1.a. Apa kelebihan Anda yang dapat mendukung Anda sebagai
Pelatih Ahli? Upaya apa saja yang telah Anda lakukan untuk dalam memajukan
sekolah yang Anda dampingi yang menurut Anda sejalan dengan program Sekolah
Penggerak?
Guru adalah bagian integral
dari organisasi pembelajar di sekolah. Sebuah organisasi, termasuk organisasi
pembelajar di sekolah perlu dikembangkan agar mampu menghadapi perubahan dan
ketidakpastian yang merupakan ciri kehidupan modern. Salah satu karakter utama
organisasi pembelajar adalah senantiasa mencermati perubahan internal dan
eksternal yang diikuti dengan upaya penyesuaian diri dalam rangka
mempertahankan eksistensinya.Mempunyai pengalaman melaksanakan
program pendampingan program guru pembelajar dan program Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tujuan
umum pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi
bagi guru pembelajar yang dilaksanakn oleh kemdikbud dari tahun
2016-2018.Disampin itu Setiapa triwulan
melakikan pendampingan guru di berbagai KKG di kecamatan dalam kabupaten
Bengkulu utara yang berkaitan dengan ke,mampuan guru dalam meningkatan
kompetensi paedagogis.Pendamping yang kami lakukan diharapkan dapat menjadi rekan diskusi
untuk membantu Guru dalam mengimplementasikan merdeka belajar di sekolah dan
guru merdeka. Kami memfasilitasi diklat
baik secara daring maupun luring bulanan,teriwulan,bahkan
semester.
mencatat perkembangan, dan memberi umpan balik yang konstruktif.injovatif
bagi guru dan kepala sekolah dilingkungan kami bekerja.
Melakukan
pendampingan terhadapa guru baik kompetensi profesional,personal maupun
paedagogis. agar
peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah mampu
menciptakan ekosistem pendidikan yang berdaya dan berkomitmen dalam
meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar murid
(Jawaban harus
mencakup nama program, contoh implementasi yang dilakukan) (minimal 150 kata)
.
1.b. Tantangan terbesar apa yang Anda hadapi saat Anda
menjalankan peran sebagai seorang Pembimbing/Pelatih/Mentor/Pendamping Sekolah/Pendamping
Kepala Sekolah/Guru/Pengawas/Penilik? Bagaimana cara Anda mengatasinya?
(minimal 50 kata)
Tanatangan terbesar boleh dikatakan tidak ada,karena kalau kita menjalankan
tugas profesional dengan iklas,maka kesulitan-kusulitan yang muncul secara sendirinya
dapat teratasi.Kami dalam melakukan beberapa kali pendampingan terhadap guru
dan kepala sekolah kalau ada kendala itu merupakan tantangan kami yang harus
dapat kami selesaikan dengan strategi apapun asal tantangan itu dapat terlewati
1.c. Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk tetap
menghidupkan semangat sebagai seorang Pembimbing/Pelatih/Mentor/Pendamping
Sekolah/Pendamping Kepala Sekolah/Guru/Pengawas/Penilik dalam menjalankan tugas
Anda?(minimal 50 kata)
1.Carilah alasan yang
kuat mengapa anda menjadi guru, guru bukanlah pekerjaan
mudah,tapi guru adalah pekerjaan seorang profesional yang dihargai dengan
adanya tujngan profesi
2.Carilah inspirasi.: bahwa seorang guru harus buisa melahirkan
insipirasi atau hal baru dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa
3.Buatlah tujuan yang
realistis dalam mengajar dengan harapan tujuan disesuaikan dengan
kondisi linkungan sekolah berada,dengan memanfaatkan sumber daya yang ada
4.Rencanakan tindakan
yang akan kamu lakukan kedepan dengan demikian maka kita/guru mempunyai
target yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu
5.Memberi reward atau penghargaan kepada guru ini kami
lakukan kepada gru yang berdedikasi atas tugas yang dijalankan secara
profesional
2. Ceritakan pengalaman Anda mengatasi permasalahan sulit
atau kompleks saat menjalani peran sebagai Pembimbing/Pelatih/Mentor/Pendamping
Sekolah/Pendamping Kepala Sekolah/Guru/Pengawas/Penilik.
2.a. Situasi apa yang Anda hadapi
saat itu?
Pada saat kami melakuikan pendampingan mennyusun kisi
soal.Dengan karekteristikk guru yang berbeda dari segala aspek,maka kita harus
sabar memberikan pengarahan/pembimbingan.
Kapan kejadiannya?
Bulan Nopember
2020 dimana pada Guru belum paham melakukan pemetaan KI-KD kedalam indikator
Pencapaian kompetnsi untuk mendapatakan indikator soal menjadi soal.Ternyata
tidak sesuai dengan KI-KD-IPK-IS,akhirnya kami menjelaskan dari permulaan.
Apa yang menyebabkan timbulnya
permasalahan tersebut? (minimal 50 kata)
Belum pahamnya guru menyusun soal
sesuai dengan yang diberikan oleh puskurnadik
2.b.
Hal-hal apa saja yang menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih solusi yang
paling sesuai untuk menyelesaikan situasi tersebut? (minimal 50 kata)
Menentukan Latar belakang
permasalahan,Permasalahan yang timbul,alternatif pemecahan masalah yang sesuai
dengan kondisi lingkungan,melakukan tindakan,menyimpulkan hasil tindakan dan
melakukan tindakan/solusi yang tepat.Selain itu pertimbangan psyokologis karena
jangan sampai tindikan yang ki6ta lakukan mempengaruhi pyikologis menjadi down.
Menyelidiki situasi atau masalah
secara detail Mengumpulkan berbagai macam informasi terkait dengan situasi
tersebut.Menciptakan beberapa alternatif keputusan yang baik untuk dijadikan
opsi untuk dipertimbangankan.Mengidentifikasi resiko, kelayakan, dan
implikasinya dari setiap opsi keputusan.Memilih solusi atau keputusan terbaik
dari proses identifikasi yang sebelumnya sudah dilakukan.Mengevaluasi kembali
atau double check keputusan sebelum diimplementasikan.
2.c. Pihak-pihak berkepentingan mana saja
yang Anda libatkan dalam upaya memilih solusi terbaik untuk permasalahan
tersebut? Mengapa? (minimal 50 kata)
Pihak berkepentingan yang diajak
berdiskusi untuk mengambil cara terbaik
dalam mengambil soluisi terbaik. Dalam tatanan organisasi, pengambilan
keputusan adalah bagian terpenting dalam merencanankan kegiatan. Memungkinkan
sebuah pengambilan keputusanberdampak pada menyelesaikan masalah atau malah
justru menambah masalah.Lembaga pendidikan adalah salah satu bagian dari unit
lembaga yang terorganisir,sehingga terdapat kegiatan pengambilan keputusan yang
dilakukan oleh seorang pimpinan lembaga pendidikan sebagai manajerPihak yang
kami libatkan rekan sesama kepala sekolah-guru-pengawas-orang yang mempunyai
kompetensi dibidangnya.
2.d. Solusi apa yang kemudian Anda ambil?
Mengapa? Bagaimana hasil yang diperoleh? (minimal 50 kata)
Solusi yang kami ambil adalah mengadakan
pendampingan personal yang belum memahami pemetaan KI-KD-IPK-Indikator
soal-soal-kunci jawaban
Contoh :
Kelas VI semester II (muatan Pelajaran AIP)
- KI : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca)
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
- KD :
3.2 Menghubungkan ciri pubertas
pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
- IPK : 3.1.1.Mengetahui ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki.
- Indikator soal:
Disajikan tabel siswa dapat mengelompokan ciri pubertas pada anak
laki-laki.
- Soalanya :
Perhatikan tabel di bawah ini!
Pada soal disajikan tabel ciri puberbetas pada
anak laki-laki
- Kunci Jawaban: Ciri
pubertas anak laki-laki
Hasil yang kami peroleh adalah secara perlahan guru dapat
membuat kisi soal sesuai KI-KD-IPK dan dilanjutkan menyususn soal yang sesuai
dengan indikator.Untuk mempermudah membuat kisi soal menjadi soal yaitu kalimat pernyataan pada kisi sol
dirubah menjadi kalimat pertanyaan pada soal
Tidak ada komentar :
Posting Komentar