KISI-KISI PENULISAN SOAL
KISI-KISI PENULISAN SOAL
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SMTR : IV-VI
JUMLAH SOAL : 10
BENTUK SOAL :Pilihan
Ganda
KURIKULUM ACUAN : SD BENGKULU
NO
|
SK/KD
|
BAHAN
KLS/SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
|
1
|
1.Memahami
hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta
pemeliharaannya
1.2.Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka
Tubuh
|
Kls IV/I
|
Organ Tubuh
|
Disajikan gambar manusia,siswa dapat
menemutunjukkan sikap tubuh yang benar dalam:
- duduk
- berdiri
- tidur
|
1
|
|
2
|
3.Menggolongkan hewan berdasarkan Jenis
makanannya
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis
makanannya
|
Kls IV/I
|
Penggolongan
Makluk hidup
|
Disajikan tabel anak dapat menggolongkan jenis makanan hewan
-herbivora
-karnivora
-omnivora
|
2
|
|
3
|
1.Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
1.3 Mengidentifikasi organ
pencernaan manusia dan
hubungannnya dengan makanan dan
kesehatan
|
Kls V/I
|
Sistem pencernaan
manusia
|
Siswa dapat mengidentifikasi
penyakit yang terdapat pada sistem pencernaan manusia
@Disajikan gambar
lambung,siswa dapat mengidentifikasikan fungsi lambung.
|
3
3
|
|
4
|
3.Mengidentifikasi cara makluk hidup
menyesuaiakan diri
dengan lingkungannya
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian
diri hewan dengan
lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
|
Kls V/I
|
Penyesuaian
diri hewan dalam memperoleh maknan
|
1.
Disajikan gambar paruh burung, siswa dapat mengidentifikasi
jenis makanannya
2.
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan
tertentu
3.
Disajikan gambar kaki hewan tertentu, siswa dapat
menentukan bentuk penyesuaian diri
|
4
5
6
|
|
5
|
1.
Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
1.1
Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
Kls V/I
|
Cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
Siswa dapat menyebutkan
bahan yang diperlukan dalam proses fotosintesis
|
7
|
|
6
|
1. Memahami
hubungan antara cirri-ciri makhluk hidup dengan lungkungan tempat hidupnya
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara cirri-ciri
khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak,
bebek) dan lingkungan hidupnya
|
Kls VI /I
|
Ciri khusus yang
dimilik hewan
|
Siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
|
8
|
|
7
|
5.Memahami saling hubungan antara suhu, sifat
hantaran dan
kegunaan benda
5.1 Membandingkan sifat kemampuan
menghantarkan panas dari berbagai benda
|
Kls VI /I
|
Menentukan jenis
perpindahan panas
|
Disajikan suatu
pernyataan tentang perpindahan panas, siswa dapat menentukan cara
perpindahan panas
|
9
|
|
8
|
9.Memahami matahari sebagai pusat tata surya
dan interaksi bumi
dalam tata surya
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi dan
revolusi bumi dan revolusi bulan
|
Kls VI/II
|
Gerak bumi dan bulan
|
Siswa dapat
menjelaskan dampak rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan bagi
bumi
|
10
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar