RPP BERKARAKTER 3 MUTAN NILAI
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN O1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / 2
Materi Pokok : Energi dan
perubahannya
Waktu :
6 x 45 menit (3 x pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktik
Nilai BKB :jujur,toleransi, kerja keras mandiri,demokratis,cinta tanah air semangat
kebangsaan,bersahabat
Nilai kewiraswasataan: mandiri,kreatif,kerja keras,
Nilai
anti korupsi : disiplin,jujur
bertanggung jawab,sederhana, mandiri
A.
Standar
Kompetensi :
7. Mempraktikkan pola penggunaan dan
perpindahan energi
B.
Kompetensi
Dasar
7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak
(model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya
o
Siswa dapat Pemanfaatan gaya dalam berbagai
peralatan :
o
Siswa dapat Melakukan diskusi tentang kegiatan
tersebut
o
Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o
Siswa dapat Menjelaskan faktor yang mempengaruhi
gerak benda
o
Siswa dapat Menyebutkan alat-alat yang
berhubungan dengan gaya dan gerak
o
Siswa dapat Memahami cara kerja dari alat-alat
yang berhubungan dengan gaya dan gerak di atas.
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Gaya dan gerak
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
o Bola
plastik, ranting pohon berbentuk Y, tali karet, kulit bekas tas atau sepatu,
pisau, batu kecil, papan dan batu bata.
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
Apersepsi
dan Motivasi :
o Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi
yang diharapkan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang gaya
F Gerak dan arah benda dipengaruhi oleh
gaya.
F Pemanfaatan gaya dalam berbagai
peralatan :
- Alat
panah
- Katapel
- Jungkat-jungkit
F Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o Memberikan
kesimpulan bahwa gaa mempengaruhi gerak benda sehingga:
- Benda
diam menjadi bergerak
- Benda
bergerak menjadi makin cepat, lambat, berhenti atau berubah arah
|
(5 menit)
|
Melakukan Tugas
|
|
Pertemuan ke-2
|
|
Apersepsi
dan Motivasi :
o Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi
yang diharapkan
o Mengulang
materi sebelumnya
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang gaya
F Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o Memberikan
kesimpulan bahwa
- Semakin
jauh karet yang ditarik semakin jauh lemparan batu
- Gaya
dorong pada dari kedua sisi bergantian pada papan jungkat-jungkit menyebabkan
papan tersebut naik turun.
|
(5 menit)
|
o Tugas
|
|
Pertemuan ke-3
|
|
Apersepsi
dan Motivasi :
o Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi
yang diharapkan
o Mengulang
materi sebelumnya
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Menjelaskan faktor yang mempengaruhi
gerak benda
F
Memahami
cara kerja dari alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak di
atas.
F Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan
alat-alat yang berhubungan
dengan gaya dan gerak
-
Semakin sepeda
-
Mesin jahit
-
Alat timba air
-
Alat penggerek bendera
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o Memberikan
kesimpulan bahwa
- Makin
besar gaya yang diberikan, makin cepat benda bergerak
- Berbagai
alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak yaitu sepeda, mesin jahit, alat
timba air, alat penggerek bendera
|
(5 menit)
|
–
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Membuat
model untuk menunjukkan gaya pengaruh
terhadap gerak, misalnya: membuat model jungkat jungkit dan katapel.
Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan
karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit.
o Memberi
contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
o Buatkanlah model untuk menunjukkan gaya pengaruh terhadap gerak, misalnya: membuat model
jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi
gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit ?
o Sebutkanlah
contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan
sehari-hari. ?
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD,
01Argamakmur
EDY
SUSILO,S.Pd
|
|
Kemumu,Juli
2012
Guru Kelas
VI
HARYANI,S.Pd.SD
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar