Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 28 Oktober 2016

LATIHAN SOAL GURU PEMBELAJAR TM






LATIHAN SOAL KARAKTERISTIK DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat menurut pendapat saudara !
1.      Tahap perkembangan setiap anak relatif  konstan sehingga kematangan anak dapat diketahui. Dengan demikian rencana pendidikan dan pembelajaran anak dapat direncanakan, hal ini sesuai dengan prinsip perkembangan….
A.     dapat diramalkan
B.      maju berkelanjutan
C.      secara bertahap
D.     bersifat progresif

2.      Program pembelajaran disusun dari sederhana ke komplek, dari mudah ke sulit. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu….
A.     perkembangan secara bertahap
B.      kematangan dalam perkembangan
C.      tempo dan irama perkembangan
D.     diawali diferensiasi dan diakhiri integrasi

3.      Siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah menunjukkan gejala-gejala perilaku seperti mudah marah, tersinggung dan tidak sabar, sehingga kurang disukai oleh teman-temannya. Siswa tersebut cenderung berperilaku….
A.      agresif
B.      destruktif
C.      impulsive
D.     afektif

4.      Anita, siswa kelas 1 SD mampu mengurutkan benda berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Anita mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berfikir pada tahap perkembangan kognitif….
A.      pre-operasional
B.      pra-konvensional
C.      operasional formal
D.     operasional konkret

5.      Di kelas Pak Anton, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama dengan teman lainnya. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki ....
A.      ketrampilan sosial yang rendah
B.      kemampuan berkomunikasi yang rendah
C.      ketrampilan sosialisasi yang rendah
D.     kemampuan menghargai diri yang rendah

6.      Taufik menunjukkan perilaku tidak bisa duduk tenang, sering berjalan-jalan ketika belajar, jarang dapat menyelesaikan tugas, dan kurang tekun. Taufik diduga memiliki hambatan dalam ....
A.      penyesuaian diri
B.      penyesuaian sosial
C.      mengikuti pembelajaran
D.     memusatkan perhatian

7.      Pak Syamsu sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu menganalisis lembar jawaban ulangan mereka untuk mengetahui banyak jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Syamsu tersebut merupakan langkah ....
A.      memperkirakan penyebab
B.      identifikasi masalah
C.      identifikasi kasus
D.     memperkirakan tindakan

8.      Bu Nina seorang guru yang disayangi peserta didiknya karena dia selalu memberikan nilai secara objektif sehingga semua peserta didiknya selalu mengerjakan apa yang ditugaskan oleh Bu Nina.
Pernyataan di atas merupakan faktor dominan yang mempengaruhi tingkah laku individu dan merupakan aspek perkembangan ....
A.     emosi
B.      sosial
C.      kepribadian
D.     fisik

9.      Agus sekarang duduk di kelas 5. Pada saat Pak Imam, gurunya bertanya apakah cita-citanya kelak bila telah selesai sekolah nanti, dengan cepat dia langsung menjawab menjadi Jenderal tentara. Setelah Pak Imam membaca biografi anak tersebut ternyata Agus tinggal di sebelah asrama tentara, sedangkan ayahnya hanya menjadi pedagang sayur di pasar.
Pernyataan di atas menunjukkan bahwa hal tersebut terjadi karena pengaruh lingkungan ....
A.      teman bergaul
B.      lingkungan tetangga
C.      aktivitas dalam masyarakat
D.     keluarga

10.  Wati , seorang anak perempuan berusia tiga tahun, tetapi ia sudah pandai meniru perilaku Lilis, kakak perempuannya seperti gerak tubuh atau ketika kakaknya sedang berdandan.
Pernyataan di atas merupakan pembentukan perilaku moral dan sikap anak dengan proses ....
A.      internalisasi
B.      imitasi
C.      kemandirian
D.     ekstrovert


Kunci Jawaban :
1.      A
2.      A
3.      C
4.      D
5.      C
6.      D
7.      B
8.      A
9.      B
10.  B
1.     Unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, meja kursi, papan tulis, gedung sekolah, dan berbagai macam benda tersebut yang ada di sekitar, dan lain-lain disebut unsur....
a.     Alam
b.     Abiotik
c.      Biotik
d.     Lingkungan

2.     Saat berteduh di bawah pohon, udara yang kita hirup sangat sejuk. Hal ini berkaitan dengan peran tumbuhan sebagai ....
a.     penyaring udara kotor
b.     penyimpan air
c.      penghasil karbondioksida
d.     penghasil oksigen

3.     Makhluk hidup saling berhubungan erat dengan lingkungannya hubungan tersebut bersifat timbal balik atau saling membutuhkan untuk membentuk suatu keadaan yang seimbang. Hubungan antara biotik dan abiotik disebut sebagai....
a.     biotik
b.     abiotic
c.      social
d.     ekosistem

4.      Cermatilah fungsi bagian tumbuhan berikut.
1)    sebagai penyimpan cadangan makanan
2)    untuk menunjang berdirinya tumbuhan
3)    sebagai alat fotosintesis
4)     untuk menyerap air dan unsur hara.
Fungsi akar  pada tumbuhan terdapat pada nomor....

a.     1), 2). 3)
b.     1), 2), 4)
c.      2), 3), 4)
d.     1), 3), 4)

5.      Perhatikan gambar berikut ini!

Timbulnya gelombang gas  dari percobaan di atas karena ....

a.     Adanya proses fotolisis dimana air diuraikan menjadi gas oksigen
b.     Tumbuhan bernafas menghasilkan gas oksigen
c.      Adanya reaksi amilum dari hidrila dan air
d.     Adanya reaksi gelap cahaya matahari dan  hidrila

6.     Perhatikan gambar di bawah ini!

 
Dalam percobaan di atas daun di rebus menggunakan alkohol  karena ....

a.     Membuktikan adanya oksigen 
b.     Melarutkan kandungan klorofil
c.      Menguji adanya amilum pada daun
d.     Mematikan sel- sel pada daun

7.      Perhatikan gambar di bawah ini!

 
Dalam percobaan di atas daun di di tetesi lugol   karena ....

a.     Menguji adanya amilum pada daun
b.     Melarutkan kandungan klorofil
c.      Mematikan sel- sel pada daun
d.     Membuktikan adanya oksigen 

8.      Perhatikan gambar berikut!

Salah satu Fungsi dari enzim yang diberikan tanda X pada gambar diatas adalah untuk membantu memecah protein menjadi pepton, yang merupakan fungsi dari enzim….

a.     Tripsin
b.     Lipase
c.      Pepsin
d.     Renin

9.      Berikut ini yang merupakan penyebab penyakit anemia adalah ….

a.     Pertumbuhan leukosit yang abnormal pada jaringan yang memproduksi sel darah putih
b.     Kelebihan produksi eritrosit dalam tubuh seseorang
c.      Kekurangan eritrosit terutama unsur hemoglobin di dalam tubuh
d.     Sedikitnya jumlah trombosit di dalam sistem peredaran darah

10.                        Bahan tambang jika dikelompokkan berdasarkan sifat sumber daya alam termasuk ke dalam jenis . . . .
a.     Sumber daya alam non hayati
b.     Sumber daya alam dapat diperbaharui
c.      Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui
d.     Sumber daya alam hayati

11.                        Dalam kegiatan guru pembelajar, penyelenggara menyediakan modul berbentuk softcopy bukan berbentuk hardcopy. Hal ini merupakan salah satu contoh kegiatan ...
a.     Reduce
b.     Reuse
c.      Recycle
d.     Repair

12.                        Serbuk gergaji yang biasanya dibuang, dimanfaatkan oleh tukang kayu sebagai bahan campuran pembuatan mebel. Hal ini merupakan salah satu contoh kegiatan ....
a.     Reduce
b.     Reuse
c.      Recycle
d.     Repair
e.       
13.                        Perhatikan fungsi organ pernapasan di bawah ini !
a.     Tempat awal masuknya udara
b.     Merupakan alat pernapasan utama
c.      Merupakan percabangan dari bronkus
d.     Merupakan percabangan dari trakea,satu menuju paru-paru kanan, dan yang lain menuju paru-paru kiri.

14.                        Organ pernapasan yang memiliki fungsi seperti di atas secara berurut yaitu....
a.     hidung, paru-paru, bronkiolus, bronkus
b.     hidung, paru-paru, bronkus, bronkiolus
c.      hidung, paru-paru, bronkiolus, alveolus
d.     hidung,paru-paru bronkus, trakea

15.                        Urutkan alat alat pencernaan makanan pada manusia..
a.         mulut,lambung,kerongkongan,usus halus,anus,usus besar
b.         mulut,kerongkongan,lambung,usus halus,usus besar,anus
c.          kerongkongan,lambung,usus besar,mulut,usus halus,anus
d.         lambung,anus,kerongkongan,mulut,usus besar,usus halus

16.                        Contoh penyakit yang menyerang alat pencernaan makanan              adalah…
a.         maagh
b.         sesak nafas
c.          influenza
d.         Kudis

17.                        Gerakan meremas dan mendorong makanan pada kerongkongan disebut…
a.        gerak statis
b.        gerak dinamis
c.         gerak peristaltic
d.       gerak mekanik

18.                        Salah satu upaya  untuk menjaga alat pencernaan makanan pada manusia adalah…
a.        mencuci tangan sebelum makan
b.       tidur sebelum makan
c.         makan sambil berbicara
d.        tidur sesudah makan

19.                        Yang bukan merupakan fungsi hidung adalah  ….
a. sebagai tempat penyaringan udara                            
b. tempat penyesuaian suhu udara yang masuk
c. tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida
d. tempat keluar masuknya udara 
20.                        Pertukaran udara pernapasan pada manusia berlangsung di dalam ….
a. bronkiolus                                      c. bronkus
b. alveolus                                          d. trakea
21.                        Saat menarik napas, udara masuk rongga hidung dan selanjutnya menuju ….
a. kerongkongan – bronkus – bronkiolus – alveolus
b. tenggorokan – cabang tenggorokan – bronkiolus – alveolus 
c. cabang tenggorokan – kerongkongan – alveolus
d. kerongkongan – cabang kerongkongan – alveolus 
22.                        Pernyataan yang benar mengenai gambar disamping ….
a. bila udara keluar maka rongga dada mengembang
b. bila udara masuk maka rongga dada mengempis
c. bila diafragma mengendur maka udara akan masuk
d. bila otot antar tulang rusuk mengendur maka udara akan keluar
23.                        Gangguan pernapasan yang disebabkan oleh virus, yaitu ….
a.     asma              
b.     polip              
c.      influenza        
d.     sesak napas







ke-2 LATIHAN SOAL KARAKTERISTIK DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat menurut pendapat saudara !
1.     Tahap perkembangan setiap anak relatif  konstan sehingga kematangan anak dapat diketahui. Dengan demikian rencana pendidikan dan pembelajaran anak dapat direncanakan, hal ini sesuai dengan prinsip perkembangan….
A.   dapat diramalkan
B.   maju berkelanjutan
C.   secara bertahap
D.   bersifat progresif

2.     Program pembelajaran disusun dari sederhana ke komplek, dari mudah ke sulit. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu….
A.   perkembangan secara bertahap
B.   kematangan dalam perkembangan
C.   tempo dan irama perkembangan
D.   diawali diferensiasi dan diakhiri integrasi

3.     Siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah menunjukkan gejala-gejala perilaku seperti mudah marah, tersinggung dan tidak sabar, sehingga kurang disukai oleh teman-temannya. Siswa tersebut cenderung berperilaku….
A.   agresif
B.   destruktif
C.   impulsive
D.   afektif

4.     Anita, siswa kelas 1 SD mampu mengurutkan benda berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Anita mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berfikir pada tahap perkembangan kognitif….
A.   pre-operasional
B.   pra-konvensional
C.   operasional formal
D.   operasional konkret

5.     Di kelas Pak Anton, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama dengan teman lainnya. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki ....
A.   ketrampilan sosial yang rendah
B.   kemampuan berkomunikasi yang rendah
C.   ketrampilan sosialisasi yang rendah
D.   kemampuan menghargai diri yang rendah

6.     Taufik menunjukkan perilaku tidak bisa duduk tenang, sering berjalan-jalan ketika belajar, jarang dapat menyelesaikan tugas, dan kurang tekun. Taufik diduga memiliki hambatan dalam ....
A.   penyesuaian diri
B.   penyesuaian sosial
C.   mengikuti pembelajaran
D.   memusatkan perhatian

7.     Pak Syamsu sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu menganalisis lembar jawaban ulangan mereka untuk mengetahui banyak jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Syamsu tersebut merupakan langkah ....
A.   memperkirakan penyebab
B.   identifikasi masalah
C.   identifikasi kasus
D.   memperkirakan tindakan

8.     Bu Nina seorang guru yang disayangi peserta didiknya karena dia selalu memberikan nilai secara objektif sehingga semua peserta didiknya selalu mengerjakan apa yang ditugaskan oleh Bu Nina.
Pernyataan di atas merupakan faktor dominan yang mempengaruhi tingkah laku individu dan merupakan aspek perkembangan ....
A.   emosi
B.   sosial
C.   kepribadian
D.   fisik

9.     Agus sekarang duduk di kelas 5. Pada saat Pak Imam, gurunya bertanya apakah cita-citanya kelak bila telah selesai sekolah nanti, dengan cepat dia langsung menjawab menjadi Jenderal tentara. Setelah Pak Imam membaca biografi anak tersebut ternyata Agus tinggal di sebelah asrama tentara, sedangkan ayahnya hanya menjadi pedagang sayur di pasar.
Pernyataan di atas menunjukkan bahwa hal tersebut terjadi karena pengaruh lingkungan ....
A.   teman bergaul
B.   lingkungan tetangga
C.   aktivitas dalam masyarakat
D.   keluarga

10.                        Wati , seorang anak perempuan berusia tiga tahun, tetapi ia sudah pandai meniru perilaku Lilis, kakak perempuannya seperti gerak tubuh atau ketika kakaknya sedang berdandan.
Pernyataan di atas merupakan pembentukan perilaku moral dan sikap anak dengan proses ....
A.   internalisasi
B.   imitasi
C.   kemandirian
D.   ekstrovert

Soal  Tugas Indikator No 1- 9
1.      Kebijakan Pengembangan dan pembinaaan Profesi guru menurut PP No. 74 Tahun 2008 adalah . . . .
a.    Pengembangan dan peningkatan Kopetensi bagi guru
b.    Standar Kompetensi Kelulusan
c.    Pengembangan Kurikulum
d.   Ketuntasan Kopetensi Dasar
2.      Kebijakan Guru pembelajar berdasarkan Permen Dikbud No. 16 tahun 2007 adalah . . . .
a.    Aktivitas pembelajaran dilakukan dengan cara kerja kelompok
b.   Aktivitas pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri maupun berbasis kerja kelompok (KKG)
c.    Aktivitas pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri
d.   Aktivitas pembelajaran berpusat pada anak.
3.      Sistem lambang bunyi yang arbirtrer (mana suka) yang digunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerja sama berkomunikasi dan mengidentifikasikan diri merupakan pengertian dari . . . .
a.    Kedudukan Bahasa Indonesia
b.    Fungsi Bahasa Indonesia
c.    Kebijakan Bahasa Indonesia
d.   Hakikat Bahasa Indonesia
4.      Berikut ini merupakan kedudukan Bahasa Indonesia
1)   Bahasa kebangsaan atau bahasa nasional, kedudukannya berada di atas bahasa-bahasa daerah.
2)   Alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang etnis dan sosial-budaya, serta bahasa daerah yang berbeda.
3)   Bahasa negara (bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia
4)   Bahasa resmi dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu dan teknologi.
Urutan yang benar adalah . . . .
a.    1 dan 2                    c. 1 dan 3
b.    2 dan 3                    d. 3 dan 4
5.      Yang bukan merupakan fungsi bahasa Indonesia adalah . . . .
a.       Lambang jati diri (Identitas)
b.      Lambang kebanggaan bangsa
c.       Alat penghubung antar budaya dan daerah
d.      Bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia
6.      Perbedaan kedudukan dan fugsi bahasa Indonesia adalah . . . .
a.    Kedudukannya adalah sebagai Lambang kebanggaan bangsa sedangkan fungsinya Alat penghubung antarbudaya dan antar daerah.
b.   Kedudukannya adalah sudut pandang lingustik banyak ragam bahasa melayu sedangkan fungsi bahasa adalah sebagai jati diri dan lambang kebanggaan bangsa dan alat pemersatu.
c.    Kedudukannya adalah sebagai Bahasa kebangsaan atau bahasa nasional, kedudukannya berada di atas bahasa-bahasa daerah sedangkan fungsinya sebagai Bahasa negara (bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia)
d.   Kedudukannya Alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang etnis dan sosial-budaya, serta bahasa daerah yang berbeda. Sedangkan fungsinya sebagai Alat penghubung antarbudaya dan antardaerah.    
7.      Identifikasi ragam bahasa Indonesia yang benar di bawah ini adalah . . . .
a.    Intim, konsultatif, resmi, dan baku
b.    Intim, konsultatif, baku, fleksibel
c.    Konsultatif, resmi, baku, dan fleksibel
d.   Intim, konsultatif, resmi, dan fleksibel

8.      Yang tidak termasuk contoh ragam bahasa lisan dibawah ini adalah . . . .
a.    Ariani bilang kita harus belajar.
b.    Kita harus bikin karya
c.    Ariani mengatakan bahwa kita harus belajar
d.   Rasanya masih terlalu pagi buat saya, Pak.

9.      Urutan penerapan ragam bahasa Indonesia dalam pembelajaran adalah . . . .
a.    Lisan – Tulisan - bentuk kata struktur- kalimat - kosa kata
b.    kosa kata - bentuk kata struktur – kalimat – Tulisan - Lisan
c.    Lisan - bentuk kata struktur- kalimat - kosa kata - Tulisan
d.   kosa kata - bentuk kata struktur – kalimat – Lisan – Tulisan

Kelompok IX
28.HANISYAH PUTRI
    13.WIMTAMAWI,S.Pd
32.ZARNITA,S.Pd
39.MISRAH,S.Pd

Pilihlah jawaban yang benar a,b,c atau d di bawah ini !
10. Perolehan bahasa anak adalah....
a.     Lingkungan
b.    Bahasa ibu dan lingkungan
c.      Bahasa bapak
d.    Bahasa anak-anak
11. Bahasa anak di kelas tinggi terdiri dari....
a.     300 kata
b.    100 kata
c.      50 kata
d.    25 kata
12. pemerolehan dan pembelajaran bahasa yang berasal dari lingkungan adalah....
a.     ponologi
b.     ponologi,morpologi,sintaksis
c.       morpologi
d.    sintaksis
13.  Tahapan pemerolehan bahasa bunyi vokal dan konsonan disebut....
a.     Ponologi
b.    Morpologi
c.      Sistaksis
d.    Negosiasi
14. faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa adalah....
a.     biologis
b.    lingkungan
c.      biologis,lingkungan sosial,intelegensi dan motivasi
d.    motivasi

15.penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar adalah....
a.     kata
b.    bentuk
c.      kalimat
d.    tata bunyi,bentuk,kata maupun kalimat
16.kaidah tata bentuk dan istilah dalam penggunaan bahasa indonesia yang benar adalah....
a.     ilmu bahasa yang mempelajari seluk beluk kata dan pembentukannya
b.    seluk beluk kata
c.      pembentukan kata
d.    seluk beluk kalimat
17.penggunaan kaidah kelas kata sebagai rujukan penggunaan bahasa indonesia,contohnya....
a.     membuat novel
b.    menulis karangan
c.      menulis surat
d.    membuat cerpen
18.penggunaan kaidah tata kalimat sebagai rujukan bahasa indonesia adalah....
a.     subjek
b.    subjek dan predikat
c.      predikat
d.    subjek,predikat,dan obyek

jawaban :
10. B
11.A
12.B
13.A
14.C
15.D
16.A
17.B
18.D

TUGAS KELOMPOK IV
1.      WARTI
03.  GINI.
27.  UPIK KARSUNAH
19.   ANIZAR NURLELA

73. Proses penghancuran dan penggilingan makanan secara fisik menjadi
      potongan-potongan kecil terjadi pada ….
a. dalam rongga rongga mulut dan lambung
b. dalam rongga rongga mulut dan lidah.
c. dalam rongga rongga mulut dan kerongkongan.
d. dalam rongga rongga mulut dan tenggoro
 74.  Agar kesehatan lambung kita terjaga dengan baik maka ….
a. harus makan secara teratur.
b. harus makan 4 kali sehari.
c. harus makan yang banyak gizinya.
d. harus makan buah yang banyak.

75.  Hidung merupakan tempat awal masuknya udara. Di dalam hidung terdapat
          rambut-rambut hidung yang berfungsi ….
a. menyaring udara.
b. Menyaring debu
c. menyaring air
d. menyaring napas.

76.  Agar terhindar dari penyakit paru-paru kita harus ….
a. banyak istirahat.
b. tidur terus –menerus.
c. menghindari merokok.
d. banyak makan yang manis.
77.  Di dalam tubuh kita terdapat beberapa alat peredaran darah, darah berfungsi      
       untuk ….
a. mengirimkan oksigen dari paru-paru ke jantung.
b. mengirimkan oksigen dari jantung ke hati.
c. mengirimkan oksigen dari seluruh sel-sel ke jaringan paru-paru.
d. mengirimkan oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel jaringan tubuh.

78.  Jantung merupakan alat pemompa darah. Kita harus memelihara agar jantung
          kita tetap sehat dengan ….
a. menghindaran makanan yang berlemak.
b. menghindari makanan yang pedas.
c. menghindari makanan yang manis.
d. menghindari olah raga.

79.  Berikut ini yang merupakan bentuk luar organ tubuh tumbuhan adalah ….
a. bunga, akar, daun, buah dan biji.
b. akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.
c. akar, daun, buah dan biji.
d. buah dan biji, bunga, daun, akar dan batang.

80.  di bawah ini yang tidak termasuk fungsi luar organ tubuh tumbuhan (daun)
          adalah ….
a. tempat menyimpan makanan.
b. tempat tumbuhnya bunga.
c. tempat menyalurkan makanan.
d. tempat terjadinya fotosintesis.

 KELOMPOK 10 :
1. RR SAPTI RAHAYU
2. ULAM SYARI
3. DESVI FARLIANTI
4. NURNONTINA

64. Faktor-faktor kesulitan belajar anak adalah ...
a. faktor dari dalam diri anak
b. faktor dari luar diri anak
c. faktor dari dalam dan luar diri anakm
d. lingkungan
65. Memberikan motivasi belajar pada peserta didik adalah kegiatan pembelajaran yang ...
a. efektif
b. kondusif
c. efesien
d. emualsif
66. Kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar pembelajaran tercapai secara efektif dan efesien disebut ...
a. strategi pembelajaran
b. metode pembelajaran
c. teknik pembelajaran
d. model pembelajaran
67. Model pembelajaran terpadu menggunakan tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran disebut ...
a. model jaring laba-laba (spider webbed)
b. model terhubung
c. model terpadu (integrated)
d. pembelajaran tematik
68. Pembelajaran yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengelola informasi, dan mengkomunikasikan disebut pendekatan ...
a. tematik terpadu
b. saintifik
c. pendekatan integratif
d. a,b, dan c benar
69. 1. Menentukan tema
2. Mendesain rencana pembelajaran
3. Mengintegrasikan tema dengan kurikulum
4. Melaksanakan Aktivitas Pembelmajaran
Tahapan pembelajaran tematik terpadu yang benar adalah ...
a.    1, 2, 3, 4
b.    1, 3, 2, 4
c.     2, 3, 4, 1
d.    3, 1, 2,4
70. Yang merupakan aktivitas pembelajaran tematik terpadu sesuai prinsip keterpaduan atau dan pendekatan saintifik adalah ...
a. tidak memberikan pengalaman langsung kepada siswa
b. sumber belajar terbatas pada buku
c. memberikan pengalaman langsung kepada siswa
d. pemisahan antar mata pelajaran menjadi tampak jelas
71. Metode yang tepat untuk siswa kelas 6 pada pelajaran ipa dengan materi perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif alami adalah ...
a. praktek
b. pengamatan langsung
c. diskusi
d. ceramah
72. Mempraktekkan pembelajaran mata pelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik (pengamatan langsung ).



KUNCI JAWABAN
64. C
65. B
66. A
67. D
68. B
69. B
70. C
71. B
72. -

 TUGAS PEMBAHASAN INDIKATOR MENJADI SOAL
1.WAHYUDI                           ; SDN   09 Argamakmur
2. AINUN JARIAH                 : SDN   06 Argamakmur
3. SUSTIRAH                            : SDN   13 Argamakmur
4. SUPRIYATI                          : SDN   04 Argamakmur
KELOMPOK 5




19
Menggunakan kaidah wacana sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Gunakan kaidah wacana  sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar ?
Satuan bahasa yang lengkap sehingga dalam hikarky gramatikal yang tertinggi atau terbesar
20
Menjelaskan kaidah makna kata dan hubungan makna sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jelaskan kaidah makna kata dan hubungan makna sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia  yang baik dan benar ?
Hubungan kemaknaan antara sebuah kata atau satuan bahasa ( prase) klausa kalimat dengan kata atau satuan bahasa lainnya
21
Menggunakan kaidah makna kata dan hubungan makna sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Gunakan kaidah makna kata dan hubungan makna sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar ?
Berhubungan kesamaan makna (sinonim) Lawan makna  (antonim) kegandaan makna (polisemi),kelainan makna (hononim) dan cakupan makna (hiponim)
22
Menggunakan kaidah pertalian makna sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Gunakan kaidah pertalian makna sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar !
Hubungan yang dapat merupakan kesamaan makna atau kebaikan makna sinonim dan antonimi
23
Menggunakan perubahan makna kata sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Bagaimana cara menggunakan  perubahan makna kata sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
A.      Dengan cara merespon makna-makna konotatif  dan denotatif yang merupakan makna yang ditimbulkan oleh pendengar atau pembaca untuk menstimulus. Sehingga pembaca atau pendengar memperoleh  responsi-responsi dari stimulus tersebut,terkadang  nilai emosional  yang diakiibatkan  muncullah nilai rasa terhadap pengguna /pemakai
24
Menggunakan berbagai jenis idiom, pameo, dan peribahasa sebagai  rujukan  penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Bagaimana cara penggunakan idiom, pameo, dan pribahasa sebagai  rujukan  penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar ?
A.      Penggunaan idiom, pameo dan pribahasa digunakan sesuai dengan kontek atau situasi dimana anak menggunakan  bahasa tersebut.
Misalnya . mengartikan kata atau kalimat dalam suatu teks
25
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif (menyimak) dalam pembelajaran SD kelas tinggi. 
Bagaiman cara menerapan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan  resertip (menyimak) dalam pembelajaran SD kelas tinggi......
A.      Cara menerapkan prinsip  dan prosedur berbahasa secara lisan antara lain menerima pesan dari orang lain dan selanjutny memahami pesan-peasn dalam bentuk lisan, sedangkan prosedurnya antara lain menjawab pertanyaan memahami kalimat dan wacana, merumuskan inti wacana serta menceritakan kembali
26
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif (menyimak) dalam pembelajaran SD kelas tinggi. 
Bagaimana cara menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa lisan pruduktif  (berbicara) dalam pembelajaran kelas tinggi
A.      Prinsip dan prosedur berbicara lisan produktif  (berbicara ) dalam pembelajaran tingkat tinggi yaitu dengan cara bertukar pikiran, penyampaian berita ,bertelepon dan memberi petujuk.
Berbicara formal meliputi ceramah pidato wawancara dan bercerita
27
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif (membaca) dalam pembelajaran SD kelas tinggi.
Penerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara teruli reseiftip ( membaca)  pembelajaran SD kelas tinggi adalah...
A.      Menulis  senada dengan  berbicara, mengandalkan kemampuan berbicara berbahasa yang pada dasarnya bersifat aktif produktif. Menulis mempunyai arti kemempuan berbahasa tulis melengkapi wacana membaca dalam hati dan membaca dengan cepat




 55. Ciri-ciri peserta didik tinggi dan rendah adalah….
      a. disayang teman,dibenci teman
      b. tidak bias mengontrol diri
      c. suka berkelahi
      d. tidak bias bekerja sama
56. Identitas moral peserta didik adalah….
      a. tidak bermoral
      b. membuat masalah
      c. penyelesaian masalah
      d. emosional
57. Diskripsikan perkembangan spiritual tinggi dan rendah adalah….
      a. proses pertumbuhan
      b. penghayatan keagamaan dan kecerdasan spiritual keagamaan
      c. tidak melalui proses penghayatan
      d. tanpa melalui tahap perkembangan
58. Ciri-ciri prilaku peserta didik yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi dan rendah adalah….
      a. melanggar aturan
      b. sering mengganggu teman
      c. tidak mau membantu teman
      d. menghargai antar agama dan  kurang bergaul
59. Identitas kecerdasan spiritual peserta didik adalah….
      a. pemecahan kasus dan diskusi antar agama
      b. tidak mau berdiskusi
      c. suka bekerja sendiri
      d. mempermainkan agama
60. Kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perkembangan aspek moral dan kecerdasan peserta didik adalah….
      a. memberikan kepada anak,hal yang belum diketahui
      b. membiasakan anak tidak bersikap sportif
      c. melatih anak untuk belajar bagaimana menerima kekalahan, bersikap sportif
      d. mebiarkan anak tidak mau bekerja sama
61. Cara mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik adalah….
      a. tidak mau berkomunikas
      b. tidak mau memecahkan masalah
      c. kurang mampu mengeluarkan gagasan dilingkungannya
      d. kemampuan bernalar
62. Identifikasi kemampuan awal peserta  didik berada pada tahap….
      a. operasional dan abstrak
      b. pra operasional,operasi kongkret dan pada awal operasi abstrak
      c. operasi kongkret
      d. pada akhir operasi abstrak
63. Identifikasi kesulitan belajar adalah….
      a. ditanda dengan adanya hambatan dengan mencapai tujuan
      b. tidak mengalami hambatan
      c. tujuan tidak tercapai
      d. tercapai dengan baik






Tidak ada komentar :