Nama Kepala Sekolah :EDY SUSILO
INSTANSI: SDN 160 BENGKULU UTARA
Tugas 04. Hasil Refleksi Pendalaman Bahan Pembelajaran
No |
Nama
Materi |
Resume
Hasil Eksplorasi Materi |
Hal
Baru yang Diperoleh |
a |
b |
c |
d |
1 |
Manajerial |
Dengan mengkuti diklat
penguatan kepala sekolah ini kami tahu fungsi dan tanggungjawab
manajerial.Dari demensi manajerial yang berjumlah 14, hampir kami
laksanakan,bahkan yang sering kami lakukan antara lain :memahami cara
mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan perencanaan dan penerimaan peserta didik baru,memiliki
ppengalaaman daalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan pengelolaan
peserta didik,sebagai kepala sekolah terlibat aktif dalam penyusunan dan
analisa dokumen I KTSP,mengganalisis silabus dan RPP,menggunakan media TIK
dalam pebelajaran. Dari pengalaaman menjadi
kepala sekolah,itulah sebagai bahan kami dalam mengambil
tindakan/keputusan,dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi guru dan
berimbas pada out come anak didik. Kami selaku Kepala SDN
160 Bengkulu Utara berusaha memenag kondisi sekolah yang selama ini kurang
kondusif dengan dengan manajerial dan
pendekatan personal,dan kini sudah berjalan sangat baik.Kami memberi ruang
kepada guru untuk untuk menyampaikan keluhan/kesulitan yang berkait dengan
tugas guru.Pendamingan kami jadwalkan 2 minggu sekali Peran kepala sekolah
sebagai manajer adalah peran yang dimiliki kepala sekolah untuk melakukan
pengelolaan dan mendayagunakan sumber daya pendidikan yang dimiliki sekolah
dengan secara bersama-sama melakukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
1. Peran kepala sekolah sebagai manajer dilakukan dengan menerapkan
prinsip-prinsip manajemen yang meliputi Planning (Perencanaan), Organizing
(Pengorganisasian), Actuating (Penggerakan), Controling (Pengawasan). 2. Dukungan kepala sekolah terhadap program peningkatan kompetensi
guru merupakan upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk memberikan dukungan
dengan mengupayakan berbagai program dan kegiatan untuk peningkatan
kompetensi guru. Program dan kegiatan yang dilakukan merupakan hasil dari
kerjasama kepala sekolah dengan pihak terkait lainnya. 3. Fasilitas yang diberikan kepada guru dalam upaya peningkatan
kompetensi guru diberikan sebagai pendukung dan penunjang dan untuk
meningkatkan semangat dan motivasi guru untuk melakukan perbaikan pada
dirinya agar menjadi guru yang profesional sesuai dengan kriteria guru
profesioanal dengan menguasai ke empat kompetensi guru yang meliputi,
kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan
kompetensi kepribadian |
-Mendapatkan pemahaman
baru yang berkaitan kepala sekolah sebagai manajer -evaluasi diri sebagai kepala
sekolah,apa yang sudah dan belum dilaksanakan |
2 |
Supervisi Guru dan Tenaga
kependidikan |
Kegiatan
suervisi bagi Keala Sekolah erupakan suatu keharusan ,Selaku kepala SDN 160
Bengkulu Utara ada jadual dan cara berbeda yang dilaksanakan.Kepala sekolah sebagai
supervisor mencangkup kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan pembangkitan
semangat dan kerjasama para guru, pemenuhan alat-alat dan perlengkapan
sekolah demi kelancaran pengajaran, pengembangan dan pembinaan pengetahuan
serta keterampilan guru-guru, dan kerjasama antara sekolah dan masyarakat,
yang semuanya ditujukan untuk mempertinggi mutu pendidikan dan pengajaran
siswa. Teknik yang digunakan dalam melaksanakan supervisi oleh kepala
sekolahterhadap guru-guru dan pegawai sekolah dapat dilakukan dengan teknik
perseorangan dan teknik kelompok. Seberapa jauh kepala sekolah dapat
mengoptimalkan segenap peran yang diembannya, secara langsung maupun tidak
langsung dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kompetensi guru,
dan pada gilirannya dapat membawa efek terhadap peningkatan mutu pendidikan
di sekolah. |
-Mendapatkan pemahaman
baru yang berkaitan studi kasus -evaluasi diri sebagai
kepala sekolah kasus yang terjadi di sekolah |
3 |
Pengembangan Kewirausahaan |
kepala sekolah yang berjiwa wirausaha harus menerapkan beberapa hal
berikut: (1) berpikir kreatif
-inovatif, (2) mampu membaca arah perkembangan
dunia pendidikan, (3) dapat menunjukkan nilai lebih
dari beberapa atau seluruh elemen sistem persekolahan yang dimiliki, (4) perlu menumbuhkan kerjasama tim,
sikap kepemimpinan, kebersamaan dan hubungan yang solid dengan segenap warga
sekolah, (5) mampu membangun pendekatan
personal yang baik dengan lingkungan sekitar dan tidak cepat berpuas diri
dengan apa yang telah diraih, (6) selalu meng-upgrade ilmu
pengetahuan yang dimiliki dan teknologi yang digunakan untuk meningkatkan
kualitas ilmu amaliah dan amal ilmiahnya, (7) bisa menjawab tantangan masa
depan dengan bercermin pada masa lalu dan masa kini agar mampu mengamalkan konsep
manajemen dan teknologi informasi. |
Kemampuan kepala sekolah yang berjiwa wirausaha dalam berinovasi sangat menentukan keberhasilan sekolah
yang dipimpinnya karena kepala sekolah tersebut mampu menyikapi kebutuhan,
keinginan dan harapan masyarakat akan jasa pendidikan bagi
anak-anaknya..Kepala sekolah dapat merencanakan
program pengembangan kewirausahaan. Melaksanakan program pengembangan kewirausahaan dan Melaksanakan Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan |
4 |
Latihan Studi Kasus
Masalah Pembelajaran*) |
Kami selaku kapala SDN
160 Bengkulu Utara yang mengangkat studi kasus tentang penilaian,karena dalam
proses penilaian memnggunakan tahapan-tahapan yamg harus di ikuti. Pemetaan KD-KI
dilanjutkan menentukan IPK diteruskan dengan Penulisan Indikator soal
kemudian penulisan soal dan mebuat kunci jawaban dilanjutak penyekoran. Dari pengalaman kami
disaat pendampingan guru memebuat kisi soal tidak sesuai IPKàIndikator Soalàdan soal,dan ini
tetntunya tidak akan tercapai tujuan kurikulum itu,karena alat ukurnya salah. |
Dengan latihan studi kasus ini seorang kepala sekolah harus mampu
menganalisis dan mengatasi situasi bermasalah secara taktis dalam waktu yang
singkat |
*) bersifat latihan yang dalam mengerjakannya dapat berkonsultasi lebih
lanjut dengan Pengajar Diklat
Petunjuk
pengisian hasil refleksi pendalaman bahan pembelajaran:
1.
Kolom “a” diisi dengan nomor
urut;
2.
Kolom “b” diisi dengan nama
materi;
3.
Kolom “c” diisi dengan resume
hasil eksplorasi materi secara garis besar;
4.
Kolom “d” diisi dengan hal-hal
baru yang diperoleh setelah mendalami materi.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar