LEMBAR KERJA PKB IN ON IN
Tabel
2. Daftar Lembar Kerja Modul
No
|
Kode
LK
|
Nama
LK
|
Keterangan
|
1.
|
LK.01.
|
Teori
Belajar
|
TM,
IN1
|
2
|
LK.02.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
TM,
IN1
|
3.
|
LK.03.
|
Analisis
Kegiatan Pembelajaran
|
TM,
ON
|
4.
|
LK.04.
|
Prinsip-Prinsip
Pembelajaran dan Implikasi Prinsip-Prinsip Pembelajaran
|
TM,
IN1
|
5.
|
LK.05.
|
Skenario
Pembelajaran
|
TM,
ON
|
LK.
01 TEORI BELAJAR
Bacalah dengan cermat dan seksama, diskusikan materi
dengan sesama guru peserta diklat agar dapat memahami pengertian teori belajar,
mengapa guru mempelajari teori belajar, peran hakekat belajar untuk merumuskan
berbagai teori belajar dan dalam membedakan behaviorisme, kognitivisme,
konstruktivisme dan humanisme.
No
|
Teori
|
Pendapat
|
Implikasi
pada pendidikan
|
1.
|
behaviorisme
|
||
2
|
kognitivisme,
|
||
3.
|
konstruktivisme.
|
||
4
|
humanisme
|
2
|
LK.02.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
TM,
IN1
|
LK.
02 MEMBUAT KEGIATAN PEMBELAJARAN
Dengan
terlebih dahulu mencermati pengertian :
behaviorisme,
kognitivisme, konstruktivisme dan humanism.
Buatlah
beberapa contoh kegiatan pembelajaran pada suatu materi pelajaran tematik yang
sesuai untuk kelas tinggi.
3.
|
LK.03.
|
Analisis
Kegiatan Pembelajaran
|
TM,
ON
|
LK.
03 ANALISIS KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Melalui diskusi kelompok peserta
mampu menentukan jenis teori belajar yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran
b. Kajilah skenario pembelajaran di
bawah ini halaman modul KK B Paedagogik
halaman 40
c. Diskusikan dalam kelompok
ciri-ciri teori belajar manakah yang terdapat dalam kegiatan belajar tersebut,
apakah anda menemukan lebih dari satu jenis teori belajar
No
|
Teori
belajar
|
Pendapat
ahli
|
Implikasi
pada pendidikan
|
1.
|
|||
2
|
|||
3.
|
|||
4
|
4.
|
LK.04.
|
Prinsip-Prinsip
Pembelajaran dan Implikasi Prinsip-Prinsip Pembelajaran
|
TM,
IN1
|
4.LK .04. Prinsip-Prinsip Pembelajaran dan Implikasi Prinsip-Prinsip
Pembelajaran
NO
|
Prinsip
Pembelajaran
|
Implikasi
prinsip pembelajaran
|
|
1.
|
|||
2
|
|||
3.
|
|||
4
|
KK B KELOMPOK PROFESIONAL
No
|
Kode LK
|
Nama LK
|
Keterangan
|
1.
|
LK.01.
|
Penjumlahan
dan Pengurangan Bilanngan Bulat
|
TM, IN1
|
2
|
LK.02.
|
Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
|
TM, IN1
|
3.
|
LK.03.
|
Soal Cerita
Operasi Bilangan Bulat
|
TM, ON
|
4.
|
LK.04.
|
Menentukan
KPK dan FPB dengan Kartu
Angka
|
TM, IN1
|
5.
|
LK.05.
|
Penerapan FPB dan KPK
|
TM,ON
|
6
|
LK.06
|
Masalah
Pangkat dan Akar Bilangan
|
TM IN1
|
7
|
LK.07
|
Menentukan
Hasil Penjumlahan Dua Pecahan Beda Penyebut
|
TM IN1
|
8
|
LK.08
|
Operasi
Hitung Pecahan I
|
TM,
IN1
|
9
|
LK.09
|
Operasi
Hitung Pecahan II
|
TM,
ON
|
10
|
LK.10
|
Perbandingan
Senilai dan Berbalik Nilai
|
TM,
IN1
|
11
|
LK.11
|
Soal ccerita
Pecahan sebagai Perbandingan
|
TM
IN 1 (No. 1, 3)
ON
(No. 2, 4)
|
12
|
LK.12
|
Menginterpretasikan
data
|
TM
IN1 (No. 1,2,3)
ON
(No. 4, 5)
|
13
|
K.13
|
Menentukan
Ukuran Pemusatan Nilai Siswa
|
ON
|
14
|
LK.14
|
Soal Cerita
Ukuran Pemusatan
|
TM
IN1 (No. 1, 2,5) ON (No. 3, 4)
|
15
|
LK.15
|
Pengembangan
Soal
|
TM,
IN1/ON
|
KELOMPOK
KOMPETENSI I
PEDAGOGIK:
Pemanfaatan
TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
Tabel 1. Daftar Lembar Kerja Modul
No
|
Kode LK
|
Nama LK
|
Keterangan
|
1
|
LK.1.1.
|
TIK
Dalam Pembelajaran
|
TM,
IN1
|
2
|
LK.1.2
|
Pemanfaatan
Insert Symbol
|
TM,
IN1
|
3
|
LK.1.3
|
Pemanfaatan
Equation Editor
|
TM,
IN1 (Point a)
|
4
|
LK.1.3
|
Pemanfaatan
Equation Editor
|
TM,
ON (Point b,c,d)
|
5
|
LK.1.4
|
Pemanfaatan
Insert Picture
|
TM,
IN1
|
6
|
LK.1.5
|
Pemanfaatan
Fasilitas Drawing
|
TM,
ON
|
7
|
LK.2.1.a
|
Powerpoint
Untuk Penanaman Konsep Luas Jajargenjang
|
TM,
IN1
|
8
|
LK.2.1.b
|
Powerpoint
Untuk Penanaman Konsep Luas Segitiga Siku-siku
|
TM,
ON
|
9.
|
LK.2.2.a
|
Mengkonstruksi
Segitiga Siku-Siku Menggunakan GeoGebra
|
TM,
IN1
|
10.
|
LK.2.2.b
|
Mengekspor
Gambar Segitiga Siku-Siku Di GeoGebra
|
TM,
IN1
|
11.
|
LK 2.3
|
Mengkonstruksi
Persegi Panjang
Menggunakan
GeoGebra
|
TM,
ON
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar