Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 23 Agustus 2018

PEMBELAJARAN TEMA 3 KELAS 4


                                   

Alokasi waktu                  : 66 jam pelajaran




Pembelajaran
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
Materi Pokok

Subtema 1: Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku  (22 jam pelajaran)


·      Mengamati teks/gambar tentang hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
·      Berdiskusi dan tanya jawab tentang hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam


·      Melakukan refleksi dan mendiskusikan hak dan kewajiban tentang kegiatan menanam dan merawat tumbuhan
·      Membaca dan mencermati keterampilan dan sikap yang baik dalam melakukan wawancara
·      Menyusun daftar pertanyaan tentang hak dan kewajiban untuk memelihara hewan dan tumbuhan

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2

·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam
·   Kewajiban  dan hak memanfaatkan tumbuhan




·      Melakukan simulasi wawancara kepada masyarakat sekitar sesuai pertanyaan yang telah disusun
·      Melakukan penaksiran bilangan desimal, pecahan (menggunakan media tumbuhan atau hewan yang ada di sekitar)

BI KD 3.3
BI KD 4.3
·   Wawancara


·      Mengamati dan mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya (tumbuhan yang ada di sekitar)

IPA KD 3.1
IPA KD 4.1
·   Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
·      Menanam satu jenis tanaman dan merawatnya
·      Membuat jadwal merawat tanaman
·      Membuat tabel pengamatan untuk mencatat pertumbuhan tanaman yang dirawatnya (dibutuhkan waktu untuk dapat mengisi dan melaporkannya)

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam




·      Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia (pantai,dataran rendah dan dataran tinggi)
·      Menggali informasi tentang karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
·   Karakteristik tiga bentang alam yaitu pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi
·   Karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam

·      Berkreasi membuat kolase  dari bahan alam tentang hewan atau tumbuhan di sekitarnya
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
·   Kolase
·   Apresiasi terhadap karya seni
·      Menuliskan apresiasi dan saran  atas hasil karya temannya



Subtema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku
(22 jam pelajaran)


·      Mengamati gambar hewan atau tumbuhan di Indonesia yang dilindungi dan langka (Misalnya. Komodo, Badak Bercula, bunga bangkai)
·      Berdiskusi tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
·      Menuliskan saran menurut siswa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
·      Membaca teks tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·      Mengumpulkan gambar tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·      Membuat poster tentang upaya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka dan dilindungi
·      Melakukan kampanye ajakan untuk meletarikan hewan menggunakan poster yang telah dibuat

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8


·   Hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam












·      Membaca teks tentang cara membuat pertanyaan dan hasil wawancara
·      Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara kepada pengelola kebun binatang setempat (bila memungkinkan) atau peternak atau petani tentang pemeliharaan hewan atau tanaman
·      Melakukan wawancara

BI KD 3.3
BI KD 4.3
·   Wawancara




·      Mengamati hewan peliharaan dan menjawab pertanyaan
·      Menuliskan pengalaman merawat hewan peliharaan atau pengalaman menyayangi hewan di sekitarnya

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Kegunaan hewan bagi manusia

·      Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh hewan dan fungsinya, perbedaan dari tubuh hewan beserta fungsinya dalam pelestarian lingkungan

IPA KD 3.1
IPA KD 4.1
·   Bagian tubuh hewan dan fungsinya
·      Mendiskusikan ciri-ciri khas hewan dan mengaitkan ciri-ciri khusus hewan dengan karakteristik tempat hidupnya
·      Berdiskusi tentang pentingnya peran hewan atau tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati
·      Membaca teks tentang karakteristik tempat hidup hewan, pengaruh keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) terhadap kehidupan hewan

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Habitat hidup hewan




·      Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka
·      Menyajikan informasi tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka

IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
·   Karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam


·      Berkreasi membuat mozaik dari bahan alam dengan tema keberagaman hewan dan tumbuhan
·      Mengapresiasi karya seni mozaik
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
·   Teknik tempel: kolase, mozaik, motase
·   Apresiasi terhadap karya seni


Subtema 3 : Ayo Cintai Lingkungan
(22 jam pelajaran)


·      Mengamati gambar/ paparan/tayangan tentang lingkungan hidup
·      Mendiskusikan hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan
·      Memberikan contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungannya (melaksanakan hak dan kewajiban)

PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
·   Kewajiban dan hak sebagai warga




·      Mengamati gambar dan menjelaskan dampak dari melalaikan kewajiban menjaga lingkungan
·      Melakukan pengamatan dan menyajikan laporan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di tempat tinggalnya
·      Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian lingkungan




·      Membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih menjelaskan cara menyajikan laporan hasil wawancara secara lisan
·      Menggali informasi tentang pelestarian alam melalui kegiatan wawancara
·      Menyajikan laporan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif

BI KD 3.3
BI KD 4.3
·   Wawancara




·      Melakukan  observasi dan diskusi untuk  menjelaskan pentingnya penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alam menanam tanaman (praktik nyata untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan )
·      Menjelaskan dan menyajikan informasi pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar
·      Menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian lingkungan




·      Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
·      Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
·      Membuat  diagram frayer untuk manyebutkan contoh sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai kewajiban sebagai warga,  mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan sebagai bentuk kewajiban sebagai warga

IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Pemanfaatan sumberdaya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat




·      Membuat montase dari bahan alam dengan tema menjaga lingkungan
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
·   Teknik tempel: kolase, mozaik, motase
·   Apresiasi terhadap karya seni





Tidak ada komentar :