Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 05 November 2016

KISI-KISI DAN SOAL UAS SEMESTER I






KISI-KISI DAN SOAL UAS SEMESTER I

NAMA SEKOLAH : SDN 09 ARMA JAYA
Mata Pelajaran      : ILMU PENGETAHUAN ALAM  (IPA)
Kelas / Semester    : VI / 1

Standar Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
N0 SOAL
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

1.1.         Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

o  Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak

o  Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)


1


3

1.2.         Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

o  Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.

o  Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya
5



6

2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
2.1                  Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia


o  Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia



7 dan 2

2.2                  Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan

o  Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya.

o  Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi

8 dan 4

2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

o  Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
o  Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.

o  Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak.
o  Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif.
o  Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
o  Menjelaskan peran penyerbukan




o  Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

9

10


11

12

13
14



15

2.4.                  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia

o  Mengidentifikasi berbagai cara manusia berkembang biak.

16
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan

3.1 Mengidentifik-asi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)

o  Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem, misalnya penggunaan bahan kimia dan penebangan hutan.

o  Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.

17



18

3.2 Mengidentifika-si bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan

o  Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, misalnya kayu jati dan kayu cendana*).

o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan  membudidayakan tumbuhan langkah.

19



20

3.3 Mengidentifika-si bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan

o  Mencari contoh bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan tersebut, seperti gading gajah dan kulit ular *).

o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *).
o   
21






22
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
4.1                                    Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat

o  Mengumpulkan jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan

23

4.2                                    Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat

o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan  membudidayakan tumbuhan langkah

o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *).
o   
24






23
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda

5.1                                    Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda

o  Membedakan arti konduktor dan isolator.

o  Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas

Menggolongkan benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas
25


26


27


5.2                                    Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas

o  Membuat daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor atau isolator.

o  Membedakan bahan-bahan yang bersifat konduktor atau isolator melalui pengamatan.

28



29

 6. Memahami faktor penyebab perubahan benda
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan

o  Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya
o  Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan kondisi yang berbeda
o  Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu.
o  Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian.

30



31 dan 32

33 dan 34



35 dan 36





6.2 Mengidentifik-asi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari

o  Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air.
o  Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

37 dan 38



39 dan 40




Description: D:\Logo\Hitam\INSTANSI PEMERINTAH\Pemda Kab BU.JPG
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UPTD DIKBUD WILAYAH I ARGAMAKMUR,AIR BESI,ENGGANO, ARMA JAYA
KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH
Alamat : DESA PAGAR BANYU


ULANGAN AKHIR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016-2017

MATA PELAJARAN
: ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER
: VI/I
HARI/TANGGAL
:
WAKTU
: 90 MENIT

PILIHLAH SATU JAWABAN A.B.C ATAU D YANG PALING TEPAT

1.
1.
Contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya yaitu…
A.ayam,sapi,kelelawar
B.kelelawar.unta,cicak
G.cicak,kerbau,kambing
D.ayam,sapi,kambing
2.
Pertumbuha   manusia dari bayi sampai lanjut usia yaitu
A.lahir-tengkurap-merangkakp-jalan-lari
B.lahir,kanak-kanak,anak-anak,remaja,dewasa,tua
C.lahir,tambah berat  badan,tambah tinggi badan
D.lahir,tambah berat dan tinggi ,tumbuha gigi
3.
Memiliki kemampuan terbang di malam hari,merupakan mamlia,mempunyai sonar, ciri khusus hewan…
A.buaya
B.musang
C.elang
D.kelelawar
4.
Cara menjaga kebersihan organ-organ reproduksi pada anak laki-laki  yaitu…
A.selesai buang air kecil dibersihkan
B.memakai celan dalam dengan ketat
C.memakai celana dalam selam 2 hari
D.mengkonsumsi alcohol
5.
Contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya yaitu….
A.kaktus,teratai,kantong semar
B.kantong semar,teratai.mawar
C.teratai,mawar,mangga
D.mawar,manga,pisang
6.
Hidup di tempat yang kering, dikelompokkan ke dalam tumbuhan xerofit, Tempat fotosintesis
digantikan oleh batang.adalah ciri khusus dari tumbuhan….
A.kaltus
B.kaktus
C.katus
D.kartus
7.
Perkembangan  manusia dari bayi sampai lanjut usia yaitu
A.lahir-tengkurap-merangkakp-jalan-lari
B.lahir,kanak-kanak,anak-anak,remaja,dewasa,tua
C.lahir,tambah berat badan,tambah tinggi badan
D.lahir,tambah berat dan tinggi bisa jalan
8.
Cara menjaga kebersihan organ-organ reproduksi pada anak perempuan yaitu…
A.meminum ramuan tradisional
B.memakai celan dalam dengan ketat
C.memakai celana dalam selam 2 hari
D.menjaga kebersihan saat haid
9.
Ayam,hiu,ayam arab merupakan hewan yang berkembangbiak  dengan cara….
A.ovivar
B.vivipar
C.ovivivar
D.ovovivivar
10.

No
Ciri
No
Ciri
1
Tidak menyusui anaknya
6
Bentuk tubuh anak yang lahir sama dengan bentuk tubuh induk
2
Pertumbuhan janin relatif lambat.
7
Janin tumbuh di dalam rahim induk betina (masa kehamilan
3
Bentuk tubuh anak umumya sama dengan bentuk tubuh induknya
8
Tidak mempunyai daun telinga.
4
Janin tumbuh di luar tubuh induk betina tetapi di dalam telur bercangkang
9
Induk betina menyusui anaknya
5
Janin memperoleh makanan dari cadangan makanan yang tersimpan
10
Janin memperoleh makanan dari induknya dengan perantaraan tali pusat atau plasenta.
Berdasarkan table di atas perbedaan perkembangbiakan secara vivipara adalah…
A. 3,6,7,9, 10
B.2,6,7,9, 10
C. 1,3,4,6,7
D. 1,2,6,7,8
11.
Identifikasikan cara perkembangbuakan tumbuhan di bawah ini !
A.Mangga: secara generatf dan vegetative
B.Kelapa   :secara vegetating
C.Pisang    :secara vegertatif dan generative
D.Jeruk     :secara generative
12.
Papaya,kelapa,Pisang,bambu ,geragih, cocor bebek (Rhizoma),  Umbi Lapis.Mangga,jeruk,jambu air,jambu biji.
Dari data nama tumbuhan di atas dapat disimpulkan bahwa:
A.ada bermacm-macam jenis tumbuhan
B.tumbuhan ada yang hidup di air dan di darat
C.tumbuhan berkembang biak secara generatif,vegetative
D.tumbuhan ada yang dikotil monokotil
13.
Perhatikan gambar di atas, identifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan
A. a dan c meupakan kepala sari dan mahkota bunga
B. b dan d merupakan dasar bunga dan kelopak bunga
C. e dan f  merupakan tankai buga dan tangkai putik
D.c dan  b merupaan bakal biji dan tangkai bunga
14.
Serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang
berbeda pohon dan tidak sejenis tetapi masih satu family dinamakan penyerbukan….
A.silang
B.tetaangga
C.sendiri
D. bastar,


15.
Langkah praktik mencangkok yan benar adalah…

16.
Cara manusia berkembang biak adalah….
A.ovivar
B.vivipar
C.ovovivivar
D.vivivovivar
17.
Kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem yaitu….
A. Gunung meletus, Tsunami ,Perburuan liar Penebangan liar
B. Perburuan liar Penebangan liar Penggunaan bahan kimia berlebihan
C. Kebakaran hutan ,Gunung meletus, Penggunaan bahan kimia berlebihan
D. Gunung meletus, Penggunaan bahan kimia berlebihan,Tsunami
18.
Zat kimia yang terdapat pada pupuk yang digunakan petani untuk menyuburkan tanaman yang berakibat kelebihan pupuk t akan mengendap di dalam tanah. Jika terjadi hujan, maka pupuk yang tidak digunakan itu akan ikut dalam aliran air.dalam jangka waktu tertentu maka…
A.Pada mulanya pupuk yang berada di dalam danau ini akan menyuburkan tanaman air. Namun, jika jumlahnya sangat banyak pertumbuhan tanaman air
tersebut menjadi tidak terkendali.
B.Pada mulanya pupuk yang berada di dalam danau ini akan menyuburkan tanaman air. Namun, jika jumlahnya sangat banyak pertumbuhan tanaman air
tersebut menjadi  terkendali
C. Pada mulanya pupuk yang berada di dalam danau ini akan menyuburkan tanaman air. Namun, jika jumlahnya sangat banyak pertumbuhan tanaman air
tersebut menjadi  terkendali dengan baik
D. Pada mulanya pupuk yang berada di dalam danau ini akan tifak menyuburkan tanaman air. Namun, jika jumlahnya sangat banyak pertumbuhan tanaman air
tersebut menjadi tidak terkendali
19.
Contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya yaitu,,,,
A. pemanfaatan kayu cendana dipakai sebagai bahan dasar parfum secara maksial dan optimal
B. denagn sebesar-besarnya pemanfaatan kayu cendana dipakai sebagai bahan dasar  parfum  untuk mendapat keuntungan
C. dengan kayu cendana dipakai sebagai bahan dasar parfum dan sabun secara berdaya,hasil guna
D.pemanfaatan kayu cendana dipakai sebagai bahan dasar parfum dan sabun secara  berdaya,hasil guna dengan bijaksana
20.
Cara penanggulanga pemanfaatan  bagian tumbuhan yang sering dilakukan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan yaitu….
A.melaksanakan tebang pilih tanaman
B.memanfaatkan hasil hutan sebaik-baiknya
C.memilih tunbuhan yang besra
D.melaksanakan penghijauan
21.
Contoh bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan adalah…
A.harimau dimanfaatkan kulitnya,gajah dimanfaatkan tenaganya
B.cendrawasih dimanfaatkan keindahan bulunya,kerbau dimanfaatkan dagingnya
C.harimau dimanfaakan kulitnya,gajah dimanfaatkan gadingnya
D. gajah dimanfaatkan tenaganya, cendrawasih dimanfaatkan keindahan bulunya
22.
Cara penanggulangannya harimau agar tidak punah,karena dimanfaatkan kulitnya adalah….
A.melakukan penangkaran
B.mengembangbiakan
C.memproduksi di pabrik garmen
D.membuat  dari bahan sintetis.
23.
Jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan adalah….
A. kayu cendana,bunga raflesia,gajah,orang utan,kambing
B.harimau,gajah,orang utan,komodo,kayu cendana,bunga raflesia,bunga anggrek
C.bunga raflesia,jambu mawar,bunga bangkai,gajah,orang utan ,ular
D. gajah,orang utan,komodo,kayu cendana,bunga raflesia,bunga mawar
24.
Cara penanggulangan jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan adalah….
A.melakuan penangkaran
B.suakmarga satwa
C.memanfaatkan hutan lindung
D.cagar alam
25.
Cara penanggulangannya,harimau agar tidak punah,karena dimanfaatkan  kulitnya adalah….
A.melakuan penangkaran
B.suakmarga satwa
C.menggati bahan imitasi
D.memproduksi kulit
26.
Pernyataan yang tepat adalah….
A. Isolator : benda yang sebagian dapat menghantarkan panas dan  atau listrik
B. konduktor : benda yang tidak dapat menghantarkan panas dan atau listrik
C.Isolator : benda yang  dapat menghantarkan panas dan atau listrik
D.konduktor : benda yang dapat menghantar panas dan atau listrik
27.
Pada gambar percobaan di atas yang menunjukkan sifat isolator adalah….
A.gb. 1 dan b
B.gb.2 dan b
C.gb.2 dan b
D.gb.2 dan d
28.


No
Nama benda
no
Nama benda
1
Cerek
6
setrika
2
Wajan tanah liat
7
Atap seng
3
Lampin kain
8
Ban mobil
4
Asbak aluminium
9
Pensil
5
Meja
10
tembaga
Perhatikan table di atas pengolongna benda sebagai konduktor adalah….
A. 1,2,3,4,5
B. 2,3,6,9,10              
C. 1,4,6,7,10
D. 4,5,7,8,9
29.

No
Nama benda
no
Nama benda
1
Pegangan cerek
6
Gelas
2
Wajan tanah liat
7
penghapus
3
Piring
8
Alas setrika
4
Cobek
9
Pipa ledeng
5
Meja
10
Gayung mandi
Berdasarkan daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat…
A.konvektor
B.isolator
C. konduktor
D. isotator


30.

No
Nama benda
no
Nama benda
1
Cerek
6
setrika
2
Wajan tanah liat
7
sendok
3
Lampin kain
8
piring
4
Cobek
9
Tabung mejik com
5
Meja
10
Gelas
Bahan-bahan yang bersifat  isolator adalah ….
A. 1,2,3,4,5
B. 2,3,5,8,10              
C. 1,4,6,7,10
D. 4,5,7,8,9
31.
Perubahan fisik pada kayu dapat pula disebabkan oleh makhluk hidup atau cuaca, peristiwa tersebut dinamakan….
A.pembusukan                                       
B.perkaratan
C.pelapukan
D.pemuaian
32.
Pada awal pemasangan pintu pagar besi tersebut tampak putih bersih. Namun sekarang muncul bercak-bercak berwarna cokelat.Perubahan fisik pada pagar berbahan besi tersebut dinamakan….
A. perkaratan
B.pelapukan
C.perusakan
D.pembusukan
33.
Jika kamu pergi ke pasar, kamu akan menjumpai sayuran dan buah-buahan yang segar. Namun, ada pula sayuran dan buah-buahan yang rusak dan membusuk.Sayur dan buah yang membusuk dapat disebabkan oleh pengaruh….
A.cuaca
B.rasa
C.bentuk
D.suhu
34.
Coba amati minuman atau makanan dalam kemasan. Pada makanan kemasannya tidak baik terlalu lama disimpan untuk dikonsumsi. Hal ini menunjukkan bahwa … memengaruhi perubahan benda.
A.waktu
B.bentuk
C.rasa
D.cuaca
35.
Nasi ,roti,buah, yang sidah lama dibiarkan akan menjadi rusak,berubah warna,berubah baunya dan tidak baik untuk dikonsumsi.Peristiwa ini dinamakan….
A.perubahan bentuk
B.perubahan rasa
C.pembusukan
D.penguraian
36.
Bangkai ayam,bangkai ikan,bangkai sapi,bangkai babi jika dibiarkan akan membusuk dan lama kelamaan akan habis,peristiwa itu dinamakan….
A.perubahan bentuk
B. penguraian
C.pembusukan
D.proses alami
37.
Bersifat kuat,elastis, kedap air,dapat dilipat dan diregangkan dengan mudah. dapat kembali ke bentuk semula setelah diregangkan.Bahan tersebut merpakan….
A.plastik
B.kain
C.lilin
D.karet


38.
Mempunyai sifat kuat,keras,dapat menghantarkan panas dan listrik, mudah dibentuk,dan kedap (tidak tembus) air,merupakan benda…
A.besi
B.timah
C.logam
D.niel
39.
Kegunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari adalah….
A. ember sebagi tempat air,gayung untuk mengambi air,tempat sampah
B. gayung untuk mengambi air,tempat sampah,alas tidur
C. gayung untuk mengambi air,tempat sampah,masak air
D. ember sebagi tempat air,tempat sampah,tempat minum
40.
Kegunaan karet dalam kehidupan sehari-hari adalah….
A.ban motor,ban sepeda,bola,mainan,tempat minum
B.ban sepeda,bola,mainan,pembungkus kabel
C.ban mobil,ban motor,ban sepeda,bola,mainan
D. bola sepak,bola volli,mainan,tempat minum

Tidak ada komentar :