3a Pada saat
pendampingan KKG di Kecamatan Hulu Palik Bengkulu Utara saat pemberian materi
penggunaan IT dalam membuat E-sertifikat.selaku pemandu di KKG memberikan
kesempatan seluas-luasnya kepada pengurus KKG untuk materi-materi yang
terbaru.Pada saat itu E-sertifikat adalah hal baru.Untuk meyakinkan kepada
peserta bersama sama kita membuat dihadapan guru-guru SD di kecamatan Hulu
Palik mengidentifikasi area yang perlu dikembangkan Mengadakan pemetaan pada
guru-guru tentang kemampuan penguasaan IT
3b Menerima orang yang
telah mengkritik kita asa;lkan konstrukti.Karena dengan kritikan tersebut, itu
berarti orang lain peduli terhadapmu. Mungkin saja ada orang yang sengaja
mengkritikmu agar kamu merasa drop. Namun jika kamu mampu bersikap positif
terhadap kritikan, tentu itu menjadi hal yang bagus dan cukup bijaksana. Karena
selain tidak merusak hubunganmu dengan orang lain, hal tersebut juga
menunjukkan kualitas yang sebenarnya.
3c Hal berbeda dari
proses pengembangan diri kami adalah berekplorasi mencari Hal-hal baru yang
mendukung peningkatan kompetensi diri sebagai guru. Tidak selalu kegiatan
pengembangan diri kita mendapat respon yang positif, bahkan tak jarang
nyinyiran itu muncul. Tapi semua itu kami lakukan demi peningkatan kompetensi
sebagai guru, semua itu kami anggap angin lalu. Pengembangan diti yamh kami
lakukan melalui teman sejawat atau seangkatan secara virtual melalui kegiatan
WAG, zoom meeting, google meeting. Hal baru dapat kami peroleh untuk
pengembangan diri profesional sebagai guru.Dunia digital memberikan banyak
manfaat bagi kami untuk pengembangan diri profesional sebagai guru. Kami
sebagai guru yang Sering melakukan pendampingan memberikan hal baru yang kami
dapat melalui pengembangan diri secara mandiri. emanfaatan dunia digital kami
memberikan pendampingan pada guru-guru dan kepala sekolah membuat E-sertifikat,
membuat tigas darinh melalui google form.
3d. Semua pekerjaan itu tidaklah mulus ada tantangan itu pasti.
Tantangan itu kami jawab dengan mengadakan pendampngan. Alhamdulillah ada imbas
hasul nagi guru.Pengembangan diri yang kami lakukan secara mandiri adalah
sebagai moderator pertama kali kegiatan zoom meeting dengan rumah belajar
kemdikbud.Dalam menghadapi tantangan maupun kendala kita harus mencari
permasalahan yang ditimbulkan dari kegiatan pendampingan itu. Kami berusaha
semaksimal mungkin untuk menghadapi tantangan itu untuk mencapai
keberhasilan.Belajar atau tukar pengalaman dengan rekan sejawat hak-hal yang
berkaitan tugas dan tanggung jawab kita sebagai pendamping guru. Kita sebagai
guru mau berselancar di dunia maya banyak tersedia berbagai Platform media
online digunakan dalam pembelajaran daring, sementara guru, peserta didik, dan
orang tua diharapkan terus melakukan penyesuaian seiring berjalannya waktu.
Berbagai respon positif disampaikan peserta didik terkait pembelajaran
daring.sebagai pendamping kita memberikan motivasi pada rekan guru
4a waktu kejadiannya
saat pendampingan terhadap guru guru kami dalam merubah aplikasi KI-KD aplikasi
rapot .hubungan kami dengan yang kami bimbing adalah rekan sejawat,kami selaku
kepala sekolah berkewajiban membimbing guru-guru kami untuk dapat beradaptasi
diera digital.Yang menjadi fokus saat pembimbingan itut adala pemetaan KI-KD
untuk dimuat dalam aplikasi rapot.yang memotivasi kami melakukan bimbingan agar
guru-guru kami tidak ketinggalan dalam beradaptasi dengan IT.
4b sesuai dengan tujuan
yang telah disepakati yaitu diberikan pemahaman akan artipentingnya kita
bersepakat untuk mencapai kemajunan. Selain itu untuk meratakan pemahaman yang
sama, diberharapkan kedepan bagi pemangku kebijakan dalam bidan
pendidikan.Jangan segan untuk bertukar pikiran,menghasilkan apapun,Tanamkan
dalam pikiranmu bahwa gak semua orang harus sepaham Perbedaan adalah suatu hal
yang pasti ada,menggunakan bahasa yang sederhana mudah dipahami,empatik dan
simpatika,jangan terlalu dominan dalam berbicara
4c Cara-cara yang kami lakukan dalam memonitor perkembangan yang ditunjukkan masing-masing individu dari waktu ke waktu adalah secara berkala melihat hasil kerjanya selam pembimbingan,Pendekatan personal adalah strategi terbaik bagi kami untuk mngadakan evaluasi terhapap hasil yang dikerjakan,setelah pembimbingan.Dengan pendekatan personal guru lain tidak tahu kekurangan guru lainnya.Selain itu untuk meratakan pemahaman yang sama, diberharapkan kedepan bagi pemangku kebijakan dalam bidan pendidikan di daerah dapat memperoleh pelajaran manfaat pengelolaan manajamen b ekerjasama.pemahaman kita in-line mengalir dari pemahaman kebijakan pimpinan sampai dengan implementasi. Automatically kalau sistem ini telah tingkat keberhasilannya tinggi, otomatis pelaksanaan yang namanya manajemen risiko akan berhasil kita untuk menyamakan persepsi agar tujuan kita tercapai.Pendampingan yang kita lakukan harus dievaluasi secra pereodik untuk mengetahu kesulitan individu dalam memahami suatu konsep.Tanpa adanya evaluasi kegiatan yang kita lakukan tiadak tahu keberhasilannya.evaluasi secara lesan maupun tulisan untuk mengetahui keberhasilan pembimbingan yang kita lakukan
4d Pekerjaan memang harus menghasilkan sesuai yang diharapkan.Tapi semua itu perlu proses.Makanya ada evaluasi secara pereodik dalam waktu yang sudah ditentukan.Dengan hasil yang cukup pada evaluasi pertama,dilanjutkan evaluasi kedua ternyata ada peningkatan dengan hasil yang baik.Proses waktu cara penting untuk program pendampingan pada guru-guru agar mencapai hasil yang diharapakan.jangan berhenti melakukqan pembingaqn jika masih diperlukan
5. Ceritakan mengenai hal terbaik yang pernah Anda lakukan untuk memperoleh informasi yang dapat membuat anda lebih memahami situasi dan permasalahan peserta didik.
Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu terkait dengan peserta didik?
Waktu kejadiannya
Saat masa pandemi covid19 adanya ketidak pastian daintara rekan-rekan guru dan
kepala sekolah tentang PBM daring maupun luring, tentang Penggunaan kurikulum
dan RPP,adanya informasi dari media sekaligus kami berselancar di situs
kemdikbud adanaya kurikulum kedaruratan. Maka kami sebagi koordinator menyusun
kurikulum kedaruratan masa pandemi Covid19 untuk kabupaten Bengkulu Utara
399 / 525
Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami sudut pandang peserta didik sehingga mampu memahami dan menyelaraskan tindakan yang Anda lakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan mereka?
Upaya-upaya apa
saja yang Anda lakukan untuk memahami sudut pandang peserta didik sehingga
mampu memahami dan menyelaraskan tindakan yang Anda lakukan dalam rangka
memenuhi kebutuhan mereka?
Upaya-upaya yang
kami lakukan untuk memahami sudut pandang peserta didikyaitu melakukan
pendekatan kekeluargaan,yaitu pada saat PBM daring kami berkunjung ke rumah
siswa secara bergiliran,memberikan bimbingan pelajaran esnsial maupun pola
hidup masa pandemi covid19.Situasi apa yang kami hadapi saat itu terkait dengan
peserta didik adalah dengan adanya kurikulumkedaruratan yang sudah
ditandatangani kepala Dinas maka kami dalam PBM daring maupun luring dapat
berjalan.Anak-anak mendapatkan materi pembelajaran esensial terutama berkaitan
pola hidup dimasa pandemi covid19.
765 / 1050
Bagaimana pula cara Anda memastikan keberhasilan pencapaian para peserta didik melalui kontribusi Anda terhadap mereka?
cara yang kami
lakukan untuk memastikan keberhasilan pencapaian para peserta didik melakukan
evaluasi baik evaluasi aspek kognitif berupa pengetahuan esensial mau
pengamatan tingkah laku kehidupasn sehari-hari dengan prokes covid19.kegiatan
pengembangan diri yang merupakan salah satu dari jenis kegiatan PKB mnelalui
KKG. Peningkatan kompetensi guru terbentuk dimulai dengan adanya kegiatan
pengembangan diri dari guru itu sendiri baik melalui diklat atau kegiatan
kolektif guru.
480 / 525
Bagaimana hasilnya?
Hasilnya peserta
didik secasra perlahan dan pasti dalam PBM Tatap Muka mengikuti prokes Covid19
tanpa disusruh ataupun diawasi.Secara kognitif materi esensial pencapaian
dengan katagori cukup, peserta didik.Kita sebagai guru mau berselancar di dunia
maya banyak tersedia berbagai Platform media online digunakan dalam
pembelajaran daring guru, peserta didik, dan orang tua diharapkan terus
melakukan penyesuaian seiring berjalannya waktu. Berbagai respon positif
disampaikan peserta didik terkait pembelajaran daring
Tidak ada komentar :
Posting Komentar