KISI-KISI
UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
1. BAHASA INDONESIA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca
Membaca
berbagai teks
nonsastra
berupa teks
sederhana,
laporan,
pengumuman,
petunjuk
pemakaian,
ringkasan,
makna kata,
dan rubrik
khusus, serta
berbagai karya
sastra berupa
puisi,
dongeng,
cerita anak,
|
Disajikan teks
bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
•
menjawab
pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa,
bagaimana,
atau mengapa)
•
membuat
kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf
•
menentukan
ide pokok salah satu paragraf
•
menentukan
kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
Disajikan
petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan
penggunaan
obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan
petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak,
siswa dapat
mengurutkan dengan susunan yang tepat.
Disajikan
rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat
menentukan
kalimat saran dengan tepat.
Disajikan
cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan
isinya.
Disajikan teks
drama, siswa dapat:
•
menentukan
tokoh utama
•
menentukan
latar
•
menentukan
amanatnya.
Disajikan
paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat
menentukan
kalimat utamanya.
Disajikan teks
percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat:
•
menyusun
pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
•
mengartikan
salah satu kata sulit dalam kalimat.
•
Menentukan
antonim salah satu kata yang terdapat di dalam
paragraf.
Siswa dapat
menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi
yang
disajikan.
Siswa dapat
menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang
disajikan.
Disajikan
pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung di
dalamnya.
Disajikan dua
teks, siswa dapat menentukan persamaannya
Disajikan
jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai
jurusan, siswa
dapat:
•
membuat
pernyataan sesuai dengan isi jadwal
•
menentukan
kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan
tujuan
Disajikan
puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang
terkandung di
dalamnya.
1. Membaca
Membaca
berbagai teks
nonsastra
berupa teks
sederhana,
laporan,
pengumuman,
petunjuk
pemakaian,
ringkasan,
makna kata,
dan rubrik
khusus, serta
berbagai karya
sastra berupa
puisi,
dongeng,
cerita anak, dan
drama anak.
Disajikan
cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat:
•
menentukan
isinya
•
memperbaiki
kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan
percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat
menentukan
topiknya.
Disajikan teks
satu paragraf, siswa dapat:
•
menentukan
ringkasannya
•
menentukan
temanya
•
menentukan
pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks
puisi pendek, siswa dapat:
•
menentukan
pernyataan sesuai dengan isi puisi
• menentukan
makna kata pada puisi yang disajikan
|
2.
|
Menulis
Mengungkapkan
pikiran,
perasaan, dan
informasi
dalam bentuk
karangan
sederhana,
petunjuk
pemakaian,
surat,
pengumuman,
dialog,
formulir, teks
pidato,
laporan, dan
ringkasan
dengan
menggunakan ejaan
dan pilihan
kata yang tepat;
menulis berbagai
karya
sastra untuk
anak berbentuk
cerita, puisi,
parafrase, dan cerita, puisi,
pantun
|
Disajikan
petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa
dapat
mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang
runtut.
•
Disajikan
empat kalimat yang disusun secara acak, siswa
dapat
mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
•
Disajikan
dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan
dengan kata
hubung yang tepat.
•
Disajikan
kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan
kata hubung
yang tepat penulisan.
Disajikan
surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap,
siswa dapat
melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
Siswa dapat
menentukan tanda baca pada kalimat surat yang
disajikan.
Disajikan
cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa
dapat
melengkapi dengan pilihan kata yang tepat.
Disajikan
dialog antara dua atau tiga orang yang belum
lengkap, siswa
dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan
formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi
formulir
sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
Disajikan teks
pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
•
melengkapi
dengan kalimat ajakan yang tepat
•
memperbaiki
kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan
surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang
tidak tepat,
siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang
sesuai orang
yang dituju.
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan
yang salah.
Disajikan
laporan yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya
dengan kalimat yang tepat.
Disajikan
sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat
melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
Disajikan
gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah
paragraf yang
sesuai dengan maksud gambar
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat yang
tepat.
|
2. MATEMATIKA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Memahami
konsep dan operasi
hitung
bilangan bulat serta dapat
menggunakannya
dalam kehidupan
sehari-hari
|
Siswa dapat
menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan cacah
Siswa dapat
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan
operasi hitung campuran bilangan cacah
Siswa dapat
menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan
bulat
|
|
Memahami
konsep dan operasi
hitung
bilangan pecahan serta dapat
menggunakannya
dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Siswa dapat
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan
penjumlahan dan pengurangan pecahan
Siswa dapat
menentukan hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian
berbagai bentuk pecahan
Siswa dapat
menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan
dengan skala atau perbandingan
Siswa dapat
menentukan urutan berbagai bentuk pecahan
dari besar ke
kecil atau sebaliknya
|
|
Memahami dan
menggunakan
faktor dan
kelipatan dalam
pemecahan
masalah
|
Siswa dapat
menentukan KPK atau FPB dari dua
bilangan dalam
bentuk faktorisasinya
Siswa dapat
menentukan FPB atau KPK dari tiga buah
bilangan
dua-angka
Siswa dapat
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan KPK
Siswa dapat
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan FPB
|
|
Memahami
konsep dan operasi
hitung
bilangan berpangkat dan
penarikan akar
pangkat 2 atau 3
|
Siswa dapat
menentukan hasil operasi hitung
penjumlahan
atau pengurangan bilangan pangkat dua
Siswa dapat
menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari
suatu bilangan pangkat tiga
Siswa dapat
penyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan
penarikan akar pangkat tiga
|
2
|
Memahami
konsep ukuran waktu,
panjang,
berat, panjang, luas, debit,
volume, dan
konsep jarak dan
kecepatan
serta penggunaannya
dalam
pemecahan masalah.
|
Siswa dapat
menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan
satuan waktu atau satuan panjang yang
disajikan
dalam soal cerita sederhana.
Siswa dapat
menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan satuan
debit atau satuan volume.
Siswa dapat
menentukan penyelesaian masalah yang
berkaitan
dengan satuan berat atau satuan luas.
Siswa dapat
menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan
dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
|
3
|
Memahami
konsep, sifat dan unsurunsur
bangun datar, serta hubungan
antar bangun,
dan dapat
menggunakannya
dalam pemecahan
masalah
|
Siswa dapat
menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa
sifat-sifat bangun yang disajikan atau
sebaliknya.
Siswa dapat
menentukan hasil pencerminan dari gambar
suatu bangun
datar yang disajikan.
Siswa dapat
menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang
yang disajikan (titik sudut, sisi, atau
rusuk).
Siswa dapat
menentukan satu pasang bangun yang sama
dan sebangun
dari beberapa gambar yang disajikan.
Siswa dapat
menentukan jaring-jaring suatu bangun
ruang.
|
|
Memahami
konsep luas bangun datar
sederhana dan
menggunakannya
dalam
pemecahan masalah
|
Disajikan gambar
bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan
siswa dapat menghitung luasnya.
Siswa dapat
menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun
datar sederhana.
Siswa dapat
menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah
lingkaran).
|
|
Memahami
konsep volume bangun
ruang
sederhana dan
menggunakannya
dalam pemecahan
masalah
|
Siswa dapat
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volume
kubus atau balok.
Siswa dapat
menentukan volume prisma segitiga dari
suatu gambar
yang ukurannya diketahui.
Siswa dapat
menentukan volume tabung dari suatu
gambar tabung
yang ukurannya diketahui.
|
4
|
Memahami
konsep koordinat untuk
menentukan
letak benda dan
menggunakannya
dalam pemecahan masalah
|
Diberikan
beberapa titik pada bidang koordinat, siswa
dapat
menentukan koordinat salah satu titik.
|
5
|
Mamahami konsep pengumpulan
dan penyajian data serta
menerapkannya
dalam pemecahan
masalah
|
Siswa dapat
menentukan banyak data dari suatu gambar
diagram batang
yang disajikan (terbanyak, terendah
selisih).
Siswa dapat
menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang
disajikan (data dari persentase atau besar
sudut
tertentu).
Siswa dapat
menentukan diagram batang dari data yang
disajikan
dalam bentuk tabel.
Siswa dapat
menentukan salah satu unsur dari data yang
disajikan
dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
|
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan data
|
Siswa dapat
menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang
banyak data 6 – 10 data).
Siswa dapat
menentukan nilai rata-rata dari data
berbentuk
tabel (banyak data kurang dari 20 data).
Siswa dapat
menghitung nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk
diagram batang.
Siswa dapat
menentukan nilai median dari sekumpulan
data tunggal
yang disajikan.
Siswa dapat
menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita.
Siswa dapat
menentukan selisih nilai tertinggi dan
terendah dari
data yang disajikan.
|
3. ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI
NO.
|
KOMPETENS
|
INDIKATOR
|
1
|
Memahami
ciri-ciri dan
penggolongan
hewan dan tumbuhan,
manfaat
tumbuhan dan hewan bagi
manusia,
serta upaya pelestariannya.
|
Siswa dapat
menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan
tertentu
Disajikan
contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok,
siswa dapat menentukan dasar
pengelompokan
dari tumbuhan/hewan tersebut
Siswa dapat
menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan
manusia/lingkungan
Siswa dapat
menjelaskan tujuan pelestarian
hewan/tumbuhan
|
2
|
Memahami
perkembangbiakan
hewan dan
tumbuhan serta daur
hidup hewan
|
Disajikan
gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan
cara perkembangbiakannya
Siswa dapat
mengidentifikasi daur hidup hewan
|
3
|
Memahami
saling ketergantungan
antarmakhluk
hidup
|
Siswa dapat
menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup
(salah satu jenis simbiosis)
Siswa dapat
menentukan rantai makanan/peran makhluk
hidup dalam
komunitas/ekosistem tertentu
Siswa dapat
menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi
makhluk hidup
di sekitarnya.
|
4
|
Memahami
penyesuaian diri pada
makhluk hidup
serta peranan manusia
dalam
keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat
menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap
keseimbangan lingkungan
Siswa dapat
menjelaskan tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan
tertentu
|
5
|
Memahami
bagian tubuh manusia,
tumbuhan, dan
hewan, menjelaskan
fungsinya,
serta mampu
mengidentifikasi
kebutuhan tubuh
agar tumbuh
sehat.
|
Siswa dapat
menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan.
Disajikan
gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian
yang ditunjuk
Siswa dapat
menjelaskan proses yang terjadi pada salah
satu bagian
alat pernafasan.
Disajikan
gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan
proses yang dilakukan enzim/zat
pencernaan
yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
Siswa dapat
menentukan aliran darah pada salah satu
sistem
peredaran darah manusia berdasarkan gambar
Siswa dapat
menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan
gambar
Siswa dapat
menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan
tubuh manusia
Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan
fisik pada
manusia
Siswa dapat
menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis
penyakit pada
manusia
|
6
|
Memahami sifat
penyusun benda,
perubahan
bentuk benda dan
kegunaan,
serta pengaruh suhu
terhadap benda
dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan
ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan
jenis perubahan wujud zat yang terjadi
Siswa dapat
menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan
tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar
benda tertentu
Disajikan
ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan
pengaruh suhu terhadap benda pada
kegiatan
tersebut
Siswa dapat
menjelaskan perpindahan kalor yang terjadi
pada suatu
kegiatan/peristiwa
|
7
|
Memahami
hubungan antara gaya,
gerak, energi
dan perubahannya, serta
manfaatnya
dalam kehidupan seharihari.
|
Disajikan
gambar kegiatan tertentu, siswa dapat
menentukan
jenis gaya yang dimanfaatkan
Disajikan
pernyataan/gambar, siswa dapat
mengidentifikasi
gaya dapat mengubah
gerak/bentuk/arah
suatu benda
Disajikan gambar/ilustrasi
suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan
jenis pesawat sederhana yang sesuai
digunakan.
Disajikan
gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber bunyi
dari alat tersebut
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat cahaya
dari gambar/pernyataan tersebut
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan
energi yang terjadi
Siswa dapat
menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan
sehari-hari.
Disajikan
gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan
lampu yang menyala/padam jika salah satu
saklar
diputus/disambung
|
8
|
Mendeskripsikan
berbagai jenis
sumber daya
alam, perubahan yang
terjadi dalam
pengunaannya, serta
dampaknya bagi
kehidupan.
|
Siswa dapat
mengidentifikasi jenis-jenis tanah
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
manfaat salah
satu jenis sumber daya alam
Siswa dapat
menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat
mengubah permukaan bumi (pertanian,
perkotaan,
dsb)
Siswa dapat
mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang dapat
diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
|
9
|
Memahami
sistem tata surya bagi
kehidupan
|
Menentukan
nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
Siswa dapat
menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap
kehidupan di bumi
Siswa dapat
mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana
matahari/bulan
atau menjelaskan terjadinya gerhana
matahari/bulan.
Siswa dapat
menjelaskan dasar perhitungan tahun
masehi/tahun
hijriah
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar