Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 23 Juli 2016

Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Pedagogik


       LK-6b.2 Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Pedagogik




LK-6b.2 Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Pedagogik

Tujuan Kegiatan:
Mengkaji Modul Moda DaringKompetensi Pedagogik 
Langkah Kegiatan:
1.     Siapkan modul Moda Daringkompetensi pedagogik!
2.     Kajilah seluruh ini modul mulai dari Bagian Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran sampai dengan bagian Evaluasi melalui kegiatan diskusi terpumpun!
3.     Isilah format kajian dengan uraian setiap komponen modul pada kolom yang tersedia
4.    Buatlah rangkuman isi modul dalam bentuk bagan atau mindmap!  Catat   hal-hal penting yang menjadi masalah pada modul dan bagaimana pemecahan masalahnya! 
5.     Presentasikan hasil diskusi
6.    Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!


Format Kajian Modul

Mata Pelajaran/Paket Keahlian: kelas tinggi
Kelompok Kompetensi: E
Judul Modul: Penilaian proses dan hasil belajar






















Tujuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi/ Submateri
Aktivitas Pembelajaran
Latihan/ Tugas
Evaluasi
SESI I

·  Memahami konsep penilaian pembelajaran
·  Memahami pengembangan dan analisis instrumen penilaian








·      Menjelaskan konsep penilaian pembelajaran
·      Mengembangkan dan menganalisis instrumen penilaian



Ø  Konsep penilaian Sub :
·  Pengukuran, Penilaian dan evaluasi dalam penilaian
·  Lingkup penilaian dalam pembelajaran
·  Prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran
·  Karakteristik dan Teknik penilaian
·  Bentuk Penilaian Tes dan Non tes
·  Prosedur penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan

·       Pengantar sesi I
·       Kegiatan pembelajaran 1.1 dan seterusnya
·       Mengunduh bahan bacaan
·       Mengerjakan LK
·       Diskusi pada forum sesi
·       Refleksi sesi I
·       Penilaian diri sesi I
·       Tes sumatif sesi I


·       Mengisi soal kuis


·      Penilaian diri sesi I
·      Tes sumatif sesi I

Perbedaan Karakteristik Tatap Muka dan Daring:
Karakteristik dari keduanya yaitu suatu bentuk komunikasi yang mempertemukan secara tatap muka pihak komunikator dan komunikan. Pesan disampaikan secara langsung dari komunikator, dan secara langsung dapat langsung menerima umpan balik/feedback dari komunikan menggunakan media jaringan internet secara real time,menggunakan laptop/computer.
Rangkuman: 
Pembelajaran dengan tatap muka Kelemahan dari komunikasi tatap muka adalah ketidak efektifan waktu. Komunikator dan komunikan harus bertemu dalam melakukan proses komunikasi dan menghabiskan waktu bersama di sebuah tempat
Catatan   hal-hal penting yang menjadi masalah:
Dalam pembelajaran daringn  wajib adanya perangkat IT (laptop/computer dan jaringan internet),tatap muka memerlukan waktu dan perlu perencanaan yang matang

Pemecahan Masalah:
Stecholder bidang pendidikan memfasilitasi segala kekurangan agar tercapai dalam sistim kedua kegiatan pembelajaran tersebut


EDY SUSILO
SDN 06 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA

Tidak ada komentar :