Alokasi waktu :
66 jam pelajaran
Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
|
Materi Pokok
|
Subtema
1: Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
(22 jam pelajaran)
|
||
· Mengamati teks/gambar tentang hewan dan tumbuhan di
lingkungan sekitar
· Berdiskusi dan tanya jawab tentang hak dan kewajiban
secara seimbang ketika memanfaatkan hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
|
IPA
KD 3.8
IPA
KD 4.8
|
· Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam
|
· Melakukan refleksi dan mendiskusikan hak dan
kewajiban tentang kegiatan menanam dan merawat tumbuhan
· Membaca dan mencermati keterampilan dan sikap yang
baik dalam melakukan wawancara
· Menyusun daftar pertanyaan tentang hak dan kewajiban
untuk memelihara hewan dan tumbuhan
|
IPA
KD 3.8
IPA
KD 4.8
PPKn
KD 1.2
PPKn
KD 2.2
PPKn
KD 3.2
PPKn
KD 4.2
|
· Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam
· Kewajiban dan
hak memanfaatkan tumbuhan
|
· Melakukan simulasi wawancara kepada masyarakat
sekitar sesuai pertanyaan yang telah disusun
· Melakukan penaksiran bilangan desimal, pecahan
(menggunakan media tumbuhan atau hewan yang ada di sekitar)
|
BI
KD 3.3
BI
KD 4.3
|
· Wawancara
|
· Mengamati dan mengidentifikasi bagian-bagian
tumbuhan dan fungsinya (tumbuhan yang ada di sekitar)
|
IPA
KD 3.1
IPA
KD 4.1
|
· Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
|
· Menanam satu jenis tanaman dan merawatnya
· Membuat jadwal merawat tanaman
· Membuat tabel pengamatan untuk mencatat pertumbuhan
tanaman yang dirawatnya (dibutuhkan waktu
untuk dapat mengisi dan melaporkannya)
|
IPA
KD 3.8
IPA
KD 4.8
|
· Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam
|
· Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia
(pantai,dataran rendah dan dataran tinggi)
· Menggali informasi tentang karakteristik tempat
tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
|
IPS
KD 3.1
IPS
KD 4.1
|
· Karakteristik tiga bentang alam yaitu pantai,
dataran rendah, dan dataran tinggi
· Karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber
daya alam
|
· Berkreasi membuat kolase dari bahan alam tentang hewan atau tumbuhan
di sekitarnya
|
SBdP
KD 3.4
SBdP
KD 4.4
|
· Kolase
· Apresiasi terhadap karya seni
|
· Menuliskan apresiasi dan saran atas hasil karya temannya
|
||
Subtema
2 : Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku
(22 jam pelajaran)
|
||
· Mengamati gambar hewan atau tumbuhan di Indonesia
yang dilindungi dan langka (Misalnya. Komodo, Badak Bercula, bunga bangkai)
· Berdiskusi tentang pentingnya menjaga kelestarian
hewan dan tumbuhan
· Menuliskan saran menurut siswa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga
kelestarian hewan dan tumbuhan
· Membaca teks tentang hewan dan tumbuhan langka yang
dilindungi
· Mengumpulkan gambar tentang hewan dan tumbuhan
langka yang dilindungi
· Membuat poster tentang upaya menjaga kelestarian
hewan dan tumbuhan langka dan dilindungi
· Melakukan kampanye ajakan untuk meletarikan hewan
menggunakan poster yang telah dibuat
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
· Keseimbangan dan pelestarian sumber daya
alam
|
· Membaca teks tentang cara membuat pertanyaan dan
hasil wawancara
· Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara
kepada pengelola kebun binatang setempat (bila memungkinkan) atau peternak
atau petani tentang pemeliharaan hewan atau tanaman
· Melakukan wawancara
|
BI KD 3.3
BI KD 4.3
|
· Wawancara
|
· Mengamati hewan peliharaan dan menjawab pertanyaan
· Menuliskan pengalaman merawat hewan peliharaan atau pengalaman
menyayangi hewan di sekitarnya
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Kegunaan hewan bagi manusia
|
· Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh hewan dan
fungsinya, perbedaan dari tubuh hewan beserta fungsinya dalam pelestarian
lingkungan
|
IPA
KD 3.1
IPA
KD 4.1
|
· Bagian tubuh hewan dan fungsinya
|
· Mendiskusikan ciri-ciri khas hewan dan mengaitkan
ciri-ciri khusus hewan dengan karakteristik tempat hidupnya
· Berdiskusi tentang pentingnya peran hewan atau
tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati
· Membaca teks tentang karakteristik tempat hidup
hewan, pengaruh keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) terhadap kehidupan
hewan
|
IPA
KD 3.8
IPA
KD 4.8
|
· Habitat hidup hewan
|
· Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka
· Menyajikan informasi tentang karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka
|
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
|
· Karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam
|
· Berkreasi membuat mozaik dari bahan alam dengan tema
keberagaman hewan dan tumbuhan
· Mengapresiasi karya seni mozaik
|
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
|
· Teknik tempel: kolase, mozaik, motase
· Apresiasi terhadap karya seni
|
Subtema
3 : Ayo Cintai Lingkungan
(22
jam pelajaran)
|
||
· Mengamati gambar/ paparan/tayangan tentang
lingkungan hidup
· Mendiskusikan hak dan kewajiban masyarakat terhadap
lingkungan
· Memberikan contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungannya (melaksanakan
hak dan kewajiban)
|
PPKn
KD 1.2
PPKn
KD 2.2
PPKn
KD 3.2
PPKn
KD 4.2
|
· Kewajiban dan hak sebagai warga
|
· Mengamati gambar dan menjelaskan dampak dari
melalaikan kewajiban menjaga lingkungan
· Melakukan pengamatan dan menyajikan laporan
kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di tempat tinggalnya
· Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan
sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Keseimbangan dan pelestarian lingkungan
|
· Membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih
menjelaskan cara menyajikan laporan hasil wawancara secara lisan
· Menggali informasi tentang pelestarian alam melalui
kegiatan wawancara
· Menyajikan laporan tertulis menggunakan kosa kata
baku dan kalimat efektif
|
BI KD 3.3
BI KD 4.3
|
· Wawancara
|
· Melakukan
observasi dan diskusi untuk menjelaskan
pentingnya penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alam
menanam tanaman (praktik nyata untuk melestarikan sumber daya alam dan
lingkungan )
· Menjelaskan dan menyajikan informasi pemanfaatan dan
pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar
· Menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan
sumber daya alam dan lingkungan
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Keseimbangan dan pelestarian lingkungan
|
· Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati
bagi kesejahteraan masyarakat
· Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan
sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
· Membuat
diagram frayer untuk manyebutkan contoh sikap dalam melestarikan
lingkungan sebagai kewajiban sebagai warga,
mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan sebagai bentuk kewajiban
sebagai warga
|
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Pemanfaatan sumberdaya alam hayati bagi
kesejahteraan masyarakat
|
· Membuat montase dari bahan alam dengan tema menjaga
lingkungan
|
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
|
· Teknik tempel: kolase, mozaik, motase
· Apresiasi terhadap karya seni
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar