Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 02 Januari 2016

SILABUS RPP PKN VI/II



                                          SILABUS RPP PKN VI/II



SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                                       :   SDN 06 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :   VI
Semester                                                 :   2
STANDAR KOMPETENSI                :   3.     Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1.      Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.

§ Kerja sama antar negara di Asia Tenggara.
­   Sejarah ASEAN.
­   Lambang ASEAN
­   Tujuan pokok pembentukan  dan prinsip utama ASEAN
§ Dasar-dasar kerja sama untuk mencapai tujuan pokok
§ Struktur Organisasi ASEAN
§ Struktur sekretariat ASEAN
§ Membahas pengertian kerja sama di negara-negara ASEAN.
§ Membahas sejarah terbentuknya ASEAN.
§ Mengamati peta ASEAN.
§ Mengamati gambar lambang ASEAN
§ Menyebutkan  tujuan pokok pembentukan ASEAN
§ Menyebutkan dasar-dasar kerja sama ASEAN
§ Menyebutkan struktur organisasi ASEAN
§ Membahas struktur sekretariat ASEAN
§ Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN
§ Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
Tugas berkelompok
Tugas individu.
§ Penilaian tulisan.
§ Penilaian lisan
§ Menggambar peta ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri
4 x 35 menit
§ Buku paket (buku Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI,
§ Teman.
§ Orang tua.
§  Koran.

§ Kerja sama Negara-negara ASEAN dalam berbagai bidang.
­   Bidang politik dan keamanan.
­   Bidang ekonomi
­   Bidang sosial budaya
§ Membahas contoh-contoh kerja sama di bidang politik.
§ Membahas bentuk kerja sama dibidang ekonomi
§ Membahas bentuk kerja sama dibidang sosial budaya
§ Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
Tugas individu
§ Penilaian tulisan.
§ Menjelas-kan mengapa ASEAN memben-tuk AFTA.

§ Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 75- 82
§ Teman
§ Orang tua
§ Koran
3.2. Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
§ Peran Indonesia dalam lingkungan Negara-negara di Asia Tenggara.
§ Kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN
§ Membahas peranan Indonesia dalam organisasi ASEAN.
§ Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN
§ Menyebutkan hasil peran aktif Indoneisa dalam ASEAN.
§ Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN
Tugas individu.
Ulangan harian
§ Penilaian tulisan.
§ Pilihan ganda
§ Penilaian
§ lisan atau tertulis (uraian singkat).
§ Membuat karangan mengenai peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
§ KTT ASEAN pertama diadakan di ...
a. Bali
b. Bangkok
c. Singapura
d. Kuala    Lumpur
§ Jelaskan tujuan dibentuknya ASEAN
2 x 35 menit.
§ Buku paket hal  82-90.
§ Buku referensi lain.
§ Koran.
v     Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )











SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                                       :   SDN 06 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :   VI
Semester                                                 :   2
STANDAR KOMPETENSI                :   4.     Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.



§ Politik Luar Negeri Bebas Aktif.
-    Corak politik luar negeri RI yang Bebas dan Aktif.
-    Tujuan politik luar negeri.
-    Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar negeri.

§ Membahas politik negeri RI yang bebas dan aktif.
§ Menjelaskan alasan mengapa Indonesia mengambil sikap netral.
§ Menyebutkan tujuan politik luar negeri.
§ Menjelaskan alasan sikap negara RI melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.
§ Menyebutkan arti kebijakan Bebas-aktif.
§ Menyebutkan tujuan politik luar negeri.
§ Menyebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri.
§ Tugas individu
§ Penilaian lisan.
§ Menjelaskan mengapa negara Indonesia melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.
2 x 35 menit
§ Buku paket (buku Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sri-wilujeng, M.pd.) hal 91-96.
§ Teman.
§ Orang tua.
§ Koran.
4.2. Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan inter-nasional.
§ Peranan politik luar negeri RI dalam percaturan Internasional.
-     Konferensi Asia Afrika.
-     Gerakan Non Blok.
-     OKI.
-      APEC.




§ Membahas konferensi Asia Afrika.
§ Menyebutkan negara-negara anggota Konferensi Asia Afrika.
§ Membahas penyelenggaraan KTT Gerakan Non Blok.
§ Membahas OKI.
§ Menjelaskan peranan Indonesia dalam organisasi APEC.

§ Menyebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional.
§ Menyebutkan isi Dasasila Bandung.
§ Menjelaskan tujuan  dibentuknya gerakan Non Blok.
§ Menyebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok.
§ Menjelaskan tujuan terbentuknya OKI.
§ Menyebutkan tujuan terbentuknya APEC.
§ Tugas  individu
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulisan.
§ Menjelas-kan mengapa Indonesia bersikap aktif dalam memilihara perdamaian dunia.
4 x 35 menit
§ Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 96-106.
§ Teman.
§ Orang tua.
§ Koran.

§ Mengenal politik luar negeri Indonesia.
§ Politik luar negeri bebas aktif.
§ Peranan politik luar negeri RI dalam percaturan Internasio
Nal.
§ Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.
§ Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.
§ Ulangan harian.
§ Pilihan ganda.
§ Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
§ Politik luar negeri Indonesia adalah ...
-     bebas
-     terbuka
-     transparan
-     bebas dan aktif
§ Jelaskan pengertian politik.
2 x 45 menit.
§ Buku paket hal.107-117
§ Buku referensi lain.
§ Orangtua
§ Koran.
v     Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )


Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR



EDY SUSILO,S.Pd
 NIP.196907151993061001
     Argamkmur, Januari 2016
       Guru Kelas IV



       (                                                          )
       NIP.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :SDN 06 ARGAMAKMUR.
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   IV (Empat)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**
3.1 Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.

Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dst.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan.
§  Siswa dapat menjelaskan lembaga legislatif.
§  Siswa dapat menjelaskan lembaga eksekutif.
§  Siswa dapat menjelaskan lembaga yudikatif.
§  Siswa dapat menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan.
§  Siswa dapat menjelaskan Komisi Pemilihan Umum.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Ajar
§  Pengertian pemerintah.
§  Komponen pemerintahan di Indonesia.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§  Kegiatan Awal
Apersepsi :
     Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi  :
     Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
     Mengajak siswa untuk menyebutkan lembaga-lembaga negara (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan sistem pemerintahan tingkat pusat yang akan dibahas.



§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk membaca dan memahami pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan.
F Siswa menyebutkan lembaga-lembaga negara tingkat pusat (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif).
F Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
F Bertanya jawab tentang lembaga-lembaga negara tingkat pusat, yaitu lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD), eksekutif (presiden), dan yudikatif (Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi), serta BPK dan Komisi Pemilihan Umum.
F Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
F Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas setelah melakukan pengamatan sarana-sarana di lingkungan tempat tinggal siswa.
F Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn.

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.




E. Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
§ Menjelaskan lembaga legislatif
§ Menjelaskan lembaga eksekutif
§ Menjelaskan lembaga yudikatif
§ Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
§ Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum

Tugas individu
Tugas kelom-pok

§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  
§ Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan?
§ Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?
§ Apa tugas dan wewenangnya?
§ Apa arti lembaga eksekutif?
§ Apa saja tugas-tugas presiden?
§ Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§ Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?
§ Apa tugas BPK?
§ Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan?

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1




Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR



EDY SUSILO,S.Pd
 NIP.196907151993061001
     Argamkmur, Januari 2016
       Guru Kelas IV



       (                                                          )
       NIP.


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :   SDN 06 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   IV (Empat)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu    :   2 x 35 menit (1 pertemuan).

A.    Standar Kompetensi**
3.1 Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.

B.     Kompetensi Dasar
3.2  Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.

C.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memahami lembaga eksekutif (presiden).

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

D.    Materi Ajar
§  Lembaga eksekutif.

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.

F.     Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§  Kegiatan Awal
Apersepsi :
     Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi  :
     Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati lembaga eksekutif (presiden).
F Bertanya jawab tentang lembaga eksekutif (presiden).
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

G.    Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Memahami lembaga eksekutif (presiden).
§ Tugas individu
§ Tugas kelom-pok
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan penda-pat)
§ Sebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri?








Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1
Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR



EDY SUSILO,S.Pd
 NIP.196907151993061001
     Argamkmur, Januari 2016
       Guru Kelas IV



       (                                                          )
       NIP.















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     : SDN 06 ARGAMAKMUR.
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   IV (Empat)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu    :   4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**
4.   Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

Kompetensi Dasar
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menceritakan proses globalisasi.
§  Siswa dapat menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§  Siswa dapat menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Ajar
§  Arti globalisasi dan sejarahnya.
§  Kita di tengah-tengah globalisasi.
§  Sikap kita terhadap globalisasi.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§  Kegiatan Awal
Apersepsi :
     Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi  :
     Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
     Mengajak siswa untuk menceritakan globalisasi dan pengaruhnya yang dibimbing oleh guru.







§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati cerita sejarah globalisasi.
F Siswa pun diajak untuk memahami arti dan pengaruh globalisasi serta sikap dalam menghadapinya.
F Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
F Bertanya jawab tentang pengaruh globalisasi dan sikap siswa terhadap globalisasi.
F Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
F Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menceritakan proses globalisasi.
§ Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.
Tugas individu
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Buatlah tabel mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.
§ Mengapa permainan playstation atau game di komputer di Indonesia?

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR



EDY SUSILO,S.Pd
 NIP.196907151993061001
     Argamkmur, Januari 2016
       Guru Kelas V



       (                                                          )
       NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 06 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   IV (Empat)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu     :  2 x 35  menit (1 pertemuan).


Standar Kompetensi**
4.   Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

Kompetensi Dasar
4.2 Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan globalisasi kebudayaan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Ajar
§  Sikap kita terhadap globalisasi.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§  Kegiatan Awal
Apersepsi :
     Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi  :
     Mengajak siswa bertanya jawab tentang kebudayaan apa saja yang ada di Indonesia.
     Dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk menyebutkan contoh kebudayaan di Indonesia, seperti tarian tradisional, dan contoh kebudayaan asing.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati kebudayaan yang ada di Indonesia.
F Bertanya jawab tentang kebudayaan di Indonesia dibandingkan dengan kebudayaan asing.




& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan globalisasi kebudayaan.
Tugas individu
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Sebutkan jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional?




Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Pengetahuan


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR



EDY SUSILO,S.Pd
 NIP.196907151993061001
     Argamkmur, Januari 2016
       Guru Kelas IV



       (                                                          )
       NIP.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 06 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   IV (Empat)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu     :  2 x 35  menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi**
4.   Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

Kompetensi Dasar
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Ajar
§  Sikap kita terhadap globalisasi.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§  Kegiatan Awal
     berdoa, presensi, apersepsi dan Mengajak siswa bertanya jawab tentang globalisasi di Indonesia
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati pengaruh globalisasi di Indonesia.
F Mengajak siswa untuk bersikap terhadap pengaruh globalisasi.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;



F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
Tugas individu
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Mengisi kolom skala sikap.
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Bagaimana cara sikap kita terhadap globalisasi?
Format Kriteria Penilaian
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua sala
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR



EDY SUSILO,S.Pd
 NIP.196907151993061001
     Argamkmur, Januari 2016
       Guru Kelas IV



       (                                                          )
       NIP.


Tidak ada komentar :