Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 08 Oktober 2021

PELATIH AHLI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (essay1)

 

1.a. Apa kelebihan Anda yang dapat mendukung Anda sebagai Pelatih Ahli? Upaya apa saja yang telah Anda lakukan untuk dalam memajukan sekolah yang Anda dampingi yang menurut Anda sejalan dengan program Sekolah Penggerak?

Guru adalah bagian integral dari organisasi pembelajar di sekolah. Sebuah organisasi, termasuk organisasi pembelajar di sekolah perlu dikembangkan agar mampu menghadapi perubahan dan ketidakpastian yang merupakan ciri kehidupan modern. Salah satu karakter utama organisasi pembelajar adalah senantiasa mencermati perubahan internal dan eksternal yang diikuti dengan upaya penyesuaian diri dalam rangka mempertahankan eksistensinya.Mempunyai pengalaman melaksanakan program pendampingan program guru pembelajar dan program Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tujuan umum pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi bagi guru pembelajar yang dilaksanakn oleh kemdikbud dari tahun 2016-2018.Disampin itu   Setiapa triwulan melakikan pendampingan guru di berbagai KKG di kecamatan dalam kabupaten Bengkulu utara yang berkaitan dengan ke,mampuan guru dalam meningkatan kompetensi paedagogis.Pendamping yang kami lakukan diharapkan dapat menjadi rekan diskusi untuk membantu Guru dalam mengimplementasikan merdeka belajar di sekolah dan guru merdeka. Kami memfasilitasi diklat baik secara daring maupun luring  bulanan,teriwulan,bahkan semester. mencatat perkembangan, dan memberi umpan balik yang konstruktif.injovatif bagi guru dan kepala sekolah dilingkungan kami bekerja.

Melakukan pendampingan terhadapa guru baik kompetensi profesional,personal maupun paedagogis. agar peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang berdaya dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar murid

 (Jawaban harus mencakup nama program, contoh implementasi yang dilakukan) (minimal 150 kata)

.

1.b. Tantangan terbesar apa yang Anda hadapi saat Anda menjalankan peran sebagai seorang Pembimbing/Pelatih/Mentor/Pendamping Sekolah/Pendamping Kepala Sekolah/Guru/Pengawas/Penilik? Bagaimana cara Anda mengatasinya? (minimal 50 kata)

Tanatangan terbesar boleh dikatakan tidak ada,karena kalau kita menjalankan tugas profesional dengan iklas,maka kesulitan-kusulitan yang muncul secara sendirinya dapat teratasi.Kami dalam melakukan beberapa kali pendampingan terhadap guru dan kepala sekolah kalau ada kendala itu merupakan tantangan kami yang harus dapat kami selesaikan dengan strategi apapun asal tantangan itu dapat terlewati

 

1.c. Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk tetap menghidupkan semangat sebagai seorang Pembimbing/Pelatih/Mentor/Pendamping Sekolah/Pendamping Kepala Sekolah/Guru/Pengawas/Penilik dalam menjalankan tugas Anda?(minimal 50 kata)

1.Carilah alasan yang kuat mengapa anda menjadi guru, guru bukanlah pekerjaan mudah,tapi guru adalah pekerjaan seorang profesional yang dihargai dengan adanya tujngan profesi

2.Carilah inspirasi.:  bahwa seorang guru harus buisa melahirkan insipirasi atau hal baru dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa

3.Buatlah tujuan yang realistis dalam mengajar dengan harapan tujuan disesuaikan dengan kondisi linkungan sekolah berada,dengan memanfaatkan sumber daya yang ada

4.Rencanakan tindakan yang akan kamu lakukan kedepan dengan demikian maka kita/guru mempunyai target yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu

5.Memberi reward atau penghargaan kepada guru ini kami lakukan kepada gru yang berdedikasi atas tugas yang dijalankan secara profesional

 

2. Ceritakan pengalaman Anda mengatasi permasalahan sulit atau kompleks saat menjalani peran sebagai Pembimbing/Pelatih/Mentor/Pendamping Sekolah/Pendamping Kepala Sekolah/Guru/Pengawas/Penilik.


Top of Form

2.a. Situasi apa yang Anda hadapi saat itu?

Pada saat kami melakuikan pendampingan mennyusun kisi soal.Dengan karekteristikk guru yang berbeda dari segala aspek,maka kita harus sabar memberikan pengarahan/pembimbingan.

 

Kapan kejadiannya?

Bulan Nopember 2020 dimana pada Guru belum paham melakukan pemetaan KI-KD kedalam indikator Pencapaian kompetnsi untuk mendapatakan indikator soal menjadi soal.Ternyata tidak sesuai dengan KI-KD-IPK-IS,akhirnya kami menjelaskan dari permulaan.

               

 

Apa yang menyebabkan timbulnya permasalahan tersebut? (minimal 50 kata)

Belum pahamnya guru menyusun soal sesuai dengan yang diberikan oleh puskurnadik

 

2.b. Hal-hal apa saja yang menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih solusi yang paling sesuai untuk menyelesaikan situasi tersebut? (minimal 50 kata)

Menentukan Latar belakang permasalahan,Permasalahan yang timbul,alternatif pemecahan masalah yang sesuai dengan kondisi lingkungan,melakukan tindakan,menyimpulkan hasil tindakan dan melakukan tindakan/solusi yang tepat.Selain itu pertimbangan psyokologis karena jangan sampai tindikan yang ki6ta lakukan mempengaruhi pyikologis menjadi down.

 

 

Menyelidiki situasi atau masalah secara detail Mengumpulkan berbagai macam informasi terkait dengan situasi tersebut.Menciptakan beberapa alternatif keputusan yang baik untuk dijadikan opsi untuk dipertimbangankan.Mengidentifikasi resiko, kelayakan, dan implikasinya dari setiap opsi keputusan.Memilih solusi atau keputusan terbaik dari proses identifikasi yang sebelumnya sudah dilakukan.Mengevaluasi kembali atau double check keputusan sebelum diimplementasikan.

 

 

2.c. Pihak-pihak berkepentingan mana saja yang Anda libatkan dalam upaya memilih solusi terbaik untuk permasalahan tersebut? Mengapa? (minimal 50 kata)

Pihak berkepentingan yang diajak berdiskusi untuk mengambil cara  terbaik dalam mengambil soluisi terbaik. Dalam tatanan organisasi, pengambilan keputusan adalah bagian terpenting dalam merencanankan kegiatan. Memungkinkan sebuah pengambilan keputusanberdampak pada menyelesaikan masalah atau malah justru menambah masalah.Lembaga pendidikan adalah salah satu bagian dari unit lembaga yang terorganisir,sehingga terdapat kegiatan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh seorang pimpinan lembaga pendidikan sebagai manajerPihak yang kami libatkan rekan sesama kepala sekolah-guru-pengawas-orang yang mempunyai kompetensi dibidangnya.

 

2.d. Solusi apa yang kemudian Anda ambil? Mengapa? Bagaimana hasil yang diperoleh? (minimal 50 kata)

 Solusi yang kami ambil adalah mengadakan pendampingan personal yang belum memahami pemetaan KI-KD-IPK-Indikator soal-soal-kunci jawaban

Contoh :

Kelas VI semester II (muatan Pelajaran AIP)

  1. KI : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  2. KD : 3.2  Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
  3. IPK : 3.1.1.Mengetahui ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki.
  4. Indikator soal: Disajikan tabel siswa dapat mengelompokan ciri pubertas pada anak laki-laki.
  5. Soalanya : Perhatikan tabel di bawah ini!

Pada soal disajikan tabel ciri puberbetas pada anak laki-laki

  1. Kunci Jawaban: Ciri pubertas anak laki-laki

 

Hasil yang kami peroleh adalah secara perlahan guru dapat membuat kisi soal sesuai KI-KD-IPK dan dilanjutkan menyususn soal yang sesuai dengan indikator.Untuk mempermudah membuat kisi soal menjadi soal  yaitu kalimat pernyataan pada kisi sol dirubah menjadi kalimat pertanyaan pada soal

 

 

Tidak ada komentar :