan (B)

2       = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan (C)

1        = tidak pernah,apabila tidak pernah melakukan (D)

NO

ASPEK PENGAMATAN

SKOR

1

Mengikuti intruksi dari guru.

 

2

Menanyakan hal-hal yang belum dipahami

 

3

Ketepatan waktu mengumpulkan tugas

 

4

Mampu bekerja dalam kelompok

 

 

Jumlah skor

 

A = Sangat baik (13-16)

B = Baik (9-12)

C = Cukup (5-8)

K = Kurang (1-4)

2.       Pengetahuan

Teknik Penilaian                            : Post Test

Instrumen                                        : Essay

NO

PERTANYAAN

SKOR

1

Apa yang dimaksud dengan Pemanasan Global ?

25

2

Jelaskan proses terjadinya pemanasan global?

25

3

Apa saja Penyebab pemanasan global?

25

4

Apa saja upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi pemanasan global?

25

 

Jumlah nilai

100

 

3.       Keterampilan

Teknik Penilaian                            : Observasi

Instrumen                                        : Lembar Observasi Keterampilan

Petunjuk :

4       = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan (A)

3       = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan (B)

2       = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan (C)

1           = tidak pernah,apabila tidak pernah melakukan (D)

NO

ASPEK PENGAMATAN

SKOR

A = Sangat baik (13-16)

B = Baik (9-12)

C = Cukup (5-8)

K = Kurang (1-4)

 

1

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

2

Penguasaan materi diskusi dan presentasi

 

3

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

4

Kemampuan membuat kesimpulan

 

 

Jumlah skor

 

 

 

 

Lampiran 2

 

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKPD)

KELOMPOK                                                         :

NAMA ANGGOTA KELOMPOK                   :

KELAS                                                                    :

  1. TUJUAN

Ø  Melalui pengamatan gambar mengenai pemanasan global, peserta didik dapat menjelaskan proses terjadinya pemanasan global dengan tepat

Ø   Melalui diskusi, peserta didik dapat mendeskripsikan definisi pemanasan global dengan tepat

Ø  Melalui diskusi, peserta didik dapat mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global

Ø  Melalui penugasan, peserta didik dapat membuat Poster tentang upaya penanggulangan pemanasan global akibat perubahan iklim dengan kreatif

  1. SUMBER BELAJAR

·         Buku IPA Siswa Kelas VII

·         Buku Penunjang

·         Materi dan bahan ajar yang diperoleh melalui berbagai media (Video, Gambar/Poster, Artikel)

  1. KEGIATAN

1.    Amatilah gambar berikut !

Text Box:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar diatas, tuliskan proses terjadinya pemanasan global !

 

 

2.    Amatilah gambar berikut !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Dari gambar diatas, tuliskan apa saja pengertian pemanasan global !

....

3.    Perhatikan gambar berikut !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Bedasarkan gambar diatas, tuliskan penyebab terjadinya pemanasan global

 

 

 

  1. KESIMPULAN

 

 PENDAMPINGAN INDIVIDU 5

Nam CGP

:

WIWI ARNA

Pendampingan individu

:

5 (LIMA)

Asal Sekolah

 

Bengkulu Utara

Nama PP

:

EDY SUSILO

Hari/tanggal

:

24 Mei 2023

Tema Pendampingan

:

Rancangan Program yang Berpihak pada Murid

Fokus Pendampingan

:

Ø  Refleksi penerapan aksi nyata modul 3.1

Ø  Diskusi rancangan program yang berdampak pada murid

Ø  Diskusi perkembangan komunitas praktisi yang dijalankan di sekolah serta implementasi dari rencana di lokakarya 3 untuk berbagi ke rekan sejawat

 

NO

AKTIFITAS PP

AKTFITAS CGP

1

Bagian Awal Pendampingan (10’)

 

 

a.       Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.

 

 

b.      Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan Pembelajaran Daring)

 

 

c.       Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring.

 

 

d.      Meminta hasil observasi pembelajaran rekan sejawat

 

2

Bagian Inti Pendampingan (160’)

 

 

a.Penerapan aksi nyata modul 3.1 (30’)

Penerapan aksi nyata modul 3.1, CGP tidak ditugaskan untuk melaporkan implementasinya melalui LMS. CGP hanya mendiskusikan pengalaman dan refleksi dari aksi nyata ini bersama pendamping pada saat  pendampingan individu.

Untuk mempermudah PP melaksanakan refleksi dengan CGP, gunakanlah pertanyaan pematik berikut ini:

 

 

  • Refleksi proses pembuatan peta sumber daya dengan menggunakan pertanyaan:
    • Bagaimana proses Bapak/Ibu dalam menemukan / mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekolah?

Selama satu bulan ini saya belajar dimodul 3 ini tentang sekolah berkutat tentang kepemimpinan disekolah, bagaimana memetakan aset yang ada, bagaimana mengelolanya hingga membuat sebuah program yang berdampak pada murid. Ini modul yang luar biasa karena selama ini pemikiran saya selalu berfikir bagaimana mendidik dan mendidik, kelas adalah tempat saya, jarang berfikir tentang program apa yang bagus untuk siswa, memang pernah mengajukan program-program tetapi belum sesuai dengan langkah-langkah yang diajarkan didalam modul 3.3  ini, seperti memetakan aset yang ada, aset yang potensial untuk dikembangkan, barulah menyusun sebuah program. Proses yang saya lakukan dalam menemukan / mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekolah adalah

•           Memahami dengan benar apa saja 7 aset yang ada yaitu asset manusia, social, agama dan budaya, fisik, lingkungan alam, financial dan politik

•           Memetakan kelompok asset internal dan eksternal yang ada di sekolah dan lingkungan sekitar

•           Saya berkolaborasi murid, rekan guru, Kepala sekolah dan perwakilan wali murid untuk melakukan pemetaan asset yang ada di sekolah dan disekitar sekolah

 

·         Apa saja kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat melakukan identifikasi sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu mengatasinya?

Sebelum belajar modul ini sumber daya yang saya anggap paling penting itu sumber daya/modal  manusia tetapi setelah mendapat materi ini ada tujuh aset yang dapat dipertimbangkan dalam membuat sebuah program dari modal manusia, fisik, sosial, politik, finansial, agama dan budaya, lingkungan alam, semua ini aset berharga yang bisa dikelola dengan baik untuk pengembangan program yang berdampak pada murid. Kendala saya rasa tidak ada kendala yang berarti dalam pemetaan aset ini, ketujuh aset ini mempunyai potensial untuk dikembangkan, tantangannya adalah bagaimana memanfaatkan aset tersebut yang berpihak pada murid.

Mengatasinya dengan selalu berdiskusi dengan pihak seluruh warga sekolah

 

·         Bagaimana perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi sumber daya sekolah?

Saya merasa sangat antusias dan bersemangat, lebih berfikir lebih terbuka dan berfikir positif dalam menentukan asset yang dimiliki sekolah dan lingkungan sekolah serta menemukan strategi pemanfataannya secara kolaborasi dengan seluruh warga sekolah.

 

·         Apa pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya sekolah?

Mewujudkan sekolah yang merdeka, yang berpihak pada murid dengan mengandalkan segala macam asset yang ada di sekolah dan lingkungannya

 

·         Apakah terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya sekolah yang belum Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung?

Belum ada

 

  • Refleksi proses pengambilan keputusan dengan menggunakan pertanyaan:
    • Berdasarkan hasil pemetaan yang Bapak/ Ibu lakukan, bagaimana hal tersebut memengaruhi proses pengambilan keputusan yang dilakukan Bapak/ Ibu?

Menurut saya yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan itu adalah berkolaborasi dengan tema-teman sejawat dan warga sekolah sehingga keputusan yang diambil lebih maksimal dan bisa dipertanggung jawabkan

 

 

    • Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu masih perlu dikembangkan atau perlu dievaluasi?

Yang perlu dikembangkan dari pengambilan keputusan ini adalah komunikasi dan kolaborasi dengan seluruh warga sekolah, pengalaman saya pernah mengkomunikasikan dengan kurikulum tentang nilai anak yang banyak kurang sedang ujian akhir sudah hampir sampai, nah guru yang lain juga menyampaikann jika mereka juga mempunyai permasalahan yang sama. Ternyata bukan hanya saya, jadi kita sepakat maksimalkan proses yang akan datang jadi sangat penting komunikasi dan kolaborasi ini.

 

 

    • Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu mendukung keberhasilan dari keputusan yang diambil?

Adanya  komitment dan konsistensi dari dalam diri untuk menjalankan tahapan pengambilan keputusan yang berdampak pada murid dan berbasis kekuatan asset

 

    • Adakah pengalaman yang terjadi (baik dalam waktu dekat ataupun sebelum mengikuti Pendidikan Guru Penggerak) yang mencerminkan dilema etika, baik itu terkait murid maupun rekan sejawat?

Pengalaman dilemma etika yang pernah terjadi saat saya dalam kegiatan PGP, dimana saya harus menemui siswa yang nilainya masih banyak yang kurang, tetapi susah sekali intuk ditemui, sedangkan sebentar lagi ujian semester sudah hampir sampai.. Dilemanya saya harus memberi nilai yang tuntas kkm agar anak tersebut bisa naik kelas, sedangkan nilai anak ini masih banyak yang kurang. Untuk mengulang semua nilai yang kosong sepertinya sudah tidak ada waktu lagi.

 

    • Menurut Bapak/Ibu, apakah proses pengambilan keputusan yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip dan langkah yang dipelajari di modul 3.1?

Pada dasarnya selalu ada dilema, bertentangan saat mengambil keputusan tetapi kita bisa memilih yang paling sesuai dengan kasus yang dihadapi, dan berpihak pada murid dengan mempertimbangkan banyak hal dan menganalisis apa dampak yang akan ditimbulkan oleh keputusan saya maka saya dapat menerapkan prinsip dan langkah yang telah dipelajari di Modul 3.1. Ditambah lagi dengan masalah tersebut dikomunikasikan dengan teman sejawat dan kepala sekolah, maka kita mendapat dukungan dan merasa keputusan itu lebih mantap dan yakin sudah berpihak pada murid

 

o    Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu masih perlu dikembangkan atau perlu dievaluasi dari proses pengambilan keputusan tersebut?

Yang perlu dikembangkan adalah melakukan observasi dan menganalisis dampak keputusan yang diambil sehingga ini bisa menjadi refleksi dalam pengambilan keputusan  berikutnya

 

b.Rancangan program yang berdampak pada murid (30’)

Diskusi rancangan program yang berdampak pada murid, dapat diawali dengan menanyakan rancangan program yang sudah ada di sekolah. Lakukan reviu bersama CGP, apakah rancangan di sekolah sudah berpihak kepada murid?, berdasarkan diskusi awal ini menjadi dasar untuk PP untuk melanjutkan diskusi pada tahap berikutnya. 

Untuk lebih meningkatkan penglaman CGP, ajaklah CGP berdiskusi terkait rancangan program yang berdampak pada murid dengan mengacukan pertanyaan pematik berikut ini:

 

 

o   Apakah Bapak/Ibu sudah membuat rancangan program yang berdampak pada murid?

Sudah pak

 

o   Apa bentuk program yang sudah Bapak/Ibu rancang?

Program pengembangan ekstrakurikuler pilihan disekolah yang akan dilaksanakan sesuai dengan minat siswa

 

o   Dukungan apa saja yang Bapak/Ibu perlukan untuk menerapkan program yang sudah dibuat?

Dukungan yang diperlukan adalah dukungan dari kepala sekolah, teman sejawat dan murid pak.

 

o   Apa yang menjadi tantangan Bapak/Ibu dalam melaksanakan rancangan program yang sudah dibuat?

Tantangannya adalah kami harus siap menghadirkan pelatih yang sesuai dengan minat siswa tadi, yang nanti akan diikuti dengan menyiapkan pembiayaannya

 

o   Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

Sudah berkonsultasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat, maka kami akan menggali dulu kemapuan guru yang ada disekolah yang bisa menjadi pelatih, jika benar-benar tidak ada baru akan dipertimbangkan mencari pelatih dari luar

 

c.Perkembangan komunitas praktisi (30’)
Diskusi perkembangan komunitas praktisi yang dijalankan di sekolah serta implementasi dari rencana di lokakarya 2 untuk berbagi ke rekan sejawat.

 

 

o   Bapak/ Ibu sudah merintis komunitas praktisi di lingkungan sekolah (dan sekitarnya, jika ada), bagaimana peran komunitas ini terhadap proses belajar Bapak/ Ibu?

Sudah pak, sangat membantu sekali karena komunitas ini menjalin kerjasama saya sebagai wali kelas dengan wali murid tentang kegiatan pembelajaran anak murid

 

o   Apa saja perubahan menyenangkan yang Bapak/ Ibu alami dari rekan di komunitas praktisi Bapak/ Ibu?

Hubungan nya terjalin baik dimana kami memiliki tujuan yang sama yaitu ingin menjadikan anak murid berhasil dalam hidupnya kedepan 

 

o   Apa rencana yang akan dilakukan komunitas praktisi Bapak/ Ibu setelah program ini selesai?

Tetap akan dilanjutkan untuk mendiskusikan semua hal untuk membuat anak murid berhasil

 

o   Apa dukungan yang Bapak/ Ibu perlukan untuk komunitas praktisi Bapak/ Ibu agar bisa terus belajar bersama?

Dukungan kerjasama yang baik dari wali murid dan dukungan penguatan dari kepala sekolah

 

d. Dialog Pasca-Observasi Pembelajaran (70’)

Diakhir PI 4, CGP sudah ditugaskan untuk membimbing satu orang rekan sejawat dalam penyusunan RPP dan juga melakukan observasi pembelajaran ke kelas rekan sejawat. Pada PI 5 ini, PP mengarahkan CGP untuk:

 

 

o   Menyampaikan tujuan percakapan dan hasil analisis data observasi pembelajaran ke rekan sejawat.

 

 

o   Melakukan percakapan umpan balik. Dalam percakapan CGP menemukan area pengembangan dan perbaikan diri yang hendak dilakukan kepada rekan sejawat. Catat hasil umpan balik pada Catatan Percakapan Pasca Observasi Kelas (format ambil di modul 2.3 pada bagian aksi nyata).

 

 

o   Percakapan perencanaan area pengembangan

 

 

o   Rencana aksi pengembangan diri. Hasil perencanaan aksi pengembangan diri rekan sejawat dicatat pada Lembar Rencana Pengembangan Diri (format ambil di modul 2.3 pada bagian aksi nyata).

 

3

Bagian Akhir Pendampingan (10’)

 

 

a. Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini:

 

 

o   Setelah Bapak/ Ibu menjalani program PGP ini apa hal yang menurut Bapak/ Ibu paling Bapak/Ibu kuasai dari materi-materi yang sudah dipraktikkan?

Yang paling dikuasai adalah

·         memahami 7 asset yang ada yaitu asset manusia, social, politik, finansial, fisik lingkungan/alam, agama dan budaya

·         dapat memetakan asset tersebut dalam menentukan program yang akan dilaksanakan

 

 

o   Materi apa yang Bapak/ Ibu rasakan masih membingungkan dan ingin dipelajari lebih dalam?

Materi tentang berpikir berbasis kekurangan, apakah kekurangan juga merupakan asset?

 

b. Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring.

 

 

c. Mengingat CGP untuk menyebarkan, mengumpulkan dan mengimput survei tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360). Kegiatan ini sudah harus dilakukan sebelum pelaksanaan PI 6. Yang harus dilakukan CGP:

 

 

o   Menyebarkan kuesioner survey feedback 3600 sesuai peran dan jenjang yang diampu oleh CGP dengan responden Kepala sekolah, rekan guru (5 orang), dan perwakilan murid CGP (5 orang)

 

 

o   CGP mengisi self evaluation

 

 

d. Mengingatkan CGP untuk melakuan diskusi terkait Pemetaan Aset (pelaksanaan sebelum PI 6 dilakukan), adapun hal-hal yang harus dilakukan CGP:

 

 

o   Menentukan jadwal diskusi Pemetaan aset dengan Kepala Sekolah

 

 

o   Mengundang aktor (Kepala sekolah, rekan guru, murid, orang tua, tokoh setempat dan perwakilan gender) yang terlibat dalam diskusi

 

 

o   Membuat notulen hasil diskusi

 

 

o   Mengambil foto kegiatan

 

 

o   Mengumpulkan hasil pemetaan

 

 

 PENDAMPINGAN INDIVIDU 6

Nam CGP

:

DWI SUSANTI

Pendampingan individu

:

6 (ENAM)

Asal Sekolah

 

Bengkulu Utara

Nama PP

:

EDY SUSILO

Hari/tanggal

:

9-5-2023

Tema Pendampingan

:

Refleksi perubahan diri dan dampak pendidikan

Fokus Pendampingan

:

v  Persiapan panen hasil belajar

v  Pengumpulan survei umpan balik dan refleksi hasil survei tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360)

v  Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi

v  Penilaian pemetaan aset; diskusi apakah tujuan program sudah dikomunikasikan ke warga sekolah

 

NO

AKTIFITAS PP

AKTFITAS CGP

1

Bagian Awal Pendampingan (10’)

 

 

a.         Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.

 

 

b.        Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan Pembelajaran Daring)

Banyak hal yang sudah kami kerjakan pak selama saru bulan terkahir. Yang pertama adalah kami harus menyelesaikan tugas-tugas di LMS pak. Setelah itu kami melakukan aksi nyata pada modul 3.2. pak menganalisis tentang asset yang ada disekolah, setelah itu pada tanggal 3 Juni kemarin kami melakukan LOKA KARYA 6 pak yang dilaksanakan di SKB dan pada LOKA KARYA tersebut kami membahas tentang sebuah program yang berdampak Positi bagi anak. Kami di Bagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas tentang tahapan BAGJA dari program yang kami buat pada Demonstrasi Kontekstual, dinama yang kami bahas pada bagian B (Buat pertanyaan) A (ambil pelajaran) dan  tugas individu pada bagian  G (Gali mimpi).

 

c.         Apresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak, termasuk hal baik yang dilihat selama observasi

 

2

Bagian Inti Pendampingan (160’)

 

 

a.Refleksi hasil survei (feedback 360) (40’)
PP memberikan hasil analisis feedback 360  kepada CGP,  berikan CGP waktu beberapa saat untuk membaca dan memahami infomasi dari hasil analisis yang telah dilakukan. 
Berdasarkan hasil feedback  3600 lakukan refleksi dengan memberikan pertanyaan pematik berikut ini:

v  Berdasarkan hasil feedback 3600 apa yang dari kurang baik/ perlu ditingkatkan  menurut responden terhadap kompetensi bapak/Ibu? Jelaskan menurut masing-masing responden (kepala sekolah, rekan sejawat, dan murid)

 

 

 

 

 

 

 

Dari kepala sekolah umpan balik yang saya dapatlkan agar saya menggali potensi dan mencari pengetahuan baru agar ilmu tersebut dapat saya terapka disekolah.

Dari rekan sejawat umpan balik yang saya dapatkan adalah bagaimana saya mengembangkan ilmu yang saya dapatkan dan menerapkan nya didalam kelas sehingga tercipta nya pembelajaran yang berpihak pada murid.

Dari Murid umpan balik yang saya dapatkan adalah saya sebagai seorang guru harus mempu untuk mempersipkan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

v  Apa rencana Bapak/Ibu ke depannya untuk dilakukan mengenai kompetensi guru penggerak yang harus Bapak/Ibu miliki?

 

Menerapkan ilmu yang saya dapatkan di program guru penggerak disekolah

 

v  Siapa saja yang akan Bapak/Ibu libatkan untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak yang harus Bapak/Ibu miliki

Semua warga sekolah tentu saja akan saya libatkan untuk meningkatkan Kompetensi guru penggerak pak, tertutama Kepala Sekolah karena Kepala Sekolah adalah Manager disekolah dimana setaiap keputusan yang akan kita ambil harus kita diskusi dan harus persetujuan Kepala Sekolah. Selain tentu saja rekan Sejawat tertutama untuk melaksanakan program yang sudah saya rancang yaitu ENGLISH CLUB.

 

b.Perubahan dalam pembelajaran (30’)
Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi.

 

 

v  Setelah Bapak/ Ibu menjalani 6 bulan pendidikan guru penggerak, perubahan apa yang Bapak/ Ibu rasakan yang berkaitan dengan kompetensi Bapak/ Ibu sebagai guru? 

Banyak sekali perubahan yang saya alami pak, tertutama dalam mengajar didalam kelas pak dimana saja sudah mulai mencoba untuk membuat atau membangun kelas yang berpusat pada anak dimana anak saya berusaha agar anak bisa mengelurakan ide-ide atau meencari sumber-sumber yang mereka butuhkan, selain itu juga saya akan berusaha untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi dimana anak diberikan materi sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

v  Berdasarkan yang Bapak/ Ibu alami, perubahan apa saja yang terjadi pada diri murid Bapak/ Ibu setelah Bapak/ Ibu menjalani program 6 bulan ini?

 

Yang saya lihat murid saya lebih bersemangat dalam belajar mungkin yang dulu nya saya menjadi sumber belajar bagi mereka berlahan-lahan saya meminta mereka untuk mencari sumber belajar mereka sendiri. Dan saya berusaha untuk ,mereka mengeluarkan ide-ide atau pendapat tentang apa yang mereka inginkan dalam proses belajar mengajar.

 

 

v  Apa saja hal yang membuat perjalanan 6 bulan ini cukup memuaskan?

 

Perjalanan yang cukup memuaskan selama perjalanan 6 bulan terkahir adalah ketika saya biasa menerapkan ilmu yang saya dapatkan dari program guru peggerak ini.

 

v  Apa saja hal yang membuat perjalanan 6 bulan ini menjadi cukup menantang bagi Bapak/Ibu?

Yang menantang adalah dimana kami harus berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan tuga-tugas diLMS dengan tepat waktu disela-sela tugas kami seorang guru dan harus mengurus pekerjaan rumah, umtuk materi yang paling menantang adalah bagaimana memetakan asset yang ada disekolah, dimana kita mengelolah asset yang ada disekolah agar berdampak positif dan bermanfaat bagi murid .

 

 

c.  Penilaian pemetaan aset (60’)
Proses penilaian pemetaan aset dilakukan dengan cara berdiskusi dengan CGP dan aktor yang terlibat saat proses pemetaan asset. Berdasarkan hasil diskusi tersebut, silahkan lakukan penilaian dengan menggunakan rubrik yang telah disediakan. 
Pertanyaan pematik untuk CGP yang digunakan saat diskusi:

 

 

v  Siapa saja aktor yang terlibat saat proses pemetaan aset?

Aktor yang saya libatkan adalalah kepala sekolah, rekan guru, tokoh masyarakat, murid dan wali murid

 

v  Bagaimana proses Bapak/Ibu dalam menemukan/mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekolah?

Dengan cara berdiskusi dengan warga seperti sekolah kepala sekolah, rekan guru, tokoh masyarakat, murid dan wali murid tentang apa saja asset yang ada disekolah setelah itu kami memetakan  strategi untuk pemanfaatan asset yang dimiliki oleh sekolah

 

v  Apa saja kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat melakukan identifikasi sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu mengatasinya?

Kendala yang saya hadapi adalah ketika kami harus memetakan pemanfaatan asset yang ada disekolah agar asset yang kami milki berdampak postif baagi anak.

 

v  Bagaimana perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi sumber daya sekolah?

Perasaan saya tentu saja sangat senang pak karena telah mengidentifikasi sumber daya sekolah atau asset yang ada disekolah

 

v  Apa pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya sekolah?

Yang menjadi pertimbangan dalam menentukan sumber daya sekolah adalah tentu saja potensi yang dimiliki oleh sekolah dimana seperti yang kita ketahui bahwa setiap sekolah memilki asset yang bisa dimanfaatkan dan kita harus melihat asset yang ada disekolah kita merupakan sebuah kekuatan.

 

v  Apakah terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya sekolah yang belum Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung?

 

 

Belum ada pak

 

Selain berdiskusi dengan CGP, lakukan juga wawancara ke perwakilan aktor yang terlibat untuk mengecek kesepahaman akan tujuan pemetaan dan proses yang terjadi, dengan menggunakan pertanyaan pematik berikut ini:

 

 

v  Bagaimana proses Bapak/Ibu dalam menemukan/mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekolah?

Dengan cara berdiskusi dengan Kepala sekolah, rekan guru yang lain tentang apa saja asset yang ada disekolah setelah itu kami memetakan  strategi untuk pemanfaatan asset yang dimiliki oleh sekolah

 

v  Apa saja kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat melakukan identifikasi sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu mengatasinya?

Kendala yang saya hadapi adalah ketika kami harus memetakan pemanfaatan asset yang ada disekolah agar asset yang kami milki berdampak postif baagi anak.

 

v  Bagaimana perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi sumber daya sekolah?

Perasaan saya tentu saja sangat senang kami disekolah sudah menemukan asset apa saja yang dimiliki disekolah.

 

v  Apa pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya sekolah?

Yang menjadi pertimbangan adalah bagaimana memanfaatkan asset yang kami miliki agar bisa berdampak positif bagi anak.

 

v  Apakah terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya sekolah yang belum Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung?

Belum ada pak

 

d.      Persiapan panen hasil belajar (30’)
Diskusikan dengan CGP terkait persiapan panen hasil belajar, pastikan CGP mengetahui dan memahami kelengkapan apa saja yang akan dibawa dan ditampilkan saat pelaksanaan panen hasil belajar. Berikan pertanyaan pematik sebagai panduan diskusi dengan CGP:

o     

 

 

v  Apa ide Bapak/Ibu untuk persiapan panen hasil belajar pada Lokakarya 7?

Kami akan membuat Stan yang cantik pak dimana kami akan memamerkan tentang apa saja yang telah kami dapatkan selama kami mengikuti pendididkan guru penggerak.

 

v  Apa yang akan Bapak/Ibu pamerkan pada saat penen hasil belajar?

Yang akan kami pamerkan adalah hasil karya atau produk-produk yang hasilkan selama kami mengikuti program guru penggerak.

 

Disamping itu, untuk CGP yang terpilih sebagai penyaji dalam kelas berbagi, menyiapkan:

 

 

v  Materi yang akan dibagikan kesepeserta panen belajar (rambu-rambu penyajian dilihat pada lampiran Lokakarya 7). 

Saya akan membuat materi tentang materi yang kami dapat kan ketika mengikuti program guru penggerak

 

v  PPT/bahan tayang yang akan dipaparkan saat kelas berbagi

 

PPT tentang perjalan dan materi selama mengikuti guru penggerak.

3

Bagian Akhir Pendampingan (10’)

 

 

 

 

a.       Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring.

 

 

b.      Mendorong untuk terus memetakan sumber daya dalam melakukan perubahan dan perbaikan pembelajaran.

 

 

c.       Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS. 

 

 

 


Tidak ada komentar :