LAPORAN HASIL FASILITASI
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN
BERKELANJUTAN
MODA TATAP MUKA IN-ON-IN
NAMA
IN/MENTOR : EDY
SUSILO
NIP : 1969071519930610017
KELOMPOK
KOMPETENSI : B
DAN I
MATA
PELAJARAN : SD
KELAS ATAS
UNIT
KERJA :
SDN 174 BENGKULU UTARA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
2017
DAFTAR ISI
Cover
|
i
|
DAFTAR ISI
|
ii
|
BAB I. PENDAHULUAN
|
1
|
A. Latar Belakang
|
1
|
B. Tujuan
|
|
BAB II. PELAKSANAAN DAN HASIL
KEGIATAN
|
|
A. Peserta
|
|
B. Waktu Pelaksanaan dan Materi
|
|
C. Hasil Kegiatan
|
|
D. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan
|
|
BAB III. KESIMPULAN
|
|
LAMPIRAN
|
|
PENILAIAN SIKAP PESERTA
|
|
PENILAIAN KETERAMPILAN PESERTA
|
|
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peningkatan kompetensi guru terkait dengan
profesionalismenya, harus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini diatur dalam
Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya serta Permendiknas No. 35 Tahun 2010
tentang petunjuk teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya untuk
kenaikan karir dan kepangkatannya.
Tahun
2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama
untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikkan capaian
nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70.
Penyelenggaraan
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melibatkan berbagai macam pihak.
Bentuk pelibatan dilakukan dengan berbagai cara seperti memberikan dukungan
bagi terselenggaranya Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, baik
dalam moda tatap muka, dalam jejaring (daring) murni, maupun daring kombinasi.
Salah satu komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan program ini adalah
Instruktur Nasional/Mentor.
Bentuk
pelibatan Instruktur Nasional/Mentor dalam Program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan ini merupakan salah satu amanah seperti yang tertuang pada
Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2016
Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Dan Tambahan Penghasilan
Bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah bahwa bagi guru yang mendapat tugas
tambahan sebagai narasumber nasional/instruktur nasional/tim pengembang/mentor
untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau pelaksanaan diklat
kurikulum, memiliki beban mengajar paling sedikit 12 (dua belas) jam tatap muka
per minggu untuk mata pelajaran yang diampu, sesuai dengan sertifikat pendidik
yang dimilikinya.
Dalam
hal guru yang mendapat tugas tambahan sebagai narasumber nasional/instruktur
nasional/tim pengembang/mentor pada program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan minimal satu kali, maka guru tersebut memiliki beban mengajar
paling sedikit 12 (dua belas) jam tatap muka per minggu untuk mata pelajaran
yang diampu, sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya.
Laporan
hasil fasilitasi ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban instruktur
nasional/mentor yang telah selesai melaksanakan kegiatan mengajar pada program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
B. Tujuan
Tujuan
dari kegiatan ini adalah membimbing dan memfasilitasi peserta pada Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sehingga dapat menjadi peserta yang
aktif, belajar secara individu sesuai kebutuhan, dan juga dapat saling berbagi
(sharing) pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan peserta lainnya sehingga
dapat meningkatkan kompetensinya.
BAB II.
PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN
A. Peserta
Peserta
yang telah mengikuti kelas modul B kelompok kompetensi Paedagogik dan professional adalah sejumlah 20 (dua puluh) orang guru
Peserta
yang telah mengikuti kelas modul I kelompok
kompetensi Paedagogik dan profesional adalah sejumlah 20 (dua puluh) orang, yang dilaksankan dengan sistim IN-ON-IN,dengan
pola 20-20-20
Data lengkap peserta
terlampir.
B. Waktu Pelaksanaan dan Materi .
1.
Waktu pelaksanaan Kegiatan pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada
modul B
dan I kelompok kompetensi Paedagogik
dan profesional dilaksanakan pada IN1 pada tanggal 5-6 oktober 2017 dan kegiatan ON dilaksanakan dari tanggal 7-18 Oktober. Pada kegiatan IN2 dilaksanakan
tanggal 19-20
Oktober 2017. Pola kegiatan dilaksanakan selama 60 JP yang mencakup 2 hari
pertemuan pertama, 10 hari
kegiatan ON di rumah/disekolah melalui kegiatan kelompok.
2. Materi (materi mencakup
uraian yang disesuaikan dengan struktur program)
C.Peserta
Dalam
kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),di gugus I Kecamatan
Argamakmur Bengkulu Utara terdiri dari 20 orang
(data
terlampir)
C. Hasil Kegiatan
1. ketuntasan hasil belajar
peserta, menyelesaikan 2 modul dalam kegiatan IN-ON-IN jumlah peserta yang menyelesaikan seluruh
pembelajaran,
2.Perolehan
nilai rata-rata dari sikap dan ketrampilan baik sekali
3.Hambatan
dalam pelaksanaan kegiatan PKB hamper dirasa tidak ada.
D. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan Evaluasi memlalu pengamatan sikap dan
ketrampilan.Hasil dari penilaian tersebut terdapat pada lampiran berikut
(data terlampir}
BAB III. KESIMPULAN
Berisi tentang hal-hal
penting yang menjadi simpulan, hambatan yang ditemukan dan solusinya (jika
ada), dan peserta yang dinyatakan layak mengikuti tes akhir.
Contoh:
1. Kesimpulan Dari Pembelajaran modul ... KK .. dapat
disimpulkan bahwa
a. Jumlah peserta
keseluruhan ... dan yang aktif sampai akhir pembelajaran ....
b. Peserta apakah antusias
atau tidak dilihat dari aktivitas kegiatan baik daring maupun luring dengan
ketuntasan ....?
c. Keseluruhan pembelajaran
dapat disimpulkan sudah memuaskan atau tidak dilihat dari umpan balik sesi
d. Hasil pembelajaran
secara daring memperlihatkan ..... (dari
nilai peserta) dan dilihat dari forum dan refleksi peserta
e. Hasil pembelajaran dari
proses tatap muka di PB memperlihatkan .... dilihat dari keaktifan,
keterampilan, dan presentasi peserta
f. Peserta yang dinyatakan
tuntas baik secara daring (dari activity completion dan kualitas tagihan yang
di unggah dan dipresentasikan peserta ) ..... orang dari ..... orang Hambatan
....
Peserta yang dinyatakan
tuntas dan dapat mengikuti tes akhir di TUK adalah a. ... b. ... c. ... d. dll
LAMPIRAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAG
KEPENDIDIKAN
2017
PENILAIAN SIKAP PESERTA
Nama Kegiatan : Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB),
Kelas/Jenjang : ATAS
Mapel/Paket Keahlian :
SD
Tempat : SDN016 BENGKULU UTARA
Tanggal : 5-20
OKTOBER 2017
KK : B
Keterangan:
|
|||||||
No.
|
Nilai
|
Predikat
|
Keterangan
|
Penatar 1,
|
Penatar 2,
|
||
1.
|
> 90 – 100
|
Amat Baik
|
Lulus
|
||||
2.
|
> 80 – 90
|
Baik
|
Lulus
|
||||
3.
|
> 70 – 80
|
Cukup
|
Tidak Lulus
|
||||
4.
|
> 60 - 70
|
Sedang
|
Tidak Lulus
|
||||
5.
|
< 60
|
Kurang
|
Tidak Lulus
|
................................
|
............................
|
||
NIP -
|
NIP -
|
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYA
PUSAT PENGEMBANGAN DAN
PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017
Nama Kegiatan : Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB),
Kelas/Jenjang : ATAS
Mapel/Paket Keahlian :
SD
Tempat : SDN016 BENGKULU UTARA
Tanggal : 5-20
OKTOBER 2017
KK : B
PENILAIAN KETERAMPILAN PESERTA
Nama Kegiatan : Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB),
Kelas/Jenjang : ATAS
Mapel/Paket Keahlian :
SD
Tempat : SDN016 BENGKULU UTARA
Tanggal : 5-20
OKTOBER 2017
KK : I
Keterangan:
|
||||||||||
No.
|
Nilai
|
Predikat
|
Keterangan
|
Penatar 1,
|
||||||
1.
|
> 90 – 100
|
Amat Baik
|
Lulus
|
|||||||
2.
|
> 80 – 90
|
Baik
|
Lulus
|
|||||||
3.
|
> 70 – 80
|
Cukup
|
Tidak Lulus
|
|||||||
4.
|
> 60 - 70
|
Sedang
|
Tidak Lulus
|
|||||||
5.
|
< 60
|
Kurang
|
Tidak Lulus
|
EDY SUSILO
|
||||||
NIP -
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar