LK-6b.1. Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Pedagogik


KELOMPOK
8
|
||
NO
|
NAMA
|
TEMPAT
TUGAS
|
1
|
EDY SUSILO,S.Pd
|
SDN 06 ARGAMAKMUR
BENGKULU UTARA
|
2
|
KIKI HERLINA,S.Pd
|
SDN 06 ARMA JAYA
BENGKULU UTARA
|
3
|
MUSLIM,S.Pd.
|
SDN 40 KAUR
|
Mata Pelajaran/Paket Keahlian : SD Tinggi
Kelompok Kompetensi :H
Judul Modul :Penilaian
proses dan hasil belajar
Kegiatan :Pembelajaran
1
Tujuan
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi/
Submateri
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Latihan/tugas
|
Evaluasi
|
-Setelah mempelajari modul dan
mengerjakan latihan, peserta mampu
memahami
pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran
|
1. Menjelaskan prosedur
pembelajaran remedial
|
Prosedur pembelajaran remedial
-
|
1.Membaca uraian materi pada
modul untuk memahami konsep pembelajaran remedial.
2. Setelah Anda membaca dengan
cermat seluruh uraian yang ada, diharapkan anda akan lebih meningkatkan
pemahaman prosedur pembelajaran remedial
3. Merencanakan,pelaksanakan
prosedur pembelajaran remedial
|
Menyususn
kegiatan prosedur pembelajaran
remedial
|
Penilaian diri
|
|
2. Menjelaskan
pelaksanaan pembelajaran pengayaan
|
Pelaksanaan pembelajaran
pengayaan
|
1.Membaca uraian materi pada
modul untuk memahami pelaksanaan pembelajaran pengayaan
2. Setelah Anda membaca dengan
cermat seluruh uraian yang ada, diharapkan anda akan lebih meningkatkan
pemahaman pelaksanaan pembelajaran pengayaan
3.Merencanakan
pembelajaran pengayaan
4.Melaksanakan program
pembelajaran pengayaan
|
Menyususn kegiatan
pelaksanaan pembelajaran pengayaan
|
Penilaian diri
|
Rangkuman
Pembelajaran remedial adalah kegiatan
pembelajaran yang diberikankepada peserta didik yang belum mencapai kompetensi minimal dalam satu KD
tertentu. Metode yang digunakan dalam pembelajaran remedial bervariasi sesuai
dengan sifat, jenis, dan latar belakang kesulitan belajar
yang dialami peserta didik. Tujuan pembelajaran
juga dirumuskan sesuai dengan kesulitan yang dialami peserta didik, pembelajaran
pengayaan dapat diartikan memberikan tambahan/perluasan pengalaman atau
kegiatan peserta didik yang teridentifikasi
melampaui ketuntasan belajar yang ditentukan oleh kurikulum.


Catatan hal-hal
yang penting
Pembelajaran
remedial dan pengayaan, harus mempertimbangkan dengan cermat perbedaan
individual peserta didik. Dalam hal ini, asumsi ketuntasan belajar memungkinkan
peserta didik mencapai kompetensi yang sama,sekalipun dengan kebutuhan waktu
yang berbeda.Esensi dari pembelajaran perbaikan dan
pengayaan,sebagai upaya pencapaian ketuntasan belajar.
Permasalahan
yang dihadapi
Kurang memahami
karakteristik anak dalam belajar
Tindak
lanjut dari permasalahan
Memperhatikan
prinsip-prinsip belajar tuntas:
1. Kompetensi yang harus
dicapai peserta didik dirumuskan dengan urutan yang hirarkis,
2. Penilaian acuan
patokan, dan setiap kompetensi harus diberikan feedback,
3. Pemberian
pembelajaran remedial serta bimbingan yang diperlukan,
4. Pemberian program
pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar lebih awal.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar