Kompetensi Dasar
Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah
Kompetensi Dasar
Sekolah Dasar (SD)/Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
Kompetensi Inti SD
adalah sebagai berikut:
|
KOMPETENSI INTI
KELAS I
DAN KELAS I
|
|
KOMPETENSI INTI
KELAS
III
|
1
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1
|
Menerima dan menjalankan
ajaran gama yang dianutnya
|
2
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
.
|
2
|
Memiliki perilaku jujur,
disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, tetangga,
dan guru
|
3
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
|
4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis,dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
berimandan berakhlak mulia. Kompetensi
|
|
KOMPETENSI INTI
KELAS IV
|
|
KOMPETENSI INTI
KELAS V DAN V
|
1
|
1. Menerima, menghargai,
dan
menjalankan ajaran agama yang
dianutnya .
|
1
|
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, tetangga, dan guru.
|
2
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta
tanah air
dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, tetangga, dan guru
|
3
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3
|
Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan
cara
mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta
menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain.
|
4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, logis, dansistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman
dan berakhlak mulia.
|
4
|
Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam
bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.Kompetensi
|
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata
pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi
Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan
ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta
didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik
peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata
pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi
bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan
berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi
esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten
yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang
diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme.
Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan
di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk
kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme
dan perenialisme.Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran
untuk setiap kelas yang
diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar
SD/MI untuk setiap mata pelajaran tercantum pada Lampiran 1A s.d. Lampiran 9
yang mencakup: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan, serta Daftar Tema dan Alokasi Waktunya.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar