SILABUS RPP PKN VI/II
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN 06 ARGAMAKMUR
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas :
VI
Semester :
2
STANDAR
KOMPETENSI : 3. Memahami
peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1. Menjelaskan pengertian
kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
|
§ Kerja sama antar negara
di Asia Tenggara.
Sejarah ASEAN.
Lambang ASEAN
Tujuan pokok
pembentukan dan prinsip utama ASEAN
§ Dasar-dasar kerja sama
untuk mencapai tujuan pokok
§ Struktur Organisasi
ASEAN
§ Struktur sekretariat
ASEAN
|
§ Membahas pengertian
kerja sama di negara-negara ASEAN.
§ Membahas sejarah
terbentuknya ASEAN.
§ Mengamati peta ASEAN.
§ Mengamati gambar lambang
ASEAN
§ Menyebutkan tujuan pokok pembentukan ASEAN
§ Menyebutkan dasar-dasar
kerja sama ASEAN
§ Menyebutkan struktur
organisasi ASEAN
§ Membahas struktur sekretariat
ASEAN
|
§ Menyebutkan pengertian
kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Menyebutkan nama para
tokoh pendiri ASEAN.
§ Menyebutkan
negara-negara anggota ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang
ASEAN
§ Menyebutkan nama-nama
yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Menyebutkan tugas pokok
sekretariat Nasional ASEAN
|
Tugas berkelompok
Tugas individu.
|
§ Penilaian tulisan.
§ Penilaian lisan
|
§ Menggambar peta ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang
ASEAN dengan kata-kata sendiri
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket (buku
Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI,
§ Teman.
§ Orang tua.
§ Koran.
|
|
§ Kerja sama Negara-negara
ASEAN dalam berbagai bidang.
Bidang politik dan keamanan.
Bidang ekonomi
Bidang sosial budaya
|
§ Membahas contoh-contoh
kerja sama di bidang politik.
§ Membahas bentuk kerja sama
dibidang ekonomi
§ Membahas bentuk kerja
sama dibidang sosial budaya
|
§ Menyebutkan
langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Menyebutkan contoh
bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Menyebutkan upaya-upaya
ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Menyebutkan upaya-upaya
ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
|
Tugas individu
|
§ Penilaian tulisan.
|
§ Menjelas-kan mengapa
ASEAN memben-tuk AFTA.
|
|
§ Buku paket (buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 75- 82
§ Teman
§ Orang tua
§ Koran
|
3.2. Memberikan contoh peran Indonesia dalam
lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
|
§ Peran Indonesia dalam
lingkungan Negara-negara di Asia Tenggara.
§ Kerja sama negara-negara
ASEAN.
§ Peran Indonesia dalam
lingkungan negara-negara ASEAN
|
§ Membahas peranan
Indonesia dalam organisasi ASEAN.
§ Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia
dalam lingkungan negara ASEAN
|
§ Menyebutkan hasil peran
aktif Indoneisa dalam ASEAN.
§ Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan
peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN
|
Tugas individu.
Ulangan harian
|
§ Penilaian tulisan.
§ Pilihan ganda
§ Penilaian
§ lisan atau tertulis
(uraian singkat).
|
§ Membuat karangan
mengenai peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
§ KTT ASEAN pertama diadakan di ...
a. Bali
b. Bangkok
c. Singapura
d. Kuala Lumpur
§ Jelaskan tujuan
dibentuknya ASEAN
|
2 x 35 menit.
|
§ Buku paket hal 82-90.
§ Buku referensi lain.
§ Koran.
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
)Berani ( courage ), Integritas (
integrity ), Peduli ( caring ),
Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN 06 ARGAMAKMUR
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas :
VI
Semester :
2
STANDAR
KOMPETENSI : 4. Memahami
peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia
yang bebas dan aktif.
|
§ Politik Luar Negeri Bebas
Aktif.
- Corak politik luar
negeri RI yang Bebas dan Aktif.
- Tujuan politik luar
negeri.
- Faktor-faktor yang
mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar negeri.
|
§ Membahas politik negeri
RI yang bebas dan aktif.
§ Menjelaskan alasan
mengapa Indonesia mengambil sikap netral.
§ Menyebutkan tujuan
politik luar negeri.
§ Menjelaskan alasan sikap
negara RI melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.
|
§ Menyebutkan arti
kebijakan Bebas-aktif.
§ Menyebutkan tujuan
politik luar negeri.
§ Menyebutkan faktor yang
menentukan perumusan politik luar negeri.
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian lisan.
|
§ Menjelaskan mengapa negara
Indonesia melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket (buku
Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sri-wilujeng, M.pd.) hal 91-96.
§ Teman.
§ Orang tua.
§ Koran.
|
4.2. Memberikan contoh peranan politik luar
negeri Indonesia dalam percaturan inter-nasional.
|
§ Peranan politik luar
negeri RI dalam percaturan Internasional.
- Konferensi Asia Afrika.
- Gerakan Non Blok.
- OKI.
- APEC.
|
§ Membahas konferensi Asia Afrika.
§ Menyebutkan
negara-negara anggota Konferensi Asia Afrika.
§ Membahas penyelenggaraan
KTT Gerakan Non Blok.
§ Membahas OKI.
§ Menjelaskan peranan
Indonesia dalam organisasi APEC.
|
§ Menyebutkan hasil
politik bebas aktif RI di forum internasional.
§ Menyebutkan isi Dasasila
Bandung.
§ Menjelaskan tujuan dibentuknya gerakan Non Blok.
§ Menyebutkan syarat untuk
menghadiri KTT Non Blok.
§ Menjelaskan tujuan
terbentuknya OKI.
§ Menyebutkan tujuan
terbentuknya APEC.
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulisan.
|
§ Menjelas-kan mengapa
Indonesia bersikap aktif dalam memilihara perdamaian dunia.
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket (buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 96-106.
§ Teman.
§ Orang tua.
§ Koran.
|
|
§ Mengenal politik luar negeri
Indonesia.
§ Politik luar negeri
bebas aktif.
§ Peranan politik luar
negeri RI dalam percaturan Internasio
Nal.
|
§ Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan politik luar negeri bebas aktif dan peranan
politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.
|
§ Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan
peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.
|
§ Ulangan harian.
|
§ Pilihan ganda.
§ Penilaian lisan atau
tertulis (uraian singkat).
|
§ Politik luar negeri
Indonesia adalah ...
- bebas
- terbuka
- transparan
- bebas dan aktif
§ Jelaskan
pengertian politik.
|
2 x 45 menit.
|
§ Buku paket hal.107-117
§ Buku referensi lain.
§ Orangtua
§ Koran.
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
)Berani ( courage ), Integritas (
integrity ), Peduli ( caring ),
Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
|
Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR
EDY SUSILO,S.Pd
NIP.196907151993061001
|
Argamkmur, Januari 2016
Guru Kelas IV
(
)
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :SDN 06 ARGAMAKMUR.
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : IV
(Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
3.1 Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan
pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dst.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian
pemerintah dan sistem pemerintahan.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga
legislatif.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga eksekutif.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga yudikatif.
§ Siswa dapat menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan.
§ Siswa dapat menjelaskan Komisi Pemilihan
Umum.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Pengertian pemerintah.
§ Komponen pemerintahan di Indonesia.
C. Pendekatan dan
Metode Pembelajaran
Pendekatan
kontekstual.
Pendekatan
Cooperative Learning.
Diskusi
dengan teman sebangku.
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
Apersepsi :
–
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi
:
–
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan
apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat
ke sekolah.
–
Mengajak siswa untuk menyebutkan lembaga-lembaga
negara (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif) yang dibimbing oleh guru.
Tanya jawab ini dikaitkan dengan
sistem pemerintahan tingkat pusat yang akan dibahas.
§
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk membaca dan
memahami pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan.
F Siswa menyebutkan lembaga-lembaga negara
tingkat pusat (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif).
F Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
F Bertanya jawab tentang lembaga-lembaga
negara tingkat pusat, yaitu lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD), eksekutif
(presiden), dan yudikatif (Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi), serta BPK
dan Komisi Pemilihan Umum.
F Mengajak siswa
menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui
“Pertanyaan Pemahaman”.
F Menugaskan siswa untuk memberikan laporan
hasil pengamatan tentang materi yang dibahas setelah melakukan pengamatan
sarana-sarana di lingkungan tempat tinggal siswa.
F Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal
yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan
Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem
pemerintahan
§ Menjelaskan lembaga legislatif
§ Menjelaskan lembaga eksekutif
§ Menjelaskan lembaga yudikatif
§ Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
§ Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum
|
Tugas
individu
Tugas
kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan
pendapat)
§
|
§ Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan?
§ Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?
§ Apa tugas dan wewenangnya?
§ Apa arti lembaga eksekutif?
§ Apa saja tugas-tugas presiden?
§ Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§ Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?
§ Apa tugas BPK?
§ Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan?
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR
EDY SUSILO,S.Pd
NIP.196907151993061001
|
Argamkmur, Januari 2016
Guru Kelas IV
(
)
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
06 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit (1 pertemuan).
A.
Standar Kompetensi**
3.1 Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat.
B.
Kompetensi Dasar
3.2
Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden,
wakil presiden, dan para menteri.
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami lembaga eksekutif
(presiden).
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring
), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
D.
Materi Ajar
§ Lembaga eksekutif.
E.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
kontekstual.
Pendekatan
Cooperative Learning.
Diskusi
dengan teman sebangku.
Penugasan.
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
Apersepsi :
–
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi
:
–
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan
apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
§
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati
lembaga eksekutif (presiden).
F Bertanya jawab tentang lembaga eksekutif
(presiden).
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
G.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Memahami lembaga eksekutif (presiden).
|
§ Tugas individu
§ Tugas kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan
penda-pat)
|
§ Sebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti
presiden, wakil presiden, dan para menteri?
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR
EDY SUSILO,S.Pd
NIP.196907151993061001
|
Argamkmur, Januari 2016
Guru Kelas IV
(
)
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN 06 ARGAMAKMUR.
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
4. Menunjukkan
sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menceritakan proses
globalisasi.
§ Siswa dapat menyebutkan pengaruh
globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Siswa dapat menjelaskan sikap terhadap
pengaruh globalisasi.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Arti globalisasi dan sejarahnya.
§ Kita di tengah-tengah globalisasi.
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
kontekstual.
Pendekatan
Cooperative Learning.
Diskusi
dengan teman sebangku.
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
Apersepsi :
–
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi
:
–
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan
apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat
ke sekolah.
–
Mengajak siswa untuk menceritakan globalisasi
dan pengaruhnya yang dibimbing oleh guru.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati cerita
sejarah globalisasi.
F Siswa pun diajak untuk memahami arti dan
pengaruh globalisasi serta sikap dalam menghadapinya.
F Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
F Bertanya jawab tentang pengaruh
globalisasi dan sikap siswa terhadap globalisasi.
F Mengajak siswa menyimak “Saya
Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui
“Pertanyaan Pemahaman”.
F Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal
yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menceritakan proses globalisasi.
§ Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan,
permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan
pendapat)
§ Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
|
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Buatlah tabel mengenai makanan
impor apa saja yang digemari di
§ Mengapa permainan playstation
atau game di komputer di
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR
EDY SUSILO,S.Pd
NIP.196907151993061001
|
Argamkmur, Januari 2016
Guru Kelas V
(
)
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
06 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : IV
(Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit (1 pertemuan).
Standar
Kompetensi**
4. Menunjukkan
sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar
4.2 Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang
pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan globalisasi
kebudayaan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring
), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
kontekstual.
Pendekatan
Cooperative Learning.
Diskusi
dengan teman sebangku.
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
Apersepsi :
–
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi
:
–
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kebudayaan
apa saja yang ada di Indonesia .
–
Dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk
menyebutkan contoh kebudayaan di Indonesia , seperti tarian
tradisional, dan contoh kebudayaan asing.
§
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati
kebudayaan yang ada di Indonesia .
F Bertanya jawab tentang kebudayaan di Indonesia
dibandingkan dengan kebudayaan asing.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan globalisasi kebudayaan.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
|
§ Buatlah daftar mengenai jenis
budaya asing yang kini popular di Indonesia.
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Sebutkan jenis budaya
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR
EDY SUSILO,S.Pd
NIP.196907151993061001
|
Argamkmur, Januari 2016
Guru Kelas IV
(
)
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
06 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : IV
(Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi**
4. Menunjukkan
sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di
lingkungannya.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan sikap kita
terhadap globalisasi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring
), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
kontekstual.
Pendekatan
Cooperative Learning.
Diskusi
dengan teman sebangku.
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
berdoa, presensi, apersepsi dan Mengajak siswa
bertanya jawab tentang globalisasi di Indonesia
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati
pengaruh globalisasi di Indonesia.
F Mengajak siswa untuk bersikap terhadap
pengaruh globalisasi.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
|
§ Mengisi kolom skala sikap.
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Bagaimana cara sikap kita
terhadap globalisasi?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua sala
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SDN 06 ARGAMAKMUR
EDY SUSILO,S.Pd
NIP.196907151993061001
|
Argamkmur, Januari 2016
Guru Kelas IV
(
)
NIP.
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar