Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 21 Oktober 2017

LAPORAN HASIL FASILITASI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN






LAPORAN HASIL FASILITASI 
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN  
MODA TATAP MUKA IN-ON-IN



NAMA IN/MENTOR             : EDY SUSILO
NIP                                         : 1969071519930610017
KELOMPOK KOMPETENSI             :  B DAN I
MATA PELAJARAN               : SD KELAS ATAS
UNIT KERJA                          : SDN 174 BENGKULU UTARA



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017

DAFTAR ISI

Cover
i
DAFTAR ISI
ii
BAB I. PENDAHULUAN
1
A. Latar Belakang
1
B. Tujuan

BAB II. PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN

A. Peserta

B. Waktu Pelaksanaan dan Materi

C. Hasil Kegiatan

D. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan

BAB III. KESIMPULAN

LAMPIRAN

PENILAIAN SIKAP PESERTA

PENILAIAN KETERAMPILAN PESERTA











BAB I. PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
Peningkatan kompetensi guru terkait dengan profesionalismenya, harus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya serta Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang petunjuk teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya untuk kenaikan karir dan kepangkatannya.
Tahun 2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikkan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70.
Penyelenggaraan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melibatkan berbagai macam pihak. Bentuk pelibatan dilakukan dengan berbagai cara seperti memberikan dukungan bagi terselenggaranya Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, baik dalam moda tatap muka, dalam jejaring (daring) murni, maupun daring kombinasi. Salah satu komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan program ini adalah Instruktur Nasional/Mentor.
Bentuk pelibatan Instruktur Nasional/Mentor dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini merupakan salah satu amanah seperti yang tertuang pada Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Dan Tambahan Penghasilan Bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah bahwa bagi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai narasumber nasional/instruktur nasional/tim pengembang/mentor untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau pelaksanaan diklat kurikulum, memiliki beban mengajar paling sedikit 12 (dua belas) jam tatap muka per minggu untuk mata pelajaran yang diampu, sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya.
Dalam hal guru yang mendapat tugas tambahan sebagai narasumber nasional/instruktur nasional/tim pengembang/mentor pada program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan minimal satu kali, maka guru tersebut memiliki beban mengajar paling sedikit 12 (dua belas) jam tatap muka per minggu untuk mata pelajaran yang diampu, sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya.
Laporan hasil fasilitasi ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban instruktur nasional/mentor yang telah selesai melaksanakan kegiatan mengajar pada program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.  
B. Tujuan 
Tujuan dari kegiatan ini adalah membimbing dan memfasilitasi peserta pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sehingga dapat menjadi peserta yang aktif, belajar secara individu sesuai kebutuhan, dan juga dapat saling berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan peserta lainnya sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.           























BAB II.
PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN

A. Peserta 
Peserta yang telah mengikuti kelas modul B kelompok kompetensi Paedagogik dan professional adalah sejumlah 20 (dua puluh) orang guru
Peserta yang telah mengikuti kelas modul I  kelompok kompetensi Paedagogik dan profesional adalah sejumlah  20 (dua puluh) orang, yang dilaksankan dengan sistim IN-ON-IN,dengan pola 20-20-20
Data lengkap peserta terlampir. 

B. Waktu Pelaksanaan dan Materi  .

1. Waktu pelaksanaan Kegiatan pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada modul B dan I kelompok kompetensi Paedagogik dan profesional dilaksanakan pada IN1 pada tanggal 5-6 oktober 2017 dan kegiatan ON dilaksanakan dari tanggal 7-18 Oktober. Pada kegiatan IN2 dilaksanakan tanggal 19-20 Oktober 2017. Pola kegiatan dilaksanakan selama 60 JP yang mencakup 2 hari pertemuan pertama, 10 hari kegiatan ON di rumah/disekolah melalui kegiatan kelompok.
2. Materi (materi mencakup uraian yang disesuaikan dengan struktur program)  
           

C.Peserta
Dalam kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),di gugus I Kecamatan Argamakmur Bengkulu Utara terdiri dari 20 orang
(data terlampir)
C. Hasil Kegiatan
1. ketuntasan hasil belajar peserta, menyelesaikan 2 modul dalam kegiatan IN-ON-IN jumlah peserta yang menyelesaikan seluruh pembelajaran, 
2.Perolehan nilai rata-rata dari sikap dan ketrampilan baik sekali 
3.Hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PKB hamper dirasa tidak ada.

D. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan 
Pelaksanaan Evaluasi memlalu pengamatan sikap dan ketrampilan.Hasil dari penilaian tersebut terdapat pada lampiran berikut
(data terlampir}
















BAB III. KESIMPULAN 


Berisi tentang hal-hal penting yang menjadi simpulan, hambatan yang ditemukan dan solusinya (jika ada), dan peserta yang dinyatakan layak mengikuti tes akhir.
Contoh: 
1. Kesimpulan  Dari Pembelajaran modul ... KK .. dapat disimpulkan bahwa
a. Jumlah peserta keseluruhan ... dan yang aktif sampai akhir pembelajaran ....
b. Peserta apakah antusias atau tidak dilihat dari aktivitas kegiatan baik daring maupun luring dengan ketuntasan ....?
c. Keseluruhan pembelajaran dapat disimpulkan sudah memuaskan atau tidak dilihat dari umpan balik sesi 
d. Hasil pembelajaran secara daring memperlihatkan .....  (dari nilai peserta) dan dilihat dari forum dan refleksi peserta
e. Hasil pembelajaran dari proses tatap muka di PB memperlihatkan .... dilihat dari keaktifan, keterampilan, dan presentasi peserta
f. Peserta yang dinyatakan tuntas baik secara daring (dari activity completion dan kualitas tagihan yang di unggah dan dipresentasikan peserta ) ..... orang dari ..... orang Hambatan .... 
Peserta yang dinyatakan tuntas dan dapat mengikuti tes akhir di TUK adalah  a. ... b. ... c. ... d. dll 









LAMPIRAN   
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAG KEPENDIDIKAN
2017
PENILAIAN SIKAP PESERTA
Nama Kegiatan                      : Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),
Kelas/Jenjang                        : ATAS
Mapel/Paket Keahlian          : SD
Tempat                                   : SDN016 BENGKULU UTARA
Tanggal                                  : 5-20 OKTOBER  2017
KK                                           : B

Keterangan:
No.
Nilai
Predikat
Keterangan
Penatar 1,
Penatar 2,
1.
> 90 – 100
Amat Baik
Lulus
2.
> 80 – 90
Baik
Lulus
3.
> 70 – 80
Cukup
Tidak Lulus
4.
> 60 - 70
Sedang
Tidak Lulus
5.
< 60
Kurang
Tidak Lulus
................................
............................
NIP -
NIP -
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYA

PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017

Nama Kegiatan                      : Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),
Kelas/Jenjang                        : ATAS
Mapel/Paket Keahlian          : SD
Tempat                                   : SDN016 BENGKULU UTARA
Tanggal                                  : 5-20 OKTOBER  2017
KK                                           : B













PENILAIAN KETERAMPILAN PESERTA

Nama Kegiatan                      : Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),
Kelas/Jenjang                        : ATAS
Mapel/Paket Keahlian          : SD
Tempat                                   : SDN016 BENGKULU UTARA
Tanggal                                  : 5-20 OKTOBER  2017
KK                                           : I

Keterangan:
No.
Nilai
Predikat
Keterangan
Penatar 1,
1.
> 90 – 100
Amat Baik
Lulus
2.
> 80 – 90
Baik
Lulus
3.
> 70 – 80
Cukup
Tidak Lulus
4.
> 60 - 70
Sedang
Tidak Lulus
5.
< 60
Kurang
Tidak Lulus
EDY SUSILO
NIP -



Tidak ada komentar :