Fitur-fitur dan Struktur Pembelajaran dalam Moda Daring
LK-6a. Fitur-fitur dan Struktur Pembelajaran dalam Moda Daring
Tujuan:
1. Memahami fitur-fitur dalam sistem
Guru Pembelajar daring
2. Mempraktikkan penggunaan fitur page, book, lesson,
file, folder, message, forum, blog, e-portfolio, chat, video conference, quiz pada LMS Moodle
3. Menguraikan struktur pembelajaran modul
daring
Langkah-langkah:
1. membuka
website dan log in
2. menuliskan fungsi fitur pada setiap Ikon dalam pembelajaran
sesuai format pengenalan fitur
3. mencermati dan menuliskan nama kegiatan pembelajaran di
setiap sesi modul Moda
Daring sesuai format LK-6a.
4. menuliskan Fitur yang digunakan di kegiatan
pembelajaran pada setiap sesinya
5. Mendeskripsikan manfaat fitur dalam pembelajaran Moda
daring
Bagian 1: Format Pengenalan Fitur
Ikon Fitur
|
Fungsi Fitur pada Pembelajaran Moda
Daring
|
|
•
Fitur
di dalam moodle yang berupa laman web yang dapat menyajikan text,
gambar, suara, video, atau tautan web.
•
Pada
Moda Daring, Page digunakan
untuk menampilkan petunjuk atau pengantar sesi
|
|
•
Fitur
di dalam moodle yang bisa menampung kumpulan file
•
Penggunaan
folder bertujuan menampilkan kumpulan file yang lebih rapi daripada
menampilkan file satu per satu dalam daftar.
•
Pada
Moda Daring, Folder digunakan untuk menampung kumpulan file Lembar Kerja (LK) atau
bahan bacaan
|
|
Microsoft Word (MS. Word)
merupakan salah satu perangkat lunak aplikasi dari Microsoft Office yang
digunakan untuk pengelolaan teks, pengelolaan dokumen, dan laporan.
|
|
File dalam format pdf yang dapat di unduh/download
|
|
• Fitur di dalam moodle yang memuat beberapa
halaman selayaknya sebuah buku yang terdiri atas bab dan sub-bab.
• Book dapat berisi file media serta teks yang
berguna untuk menampilkan detil informasi yang dapat dipecah menjadi beberapa
bagian dan halaman.
•
Pada
Moda Daring, Book digunakan
untuk memuat bahan bacaan
|
|
•
Fitur
di dalam moodle yang berupa rangkaian aktivitas pembelajaran
•
Pada
lesson bisa memuat bahan bacaan dan pertanyaan tentang suatu
materi.
•
Pada
moda daring, lesson memuat aktivitas pembelajaran secara bertahap yang
dapat membimbing peserta dalam memahami materi sesi
•
Lesson
digunakan pendalaman konsep disertai latihan atau penguatan melalui
pertanyaan-pertanyaan yang dilengkapi dengan umpan balik
|
|
• Fitur di dalam moodle yang digunakan untuk melakukan
diskusi, sharing (gagasan, pengalaman maupun dokumen) antar user
• Pada Moda Daring, fitur ini dimanfaatkan untuk learning community agar
terjadi pembelajaran kolaboratif antar peserta
|
|
•
Fitur
di dalam moodle yang digunakan sebagai media percakapan real time (syncrhronous)
melalui tulisan.
•
Fitur
ini biasanya dimanfaatkan sebagai media komunikasi secara langsung antara
pengampu, Mentor dengan peserta (guru)
|
|
• Fitur di dalam moodle yang digunakan untuk
menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk
dibagikan secara umum
• Pada Moda Daring, Blog digunakan untuk merefleksikan hasil pembelajaran yang telah diperoleh
peserta di setiap akhir sesi
|
|
• Fitur di dalam moodle ini dapat memuat banyak
pertanyaan/pernyataan dan jawaban untuk mengukur kemampuan peserta
• Fitur ini biasanya dimanfaatkan sebagai penilaian
secara formatif dan sumatif
|
|
Pengisian kuisioner
|
Bagian 2 : Format Kajian Struktur Pembelajaran Moda Daring
1. Mata
Pelajaran/Paket Keahlian: kelas tinggi
2. Kelompok
Kompetensi :
3. Judul
Modu l:
Sesi
|
Nama Kegiatan
|
Fitur*
|
Manfaat Fitur dalam
Pembelajaran Moda Daring
|
Pendahuluan
|
Kebijakan
Pengembangan dan Pembinaan Profesi Guru dan Guru Pembelajar
Penjelasan
Umum Kegiatan Guru Pembelajar Daring
Saran
dan Cara Penggunaan Modul Guru Tinggi KK E
Alur
Kegiatan Pembelajaran Daring
|
Book
Lesson
Page
Lesson
|
Memperoleh
gambaran kebijakan GTK
Memuat
informasi kegiatan
Memuat
petunjuk belajar dalam memperlajari modul
Memuat
tahapan pelaksanaan kegiatan
|
Sesi 1
|
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Kegiatan Pembelajaran
Pengantar
Sesi 1
1.1
Konsep Penilaian
1.2
Pengembangan instrument Penilaian Pembelajaran
Petunjuk
Pelaksanaan Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Forum Sesi-1
Bahan Rujukan
Bahan
Bacaan Sesi 1
Lembar
Kerja Sesi 1
Refleksi
Refleksi
Sesi 1
Penilaian
Penilaian
Diri Sesi 1
Tes
Sumatif Sesi 1
|
Page
Lesson
Lesson
Page
Forum
Folder
Folder
Page
Quiz
Quiz
|
Memuat alur kegiatan
Penguraian materi
Penguraian materi
Memuat tagihan dan Penilaian diri
Tanya jawab atas masalah dalam forum
Penguraian Materi secara mendalam
Menampung berbagai manfaat dan pengalaman yang
dirasakan peserta.
Memuat penilaian diri untuk mungukur penguasaan secara
mandiri
Memuat soal untuk mengukur penguasaan dalam sesi tsb.
|
Sesi 2
|
MATERI DAN ENERGI 1
Kegiatan
Pembelajaran
Pengantar Sesi 2
Kegiatan 2.1 Pengkajian Konsep Sifat
Benda Berdasaerkan Wujudnya
Mengamati Video Campuran
Kegiatan 2.2 Pengkajian Konsep
Campuran Homogen dan Heterogen
Petunjuk
Pelaksanaan Materi Energi 1
Forum Sesi 2
Bahan Rujukan
Bahan Bacaan Sesi 2
Kumpulan LK Sesi 2
Refleksi dan
Umpan Balik
Refleksi Sesi 2
Umpan Balik Akhir Sesi 1 dan Sesi 2
Penilaian
Penilaian Diri Sesi 2
Tes Sumatif Sesi 2
|
Page
Lesson
Feedback
Lesson
Page
Forum
Folder
Folder
Page
Quisionnaire
Quiz
Quiz
|
Memuat alur
kegiatan
Penguraian
materi
Memperjelas
konsep
Penguraian
materi dan menarik perhatian
Penguraian
konsep
Memuat
langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Memuat diskusi
sesama peserta
Memuat uraian
materi
Menampung
berbagai manfaat dan pengalaman yang dirasakan peserta
Penilaian
keterlaksanaan dengan smily face.
Memuat
penilaian diri untuk mungukur penguasaan secara mandiri
Memuat soal
untuk mengukur penguasaan dalam sesi tsb.
|
Sesi 3
|
MATERI DAN ENERGI 2
Kegiatan Pembelajaran
Pengantar Sesi 3
Kegiatan 3.1 Menelaah Konsep Energi dan Perubahannya
Kegiatan 3.2 Menelaah Konsep Pesawat Sederhana
Petunjuk Pelaksanaan Pengkajian energy dan Perubahannya serta
Pesawat Sederhana
Forum Sesi 3
Bahan Rujukan
Bahan Bacaan Sesi 3
Lembar Kerja Sesi 3
Refleksi dan Umpan Balik
Reflkesi sesi 3
Penilaian
Penilaian diri Sesi 3
Tes Sumatif Sesi 3
|
Page
Lesson
Lesson
Page
Forum
Folder
Folder
Page
Quiz
Quiz
|
Uraian sama dengan di atas sesuai
kesamaan fitur yang ada
|
Sesi 4
|
PERUBAHAN WAKTU
Kegiatan
Pembelajaran
Pengantar Sesi 4
Kegiatan 4.1 Perubahan Siang dan
Malam
Petunjuk Pelaksanaan Perubahan Waktu
Forum Sesi 4
Bahan Rujukan
Bahan Bacaan Sesi 4
Kumpulan LK Sesi 4
Refleksi dan
Umpan Balik
Refleksi Sesi 4
Umpan Balik Akhir Sesi 3 dan Sesi 4
Penilaian
Penilaian Diri Sesi 4
Tes Sumatif Sesi 4
|
Page
Lesson
Page
Forum
Folder
Folder
Page
Page
Quesionnaire
Quiz
Quiz
|
Uraian sama
dengan di atas sesuai kesamaan fitur yang ada
|
Penutup
|
PENUTUP
Kesimpulan dan Umpan Balik
Penutup
Evaluasi Pelatihan
Tes Akhir
|
Page
Page
Questionnaire
Quiz
|
Memuat permintaan membuat tulisan
Memuat motivasi untuk terus belajar
Memuat evaluasi keterlaksanaan kegiatan
Memuat evaluasi untuk mengukur penguasaan materi
secara menyeluruh.
|
R-6a. Rubrik Pemanfaatan Fitur dalam Pembelajaran Moda Daring
Rubrik
ini digunakan untuk menilai proses pembelajaran Pengenalan Fitur-fitur dalam
sistem Moda Daring.
Langkah-langkah penilaian:
1. Cermati tugas
yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-6a!
2. Berikan nilai terhadap hasil kegiatan peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria:
1. Mengenal fitur-fitur yang digunakan dalam pembelajaran
Moda Daring.
2. Menuliskan
fitur-fitur
pembelajaran yang digunakan pada setiap sesi dengan tepat.
3. Menuliskan nama kegiatan pada setiap sesi dengan benar.
4. Mendeskripsikan pemanfaatan fitur-fitur di setiap
kegiatan pembelajaran.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Empat aspek sesuai dengan
kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Tiga aspek sesuai dengan
kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Dua aspek sesuai dengan
kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Satu aspek sesuai dengan
kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
Edy susilo,
SDN 06
ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA
3 komentar :
Trimakasih, bisa di jadikan bhan referensi Bpk
Thanks sangat bermanfaat
Good Job, thanks..Brooo
Posting Komentar