Alokasi waktu :
66 jam pelajaran
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
|
Materi Pokok
|
|
Subtema 1: Jenis-jenis pekerjaan
(22 jam pelajaran)
|
|
|
• Mengamati burung Garuda Pancasila dan menyebutkan
simbol serta sila sila pancasila
• Mendiskusikan dalam kelompok tentang makna sila
pertama Pancasila dan contohnya dalam kegiatan sehari hari
• Menuliskan pengalaman diri melaksanakan sila pertama Pancasila yaitu sifat jujur
• Mendiskusikan nilai-nilai yang harus dimiliki untuk mendapatkan
pekerjaan salah satunya jujur
• Menganalis dan menyampaikan pendapat pribadi tentang
sikap tokoh dalam cerita yang berhubungan
dengan nilai-nilai Pancasila
• Menilai dan mendeskripsikan tokoh yang ada di dalam
cerita
• Membaca teks tentang “Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur” dan
mendiskusikannya dihubungkan dengan sila pertama Pancasila
• Menuliskan pendapat pribadi teks yang telah dibaca
tentang “pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur”
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Mendiskusikan tentang pentingnya menjaga kelestarian
tumbuhan sebagai upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam
• Menuliskan dan mempresentasikan contoh kegiatan yang
dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam di lingkungan
sekitar
• Menyusun 3 rencana kegiatan untuk menjaga
kelestarian sumber daya alam di sekitar lingkungan agar terlindungi
• Memilih satu kegiatan menjaga kelestarian alam,
menuliskan laporannya dan mempresentasikan hasil kegiatan tersebut
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca teks tentang pekerjaan di lingkungannya dan mendiskusikannya
• Mengidentifikasi jenis jenis pekerjaan yang
dibutuhkan di masyarakat
• Mendiskusikan tentang jenis pekerjaan tertentu
• Mengidentifikasi pekerjaan di sekitar lingkungan
·
Membandingkan
pekerjaan yang ada di lingkungan tertentu dengan pekerjaan di lingkungan lain
dengan menggunakan diagram Venn secara berkelompok
• Menyusun
laporan dari diagram Venn dalam bentuk tulisan dan mempresentasikannya
secara berkelompok
• Menggali informasi (wawancara) tentang kegiatan
ekonomi dan berbagai pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar
• Mempresentasikan hasil wawancara tentang kegiatan
ekonomi dan berbagai pekerjaan
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi,
distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Menggambar tiga dimensi tentang bangunan idaman
|
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
· Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek
|
Subtema 2: Pekerjaan di Sekitar Kita (22 jam pelajaran)
|
|
|
• Mengamati
simbol dan mendeskripsikan makna sila ke dua Pancasila dengan benar
• Mengidentifikasi aktifitas yang mencerminkan sila
kedua Pancasila dan juga aktifitas yang bertentangan dengan sila kedua
pancasila
• Berdiskusi dan menuliskan kesepakatan kelas tentang pengamalan sila
ke dua Pancasila
· Membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik
terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dengan sila-sila pacasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca cerita pendek, mendiskusikannya dan menjawab
pertanyaannya
• Menyampaikan pendapat secara tulisan dan lisan
tentang cerita tersebut
• Menyampaikan pendapatnya mengenai suatu cerita
secara lisan maupun tulisan
|
BI KD 3.5
BI KD 4.5
|
· Menyampaikan pendapat pribadi
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca cerita tentang pekerjaan tertentu dan
memberikan pendapat
• Menilai unsur cerita (pesan moral), menuliskan dan
menceritakannya
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi,
distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
• Mendiskusikan dan membandingkan penggunaan teknologi
penangkapan ikan baik tradisional ataupun modern
• Menganalisis dan menuliskan pemanfaatan teknologi modern serta
dampaknya bagi pemanfaatan sumber daya alam
·
Menuliskan tentang
sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh kita dan bagaimana membatasi
penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Dampak penggunaan teknologi dalam pemanfaatan sumber
daya alam
|
|
|
|
|
|
|
• Mengamati gambar kegiatan ekonomi mulai dari
produsen sampai konsumen (misalnya ikan yang ditangkap nelayan sampai di
konsumsi masyarakat)
• Mendiskusikan dan mempresentasikan dalam kelompok: jenis kegiatan ekonomi, Jenis barang yang
dijualbelikan, Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan
hasil dari setiap pekerjaan
• Mendiskusikan gambar tentang jenis barang yang diperjualbelikan
dan jenis pekerjaan yang terlibat
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang jenis barang
yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi,
distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Menggambar/melukis kegiatan yang menunjukkan
pengamalan sila ke dua Pancasila dengan kreatif
• Mempresentasikan gambar hasil karyanya sebagai
seorang pelukis
• Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah
dibuat pada pertemuan sebelumnya
• Menuliskan hasil apresiasi terhadap karya gambar
tiga dimensi
•
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dengan sila-sila pacasila
|
· Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Subtema 3: Pekerjaan orang tuaku
(22 jam pelajaran)
|
|
|
• Membaca teks tentang ‘sikap gotong royong dari
nelayan’ dan menjawab pertanyaan
|
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
|
· Pelaksanaan kewajiban dan hak
|
• Mengamati gambar simbol sila ke tiga pancasila,
mencari informasi tentang makna sila ketiga Pancasila
• Menganalisis masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan
pengamalan sila ketiga Pancasila
• Menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila
ketiga Pancasila
• Menceritakan kegiatan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka
pengamalan sila ketiga Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca teks tentang dongeng di daerahnya yang
berkaitan dengan kerja keras/pekerjaan
• Menilai dan menyajikan pesan moral berdasarkan
pendapat pribadi
• Menemukan unsur-unsur cerita dalam dongeng dan
menuliskannya
• Mengidentifikasi unsur instrinsik dari cerita yang
dibaca dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran
|
BI KD 3.5
BI KD 4.5
|
· Pendapat pribadi tentang isi buku sastra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Mengamati gambar kenampakan hutan di Kalimantan dan
mendiskusikan kondisi penurunan pohon di hutan kalimantan
• Mengidentifikasi kegiatan terkait pengontrolan dalam
pemanfaatan sumber daya alam
• Mewarnai peta hutan Kalimantan dan menginformasikan
dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan
sehari-hari dan upaya pencegahan
langkanya ketersediaan sumber daya alam
• Membaca teks tentang ‘Pengrajin cendera mata’ dan
menjawab pertannyaan
· Membaca teks tentang ‘Pengolahan Sampah’ dan membuat
peta pikiran
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Menuliskan upaya pengolahan sampah sebagai upaya
pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Pengolahan sampah
|
• Membaca teks tentang pengrajin kayu dan menjawab
pertanyaannya
• Berdiskusi dalam kelompok tentang proses pengolahan
kayu: dari bahan baku menjadi suatu produk, jenis pekerjaan dan produk yang
dihasilkannya
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi,
distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
• Mengamati bagan tentang proses pembuatan sarung
Samarinda
|
|
|
• Mengidentifikasi berbagai kegiatan ekonomi dan
perkerjaan yang ada di lingkungan sekitar
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
|
• Menggambar perahu nelayan
• Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah
dibuat sebelumnya
• Memberikan apresiasi terhadap karya gambar tiga
dimensi yang dibuat oleh
teman-temannya
• Menyajikan hasil apresiasi terhadap karya gambar
tiga dimensi
|
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
· Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar