1a Memiliki keinginan
untuk meningkatkan kompetensi diri dalam hal menerapkan pembelajaran yang
berpusat pada peserta didik.Memiliki keinginan untuk selalu belajar hal baru
dan terus memperbaiki diri.Motivasi yang berasal dari luar diri guru meliputi Situasi
pembelajaran di sekolah yang tidak kondusif, sehingga mendorong guru untuk
memperbaiki kondisi tersebut.Kondisi rekan guru yang ada di wilayahnya yang
memiliki banyak masalah, sehingga timbul keinginan untuk berperan aktif dalam
menggerakkan rekan-rekan guru
1b inovasi dalam bidang
pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Jadi, inovasi
pendidikan adalah suatu ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai
hal yang baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik berupa
hasil intervensi (penemuan baru) atau discovery (baru ditemukan orang), yang
digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau memecahkan masalah pendidikan
nasional. Dalam 2 tahun terakhir proses belajar mengajar berubah secara
signifikan akibat adanya pandemi covid-19. Sebelum adanya pandemi murid dan
guru dapat belajar dengan cara tatap muka sedangkan namun kini proses tatap
muka mulai dibatasi bahkan dihentikan. Hal ini pula yang mengakibatkan adanya
dorongan kepada pemerintah di Indonesia untuk membuat inovasi di bidang
pendidikan yang lebih cocok pada masa pandemi.Saat ini, inovasi pun berkembang
dari berbagai sektor dari sektor kehidupan, tak terkecuali pun sektor
pendidikan. Sebagaimana diketahui bersama, untuk mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah
menganjurkan sekolah hingga universitas untuk melakukan proses pembelajaran
jarak jauh (PJJ) atau remote learning.Di sinilah pentingnya orangtua, guru, dan
murid bersinergi untuk mengoptimalkan pembelajaran melalui penggunaan
teknologi.Murid bisa belajar secara daring dengan pendampingan guru, sementara
orang tua bisa membantu memonitor perkembangan belajar anak. Pembelajaran
daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi
melalui platform yang telah tersedia. Segala bentuk materi pelajaran
didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online, dan tes
juga dilaksanakan secara online.Walau begitu, inovasi tak selalu berjalan mulus
alias ada saja kendalanyamulai dari guru maupun orang tua yang gagap teknologi
sampai dengan kesenjangan akses internet dan terbatasnya media belajar.
2a Bekerjasama dengan
berbagai pihak merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan dalam rangka
mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam lingkup sekolah kami. Tanpa ada kordinasi
dan komunikasi menghdapai pandemi covid kami susah mengkondisikan wali
murid.PGRI-KKKS-CAMAT-KAPOLSEK-DANRAMIL-KADES-KOMITE adalah lembaga/organisasi
kami untuk bersinergi untuk peningkatan mutu pendidikan dan ekosisitim
penjdidikan yang lebih baik
2b. cara-cara yang Anda
lakukan dalam rangka mendapatkan pemahaman yang sama hingga memunculkan
komitmen dari berbagai pihak yang terlibat dalam kerjasama tersebutMenentukan
tujuanSiapa yang diajak kerjasamaMenentukan hal penting yang yang akan
dikerjakanKomunikasi pengiriman dan penerimaan berbagai pesan pengorganisasi
2c Peserta Pelatihan
Sering Terganggu dari Lingkungan Sekitar Infrastruktur Jaringan Internet yang
belum maksimal. Meskipun dihadapi oleh tantangan-tantangan yang sulit di masa
pandemi ini. Kita harus tetap semangat untuk belajar dan menggali ilmu untuk
meningkatkan kompetensi yang kita miliki. Dengan demikian, kita dapat bertahan
dalam kondisi apapun dalam melakukan pendampinganWaktu kejadiannya Pada saat
pendampingan KKG di Kecamatan Hulu Palik Bengkulu Utara saat pemberian materi
penggunaan IT dalam membuat E-sertifikat. Karena kami selaku pemandu/guru inti
di KKG memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pengurus KKG untuk
materi-materi yang terbaru.Pada saat itu E-sertifikat adalah hal baru.Untuk
meyakinkan kepada peserta bersama sama kita membuat dihadapan guru-guru yang
Anda kembangkan Para guru SD di kecamatan Hulu Palik kabuipaten Bengkulu Utaran
mengidentifikasi area yang perlu dikembangkan Mengadakan pemetaan pada
guru-guru tentang kemampuan penguasaan IT
Kepala sekolah
merupakan personel sekolah yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan
sekolah. Ia mempunyai wewenang dan tanggungjawab penuh untuk menyelenggarakan
seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah yang dipimpinnya dengan
tetap melibatkan berbagai pihak Situasi apa yang kami hadapi saat itu adalah
saat menghadapi pandemi Covid19,dimana kami pihak sekolah bersinergi dengan
pemerintah desa dan puskesmas kecamatan saling berbagi informasi tentang
perubahan zonasi,dan tentunya juga dengan komite sekolah
- 2d hasil pendampingangan rentang waktu yang ditentukan setelah mengadakan pendampingan.Hasilnya dilihat secara daring tugas yg di kerjakan oleh guru.apakah sudah bisa diakses lewat dalam jaringan dengan tepat ,kemudian ditabulasi keberhasilan peserta.setelah itu diadakan tindak lanjut dari hasil pendampingan dari pendampingan yg kami lakukan diharapkan dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapan.dengan demikian kegiatan pendampingan itu berhasil jika peserta memahami,melakukan prkatik di sekolah masing-masing
Tidak ada komentar :
Posting Komentar