KISI-KISI SOAL MATEMATIKA
KELAS 4-I
NO
|
KD
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
KUNCI
|
|||||||||||||
1
|
3.1.Menjelaskan
pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
|
Menjelaskan
pecahan senilai dg gambar
|
1.Yang
menunjukan gambar pecahan senilai adalah
A.
![]() ![]() ![]()
D.
![]()
Gambar
di atas menunjukan pecahan…
A.
![]()
B.
![]()
C.
![]()
D.
![]()
3.Pecahan
![]()
A.
![]()
B
![]()
C.
![]()
D.
![]() |
||||||||||||||
2
|
Menjelaskan
berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di
antaranya.
|
4.Bilangan
0,35 jika dibuat menjadi pecahan biasa yang paling sederhana adalah
A.
![]()
B.
![]()
C.
![]()
D.
![]()
5.Bilangan
2
![]()
A.campuran
B.biasa
C.desimal
D.persen
|
|||||||||||||||
3
|
3.3.Menjelaskan
dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua
bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
|
19.
20.
21
22
|
|||||||||||||||
3.4
Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan.
|
23.Faktor
bilangan 18 adalah…
A.
1,2,3,6,9.
B.
1,2,3,6,9,18
C.
2,3,6,9,18
D.
2,3,4,6,9,18
24.Kelipatan
bilangan 5 antara 13dan 47 adalah…
A.10,
15,20,25,30,35,40
B.
15,20,25,30,35,40,45
C. 5,15,20,25,30,35,40
D.15,20,25,30,35,40,45
|
||||||||||||||||
3.5
Menjelaskan bilangan prima.
|
25.Bilangan
yang hanya memiliki 2 faktor dinamakan….
A.ganjil
B.bulat
C.prima D.genap |
||||||||||||||||
3.6.Menjelaskan
dan menentukan faktor
persekutuan,
faktor persekutuan
terbesar
(FPB), kelipatan persekutuan,
kelipatan
persekutuan terkecil (KPK)
dari
dua bilangan berkaitan dengan
kehidupan
sehari-hari
|
26.FPB
dari 18 dan 24 adalah….
A.2
B.4
C.6
D.8
27. Ibu
mempunyai 10 buah apel dan 15 buah mangga. Buah apel dan buah mangga tersebut
akan dibagikan kepada anak-anaknya.Banyaknya anak yang mendapat buah keduanya
nadalah…
A.5
B.10
C. 15
D.20
28. Firdha, Sabrina, dan Riska kursus menari di sanggar yang
sama. Firdha berlatih setiap 6 hari sekali, Sabrina berlatih setiap 8 hari
sekali, dan Sekha berlatih setiap 4 hari sekali.Mereka bertemu bersama pada
hari ke….
A. 12
B. 18
C. 20
D. 24
|
||||||||||||||||
3.7 3.7.Menjelaskan dan melakukan
pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
|
6.Hasil
dari pembulatan penjumlahan 52 m + 0,8 km = ... m
A. 50
m.
B. 51
m.
C. 52
m.
D. 53
m.
7.Pembulatan
penjumlahan 2,5
kuintal – 11,8 kuintal = ... kuintal
A. 18
B. 17
C. 16
D. 15
8.Alat
ukuran baku panjang adalah….
A.depa
B.jengkal
C.lankah
D.meter
|
||||||||||||||||
4
|
3.8.Menganalisis
sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
|
Perhatikan
gambar di bawah ini
![]()
9.Sifat
bangun datar di atas adala mempunyai…
A
lima sisi
B.
enam titik sudut
C.
tujuh simetri lipat
D.
delapan simetri putar
![]()
10.Bangun
datar di atas mempunyai ciri…
A
lima sisi
B.enam
titik sudut
C.tujuh
simetri lipat
D.delapan
simetri putar
|
|||||||||||||||
5
|
3.9.Menjelaskan
dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta
hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
|
![]()
11.Luas
bagun datar di atas adalah….
![]()
A.
10
B.
50
C.
600
D 500
12.Luas
bangun datar dibawah ini adalah…
![]()
20 cm
A.3,3
B.14
C.26
D.60
Keliling
bangun di bawah ini adalah…
|
|||||||||||||||
6
|
3.10.Menjelaskan
hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model
konkret.
|
![]()
13.Pada
gambar di atas garis sejajar dengan L adalah…
A.A
B.K
C.O
D.P
14.Himpunan
titik-titik yang anggotanya lebih dari satu titikadalah….
A.ruas
garis
B.sinar
garis
C.titik
D.garis
15.Gambar
yang menunjukkan sinar garis adalah….
![]() ![]() ![]() ![]()
16.gambara
di bawah ini menunjukan garis….
![]()
A.berhimpitan
B.berpotongan
C.sejajar
D.sama
panjang
|
|||||||||||||||
7
|
3.12.Menjelaskan
dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan
busur derajat.
|
17.Segitiga sama sisi
tiap sudutnya memiliki besaran …
A.
![]()
B.
![]()
C.
![]()
D
![]()
18.segitga
siku-siku ditunjukan oleh…
A.
![]()
B.
![]()
C.
![]()
D.
![]() |
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN
UPT DINAS PENDIDIKAN WILAYAH I

PENILAIAN AKHIR SEMESTER I
|
|
KELAS
|
:IV
|
TAHUN PELAJARAN
|
:2018/2019
|
MATA PELAJARAN
|
:MATEMATIKA
|
WAKTU
|
:120 MENIT
|
PUSAT KEGIATAN GURU
KECAMATAN
ARMA JAYA
I.Pilihlah
jawaban A,B,C dan D yang paling tepat
|
|
|
|
|
II.Isilah titik dengan
jawaban singkat dan tepat!
III.Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan jelas!
|
P
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar