LAPORAN / CATATAN HASIL PENDAMPINGAN
PADA KEGIATAN PENDAMPINGAN INDIVIDU TAHUN 2022
Pendampingan Individu 1
Tema Pendampingan : |
Refleksi awal kompetensi guru penggerak |
Fokus Pendampingan : |
a. Diskusi tantangan pembelajaran daring b.
Refleksi penerapan perubahan kelas
selaras dengan pemikiran KHD c.
Diskusi pembuatan kerangka portofolio d.
Diskusi Peta posisi diri dan rencana pengembangan
diri dalam kompetensi GP |
Nama CGP : |
DEWI SUSANTI |
Sekolah : |
SMPN 47 BENGKULU UTARA |
Hari/Tanggal : |
Rabu, 24 November 2022 |
I.
BAGIAN AWAL PENDAMPINGAN (20’)
No |
Pengajar Praktik |
Calon Guru Penggerak |
1 |
Apa khabar
bapak/ibu? |
Alhamdulillah sehat
dan semangat pak |
2 |
Pengenalan diri PP/CGP |
Perkenalkan nama Edy Susilo
Pengajar Praktik pada
program guru penggerak angkatan 7, tugas kami sebagai pendamping bapak/ibu CGP dalam mengikuti PPGP/ Saya Hetti Yuliani Pohan,
calon guru penggerak angkatan 7 dari SMPN 48 Bengkulu Utara |
3 |
Menjelaskan fokus
pendampingan |
a.
Diskusi tantangan pembelajaran daring b. Refleksi penerapan perubahan kelas selaras dengan
pemikiran KHD c.Diskusi pembuatan kerangka portofolio d.Diskusi Peta posisi
diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi GP |
4 |
Dokumen CGP yang perlu disiapkan: File (hard/soft), Link
Tugas (siapkan Laptop) |
CGP menyiapkan perlengkapan pendampingan |
5 |
Proses PGP apa yang sudah
berjalan 1 bulan
terakhir? |
1)
Melaksanakan Lokakarya Orientasi 2)
Melaksanakan pembelajaran daring bersama fasilitator dan instruktur 3)
Melakukan tes awal pada modul
1 4) Melaksanakan diskusi kelas secara virtual
tentang pemahaman pemikiran KHD (Modul 1.1)
dan Nilai-nilai serta peran Guru Penggerak (Modul
1.2) 5)
Melaksanakan Kolaborasi Kelompok pada Modul
1.1 dan Modul
1.2 6)
Melaksanakan presentasi hasil kolaborasi Modul
1.1 dan Modul 1.2 7) Merefleksikan Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar
Dewantara yang menjadi titik awal kami
(CGP) sebagai agen
perubahan dan pemimpin pembelajaran dalam transformasi pendidikan di sekolah. |
|
|
8) Memahami dan mendemonstrasikan konsep
pemikiran-pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara (Modul 1.1) dan Nilai-nilai serta peran Guru Penggerak (Modul 1.2) dan relevansinya dengan
penerapan pendidikan abad ke-21 pada konteks lokal
(nilai-nilai luhur sosial-budaya) di tempat asal; 9) Mengikuti kegiatan Elaborasi pemahaman Modul
1.1 dan Modul 1.2 secara virtual 10) Membuat Koneksi
antar materi yang memuat kesimpulan dan refleksi dari hasil
pembelajaran |
6 |
Apa yang sudah
dilakukan sebagai capaian selama bulan
tsb (cross check
jurnal hasil pemantauan daring CGP) |
1)
Melakukan refleksi diri yang
tertuang dalam Leraning Management Sistim (LMS) 2)
Membuat video presentasi yang diupload di LMS pada ruang kolaborasi sebagai tugas Calon
Guru Penggerak 3)
Melakukan ekpolrasi konsep pada
modul 1.1 tentang Kerangka pemikiran KHD 4)
Asas Pendidikan Ki Hadjar
Dewantara,Dasar Dasar Pendidikan yang Menuntun, Kodrat
Alam dan Kodrat
Zaman,Budi Pekerti,Interpretasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara,Penugasan (Refleksi diri) 5)
Unggah tugas demontrasi kontekstual modul
1.1 dan 1.2 6)
Melakukan penilian kinerja instruktur oleh CGP 7)
Mempelajari modul
1.2 8)
Upload tugas Mulai dari
diri Modul 1.2.a.3 9)
Ekpolrasi konsep modul 1.1 dan 1.2. 10) Melakukan presentasi kelompok secara daring 11) Unggah tugas video Ruang Kolaborasi Modul 1.1 dan 1.2 12) Unggah tugas koneksi antar materi pada modul 1.1 dan
1.2 |
7 |
Apresiasi sudah melakukan pembelajaran daring
bulan pertama |
Pembelajaran daring dapat
meningkatkan kemampuan dalam
menggunakan platform digital, pembuatan presentasi online, melakukan diskusi
online dan mengunggah tugas secara daring |
8 |
Apakah lingkungan belajar/ekosistem sekolah
(sapras/warga sekolah) mendukung kegiatan Bapak ibu ke depan? |
Sangat Mendukung, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah dukungan dan support kepada
kami sebagai CPG |
II.
BAGIAN INTI PENDAMPINGAN
A. Tindak lanjut hasil Loka Orientasi
dan pembelajaran daring
(30’)
No |
Pengajar Praktik |
Calon Guru Penggerak |
1 |
Selama proses pembelajaran daring
bersama fasil, apa saja kekhawatiran yang
sebelumnya diresahkan dan terjadi, atau belum/tidak terjadi? |
Kekhawatiran yang saya milki yaitu
pada saat awal proses diklat yang akan dilaksanakan
secara online, dimana hamper semua rangkaian kegiatan diklat dilaksanakan secara daring baik dalam pendalaman materi ataupun pengumpulan tugas, saya sedikit merasa
bingung dan ragu akan kemampuan saya dalam
menjalaninya. Karena saya tidak begitu
berpengalaman dalam mengerjakan LMS dan bagaimana
melaksanakan kegiatan pembelajarannya. |
|
|
Tetapi seiring perjalanan waktu, saya
mulai terbiasa dalam menggunakan LMS, membuat video presentasi, mempresentasikan serta mengunggah tugas
. Kekhawatiran yang selanjutnya adalah pada saat ada kendala dengan
jaringan internet, baik menggunakan data maupun wifi,
sehingga akan ada kendala dalam
mengerjakan tugas dan upload tugas, serta menghambat kami dalam berproses untuk melaksanakan pendidikan guru penggerak |
2 |
Apa saja harapan-harapan yang sudah terwujud setelah pembelajaran 1 bulan ini? |
Setelah melakukan pembelajaran saya
perlahan mulai terbiasa dan memahami kegiatan
dan tugas-tugas yang ada di LMS. Saya semakin mengerti akan peran dan nilai guru penggerak serta
dapat mengaplikasikan dalam
kegiatan pembelajaran di
kelas. Harapan kedepanya saya akan
lebih aktif lagi dalam kegiatan yang diselenggarakan pada program Guru Penggerak Mulai merubah konsep pemikiran tentang pendidikan yang berpusat pada anak
dengan nilai luhur KHD dan mulai melakukan nilai – nilai
yang harus ada pada guru penggerak yaitu berpusat pada
siswa, mandiri, kolaboratif, inovatif, dan reflektif |
3 |
Adakah harapan baru
yang Bapak /Ibu harapkan untuk pembelajaran 1 bulan ke depan? |
Harapan baru kami adalah saya harus lebih memahami tugas dan tanggung jawab sebagai Calon Guru Penggerak yang menjadi agen transformasi pendidikan dengan pola pikir baru dalam pendidikan yang berpinsip pada pemikiran KHD dan Nilai-nilai serta peran Guru penggerak |
4 |
Bagaimana dukungan yang
diberikan kepala sekolah
dan rekan guru selama CGP melakukan pembelajaran daring? |
Dukungan yang diberikan kepala sekolah
sangat luar biasa. Kegiatan yang saya lakukan
juga mendapat dukungan dari rekan guru dengan memberikan motivasi dan respon yang positif kepada saya. |
B.
Tindak Lanjut
Hasil Pembelajaran (30’)
No |
Pengajar Praktik |
Calon Guru Penggerak |
1 |
Berdasarkan pembelajaran mengenai filosofi pendidikan yang
sudah bapak ibu
pelajari: Perubahan seperti apa yang telah dilakukan di ruang kelas yag selaras dengan pemikiran KHD? |
Perubahan yang saya lakukan dikelas
meliputi: a. Membuat kesepakatan kelas b. Memberi kesempatan yang sama kepada
siswa untuk menyampaikan pendapat didalam proses pembelajaran c. Berpihak kepada anak,
dalam melakukan pembelajaran saya lebih mencoba
memahami bagaimana karakter anak d. Saat pembelajaranpun saya memberikan kebebasan kepada anak untuk
menentukan cara dan tempat mereka
belajar e. saya juga terus bersabar menghadapi anak yang memang masih belum bisa
dengan baik menerima pembelajaran
dengan cara menuntun proses pembelajaran kepada siswa yang masih kurang
memahami pembelajaran |
2 |
Apa saja pembelajaran yang Bapak Ibu dapatkan dari modul filosofi Pend. Nasional KHD
yang ternyata |
Pembelajaran yang saya dapatkan adalah, ternyata sebagai seorang guru itu bukan
hanya selesai tugasnya dengan mentransfer ilmu dan melaksanakan
pembelajaran di kelas, seorang guru
harus mampu menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang baik, harus
bisa menerapkan sistem
among dan menuntun siswa sehingga siswa
dapat memperoleh kebahagian setinggi – tingginnya, artinya sehingga siswa dapat menggali potensinya
yang nantinya dapat
berguna di lingkungannya |
|
mendorong Bapak Ibu untuk melakukan perubahan? |
Pembelajaran selanjutnya yang saya
dapatkan pada modul filosofi pendidikan yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun
Karso, dan Tut Wuri Handayani. Selama ini saya hanya menjalankan Ing
Ngarso sung Tulodo, yaitu saya hanya memberi contoh
tetapi belum maksimal sebagai pemberi contoh
teladan. Setelah saya
mempelajari modul ini saya mulai menerapkan pembelajaran yang berpihak kepada murid serta
menuntun dalam proses KBM. Contoh real yang saya lakukan, saya membudayakan senyum,
salam, sapa setiap bertrmu dengan rekan guru
disekolah, dengan tujuan agar siswa disekolah saya juga menerapkan budya tersebut, dan alhamdulillah, siswa
yang ada disekolah sebagian besar sudah menerapkan hal tersebut. |
3 |
a)
Bagaimana respon peserta didik
atas perubahan tsb? b)
bagaimana
bapak ibu melihat respon
tersebut? |
a)
Peserta didik menjadi lebih senang melakukan pembelajaran, dan tentunya mereka semakin dekat
dengan kita sehingga mereka
semakin nyaman melakukan aktivitasnya
b)
Saya juga merasa senang
karena dengan perubahan yang ada pada siswa saya
membantu saya dalam
proses pembelajaran |
4 |
a)
Apa hal yang sudah baik dari perubahan tsb? b)
Apa saja hal yang mungkin perlu diperbaiki ke depannya? |
a)
Hal yang sudah baik
adalah adanya kesepakatan antara guru dan siswa, serta siswa menanggapi hal positif terhadap perubahan yang saya
lakukan walaupun awalnya saya mengalami ksulitan untuk melakukan perubahan tersebut. b)
Konsistensi
penerapan Ilmu yang di peroleh dari pendidikan CGP, pada intinya saya harus terus Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan |
C. Pembuatan Kerangka Portofolio Digital (60’)
No |
Pengajar Praktik |
Calon Guru Penggerak |
1 |
Sudahkah menuangkan perubahan konkret yang dilakukan ke jurnal refleksi mingguan? |
Alhamdulillah Sudah pak |
2 |
Media/Platform apa yang bapak ibu
gunakan untuk membuat portofolio digital? |
Porto folio saya
ada di drive dan google sites. Dari keduanya
saya lebih berkonsentrasi menggunakan google sites, karena tampilannya lebih menarik dan mudah mencari
file /data yang kita simpan |
3 |
Apakah Bapak ibu sudah memiliki Portofolio Digital di sites.google.com |
Sudah pak |
4 |
Jika belum,
apa kendala |
|
|
bapak ibu? Jika sudah, silakan tulis/buka URL nya |
- |
5 |
Komponen apa saja yang dituangkan ke dalam portofolio digital? |
Semua tugas – tugas mandiri yang di upload
pada LMS, materi, foto pendampingan, screenshoot
gmeet, dokumentasi kegiatan lokakarya 0 dan dokumentasi – dokumentasi kegiatan- kegiatan pendidikan CGP |
6 |
Seperti apa bentuk
portofolio digital yang bapak ibu buat? (pastikan ikuti panduan) |
Porto
folio yang dibuat
dengan google sites |
D.
Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompeten
GP (30’)
No |
Pengajar Praktik |
Calon Guru Penggerak |
1 |
Kompetensi apa yang
sudah baik? Jelaskan alasannya |
IT saya mulai
berkembang, terutama dalam
mengedit video untuk
dipresentasikan. Saya mulai terbiasa menggunakan laptop dan platform
belajar yang ada di internet karena hal ini sangat membantu
saya dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah |
2 |
Kompetensi apa yang
perlu ditingkatkan? Jelaskan alasannya |
Kompetensi yang perlu ditingkatkan adalah
berkaitan dengan IT. Alasannya saya masih harus banyak
belajar terutama platform digital yang ada.
Karena tugas yang saya buat dalam LMS rata-rata menggunakan aplikasi
yag ada di internet. Sehingga saya harus terus
belajar bahkan melakukan Gmeet bersama teman
CGP dalam anggota kelompok. |
3 |
Setelah mengetahui umpan balik
tersebut, adakah perubahan rencana? Apa saja yang berubah |
Secara umum tidak
ada perubahan rencana, hanya harus lebih
konsisten melakukan kegiatan dan melakukan refleksi diri yang saya lakukan. |
III.
BAGIAN AKHIR PENDAMPINGAN
A.
Refleksi (10’)
No |
Pengajar Praktik |
Calon Guru Penggerak |
1 |
Adakah pemikiran baru yang Bapak Ibu dapatkan setelah
sesi pendampingan ini? |
Awal sebelum pendampingan saya
khawatir apa saja nanti yang akan dilakukan.
Setelah bapak pengajar praktik datang kesekolah dengan senyum dan sapa
yang hangat membuat kekhawatiran
saya hilang. Ide baru yang saya dapatkan adalah bagaimana saya konsisten dalam menerapkan pembelajaran pada modul yang sudah dipelajari di kelas dan membuktikan kepada rekan guru
bahwa CGP itu ada perbedaan dibandingakan yang
belum mengikuti CGP.sehingga menumbuhkan semangat untuk rekan
guru tergerak untuk
mengikuti program |
|
|
CGP ini |
2 |
Apakah yang sudah baik atau perlu ditingkatkan dari pendampingan ini untuk ke depannya? |
Hal
yang sudah baik adalah tata cara penyampaian pengajar praktik yang sistematis dalam
bertanya. Membuat saya menjawab pertanyaan dengan nyaman tanpa
ada beban. Untuk pendampingan berikutnya saya berharap bapak pengajar praktik semakin semangat membimbing saya dan berbagi ilmu
yang dimiliki |
3 |
Terima kasih sudah berbagi
Praktik Baik yang bapak ibu lakukan dari pembelajaran Daring |
Terimakasih kembali pak, Semoga bapak
tidak putus semangat dalam membimbing dan mendampingi kami
hingga berakhirnya pendidikan kami pak |
4 |
Adakah catatan pembelajaran daring yang
perlu diketahui oleh
fasilitator (catat dalam jurnal komunikasi di LMS) |
Dalam pembelajaran daring saya rasa sudah
cukup baik sekali, antara CGP dengan Pengajar
praktik maupun fasilitator saling berkoordinasi, dan selalu komunikatif dalam setiap
kegiatan pembelajaran pendidikan CGP ini |
B.
Lain-lain
No |
Pengajar Praktik |
Calon Guru Penggerak |
1 |
Hal-hal tambahan yang dibutuhkan Bapak Ibu selama pendampingan |
Saya kira semua
sudah cukup baik,
dan terpenuhi segala
sesuatunya antara CGP dan PP |
2 |
Hal-hal yang dibutuhkan Bapak Ibu untuk pendampingan berikutnya |
Dalam pendampingan saat ini sudah cukup baik, harapannya saat pendampingan selanjutnya bisa lebih baik lagi |
3 |
Menurut bapak/ibu bagaimana perkembangan sikap bapak
/ibu setelah melakukan pembelajaran daring selama
kurang lebih 1 bulan
ini |
Perkembangan sikap
setelah melakukan pembelajaran daring selama kurang
lebih 1 bulan,
saya menjadi pribadi
yang lebih sabar |
4. |
Menurut bapak/ibu bagaimana perkembangan ketrampilan bapak
/ibu setelah melakukan pembelajaran daring
selama kurang lebih
1 bulan ini |
Perkembangan
keterampilan banyak sekali
perkembangan, selama menjadi
CGP banyak sekali belajar
digitalisasi, saya jadi mengenal LMS, canva, jamboard, goggle sites,
intinya banyak hal – hal baru yang
saya pelajari |
C.
Rencana Tindak Lanjut (PI-2)
1. Umpan balik survey 3600 (CGP, Rekan
Sejawat, kasek, Siswa)
2. Refleksi Hasil Umpan Balik
Kompetensi Guru Penggerak terhadap Rekan Sejawat, kasek, Siswa
3. Diskusi refleksi
diri tentang lingkungan belajar di sekolah
4. Diskusi refleksi
perubahan diri setelah
mempelajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3
5. Diskusi rencana
merintis komunitas praktisi
di sekolah, berdasarkan hasil pemetaan di lokakarya 1
6. Mengkomunikasikan visi dan prakasra perubahan ke KS dan warga sekolah
dengan dimoderasi oleh PP
D.
Bahan/ dokumentasi kegiatan PI (PI-1)
1. Siapkan Media
video, rekaman, foto, atau dokumen
lainnya terkait aksi nyata bapak
ibu untuk diupload
di LMS oleh PP
2. Daftar hadir,
foto-foto dan dokumen
lain yang terkait
dengan pelaksanaan kegiatan pendampingan
PENDAMPINGAN IN
DIVIDU 2 : PERUBAHAN PARADIGMA PEMIMPIN
PEMBELAJARAN
Pendampingan
2: Perubahan Paradigman Pemimpin Pembelajaran
Waktu : 4 x
45 menit
Waktu
Pelaksanaan :Kurun waktu seminggu sebelum lokakarya 2
Bahan Yang
Dibutuhkan:
1. Buku Pegangan Pendampingan Individu
2. Jurnal hasil pemantauan pembelajaran Daring CGP
3. Jurnal Pendampingan, daftar hadir, dan rencana pendampingan selanjutnya
4. Rumusan Visi Sekolah
5. Hasil pemetaan CGP dari lokakarya 1 terkait komunitas praktisi
6. Isian lembar kerja penugasan untuk lokakarya 2
NO |
AKTIFITAS PP |
AKTFITAS CGP |
1 |
BAGIA AWAL |
|
|
1. Bagian
awal pendampingan (10’) a)
Pengajar Praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak |
Menjawab pertanyaan dan sapaan PP |
|
b)
Menjelaskan tentang fokus pendampingan. PP memastikan CGP memahami aktivitas
pendampingan yang akan dilakukan.
|
Mendengarkan fokus pendampingan 2: Perubahan Paradigman
Pemimpin Pembelajaran |
|
c)
Pengajar praktik memastikan dokumen yang dibutuhkan saat pendampingan individu
sudah disiapkan CGP.
|
v
Rumusan Visi Sekolah v
Hasil pemetaan CGP dari lokakarya 1 terkait komunitas
praktisi v
Isian lembar kerja penugasan untuk lokakarya 2 |
|
d)
Pengajar praktik menanyakan apa saja proses kegiatan yang sudah berjalan selama
satu bulan terakhir, pembelajaran daring dan menanyakan rencana tindak lanjut
dari pendampingan individu 1, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian
selama satu bulan terakhir (berdasarkan jurnal hasil pemantauan pembelajaran
daring) e) Mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru
Penggerak |
Kegiatan yang sudah berjalan satu bulan ini, sekolah
kami selalu menerapkan disiplin positif
dengan membiasakan 5s dan menyambut kedatangan siswa, melakukan
pembiasaan – pembiasaan sholat dhuha, murojaah, dan menerapkan pembelajaran
sesuai dengan filosofi KHD, intinya saya sudah menerapkan ilmu yang telah
saya dapatkan dalam program guru penggerak ini |
2 |
BAGIAN
INTI PENDAMPINGAN |
|
|
Bagian
inti pendampingan (160’) |
|
|
a) Refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah
(15’) Lakukan diskusi dengan CGP terkait lingkungan belajar
di sekolah dengan memberikan pertanyaan pemantik berikut ini: 1)
Bagaimana dukungan Kepala Sekolah/ Rekan Sejawat terhadap pendidikan guru
penggerak yang Bapak/Ibu jalani?
|
Secara keseluruhan, baik kepala sekolah maupun rekan
sejawat sangat mendukung dan mengapreasiasi pendidikan guru penggerak yang
saya jalani selama ini. |
|
2) Apa
bentuk dukungan yang mereka berikan?
|
Memberikan dukungan berupa tenaga dan materi yang
diperlukan, selalu bersedia diikutsertakan dalam setiap kegiatan yang
berhubungan dengan pendidikan guru penggerak yang saya jalani, memberikan
keleluasaan saya menggunakan sarana dan prasarana disekolah untuk digunakan
dalam menunjang terlaksananya program pendidikan guru penggerak |
|
3) Apa
tantangan yang Bapak/Ibu hadapi dalam menjalani pendidikan guru penggerak di
lingkungan selolah Bapak/Ibu?
|
Tantangannya adalah, bagaimana cara saya
mengaplikasikan pengetahuan yang saya dapatkan pada program pendidikan guru
penggerak di lingkungan sekolah saya, sementara baru saya sendiri yang
mengikuti program ini, jadi tidak ada teman disekolah yang bisa diajak berdiskusi
terkait program guru penggerak ini. |
|
4) Apa
yang Bapak/Ibu lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?
|
Yang saya lakukan, memberikan informasi/ pengetahuan
yang saya dapatkan pada program guru penggerak kepada rekan sejawat dan
mengajak mereka untuk mengaplikasikan ilmu yang saya transferkan dikelas |
|
5) Apa
rencana Bapak/Ibu ke depannya sehingga kegiatan pendidikan guru penggerak
yang Bapak/Ibu jalani berjalan maksimal?
|
Berupaya selalu menerapkan ilmu yang didapatkan
disekolah, dan mengajak rekan guru lainnya untuk ikut program guru penggerak
ini sehinga nantinya banyak guru – guru disekolah kami yang sefrekuensi dan
dapat memberikan perubahan disekolah kami |
|
b)
Refleksi perubahan diri setelah memperlajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3. (15’) Lakukan
diskusi dengan CGP tekait perubahan apa saja yang dirasakan setelah mempelajari
modul, dengan memberikan pertanyaan pemantik berikut ini:
|
|
|
1) Apa
saja yang sudah Bapak/Ibu pelajari pada Modul 1.1, 1.2 dan 1.3?
|
Yang sudah saya pelajari pada modul 1.1 filosofi ki
hajar dewantara adalah, saya semakin faham bahwa seorang guru bukan hanya bertugas
mentransfer ilmu, tetapi seorang guru harus bisa menuntun dan mengarahkan
semua kodrat yang ada pada anak sehingga anak dapat mendapatkan kebahagiaan
setinggi – tingginya. Pada modul 1.2 Nilai dan peran guru penggerak, saya
semakin tau bagaimana seorang guru harus berpihak pada murid, reflektif,
mandiri, kolaboratif dan inovatif dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan
seorang guru harus dapat berperan sebagai pemimpin pembelajaran, coach untuk
guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan
menggerakkan komunitas praktisi. Pada modul 1.3 yang saya pelajari adalah tentang Visi
guru penggerak, di dalam modul ini saya belajar bagaimana cara membuat dan
mewujudkan sebuah Visi yang berpusat pada siswa dengan tahapan BAGJA yaitu, Buat
pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana. Atur eksekusi |
|
2) Apakah
yang Bapak/Ibu pelajari sudah diimplementasikan di kelas Bapak/Ibu?
Berikan
beberapa contohnya.
|
Sebagian besar sudah saya lakukan di kelas saya,
seperti menuntun anak dalam pembelajaran, memberikan pembelajaran yang
berpusat pada siswa, menjadi guru yang reflektif, inovatif, berkolaborasi dan
sebagainya. Saya memberikan bimbingan mengaji dengan mahroj dan
tajwid yang benar kepada siswa 3x seminggu, mengarahkan dan menggali potensi
siswa dalam melakukan pembelajaran, memberikan pembelajaran dengan cara yang
berbeda untuk menarik minat belajar siswa seperti menggunakan tehnik
permainan, media power point dll, berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk
menentukan proyek yang ingin dibuat dll |
|
3) Apakah
terjadi perubahan terhadap murid Bapak/Ibu di kelas? dan bagaimana
tanggapan atau respons murid Bapak/Ibu terhadap perubahan yang
dilakukan?
|
Setelah saya menerapkan pembelajaran yang berpusat pada
siswa dan memberikan inovasi pembelajaran yang beragam untuk siswa, siswa
menjadi senang dan semakin antusias untuk belajar dan tidak merasa bosan saat
mengikuti pembelajaran |
|
4)
Bagaimana perasaan Bapak/Ibu setelah menerapkan Modul 1.1, 1.2 dan 1.3 di
kelas Bapak/Ibu?
|
Saya sangat senang memiliki pengetahuan dari modul 1
yang saya pelajari, saya merasa mendapat ilmu baru dan beragam yang
sebelumnya belum saya ketahui, sehingga saya mempunyai amunisi baru dalam
memberikan pengajaran kepada murid saya |
|
5) Apa
yang yang sudah baik dan yang perlu Bapak/Ibu perbaiki ke depannya? |
Sudah menerapkan modul yang telah dipelajari disekolah.
Yang perlu saya perbaiki adalah konsistensi dalam penerapan ilmu yang
diperoleh dan menggerakkan antusias rekan – rekan guru untuk ikut menerapkan
ilmu yang saya peroleh di program pendidikan guru penggerak. |
|
c) Rencana
merintis/menumbuhkan komunitas praktisi di sekolah (20’) Ajak CGP
untuk melihat lagi hasil pemetaan komunitas praktisi di lokakarya 1. Kemudian
diskusikan pertanyaan pemantik berikut ini dengan CGP.
|
|
|
1) Apakah
Bapak/ibu memiliki pengalaman merintis komunitas praktisi di sekolah/
lingkungan?
|
Disekolah kami, terutama sebagai wali kelas, kami
memiliki komunitas WAG bersama wali murid, dimana disana terdapat struktur
kepengurusan jg, ketua, wakil, dan bendahara, kami menggunakan WAG tersebut
untuk saling bertukar info dan menyamampaikan informasi tentang pembelajaran
disekolah. Selain itu, disekolah kami juga terdapat KKG internal guru yang
kami jadikan tempat untuk wali kelas saling belajar dan menyampaikan
informasi. |
|
2) Apa
tantangan selama penerapan komunitas praktisi di sekolah dan bagaimana
Bapak/Ibu mengatasi tantangan tersebut?
|
Tantangannya adalah, terkadang bahasa tulisan itu
berbeda arti dengan bahasa lisan, sehingga terkadang timbul miss komunikasi.
Ketersediaan paket data wali murid pun menjadi tantangan ketika ada informasi
yang seharusnya diterima lebih cepat terkendala dengan wali murid yang tidak
punya data. Untuk KKG, tantangannya adalah susah untuk mengatur waktu untuk
bertemu, sehingga kami berinteraksi melalui WAG. |
|
3) Apa
saja hal menarik dan menjadi pembelajaran saat merintis komunitas praktisi?
|
Menyamakan pemahaman terhadap orang itu tidak semudah
yang kita fikirkan, untuk memilih kepengurusan pun harus sedikit memaksa dan
dipaksa, meskipun demikian, setelah terbentuk kepengurusan tersebut, pengurus
komunitas menjalankan fungsi dengan baik. |
|
Setelah
CGP menjawab 4 pertanyaan di atas, berikan pertanyaan lanjutan berikut
ini:
|
|
|
1) Strategi apa saja yang akan Bapak/ Ibu lakukan untuk
segera memulai komunitas praktisi di lingkungan sekolah Bapak/ Ibu? (jika
belum dimulai)
|
- |
|
2) Apa rencana yang akan Bapak/Ibu lakukan untuk
pengembangan komunitas praktiksi yang sudah dibentuk?
|
Melakukan komunikasi dengan baik dengan sesama anggota
komunitas |
|
d)
Mengkomunikasikan visi dan prakarsa perubahan sekolah (110’) Pengajar
praktik mendampingi dan membimbing CGP berdiskusi terkait visi dan prakasa
perubahan sekolah.
|
|
|
Peserta dan pembagian peran dalam berdiskusi: 1) Pengajar Praktik : Moderator 2) Calon Guru Penggerak : Pemandu diskusi 3) Peserta diskusi : Kepala sekolah, Guru, tenaga kependidikan
|
|
|
Proses diskusi: 1) CGP
membuka diskusi dan menyampaikan tujuan diskusi kepada peserta. Jika
berkenan, CGP dapat membuka sesi dengan pembacaan beberapa bait puisi “Aku
Melihat Indonesia” karya Ir. Soekarno, untuk memantik semangat peserta
dalam memaknai visi |
|
|
2) CGP
mengajak peserta diskusi untuk membahas dan menganalisis visi sekolah,
CGP memberikan pertanyaan pemantik kepada peserta diskusi: a) Apakah
visi sekolah saat ini sudah menggambarkan dengan jelas impian dan
cita-cita yang ingin kita capai dari murid kita? Apakah visi tersebut sudah
menunjukkan hal yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah kita
dengan murid di sekolah lain? Ajaklah
peserta diskusi mengisi bersama kalimat rumpang yang tercantum pada modul 1.3
Visi Guru Penggerak. |
|
|
b) Apakah
visi sekolah sudah berpihak kepada murid? Jika visi masih berupa jargon/slogan,
dorong warga sekolah untuk membuatnya lebih terdeskripsikan.
|
Terwujudnya Generasi Islami Yang Tangguh dan
Berprestasi, Anti Korupsi, dan Berwawasan Lingkungan |
|
c) Jika
visi sudah berpihak kepada murid, lakukan identifikasi program apa saja yang
bisa dilakukan oleh warga sekolah untuk mendorong pertumbuhan
diri murid dari segala sisinya.
|
|
|
d) Jika
visi belum berpihak kepada murid, ajak warga sekolah merumuskan visi yang
berpihak kepada murid. Setelah visi dirumuskan, ajak warga sekolah
melakukan identifikasi dan mengembangkan program yang bisa dilakukan
oleh warga sekolah. |
|
|
3) PP memberikan penguatan di akhir diskusi. |
|
|
4) Semua hasil diskusi dicatat dan didokumentasikan
oleh CGP |
|
|
5) Laporan hasil diskusi diserahkan CGP kepada Kepala
sekolah dan Pengajar Praktik |
|
3 |
Bagian
akhir pendampingan (10’) |
|
|
a)
Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini: |
|
|
1) Apa hal paling menarik yang Bapak/ Ibu dapatkan
setelah proses pendampingan hari ini? Apa yang membuat hal tersebut menarik
menurut Bapak/ Ibu? |
Hal yang paling menarik dari pendampingan hari ini
adalah sesi diskusi tentang Visi dan Prakarsa Perubahan sekolah, karena
disini kita bisa sama – sama mengevaluasi visi yang ada disekolah kita selama
ini, sudah atau belum berpihak kepada murid, dan kita bisa bersama – sama
menentukan tindak lanjut dari hasil diskusi pada hari ini, kemudian pada saat
pelaksanaan coaching bersama pengajar praktik. |
|
2) Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari
pendamping pada kegiatan pendampingan berikutnya? |
Secara keseluruhan, pendampingan yang dilakukan sudah
sangat baik, Pengajar Praktik membimbing dengan baik, dan harapannya,
Pengajar Praktik tidak bosan untuk terus mendampingi kami para CGP hingga
lulus program ini. |
|
a)
Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah
dilakukan dari pembelajaran daring.
|
|
|
b)
Mengingat CGP untuk menyebarkan, mengumpulkan dan menginput survei di LMS
tentang kompetensi guru penggerak (lembar umpan balik, lampiran 3). Kegiatan
ini dilakukan satu minggu sebelum pelaksanaan PI 3. Yang harus dilakukan
CGP: |
|
|
|
|
|
1)
Menyebarkan kuesioner survey Lembar Umpan Balik sesuai peran dan jenjang
yang diampu oleh CGP dengan responden Kepala sekolah, rekan guru (5
orang), dan perwakilan murid CGP (5 orang)
|
|
|
2) CGP
mengisi lembar asesmen mandiri kompetensi guru penggerak.
|
|
|
3) CGP
membuat refleksi tertulis terkait umpan balik dari para responden dan hasil
asesmen mandiri. Refleksi ini diunggah di LMS pada bagian Pendampingan
Individu 3 (Lampiran 2). . |
|
|
c)
Memotivasi untuk tetap mencoba praktik-praktik pembelajaran yang berpihak pada
murid.
|
|
|
d) Jika
ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh
fasilitator, maka perlu
dicatat dalam Jurnal Komunikasi |
|
KEGIATAN PENDAMPINGAN INDIVIDU
3
Nam CGP |
: |
EKA SAFITRIAN |
ASAL SEKOLAH |
: |
SD IT DARUL
FIKRI ARGAMAKMUR |
Pendampingan
individu |
: |
3 (TIGA) |
Nama PP |
: |
EDY SUSILO |
Hari/tanggal |
: |
SELAS,7 MARET
2022 |
Materi
pendampingan |
|
1)
Refleksi hasil survei (umpan balik
3600) dan asesmen
mandiri tentang kompetensi guru penggerak 2) Rencana penerapan pembelajaran
sosial-emosional 3)
Diskusi lokakarya 2, gali informasi dan berikan
penguatan terkait kertelaksanaan BAGJA di sekolah CGP |
I |
PENGAJAR PRAKTIK |
CGP |
|
Bagian Awal Pendampingan (20’) |
|
|
a.Pengajar Praktik menyapa dan menanyakan kabar
Calon Guru Penggerak |
|
|
b.Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP
memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan. |
|
|
c.Pengajar Praktik memastikan Calon Guru Penggerak
telah meng-input instrumen lembar umpan balik
(Lampiran 5) ke LMS s esuai dengan responden yang telah ditetapkan. |
|
|
d.Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses
yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, menanyakan rencana tindak
lanjut dari pendampingan sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap sebagai
capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan
Pembelajaran Daring) |
|
|
e.Mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang
disampaikan oleh Calon Guru Penggerak |
|
II |
Bagian Inti Pendampingan (145’) |
|
|
a. Refleksi hasil
survei (umpan balik 360 derajat) dan asesmen mandiri tentang kompetensi guru
penggerak (45’) |
|
|
PP menggali CGP untuk menyampaikan hasil
analisis dan refleksi dari umpan balik 3600 (Lampiran 2) dan asesmen mandiri tentang
kompetensi guru penggerak. PP dapat memberikan pertanyaan lanjutan kepada CGP
dengan memberikan pertanyaan pemantik berikut ini: |
|
|
·
Berdasarkan hasil feedback 3600 dan asesmen mandiri tentang
kompetensi guru penggerak, apa yang kurang baik/ perlu ditingkatkan menurut
responden terhadap kompetensi bapak/Ibu? Jelaskan menurut masingmasing
responden (kepala sekolah, rekan sejawat, dan murid) |
|
|
·
Apa rencana Bapak/Ibu ke depannya untuk semakin mengasah
kompetensi guru penggerak yang harus Bapak/Ibu miliki? |
|
|
·
Siapa saja yang akan Bapak/Ibu libatkan untuk meningkatkan
kompetensi guru penggerak yang harus Bapak/Ibu miliki? |
|
|
b.Rencana penerapan pembelajaran
sosial-emosional (45’) |
|
|
PP mengajak CGP berdiskusi terkait rencana penerapan
pembelajaran sosial-emosional, gunakan pertanyaan pematik berikut sebagai
panduan diskusi: |
|
|
o
Apakah Bapak/Ibu
sudah mempelajari Modul 2.2? Apa yang dipelajari pada modul tersebut ? |
|
|
o Apakah Bapak/Ibu sudah merencanakan pembelajaran
sosial-emosional yang akan diterapkan dalam kelas Bapak/Ibu? |
|
|
o
Jika sudah, seperti apa perencanaan yang sudah
Bapak/ibu buat? |
|
|
o
Apa harapan Bapak/Ibu setelah menerapkan
pembelajaran sosial-emosional di kelas yang Bapak/Ibu ampu? |
|
|
c.Keterlaksanaan tahapan BAGJA (60’) |
|
|
Berdasarkan hasil diskusi lokakarya 2, gali informasi dan
berikan penguatan terkait kertelaksanaan BAGJA di sekolah CGP. Gunakan
pertanyaan pematik berikut ini: |
|
|
o
Apakah Bapak/Ibu telah menerapkan metode BAGJA
untuk merencanakan perubahan pada diri Bapak/Ibu? |
|
|
o
Setelah Bapak/Ibu
melakukan tahapan BAGJA apakah memperoleh hasil sesuai dengan visi guru
penggerak yang Bapak/Ibu inginkan? |
|
|
o
Apakah tantangan
yang Bapak/Ibu hadapi dalam menerapkan tahapan BAGJA untuk mencapai visi? |
|
|
o
Apa yang perlu
Bapak/Ibu perbaiki ke depannya terkait dengan pelaksanaan tahapan BAGJA untuk
perubahan diri bapak/ibu sehingga bisa mencapai visi yang telah dirumuskan?
|
|
II |
Bagian akhir pendampingan (15’) |
|
|
a.
Melakukan refleksi
terhadap proses pendampingan saat ini: |
|
|
o
Apa hal paling menarik
yang Bapak/ Ibu dapatkan setelah proses kegiatan pendampingan hari ini? Apa
yang membuat hal tersebut menarik menurut Bapak/ Ibu? |
|
|
o
Apa yang sudah baik
dan yang perlu diperbaiki dari pendamping di kegiatan pendampingan
berikutnya? |
|
|
b.
Mengapresiasi dan
mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari
pembelajaran daring. |
|
|
c.
Sebelum pelaksanaan
Pendampingan Individu 4, tugas yang harus disiapkan oleh CGP adalah: |
|
|
o
CGP menyusun RPP
dengan unsur diferensiasi, kompetensi sosial emosional, dan budaya positif
(sepakati batas waktu pengerjaan RPP dengan CGP). |
|
|
o
RPP yang telah
disusun CGP dikirimkan kepada PP untuk diberikan umpan balik, kemudian
diserahkan kembali ke CGP untuk dilakukan perbaikan. |
|
|
o
Penetapan Jadwal pelaksanaan
observasi pembelajaran dengan CGP (observasi pembelajaran dilaksanakan
minimal 2 jam pelajaran dan mengikuti jadwal CGP atau jadwal yang disepakati
bersama). |
|
|
d.
Jika ada
hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator,
maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS.
|
|
KEGIATAN PENDAMPINGAN INDIVIDU 4
Nam CGP |
: |
WIWI ARNA |
Pendampingan
individu |
: |
4 (empat) |
Asal Sekolah |
|
SMPN 48 Bengkulu Utara |
Nama PP |
: |
EDY SUSILO |
Hari/tanggal |
: |
|
Materi
pendampingan |
|
Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran |
Fokus
Pendampingan |
|
Ø Observasi kelas CGP untuk melihat penerapan dari modul budaya positif,
pembeljaaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial-emosional. Ø Penilaian Observasi Praktik Pembelajaran |
PENGAJAR PRAKTIK |
CGP |
|
I |
Bagian Awal Pendampingan (20’) |
|
|
Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP memastikan CGP memahami
aktivitas pendampingan yang akan dilakukan. |
|
|
Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama
satu bulan terakhir, menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan
sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan
terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan Pembelajaran Daring) |
|
|
Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik
yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. |
|
|
a.
Pengajar Praktik memastikan RPP yang dibuat CGP
sudah direvisi berdasarkan masukan yang diberikan PP. |
Sudah |
|
b.
Menyiapkan lembar Observasi Praktik Mengajar
Calon Guru Penggerak (Lampiran 5). |
Disiapkan |
II |
Bagian Inti Pendampingan
(135’) |
|
a |
Ketentuan |
|
|
v
Observasi pembelajaran dilakukan di kelas CGP
baik secara luring atau daring (disesuaikan dengan kebijakan sekolah) |
Disepakati antara CGP dan PP observasi luring non partisipatif |
|
v
Observasi dilakukan minimal 2 (dua) jam
pelajaran dengan durasi menit disesuaikan dengan jenjang sekolah. |
Kegiatan sesuai dengan alokasi waktu pada RPP CGP |
b |
Pra- Observasi (15’) |
|
|
Pertemuan pra-observasi ini merupakan percakapan yang membangun
hubungan antara guru (CGP) dan supervisor (PP) sebagai mitra dalam
pengembangan kompetensi diri .Percakapan pra-observasi ini berlangsung selama
15 menit, dengan menggunakan percakapan coaching untuk perencanaan,
supervisor dapat mencatat apa yang menjadi sasaran pengembangan guru dan
menginformasikan kepada guru prosedur supervisi klinis ini. Adapun yang harus
dilakukan oleh supervisor adalah: ( Lampiran 4 Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas) |
|
|
Supervisor menyampaikan tujuan besar supervisi dan tujuan dari
percakapan awal. |
Tujuan Pembelajaran,
Area Pengembangan yang hendak dicapai
Strategi yang dipersiapkan |
|
Guru menyampaikan rancangan pelaksanaan pembelajaran dan
menginformasikan aspek perkembangan yang hendak diobservasi |
CGP menyerahkan RPP pada PP |
|
Supervisor dan guru menyepakati sasaran observasi, waktu kunjungan
kelas dan waktu percakapan pasca-observasi |
Adanya kesepakatan antar CGP dan PP saat simulasi mengajar di kelas
(menjaga kenyamanan saat simulasi observasi yang dilakukan oleh PP secara non
partisipatif) Pengambilan dokumentasi diambil pada saat sesi simulasi (pendahuluan,
Inti dan penutup) menggunakan vidio dan foto |
|
Supervisor menginformasikan bahwa ia akan mencatat kegiatan
pembelajaran yang dilakukan guru di kelas |
Kegiatan yang dilakukan oleh CGP saat simulasi dicatat, diperhatikan
dengan kesesuaian dengan RPP yang dibuat CGP |
|
Percakapan pra-observasi baiknya berlangsung dengan suasana santai dan
kekeluargaan dan dengan semangat positif. Hasil percakapan pra-observasi
dicatat pada Lampiran 4 |
c |
Observasi Pembelajaran (90’) |
|
|
Ø
Observasi adalah aktivitas pengamatan oleh
supervisor (PP) pada saat guru melaksanakan pembelajaran di kelas. Tujuan
utama tahap ini adalah mengambil data atau informasi secara obyektif mengenai
aspek pengembangan yang sudah disepakati. Ø
Pengamatan oleh supervisor menggunakan
instrumen yang telah ditentukan sebelumnya dan fokus pada sasaran yang sudah
disepakati (lihat hasil catatan pada lampiran 4). Ø
Namun dapat saja pada saat observasi ada
hal-hal menarik di luar hal yang sudah disepakati yang ditemukan oleh
supervisor (PP) yang dapat bermanfaat bagi guru dalam pengembangan kompetensi
dirinya sebagai pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid. |
|
d |
Pasca Observasi (30’) |
|
|
Dalam proses percakapan pasca-observasi ini, supervisor (PP) dan guru
(CGP) secara bersama memahami tujuan percakapan dan saling percaya akan
tahapan kegiatan yang berlangsung.
Percakapan pasca-observasi
berisikan aktivitas berikut: |
|
|
v
Menyampaikan tujuan percakapan dan hasil
analisis data observasi kepada CGP |
PP menyampaikan tujuan percakapan yang terkait dengan kegiatan simulasi
berupa catatan si,ulasi |
|
v
Melakukan percakapan umpan balik. Dalam
percakapan PP menemukan area pengembangan dan perbaikan diri yang hendak
dilakukan. Catat hasil umpan balik pada lampiran 6. |
PP mencatat area pengembangan RPP ( pembelajaran berdeferensiasi dan Kompetensi sosial emosional) |
|
v
Percakapan perencanaan area pengembangan
|
Berbincang area yang dikembangkan oleh CGP dalam pembelajaran RPP ( pembelajaran berdeferensiasi dan
Kompetensi sosial emosional) |
|
v
Rencana aksi pengembangan diri. Hasil
perencanaan aksi pengembangan diri dicatat pada lampiran 7 |
CGP menyusun aksi pengembangan diri
(Lampiran 7) diserahaakan pada PP |
III |
Bagian akhir pendampingan (15’) |
|
a |
Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini: |
|
|
Apa yang sudah baik dan yang perlu Bapak/Ibu perbaiki ke depannya pada
pembelajaran tadi? |
Bapak (PP) memberikan sharing yang begitu bermakna sehingga saya
mendapatkan pengalaman baru untuk selalu belajar dengan melakukan yang
terbaik, kolaborasi yang sangat menarik |
|
Sejauh apa pendampingan saat ini membantu Bapak/ Ibu
mengimplementasikan pembelajaran yang berpihak kepada murid? Hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki untuk ke depannya |
Bermanfaat dalam pengembangan diri dalam paradigma baru pendidikan
yaitu pembelajaran yang berpihak pada anak pembelajaran yang
menyenangkan (budaya
positif,pembelajaran berdeferensiasi,Ko,petensi sosial emosional) |
b |
Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh
fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS |
|
c |
Mengingatkan CGP untuk menyiapkan diri untuk pendampingan individu
5.Aktivitas persiapan |
|
|
v
Kelengkapan bahan yang harus disiapkan CGP
untuk PI 5 adalah: |
|
|
ü
Mengajak satu orang rekan sejawat untuk
dibimbing dan dicoaching pada PI 5. |
|
|
ü
Penetapan jadwal observasi pembelajaran.
Pelaksanaan observasi pembelajaran minimal 2 jam pelajaran dan dapat
dilakukan secara daring ataupun luring (disesuaikan dengan kebijakan sekolah) |
|
|
ü
Membimbing rekan sejawat dalam menyusun RPP dan
juga melakukan koreksi terhadap RPP yang disusun. Hasil koreksiksi CGP dijadi
dasar perbaikan RPP oleh rekan sejawat. |
|
|
v
Aktivitas Coaching untuk supervisi akademik
Untuk melakukan aktivitas ini, CGP harus mengikuti instruksi yang ada dalam
modul 2.3 pada bagian aksi nyata. Pastikan CGP melakukan: |
|
|
ü
Proses pra-observasi. Hasil catatan saat proses
ini diserahkan kepada PP saat pendampingan individu 5 (CGP menggunakan
instrument pra-observasi di modul 2.3) |
|
|
ü
Proses observasi pembelajatan. Hasil catatan saat proses ini diserahkan
kepada PP saat pendampingan individu 5 (CGP menggunakan instrument observasi
pembelajaran di modul 2.3) |
|
|
v
Setiap aktivitas CGP saat melakukan
pra-observasi dan observasi pembelajaran, PP tetap melakukan pemantauan dan
diskusi melalui WA/HP/tatap muka virtual. |
Lampiran
4: Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas
Hari/ Tanggal |
: |
Sekolah |
:
SMPN 48 BENGKULU UTARA |
Nama Guru |
:
HETTI YP |
Kelas |
: |
Mata Pelajaran |
:
IPS |
Waktu Percakapan |
: |
Tujuan Pembelajaran:
Ø Menjelaskan
proses terjadinya pemanasan global. Ø Mendeskripsikan
definisi pemanasan global Ø Mendeskripsikan
penyebab terjadinya pemanasan global Ø Membuat
Poster tentang upaya penanggulangan pemanasan global akibat perubahan iklim. |
Area Pengembangan yang hendak
dicapai:
Ø Kemampuan intelektual dengan cara menyampaikan materi
nada secara jelas dan mudah dipahami oleh siswa, menyajikan kegiatan
pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai kebutuhan siswa (DEFERSNIASI
KONTEN) Ø Mengembangkan kemampuan sosial
emosional dalam menghadapi siswa yang memiliki keberagaman kemampuan
(KSE) |
Strategi yang dipersiapkan:
Ø
Guru
menyusun perangkat pembelajaran yang lengkap Ø
Guru
memberikan contoh nyata agar siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan buah Ø
Guru
menyiapkan LKPD yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa Ø
Guru memanfaatkan media yang di sekitar sekolah Ø
Guru mamdukan metode yang sesuai dengan materi |
Catatan
khusus Supervisor:
Ø Guru Melaksanakan pembelajaran, alur.medai, metode sesuai
pada alur RPP
Ø Guru melaksanakan pembelajaran mengaplikasikan KSE pada
anak pada diri guru
Ø Berdeferensiasi porses,konten maupun produk sudah sesuai
dengan RPP yang dibuat
Disepakati
bersama |
|
Supervisor/PP
(EDY
SUSILO) NIP.196907151993061001 |
Guru/cgp
(HETTI YULIANI POHAN) NIP |
|
Supervisi
Akademik dengan Pola Pikir Coaching |
Lampiran
6 :Lembar Catatan Percakapan Pasca-Observasi Kelas
Hari/ Tanggal |
: |
Sekolah |
: |
Nama Guru |
: |
Kelas |
: |
Mata Pelajaran |
: |
Waktu Percakapan |
: |
Lampiran:
Lembar Catatan Observasi
Catatan Refleksi Guru:
Topik percakapan dan catatan:
Rencana Tindak Lanjut:
Disepakati
bersama |
|
Supervisor/PP
(EDY
SUSILO) NIP.196907151993061001 |
Guru/cgp
(HETTI YULIANI POHAN) NIP |
Lampiran
: 7 Lembar Rencana Pengembangan Diri
Nama Guru |
: |
Tahun pelajaran |
: |
NIp |
: |
Sekolah |
: |
Coach/ Supervisor |
1. |
Kelas |
: |
|
2. |
Mata Pelajaran |
|
No |
Aktivitas Pengembangan |
Tujuan yang hendak dicapai |
Ukuran Keberhasilan |
Pendukung |
Waktu |
1 |
Merumuskan tujuan pengembangandiri |
Dapat merumuskan
tujuan pengembangan diiri |
Terwujudnya rencana pengembangan diri |
Kepala sekolah,guru PTK, keluarga |
1-6 April 2023 |
2 |
Melaksanakan pembelajaran berdeferensiasi pada siswa di
kelas |
Peserta didik dapat mengikuti dan belajar sesuai
kodratnya |
Peserta didik dapat menyelesaikan tujuan pembelajaran |
Kepala sekpolah, murid, guru |
|
3 |
Melaksanakan pembelajaran bermuatan KSE pada siswa di kelas |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disepakati
Bersama |
|
|
|
|
Hari |
: |
Guru |
Supervisor |
|
Tanggal |
: |
|
|
|
|
|
(……………………………) |
(……………………………) |
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
{BERDIFERENSIASI DAN PEMBELAJARAN SOSIAL
EMOSIONAL}
Satuan
Pendidikan : SMPN 48 BENGKULU
UTARA
Mata
Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester
: VII/ GENAP
Materi : Pemanasan
Global
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit (2
JP)
Kompetensi Dasar : 3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem |
Indikator Pencapaian Kompetensi: Ø Menjelaskan proses terjadinya pemanasan global. Ø Mendeskripsikan definisi pemanasan global Ø Mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global |
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan
masalah perubahan iklim |
Ø Membuat Poster tentang upaya penanggulangan pemanasan global
akibat perubahan iklim. |
Tujuan Pembelajaran : Ø Melalui pengamatan gambar
pemanasan global, peserta didik dapat menjelaskan proses terjadinya
pemanasan global dengan tepat Ø Melalui diskusi, peserta
didik dapat mendeskripsikan definisi pemanasan global dengan tepat Ø Melalui diskusi, peserta didik dapat mendeskripsikan penyebab
terjadinya pemanasan global Ø Melalui penugasan, peserta didik dapat membuat Poster tentang
upaya penanggulangan pemanasan global akibat perubahan iklim dengan kreatif |
|
Sumber Belajar :
|
|
Media Pembelajaran :
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN |
LANGKAH
PEMBELAJARAN |
Pendahuluan (15 menit) |
|
Kegiatan Inti (90 Menit) |
|
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Penilaian
- Sikap
Teknik penilaian : Observasi
Instrumen : Lembar
Observasi
- Pengetahuan
Teknik Penilaian : Post Test
Instrumen : Essay
- Keterampilan
Teknik Penilaian : Observasi
Instrumen : Lembar
Observasi Keterampilan
Mengetahui, Kepala SMPN 48 Bengkulu
Utara ANISMAWATI, S.Pd NIP. 197308071998012001 |
Bengkulu Utara, Februari 2023 Guru Mata Pelajaran HETTI YULIANI POHAN, S.Pd NIP. 198401132015032001 |
LAMPIRAN 1
- Penilaian
Pembelajaran
1.
Sikap
Teknik penilaian : Observasi
Instrumen : Lembar
Observasi
Petunjuk :
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan (A)
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan (B)
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan (C)
1 = tidak
pernah,apabila tidak pernah melakukan (D)
NO |
ASPEK PENGAMATAN |
SKOR |
1 |
Mengikuti intruksi dari guru. |
|
2 |
Menanyakan hal-hal yang belum dipahami |
|
3 |
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas |
|
4 |
Mampu bekerja dalam kelompok |
|
|
Jumlah skor |
|
A = Sangat
baik (13-16)
B = Baik
(9-12)
C = Cukup
(5-8)
K = Kurang
(1-4)
2.
Pengetahuan
Teknik Penilaian : Post Test
Instrumen : Essay
NO |
PERTANYAAN |
SKOR |
1 |
Apa yang dimaksud dengan Pemanasan Global ? |
25 |
2 |
Jelaskan proses terjadinya pemanasan global? |
25 |
3 |
Apa saja Penyebab pemanasan global? |
25 |
4 |
Apa saja upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi
pemanasan global? |
25 |
|
Jumlah nilai |
100 |
3.
Keterampilan
Teknik Penilaian : Observasi
Instrumen : Lembar
Observasi Keterampilan
Petunjuk :
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan (A)
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan (B)
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan (C)
1
= tidak pernah,apabila tidak pernah melakukan (D)
NO |
ASPEK PENGAMATAN |
SKOR |
A = Sangat baik (13-16) B = Baik (9-12) C = Cukup (5-8) K = Kurang (1-4)
|
1 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
2 |
Penguasaan materi diskusi dan presentasi |
|
|
3 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
4 |
Kemampuan membuat kesimpulan |
|
|
|
Jumlah skor |
|
Lampiran 2
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD)
KELOMPOK :
NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
KELAS :
- TUJUAN
Ø
Melalui
pengamatan gambar mengenai pemanasan global, peserta didik dapat menjelaskan
proses terjadinya pemanasan global dengan tepat
Ø
Melalui diskusi, peserta didik dapat
mendeskripsikan definisi pemanasan global dengan tepat
Ø
Melalui diskusi,
peserta didik dapat mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global
Ø
Melalui
penugasan, peserta didik dapat membuat Poster tentang upaya penanggulangan
pemanasan global akibat perubahan iklim dengan kreatif
- SUMBER
BELAJAR
·
Buku IPA Siswa
Kelas VII
·
Buku Penunjang
·
Materi dan bahan
ajar yang diperoleh melalui berbagai media (Video, Gambar/Poster, Artikel)
- KEGIATAN
1. Amatilah gambar berikut !
Berdasarkan
gambar diatas, tuliskan proses terjadinya pemanasan global !
2. Amatilah gambar berikut !
Dari
gambar diatas, tuliskan apa saja pengertian pemanasan global !
....
3. Perhatikan gambar berikut !
Bedasarkan gambar diatas, tuliskan penyebab
terjadinya pemanasan global
- KESIMPULAN
PENDAMPINGAN INDIVIDU 5
Nam CGP |
: |
WIWI ARNA |
Pendampingan
individu |
: |
5 (LIMA) |
Asal Sekolah |
|
Bengkulu Utara |
Nama PP |
: |
EDY SUSILO |
Hari/tanggal |
: |
24 Mei 2023 |
Tema
Pendampingan |
: |
Rancangan Program yang Berpihak pada Murid |
Fokus
Pendampingan |
: |
Ø Refleksi penerapan aksi nyata modul 3.1 Ø Diskusi rancangan program yang berdampak pada murid Ø Diskusi perkembangan komunitas praktisi yang dijalankan di sekolah
serta implementasi dari rencana di lokakarya 3 untuk berbagi ke rekan sejawat |
NO |
AKTIFITAS PP |
AKTFITAS CGP |
1 |
Bagian Awal Pendampingan (10’) |
|
|
a.
Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP memastikan CGP
memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan. |
|
|
b. Pengajar Praktik menanyakan apa saja
proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, menanyakan rencana
tindak lanjut dari pendampingan sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap
sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan
Pembelajaran Daring) |
|
|
c. Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih
telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. |
|
|
d. Meminta hasil observasi pembelajaran rekan
sejawat |
|
2 |
Bagian Inti Pendampingan (160’) |
|
|
a.Penerapan aksi nyata modul 3.1 (30’) Penerapan aksi nyata modul 3.1, CGP tidak ditugaskan
untuk melaporkan implementasinya melalui LMS. CGP hanya mendiskusikan
pengalaman dan refleksi dari aksi nyata ini bersama pendamping pada saat pendampingan individu. Untuk mempermudah PP melaksanakan refleksi dengan CGP,
gunakanlah pertanyaan pematik berikut ini: |
|
|
|
Selama satu bulan
ini saya belajar dimodul 3 ini tentang sekolah berkutat tentang kepemimpinan
disekolah, bagaimana memetakan aset yang ada, bagaimana mengelolanya hingga
membuat sebuah program yang berdampak pada murid. Ini modul yang luar biasa
karena selama ini pemikiran saya selalu berfikir bagaimana mendidik dan
mendidik, kelas adalah tempat saya, jarang berfikir tentang program apa yang
bagus untuk siswa, memang pernah mengajukan program-program tetapi belum
sesuai dengan langkah-langkah yang diajarkan didalam modul 3.3 ini, seperti memetakan aset yang ada, aset
yang potensial untuk dikembangkan, barulah menyusun sebuah program. Proses
yang saya lakukan dalam menemukan / mengidentifikasi sumber daya yang ada di
sekolah adalah • Memahami
dengan benar apa saja 7 aset yang ada yaitu asset manusia, social, agama dan
budaya, fisik, lingkungan alam, financial dan politik • Memetakan
kelompok asset internal dan eksternal yang ada di sekolah dan lingkungan
sekitar • Saya
berkolaborasi murid, rekan guru, Kepala sekolah dan perwakilan wali murid
untuk melakukan pemetaan asset yang ada di sekolah dan disekitar sekolah |
|
·
Apa saja kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat
melakukan identifikasi sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu
mengatasinya? |
Sebelum
belajar modul ini sumber daya yang saya anggap paling penting itu sumber daya/modal manusia tetapi setelah mendapat materi ini
ada tujuh aset yang dapat dipertimbangkan dalam membuat sebuah program dari
modal manusia, fisik, sosial, politik, finansial, agama dan budaya,
lingkungan alam, semua ini aset berharga yang bisa dikelola dengan baik untuk
pengembangan program yang berdampak pada murid. Kendala saya rasa tidak ada
kendala yang berarti dalam pemetaan aset ini, ketujuh aset ini mempunyai
potensial untuk dikembangkan, tantangannya adalah bagaimana memanfaatkan aset
tersebut yang berpihak pada murid. Mengatasinya
dengan selalu berdiskusi dengan pihak seluruh warga sekolah |
|
·
Bagaimana perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi
sumber daya sekolah? |
Saya merasa
sangat antusias dan bersemangat, lebih berfikir lebih terbuka dan berfikir
positif dalam menentukan asset yang dimiliki sekolah dan lingkungan sekolah
serta menemukan strategi pemanfataannya secara kolaborasi dengan seluruh
warga sekolah. |
|
·
Apa pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya
sekolah? |
Mewujudkan sekolah
yang merdeka, yang berpihak pada murid dengan mengandalkan segala macam asset
yang ada di sekolah dan lingkungannya |
|
·
Apakah terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya
sekolah yang belum Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung? |
Belum ada |
|
|
Menurut saya yang mempengaruhi
proses pengambilan keputusan itu adalah berkolaborasi dengan tema-teman
sejawat dan warga sekolah sehingga keputusan yang diambil lebih maksimal dan
bisa dipertanggung jawabkan
|
|
|
Yang perlu dikembangkan dari pengambilan keputusan
ini adalah komunikasi dan kolaborasi dengan seluruh warga sekolah, pengalaman
saya pernah mengkomunikasikan dengan kurikulum tentang nilai anak yang banyak
kurang sedang ujian akhir sudah hampir sampai, nah guru yang lain juga
menyampaikann jika mereka juga mempunyai permasalahan yang sama. Ternyata
bukan hanya saya, jadi kita sepakat maksimalkan proses yang akan datang jadi
sangat penting komunikasi dan kolaborasi ini.
|
|
|
Adanya komitment dan konsistensi dari dalam diri
untuk menjalankan tahapan pengambilan keputusan yang berdampak pada murid dan
berbasis kekuatan asset |
|
|
Pengalaman dilemma etika yang pernah terjadi saat
saya dalam kegiatan PGP, dimana saya harus menemui siswa yang nilainya masih
banyak yang kurang, tetapi susah sekali intuk ditemui, sedangkan sebentar
lagi ujian semester sudah hampir sampai.. Dilemanya saya harus memberi nilai
yang tuntas kkm agar anak tersebut bisa naik kelas, sedangkan nilai anak ini
masih banyak yang kurang. Untuk mengulang semua nilai yang kosong sepertinya
sudah tidak ada waktu lagi. |
|
|
Pada dasarnya selalu ada dilema, bertentangan saat
mengambil keputusan tetapi kita bisa memilih yang paling sesuai dengan kasus
yang dihadapi, dan berpihak pada murid dengan mempertimbangkan banyak hal dan
menganalisis apa dampak yang akan ditimbulkan oleh keputusan saya maka saya
dapat menerapkan prinsip dan langkah yang telah dipelajari di Modul 3.1.
Ditambah lagi dengan masalah tersebut dikomunikasikan dengan teman sejawat
dan kepala sekolah, maka kita mendapat dukungan dan merasa keputusan itu
lebih mantap dan yakin sudah berpihak pada murid |
|
o Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu masih
perlu dikembangkan atau perlu dievaluasi dari proses pengambilan keputusan
tersebut? |
Yang perlu dikembangkan adalah melakukan observasi
dan menganalisis dampak keputusan yang diambil sehingga ini bisa menjadi
refleksi dalam pengambilan keputusan
berikutnya |
|
b.Rancangan program
yang berdampak pada murid (30’) Diskusi rancangan program yang berdampak pada murid,
dapat diawali dengan menanyakan rancangan program yang sudah ada di sekolah.
Lakukan reviu bersama CGP, apakah rancangan di sekolah sudah berpihak kepada
murid?, berdasarkan diskusi awal ini menjadi dasar untuk PP untuk melanjutkan
diskusi pada tahap berikutnya. Untuk lebih meningkatkan penglaman CGP, ajaklah CGP
berdiskusi terkait rancangan program yang berdampak pada murid dengan
mengacukan pertanyaan pematik berikut ini: |
|
|
o
Apakah Bapak/Ibu sudah membuat rancangan program yang
berdampak pada murid? |
Sudah pak |
|
o
Apa bentuk program yang sudah Bapak/Ibu rancang? |
Program pengembangan ekstrakurikuler pilihan
disekolah yang akan dilaksanakan sesuai dengan minat siswa |
|
o
Dukungan apa saja yang Bapak/Ibu perlukan untuk menerapkan
program yang sudah dibuat? |
Dukungan yang diperlukan adalah dukungan dari kepala sekolah, teman
sejawat dan murid pak. |
|
o
Apa yang menjadi tantangan Bapak/Ibu dalam melaksanakan
rancangan program yang sudah dibuat? |
Tantangannya adalah kami harus siap menghadirkan
pelatih yang sesuai dengan minat siswa tadi, yang nanti akan diikuti dengan
menyiapkan pembiayaannya |
|
o
Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk menghadapi tantangan
tersebut? |
Sudah berkonsultasi dengan kepala sekolah dan teman
sejawat, maka kami akan menggali dulu kemapuan guru yang ada disekolah yang
bisa menjadi pelatih, jika benar-benar tidak ada baru akan dipertimbangkan
mencari pelatih dari luar |
|
c.Perkembangan
komunitas praktisi (30’) |
|
|
o
Bapak/ Ibu sudah merintis komunitas praktisi di
lingkungan sekolah (dan sekitarnya, jika ada), bagaimana peran komunitas ini
terhadap proses belajar Bapak/ Ibu? |
Sudah pak, sangat membantu sekali karena komunitas
ini menjalin kerjasama saya sebagai wali kelas dengan wali murid tentang
kegiatan pembelajaran anak murid |
|
o
Apa saja perubahan menyenangkan yang Bapak/ Ibu alami
dari rekan di komunitas praktisi Bapak/ Ibu? |
Hubungan nya terjalin baik dimana kami memiliki
tujuan yang sama yaitu ingin menjadikan anak murid berhasil dalam hidupnya
kedepan |
|
o
Apa rencana yang akan dilakukan komunitas praktisi
Bapak/ Ibu setelah program ini selesai? |
Tetap akan dilanjutkan untuk mendiskusikan semua hal
untuk membuat anak murid berhasil |
|
o
Apa dukungan yang Bapak/ Ibu perlukan untuk komunitas
praktisi Bapak/ Ibu agar bisa terus belajar bersama? |
Dukungan kerjasama yang baik dari wali murid dan
dukungan penguatan dari kepala sekolah |
|
d.
Dialog Pasca-Observasi Pembelajaran (70’) Diakhir PI 4, CGP sudah ditugaskan untuk membimbing
satu orang rekan sejawat dalam penyusunan RPP dan juga melakukan observasi
pembelajaran ke kelas rekan sejawat. Pada PI 5 ini, PP mengarahkan CGP untuk: |
|
|
o
Menyampaikan tujuan percakapan dan hasil analisis data
observasi pembelajaran ke rekan sejawat. |
|
|
o
Melakukan percakapan umpan balik. Dalam percakapan CGP
menemukan area pengembangan dan perbaikan diri yang hendak dilakukan kepada
rekan sejawat. Catat hasil umpan balik pada Catatan Percakapan Pasca
Observasi Kelas (format ambil di modul 2.3 pada bagian aksi nyata). |
|
|
o
Percakapan perencanaan area pengembangan |
|
|
o
Rencana aksi pengembangan diri. Hasil perencanaan aksi
pengembangan diri rekan sejawat dicatat pada Lembar Rencana Pengembangan Diri
(format ambil di modul 2.3 pada bagian aksi nyata). |
|
3 |
Bagian Akhir Pendampingan (10’) |
|
|
a.
Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini: |
|
|
o
Setelah Bapak/ Ibu menjalani program PGP ini apa hal
yang menurut Bapak/ Ibu paling Bapak/Ibu kuasai dari materi-materi yang sudah
dipraktikkan? |
Yang paling dikuasai adalah ·
memahami 7 asset yang ada yaitu asset manusia,
social, politik, finansial, fisik lingkungan/alam, agama dan budaya ·
dapat memetakan asset tersebut dalam menentukan
program yang akan dilaksanakan
|
|
o
Materi apa yang Bapak/ Ibu rasakan masih membingungkan
dan ingin dipelajari lebih dalam? |
Materi tentang berpikir berbasis kekurangan, apakah
kekurangan juga merupakan asset? |
|
b.
Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik
yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. |
|
|
c.
Mengingat CGP untuk menyebarkan, mengumpulkan dan mengimput survei
tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360). Kegiatan ini sudah harus
dilakukan sebelum pelaksanaan PI 6. Yang harus dilakukan CGP: |
|
|
o
Menyebarkan kuesioner survey feedback 3600 sesuai peran
dan jenjang yang diampu oleh CGP dengan responden Kepala sekolah, rekan guru
(5 orang), dan perwakilan murid CGP (5 orang) |
|
|
o
CGP mengisi self evaluation |
|
|
d.
Mengingatkan CGP untuk melakuan diskusi terkait Pemetaan Aset
(pelaksanaan sebelum PI 6 dilakukan), adapun hal-hal yang harus dilakukan
CGP: |
|
|
o
Menentukan jadwal diskusi Pemetaan aset dengan Kepala
Sekolah |
|
|
o
Mengundang aktor (Kepala sekolah, rekan guru, murid,
orang tua, tokoh setempat dan perwakilan gender) yang terlibat dalam diskusi |
|
|
o
Membuat notulen hasil diskusi |
|
|
o
Mengambil foto kegiatan |
|
|
o
Mengumpulkan hasil pemetaan |
|
Nam CGP |
: |
DWI SUSANTI |
Pendampingan
individu |
: |
6 (ENAM) |
Asal Sekolah |
|
Bengkulu Utara |
Nama PP |
: |
EDY SUSILO |
Hari/tanggal |
: |
9-5-2023 |
Tema
Pendampingan |
: |
Refleksi
perubahan diri dan dampak pendidikan |
Fokus
Pendampingan |
: |
v
Persiapan panen
hasil belajar v
Pengumpulan
survei umpan balik dan refleksi hasil survei tentang kompetensi guru
penggerak (feedback 360) v
Refleksi
perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan
dampak pada diri guru dan murid yang terjadi v
Penilaian
pemetaan aset; diskusi apakah tujuan program sudah dikomunikasikan ke warga
sekolah |
NO |
AKTIFITAS PP |
AKTFITAS CGP |
1 |
Bagian Awal Pendampingan (10’) |
|
|
a.
Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP memastikan CGP
memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan. |
|
|
b.
Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah
berjalan selama satu bulan terakhir, menanyakan rencana tindak lanjut dari
pendampingan sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama
satu bulan terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan Pembelajaran Daring) |
Banyak
hal yang sudah kami kerjakan pak selama saru bulan terkahir. Yang pertama
adalah kami harus menyelesaikan tugas-tugas di LMS pak. Setelah itu kami
melakukan aksi nyata pada modul 3.2. pak menganalisis tentang asset yang ada
disekolah, setelah itu pada tanggal 3 Juni kemarin kami melakukan LOKA KARYA
6 pak yang dilaksanakan di SKB dan pada LOKA KARYA tersebut kami membahas
tentang sebuah program yang berdampak Positi bagi anak. Kami di Bagi menjadi
beberapa kelompok untuk membahas tentang tahapan BAGJA dari program yang kami
buat pada Demonstrasi Kontekstual, dinama yang kami bahas pada bagian B (Buat
pertanyaan) A (ambil pelajaran) dan
tugas individu pada bagian G
(Gali mimpi). |
|
c.
Apresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon
Guru Penggerak, termasuk hal baik yang dilihat selama observasi |
|
2 |
Bagian Inti Pendampingan (160’) |
|
|
a.Refleksi hasil survei (feedback 360)
(40’) v Berdasarkan
hasil feedback 3600 apa yang dari kurang baik/ perlu
ditingkatkan menurut responden terhadap kompetensi bapak/Ibu?
Jelaskan menurut masing-masing responden (kepala sekolah, rekan sejawat, dan
murid) |
Dari
kepala sekolah umpan balik yang saya dapatlkan agar saya menggali potensi dan
mencari pengetahuan baru agar ilmu tersebut dapat saya terapka disekolah. Dari
rekan sejawat umpan balik yang saya dapatkan adalah bagaimana saya
mengembangkan ilmu yang saya dapatkan dan menerapkan nya didalam kelas
sehingga tercipta nya pembelajaran yang berpihak pada murid. Dari
Murid umpan balik yang saya dapatkan adalah saya sebagai seorang guru harus
mempu untuk mempersipkan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan mereka. |
|
v Apa rencana
Bapak/Ibu ke depannya untuk dilakukan mengenai kompetensi guru penggerak yang
harus Bapak/Ibu miliki?
|
Menerapkan
ilmu yang saya dapatkan di program guru penggerak disekolah |
|
v Siapa saja
yang akan Bapak/Ibu libatkan untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak
yang harus Bapak/Ibu miliki |
Semua
warga sekolah tentu saja akan saya libatkan untuk meningkatkan Kompetensi
guru penggerak pak, tertutama Kepala Sekolah karena Kepala Sekolah adalah
Manager disekolah dimana setaiap keputusan yang akan kita ambil harus kita
diskusi dan harus persetujuan Kepala Sekolah. Selain tentu saja rekan Sejawat
tertutama untuk melaksanakan program yang sudah saya rancang yaitu ENGLISH
CLUB. |
|
b.Perubahan dalam pembelajaran (30’) |
|
|
v Setelah Bapak/
Ibu menjalani 6 bulan pendidikan guru penggerak, perubahan apa yang Bapak/
Ibu rasakan yang berkaitan dengan kompetensi Bapak/ Ibu sebagai guru? |
Banyak
sekali perubahan yang saya alami pak, tertutama dalam mengajar didalam kelas
pak dimana saja sudah mulai mencoba untuk membuat atau membangun kelas yang
berpusat pada anak dimana anak saya berusaha agar anak bisa mengelurakan
ide-ide atau meencari sumber-sumber yang mereka butuhkan, selain itu juga
saya akan berusaha untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi dimana anak
diberikan materi sesuai dengan kebutuhan mereka. |
|
v Berdasarkan
yang Bapak/ Ibu alami, perubahan apa saja yang terjadi pada diri murid Bapak/
Ibu setelah Bapak/ Ibu menjalani program 6 bulan ini?
|
Yang
saya lihat murid saya lebih bersemangat dalam belajar mungkin yang dulu nya
saya menjadi sumber belajar bagi mereka berlahan-lahan saya meminta mereka
untuk mencari sumber belajar mereka sendiri. Dan saya berusaha untuk ,mereka
mengeluarkan ide-ide atau pendapat tentang apa yang mereka inginkan dalam
proses belajar mengajar.
|
|
v Apa saja hal
yang membuat perjalanan 6 bulan ini cukup memuaskan?
|
Perjalanan
yang cukup memuaskan selama perjalanan 6 bulan terkahir adalah ketika saya
biasa menerapkan ilmu yang saya dapatkan dari program guru peggerak ini. |
|
v Apa saja hal
yang membuat perjalanan 6 bulan ini menjadi cukup menantang bagi Bapak/Ibu? |
Yang
menantang adalah dimana kami harus berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan
tuga-tugas diLMS dengan tepat waktu disela-sela tugas kami seorang guru dan
harus mengurus pekerjaan rumah, umtuk materi yang paling menantang adalah
bagaimana memetakan asset yang ada disekolah, dimana kita mengelolah asset
yang ada disekolah agar berdampak positif dan bermanfaat bagi murid .
|
|
c.
Penilaian pemetaan aset (60’) |
|
|
v Siapa saja
aktor yang terlibat saat proses pemetaan aset? |
Aktor
yang saya libatkan adalalah kepala sekolah, rekan guru, tokoh masyarakat,
murid dan wali murid |
|
v Bagaimana proses
Bapak/Ibu dalam menemukan/mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekolah? |
Dengan
cara berdiskusi dengan warga seperti sekolah kepala sekolah, rekan guru,
tokoh masyarakat, murid dan wali murid tentang apa saja asset yang ada
disekolah setelah itu kami memetakan
strategi untuk pemanfaatan asset yang dimiliki oleh sekolah |
|
v Apa saja
kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat melakukan identifikasi
sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu mengatasinya? |
Kendala
yang saya hadapi adalah ketika kami harus memetakan pemanfaatan asset yang
ada disekolah agar asset yang kami milki berdampak postif baagi anak. |
|
v Bagaimana
perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi sumber daya sekolah? |
Perasaan
saya tentu saja sangat senang pak karena telah mengidentifikasi sumber daya
sekolah atau asset yang ada disekolah |
|
v Apa
pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya sekolah? |
Yang
menjadi pertimbangan dalam menentukan sumber daya sekolah adalah tentu saja
potensi yang dimiliki oleh sekolah dimana seperti yang kita ketahui bahwa
setiap sekolah memilki asset yang bisa dimanfaatkan dan kita harus melihat
asset yang ada disekolah kita merupakan sebuah kekuatan. |
|
v Apakah
terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya sekolah yang belum
Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung?
|
Belum
ada pak |
|
Selain
berdiskusi dengan CGP, lakukan juga wawancara ke perwakilan aktor yang
terlibat untuk mengecek kesepahaman akan tujuan pemetaan dan proses yang terjadi,
dengan menggunakan pertanyaan pematik berikut ini: |
|
|
v Bagaimana
proses Bapak/Ibu dalam menemukan/mengidentifikasi sumber daya yang ada di
sekolah? |
Dengan
cara berdiskusi dengan Kepala sekolah, rekan guru yang lain tentang apa saja
asset yang ada disekolah setelah itu kami memetakan strategi untuk pemanfaatan asset yang
dimiliki oleh sekolah |
|
v Apa saja
kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat melakukan identifikasi
sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu mengatasinya? |
Kendala
yang saya hadapi adalah ketika kami harus memetakan pemanfaatan asset yang
ada disekolah agar asset yang kami milki berdampak postif baagi anak. |
|
v Bagaimana
perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi sumber daya sekolah? |
Perasaan
saya tentu saja sangat senang kami disekolah sudah menemukan asset apa saja
yang dimiliki disekolah. |
|
v Apa
pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya sekolah? |
Yang
menjadi pertimbangan adalah bagaimana memanfaatkan asset yang kami miliki
agar bisa berdampak positif bagi anak. |
|
v Apakah
terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya sekolah yang belum
Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung? |
Belum
ada pak |
|
d.
Persiapan panen hasil belajar (30’) o |
|
|
v Apa ide
Bapak/Ibu untuk persiapan panen hasil belajar pada Lokakarya 7? |
Kami
akan membuat Stan yang cantik pak dimana kami akan memamerkan tentang apa
saja yang telah kami dapatkan selama kami mengikuti pendididkan guru
penggerak. |
|
v Apa yang akan
Bapak/Ibu pamerkan pada saat penen hasil belajar? |
Yang
akan kami pamerkan adalah hasil karya atau produk-produk yang hasilkan selama
kami mengikuti program guru penggerak. |
|
Disamping
itu, untuk CGP yang terpilih sebagai penyaji dalam kelas berbagi, menyiapkan: |
|
|
v Materi yang
akan dibagikan kesepeserta panen belajar (rambu-rambu penyajian dilihat pada
lampiran Lokakarya 7). |
Saya
akan membuat materi tentang materi yang kami dapat kan ketika mengikuti program
guru penggerak |
|
v PPT/bahan tayang
yang akan dipaparkan saat kelas berbagi
|
PPT
tentang perjalan dan materi selama mengikuti guru penggerak. |
3 |
Bagian
Akhir Pendampingan (10’) |
|
|
a.
Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah
berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. |
|
|
b.
Mendorong untuk terus memetakan sumber daya dalam
melakukan perubahan dan perbaikan pembelajaran. |
|
|
c.
Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang
perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi
di LMS. |
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar