PEMETAAN KD PENGETAHUAN (KI-3)
KELA IV
NO
|
MUATAN PELAJARAN
|
KOMPETENSI DASAR
|
TEMA 1
|
TEMA 2
|
TEMA 3
|
TEMA 4
|
TEMA 5
|
|||||||||||
ST
|
ST
|
ST
|
ST
|
ST
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
PPKn
|
3.1
|
Memahami
makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
3.2
|
Mengidentifikasi
pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.4
|
Mengidentifikasi
berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2
|
BAHASA
INDONESIA
|
3.1
|
Mencermati
gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis,
atau visual
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Mencermati
keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
|
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.3
|
Menggali
informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
|
V
|
V
|
V
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
||
3.4
|
Membandingkan
teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
|
|
V
|
V
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.5
|
Menguraikan
pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
||
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
|
|
||
3.8
|
Membandingkan
hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
||
3
|
IPA
|
3.6
|
Menerapkan
sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Menganalisis
hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan.
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.8
|
Menjelaskan
pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam
di
lingkungannya.
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
|
|
||
3.5
|
Mengidentifikasi
berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber
energi
alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan
nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.7
|
Menerapkan
sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
||
4
|
IPS
|
3.2
|
Mengidentifikasi
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik
ruang.
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat
provinsi.
|
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.3
|
Mengidentifikasi
kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta
kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai
provinsi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
||
3.4
|
Mengidentifikasi
kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/ atau Islam di lingkungan daerah
setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
||
5
|
PJOK
|
3.1
|
Memahami
variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar
sederhana dan atau tradisional*
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Memahami
variasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui
permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6
|
SBdP
|
3.1
|
Mengenal karya ekspresi dua dan tiga
dimensi.
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
|
|
32
|
3.2
|
Mengenal
elemen music melalui lagu.
|
V
|
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
||
3.3
|
Memahami
dasar-dasar gerak tari daerah
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.4
|
Memahami karya
seni rupa teknik tempel
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar