LATIHAN
SOAL KARAKTERISTIK DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
menurut pendapat saudara !
1. Tahap perkembangan setiap anak relatif konstan sehingga kematangan anak dapat
diketahui. Dengan demikian rencana pendidikan dan pembelajaran anak dapat
direncanakan, hal ini sesuai dengan prinsip perkembangan….
A.
dapat diramalkan
B. maju berkelanjutan
C. secara bertahap
D. bersifat progresif
2. Program pembelajaran disusun dari sederhana ke
komplek, dari mudah ke sulit. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari
prinsip perkembangan, yaitu….
A.
perkembangan secara bertahap
B. kematangan dalam perkembangan
C. tempo dan irama perkembangan
D. diawali diferensiasi dan diakhiri integrasi
3. Siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah
menunjukkan gejala-gejala perilaku seperti mudah marah, tersinggung dan tidak
sabar, sehingga kurang disukai oleh teman-temannya. Siswa tersebut cenderung
berperilaku….
A. agresif
B. destruktif
C.
impulsive
D. afektif
4. Anita, siswa kelas 1 SD mampu mengurutkan
benda berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang,
namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan
Anita mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berfikir pada
tahap perkembangan kognitif….
A. pre-operasional
B. pra-konvensional
C. operasional formal
D.
operasional konkret
5. Di kelas Pak
Anton, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman,
kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama dengan teman lainnya.
Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki
....
A. ketrampilan
sosial yang rendah
B. kemampuan
berkomunikasi yang rendah
C.
ketrampilan
sosialisasi yang rendah
D. kemampuan
menghargai diri yang rendah
6. Taufik
menunjukkan perilaku tidak bisa duduk tenang, sering berjalan-jalan ketika
belajar, jarang dapat menyelesaikan tugas, dan kurang tekun. Taufik diduga
memiliki hambatan dalam ....
A. penyesuaian
diri
B. penyesuaian
sosial
C. mengikuti
pembelajaran
D.
memusatkan
perhatian
7. Pak Syamsu
sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah
satu langkah yang dilakukan yaitu menganalisis lembar jawaban ulangan mereka
untuk mengetahui banyak jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk
mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Syamsu tersebut merupakan
langkah ....
A. memperkirakan
penyebab
B.
identifikasi
masalah
C. identifikasi
kasus
D. memperkirakan
tindakan
8. Bu Nina
seorang guru yang disayangi peserta didiknya karena dia selalu memberikan nilai
secara objektif sehingga semua peserta didiknya selalu mengerjakan apa yang
ditugaskan oleh Bu Nina.
Pernyataan
di atas merupakan faktor dominan yang mempengaruhi tingkah laku individu dan
merupakan aspek perkembangan ....
A.
emosi
B. sosial
C. kepribadian
D. fisik
9. Agus sekarang
duduk di kelas 5. Pada saat Pak Imam, gurunya bertanya apakah cita-citanya
kelak bila telah selesai sekolah nanti, dengan cepat dia langsung menjawab
menjadi Jenderal tentara. Setelah Pak Imam membaca biografi anak tersebut
ternyata Agus tinggal di sebelah asrama tentara, sedangkan ayahnya hanya
menjadi pedagang sayur di pasar.
Pernyataan di
atas menunjukkan bahwa hal tersebut terjadi karena pengaruh lingkungan ....
A. teman bergaul
B.
lingkungan
tetangga
C. aktivitas
dalam masyarakat
D. keluarga
10. Wati ,
seorang anak perempuan berusia tiga tahun, tetapi ia sudah pandai meniru
perilaku Lilis, kakak perempuannya seperti gerak tubuh atau ketika kakaknya
sedang berdandan.
Pernyataan
di atas merupakan pembentukan perilaku moral dan sikap anak dengan proses ....
A.
internalisasi
B. imitasi
C.
kemandirian
D.
ekstrovert
Kunci Jawaban :
1. A
2. A
3. C
4. D
5. C
6. D
7. B
8. A
9. B
10. B
1. Unsur
lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air,
udara, meja kursi, papan tulis, gedung sekolah, dan berbagai macam benda
tersebut yang ada di sekitar, dan lain-lain disebut unsur....
a. Alam
b. Abiotik
c. Biotik
d. Lingkungan
2. Saat berteduh di bawah pohon, udara yang kita
hirup sangat sejuk. Hal ini berkaitan dengan peran tumbuhan sebagai ....
a. penyaring udara kotor
b. penyimpan air
c. penghasil karbondioksida
d.
penghasil oksigen
3. Makhluk hidup saling
berhubungan erat dengan lingkungannya hubungan tersebut bersifat timbal balik
atau saling membutuhkan untuk membentuk suatu keadaan yang seimbang. Hubungan
antara biotik dan abiotik disebut sebagai....
a.
biotik
b. abiotic
c. social
d. ekosistem
4. Cermatilah fungsi bagian tumbuhan berikut.
1)
sebagai penyimpan cadangan makanan
2)
untuk menunjang berdirinya tumbuhan
3)
sebagai alat fotosintesis
4)
untuk menyerap air dan unsur hara.
Fungsi akar pada
tumbuhan terdapat pada nomor....
a. 1),
2). 3)
b. 1), 2), 4)
c. 2),
3), 4)
d. 1),
3), 4)
5. Perhatikan gambar berikut ini!
Timbulnya gelombang gas dari
percobaan di atas karena ....
a. Adanya proses fotolisis dimana air diuraikan
menjadi gas oksigen
b. Tumbuhan
bernafas menghasilkan gas oksigen
c. Adanya
reaksi amilum dari hidrila dan air
d. Adanya
reaksi gelap cahaya matahari dan hidrila
6. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Dalam percobaan di atas daun di rebus menggunakan
alkohol karena ....
a.
Membuktikan adanya oksigen
b.
Melarutkan kandungan
klorofil
c.
Menguji adanya amilum pada daun
d.
Mematikan sel- sel pada daun
7. Perhatikan gambar di bawah ini!
Dalam percobaan di atas daun di di tetesi lugol karena ....
a.
Menguji adanya amilum pada
daun
b.
Melarutkan kandungan klorofil
c.
Mematikan sel- sel pada daun
d.
Membuktikan adanya oksigen
8. Perhatikan gambar berikut!
Salah
satu Fungsi dari enzim yang diberikan tanda X pada gambar diatas adalah untuk
membantu memecah protein menjadi pepton, yang merupakan fungsi dari enzim….
a. Tripsin
b. Lipase
c.
Pepsin
d. Renin
9. Berikut ini yang merupakan penyebab penyakit
anemia adalah ….
a. Pertumbuhan
leukosit yang abnormal pada jaringan yang memproduksi sel darah putih
b. Kelebihan
produksi eritrosit dalam tubuh seseorang
c.
Kekurangan eritrosit
terutama unsur hemoglobin di dalam tubuh
d. Sedikitnya
jumlah trombosit di dalam sistem peredaran darah
10.
Bahan tambang jika dikelompokkan
berdasarkan sifat sumber daya alam termasuk ke dalam jenis . . . .
a. Sumber
daya alam non hayati
b. Sumber
daya alam dapat diperbaharui
c.
Sumber daya alam tidak dapat
diperbaharui
d. Sumber
daya alam hayati
11.
Dalam kegiatan guru pembelajar,
penyelenggara menyediakan modul berbentuk softcopy bukan berbentuk hardcopy.
Hal ini merupakan salah satu contoh kegiatan ...
a. Reduce
b. Reuse
c. Recycle
d. Repair
12.
Serbuk gergaji yang biasanya dibuang,
dimanfaatkan oleh tukang kayu sebagai bahan campuran pembuatan mebel. Hal ini
merupakan salah satu contoh kegiatan ....
a. Reduce
b. Reuse
c.
Recycle
d. Repair
e.
13.
Perhatikan fungsi organ pernapasan di bawah ini !
a.
Tempat
awal masuknya udara
b.
Merupakan
alat pernapasan utama
c.
Merupakan
percabangan dari bronkus
d.
Merupakan
percabangan dari trakea,satu menuju paru-paru kanan, dan yang lain menuju
paru-paru kiri.
14.
Organ pernapasan yang memiliki fungsi
seperti di atas secara berurut yaitu....
a. hidung,
paru-paru, bronkiolus, bronkus
b. hidung,
paru-paru, bronkus, bronkiolus
c. hidung,
paru-paru, bronkiolus, alveolus
d. hidung,paru-paru
bronkus, trakea
15.
Urutkan alat alat pencernaan makanan
pada manusia..
a. mulut,lambung,kerongkongan,usus
halus,anus,usus besar
b. mulut,kerongkongan,lambung,usus halus,usus
besar,anus
c. kerongkongan,lambung,usus besar,mulut,usus
halus,anus
d. lambung,anus,kerongkongan,mulut,usus
besar,usus halus
16.
Contoh penyakit yang menyerang alat
pencernaan makanan adalah…
a. maagh
b. sesak nafas
c. influenza
d. Kudis
17.
Gerakan meremas dan mendorong makanan
pada kerongkongan disebut…
a. gerak statis
b. gerak dinamis
c. gerak peristaltic
d. gerak mekanik
18.
Salah satu upaya untuk menjaga alat pencernaan makanan pada
manusia adalah…
a. mencuci tangan sebelum makan
b. tidur sebelum makan
c. makan sambil berbicara
d. tidur sesudah makan
19.
Yang bukan merupakan fungsi hidung
adalah ….
a. sebagai tempat
penyaringan udara
b. tempat penyesuaian
suhu udara yang masuk
c. tempat pertukaran
oksigen dan karbondioksida
d. tempat keluar
masuknya udara
20.
Pertukaran udara pernapasan pada manusia
berlangsung di dalam ….
a. bronkiolus c. bronkus
b. alveolus d.
trakea
21.
Saat menarik napas, udara masuk rongga
hidung dan selanjutnya menuju ….
a. kerongkongan –
bronkus – bronkiolus – alveolus
b. tenggorokan – cabang
tenggorokan – bronkiolus – alveolus
d. kerongkongan –
cabang kerongkongan – alveolus
22.
Pernyataan
yang benar mengenai gambar disamping ….
b. bila udara masuk
maka rongga dada mengempis
c. bila diafragma
mengendur maka udara akan masuk
d. bila otot antar
tulang rusuk mengendur maka udara akan keluar
23.
Gangguan pernapasan yang disebabkan oleh
virus, yaitu ….
a. asma
b. polip
c. influenza
d. sesak
napas
ke-2 LATIHAN SOAL
KARAKTERISTIK DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat menurut pendapat saudara !
1. Tahap
perkembangan setiap anak relatif konstan
sehingga kematangan anak dapat diketahui. Dengan demikian rencana pendidikan
dan pembelajaran anak dapat direncanakan, hal ini sesuai dengan prinsip
perkembangan….
A.
dapat
diramalkan
B. maju
berkelanjutan
C. secara
bertahap
D. bersifat
progresif
2. Program
pembelajaran disusun dari sederhana ke komplek, dari mudah ke sulit. Hal ini
merupakan implikasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu….
A.
perkembangan
secara bertahap
B. kematangan
dalam perkembangan
C. tempo
dan irama perkembangan
D. diawali
diferensiasi dan diakhiri integrasi
3. Siswa
yang memiliki kecerdasan emosi rendah menunjukkan gejala-gejala perilaku
seperti mudah marah, tersinggung dan tidak sabar, sehingga kurang disukai oleh
teman-temannya. Siswa tersebut cenderung berperilaku….
A. agresif
B. destruktif
C.
impulsive
D. afektif
4. Anita,
siswa kelas 1 SD mampu mengurutkan benda berdasarkan ukuran panjang dari yang
terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang
terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Anita mengurutkan panjang benda
tersebut merupakan kemampuan berfikir pada tahap perkembangan kognitif….
A. pre-operasional
B. pra-konvensional
C. operasional
formal
D.
operasional
konkret
5.
Di kelas Pak Anton, ada beberapa anak
yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi,
dan kurang mampu bekerja sama dengan teman lainnya. Ciri-ciri perilaku peserta
didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki ....
A.
ketrampilan sosial yang rendah
B.
kemampuan berkomunikasi yang rendah
C. ketrampilan sosialisasi yang rendah
D.
kemampuan menghargai diri yang rendah
6.
Taufik menunjukkan perilaku tidak bisa
duduk tenang, sering berjalan-jalan ketika belajar, jarang dapat menyelesaikan
tugas, dan kurang tekun. Taufik diduga memiliki hambatan dalam ....
A.
penyesuaian diri
B.
penyesuaian sosial
C.
mengikuti pembelajaran
D. memusatkan perhatian
7.
Pak Syamsu sedang melaksanakan
diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkah yang
dilakukan yaitu menganalisis lembar jawaban ulangan mereka untuk mengetahui
banyak jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan
belajar mereka. Tindakan Pak Syamsu tersebut merupakan langkah ....
A.
memperkirakan penyebab
B. identifikasi masalah
C.
identifikasi kasus
D.
memperkirakan tindakan
8.
Bu Nina seorang guru yang disayangi
peserta didiknya karena dia selalu memberikan nilai secara objektif sehingga
semua peserta didiknya selalu mengerjakan apa yang ditugaskan oleh Bu Nina.
Pernyataan di atas merupakan faktor
dominan yang mempengaruhi tingkah laku individu dan merupakan aspek
perkembangan ....
A.
emosi
B. sosial
C. kepribadian
D. fisik
9.
Agus sekarang duduk di kelas 5. Pada
saat Pak Imam, gurunya bertanya apakah cita-citanya kelak bila telah selesai
sekolah nanti, dengan cepat dia langsung menjawab menjadi Jenderal tentara.
Setelah Pak Imam membaca biografi anak tersebut ternyata Agus tinggal di
sebelah asrama tentara, sedangkan ayahnya hanya menjadi pedagang sayur di
pasar.
Pernyataan
di atas menunjukkan bahwa hal tersebut terjadi karena pengaruh lingkungan ....
A.
teman bergaul
B. lingkungan tetangga
C.
aktivitas dalam masyarakat
D.
keluarga
10.
Wati , seorang anak perempuan berusia
tiga tahun, tetapi ia sudah pandai meniru perilaku Lilis, kakak perempuannya
seperti gerak tubuh atau ketika kakaknya sedang berdandan.
Pernyataan di atas merupakan
pembentukan perilaku moral dan sikap anak dengan proses ....
A.
internalisasi
B. imitasi
C.
kemandirian
D.
ekstrovert
Soal
Tugas Indikator No 1- 9
1. Kebijakan
Pengembangan dan pembinaaan Profesi guru menurut PP No. 74 Tahun 2008 adalah .
. . .
a.
Pengembangan
dan peningkatan Kopetensi bagi guru
b. Standar
Kompetensi Kelulusan
c. Pengembangan
Kurikulum
d. Ketuntasan
Kopetensi Dasar
2. Kebijakan
Guru pembelajar berdasarkan Permen Dikbud No. 16 tahun 2007 adalah . . . .
a. Aktivitas
pembelajaran dilakukan dengan cara kerja kelompok
b.
Aktivitas
pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri maupun berbasis kerja kelompok
(KKG)
c. Aktivitas
pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri
d. Aktivitas
pembelajaran berpusat pada anak.
3. Sistem
lambang bunyi yang arbirtrer (mana suka) yang digunakan oleh para anggota
kelompok sosial untuk bekerja sama berkomunikasi dan mengidentifikasikan diri
merupakan pengertian dari . . . .
a. Kedudukan
Bahasa Indonesia
b. Fungsi
Bahasa Indonesia
c. Kebijakan
Bahasa Indonesia
d.
Hakikat
Bahasa Indonesia
4. Berikut
ini merupakan kedudukan Bahasa Indonesia
1)
Bahasa kebangsaan atau bahasa nasional, kedudukannya berada di atas
bahasa-bahasa daerah.
2) Alat
pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang etnis dan
sosial-budaya, serta bahasa daerah yang berbeda.
3) Bahasa negara (bahasa resmi Negara Kesatuan
Republik Indonesia
4)
Bahasa resmi dalam pengembangan kebudayaan
dan pemanfaatan ilmu dan teknologi.
Urutan yang benar adalah . . . .
a. 1
dan 2 c. 1 dan 3
b. 2
dan 3 d. 3 dan 4
5. Yang
bukan merupakan fungsi bahasa Indonesia adalah . . . .
a. Lambang
jati diri (Identitas)
b. Lambang
kebanggaan bangsa
c. Alat
penghubung antar budaya dan daerah
d.
Bahasa
resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia
6. Perbedaan
kedudukan dan fugsi bahasa Indonesia adalah . . . .
a. Kedudukannya
adalah sebagai Lambang kebanggaan bangsa sedangkan fungsinya Alat penghubung
antarbudaya dan antar daerah.
b.
Kedudukannya
adalah sudut pandang lingustik banyak ragam bahasa melayu sedangkan fungsi
bahasa adalah sebagai jati diri dan lambang kebanggaan bangsa dan alat
pemersatu.
c. Kedudukannya
adalah sebagai Bahasa kebangsaan atau bahasa nasional, kedudukannya berada di
atas bahasa-bahasa daerah sedangkan fungsinya sebagai Bahasa negara (bahasa
resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia)
d. Kedudukannya
Alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang etnis dan sosial-budaya,
serta bahasa daerah yang berbeda. Sedangkan fungsinya sebagai Alat penghubung
antarbudaya dan antardaerah.
7. Identifikasi
ragam bahasa Indonesia yang benar di bawah ini adalah . . . .
a.
Intim,
konsultatif, resmi, dan baku
b. Intim,
konsultatif, baku, fleksibel
c. Konsultatif,
resmi, baku, dan fleksibel
d. Intim,
konsultatif, resmi, dan fleksibel
8. Yang
tidak termasuk contoh ragam bahasa lisan dibawah ini adalah . . . .
a. Ariani
bilang kita harus belajar.
b. Kita
harus bikin karya
c.
Ariani
mengatakan bahwa kita harus belajar
d. Rasanya
masih terlalu pagi buat saya, Pak.
9. Urutan
penerapan ragam bahasa Indonesia dalam pembelajaran adalah . . . .
a.
Lisan
– Tulisan - bentuk kata struktur- kalimat - kosa kata
b. kosa
kata - bentuk kata struktur – kalimat – Tulisan - Lisan
c. Lisan
- bentuk kata struktur- kalimat - kosa kata - Tulisan
d. kosa
kata - bentuk kata struktur – kalimat – Lisan – Tulisan
Kelompok IX
28.HANISYAH
PUTRI
13.WIMTAMAWI,S.Pd
32.ZARNITA,S.Pd
39.MISRAH,S.Pd
Pilihlah jawaban
yang benar a,b,c atau d di bawah ini !
10. Perolehan
bahasa anak adalah....
a.
Lingkungan
b.
Bahasa ibu dan lingkungan
c.
Bahasa bapak
d.
Bahasa anak-anak
11. Bahasa anak di
kelas tinggi terdiri dari....
a.
300 kata
b.
100 kata
c.
50 kata
d.
25 kata
12. pemerolehan
dan pembelajaran bahasa yang berasal dari lingkungan adalah....
a.
ponologi
b.
ponologi,morpologi,sintaksis
c.
morpologi
d.
sintaksis
13. Tahapan pemerolehan bahasa bunyi vokal dan konsonan
disebut....
a.
Ponologi
b.
Morpologi
c.
Sistaksis
d.
Negosiasi
14. faktor-faktor
yang mempengaruhi pemerolehan bahasa adalah....
a.
biologis
b.
lingkungan
c.
biologis,lingkungan sosial,intelegensi dan motivasi
d.
motivasi
15.penggunaan
bahasa indonesia yang baik dan benar adalah....
a.
kata
b.
bentuk
c.
kalimat
d.
tata bunyi,bentuk,kata maupun kalimat
16.kaidah tata
bentuk dan istilah dalam penggunaan bahasa indonesia yang benar adalah....
a.
ilmu bahasa yang mempelajari seluk beluk kata dan pembentukannya
b.
seluk beluk kata
c.
pembentukan kata
d.
seluk beluk kalimat
17.penggunaan
kaidah kelas kata sebagai rujukan penggunaan bahasa indonesia,contohnya....
a.
membuat novel
b.
menulis karangan
c.
menulis surat
d.
membuat cerpen
18.penggunaan
kaidah tata kalimat sebagai rujukan bahasa indonesia adalah....
a.
subjek
b.
subjek dan predikat
c.
predikat
d.
subjek,predikat,dan obyek
jawaban :
10. B
11.A
12.B
13.A
14.C
15.D
16.A
17.B
18.D
TUGAS
KELOMPOK IV
1. WARTI
03. GINI.
27.
UPIK KARSUNAH
19. ANIZAR NURLELA
73. Proses penghancuran dan penggilingan makanan
secara fisik menjadi
potongan-potongan
kecil terjadi pada ….
a. dalam rongga rongga mulut dan lambung
b. dalam rongga rongga mulut dan
lidah.
c. dalam rongga rongga mulut dan
kerongkongan.
d. dalam rongga rongga mulut dan
tenggoro
74. Agar kesehatan lambung kita terjaga dengan
baik maka ….
a. harus makan secara teratur.
b. harus makan 4 kali sehari.
c. harus makan yang banyak gizinya.
d. harus makan buah yang banyak.
75. Hidung
merupakan tempat awal masuknya udara. Di dalam hidung terdapat
rambut-rambut
hidung yang berfungsi ….
a. menyaring udara.
b. Menyaring debu
c. menyaring air
d. menyaring napas.
76. Agar terhindar
dari penyakit paru-paru kita harus ….
a. banyak istirahat.
b. tidur terus –menerus.
c. menghindari merokok.
d. banyak makan yang manis.
77. Di dalam
tubuh kita terdapat beberapa alat peredaran darah, darah berfungsi
untuk
….
a. mengirimkan oksigen dari
paru-paru ke jantung.
b. mengirimkan oksigen dari jantung
ke hati.
c. mengirimkan oksigen dari seluruh
sel-sel ke jaringan paru-paru.
d. mengirimkan oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel jaringan tubuh.
78. Jantung
merupakan alat pemompa darah. Kita harus memelihara agar jantung
kita
tetap sehat dengan ….
a. menghindaran makanan yang berlemak.
b. menghindari makanan yang pedas.
c. menghindari makanan yang manis.
d. menghindari olah raga.
79. Berikut
ini yang merupakan bentuk luar organ tubuh tumbuhan adalah ….
a. bunga, akar, daun, buah dan
biji.
b. akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.
c. akar, daun, buah dan biji.
d. buah dan biji, bunga, daun, akar
dan batang.
80. di bawah
ini yang tidak termasuk fungsi luar organ tubuh tumbuhan (daun)
adalah ….
a. tempat menyimpan makanan.
b. tempat tumbuhnya bunga.
c. tempat menyalurkan makanan.
d. tempat terjadinya fotosintesis.
KELOMPOK 10 :
1. RR SAPTI
RAHAYU
2. ULAM SYARI
3. DESVI
FARLIANTI
4. NURNONTINA
64.
Faktor-faktor kesulitan belajar anak adalah ...
a. faktor dari dalam diri anak
b. faktor dari luar diri anak
c. faktor dari dalam dan luar diri anakm
d. lingkungan
65. Memberikan
motivasi belajar pada peserta didik adalah kegiatan pembelajaran yang ...
a. efektif
b. kondusif
c. efesien
d. emualsif
66. Kegiatan pembelajaran yang
harus dikerjakan guru dan siswa agar pembelajaran tercapai secara efektif dan
efesien disebut ...
a. strategi pembelajaran
b. metode pembelajaran
c. teknik pembelajaran
d. model pembelajaran
67. Model pembelajaran terpadu
menggunakan tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran disebut ...
a. model jaring laba-laba (spider webbed)
b. model terhubung
c. model terpadu (integrated)
d. pembelajaran tematik
68. Pembelajaran yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengelola informasi, dan
mengkomunikasikan disebut pendekatan ...
a. tematik terpadu
b. saintifik
c. pendekatan integratif
d. a,b, dan c benar
69.
1. Menentukan tema
2. Mendesain rencana pembelajaran
3. Mengintegrasikan tema dengan
kurikulum
4. Melaksanakan Aktivitas
Pembelmajaran
Tahapan pembelajaran tematik terpadu yang benar adalah
...
a. 1, 2, 3, 4
b. 1,
3, 2, 4
c. 2,
3, 4, 1
d. 3,
1, 2,4
70.
Yang merupakan aktivitas pembelajaran tematik terpadu sesuai prinsip
keterpaduan atau dan pendekatan saintifik adalah ...
a. tidak memberikan pengalaman
langsung kepada siswa
b. sumber belajar terbatas pada
buku
c. memberikan pengalaman
langsung kepada siswa
d. pemisahan antar mata
pelajaran menjadi tampak jelas
71.
Metode yang tepat untuk siswa kelas 6 pada pelajaran ipa dengan materi
perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif alami adalah ...
a. praktek
b. pengamatan langsung
c. diskusi
d. ceramah
72.
Mempraktekkan pembelajaran mata pelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan
saintifik (pengamatan langsung ).
KUNCI JAWABAN
64. C
65. B
66. A
67. D
68. B
69. B
70. C
71. B
72. -
TUGAS
PEMBAHASAN INDIKATOR MENJADI SOAL
1.WAHYUDI ;
SDN 09 Argamakmur
2. AINUN JARIAH : SDN 06 Argamakmur
3. SUSTIRAH : SDN 13 Argamakmur
4. SUPRIYATI :
SDN 04 Argamakmur
|
19
|
Menggunakan
kaidah wacana sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Gunakan
kaidah wacana sebagai rujukan
penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar ?
|
Satuan
bahasa yang lengkap sehingga dalam hikarky gramatikal yang tertinggi atau
terbesar
|
20
|
Menjelaskan
kaidah makna kata dan hubungan makna sebagai rujukan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
Jelaskan
kaidah makna kata dan hubungan makna sebagai rujukan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar ?
|
Hubungan
kemaknaan antara sebuah kata atau satuan bahasa ( prase) klausa kalimat
dengan kata atau satuan bahasa lainnya
|
21
|
Menggunakan
kaidah makna kata dan hubungan makna sebagai rujukan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
Gunakan
kaidah makna kata dan hubungan makna sebagai rujukan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar ?
|
Berhubungan
kesamaan makna (sinonim) Lawan makna
(antonim) kegandaan makna (polisemi),kelainan makna (hononim) dan
cakupan makna (hiponim)
|
22
|
Menggunakan
kaidah pertalian makna sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik
dan benar.
|
Gunakan
kaidah pertalian makna sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik
dan benar !
|
Hubungan
yang dapat merupakan kesamaan makna atau kebaikan makna sinonim dan antonimi
|
23
|
Menggunakan
perubahan makna kata sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik
dan benar.
|
Bagaimana
cara menggunakan perubahan makna kata
sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
A.
Dengan cara merespon makna-makna
konotatif dan denotatif yang merupakan
makna yang ditimbulkan oleh pendengar atau pembaca untuk menstimulus.
Sehingga pembaca atau pendengar memperoleh
responsi-responsi dari stimulus tersebut,terkadang nilai emosional yang diakiibatkan muncullah nilai rasa terhadap pengguna
/pemakai
|
24
|
Menggunakan
berbagai jenis idiom, pameo, dan peribahasa sebagai rujukan
penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
Bagaimana
cara penggunakan idiom, pameo, dan pribahasa sebagai rujukan
penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar ?
|
A.
Penggunaan idiom, pameo dan
pribahasa digunakan sesuai dengan kontek atau situasi dimana anak
menggunakan bahasa tersebut.
Misalnya
. mengartikan kata atau kalimat dalam suatu teks
|
25
|
Menerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif (menyimak) dalam
pembelajaran SD kelas tinggi.
|
Bagaiman
cara menerapan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan resertip (menyimak) dalam pembelajaran SD
kelas tinggi......
|
A.
Cara menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan antara
lain menerima pesan dari orang lain dan selanjutny memahami pesan-peasn dalam
bentuk lisan, sedangkan prosedurnya antara lain menjawab pertanyaan memahami
kalimat dan wacana, merumuskan inti wacana serta menceritakan kembali
|
26
|
Menerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif (menyimak) dalam
pembelajaran SD kelas tinggi.
|
Bagaimana
cara menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa lisan pruduktif (berbicara) dalam pembelajaran kelas tinggi
|
A.
Prinsip dan prosedur berbicara
lisan produktif (berbicara ) dalam
pembelajaran tingkat tinggi yaitu dengan cara bertukar pikiran, penyampaian
berita ,bertelepon dan memberi petujuk.
Berbicara
formal meliputi ceramah pidato wawancara dan bercerita
|
27
|
Menerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif (membaca) dalam
pembelajaran SD kelas tinggi.
|
Penerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara teruli reseiftip ( membaca) pembelajaran SD kelas tinggi adalah...
|
A.
Menulis senada dengan berbicara, mengandalkan kemampuan berbicara
berbahasa yang pada dasarnya bersifat aktif produktif. Menulis mempunyai arti
kemempuan berbahasa tulis melengkapi wacana membaca dalam hati dan membaca
dengan cepat
|
55. Ciri-ciri peserta didik tinggi dan rendah
adalah….
a. disayang teman,dibenci teman
b. tidak bias mengontrol diri
c. suka berkelahi
d. tidak bias bekerja sama
56. Identitas moral peserta didik adalah….
a. tidak bermoral
b. membuat masalah
c. penyelesaian masalah
d. emosional
57. Diskripsikan perkembangan spiritual tinggi dan
rendah adalah….
a. proses pertumbuhan
b. penghayatan keagamaan dan kecerdasan
spiritual keagamaan
c. tidak melalui proses penghayatan
d. tanpa melalui tahap perkembangan
58. Ciri-ciri prilaku peserta didik yang memiliki
kecerdasan spiritual tinggi dan rendah adalah….
a. melanggar aturan
b. sering mengganggu teman
c. tidak mau membantu teman
d. menghargai antar agama dan kurang bergaul
59. Identitas kecerdasan spiritual peserta didik
adalah….
a. pemecahan kasus dan diskusi antar
agama
b. tidak mau berdiskusi
c. suka bekerja sendiri
d. mempermainkan agama
60. Kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi
perkembangan aspek moral dan kecerdasan peserta didik adalah….
a. memberikan kepada anak,hal yang belum
diketahui
b. membiasakan anak tidak bersikap sportif
c. melatih anak
untuk belajar bagaimana menerima kekalahan, bersikap sportif
d. mebiarkan anak tidak mau bekerja sama
61. Cara mengidentifikasi kemampuan awal peserta
didik adalah….
a. tidak mau berkomunikas
b. tidak mau memecahkan masalah
c. kurang mampu mengeluarkan gagasan
dilingkungannya
d. kemampuan bernalar
62. Identifikasi kemampuan awal peserta didik berada pada tahap….
a. operasional dan abstrak
b. pra
operasional,operasi kongkret dan pada awal operasi abstrak
c. operasi kongkret
d. pada akhir operasi abstrak
63. Identifikasi kesulitan belajar adalah….
a. ditanda dengan adanya
hambatan dengan mencapai tujuan
b. tidak mengalami hambatan
c. tujuan tidak tercapai
d. tercapai dengan baik
Tidak ada komentar :
Posting Komentar