KISI-KISI KELAS III TEMA 7
SDN
160 BENGKULU UTARA
TAHU 2020
NO
|
KI3
|
KD
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
TEMA
|
PELAJARAN
|
MATERI
|
LEVEL
KOG
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
1
|
1.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
3.3 Menjelaskan makna keberagaman
karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
3.3.1 Mengetahui makna keberagaman individu.
3.3.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar
|
7
|
PKN
|
·
Dampak positif dan
negatif dari perbedaan sifat dan
kebiasaan akibat adanya perkembangan
teknologi produksi pangan
|
|
|
|
3.6 Mencermati isi teks informasi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
|
3.6.1
Memahami informasi yang terdapat pada sebuah
teks.
3.6.2
Mengidentifikasi ide pokok dari teks yang telah dibaca.
|
BI
|
·
Wacana tentang teknologi
Pangan.
Jenis- jenis produk teknologi pangan.
|
|
|
|
|||
3.8
Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku
dengan menggunakan benda konkret
|
3.8.1 Menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
3.8.2 Mengidentifikasi luas permukaan bidang dalam
satuan tidak baku, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan luas dalam satuan.
|
MTK
|
·
mengukur volume
benda
dengan satuan tidak baku
|
|
|
|
|||
3.9.Menjelaskan
simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
|
3.9.1 Menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
3.9.2 Mengidentifikasi
bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat
|
·
Bangun datar.
·
Simetri lipat.
Simetri putar
|
|
|
|
||||
3.10.Menjelaskan dan
menentukan keliling bangun datar.
|
3.10.1Memahami keliling bangun datar.
3.10.2.Menjelaskan pengertian keliling bangun secara runtut dan tepat.
|
Keliling
Bangun datar
|
|
|
|
||||
3.2 Mengetahui
bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
|
3.2.1 Mengenal pola irama sebuah lagu.
3.2.2 Memahami
perbedaanpola irama yang
terdapat pada sebuah lagu
|
SBDP
|
Variasi Pola irama
|
|
|
|
|||
3.3
Mengetahui dinamika gerak tari.
|
3.3.1 Mengetahui dinamika gerak tari.
3.3.2 Mengidentifikasi gerakan kuat dan lemah kaki dalam
suatu tarian.
|
Dinamikan gerak tari
|
|
|
|
||||
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya
dekoratif
|
3.1.1 Memahami unsur- unsur rupa dalam karya dekoratif.
3.1.2 Mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan
warna dalam sebuah karya dekoratif.
|
·
Langkah- langkah membuat karya dekoratif.
·
Macam- macam karya dekoratif..
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
||||
3.4
Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.
|
3.4.1
Memahami potong, lipat, dan sambung.
3.4.2
Mengidentifikasi
teknik potong, lipat, dan sambung dalam pembuatan karya keterampilan
|
·
tehnik sambung.
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI KELAS VI TEMA 6
SDN 160 BENGKULU UTARA
TAHU 2020
NO
|
KI3
|
KD
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
TEMA
|
PELAJARAN
|
MATERI
|
LEVEL
KOG
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
1
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.2.Menganalisis pelaksanaan kewajiban,
hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.2.1.Menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam
kehidupan sehari-hari.
3.2.2.Memahami pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam
kehidupan sehari-hari
|
6
|
PKN
|
-Kewajiban warga Negara.
-Pelaksanaan kewajiban
sebagai warga Negara.
-Pasal-pasal yang mengatur tentang hak warga negara -Indonesia.
-Manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara Indonesia.
-Pelaksanaan tanggung
jawab.
Tanggung jawab sebagai warga Negara.
|
|
|
|
|
3.7.Memperkirakan informasi yang dapat
diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca
judulnya saja).
3.8.Menggali informasiyang terdapat
pada teks nonfiksi.
|
3.7.1Mengetahui informasi yang terdapat pada teks nonfiksi.
3.7.2Menunjukkan informasi yang terdapat pada teks nonfiksi.
3.8.1Mengetahui kalimat
utama pada setiap paragraf teks nonfiksi.
3.8.2Mengidentifikasi
informasi dari teks nonfiksi
|
BI
|
-Teks bacaan tentang
perkiraan informasi cuaca.
-Informasi tentang cuaca
-Teks bacaan.
-Cara Menentukan
informasi penting yang
terdapat pada teks
nonfiksi
Teks bacaan.
|
|
|
|
||
|
3.2.Menghubungkan
ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
|
3.2.1.Mengetahui ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki.
3.2.2.Mengidentifikasi perbandingan masa kanak-kanak dan masa puber.
3.2.3.Menjelaskan pengaruh perubahan fisik pada anak laki-laki dan anak
perempuan saat pubertas
|
IPA
|
-Ciri-ciri pubertas pada
anak laki-laki dan perempuan.
-Perbedaan masa kanak-kanak dan pubertas.
-Masa pubertas pada
anak laki-laki dan perempuan.
-Ciri-ciri masa
pubertas
-Ciri-ciri masa pubertas anak laki-laki dan
perempuan.
perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas
|
|
|
|
||
|
|
3.4
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan
kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
|
3.4.1
Mengetahui makna proklamasi
kemerdekaan.
3.4.2
Menyebutkan perilaku
positif yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam
kehidupansehari-hari.
|
IPS
|
-Makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya
membangun
masyarakat Indonesia
yang sejahtera
-Menuliskan perilaku warga negara sebagai
upaya mempertahankankemerdekaan
NKRI
-Menyajikan hasil pengamatan perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap
mempertahan kemerdekaan
Indonesia
upaya
-mengembangkan kehidupan menuju masyarakat sejahtera.
|
|
|
|
|
|
|
3.2
Memahami interval nada
3.1 Memahami reklame.
|
3.2.1.Memahami interval nada pada sebuah
lagu.
3.2.2.Mengidentifikasi interval nada pada
tangga nada.
3.2.3.Menjelaskan interval nada pada tangga
nada mayor.
3.1.1 Mengetahui
pengertian reklame dan isi reklame.
3.1.2 Memahami
macam-macam reklame ditinjau dari tujuan, sifat, pemasangan, dan media.
|
SBDP
|
-Interval nada pada lagu.
-Teks lagu daerah.
-Mengamati tari kreasi daerah/tradisional
berbentuk tari tunggal.
-Melakukan
pengamatan terhadap sebuah tarian kreasi daerah dengan mencermati tahapan
penampilan karya tari dan menuliskan unsur-unsurnya
-pengertian, isi, dan tujuan Reklame.
-Cara membuat reklame.
|
|
|
|
SDN 160 BENGKULU UTARA
TAHU 2020
NO
|
KI3
|
KD
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
MATERI
|
LEVEL
KOG
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
1
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
di sekolah, dan tempat bermain
|
3.7.Menjelaskan dan
melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
|
3.7.1 Menganalisis dan
menjumlahkan Pembulatan
Bilangan
3.7.2 Manganalisis
cara Pembulatan
Bilangan ke Satuan Terdekat
3.7.3 Menganalis cara Pembulatan Bilangan ke Puluhan
Terdekat
3.7.4 Menganalisis
cara Membulatkan
Bilangan ke dalam Ratusan Terdekat
|
Pembulatan
Bilangan
|
|
Disajikan
|
|
3.8.Menganalisis segibanyak
beraturan dan segibanyak tidak beraturan
|
3.8.1 Menjelaskan
pengertian tentang segi banyak beraturan dan tidak beraturan
3.8.2 Menggambarkan
segi banyak beraturan dan tidak
beraturan
3.8.3 Menghitung luas
dan keliling segi banyak beraturan dan tidak beraturan
|
Segi
banyak beraturan dan tidak beraturan
|
|
|
|
||
3.9.Menjelaskan dan
menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
|
3.9.1 Mengidentifikasi berbagai bangun
datar persegi, persegi panjang dan segitiga
3.9.2 Menganalisis
cara menghitung dan menentukan keliling persegi
3.9.3 Menganalisis
cara meghitung dan menentukan luas persegi
3.9.4 Menganalisis
cara menghitung dan menentukan keliling persegi panjang
3.9.5 Menganalisis
cara menghitung dan menentukan luas persegi panjang
3.9.6 Menganalis cara
menhitung dan menentukan keliling segitiga
3.9.7 Menganalisis
cara menghitung dan 4menetukan luas segitiga
|
Menentukan
keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
|
|
|
|
||
3.10.Menjelaskan hubungan
antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
|
3.10.1 Menganalisis
hubungan antar garis (sejajar,
berpotongan, berhimpit)
3.10.2 Menganalisis sifat-sifat
garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit
3.10.3 Menentukan
hubungan antar garis (sejajar,
berpotongan, berhimpit)
|
hubungan antar garis pada
kerangka kubus atau balok, untuk mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar,
rusuk-rusuk yang berpotongan dan berhimpit
|
|
|
|
||
3.11.Menjelaskan data diri
peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
|
3.11.1 Menganalisis
cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
3.11.2 Menganalisis
cara untuk membaca data dalam bentuk diagram batang
3.11.3 Menganalisis
cara mambuat data dengan menggunakan diagram batang
|
Diagram
batang
|
|
|
|
||
3.12. Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada
bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
|
3.12.1 Menganalisis dan menentukan ukuran sudut pada bangun
datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
3.12.2 Memahami Pengertian Sudut
3.12.3 Mengidentifikasi
cara Membandingkan
Besar Sudut
3.12.4 Menganalisis
cara Mengukur Sudut
dengan Busur Derajat
3.12.5 Menganalisis Menentukan Besar Sudut Put
|
Busur
drajat
|
|
|
|
SDN 160 BENGKULU UTARA
TAHUN 2020
NO
|
KI3
|
KD
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
MATERI
|
LEVEL
KOG
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
1
|
3.memahami
pengetashuan factual dengan cara mengamati dan mencoba menanyakan berdasarkan
rasaingin tahu tentang dirinya,makjliuk ciptaan Tuhan damn kegiatannya dan
benda-bendayang dijumpai dfi rumah,di sekolah dan dfi tempat bermain
|
3.6
Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang
sederhana (kubus dan balok)
|
3.7.1 Menganalisis
jaring-jaring kubus
3.7.2 Menganalisis
jaring-jaring balok
3.7.3 Mengidentifikasi
bentuk jarring-jaring bangun ruang kubus dan balok
3.7.4 Memahami bentuk
jarring-jaring bangun ruang kubus dan balok
|
|
|
Disajikan
sambar anak dapat menanalisa jarinhg-jaring balok
|
|
3.5.Menjelaskan, dan menentukan volume bangun
ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan
pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
|
3.5.1.Memahami satuan volume
3.5.2.Menganalisis
unsur dan volume kubus
3.5.3.Menganalisis unsur
dan volume balok
3.5.4.Memahami cara
menentukan volume kubus dan balok
|
|
|
|
|
||
3.8.Menjelaskanpenyajian datayang
berkaitandengan diri peserta didikdan membandingkandengan data dari
lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar(diagram gambar(piktogram),
diagram batang, atau diagram garis
|
3.8.1.Menganalisis
data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data
dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (diagram
gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis
3.8.2.Memahami cara
membaca data dalam bentuk daftar, tabel, piktogram, diagram batang, dan
diagram garis
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
3.7.Menjelaskan data yang berkaitandengan diri
peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
|
3.7.1.Menganalisis cara penyajian data
3.7.2.Menganalisis masalah yang berkaitan
dengan penyajian data tunggal
3.7.3.Memahami berbagai bentuk penyajian data
tunggal
|
|
|
|
|
KISI-KISI KELAS III TEMA 7
SDN
160 BENGKULU UTARA
TAHU 2020
NO
|
KI3
|
KD
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
TEMA
|
PELAJARAN
|
MATERI
|
LEVEL
KOG
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
1
|
1.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
3.3 Menjelaskan makna keberagaman
karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
3.3.1 Mengetahui makna keberagaman individu.
3.3.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar
|
7
|
PKN
|
·
Dampak positif dan
negatif dari perbedaan sifat dan
kebiasaan akibat adanya perkembangan
teknologi produksi pangan
|
|
|
|
3.6 Mencermati isi teks informasi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
|
3.6.1
Memahami informasi yang terdapat pada sebuah
teks.
3.6.2
Mengidentifikasi ide pokok dari teks yang telah dibaca.
|
BI
|
·
Wacana tentang teknologi
Pangan.
Jenis- jenis produk teknologi pangan.
|
|
|
|
|||
3.8
Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku
dengan menggunakan benda konkret
|
3.8.1 Menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
3.8.2 Mengidentifikasi luas permukaan bidang dalam
satuan tidak baku, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan luas dalam satuan.
|
MTK
|
·
mengukur volume
benda
dengan satuan tidak baku
|
|
|
|
|||
3.9.Menjelaskan
simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
|
3.9.1 Menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
3.9.2 Mengidentifikasi
bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat
|
·
Bangun datar.
·
Simetri lipat.
Simetri putar
|
|
|
|
||||
3.10.Menjelaskan dan
menentukan keliling bangun datar.
|
3.10.1Memahami keliling bangun datar.
3.10.2.Menjelaskan pengertian keliling bangun secara runtut dan tepat.
|
Keliling
Bangun datar
|
|
|
|
||||
3.2 Mengetahui
bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
|
3.2.1 Mengenal pola irama sebuah lagu.
3.2.2 Memahami
perbedaanpola irama yang
terdapat pada sebuah lagu
|
SBDP
|
Variasi Pola irama
|
|
|
|
|||
3.3
Mengetahui dinamika gerak tari.
|
3.3.1 Mengetahui dinamika gerak tari.
3.3.2 Mengidentifikasi gerakan kuat dan lemah kaki dalam
suatu tarian.
|
Dinamikan gerak tari
|
|
|
|
||||
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya
dekoratif
|
3.1.1 Memahami unsur- unsur rupa dalam karya dekoratif.
3.1.2 Mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan
warna dalam sebuah karya dekoratif.
|
·
Langkah- langkah membuat karya dekoratif.
·
Macam- macam karya dekoratif..
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
||||
3.4
Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.
|
3.4.1
Memahami potong, lipat, dan sambung.
3.4.2
Mengidentifikasi
teknik potong, lipat, dan sambung dalam pembuatan karya keterampilan
|
·
tehnik sambung.
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar