Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 23 Agustus 2018

PEMEBLAJARAN TEMA 4 KELAS 4




Tema 4                             : Berbagai pekerjaan
Alokasi waktu                  : 66 jam pelajaran


Kompetensi Dasar yang akan dicapai
Materi Pokok
Subtema 1: Jenis-jenis pekerjaan
(22 jam pelajaran)




  Mengamati burung Garuda Pancasila dan menyebutkan simbol serta sila sila pancasila
  Mendiskusikan dalam kelompok tentang makna sila pertama Pancasila dan contohnya dalam kegiatan sehari hari
  Menuliskan pengalaman diri melaksanakan sila pertama Pancasila yaitu sifat jujur
  Mendiskusikan nilai-nilai yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan salah satunya jujur
  Menganalis dan menyampaikan pendapat pribadi tentang sikap tokoh dalam cerita yang berhubungan  dengan nilai-nilai Pancasila
  Menilai dan mendeskripsikan tokoh yang ada di dalam cerita
  Membaca teks tentang “Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur” dan mendiskusikannya dihubungkan dengan sila pertama Pancasila
  Menuliskan pendapat pribadi teks yang telah dibaca tentang “pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur”


PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila




























  Mendiskusikan tentang pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan sebagai upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam
  Menuliskan dan mempresentasikan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar
  Menyusun 3 rencana kegiatan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam di sekitar lingkungan agar terlindungi
  Memilih satu kegiatan menjaga kelestarian alam, menuliskan laporannya dan mempresentasikan hasil kegiatan tersebut 


IPA  KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam












  Membaca teks tentang pekerjaan di lingkungannya dan mendiskusikannya
  Mengidentifikasi jenis jenis pekerjaan yang dibutuhkan di masyarakat
  Mendiskusikan tentang jenis pekerjaan tertentu
  Mengidentifikasi pekerjaan di sekitar lingkungan
·   Membandingkan pekerjaan yang ada di lingkungan tertentu dengan pekerjaan di lingkungan lain dengan menggunakan diagram Venn secara berkelompok
  Menyusun  laporan dari diagram Venn dalam bentuk tulisan dan mempresentasikannya secara berkelompok
  Menggali informasi (wawancara) tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar
  Mempresentasikan hasil wawancara tentang kegiatan ekonomi dan  berbagai pekerjaan


IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)




























  Menggambar tiga dimensi tentang bangunan idaman
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek


Subtema 2: Pekerjaan di Sekitar Kita (22 jam pelajaran)




Mengamati  simbol dan mendeskripsikan makna sila ke dua Pancasila dengan benar
Mengidentifikasi aktifitas yang mencerminkan sila kedua Pancasila dan juga aktifitas yang bertentangan dengan sila kedua pancasila
Berdiskusi dan menuliskan  kesepakatan kelas tentang pengamalan sila ke dua Pancasila
· Membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila


PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila pacasila












Membaca cerita pendek, mendiskusikannya dan menjawab pertanyaannya
Menyampaikan pendapat secara tulisan dan lisan tentang cerita tersebut
Menyampaikan pendapatnya mengenai suatu cerita secara lisan maupun tulisan


BI KD 3.5
BI KD 4.5
·   Menyampaikan pendapat pribadi








Membaca cerita tentang pekerjaan tertentu dan memberikan pendapat
Menilai unsur cerita (pesan moral), menuliskan dan menceritakannya
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)




   Mendiskusikan dan membandingkan penggunaan teknologi penangkapan ikan baik tradisional ataupun modern
   Menganalisis dan menuliskan pemanfaatan teknologi modern serta dampaknya bagi pemanfaatan sumber daya alam
·   Menuliskan tentang sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh kita dan bagaimana membatasi penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari


IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Dampak penggunaan teknologi dalam pemanfaatan sumber daya alam








  Mengamati gambar kegiatan ekonomi mulai dari produsen sampai konsumen (misalnya ikan yang ditangkap nelayan sampai di konsumsi masyarakat)
  Mendiskusikan dan mempresentasikan  dalam kelompok: jenis kegiatan ekonomi, Jenis barang yang dijualbelikan, Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil dari setiap pekerjaan
  Mendiskusikan gambar tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
  Mempresentasikan hasil diskusi tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat


IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)












  Menggambar/melukis kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila ke dua Pancasila dengan kreatif
  Mempresentasikan gambar hasil karyanya sebagai seorang pelukis
  Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya
  Menuliskan hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi 
   


PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila pacasila
·   Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek














Subtema 3: Pekerjaan orang tuaku
(22 jam pelajaran)




Membaca teks tentang ‘sikap gotong royong dari nelayan’ dan menjawab pertanyaan


PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
·   Pelaksanaan kewajiban dan hak
Mengamati gambar simbol sila ke tiga pancasila, mencari informasi tentang makna sila ketiga Pancasila 
Menganalisis masalah dalam kehidupan sehari-hari  yang berkaitan dengan pengamalan sila ketiga  Pancasila
Menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ketiga Pancasila
Menceritakan kegiatan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka pengamalan sila ketiga Pancasila


PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila












Membaca teks tentang dongeng di daerahnya yang berkaitan dengan kerja keras/pekerjaan
Menilai dan menyajikan pesan moral berdasarkan pendapat pribadi
Menemukan unsur-unsur cerita dalam dongeng dan menuliskannya
Mengidentifikasi unsur instrinsik dari cerita yang dibaca dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran


BI KD 3.5
BI KD 4.5
·   Pendapat pribadi tentang isi buku sastra












Mengamati gambar kenampakan hutan di Kalimantan dan mendiskusikan kondisi penurunan pohon di hutan kalimantan
Mengidentifikasi kegiatan terkait pengontrolan dalam pemanfaatan sumber daya alam
Mewarnai peta hutan Kalimantan dan menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari  dan upaya pencegahan langkanya ketersediaan sumber daya alam
Membaca teks tentang ‘Pengrajin cendera mata’ dan menjawab pertannyaan
· Membaca teks tentang ‘Pengolahan Sampah’ dan membuat peta pikiran


IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
















· Menuliskan upaya pengolahan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari


IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Pengolahan sampah
Membaca teks tentang pengrajin kayu dan menjawab pertanyaannya
Berdiskusi dalam kelompok tentang proses pengolahan kayu: dari bahan baku menjadi suatu produk, jenis pekerjaan dan produk yang dihasilkannya


IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)




Mengamati bagan tentang proses pembuatan sarung Samarinda






Mengidentifikasi berbagai kegiatan ekonomi dan perkerjaan yang ada di lingkungan sekitar


IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
Menggambar perahu nelayan
Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat sebelumnya
Memberikan apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi  yang dibuat oleh teman-temannya
Menyajikan hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi 


SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek















Tidak ada komentar :