INSTRUMEN ANALISIS
DOKUMEN KTSP
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
BADAN PENELITIAN DAN
PENGEMBANGAN
PUSAT KURIKULUM DAN
PERBUKUAN
2012
INSTRUMEN
ANALISIS DOKUMEN KURIKULUM
PENERAPAN
PENDIDIKAN KARAKTER
Petunjuk Pengisian
1.
Isilah identitas satuan pendidikan yang
dikunjungi secara lengkap
2.
Isilah sesuai dengan fakta yang ditemukan, dengan memberi
tanda centang (√) pada kolom
pernyataan yang ada pada instrumen
analisis dokumen.
3.
Informasi dapat diperoleh melalui penelaahan
dokumen KTSP, baik dokumen I maupun dokumen II dan/atau wawancara kepada sumber
yang kompenten.
4.
Pada kolom Keterangan dapat diisi dengan kondisi/keadaan
yang ada, misal :
-
Integrasi nilai pendidikan
karakter dan ... tertera pada visi satuan pendidikan
-
Integrasi nilai pendidikan
karakter dalam silabus dan RPP
I.
Identitas
Nama
Sekolah : SMP
1 ARGAMAKMUR
Alamat
: JLN.R.A.
Karini Argamakmur
Nama
Kepala Sekolah : SUGENG
PRAYITNO,M.Pd.
No
HP dan email : 0737
521294 /
Kabupaten/Kota : BENGKULU UTARA
Provinsi : BENGKULU
Komponen/
Aspek
|
Klasifikasi
|
Keterangan
|
|
Ada
|
Tidak
|
||
1. Integrasi nilai
pendidikan karakter, Ekonomi kreatif dan kewirausahaan,
pendidikan antikorusi dalam dokumen Kurikulum
a. Dokumen 1
1. Latar belakang
|
v
|
|
1.ada tapi
belum lengkap terutama pada penanaman anti korupsi
|
2. Visi
|
v
|
|
semua aspek
sudaah ada tapi terbatas (1 indikator)
|
3. Misi
|
v
|
|
semua aspek
sudaah ada tapi terbatas (1 indikator
|
4. Tujuan Sekolah
|
v
|
|
semua aspek
sudaah ada tapi terbatas (1 indikator
|
5. Struktur
Kurikulum (Mata Pelajaran, Muatan Lokal, dan Pengembangan Diri)
|
v
|
|
semua aspek
sudaah ada tapi terbatas (1 indikator
|
6.
Kalender Pendidikan
|
v
|
|
Perlaksanaan
sudah tapi belum terjadual
|
b. Dalam dokumen II
SILABUS:
Kelas/Semester: VIII
Mata Pelajaran : IPA
1. Pengintegrasian nilai-nilai
pendidikan karakter dalam silabus
|
|
v
|
Tidak dituangakan nilai BKB,keirausaahaan maupun ppendidikan anti korupsi
|
RPP:
Kelas/Semester: IX/I
Mata Pelajaran : IPA
SK: Memahami konsep
kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
KD:Menganalisis
percobaan listrik dinamis dalam suatu rankaian serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
2. Pengintegrasian nilai-nilai
pendidikan karakter dalam RPP
|
|
Tidak dituangakan nilai BKB,keirausaahaan maupun ppendidikan anti korupsi
|
Kesimpulan:
setelah melihat dokumen I dan II SMPN 01
Argamakmur
1.Belum dituangkan secara jelas nilai karakter bangsa,nilai-nilai
kewirausahaan nilai anti korupsi
2.RPP dan silabus tidak mencantumkan
nilai karakter bangsa,kewirausahaan dan nilai-nilai anti korupsi
3.RPP tidak mencantumkan tanggal
pelaksanaan,pengesahan guru-kepala sekolah
Saran:
1.Suapaya dalam menyususn dokumen I dan
II mencantumkan nilai BKB,ekonomi kreatif dan kewirausaahaan,dan pendidikan
anti korupsi
Dan menyampaaikan kepada warga sekolah ( kepala Sekolah,guru,murid,komite,orang
tua/wali murid)
|
Argamakmur,3
Okrtober 2012
Nama Petugas (TPK)
|
INSTRUMEN OBSERVASI
PEMBELAJARAN
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN
PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PUSAT
KURIKULUM DAN PERBUKUAN
2012
INSTRUMEN OBSERVASI PEMBELAJARAN
Prov/kab/kota : BENGKULU/BENGKULU UATARA .
Nama Sekolah : SMP N -01 ARGAMAKMUR.
Kelas : VIII
Mata Pelajaran/Tema :
SK dan KD : Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam
suatu rankaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 90 Menit
Lama Observasi : Mulai pukul 07.30 Sampai pukul : 09.00(2 JP)
Jumlah Siswa : 30
Nama Guru :SUHERYANTI,S.Pd.
Alamat Sekolah : Jln.R.A Kartini Argamakmur
Petunjuk:
1.
Mintalah Silabus dan RPP untuk dianalisis kesesuaiannya dengan KBM
2.
Catatlah semua kegiatan
siswa dan guru untuk setiap 5 menit!
Waktu
(per 5 menit)
|
Kegiatan Belajar
Mengajar
|
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
|
|
Kegiatan Awal
|
|
|
1.Guru membimbing siswa berdoa
2.Guru mengabsen siswa
3.Guru menanyakan PR
4.Guru menyelesaikan PR dengan menulis di papan tulis
|
1.Siswa Berdoa Bersama
2.Siswa menjawab hadir semua
3.Siswa menyiapkan PR yang sudah dikerjakan
4.Sebagian siswa menjawab soal secara bersama-sama
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
Di
RPP tidak dicantumkan, Eksplorasi, elaborasi,konfirmasi
-Ekplorasi
Guru
Menanyakan “Apa hokum kirchoff?”
- Elaborasi
Guru
menyuruh siswa menjawab soal
- Konfirmasi
Guru menjelaskan materi yang belum dikuasai siswa
Guru menyimpulkan materi pelajaran
|
Siswa Menjawab pertanyaan
Siswa mengerjakan soal di papan tulis
Siswa memperhatikan penjelasan guru
Siswa mencatat keterangan guru
|
|
Kegiatan Akhir
|
|
|
Guru memberikan tugas di rumah (PR)
|
Siswa mengerjakan di rumah
|
ANALISIS KBM:
A.
KEKUATAN
Guru
membimbing siswa dalam menyelesaikan soal
B.
KELEMAHAN
Dalam
RPP tercantum kerja kelompok,tapi kenyataannya guru mendominasi pembelajaran
C.
NILAI-NILAI YANG DIKEMBANGKAN
(Pendidikan karakter, Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Pendidikan Antikorupsi)
Kejujuran,tanggungjawab
tetapi tidak dituangkan dalam RPP maupun Silabus
Apakah Belajar Aktif digunakan sebagai pendekatan dalam
Pembelajaran?
Tidak
Berikan contoh kegiatannya
D.
KESIMPULAN
Dari pengamatan KBM di
kelas dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran di kelas masih berpusat
pada guru
E.
REKOMENDASI
........................................................................................................................................................................................................................................
|
Argamakmur,3 Oktober 2012
Petugas Observasi,
1.
.Drs. Milseff Hubran,
2.
Rr.Sri
Wulandari,S.Pd.
INSTRUMEN OBSERVASI
LINGKUNGAN FISIK SEKOLA
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN
PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PUSAT
KURIKULUM DAN PERBUKUAN
2012
INSTRUMEN OBSERVASI LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH
BERHUBUNGAN DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER
I.
Petunjuk Pengisian
1.
Isilah identitas satuan pendidikan dengan lengkap
2.
Informasi diperoleh melalui observasi lingkungan
fisik sekolah.
3.
Isilah sesuai dengan fakta dengan memberi tanda centang (
√ )
pada kolom Ya atau Tidak
4.
Pada kolom Keterangan diisi dengan kondisi/keadaan yang
ada, misalnya :
-
Memiliki halaman sekolah yang asri.......Ya........
(pada kolom keterangan di isi dengan keterangan tanaman tidak tertata dengan baik)
-
Memiliki tata tertib
sekolah ...............Tidak................ (pada kolom keterangan di isi dengan
keterangan tata tertib masih banyak dilanggar baik oleh peserta didik maupun
tenaga pendidik dan kependidikan)
5.
Data yang
diperoleh agar dilengkapi dengan foto.
II.
Identitas
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Arga Makmur
Alamat : Jl. RA Kartini Kecamatan Kota Arga Makmur
Nama Kepala Sekolah : Sugeng
Prajitno, M.Pd
No HP dan email : 0811723762
Kabupaten/Kota : Bengkulu Utara
Provinsi : Bengkulu
III.
Aspek/Komponen
yang Diobservasi
NO
|
ASPEK/ KOMPONEN
|
Ya
|
Tidak
|
Keterangan
|
A.
|
LINGKUNGAN SEKOLAH
|
|||
1.
|
Mamiliki halaman sekolah yang asri (banyak tanaman,
tertata rapi dan indah)
|
√
|
|
|
2.
|
Memiliki halaman sekolah yang asri tetapi tidak tertata
dengan baik
|
√
|
|
|
3.
|
Halaman sekolah sangat gersang
|
√
|
|
|
4.
|
Memiliki saluran pembuangan air limbah
|
√
|
|
|
5.
|
Terdapat biopori (serapan air) di area sekolah
|
√
|
|
|
6.
|
Tersedia tempat sampah
|
√
|
|
|
7.
|
Memiliki fasilitas
pengolahan sampah
|
√
|
|
|
8.
|
Memiliki peralatan
kebersihan (sapu, kain
pel, ember, dll)
|
√
|
|
|
9.
|
Memiliki tandon
penyimpanan air
|
√
|
|
|
10.
|
Khusus SMK, memiliki penanganan limbah hasil praktik
|
|
|
|
11.
|
Memiliki tempat
cuci tangan
|
√
|
|
|
12.
|
Memiliki kamar
mandi dan air bersih
|
√
|
|
|
13.
|
Memiliki jamban/WC
dalam jumlah yang memadai
|
√
|
|
|
14.
|
Tersedia air bersih di jamban/WC
|
√
|
|
|
15.
|
Jamban/WC memiliki pintu
|
√
|
|
|
16.
|
Jamban/WC tampak bersih
dan tidak berbau
|
√
|
|
|
17.
|
Terdapat stiker/tulisan menutup kran air setelah digunakan
|
|
√
|
|
18.
|
Memiliki tata tertib sekolah
|
√
|
|
|
19.
|
Memiliki catatan kehadiran guru
dan siswa
|
√
|
|
|
20.
|
Terdapat lampu penerangan yang
memadai di kelas
|
√
|
|
|
21.
|
Terdapat stiker/tulisan mematikan listrik bila tidak diperlukan
|
|
√
|
|
22.
|
Terdapat slogan atau motto berkaitan dengan
pendidikan karakter, kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif
|
√
|
|
|
23.
|
Tersedia
media komunikasi dan informasi (mading)
|
√
|
|
|
24.
|
Terdapat fasilitas
tempat temuan barang hilang
|
|
√
|
|
25.
|
Ada tempat
pengumuman barang hilang
|
√
|
|
|
26.
|
Tersedia kotak saran dan pengaduan
|
√
|
|
|
27.
|
Memiliki kantin
kejujuran
|
√
|
|
|
|
||||
B.
|
RUANG KELAS
|
|||
28.
|
Memajang
foto presiden dan wakil presiden
|
√
|
|
|
29.
|
Memajang
bendera merah putih
|
|
√
|
|
30.
|
Memajang
lambang Negara
|
√
|
|
|
31.
|
Memajang foto pahlawan nasional
|
√
|
|
|
32.
|
Memajang
peta Indonesia
|
√
|
|
|
33.
|
Terdapat tempat sampah
|
√
|
|
|
34.
|
Terdapat daftar piket
|
√
|
|
|
35.
|
Memajang hasil karya siswa
|
√
|
|
|
36.
|
Terdapat tulisan SLOGAN terkait dengan
Pendikar
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
|
PERPUSTAKAAN
|
|||
37.
|
Terdapat buku kunjungan
|
√
|
|
|
38.
|
Memiliki
pajangan tentang slogan atau motto tentang gemar membaca
|
|
√
|
|
39.
|
Memajang
foto presiden, wakil presiden dan lambang Negara
|
√
|
|
|
40.
|
Memajang
peta Indonesia
|
√
|
|
|
41.
|
Tempat
pembuangan sampah
|
√
|
|
|
42.
|
Memiliki banyak judul buku sesuai
dengan keperluan siswa
|
√
|
|
|
43.
|
Sering dikunjungi siswa ketika
istirahat
|
√
|
|
|
44.
|
Tidak dimanfaatkan untuk membiasakan
siswa gemar membaca
|
|
√
|
|
45.
|
Kondisi perpustakaan kurang layak
digunakan
|
√
|
|
|
Simpulan:
Sarana
fisik dan lingkungan sudah cukup baik
Saran:
- Kebersihan lingkungan kantin mohon ditingkatkan
- Perpustakaan sekolah perlu penerangan dan penataan ruang mohon diperhatiakn sehingga terlihat rapi dan nyaman.
Arga Makmur, 03
Oktober 2012
Tim
Kunjungan ke Sekolah
1.
Dra.
Mardiyah
2.
Suhada
Syibro Melisi, S.Pd.I
3.
Nur
Azizah, S.Pd. Aut
Tidak ada komentar :
Posting Komentar