KISI-KISI DAN
SOAL UAS SEMESTER I
NAMA SEKOLAH :
SDN 09 ARMA JAYA
|
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
|
Kelas / Semester : VI / 1
|
Standar Kompetensi
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
N0 SOAL
|
|
1.
Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
|
1.1.
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus
yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
|
o
Mencari contoh
hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya:
kelelawar dan cicak
o Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di
sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di
sekitarnya (sonar)
|
1
3
|
|
1.2.
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus
yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan
hidupnya
|
o Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus
untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
o Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di
sekitarnya
|
5
6
|
||
2. Memahami cara perkembangbiakan
makhluk hidup
|
2.1
Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia
dari bayi sampai lanjut usia
|
o Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan
manusia dari bayi sampai lanjut usia
|
7 dan 2
|
|
2.2
Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak
laki-laki dan perempuan
|
o Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan
perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya.
o Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi
|
8 dan 4
|
||
2.3 Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
|
o Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang
biak.
o Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang
biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.
o Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang
biak.
o Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan
cara vegetatif dan generatif.
o Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji
sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
o Menjelaskan peran penyerbukan
o Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya
stek dan cangkok.
|
9
10
11
12
13
14
15
|
||
2.4.
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
|
o Mengidentifikasi berbagai cara manusia berkembang biak.
|
16
|
||
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan lingkungan
|
3.1
Mengidentifik-asi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam
(ekosistem)
|
o Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhi kestabilan ekosistem, misalnya penggunaan bahan kimia dan
penebangan hutan.
o Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada
lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara
berlebihan.
|
17
18
|
|
3.2
Mengidentifika-si bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang
mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
|
o Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering
dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, misalnya kayu jati dan
kayu cendana*).
o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya,
misalnya penanaman tumbuhan kembali dan
membudidayakan tumbuhan langkah.
|
19
20
|
||
3.3
Mengidentifika-si bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang
mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
|
o Mencari contoh bagian tubuh hewan yang sering
dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan tersebut, seperti
gading gajah dan kulit ular *).
o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya,
misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan
langka, membudidayakan hewan langka *).
o
|
21
22
|
||
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup
untuk mencegah kepunahan
|
4.1
Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk
hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat
|
o Mengumpulkan jenis hewan dan tumbuhan
yangmendekati kepunahan
|
23
|
|
4.2
Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk
hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat
|
o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya,
misalnya penanaman tumbuhan kembali dan
membudidayakan tumbuhan langkah
o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya,
misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan
langka, membudidayakan hewan langka *).
o
|
24
23
|
||
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran
dan kegunaan benda
|
5.1
Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas
dari berbagai benda
|
o Membedakan arti konduktor dan isolator.
o Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang
bersifat sebagai konduktor dan isolator panas
Menggolongkan
benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas
|
25
26
27
|
|
5.2
Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
|
o Membuat daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat
rumah tangga yang bersifat konduktor atau isolator.
o Membedakan bahan-bahan yang bersifat konduktor atau
isolator melalui pengamatan.
|
28
29
|
||
6. Memahami faktor
penyebab perubahan benda
|
6.1 Menjelaskan
faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)
melalui pengamatan
|
o Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan
berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya
makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya
o Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan
kondisi yang berbeda
o Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa
tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu,
kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu.
o Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang
mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan,
perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian.
|
30
31 dan 32
33 dan 34
35 dan 36
|
|
6.2 Mengidentifik-asi
faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu
(karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
|
o Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk
keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat
menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air.
o Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam
kehidupan sehari-hari.
|
37 dan 38
39 dan 40
|
![]() |
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UPTD DIKBUD WILAYAH I
ARGAMAKMUR,AIR BESI,ENGGANO, ARMA JAYA
KELOMPOK
KERJA KEPALA SEKOLAH
Alamat : DESA PAGAR BANYU
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN
2016-2017
MATA PELAJARAN
|
: ILMU PENGETAHUAN ALAM
|
KELAS/SEMESTER
|
: VI/I
|
HARI/TANGGAL
|
:
|
WAKTU
|
: 90 MENIT
|
PILIHLAH SATU
JAWABAN A.B.C ATAU D YANG PALING TEPAT
1.
|
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar