Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 30 November 2015

RENCANA KERJA TAHUNAN

RENCANA KERJA TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN  2015-2016






RENCANA KERJA TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN  2015-2016

SD NEGERI NO 06 ARGAMAKMUR





Description: KAB





SD NEGERI 03 ARMA JAYA
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN ARGAMAKMUR,AIRBESI,ARMA JAYA DAN ENGGANO


LEMBAR PENGESAHAN

RENCANA KERJA TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2015-2016
SEKOLAH DASAR NEGERI   06 ARGAMAKMUR 
BENGKULU UTARA


                                                            ARGAMAKMUR,16 NOPEMBER 2015
Pengawas SD






KEMAT,S.Pd,M.Pd
NIP.
Kepala
SD Negeri 06 ARGAMAKMUR 




                EDY SUSILO,S.Pd.
NIP. 196907151993061001

Mengetahui,
Kepala UPTD Dikbud Cam Arga Makmur, Air Besi, Enggano dan Arma Jaya





.
NIP



KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehidhirat Allah AWT yang telah memberikan rahmat hidayah-Nya, sehingga buku Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) SD Negeri 06 ARGAMAKMUR    Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat terselesaikan tanpa halangan yang berarti.
Tujuan penyusunan Rencana Kerja Sekolah ini adalh sebagai acuan dalam rangka pelaksanaan didasarkan pada keefektifan  dan keefesienan pemanfaatan sarana prasarana, pendanaan, dan sumber daya yang ada.
Dapat dipahami bahwa keberhasilan pelaksanaan Rancana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) ini sepenuhnya tergantung dari kepala sekolah,guru, karyawan, orang tua/wali murid dan masyarakat di Sanehen dimana SD Negeri 06 ARGAMAKMUR  berada.
Penyusunan menyadari penuh bahwa apa yang tersaji dalam buku rencana Kerja Tahunan Sekolah ini masih banyak kekurangan-kekurangannya seperti kata pepatah ”Tiada gading yang tak retak” Oleh karena itu, kritik dan saran dari pembaca selalu diharapkan demi kesempurnaan buku ini.
Akhir kata, penyusun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan buku Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) ini, khususnya kepada stakeholder yang terlibat dan Pengawas Tk/SD yang telah membantu sekolah kami dalam hal pelatihan, bimbingan, pembinaan, dan pengarahan sepanjang penyusunan RKTS ini berlangsung. Semoga Allah SWT membalas budi baik kita semua, Amin.

                                                               ARGAMAKMUR,15 NOPEMBER 2015
  
         
                Penyusun



BAB 1
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Peningkatan kualitas sumber daya menusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan termasuk peningkatan kualitas pendidikan di SD Negeri 06 ARGAMAKMUR 
Sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, sekolah ini memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasaran, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan, dalam pendidikan, serta lain-lain.Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) agar sekolah memiliki rambu-rambu yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan program, implementasi, memonitoring dan evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur.
Rencana Kerja Tahunan SD Negeri  SD Negeri 06 ARGAMAKMUR  tahun 2015/2016 ini disusun bardasarkan :
1.        hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan RAPBS tahun 2013/2014
2.        pelaksanaan rencana program dan kegiatan RKS tahun 2011-2015
disesuaikan dengan Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Rencan Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS). Berkaitan dengan uraian di atas, maka RKTS ini memuat pendahuluan, profil, harapan program kerja tahunan sekolah, rencana anggaran sekolah, dan  penutup.

B.       Tujuan Penyusunan RKTS
Pada dasarnya tujuan penyusunan RKTS ini adalah :
1.        Membantu sekolah dalam membelanjakan anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.
2.        Membantu sekolah dalam merespon tuntutan partisipasi masyarakat, dan
3.        Membantu sekolah dalam meningkatkan ketrbukaan dan akuntabilitas.

C.       Manfaat RKTS
Manfaat RKTS ini dapat diuraikan sebagai berikut :
1.        Sebagai acuan bagi sekolah untuk mencapai terget-target peningkatan kualitan pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek.
2.        Dapat digunakan sebagai panduan bagi sekolah dalam memanfaatkan subssdi baik subsidi dari pemerintah maupun dari nanpemerintah.
3.        Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, dan
4.        Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

D.      Landasan Hukum
1. Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 (pengelolaan dan pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
2.  Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana verja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa  4 tahun.
3   Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Stándar Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa sekolah/madrasah membuat (1) Rencana Kerja Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan ingin dicapai dalam kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan dan (2) Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan anggaran sekolah/ Madrasah (RKAS) dilaksanakaan berdasarkan Rencana Kerja jangka menengah.





BAB II
PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH (RKTS)

Dalam menyusun program kerja tahunan sekolah ini meliputi dua kegitan, yaitu
1.        Merumuskan program sekolah yang dilakukan melalui empat langkah :
a.       menetapkan sasaran
b.      merumuskan program dan menetapkan penanggung jawab program
c.       menentukan indikator keberhasilan, dan 
d.      menentukan kegiatan, dan
2.        Menyusun jadwal kegiatan.
Berdasakan uraian di atas maka di bawah ini akan diuraikan tentang :
a.         Program Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) SD Negeri SD Negeri 06 ARGAMAKMUR  Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari sasaran, program, indikator, kegiatan dan penanggung jawab.
b.         Jadwal Kegiatan Rencana Kerja Tahunan Sekolah Tahun Pelajaran 2015/2016.

PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH (RKTS)
SD NEGERI 03 ARMA JAYA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

STANDAR
(S)
INDIKATOR
PROGRAM
KEGIATAN
STANDAR ISI
Cakupan Muatan Kurikulum dalam Pemenuhan Standar Isi
Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan Kurikulum/KTSP (pemenuhan standar isi)
Sekolah melaksanakan pengembangan kurikulum dengan melibatkan unsur guru, konselor, kepala sekolah, komite sekolah, dan nara sumber, dan pihak-pihak lain yang terkait.
Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan Kurikulum/KTSP (melibatkan unsur yang ada di sekolah)
Sekolah, mengembangkan kurikulum berdasarkan acuan pengembangan kurikulum dalam Standar Isi.
Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan Kurikulum/KTSP (berdasarkan acuan pengembangan kurikulum)
Kepemilikan silabus
Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan silabus pembelajaran
Komponen silabus
Pengembangan Kurikulum/KTSP
Bimbingan Teknis Penyusunan Silabus (komponen silabus)
Keterkaitan antar komponen dalam silabus
Pengembangan Kurikulum/KTSP
Bimbingan Teknis Penyusunan Silabus (keterkaitan antar komponen silabus)
Sekolah menerapkan beban belajar sesuai dengan Standar Isi
Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan kurikulum/KTSP (beban belajar)

Sekolah melakukan kegiatan pelayanan konseling yang diperuntukkan bagi semua peserta didik yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta.didik
Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan program BP/BK

Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler bagi semua peserta didik
Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan program ekstrakurikuler
STANDAR PROSES
Kegiatan untuk merencanakan pembelajaan
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis perencanaan pembelajaran

Sekolah melakukan Perencanaan Proses Pembelajaran Bermutu
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis perencanaan pembelajaran (pembelajatran bermutu)

Kepemilikan RPP
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis perencanaan pembelajaran (penyusunan RPP)

Ketersedian buku teks, buku panduan, sumber belajar lain
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis perencanaan pembelajaran (sumber belajar)

Pemanfaatan buku teks, buku panduan, sumber belajar lain
Pengembangan proses pembelajaran
Sosialisasi kepada peserta didik (pemanfaatan sumber belajar)

Pemenuhan persyaratan proses pelaksanaan pembelajaran
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan peralatan laboratorium dan alat peraga

Pengelolaan kelas
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis guru (pengelolaan kelas)

Kualitas Pembelajaran
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis guru (kualitas pembelajaran)

Pelaksanaan Pembelajaran Bermutu di Sekolah
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis guru (pembelajaran bermutu)

Kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP untuk pendahuluan
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis guru (penggunaan RPP)

Kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP untuk inti
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis guru (penggunaan RPP)

Kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP untuk penutup
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis guru (penggunaan RPP)

Sekolah melakukan kegiatan pelayanan konseling yang diperuntukkan bagi semua peserta didik yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta.didik
Pengembangan proses pembelajaran
Pembuatan program layanan BP/BK

Sekolah melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler bagi semua peserta didik sesuai dengan minat dan bakat dan kondisi sekolah
Pengembangan proses pembelajaran
Pembuatan program ekstrakurikuler

Pelaksanaan Pemantauan, Pengawasan, dan Evaluasi (persiapan, proses, penilaian)
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis kepala sekolah (pemantauan dan supervisi)

Tindak Lanjut
Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis guru (proses pembelajaran)
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Peserta didik memperoleh pengalaman belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab
Pengembangan kompetensi lulusan
Pembinaan peserta didik (karakter)

Jumlah peserta didik yang mampu belajar mandiri menggunakan berbagai sumber belajar
Pengembangan kompetensi lulusan
Pembinaan peserta didik (proses pembelajaran)

Sekolah memiliki prestasi yang ditunjukkan dengan tingkat  kelulusan dan rata-rata nilai US/UN yang tinggi
Pengembangan kompetensi lulusan
Pengayaan kepada peserta didik

Peserta didik memperoleh pengalaman belajar untuk mengenal pemanfaatan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
Pengembangan kompetensi lulusan
Pembelajaran di luar kelas (mengenal lingkungan)

Peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar dan aman
Pengembangan kompetensi lulusan
Pembinaan terhadap peserta didik tentang cara pemeliharaan kesehatan

Peserta didik memperoleh pengalaman belajar agar mampu menguasai pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
Pengembangan kompetensi lulusan
Mengadakan orientasi kepada peserta didik untuk melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi

Peserta didik memperoleh pengalaman dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan secara efektif dan santun
Pengembangan kompetensi lulusan
·      Pembuatan proposal pengajuan ruang perpustakaan
·      Pembinaan terhadap peserta didik cara meminjam buku dan mengembalikan buku perpustakaan

Peserta didik memperoleh pengalaman belajar untuk melaksanakan ajaran agama dan akhlak mulia
Pengembangan kompetensi lulusan
·      Santapan rohani bulanan
·      Shalat berjamaah
·      Menengok teman sakit

Peserta didik memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku yang baik setelah belajar akhlak mulia sesuai ajaran agama yang dianutnya
Pengembangan kompetensi lulusan
·      Membuat peraturan sekolah
·      Sosialisasi peraturan sekolah

Jumlah peserta didik yang mentaati aturan sekolah dan norma social
Pengembangan kompetensi lulusan
Membuat lembar pengamatan aturan sekolah

Peserta didik memperoleh pengalaman belajar iptek secara efektif.
Pengembangan kompetensi lulusan
·      Membeli peralatan multi media
·      Mengadakan karya wisata ke tempat IPTEK

Peserta didik memperoleh pengalaman belajar untukmengenali dan menganalisis gejala alam dan sosial.

Pengembangan kompetensi lulusan
Menambah alat peraga IPS dan IPA

Peserta didik memperoleh pengalaman mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.

Pengembangan kompetensi lulusan
Mengadakan pagelaran seni setiap tahun

Mengembangkan dan memelihara kebugaran jasmani serta pola hidup sehat
Pengembangan kompetensi lulusan
·      Senam pagi setiap minggu
·      Jumsih setiap minggu

Peserta didik memahami perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba
Pengembangan kompetensi lulusan
Sosialisasi terhadap peserta didik tentang perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba
STANDAR PTK

Guru mempunyai kualifikasi minimal
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Melanjutkan pendidikan ke guruan

Guru memiliki sertifikat kompetensi
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Mengikuti uji kompetensi guru

disiplin guru dalam kehadiran
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

disiplin guru dalam penyiapan dokumen RPP
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

guru menggunakan waktu secara bermanfaat
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

disiplin guru dalam kepatuhan pada aturan sekolah
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

keteladanan guru dalam berpikir
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

keteladanan guru dalam berbicara, bersikap dan bertindak
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

penguasaan materi pelajaran
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

penguasaan dan penerapan metode pembelajaran yang kreatif
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

mampu membangkitkan antusiasme peserta didik mengikuti proses belajar
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

mampu mendorong peserta didik untuk giat menyelesaikan tugas mandiri dan kelompok
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

mampu mendorong peserta didik utk memiliki inisiatif belajar mandiri dan kelompok
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam belajar
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

guru menggunakan sumber belajar yang bervariasi
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

guru melibatkan peserta didik dalam membuat rangkuman pembelajaran
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

guru berlaku adil dan terbuka dalam melakukan penilaian
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Guru

Kepala sekolah mempunyai kualifikasi pendidikan minimal
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Kepala sekolah

Tenaga administrasi mempunyai kualifikasi pendidikan minimal
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Melanjutkan pendidikan tenaga administrasi

Tenaga perpustakaan mempunyai kualifikasi pendidikan minimal
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Melanjutkan pendidikan tenaga perpustakaan

Sekolah mempunyai penjaga sekolah
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Memberi upah karyawan
STANDAR SARANA DAN PRASARANA

Satu sekolah dasar/madrasah (SD/MI) memiliki sarana dan prasarana yang dapat melayani minimum 6 rombongan belajar dan maksimum 24 rombongan belajar
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
·      Pengecatan gedung sekolah
·      Perbaikan mebelair

Lahan memenuhi ketentuan SNP
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Memperpanjang penggunaan lahan

Bangunan sesuai ketentuan SNP
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal rehab

Kelengkapan ruang kelas
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan perlengkapan kelas

Kenyamanan ruang kelas
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan kipas angin dan gordeng

Kelengkapan ruang perpustakaan
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal pembangunan ruang perpustakaan

Kenyamananan ruang perpustakaan
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal pembangunan ruang perpustakaan

Kelengkapan laboratorium IPA
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal laboratorium IPA

Kenyamananan laboratorium IPA
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal laboratorium IPA

Kelengkapan ruang pimpinan
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan perlengkapan ruang pimpinan

Kenyamanan ruang pimpinan
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan peralatan ruang pimpinan

Kelengkapan ruang guru
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal pembangunan ruang guru

Kenyamanan ruang guru
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal pembangunan ruang guru

Kelengkapan tempat beribadah
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan perlengkapan ibadah

Kenyamanan tempat beribadah
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
pengadaan alat kebersihan

Kelengkapan ruang UKS
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Mengajukan proposal pembangunan ruang UKS

Kenyamanan ruang UKS
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Mengajukan proposal pembangunan ruang UKS

Kelengkapan jamban
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Membangun WC

Kenyamanan jamban
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan alat kebersihan

Kelengkapan gudang
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Membangun ruang gudang

Kelengkapan ruang sirkulasi
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal pembangunan ruang sirkulasi

Kenyamanan ruang sirkulasi
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan alat kebersihan

Kelengkapan tempat bermain/berolahraga
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan sarana dan prasarana olahraga

Kenyamanan tempat bermain/berolahraga
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan alat olahraga

Kelengkapan laboratorium Bahasa
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal pembangunan lab. bahasa

Kenyamanan laboratorium Bahasa
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal pembangunan lab. bahasa

Kelengkapan laboratorium TIK
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal lab. TIK

Kenyamanan laboratorium TIK
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal lab. TIK
STANDAR PENGELOLAAN

Penyusunan Visi, Misi dan Tujuan sesuai SNP
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat penyusunan Visi, misi dan tujuan sekolah

Sosialisasi visi, misi dan tujuan sekolah dilakukan kepada semua warga sekolah.
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Pembuatan spanduk visi, misi dan tujuan sekolah

Warga sekolah memahami  visi, misi dan tujuan sekolah
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Pembuatan spanduk visi, misi dan tujuan sekolah

Sekolah memiliki dokumen rencana kerja sekolah dalam bentuk RKS (Rencana Kerja Sekolah 4-tahunan) dan RKA-S (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) atau rencana kerja tahunan)
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Menyusun RKS dan RKAS

Penyusunan rencana kerja sekolah (RKS) memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah, disetujui oleh Dewan Pendidik, dan disahkan berlakunya oleh Dinas Pendidikan kab/kota atau oleh penyelenggara sekolah bagi sekolah swasta
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat penyusunan RKS dan RKAS

Sekolah melaksanakan program  peningkatan mutu sekolah
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
·         KKG
·         KKKS
·         Pengayaan
·         Peningkatan mutu sekolah

Penyusunan program peningkatan mutu sekolah mendasarkan pada: hasil evaluasi diri, hasil akreditasi sekolah, dan hasil kelulusan peserta didik.
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat penyusunan program peningkatan mutu sekolah

Sekolah merealisasikan visi dan misi ke dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan PTK, dan Pelaksanaan kegiatan kepeserta didikan.
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Pengadaan penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan sekolah

Sekolah menyusun pedoman-pedoman pengelolaan sekolah
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat penyusunan pedoman pengelolaan sekolah

Ketersediaan Struktur Organisasi
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Membuat papan struktur organisasi

Pelaksanaan Kegiatan Sekolah
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Analisis pencapaian kinerja sekolah

Bidang Kepeserta didikan
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik baru setiap tahun

Bidang Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Pelatihan ICT (Information and Communications Technologies = Informasi dan teknologi komunikasi)

Budaya dan lingkungan  sekolah  kondusif untuk pembelajaran.
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Membuat program green school

Warga sekolah dapat mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah secara transparan dan akuntabel
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Membuat papan informasi

Sekolah menjalin kemitraan dengan lembaga lain untuk mendukung implementasi rencana kerja sekolah
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Studi banding

Program supervisi dan evaluasi  meliputi: pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat evaluasi rencana kerja

Sekolah melakukan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program/kegiatan sekolah.
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat evaluasi tindak lanjut program sekolah

Sekolah melakukan evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan pada setiap akhir semester

Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat evaluasi pendaya gunaan pendidik dan tenaga kependidikan tiap akhir semester

Sekolah mengikuti akreditasi oleh BAN-SM untuk menentukan status akreditasi sekolah
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Akreditasi sekolah

Guru dilibatkan dalam perumusan visi, misi dan tujuan, serta penyusunan rencana kerja sekolah.
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat penyusunan visi, misi dan tujuan sekolah

Sesuai kompetensinya kepala sekolah dapat dijadikan teladan bagi semua warga sekolah
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Workshop / Diklat / Bintek Kepala sekolah (keteladanan)

Kepemimpinan sekolah mampu menerapkan cirri-ciri kepemimpinan yang efektif.
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah


Warga sekolah, mudah mengakses informasi dan pengaduan terkait dengan pengelolaan sekolah.
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Pembuatan papan informasi pengelolaan sekolah
STANDAR PEMBIAYAAN

Ada unsur masyarakat yang berpartisipasi dalam rapat penetapan besaran pembiayaan yang harus ditanggung oleh orang tua murid

Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Rapat penetapan biaya

Besaran biaya operasi nonpersonalia dihitung berdasarkan  standar biaya per sekolah/program keahlian
Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Penyusunan RAPBS dan RAKS

Besaran biaya operasi nonpersonalia dihitung berdasarkan  standar biaya per rombongan belajar
Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Penyusunan RAPBS dan RAKS

Besaran biaya operasi nonpersonalia dihitung berdasarkan  standar biaya per peserta didik
Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Penyusunan RAPBS dan RAKS

Sekolah menghitung besaran persentase minimum biaya ATS berdasarkan  standar pembiayaan
Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Penyusunan RAPBS dan RAKS

Sekolah menghitung besaran persentase minimum biaya BAHP berdasarkan standar pembiayaan
Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Penyusunan RAPBS dan RAKS

Sekolah menghitung besaran biaya operasi selain  biaya  operasi nonpersonalia, ATS dan BAHP

Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Penyusunan RAPBS dan RAKS

Kemudahan   mengakses dokumen pengelolaan pembiayaan sekolah
Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Pembuatan Papan Informasi pembiayaan sekolah

Sekolah menyusun laporan pengelolaan pembiayaan
Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan

Kemudahan akses terhadap laporan pengelolaan keuangan
Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Pembuatan papan informasi pengelolaan keuangan
STANDAR PENILAIAN

kesesuaian instrumen penilaian dengan standar isi dan proses pembelajaran
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
kesesuaian instrumen penilaian dengan kompetensi yang diukur
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
nilai peserta didik ditentukan berdasarkan kompetensi yang dimilikinya
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
tersedia pedoman yang jelas untuk pelaksanaan penilaian
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
penilaian dilakukan tanpa membedakan hubungan kekeluargaan, suku, agama, budaya, dan status sosial ekonomi
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
melakukan penilaian untuk memantau penguasaan peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
hasil penilaian digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
tersedia prosedur, kisi-kisi, dan kriteria penilaian
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pembuatan kisi-kisi)
penilaian dilakukan menggunakan beberapa instrumen sesuai dengan elemen kompetensi, yakni: kognitif, psikomotor, dan afektif
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
penilaian dilakukan secara berkesinambungan selama proses belajar mengajar
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
penilaian dilakukan secara terencana mulai dari tahap penetapan indikator, pemilihan jenis instrumen, penyusunan instrumen, dan pembahasan instrumen bersama teman sejawat
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
masyarakat dapat mengevaluasi prosedur, kriteria penilaian, dan hasil penilaian yang dilakukan oleh guru/sekolah
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (prinsip penilaian)
Guru membuat rancangan penilaian yang menggunakan berbagai teknik penilaian
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (teknik, mekanisme dan prosedur penilaian)
Guru menyusun instrumen yang memenuhi syarat substansi, konstruksi, dan bahasa
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (teknik, mekanisme dan prosedur penilaian)
Satuan pendidikan melakukan validitas empiric terhadap instrument penilaian
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (teknik, mekanisme dan prosedur penilaian)
Satuan pendidikan melakukan validitas empiric terhadap instrument penilaian
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (teknik, mekanisme dan prosedur penilaian)
Peserta didik menerima informasi hasil ulangan harian
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pengelolaan nilai oleh guru)
Guru menyampaikan hasil penilaian akhir kepada peserta didik dalam bentuk satu nilai disertai deskripsi
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pengelolaan nilai oleh guru)
Guru memberikan remidi pada peserta didik yang belum mencapai KKM
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pengelolaan nilai oleh guru)
Guru menggunakan berbagai teknik penilaian untuk menilai hasil belajar kognitif, keterampilan, dan  afektif
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pengelolaan nilai oleh guru)
Guru menggunakan berbagai teknik  untuk menilai hasil belajar kognitif peserta didik
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pengelolaan nilai oleh guru)
Guru mengolah/ menganalisis hasil penilaian  untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar peserta didik
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pengelolaan nilai oleh guru)
Guru memanfaatkan hasil penilaian
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pengelolaan nilai oleh guru)
Setiap akhir semester, Bapak/Ibu guru melaporkan  hasil penilaian
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pengelolaan nilai oleh guru)
Guru melaporkan hasil penilaian kepribadian kepada guru PKN
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pengelolaan nilai oleh guru)
Guru melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru agama
Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (pengelolaan nilai oleh guru)
Satuan pendidikan mengadakan rapat dewan guru untuk menentukan nilai akhir peserta didik (termasuk kenaikan kelas dan kelulusan)
Pengembangan dan implementasi penilaian
Rapat kelulusan
Satuan pendidikan melaksanakan : kriteria  kenaikan kelas, KKM
Pengembangan dan implementasi penilaian
Rapat penyesuaian KKM
Satuan pendidikan  melaporkan hasil penilaian setiap akhir semester kepada semua orangtua/wali peserta didik.
Pengembangan dan implementasi penilaian
Rapat pembagian laporan pendidikan
Satuan pendidikan memanfatkan hasil UN untuk seleksi masuk,
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Penerimaan Peserta Didik Baru
Satuan pendidikan memanfaatkan hasil analisis daya serap
Pengembangan dan implementasi penilaian
Pengayaan peserta didik

JADWAL KEGIATAN RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH
SD NEGERI 06 ARGAMAKMUR 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PROGRAM
KEGIATAN
BULAN
JAN
FEB
MAR
APR
MEI
JUN
JUL
AGS
SEP
OKT
NOP
DES
Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan Kurikulum/KTSP











Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan silabus pembelajaran










Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan program BP/BK











Pengembangan Kurikulum/KTSP
Penyusunan program ekstrakurikuler











Pengembangan proses pembelajaran
Sosialisasi kepada peserta didik (pemanfaatan sumber belajar)











Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan peralatan laboratorium dan alat peraga











Pengembangan proses pembelajaran
Bimbingan teknis guru (kualitas pembelajaran)










Pengembangan kompetensi lulusan
Pembinaan peserta didik (karakter)











Pengembangan kompetensi lulusan
Pengayaan kepada peserta didik






Pengembangan kompetensi lulusan
Pembelajaran di luar kelas (mengenal lingkungan)






Pengembangan kompetensi lulusan
Mengadakan orientasi kepada peserta didik untuk melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi










Pengembangan kompetensi lulusan
·      Santapan rohani bulanan
·      Shalat berjamaah
·      Menengok teman sakit
Pengembangan kompetensi lulusan
Membuat lembar pengamatan aturan sekolah











Pengembangan kompetensi lulusan
Mengadakan pagelaran seni setiap tahun











Pengembangan kompetensi lulusan
·      Senam pagi setiap minggu
·      Jumsih setiap minggu
Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Mengikuti uji kompetensi guru









Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Workshop / Diklat / Bintek tentang TUPOKSI Kepala sekolah











Pengembangan pendidik dan tenaga pendidikan
Memberi upah karyawan
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
·      Pengecatan gedung sekolah
·      Perbaikan mebelair











Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal rehab











Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan perlengkapan kelas











Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengajuan proposal pembangunan ruang perpustakaan











Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan perlengkapan ibadah











Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
pengadaan alat kebersihan
Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Membangun WC












Pengembangan sarana dan prasarana sekolah
Pengadaan alat olahraga












Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Menyusun RKS dan RKAS











Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat penyusunan RKS dan RKAS











Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
·      KKG
·      KKKS
·      Pengayaan
Peningkatan mutu sekolah
Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat penyusunan program peningkatan mutu sekolah











Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat penyusunan pedoman pengelolaan sekolah












Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Analisis pencapaian kinerja sekolah











Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik baru setiap tahun











Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Studi banding











Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat evaluasi rencana kerja











Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Rapat evaluasi tindak lanjut program sekolah











Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Rapat penetapan biaya











Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
Penyusunan RAPBS dan RAKS











Pengembangan dan penggalaian sumber dana pendidikan
penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan








Pengembangan dan implementasi penilaian
Bimbingan teknis guru (penilaian)











Pengembangan dan implementasi penilaian
Rapat kelulusan











Pengembangan dan implementasi penilaian
Rapat penyesuaian KKM











Pengembangan dan implementasi penilaian
Rapat pembagian laporan pendidikan














BAB III
RENCANA ANGGARAN SEKOLAH

Dalam menyusun Rencana Anggaran Sekolah Telah dilakukan kegiatan-kegiatan yaitu  :
1.        menyusun Rencana Biaya
2.        menghitung rencana biaya dan pendanaan
3.        menyesuaikan Rencana Biaya dengan sumber Pendanaan dan
4.        menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)
Berkaitan dengan hal diatas, maka dalam Rencana Anggaran Sekolah ini akan diuraikan :
1.        Rencana biaya dan Sumber Pendanaan SD Negeri 06 ARGAMAKMUR  tahun anggaran 2015
2.        Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah Tahun Anggaran 2015

BAB IV
PENUTUP


Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) SD Negeri 03 ARMA JAYA ini merupakan dokumen perencanaan jangka pendek yang disusun berdasarkan dokumen perencanaan jangka menengah 4 tahun untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Rencana Kerja Tahunan Sekolah ini memuat semua program/ kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2015/2016, baik yang bersifat strategis maupun yang bersifat rutin.
Dari hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan tahun 2014/2015 dan hasil kesepakatan para pemangku kepentingan di SD Negeri 03 ARMA JAYA maka perencanaan program/kegiatan strategis yang akan dikembangkan pada tahun 2015/2016 adalah :
1.        Kesiswaan
2.        Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
3.        Sarana dan Prasarana
4.        Keuangan dan Pembiayaan
5.        Pendidik dan Tenaga Kependidikan
6.        Budaya dan Lingkungan
7.        Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan.
Dengan adanya RKTS ini sekolah akan lebih mudah melaksanakan pengelolaan program/kegiatan,Implementasi, Monitoring, dan Evaluasi yang baik,terstruktur dan terukur dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 03 ARMA JAYA Namun demikian, keberhasilan pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan ini tergantung dari partisipasi semua takeholder di SD Negeri 03 ARMA JAYA



Tidak ada komentar :