Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 30 Januari 2019

RPP KELA 4 TEMA 8 SUB TEMA1 PEMBELAJARAN 1-6

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan             :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                                 :  4 /2
Tema                                     :  Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema                             :  Lingkungan Tempat Tinggalku  (Subtema 1)
Muatan Terpadu                  :  IPA, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke                 :  1
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan: IPA
No
Kompetensi Dasar
3.4
Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.
4.4
Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.9
Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.9
Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
       
C.    TUJUAN

1.     Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dengan tepat.
2.     Dengan kegiatan berlatih menceritakan kembali teks cerita fiksi, siswa dapat bercerita dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.
3.     Dengan kegiatan mencari tahu pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan secara lisan pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi.
4.     Dengan kegiatan mengamati gambar anak menarik dan mendorong ayunan, siswa dapat mengetahui pengertian gaya dan gerak dengan benar.
5.     Dengan berdiskusi tentang perbedaan gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan perbedaan gaya dan gerak.
6.     Dengan mendorong dan menarik meja, siswa dapat mempraktikkan gaya dorongan dan tarikan.
7.     Dengan kegiatan menulis hasil percobaan mendorong dan menarik meja, siswa dapat menyajikan hasil percobaan tentang gaya dan gerak secara tertulis.

D.    MATERI
1.     Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dengan tepat.
2.     Siswa dapat bercerita dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.
3.     Siswa dapat menjelaskan secara lisan pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi dengan benar
4.     Siswa dapat mengetahui pengertian gaya dan gerak dengan benar.
5.     Siswa dapat menjelaskan perbedaan gaya dan gerak dengan tepat
6.     Siswa dapat mempraktikkan gaya dorongan dan tarikan dengan baik
7.     Siswa dapat menyajikan hasil percobaan tentang gaya dan gerak secara tertulis dengan benar

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.     Guru memberikan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mengajukan pertanyaan:
·         Apa kamu senang membaca cerita?
·         Apa cerita yang pernah kamu baca?
·         Apa cerita yang terkenal di lingkungan tempat tinggalmu?
4.     Siswa menyampaikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru.
5.     Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan tulisan dalam balon kalimat dengan suara nyaring.
6.     Guru membacakan narasi pada buku siswa.

Catatan :
Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pretest  dan merangsang keingintahuan siswa untuk belajar tentang teks fiksi, khususnya cerita fiksi. Dengan demikian, kegiatan awal pembelajaran ini dilakukan secarmenarik dan interaktif.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
AYO MEMBACA
1.      Secara mandiri siswa diminta untuk membaca cerita Asal Mula Telaga Warna di dalam hati.
2.      Guru memberi batasan waktu 5-10 menit kepada siswa untuk membaca dan memahami isi cerita.
3.      Selanjutnya, secara mandiri siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
Ø  Alternatif jawaban sebagai berikut.
1.     Tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita yaitu Raja, Permaisuri, Putri Raja, dan rakyat.
2.     Raja melakukan pertapaan di hutan.
3.     Hadiah yang disiapkan Raja dan Permaisuri untuk ulang tahun putrinya adalah kalung terbuat dari untaian permata berwarna-warni.
4.     Permaisuri bersedih dan menangis karena putrinya tidak mau menerima kalung yang telah disiapkannya sebagai hadiah ulang tahun. Saat Permaisuri akan memakaikan kalung itu di leher putrinya, Putri menepis tangan Permaisuri sehingga kalung jatuh dan permata-permatanya tercerai-berai di lantai.
5.     Sifat Putri dalam cerita tersebut yaitu tidak menghargai pemberian orang lain, tidak sopan, dan kasar. Sifat-sifat tersebut tampak ketika Putri tidak menyukai kalung hadiah dari Raja dan Permaisuri.Guru dapat mengembangkan sendiri jawabannya.

4.      Guru mengajak siswa membahas jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
5.      Guru meminta siswa menyampaikan jawabannya.
6.      Guru memberi kesempatan kepada siswa lain jika ada jawaban berbeda.
7.      Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.
AYO BERLATIH
1.     Setelah siswa membaca, memahami, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan cerita, siswa diminta menceritakan kembali cerita Asal Mula Telaga Warna  dengan bahasanya sendiri.
Catatan:
Hindari pemilihan siswa dengan cara menunjuk. Berilah motivasi kepada siswa agar berani tampil di depan teman-temannya dengan percaya diri.

2.     Siswa diminta bercerita di depan teman-temannya dengan suara nyaring, artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan percaya diri.
AYO BERDISKUSI
1.     Guru menjelaskan bahwa cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan salah satu contoh teks fiksi berupa cerita. Teks cerita fiksi adalah teks berupa cerita yang sengaja dikarang oleh pengarang. Cerita tersebut dapat merupakan hasil imajinasi pengarang ataupun yang pernah terjadi di dunia nyata lalu diolah oleh pengarang sehingga menghasilkan cerita rekaan
2.     Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari informasi tentang cerita fiksi dan ciri-cirinya.
3.     Kegiatan ini dapat dilakukan, baik secara individu, berpasangan, maupun kelompok.
4.     Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya bertanya kepada orang yang dianggap tahu, membaca dari buku-buku di perpustakaan sekolah, atau mengakses informasi dari internet
Catatan:
·         Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi secara detail sumber infromasi.
·         Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data.
·         Komunikasi:ajarkan siswa untuk mengungkapkan hasil eksplorasi dalam bentuk tulisan.
·         Guru mengamati sikap siswa saat kegiatan berlangsung sehingga guru dapat memberikan penilaian pada rubrik AYO BERDISKUSI.
5.     Selanjutnya, siswa diminta untuk mempresentasikan hasil pencariannya di depan teman atau kelompok lain.
6.     Guru memberikan kesempatan kepada teman atau kelompok lain untuk bertanya.
7.     Siswa menjawab pertanyaan teman atau kelompok lain sesuai pengetahuan dan pemahamannya.
Catatan:
·   Setelah siswa membacakan jawabannya, guru menjelaskan jawaban benar tentang cerita fiksi dan ciri-cirinya.
Alternatif jawaban sebagai berikut.
Cerita fiksi adalah cerita rekaan atau khayalan pengarang. Isi cerita dapat murni berasal dari khayalan pengarang, tetapi juga dapat berdasarkan pada fakta. Cerita fiksi yang dikarangberdasarkan fakta diperoleh dari berbagai pengalaman, baik pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain. Kemudian, pengalaman tersebut diolah menjadi bahan cerita menarik.
Ciri-ciri cerita fiksi:
a.     merupakan cerita rekaan atau cerita nyata yang diolaholeh pengarang.
b.     bertujuan untuk menghibur dengan menceritakan
c.     suatu peristiwa.
d.     disajikan dalam alur cerita.
e.     menggunakan bahasa yang komunikastif.
f.      menggunakan bahasa tidak baku.
g.     Guru dapat mengembangkan sendiri jawabannya.
AYO MENGAMATI
1.     Siswa membaca narasi pada buku siswa. Kemudian, Guru menjelaskan bahwa banyak sarana umum di lingkungan tempat tinggal, misalnya taman bermain untuk anak-anak.
2.     Siswa diminta mengamati gambar.
3.     Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa, ”Apa yang dilakukan Udin pada gambar di sebelah kiri?” dan ”Apa yang dilakukan Udin pada gambar di sebelah kanan?”

4.     Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Guru sesuai hasil pengamatannya.
5.     Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa, meskipun jika terdapat jawaban nyeleneh.
6.     Guru menjelaskan kepada siswa bahwa Udin melakukan tarikan dan dorongan terhadap ayunan. Tarikan dan dorongan yang diberikan Udin disebut gaya. Karena ayunan diberi gaya oleh Udin, ayunan itupun bergerak.
7.     Siswa diminta membaca pengertian gaya dan gerak pada buku siswa.

8.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab tentang pengertian gaya dan gerak jika belum paham.
AYO MENCOBA
1.      Siswa telah memahami pengertian gaya dan gerak. Kemudian, siswa diminta untuk melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh gaya tarikan dan dorongan terhadap arah gerak benda.
2.     Percobaan ini dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri atas tiga anak..

3.     Siswa melakukan percobaan menggunakan alat berupa meja.
4.     Siswa mengikuti langkah kegiatan pada buku siswa saat melakukan percobaan.
AYO MENULIS
1.     Siswa telah melakukan percobaan tentang gaya dan gerak.
2.     Selanjutnya, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan.


3.     Kegiatan ini dilakukan bersama anggota kelompoknya.
AYO BERDISKUSI
1.     Setelah siswa melakukan percobaan tentang gaya dan gerak, siswa berdiskusi bersama anggota kelompoknya tentang perbedaan gaya dan gerak.

2.     Siswa menuliskan hasil diskusinya.
3.     Selanjutnya, siswa diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain.
4.     Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya kepada kelompok yang tampil.
5.     Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban semua kelompok

AYO MERENUNGKAN
1.     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pahami tentang cerita fiksi? Apa ciri-ciri cerita fiksi? Apa yang dimaksud dengan gaya? Apa yang dimaksud dengan gerak? Apa yang membedakan gaya dan gerak?
2.     Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
3.     Guru mengidentifikasi dan menganalisisjawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai cerita fiksi, gaya, dan gerak.


KERJASAMA DENGAN ORANG TUA
1.     Siswa mengamati gaya tarikan dan dorongan yang ditemui di lingkungan tempat tinggalnya.
2.     Selanjutnya, siswa berdiskusi tentang gerak yang ditimbulkan akibat gaya tersebut bersama orang tua dan saudaranya.
3.     Siswa menuliskan hasil diskusinya.
4.     Siswa diminta menceritakan hasil kerja sama bersama orang tuanya di rumah di depan guru dan teman-teman saat disekolah.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.     Guru menutup pelajaran dengan siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
2.     Kelas ditutup dengan doa bersama.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 8 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.     Aplikasi  Pengajaran  kelas 4 semester 2  SD/MI dari JGC.
3.     Buku siswa
4.     Buku cerita rakyat dari berbagai daerah
5.     Meja.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran


Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                                 :  4 /2
Tema                                     :  Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema                             :  Lingkungan Tempat Tinggalku  (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                  :  IPA, Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke                 :  2
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan: IPA
No
Kompetensi Dasar
3.4
Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.
4.4
Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.9
Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.9
Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
       
Muatan: SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.2
Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2
Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.


C.    TUJUAN
1.     Dengan kegiatan menyanyikan lagu daerah, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.
2.     Dengan kegiatan mengidentifikasi tinggi rendah nada pada teks lagu daerah, siswa dapat mengetahui tinggi rendah nada pada lagu.
3.     Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat mencermati tokoh-tokoh cerita.
4.     Dengan kegiatan menceritakan kembali teks cerita fiksi, siswa dapat menceritakan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dan bercerita dengan benar.
5.     Dengan kegiatan mencari tahu jenis-jenis teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan pengertian jenis-jenis teks  cerita fiksi dan menyebutkan contoh-contoh cerita fiksi.
6.     Dengan kegiatan mengidentifikasi jenis teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan jenis teks cerita fiksi yang dibaca.
7.     Dengan mendorong meja, siswa dapat mengetahui perubahan gerak akibat gaya.
8.     Dengan menulis hasil percobaan, siswa dapat menyajikan hasil percobaan yang dilakukan tentang pengaruh gaya dengan gerak dengan benar.

D.    MATERI
1.     Siswa dapat menyanyikan lagu dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.
2.     Siswa dapat mengetahui tinggi rendah nada pada lagu.
3.     Siswa dapat mencermati tokoh-tokoh cerita.
4.     Siswa dapat menceritakan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dan bercerita dengan benar.
5.     Siswa dapat menjelaskan pengertian jenis-jenis teks  cerita fiksi dan menyebutkan contoh-contoh cerita fiksi.
6.     Siswa dapat menjelaskan jenis teks cerita fiksi yang dibaca.
7.     Siswa dapat mengetahui perubahan gerak akibat gaya.
8.     Siswa dapat menyajikan hasil percobaan yang dilakukan tentang pengaruh gaya dengan gerak dengan benar.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.     Guru memberikan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mengajak siswa untuk Menyanyikan sebuah lagu yang dipilih secara bebas, misalnya lagu ”Desaku yang Kucinta”.
4.     Kemudian, guru menjelaskan bahwa negara Indonesia kaya akan kebudayaan. Salah satunya lagu daerah. Lagu daerah merupakan lagu yang menjadi ciri khas suatu daerah.
5.     Kemudian, guru mengajukan pertanyaan, ”Apa lagu daerah di tempat tinggalmu atau daerah asalmu?”
6.     Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
7.     Kemudian, guru membacakan tulisan pada balon kalimat dan narasi pada buku siswa.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
AYO BERNYANYI

1.      Guru meminta siswa mengamati teks lagu berjudul ”Yamko Rambe Yamko”. Kemudian, guru menjelaskan bahwa lagu tersebut dinyanyikan dengan nada dasar C=do. Birama lagu adalah 4/4. Artinya, dalam satu birama terdapat empat ketukan. Lagu dinyanyikan dengan bersemangat.
2.      Siswa diminta bersama-sama menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan penuh semangat.

AYO BERLATIH
1.     Guru menjelaskan bahwa saat menyanyikan sebuah lagu harus memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Guru mengajak siswa mengingat kembali tentang pengertian tempo dan tinggi rendah nada. Tempo adalah cepat dan lambat ketukan dalam lagu. Sementara yang dimaksud tinggi rendah nada yaitu tinggi rendah nada yang berurutan dalam lagu yang disebut melodi.
2.     Siswa diminta membaca penjelasan tentang tempo dan tinggi rendah nada pada buku siswa.
3.     Siswa diminta mengidentifikasi tinggi rendah nada teks lagu ”Yamko Rambe Yamko”.
4.     Kegiatan ini dapat dilakukan, baik individu, berpasangan, maupun kelompok.
5.     Siswa diminta menuliskan hasil identifikasinya.

6.     Selanjutnya, siswa diminta menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” bersama guru sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Guru memberikan aba-aba dengan ketukan.
7.     Siswa dapat diberikan kesempatan mengetok tempo musik yang diinginkan. Kecepatan dapat diubah-ubah sehingga siswa dapat merasakan mana yang tempo yang sesuai dengan teks serta sesuai suasana dengan lagu.
8.     Lagu bisa dinyanyikan dengan agak cepat atau cepat bersemangat.
9.     Agar nada tetap, saat vokalisasi (do-re...) naik turun tanpa dengan ngotot. Usahakan menggunakan otot leher.
10.   Untuk dapat mendengar nada yang dinyayikan, usahakan tidak bernyanyi dengan kuat atau berteriak.
11.   Setelah bernyanyi, siswa diminta menjelaskan tinggi rendah nada pada lagu

12.   Siswa juga diminta untuk menuliskan makna lagu ”Yamko Rambe Yamko”.
13.   Selanjutnya, siswa diminta menyampaikan hasil identifikasinya di depan guru dan teman atau kelompok lain.
14.   Guru dapat mengarakan identifikasi jarak nada dalam melodi. Contoh identifikasi melodi : tidak melopat terlalu jauh, bahkan jarak nada banyak yang pendek. (Solke la, do,re,mi)
15.   Guru memberi kesempatan siswa atau kelompok lain jika ada jawaban berbeda.

AYO MEMBACA

1.     Siswa diminta membaca narasi pada buku siswa.
2.     Kemudian, guru menjelaskan bahwa selain lagu daerah, hampir setiap daerah di Indonesia terdapat cerita rakyat yang terkenal dan menjadi ciri khas daerah tersebut.
3.     Siswa diminta membaca cerita berjudul Kasuari dan Dara Makota. Siswa dapat membaca cerita dengan senyap ataupun secara nyaring.

AYO BERLATIH
1.     Siswa telah membaca dan memahami isi cerita ”Kasuari dan Dara Makota”.

2.     Siswa diminta menyebutkan tokoh-tokoh pada cerita tersebut, lalu menceritakan kembali sifat tokoh pada cerita dengan bahasanya sendiri.


AYO BERDISKUSI

1.     Siswa telah membaca dan memahami isi cerita Kasuari dan Dara Makota. Kemudian, guru mengajak siswa untuk mengingat kembali cerita pada pembelajaran 1, yaitu cerita Asal Mula Telaga Warna. Guru menjelaskan bahwa kedua cerita tersebut merupakan cerita fiksi. Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya cerita rakyat, cerpen, dan novel. Cerita rakyat sendiri beragam antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan sage.



2.     Selanjutnya, siswa diminta diminta untuk mencari tahu jenis-jenis cerita fiksi tersebut dan contohnya.
3.     Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu, berpasangan, ataupun kelompok.
4.     Guru memberi kebebasan kepada siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya bertanya kepada orang yang dianggap tahu, membaca buku-buku di perpustakaan, atau mengakses informasi dari internet.

5.     Siswa diminta menuliskan informasi yang diperoleh.
6.     Kemudian, siswa diminta membacakan informasi yang diperoleh di depan teman-temannya.
7.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menambahkan jawaban jika ada informasi tambahan.
8.     Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban semua siswa.


AYO BERLATIH
1.     Siswa telah mengetahui dan memahami jenis-jenis cerita fiksi dan contohnya. Kemudian, siswa diminta untuk mengidentifikasi jenis cerita fiksi berjudul Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota.

2.     Kegiatan ini lebih cocok dilakukan secara mandiri.
3.     Siswa menuliskan hasil identifikasi jenis cerita fiksi dan penjelasannya.
4.     Siswa diminta untuk menyampaikan hasil identifikasi di depan teman-temannya.
5.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menyampaikan pendapatnya jika ada jawaban berbeda.
6.     Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.

AYO MENCOBA
1.     Siswa diminta membaca narasi pada buku siswa. Guru mengajak siswa mengingat kembali materi tentang gaya dan gerak.  Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami   gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk. Gaya juga dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda. Sementara itu, gerak adalah perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya. Jadi, gaya memengaruhi gerak suatu benda.

2.     Selanjutnya, siswa diminta untuk mencoba melakukan kegiatan untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap gerak benda, yaitu perubahan gerak akibat gaya.
3.     Kegiatan ini dilakukan oleh siswa secara berpasangan.
4.     Siswa melakukan percobaan menggunakan alat berupa meja.
5.     Siswa mengikuti langkah kegiatan pada buku siswa saat melakukan percobaan.
AYO MERENUNGKAN
1.     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pelajari hari ini? Apa yang harus kamu perhatikan saat menyanyi? Apakah pengaruh gaya terhadap gerak benda?

2.     Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
3.     Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tempo, tinggi rendah nada, jenis-jenis cerita fiksi, dan pengaruh gaya terhadap gerak benda.


