SKL PENDIDIKAN PANCASILA DAN
KEWARGANEGARAAN
DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
|
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Jln. Prof. M. Yamin , SH No. Telp. (0737)
521036. Fax. (0737) 521036
ARGA MAKMUR

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) SD
TAHUN 2012/2013
A.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SD/MI
Mata Pelajaran : IlmuPengetahuanSosial
Standar Kompetensi
|
KompetensiDasar
|
Indikator
|
Memahamisejarah, kenampakanalam, dankeragamansukubangsa di
lingkungankabupaten/kotadanprovinsi
|
Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota,
provinsi) dengan menggunakan skala sederhana
|
·
Disajikan gambar
peta Propinsi Bengkulu anak dapat menemutunjukkan letak satu Kabupaten di
Propinsi Bengkulu
|
Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya
|
· Mengidentifikasi makna simbol-simbol (legenda)
yang terdapat dalam peta lingkungan setempat
|
|
Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya
untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
|
· Memberikan contoh cara melestarikan sumber daya
alam yang ada dilingkungan setempat
|
|
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya
setempat (kabupaten/kota, provinsi)
|
· Mengidentifikasikan keragaman suku bangsa dan
budaya setempat (Kab/Kota, Prov)
|
|
Menghargai berbagai peninggalan sejarah di
lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya
|
· Mengidentifikasi jenis-jenis peninggalan sejarah
dilingkungan setempat (kab/kota, propinsi)
|
|
Meneladani kepahlawanan dan patriotisme
tokoh-tokoh di lingkungannya
|
· Menunjukkan sikap meneladani kepahlawanan dan
patriotisme totkoh-tokoh dilingkungan setempat
|
|
Mengenalsumberdayaalam,
kegiatanekonomi, dankemajuanteknologi di lingkungankabupaten/kotadanprovinsi
|
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan
potensi lain di daerahnya
|
·
Mengidentifikasi sumber-sumber daya alam yang ada kaitannya dengan
kegiatan ekonomi dilingkungan setempat
|
Mengenal pentingnya koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat
|
·
Mengidentifikasi jenis-jenis koperasi
|
|
Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman
menggunakannya
|
·
Membandingkan jenis-jenis teknologi transportasi masa lalu dan masa kini
·
Mengindentifikasi
jenis teknologi komunikasi masa lalu
·
Mengindentifikasi
jenis teknologi transportasi masa kini
|
|
|
Mengenal permasalahansosial
di daerahnya
|
· Menjelaskan akibat yang ditimbulkan permasalahan
sosial didaerah setempat
|
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasionalpadamasahindu, budhadanislam,
keragamankenampakanalamdansukubangsa, sertakegiatanekonomi di indonesia
|
Mengenalmaknapeninggalan-peninggalansejarah
yang berskalanasionaldarimasa Hindu, Budhadan Islam di Indonesia
|
· Disajikan
tabel peninggalan sejarah anak dapat
menentukan sejarah yang bercorak Hindu di Indonesia.
|
· Disajikan
tabel peninggalan sejarah anak dapat
menentukan sejarah yang bercorak Budha di Indonesia
|
||
· Disajikan
tabel peninggalan sejarah anak dapat
menentukan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia
|
||
Menceritakantokoh-tokohsejarahpadamasa
Hindu, Budhadan Islam di Indonesia
|
· Memberi
contoh tokoh sejarah pada masa Islam di Indonesia
|
|
Mengenalkeragamankenampakanalamdanbuatansertapembagianwilayahwaktu
di Indonesia denganmenggunakanpeta/ atlas/globe dan media lainnya
|
· Anak dapat
menemutunjukkan kenampakan alam di Indonesia
|
|
· Mengenali perbedaan waktu untuk masing-masing daerah sesuai dengan
pembagian waktu WIB, WITA dan WIT
|
||
Menghargaikeragamansukubangsadanbudaya
di Indonesia
|
· Mengidentifikasi keragaman suku yang terdapat di Indonesia
|
|
· Mengidentifikasi keragaman budaya yang terdapat di Indonesia
|
||
Mengenaljenis-jenisusahadankegiatanekonomi
di Indonesia
|
· Contoh jenis usaha perekonomian dalam masyarakat
|
|
· Memberi contoh kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi di Indonesia
|
||
Menghargaiperanantokohpejuangdanmasyarakatdalammempersiapkandanmempertahankankemerdekaan
Indonesia
|
MendeskripsikanperjuanganparatokohpejuangpadamasapenjajahanBelandadanJepang
|
· Tujuan kedatangan Belanda di Indonesia
|
· Akibat pengerahan tenaga Romusha oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
|
||
|
Menghargaijasadanperanantokohperjuangandalammempersiapkankemerdekaan
Indonesia
|
· Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
|
Menghargaijasadanperanantokohperjuangandalammemproklamasikankemerdekaan
|
· Contoh peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di sekitar proklamasi dan saat
proklamasi
|
|
Menghargaiperjuanganparatokohdalammempertahankankemerdekaan
|
· Contoh peranan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan misal Ir. Soekarno, Dr.
Moch. Hatta, Sultan HB. IX, Sudirman, Bung Tomo
|
|
Memahamiperkembanganwilayah
Indonesia, kenampakanalamdankeadaansosialnegara-negara di Asia Tenggara,
sertabenua-benua
|
Mendeskripsikanperkembangansistemadministrasiwilayah
Indonesia
|
· Menemutunjukkan pada peta wilayah administrasi Indonesia
|
Membandingkankenampakanalamdankeadaansosialnegara-negaratetangga
|
· Mengidentifikasikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam
negara-negara tetangga
|
||
· Contoh perubahan cuaca atau iklim dan dampaknya bagi keadaan negara-negara
tetangga
|
||
· Membandingkan ciri-ciri gejala alam dan sosial
Indonesia dengan negara-negara tetangga
|
||
Mengidentifikasibenua-benua
|
· Menunjukkan pada peta letak dan nama-nama benua
yang ada di dunia
|
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri utama kenampakan alam
pada masing-masing benua
|
||
· Menceritakan perkembangan yang terjadi pada benua
Asia, Australia, Amerika, Eropa, Afrika (pada benua di dunia)
|
||
· Menceritakan negara-negara terkenal di benua Asia
· Menunjukkan pada peta negara-negara di benua Asia
|
||
· Menunjukkan pada peta negara-negara di benua
Australia
|
||
· Menunjukkan pada peta negara-negara di benua
Amerika
|
||
· Menunjukkan pada peta negara-negara di benua
Afrika
|
||
· Menunjukkan pada peta negara-negara di benua
Eropa
· Menyebutkan negara-negara terkenal di benua Eropa
|
||
Memahamigejalaalam yang terjadi di Indonesia
dansekitarnya
|
2.1
Mendeskripsikangejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia
dannegaratetangga
|
· Menemutunjukkan pada peta letak dan nama
negara-negara tetangga Indonesia
|
· Menyebutkan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia
|
||
2.2
Mengenalcara-caramenghadapibencanaalam
|
· Menyebutkan jenis bencana alam di Indonesia dan faktor penyebabnya
|
|
· Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam
|
||
Memahamiperananbangsa Indonesia di era global
|
3.1
Menjelaskanperanan Indonesia pada era global
dandampakpositifsertanegatifnyaterhadapkehidupanbangsa Indonesia
|
· Mengidentifikasi bukti-butki adanya globalisasi
di lingkungan masyarakat
· Membuat daftar perubahan perilaku masyarakat
setempat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya hidup, makanan, pakaian,
komunikasi, perjalanan, nilai-nilai dan tradisi
|
· Menjelaskan peranan Indonesia pada era global
|
||
· Menjelaskan dampak positif serta negatif dampak
globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia
|
||
3.2
Mengenalmanfaatekspordanimpor di Indonesia sebagaikegiatanekonomiantarbangsa
|
· Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran
barang dan jasa antara Indonesia dan luar negeri
|
|
Memahamigejalaalam yang terjadi di Indonesia
dansekitarnya
|
2.2
Mengenalcara-caramenghadapibencanaalam
|
· Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam
|
B.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SD/MI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn).
Standar Kompetensi
|
KompetensiDasar
|
Indikator
|
Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan
|
Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan
pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan
|
o
Menjelaskan lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan
kecamatan
|
Menggambarkan struktur organisasi desa dan
pemerintah kecamatan
|
o
Disajikangambarstrukturorganisasidesasiswadapatmenentukanperangkat-perangkatdesa
|
|
Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan
provinsi
|
Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan
pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi
|
o
Menjelaskan lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten / kota
|
Menggambarkan struktur organisasi kabupaten,
kota, dan provinsi
|
o
Menjelaskan tugas dan fungsi perangkat daerah
|
|
Mengenalsistempemerintahantingkatpusat
|
Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan
pemerintahan tingkat pusat, seperti
MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK dll.
|
o
Menjelaskan tugas dan fungsi lembaga legeslatif, eksekutif dan yudikatif
|
Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat
pusat, seperti Presiden, Wakil Presiden dan para Menteri
|
o
Menjelaskan hubungan antar lembaga negara
o
Menyebutkan tugas organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti
Presiden, Wakil Presiden dan para Menteri
|
|
Menunjukkansikapterhadapglobalisasi di lingkungannya
|
Memberikan
contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya
|
o
Disajikan tabel perubahan perilaku masyarakat setempat, siswa dapat
menjelaskan dampak globalisasi
|
Mengidentifikasijenisbudaya Indonesia yang
pernahditampilkandalammisikebudayaaninternasional
|
o
Memberikancontohjenisbudaya
Indonesia yang pernahditampilkandalammisikebudayaaninternasional
|
|
Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi
yang terjadi di lingkungannya
|
o
Mengidentifikasipengaruhglobalisasi
di lingkungannya
o
Memberikan contoh sikap yang siap
menghadapi globalisasi
|
|
Memahamipentingnyakeutuhan Negara KesatuanRepublik Indonesia (NKRI)
|
Mendeskripsikan Negara KesatuanRepublik Indonesia
|
o
MenjelaskanartiNegara
KesatuanRepublik Indonesia
|
|
Menjelaskanpentingnyakeutuhan
Negara KesatuanRepublik Indonesia
|
o
Menyebutkankeragamansukubangsa
yang ada di Indonesia
o
Menunjukkanbatas
– bataswilayah NKRI
|
Menunjukkancontoh-contohperilakudalammenjagakeutuhan Negara
KesatuanRepublik Indonesia
|
o
Membericontohtindakan
yang bisamenjagakeutuhan NKRI
|
|
Memahamiperaturanperundang-undangantingkatpusatdandaerah
|
Menjelaskanpengertiandanpentingnyaperaturanperundang-undangantingkatpusatdandaerah
|
o
Menyebutkantataurutanperundang
– undangan RI
|
Memberikancontohperaturanperundang-undangantingkatpusatdandaerah,
sepertipajak, anti korupsi, lalulintas, laranganmerokok
|
o
Memberikancontohperaturanperundang-undangantingkatpusatataudaerah
|
|
Memahamikebebasanberorganisasi
|
Mendeskripsikanpengertianorganisasi
|
o
Menjelaskanpengertianorganisasi
o
Menjelaskantujuanorganisasi
|
Menyebutkancontohorganisasi di lingkungansekolahdanmasyarakat
|
o
Memberikancontohorganisasi
di sekolahataumasyarakat
|
|
Menampilkanperansertadalammemilihorganisasi di sekolah
|
o
Menunjukkansikapkeaktifanberorganisasi
di sekolah
|
|
Menghargaikeputusanbersama
|
Mengenalbentuk-bentukkeputusanbersama
|
o
Menyebutkanbeberapahal
yang harusdiperhatikandalampengambilankeputusan
o
Menjelaskantatacarabermusyawarahdanmengambilkeputusan
o
Mengidentifikasiciri
– cirimusyawarah
|
Mematuhikeputusanbersama
|
o
Menyebutkanpentingnyamelaksanakankeputusanbersama
o
Menunjukkansikapmelaksanakankeputusanbersama
|
Menghargainilai-nilaijuangdalam proses perumusanPancasilasebagaiDasar
Negara
|
Mendeskripsikannilai-nilaijuangdalam proses
perumusanPancasilasebagaiDasar Negara
|
o Menjelaskan proses perumusandasarnegara
o Menjelaskanberdirinyabeberapaorganisasisosialpolitik
o Menyebutkanbeberapatokoh yang berperandalamperumusandasarnegara
o Menjelaskannilai – nilaiPancasila
|
Menceritakansecarasingkatnilaikebersamaandalam proses
perumusanPancasilasebagaiDasar Negara
|
o Menjelaskanpenerapannilaikebersamaandalamkehidupansehari – hari
o Menjelaskan proses perumusanPancasilasebagaiDasar Negara
o MembedakanPiagam Jakarta denganrumusanPancasila
|
|
Meneladaninilai-nilaijuangparatokoh yang berperandalam proses perumusanPancasilasebagaiDasar
Negara dalamkehidupansehari-hari
|
o Membericontohsikap yang meneladaninilaijuangparapahlawan
|
|
MemahamisistempemerintahanRepublik
Indonesia
|
Menjelaskan
proses PemiludanPilkada
|
o Menjelaskanmaksuddantujuanpemilu
o Menjelaskanmaksuddantujuanpilkada
|
Mendeskripsikanlembaga-lembaganegarasesuai UUD 1945 hasilamandemen
|
o Menyebutkanlembaga – lembaganegara yang ada di Indonesia
o Menjelaskantugas – tugaslembaganegara
o Menjelaskan proses pemilihananggotalembaganegara
|
|
Mendeskripsikantugasdanfungsipemerintahanpusatdandaerah
|
o
Menjelaskan arti pemerintah pusat atau daerah
o Menjelaskantugasdanfungsipemerintahpusatataudaerah
o Menceritakanhubunganpemerintahpusatataudaerah
|
|
Memahamiperan Indonesia dalamlingkungannegara-negara di Asia Tenggara
|
Menjelaskanpengertiankerjasamanegara-negara Asia Tenggara
|
o Menyebutkannegara – negara yang termasukkawasan Asia Tenggara
o Menjelaskanbentuk – bentukkerjasama yang dijalinolehnegara – negara di
Asia Tenggara
|
Memberikancontohperan Indonesia dalamlingkungannegara-negara di Asia
Tenggara
|
o Menjelaskanperan Indonesia dalamAsean
o Memberikancontohperan Indonesia dalamlingkungannegara-negara di Asia
Tenggara
|
|
Memahamiperananpolitikluarnegeri Indonesia dalam era globalisasi
|
Menjelaskanpolitikluarnegeri Indonesia yang bebasdanaktif
|
o Menjelaskanpentingnyapolitikluarnegeri yang bebasdanaktif
o Menjelaskantujuanpolitikluarnegeri yang bebasdanaktif
|
Memberikancontohperananpolitikluarnegeri Indonesia
dalampercaturaninternasional
|
o Menjelaskanperanan Indonesia dalampercaturaninternasional
o Membericontohperanan Indonesia dalampercaturaninternasional
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar