Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 24 Juli 2016

LK-6b.1. Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Pedagogik

LK-6b.1Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Pedagogik





LK-6b.1. Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Pedagogik
KELOMPOK 8
NO
NAMA
TEMPAT TUGAS
1
EDY SUSILO,S.Pd
SDN 06 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA
2
KIKI HERLINA,S.Pd
SDN 06 ARMA JAYA BENGKULU UTARA
3
MUSLIM,S.Pd.
SDN 40 KAUR


Mata Pelajaran/Paket Keahlian        : SD Tinggi
Kelompok Kompetensi                           :H
Judul Modul                                :Penilaian proses dan hasil belajar
Kegiatan                                     :Pembelajaran 1



Tujuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi/ Submateri
Aktivitas Pembelajaran
Latihan/tugas
Evaluasi
-Setelah mempelajari modul dan mengerjakan latihan, peserta mampu
memahami pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran
1. Menjelaskan prosedur pembelajaran remedial

Prosedur  pembelajaran remedial

-
1.Membaca uraian materi pada modul untuk memahami konsep pembelajaran remedial.

2. Setelah Anda membaca dengan cermat seluruh uraian yang ada, diharapkan anda akan lebih meningkatkan pemahaman prosedur pembelajaran remedial

3. Merencanakan,pelaksanakan prosedur pembelajaran   remedial
Menyususn kegiatan prosedur  pembelajaran remedial
Penilaian diri

2. Menjelaskan pelaksanaan pembelajaran pengayaan
Pelaksanaan pembelajaran pengayaan
1.Membaca uraian materi pada modul untuk memahami pelaksanaan pembelajaran pengayaan

2. Setelah Anda membaca dengan cermat seluruh uraian yang ada, diharapkan anda akan lebih meningkatkan pemahaman pelaksanaan pembelajaran pengayaan

3.Merencanakan pembelajaran pengayaan
4.Melaksanakan program pembelajaran pengayaan
Menyususn kegiatan pelaksanaan pembelajaran pengayaan
Penilaian diri







Rangkuman
Pembelajaran remedial adalah kegiatan pembelajaran yang diberikankepada peserta didik yang belum   mencapai kompetensi minimal dalam satu KD tertentu. Metode yang digunakan dalam pembelajaran remedial bervariasi sesuai dengan sifat, jenis, dan latar belakang kesulitan belajar
yang dialami peserta didik. Tujuan pembelajaran juga dirumuskan sesuai dengan kesulitan yang dialami peserta didik, pembelajaran pengayaan dapat diartikan memberikan tambahan/perluasan pengalaman atau kegiatan peserta didik yang teridentifikasi melampaui ketuntasan belajar yang ditentukan oleh kurikulum.


                    

                              


Catatan hal-hal yang penting
Pembelajaran remedial dan pengayaan, harus mempertimbangkan dengan cermat perbedaan individual peserta didik. Dalam hal ini, asumsi ketuntasan belajar memungkinkan peserta didik mencapai kompetensi yang sama,sekalipun dengan kebutuhan waktu yang berbeda.Esensi dari pembelajaran perbaikan dan pengayaan,sebagai upaya pencapaian ketuntasan belajar.

Permasalahan yang dihadapi
Kurang memahami karakteristik anak dalam belajar
Tindak lanjut dari permasalahan
Memperhatikan prinsip-prinsip belajar tuntas:
1. Kompetensi yang harus dicapai peserta didik dirumuskan dengan urutan yang hirarkis,
2. Penilaian acuan patokan, dan setiap kompetensi harus diberikan feedback,
3. Pemberian pembelajaran remedial serta bimbingan yang diperlukan,
4. Pemberian program pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar lebih awal.



















Tidak ada komentar :