LK-6b.2 Kajian Modul
Moda Daring Kompetensi Pedagogik
Tujuan
Kegiatan:
Mengkaji Modul Moda DaringKompetensi
Pedagogik
Langkah Kegiatan:
1. Siapkan modul Moda Daringkompetensi pedagogik!
2. Kajilah
seluruh ini modul mulai dari Bagian Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran sampai
dengan bagian Evaluasi melalui kegiatan diskusi terpumpun!
3. Isilah
format kajian dengan uraian setiap komponen modul pada kolom yang tersedia
4. Buatlah
rangkuman isi modul dalam bentuk bagan atau mindmap! Catat
hal-hal penting yang menjadi masalah pada modul dan bagaimana pemecahan
masalahnya!
5. Presentasikan
hasil diskusi
6. Perbaiki
hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!
Format Kajian Modul
Mata Pelajaran/Paket
Keahlian: kelas
tinggi
Kelompok Kompetensi: E
Judul Modul: Penilaian proses
dan hasil belajar
Tujuan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi/ Submateri
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Latihan/ Tugas
|
Evaluasi
|
SESI I
·
Memahami konsep penilaian pembelajaran
·
Memahami pengembangan dan analisis instrumen penilaian
|
·
Menjelaskan konsep penilaian pembelajaran
·
Mengembangkan dan menganalisis instrumen penilaian
|
Ø
Konsep penilaian Sub :
·
Pengukuran, Penilaian dan evaluasi dalam penilaian
·
Lingkup penilaian dalam pembelajaran
·
Prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran
·
Karakteristik dan Teknik penilaian
·
Bentuk Penilaian Tes dan Non tes
·
Prosedur penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan
|
·
Pengantar sesi I
·
Kegiatan pembelajaran 1.1 dan seterusnya
·
Mengunduh bahan bacaan
·
Mengerjakan LK
·
Diskusi pada forum sesi
·
Refleksi sesi I
·
Penilaian diri sesi I
·
Tes sumatif sesi I
|
·
Mengisi soal kuis
|
·
Penilaian diri sesi I
·
Tes sumatif sesi I
|
Perbedaan Karakteristik Tatap Muka dan Daring:
Karakteristik dari
keduanya yaitu suatu bentuk komunikasi yang mempertemukan
secara tatap muka pihak komunikator dan komunikan. Pesan disampaikan secara
langsung dari komunikator, dan secara langsung dapat langsung menerima umpan
balik/feedback dari komunikan menggunakan media jaringan internet secara real
time,menggunakan laptop/computer.
Rangkuman:
Pembelajaran
dengan tatap muka Kelemahan
dari komunikasi tatap muka adalah ketidak efektifan waktu. Komunikator dan
komunikan harus bertemu dalam melakukan proses komunikasi dan menghabiskan
waktu bersama di sebuah tempat
Catatan hal-hal penting yang menjadi masalah:
Dalam pembelajaran
daringn wajib adanya perangkat IT
(laptop/computer dan jaringan internet),tatap muka memerlukan waktu dan perlu
perencanaan yang matang
Pemecahan Masalah:
Stecholder bidang
pendidikan memfasilitasi segala kekurangan agar tercapai dalam sistim kedua
kegiatan pembelajaran tersebut
EDY SUSILO
SDN 06 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA
Tidak ada komentar :
Posting Komentar