KISI-KISI SOAL MATEMATIKA
KELAS 4-I
NO
|
KD
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
KUNCI
|
|||||||||||||
1
|
3.1.Menjelaskan
pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
|
Menjelaskan
pecahan senilai dg gambar
|
1.Yang
menunjukan gambar pecahan senilai adalah
A.
B.
C
D.
2.
Gambar
di atas menunjukan pecahan…
A.
B.
C.
D.
3.Pecahan
ditunjukan oleh gambar….
A.
B
C.
D.
|
||||||||||||||
2
|
Menjelaskan
berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di
antaranya.
|
4.Bilangan
0,35 jika dibuat menjadi pecahan biasa yang paling sederhana adalah
A.
B.
C.
D.
5.Bilangan
2 adalah
bentuka pecahan….
A.campuran
B.biasa
C.desimal
D.persen
|
|||||||||||||||
3
|
3.3.Menjelaskan
dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua
bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
|
19.
20.
21
22
|
|||||||||||||||
3.4
Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan.
|
23.Faktor
bilangan 18 adalah…
A.
1,2,3,6,9.
B.
1,2,3,6,9,18
C.
2,3,6,9,18
D.
2,3,4,6,9,18
24.Kelipatan
bilangan 5 antara 13dan 47 adalah…
A.10,
15,20,25,30,35,40
B.
15,20,25,30,35,40,45
C. 5,15,20,25,30,35,40
D.15,20,25,30,35,40,45
|
||||||||||||||||
3.5
Menjelaskan bilangan prima.
|
25.Bilangan
yang hanya memiliki 2 faktor dinamakan….
A.ganjil
B.bulat
C.prima D.genap |
||||||||||||||||
3.6.Menjelaskan
dan menentukan faktor
persekutuan,
faktor persekutuan
terbesar
(FPB), kelipatan persekutuan,
kelipatan
persekutuan terkecil (KPK)
dari
dua bilangan berkaitan dengan
kehidupan
sehari-hari
|
26.FPB
dari 18 dan 24 adalah….
A.2
B.4
C.6
D.8
27. Ibu
mempunyai 10 buah apel dan 15 buah mangga. Buah apel dan buah mangga tersebut
akan dibagikan kepada anak-anaknya.Banyaknya anak yang mendapat buah keduanya
nadalah…
A.5
B.10
C. 15
D.20
28. Firdha, Sabrina, dan Riska kursus menari di sanggar yang
sama. Firdha berlatih setiap 6 hari sekali, Sabrina berlatih setiap 8 hari
sekali, dan Sekha berlatih setiap 4 hari sekali.Mereka bertemu bersama pada
hari ke….
A. 12
B. 18
C. 20
D. 24
|
||||||||||||||||
3.7 3.7.Menjelaskan dan melakukan
pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
|
6.Hasil
dari pembulatan penjumlahan 52 m + 0,8 km = ... m
A. 50
m.
B. 51
m.
C. 52
m.
D. 53
m.
7.Pembulatan
penjumlahan 2,5
kuintal – 11,8 kuintal = ... kuintal
A. 18
B. 17
C. 16
D. 15
8.Alat
ukuran baku panjang adalah….
A.depa
B.jengkal
C.lankah
D.meter
|
||||||||||||||||
4
|
3.8.Menganalisis
sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
|
Perhatikan
gambar di bawah ini
9.Sifat
bangun datar di atas adala mempunyai…
A
lima sisi
B.
enam titik sudut
C.
tujuh simetri lipat
D.
delapan simetri putar
Perhatikan gambar di bawah
ini
10.Bangun
datar di atas mempunyai ciri…
A
lima sisi
B.enam
titik sudut
C.tujuh
simetri lipat
D.delapan
simetri putar
|
|||||||||||||||
5
|
3.9.Menjelaskan
dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta
hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
|
11.Luas
bagun datar di atas adalah….
A.
10
B.
50
C.
600
D 500
12.Luas
bangun datar dibawah ini adalah…
20 cm
A.3,3
B.14
C.26
D.60
Keliling
bangun di bawah ini adalah…
|
|||||||||||||||
6
|
3.10.Menjelaskan
hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model
konkret.
|
13.Pada
gambar di atas garis sejajar dengan L adalah…
A.A
B.K
C.O
D.P
14.Himpunan
titik-titik yang anggotanya lebih dari satu titikadalah….
A.ruas
garis
B.sinar
garis
C.titik
D.garis
15.Gambar
yang menunjukkan sinar garis adalah….
A.
B.
C.
D.
16.gambara
di bawah ini menunjukan garis….
A.berhimpitan
B.berpotongan
C.sejajar
D.sama
panjang
|
|||||||||||||||
7
|
3.12.Menjelaskan
dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan
busur derajat.
|
17.Segitiga sama sisi
tiap sudutnya memiliki besaran …
A.
B.
C.
D.
18.segitga
siku-siku ditunjukan oleh…
A.
B.
C.
D.
|
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN
UPT DINAS PENDIDIKAN WILAYAH I
PENILAIAN AKHIR SEMESTER I
|
|
KELAS
|
:IV
|
TAHUN PELAJARAN
|
:2018/2019
|
MATA PELAJARAN
|
:MATEMATIKA
|
WAKTU
|
:120 MENIT
|
PUSAT KEGIATAN GURU
KECAMATAN
ARMA JAYA
I.Pilihlah
jawaban A,B,C dan D yang paling tepat
|
|
|
|
|
II.Isilah titik dengan
jawaban singkat dan tepat!
III.Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan jelas!
|
P
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar