Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 22 Oktober 2021

ESSAY 1-2 CPP

 





1a Memiliki keinginan untuk meningkatkan kompetensi diri dalam hal menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.Memiliki keinginan untuk selalu belajar hal baru dan terus memperbaiki diri.Motivasi yang berasal dari luar diri guru meliputi Situasi pembelajaran di sekolah yang tidak kondusif, sehingga mendorong guru untuk memperbaiki kondisi tersebut.Kondisi rekan guru yang ada di wilayahnya yang memiliki banyak masalah, sehingga timbul keinginan untuk berperan aktif dalam menggerakkan rekan-rekan guru

1b inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Jadi, inovasi pendidikan adalah suatu ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil intervensi (penemuan baru) atau discovery (baru ditemukan orang), yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau memecahkan masalah pendidikan nasional. Dalam 2 tahun terakhir proses belajar mengajar berubah secara signifikan akibat adanya pandemi covid-19. Sebelum adanya pandemi murid dan guru dapat belajar dengan cara tatap muka sedangkan namun kini proses tatap muka mulai dibatasi bahkan dihentikan. Hal ini pula yang mengakibatkan adanya dorongan kepada pemerintah di Indonesia untuk membuat inovasi di bidang pendidikan yang lebih cocok pada masa pandemi.Saat ini, inovasi pun berkembang dari berbagai sektor dari sektor kehidupan, tak terkecuali pun sektor pendidikan. Sebagaimana diketahui bersama, untuk mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah menganjurkan sekolah hingga universitas untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau remote learning.Di sinilah pentingnya orangtua, guru, dan murid bersinergi untuk mengoptimalkan pembelajaran melalui penggunaan teknologi.Murid bisa belajar secara daring dengan pendampingan guru, sementara orang tua bisa membantu memonitor perkembangan belajar anak. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia. Segala bentuk materi pelajaran didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online, dan tes juga dilaksanakan secara online.Walau begitu, inovasi tak selalu berjalan mulus alias ada saja kendalanyamulai dari guru maupun orang tua yang gagap teknologi sampai dengan kesenjangan akses internet dan terbatasnya media belajar.

2a Bekerjasama dengan berbagai pihak merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan dalam rangka mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam lingkup sekolah kami. Tanpa ada kordinasi dan komunikasi menghdapai pandemi covid kami susah mengkondisikan wali murid.PGRI-KKKS-CAMAT-KAPOLSEK-DANRAMIL-KADES-KOMITE adalah lembaga/organisasi kami untuk bersinergi untuk peningkatan mutu pendidikan dan ekosisitim penjdidikan yang lebih baik

2b. cara-cara yang Anda lakukan dalam rangka mendapatkan pemahaman yang sama hingga memunculkan komitmen dari berbagai pihak yang terlibat dalam kerjasama tersebutMenentukan tujuanSiapa yang diajak kerjasamaMenentukan hal penting yang yang akan dikerjakanKomunikasi pengiriman dan penerimaan berbagai pesan pengorganisasi

 

2c Peserta Pelatihan Sering Terganggu dari Lingkungan Sekitar Infrastruktur Jaringan Internet yang belum maksimal. Meskipun dihadapi oleh tantangan-tantangan yang sulit di masa pandemi ini. Kita harus tetap semangat untuk belajar dan menggali ilmu untuk meningkatkan kompetensi yang kita miliki. Dengan demikian, kita dapat bertahan dalam kondisi apapun dalam melakukan pendampinganWaktu kejadiannya Pada saat pendampingan KKG di Kecamatan Hulu Palik Bengkulu Utara saat pemberian materi penggunaan IT dalam membuat E-sertifikat. Karena kami selaku pemandu/guru inti di KKG memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pengurus KKG untuk materi-materi yang terbaru.Pada saat itu E-sertifikat adalah hal baru.Untuk meyakinkan kepada peserta bersama sama kita membuat dihadapan guru-guru yang Anda kembangkan Para guru SD di kecamatan Hulu Palik kabuipaten Bengkulu Utaran mengidentifikasi area yang perlu dikembangkan Mengadakan pemetaan pada guru-guru tentang kemampuan penguasaan IT

Kepala sekolah merupakan personel sekolah yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan sekolah. Ia mempunyai wewenang dan tanggungjawab penuh untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah yang dipimpinnya dengan tetap melibatkan berbagai pihak Situasi apa yang kami hadapi saat itu adalah saat menghadapi pandemi Covid19,dimana kami pihak sekolah bersinergi dengan pemerintah desa dan puskesmas kecamatan saling berbagi informasi tentang perubahan zonasi,dan tentunya juga dengan komite sekolah

  • 2d hasil pendampingangan rentang waktu yang ditentukan setelah mengadakan pendampingan.Hasilnya dilihat secara daring tugas yg di kerjakan oleh guru.apakah sudah bisa diakses lewat dalam jaringan dengan tepat ,kemudian ditabulasi keberhasilan peserta.setelah itu diadakan tindak lanjut dari hasil pendampingan dari pendampingan yg kami lakukan diharapkan dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapan.dengan demikian kegiatan pendampingan itu berhasil jika peserta memahami,melakukan prkatik di sekolah masing-masing




Tidak ada komentar :