Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 24 Juli 2016

LK-5. Pendekatan Andragogi


LK-5. Pendekatan Andragogi







LK-5. Pendekatan Andragogi



LK-5a.
Hal-hal yang Paling Disukai dan Tidak Disukai dalam Mengikuti Pelatihan
Tujuan: mengidentifikasi hal-hal yang paling disukai dan tidak disukai ketika megikuti pelatihan
Kegiatan:
1.    Bekerjalah secara individu, renungkanlah sejenak ketika Anda mengikuti suatu pelatihan.
2.    Ambillah secarik kertas, identifikasi hal-hal yang menurut Anda dalam pelatihan tersebut paling disukai dan tidak disukai!
3.    Setelah bekerja secara individu, duduklah dalam satu kelompok (1 kelompok 5 orang), komunikasikan hasil identifikasi Anda, tuliskan dalam tabel berikut.
Hal-Hal Yang Paling Disukai Dalam Ketika Mengikuti Pelatihan
Hal-Hal Yang Paling Tidak Disukai Dalam Ketika Mengikuti Pelatihan
Materi yang disajikan baru
Materi yang disajikan tidak up to date
Fasilitas yang disediakan lengkap dan kondisinya baik
Fasilitas yang disediakan tidak lengkap dan kondisinya kurang baik
- Fasilitator yang kompeten ( menguasai materi dan menggunakan metode yang tepat)  
- Fasilitator berkepribadian baik (simpatik)  serta menyenangkan
- Fasilitator yang kurang kompeten ( kurang menguasai materi dan menggunakan metode yang kurang tepat)  
- Fasilitator berkepribadian kurang baik
Waktu pelaksanaan tidak terlalu lama dan efektif
Waktu pelaksanaan terlalu lama dan tidak efektif

4.    Tuliskan 3 hal yang menjadi prioritas dari hasil diskusi kelompok untuk diperhatikan ketika Anda melatih orang dewasa.
- Fasilitator yang kompeten ( menguasai materi dan menggunakan metode yang tepat)  
- Fasilitator berkepribadian baik (simpatik)  serta menyenangkan
- Efektifitas waktu dalam pembelajaaran
LK-5b.
Perbedaan Siswa dan Orang Dewasa Ketika Belajar
Tujuan: mengidentifikasi perbedaan anak dan orang dewasa dalam pembelajaran
Kegiatan:
1.    Bekerjalah dalam kelompok (1 kelompok terdiri atas 5 orang).
2.    Diskusikan perbedaan siswa dan orang dewasa dalam belajar, tuliskan hasil diskusi dalam tabel berikut.
Anak
Orang dewasa
Belajar merupakan tugas Utama
Belajar sesuai kebutuhan
Ingatannya lebih kuat
Mudah lupa
Gesit
Gerakan kurang gesit
Pengalamannya masih sedikit
Banyak pengalaman
Belajar karena otoritas orang tua
Belajar tanggungjawab sendiri
Belajar karena ingin tahu
Belajar untuk keperluan praktis

3.    Diskusikan dari cara belajar atau dari ciri orang dewasa belajar, apa saja konsekuensi-konsekuensi yang harus Anda perhatikan dan dapat Anda lakukan dalam merancang aktivitas belajar mereka!
-      Menyiapkan materi sesuai kebutuhan
-      Merencanakan kegiatan yang bermakna sehingga lebih melekat pada ingatan
-      Merencanakan kegiatan yang tidak memerlukan motorik yang terlalu banyak
-      Merencanakan kegiatan menggali pengalaman yang sesuai dengan kegiatan
-      Merencanakan kegiatan yang mendorong peserta untuk menggali pengetahuan sendiri
4.    Pajanglah hasil diskusi Anda di papan plano atau dinding kelas.
5.    Presentasikan hasil diskusi Anda!


LK-5c.
Perancangan Aktivitas Belajar Orang Dewasa
Tujuan: merancang aktivitas belajar orang dewasa dengan menerapkan “strategi 5 M”.
Kegiatan:
1.    Bekerjalah dalam kelompok!
2.    Pelajari hand out Langkah-Langkah Skenario Melaksanakan Materi dengan Pendekatan Andragogi dan contoh SAP dari salah satu mata diklat/pelatihan.
3.    Analisislah kegiatan atau aktivitas pembelajaran dalam SAP tersebut.
4.    Diskusikan apakah kegiatan dalam SAP tersebut sesuai dengan strategi 5M, berikan saran pengembangannya!

Hasil Diskusi:
TAHAPAN
KEGIATAN
PENDEKATAN ANDRAGOGI
Pendahuluan
§  Peserta mendengarkan tujuan, kompetensi, indikator,waktu dan kegiatan yang akandilakukan.
Mengalami
§  Peserta berdinamika agar saling mengenal, serius dan bersemangat, dan bekerja sama saat proses pembelajaran berlangsung.
Mengalami
Mengungkapkan
§  Pesertamembentuk kelompok

Mengalami
KEGIATAN INTI


KB 1
Peserta
§  Mengamati Vidio tentang Sifat Benda dan Perubahan Wujud Benda
Mengalami
§  menyimak, bertanya jawab, dan berdiskusi tentang  sifat benda padat, cair dan gas serta contoh-contohnya
Mengalami
§  bercurah pendapat tentang perubahan wujud benda
Mengungkapkan
§  Melakukan percobaan LK 1.1  Sifat Benda berdasarkan wujudnya
Menerapkan
§  Mengidentifikasi perubahan wujud benda, melalui demostrasi perubahan es menjadi uap air
Menggeneralisir
§  menyimak, bertanya jawab, dan berdiskusi tentan Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sifat benda
Mengungkapkan

KB 1
Peserta
§  Menyimak, bertanya jawab dan berdiskusi tentang pengertian perubahan  fisika  dan kimia
Mengalami
Mengungkapkan
§   Melakukan percobaan  LK 1.2 Perubahan pada  Benda bila berinteraksi dengan Benda lain
Menerapkan
§   Menyimak, bertanya jawab dan berdiskusi tentang teknik pemanfaatan perubahan benda
Mengalami
Mengungkapkan
§  menyimak, bertanya jawab, dan berdiskusi tentang  cara mencegah terjadinya perubahan kimia
Mengalami
Mengungkapkan

KB 2
Peserta
§ Bercurah pendapat tentang contoh-contoh  campuran dalam kehidupan sehari-hari
Mengungkapkan
§ Menyimak  tabel 1  contoh, sifat dan jenis campuran
Mengalami
§ Menyimak, bertanya jawab, dan berdiskusi tentang  pengertian campuran dan jenis campuran  berdasarkan tabel 1.
Mengungkapkan
Peserta
§ Melakukan percobaan  LK 2.1 Membedakan campuran homogen dan heterogen
Menerapkan
§ Bercurah pendapat konsep larutan
Mengungkapkan
Peserta:
§ menyimak, bertanya jawab, dan berdiskusi tentang  teknik-teknik pemisahan campuran
Mengungkapkan
§ melakukan percobaan  dengan menggunakan teknik pemisahan campuran yaitu LK 2.2  Memisahkan Kapur Barus dari Pengotor dan LK 2.3 Memisahkan Zat Warna dengan Kromatografi Kerta
Menerapkan
Presentasi hasil  percobaan dan diskusi kelompok,
Mengungkapkan
Peserta Menyimak penjelasan sebagai penguatan materi
Mengalami
Peserta  mengerjakan latihan dan menjawabnya untuk materi  Campuran dan Teknik pemisahan Campuran
Menerapkan
KB 3
Peserta
·      Brainstorming mengenai jenis-jenis energy dan perubahan energy
Mengalami
Mengungkapkan
·      Melakukan percobaan LK 3  Membandingkan Perubahan Energi yang Terjadi Pada  Lampu
Menerapkan
Analisis
·      Presentasi hasil percobaan diskusi hasil presentasi
Mengungkapkan
·      Peserta Menyimak penjelasan sebagai penguatan materi
Mengalami
·      Mengerjakan latihan/tugas/kasus dan menjawab materi Energi dan Perubahannya
Menerapkan
KB 4
Peserta
·      Brainstorming mengenai jenis-jenis pesawat sederhana
Mengalami
·      Melakukan percobaan kegiatan/ LK  4.1 Mempelajari Prinsip Kerja Katrol Tunggal Tetap
Menerapkan
·      Melakukan percobaan kegiatan /LK  4.2 Mempelajari Prinsip Kerja Katrol Tunggal Bergerak
Menerapkan
·      Melakukan percobaan kegiatan /LK  4.3 Mempelajari Prinsip Kerja Katrol Ganda
Menerapkan
§  Mengerjakan latihan/tugas/kasus
Menerapkan
Peserta
·       Presentasi  hasil percobaan
Mengungkapkan
§  Diskusi hasil hasil percobaan
Mengungkapkan
§  Peserta menyimak penjelasan sebagai penguatan materi pesawat sederhana
Mengalami
§  Mengerjakan latihan/tugas/kasus dan menjawab Pesawat sederhan
Menerapkan
KB 5
Peserta
·      Brainstorming mengenai perbedaan waktu di Indonesia
Mengalami
Mengungkapkan
·      Diskusi tentang pengisi, sejarah, dan ukuran alam semesta
Mengungkapkan
§  bermain peran sebagai matahari, bulan, dan bumi untuk memperagakan pergerakan rotasi dan revolusi dari masing-masing peranan serta menjelaskan kejadian siang/malam, bulan purnama/sabit/setengah, gerhana bulan dan matahari
Mengalami
Mengungkapkan
§  Peserta menyimak penjelasan sebagai penguatan materi Perubahan waktu
Mengalami
§  Mengerjakan latihan/tugas/kasus dan menjawab Perubahan waktu
Menerapkan
KEGIATAN PENUTUP
Mereview materi
Mengalami

KESIMPUILAN:
Penerapan langkah andragogi:
1.    Pendahuluan: mengalami dan mengungkapkan.
2.    KB 1: mengalami, mengungkapkan, menerapkan, dan menggeneralisir
3.    KB 2:mengalami, mengungkapkan,dan menerapkan
4.    KB 3:mengalami, mengungkapkan, dan mengggeneralisir
5.    KB 4: mengalami, menerapkan, dan mengungkapkan
6.    KB 5: mengalami,mengungkapkan, dan menerapkan
7.    Penutup: mengalami
Jadi, strategi andragogi yang mencakup 5M (mengalami, mengungkapkan, menganalisis, menggeneralisir, menerapkan,) sudah  terpenuhi dalam skenario pembelajaran mapel IPA pada KK E, kompetensi profesional dengan judul modul Materi dan Energi.




2 komentar :

Unknown mengatakan...

terima kasih membantu materi dalam pembuatan tugas IN di ppptk boe malang

Unknown mengatakan...

terima kasih