LK-5. Pendekatan Andragogi
LK-5. Pendekatan Andragogi
LK-5a.
Hal-hal yang Paling Disukai dan Tidak
Disukai dalam Mengikuti Pelatihan
Tujuan:
mengidentifikasi hal-hal yang paling disukai dan tidak disukai ketika megikuti
pelatihan
Kegiatan:
1.
Bekerjalah
secara individu, renungkanlah sejenak ketika Anda mengikuti suatu pelatihan.
2.
Ambillah
secarik kertas, identifikasi hal-hal yang menurut Anda dalam pelatihan tersebut
paling disukai dan tidak disukai!
3.
Setelah
bekerja secara individu, duduklah dalam satu kelompok (1 kelompok 5 orang),
komunikasikan hasil identifikasi Anda, tuliskan dalam tabel berikut.
Hal-Hal
Yang Paling Disukai Dalam Ketika Mengikuti Pelatihan
|
Hal-Hal
Yang Paling Tidak Disukai Dalam Ketika Mengikuti Pelatihan
|
Materi yang
disajikan baru
|
Materi yang
disajikan tidak up to date
|
Fasilitas yang
disediakan lengkap dan kondisinya baik
|
Fasilitas yang
disediakan tidak lengkap dan kondisinya kurang baik
|
- Fasilitator
yang kompeten ( menguasai materi dan menggunakan metode yang tepat)
- Fasilitator
berkepribadian baik (simpatik) serta
menyenangkan
|
- Fasilitator
yang kurang kompeten ( kurang menguasai materi dan menggunakan metode yang kurang
tepat)
- Fasilitator
berkepribadian kurang baik
|
Waktu pelaksanaan
tidak terlalu lama dan efektif
|
Waktu
pelaksanaan terlalu lama dan tidak efektif
|
4.
Tuliskan
3 hal yang menjadi prioritas dari hasil diskusi kelompok untuk diperhatikan
ketika Anda melatih orang dewasa.
- Fasilitator yang kompeten ( menguasai materi dan
menggunakan metode yang tepat)
- Fasilitator berkepribadian baik (simpatik) serta menyenangkan
-
Efektifitas waktu dalam pembelajaaran
LK-5b.
Perbedaan Siswa dan Orang Dewasa
Ketika Belajar
Tujuan:
mengidentifikasi perbedaan anak dan orang dewasa dalam pembelajaran
Kegiatan:
1.
Bekerjalah
dalam kelompok (1 kelompok terdiri atas 5 orang).
2.
Diskusikan
perbedaan siswa dan orang dewasa dalam belajar, tuliskan hasil diskusi dalam
tabel berikut.
Anak
|
Orang
dewasa
|
Belajar
merupakan tugas Utama
|
Belajar sesuai
kebutuhan
|
Ingatannya lebih kuat
|
Mudah lupa
|
Gesit
|
Gerakan kurang gesit
|
Pengalamannya masih sedikit
|
Banyak pengalaman
|
Belajar
karena otoritas orang tua
|
Belajar tanggungjawab sendiri
|
Belajar
karena ingin tahu
|
Belajar untuk keperluan praktis
|
3.
Diskusikan
dari cara belajar atau dari ciri orang dewasa belajar, apa saja
konsekuensi-konsekuensi yang harus Anda perhatikan dan dapat Anda lakukan dalam
merancang aktivitas belajar mereka!
-
Menyiapkan materi sesuai kebutuhan
-
Merencanakan kegiatan yang bermakna sehingga lebih
melekat pada ingatan
-
Merencanakan kegiatan yang tidak memerlukan motorik yang
terlalu banyak
-
Merencanakan kegiatan menggali pengalaman yang sesuai
dengan kegiatan
-
Merencanakan kegiatan yang mendorong peserta untuk
menggali pengetahuan sendiri
4.
Pajanglah
hasil diskusi Anda di papan plano atau dinding kelas.
5.
Presentasikan
hasil diskusi Anda!
LK-5c.
Perancangan Aktivitas Belajar Orang
Dewasa
Tujuan: merancang aktivitas belajar orang dewasa dengan
menerapkan “strategi 5 M”.
Kegiatan:
1.
Bekerjalah
dalam kelompok!
2.
Pelajari
hand out Langkah-Langkah Skenario
Melaksanakan Materi dengan Pendekatan Andragogi dan contoh SAP dari salah satu
mata diklat/pelatihan.
3.
Analisislah
kegiatan atau aktivitas pembelajaran dalam SAP tersebut.
4.
Diskusikan
apakah kegiatan dalam SAP tersebut sesuai dengan strategi 5M, berikan saran
pengembangannya!
Hasil
Diskusi:
TAHAPAN
|
KEGIATAN
|
PENDEKATAN ANDRAGOGI
|
Pendahuluan
|
§
Peserta
mendengarkan tujuan, kompetensi, indikator,waktu dan kegiatan yang
akandilakukan.
|
Mengalami
|
§
Peserta
berdinamika agar saling mengenal, serius dan bersemangat, dan bekerja sama
saat proses pembelajaran berlangsung.
|
Mengalami
Mengungkapkan
|
|
§
Pesertamembentuk
kelompok
|
Mengalami
|
|
KEGIATAN INTI
KB 1
|
Peserta
§
Mengamati
Vidio tentang Sifat Benda dan Perubahan Wujud Benda
|
Mengalami
|
§
menyimak,
bertanya jawab, dan berdiskusi tentang
sifat benda padat, cair dan gas serta contoh-contohnya
|
Mengalami
|
|
§
bercurah
pendapat tentang perubahan wujud benda
|
Mengungkapkan
|
|
§
Melakukan
percobaan LK 1.1 Sifat Benda
berdasarkan wujudnya
|
Menerapkan
|
|
§
Mengidentifikasi
perubahan wujud benda, melalui demostrasi perubahan es menjadi uap air
|
Menggeneralisir
|
|
§
menyimak,
bertanya jawab, dan berdiskusi tentan Faktor-faktor yang mempengaruhi
perubahan sifat benda
|
Mengungkapkan
|
|
KB 1
|
Peserta
§
Menyimak,
bertanya jawab dan berdiskusi tentang pengertian perubahan fisika
dan kimia
|
Mengalami
Mengungkapkan
|
§
Melakukan percobaan LK 1.2 Perubahan pada Benda bila berinteraksi dengan Benda lain
|
Menerapkan
|
|
§
Menyimak, bertanya jawab dan berdiskusi
tentang teknik pemanfaatan perubahan benda
|
Mengalami
Mengungkapkan
|
|
§
menyimak,
bertanya jawab, dan berdiskusi tentang
cara mencegah terjadinya perubahan kimia
|
Mengalami
Mengungkapkan
|
|
KB 2
|
Peserta
§
Bercurah
pendapat tentang contoh-contoh
campuran dalam kehidupan sehari-hari
|
Mengungkapkan
|
§
Menyimak tabel 1
contoh, sifat dan jenis campuran
|
Mengalami
|
|
§
Menyimak,
bertanya jawab, dan berdiskusi tentang
pengertian campuran dan jenis campuran
berdasarkan tabel 1.
|
Mengungkapkan
|
|
Peserta
§
Melakukan
percobaan LK 2.1 Membedakan campuran
homogen dan heterogen
|
Menerapkan
|
|
§
Bercurah
pendapat konsep larutan
|
Mengungkapkan
|
|
Peserta:
§ menyimak, bertanya jawab, dan
berdiskusi tentang teknik-teknik
pemisahan campuran
|
Mengungkapkan
|
|
§ melakukan percobaan dengan menggunakan teknik pemisahan
campuran yaitu LK 2.2 Memisahkan
Kapur Barus dari Pengotor
dan LK 2.3 Memisahkan Zat Warna
dengan Kromatografi Kerta
|
Menerapkan
|
|
Presentasi hasil percobaan dan
diskusi kelompok,
|
Mengungkapkan
|
|
Peserta Menyimak penjelasan sebagai penguatan materi
|
Mengalami
|
|
Peserta mengerjakan latihan dan menjawabnya untuk
materi Campuran dan Teknik pemisahan
Campuran
|
Menerapkan
|
|
KB 3
|
Peserta
·
Brainstorming mengenai jenis-jenis energy
dan perubahan energy
|
Mengalami
Mengungkapkan
|
·
Melakukan percobaan LK 3 Membandingkan Perubahan Energi
yang Terjadi Pada Lampu
|
Menerapkan
Analisis
|
|
·
Presentasi hasil percobaan diskusi
hasil presentasi
|
Mengungkapkan
|
|
·
Peserta Menyimak penjelasan
sebagai penguatan materi
|
Mengalami
|
|
·
Mengerjakan
latihan/tugas/kasus dan menjawab materi Energi dan Perubahannya
|
Menerapkan
|
|
KB 4
|
Peserta
·
Brainstorming mengenai jenis-jenis pesawat
sederhana
|
Mengalami
|
·
Melakukan percobaan kegiatan/ LK 4.1 Mempelajari Prinsip Kerja
Katrol Tunggal Tetap
|
Menerapkan
|
|
·
Melakukan percobaan kegiatan /LK 4.2 Mempelajari
Prinsip Kerja Katrol Tunggal Bergerak
|
Menerapkan
|
|
·
Melakukan percobaan kegiatan /LK 4.3 Mempelajari
Prinsip Kerja Katrol Ganda
|
Menerapkan
|
|
§
Mengerjakan
latihan/tugas/kasus
|
Menerapkan
|
|
Peserta
·
Presentasi
hasil percobaan
|
Mengungkapkan
|
|
§
Diskusi
hasil hasil percobaan
|
Mengungkapkan
|
|
§
Peserta
menyimak penjelasan sebagai penguatan materi pesawat sederhana
|
Mengalami
|
|
§
Mengerjakan
latihan/tugas/kasus dan menjawab Pesawat sederhan
|
Menerapkan
|
|
KB 5
|
Peserta
·
Brainstorming mengenai perbedaan waktu di
Indonesia
|
Mengalami
Mengungkapkan
|
·
Diskusi tentang pengisi, sejarah, dan ukuran
alam semesta
|
Mengungkapkan
|
|
§ bermain peran sebagai matahari,
bulan, dan bumi untuk memperagakan pergerakan rotasi dan revolusi dari
masing-masing peranan serta menjelaskan kejadian siang/malam, bulan
purnama/sabit/setengah, gerhana bulan dan matahari
|
Mengalami
Mengungkapkan
|
|
§
Peserta
menyimak penjelasan sebagai penguatan materi Perubahan waktu
|
Mengalami
|
|
§
Mengerjakan
latihan/tugas/kasus dan menjawab Perubahan waktu
|
Menerapkan
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereview materi
|
Mengalami
|
KESIMPUILAN:
Penerapan langkah andragogi:
1. Pendahuluan: mengalami dan mengungkapkan.
2. KB 1: mengalami, mengungkapkan, menerapkan, dan
menggeneralisir
3. KB 2:mengalami, mengungkapkan,dan menerapkan
4. KB 3:mengalami, mengungkapkan, dan mengggeneralisir
5. KB 4: mengalami, menerapkan, dan mengungkapkan
6. KB 5: mengalami,mengungkapkan, dan menerapkan
7. Penutup: mengalami
Jadi, strategi andragogi yang mencakup 5M (mengalami, mengungkapkan,
menganalisis, menggeneralisir, menerapkan,) sudah terpenuhi dalam skenario pembelajaran mapel
IPA pada KK E, kompetensi profesional dengan judul modul Materi dan Energi.
2 komentar :
terima kasih membantu materi dalam pembuatan tugas IN di ppptk boe malang
terima kasih
Posting Komentar