Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 15 Oktober 2012

INSTRUMEN ANALISIS DOKUMEN KTSP



INSTRUMEN ANALISIS
DOKUMEN KTSP



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN
2012

INSTRUMEN ANALISIS DOKUMEN KURIKULUM
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER

Petunjuk Pengisian
1.         Isilah identitas satuan pendidikan yang dikunjungi secara lengkap
2.         Isilah sesuai dengan fakta yang ditemukan, dengan memberi tanda centang (√)  pada kolom pernyataan  yang ada pada instrumen analisis dokumen. 
3.         Informasi dapat diperoleh melalui penelaahan dokumen KTSP, baik dokumen I maupun dokumen II dan/atau wawancara kepada sumber yang kompenten.
4.         Pada kolom Keterangan dapat diisi dengan kondisi/keadaan yang ada, misal :
-        Integrasi nilai pendidikan karakter dan ... tertera pada visi satuan pendidikan
-        Integrasi nilai pendidikan karakter dalam silabus dan RPP

I.         Identitas
Nama Sekolah                  : SMP 1 ARGAMAKMUR
Alamat                             : JLN.R.A. Karini  Argamakmur
Nama Kepala Sekolah     : SUGENG PRAYITNO,M.Pd.
No HP dan email             : 0737 521294 /
Kabupaten/Kota             : BENGKULU UTARA
Provinsi                           : BENGKULU

Komponen/ Aspek
Klasifikasi
Keterangan
Ada
Tidak
1. Integrasi nilai pendidikan karakter, Ekonomi kreatif dan kewirausahaan, pendidikan antikorusi dalam dokumen  Kurikulum
a. Dokumen 1
1.  Latar belakang



v




1.ada tapi belum lengkap terutama pada penanaman anti korupsi
2.  Visi
v

semua aspek sudaah ada tapi terbatas (1 indikator)
3.  Misi
v

semua aspek sudaah ada tapi terbatas (1 indikator
4.  Tujuan Sekolah
v

semua aspek sudaah ada tapi terbatas (1 indikator
5.    Struktur Kurikulum (Mata Pelajaran, Muatan Lokal, dan Pengembangan Diri)
v

semua aspek sudaah ada tapi terbatas (1 indikator
6.    Kalender Pendidikan
v

Perlaksanaan sudah tapi belum terjadual
b. Dalam dokumen II    
SILABUS:
Kelas/Semester: VIII
Mata Pelajaran : IPA
1.  Pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter dalam silabus








v




Tidak dituangakan nilai BKB,keirausaahaan maupun ppendidikan anti korupsi
RPP:
Kelas/Semester: IX/I
Mata Pelajaran : IPA
SK: Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
KD:Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rankaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
2.  Pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter dalam RPP








Tidak dituangakan nilai BKB,keirausaahaan maupun ppendidikan anti korupsi



Kesimpulan:
setelah melihat dokumen I dan II SMPN 01 Argamakmur
1.Belum dituangkan secara jelas  nilai karakter bangsa,nilai-nilai kewirausahaan nilai anti korupsi
2.RPP dan silabus tidak mencantumkan nilai karakter bangsa,kewirausahaan dan nilai-nilai anti korupsi
3.RPP tidak mencantumkan tanggal pelaksanaan,pengesahan guru-kepala sekolah
Saran:
1.Suapaya dalam menyususn dokumen I dan II mencantumkan nilai BKB,ekonomi kreatif dan kewirausaahaan,dan pendidikan anti korupsi
Dan menyampaaikan kepada warga sekolah (  kepala Sekolah,guru,murid,komite,orang tua/wali murid)




Argamakmur,3 Okrtober 2012

 Nama Petugas (TPK)

1.Edy Susilo,S.Pd.      2.Suweni,S.Pd.            





INSTRUMEN OBSERVASI
PEMBELAJARAN










KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN
2012
INSTRUMEN OBSERVASI PEMBELAJARAN


Prov/kab/kota                : BENGKULU/BENGKULU UATARA .
Nama Sekolah               : SMP N -01 ARGAMAKMUR.
Kelas                            : VIII
Mata Pelajaran/Tema     :
SK dan KD                    : Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
                                     Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rankaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu               : 90 Menit
Lama Observasi            : Mulai pukul  07.30 Sampai pukul : 09.00(2 JP)
Jumlah Siswa                : 30
Nama Guru                   :SUHERYANTI,S.Pd.
 Alamat Sekolah            : Jln.R.A Kartini Argamakmur
Petunjuk:
1.         Mintalah Silabus dan RPP untuk dianalisis kesesuaiannya dengan KBM
2.         Catatlah semua kegiatan siswa dan guru untuk setiap 5 menit!

Waktu
(per 5 menit)
Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

Kegiatan Awal

1.Guru membimbing siswa berdoa
2.Guru mengabsen siswa
3.Guru menanyakan PR
4.Guru menyelesaikan PR dengan menulis di papan tulis





1.Siswa Berdoa Bersama
2.Siswa menjawab hadir semua
3.Siswa menyiapkan PR yang sudah dikerjakan
4.Sebagian siswa menjawab soal  secara bersama-sama

Kegiatan Inti

Di RPP tidak dicantumkan, Eksplorasi, elaborasi,konfirmasi
-Ekplorasi
Guru Menanyakan “Apa hokum kirchoff?”
- Elaborasi
Guru menyuruh siswa menjawab soal
- Konfirmasi
Guru menjelaskan materi yang belum dikuasai siswa
Guru menyimpulkan materi pelajaran




Siswa Menjawab pertanyaan

Siswa mengerjakan soal di papan tulis

Siswa memperhatikan penjelasan guru
Siswa mencatat keterangan  guru

Kegiatan Akhir

Guru memberikan tugas di rumah (PR)



Siswa mengerjakan di rumah


ANALISIS KBM:

A.     KEKUATAN
Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan soal
B.      KELEMAHAN
Dalam RPP tercantum kerja kelompok,tapi kenyataannya guru mendominasi pembelajaran

C.     NILAI-NILAI YANG DIKEMBANGKAN
(Pendidikan karakter, Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Pendidikan Antikorupsi)
Kejujuran,tanggungjawab tetapi tidak dituangkan dalam RPP maupun Silabus
Apakah Belajar Aktif digunakan sebagai pendekatan dalam Pembelajaran?
Tidak
Berikan contoh kegiatannya

D.     KESIMPULAN
Dari pengamatan KBM di kelas dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru
E.      REKOMENDASI
........................................................................................................................................................................................................................................


Argamakmur,3 Oktober  2012

Petugas Observasi,

1.      .Drs.  Milseff Hubran,
2.      Rr.Sri Wulandari,S.Pd.





INSTRUMEN OBSERVASI
LINGKUNGAN FISIK SEKOLA

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN
2012
INSTRUMEN OBSERVASI LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH
BERHUBUNGAN DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

I.         Petunjuk Pengisian
1.          Isilah identitas satuan pendidikan dengan lengkap
2.          Informasi diperoleh melalui observasi lingkungan fisik sekolah.
3.          Isilah sesuai dengan fakta dengan memberi tanda centang ( √  )  pada kolom Ya atau Tidak
4.          Pada kolom Keterangan diisi dengan kondisi/keadaan yang ada, misalnya :
-            Memiliki halaman sekolah yang asri.......Ya........ (pada kolom keterangan di isi dengan keterangan tanaman tidak tertata dengan baik)
-            Memiliki tata tertib sekolah ...............Tidak................ (pada kolom keterangan di isi dengan keterangan tata tertib masih banyak dilanggar baik oleh peserta didik maupun tenaga pendidik dan kependidikan)
5.        Data yang diperoleh agar dilengkapi dengan foto.

II.      Identitas
Nama Sekolah                  : SMP Negeri 1 Arga Makmur
Alamat                             : Jl. RA Kartini Kecamatan Kota Arga Makmur
Nama Kepala Sekolah     : Sugeng Prajitno, M.Pd
No HP dan email             : 0811723762
Kabupaten/Kota             : Bengkulu Utara
Provinsi                           : Bengkulu

III.   Aspek/Komponen yang Diobservasi
NO
ASPEK/ KOMPONEN
Ya
Tidak
Keterangan
A.
LINGKUNGAN SEKOLAH
1.     
Mamiliki halaman sekolah yang asri (banyak tanaman, tertata rapi dan indah)


2.     
Memiliki halaman sekolah yang asri tetapi tidak tertata dengan baik


3.     
Halaman sekolah sangat gersang


4.     
Memiliki saluran pembuangan air limbah


5.     
Terdapat biopori (serapan air) di area sekolah


6.     
Tersedia tempat sampah


7.     
Memiliki fasilitas pengolahan sampah


8.     
Memiliki peralatan kebersihan (sapu, kain pel, ember, dll)


9.     
Memiliki tandon penyimpanan air


10.              
Khusus SMK, memiliki penanganan limbah hasil praktik



11.              
Memiliki tempat cuci tangan


12.              
Memiliki kamar mandi dan air bersih


13.              
Memiliki jamban/WC dalam jumlah yang memadai


14.              
Tersedia air bersih di jamban/WC


15.              
Jamban/WC memiliki pintu


16.              
Jamban/WC tampak bersih  dan tidak berbau 


17.              
Terdapat stiker/tulisan menutup kran air setelah digunakan


18.              
Memiliki tata tertib sekolah


19.              
Memiliki catatan kehadiran guru dan siswa


20.              
Terdapat lampu penerangan yang memadai di kelas


21.              
Terdapat stiker/tulisan mematikan listrik bila tidak diperlukan


22.              
Terdapat  slogan atau motto berkaitan dengan pendidikan karakter, kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif


23.              
Tersedia media komunikasi dan informasi (mading)


24.              
Terdapat fasilitas tempat temuan barang hilang


25.              
Ada tempat pengumuman barang hilang


26.              
Tersedia kotak saran dan pengaduan


27.              
Memiliki kantin kejujuran



B.
RUANG KELAS
28.              
Memajang foto presiden dan wakil presiden


29.              
Memajang bendera merah putih


30.              
Memajang lambang Negara


31.              
Memajang foto pahlawan nasional


32.              
Memajang peta Indonesia


33.              
Terdapat tempat sampah


34.              
Terdapat daftar piket


35.              
Memajang hasil karya siswa


36.              
Terdapat tulisan SLOGAN terkait dengan Pendikar







C.
PERPUSTAKAAN
37.              
Terdapat buku kunjungan


38.              
Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang gemar membaca


39.              
Memajang foto presiden, wakil presiden dan lambang Negara


40.              
Memajang peta Indonesia


41.              
Tempat pembuangan sampah


42.              
Memiliki banyak judul buku sesuai dengan keperluan siswa


43.              
Sering dikunjungi siswa ketika istirahat


44.              
Tidak dimanfaatkan untuk membiasakan siswa gemar membaca


45.              
Kondisi perpustakaan kurang layak digunakan



Simpulan:
Sarana fisik dan lingkungan sudah cukup baik
Saran:
  1. Kebersihan lingkungan kantin mohon ditingkatkan
  2. Perpustakaan sekolah perlu penerangan dan penataan ruang mohon diperhatiakn sehingga terlihat rapi dan nyaman.                                                                                      
                                                                                                                        Arga Makmur,  03 Oktober 2012
                                                                                                Tim Kunjungan ke Sekolah  
1.      Dra. Mardiyah
2.      Suhada Syibro Melisi, S.Pd.I
3.      Nur Azizah, S.Pd. Aut



Tidak ada komentar :