KERJA SAMA DENGAN ORANG TUA
1.     Siswa bertanya kepada orang tuanya tentang lagu daerah di lingkungan tempat tinggalnya, lalu memilih satu lagu.
2.     Selanjutnya, orang tua menyanyikan lagu tersebut.
3.     Siswa diminta menuliskan syair lagu yang dinyanyikan orang tuanya.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.     Guru menutup pelajaran dengan siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
2.     Kelas ditutup dengan doa bersama.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 8 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.     Aplikasi  Pengajaran  kelas 4 semester 2  SD/MI dari JGC.
3.     Rakaman lagu-lagu daerah,
4.     buku cerita akyat dari berbagai daerah,
5.     meja.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran


Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan             :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                                 :  4 /2
Tema                                     :  Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema                             :  Lingkungan Tempat Tinggalku  (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                  :  PPKn, Bahasa Indonesia, IPS
Pembelajaran ke                 :  3
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan: PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.3

Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
1.4
Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya 
di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.3
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
2.4
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan.
3.3
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari-hari.

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.9
Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.9
Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
       
Muatan: IPS
No
Kompetensi Dasar
3.2
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.2

Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi  dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

C.    TUJUAN
1.     Dengan kegiatan membaca teks tentang pengaruh lingkungan terhadap mata pencaharian penduduk, siswa mengetahui jenis pekerjaan penduduk berdasarkan tempat tinggal.
2.     Dengan kegiatan berdiskusi tentang pengaruh lingkungan terhadap mata pencaharian, siswa dapat menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap jenis pekerjaan dan perbedaan jenis pekerjaan di setiap daerah.
3.     Dengan kegiatan mengamati keadaan alam lingkungan tempat tinggalnya, siswa dapat menjelaskan hubungan keadaan alam dengan mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalnya.
4.     Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan pengertian dan peranan tokoh dengan jelas.
5.     Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan nilai pesan moral dalam cerita fiksi.
6.     Dengan kegiatan mengamati gambar anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu dalam keluarga sesuai gambar.
7.     Dengan kegiatan mengamati ciri fisik anggota keluarganya, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu di  dalam keluarganya.

D.    MATERI
1.     Siswa mengetahui jenis pekerjaan penduduk berdasarkan tempat tinggal.
2.     Siswa dapat menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap jenis pekerjaan dan perbedaan jenis pekerjaan di setiap daerah.
3.     Siswa dapat menjelaskan hubungan keadaan alam dengan mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalnya.
4.     Siswa dapat menjelaskan pengertian dan peranan tokoh dengan jelas.
5.     Siswa dapat menjelaskan nilai pesan moral dalam cerita fiksi.
6.     Siswa dapat menjelaskan karakteristik individu dalam keluarga sesuai gambar.
7.     Siswa dapat menjelaskan karakteristik individu di  dalam keluarganya.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.     Guru memberikan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan panduan yang ada di buku siswa. Oleh karena itulah, guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
·         Di mana kamu tinggal?
·         Bagaimana keadaan daerah tempat tinggalmu? Coba ceritakan mata pencaharian penduduk.

4.     Siswa mengamati gambar lalu membaca narasi pada buku siswa.
5.     Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang berbagai jenis pekerjaan. Dalam kegiatan ini, guru dapat menggunakan media berupa gambar berbagai jenis pekerjaan.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
 AYO MEMBACA

1.     Siswa membaca dalam hati teks tentang jenis mata pencaharian penduduk berdasarkan tempat hidupnya.


2.     Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa-siswa yang mengalami kesulitan.
3.     Setelah selesai membaca, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya teks yang telah ia baca sebelumya.


AYO BERDISKUSI
1.     Siswa berdiskusi bersama teman sebangkunya. Siswa diminta mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan di buku siswa.

2.     Setelah mendapatkan hasil diskusi, siswa diminta menuliskan hasilnya pada kolom yang telah disediakan.
3.     Guru membacakan narasi dan memintasiswa mengamati gambar pada buku siswa.

AYO MEMBACA
1.     Siswa membaca ceri ta berjudul Asal Mula Bukit Catu. Alternatif kegiatan membaca:
1.     Alternatif 1
Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
2.     Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3.     Alternatif 3:
Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.


2.     Setelah siswa selesai membaca, Guru menjelaskan tentang tokoh dan peranan tokoh dalam sebuah cerita.
3.     Kemudian, siswa di minta mencermati cerita yang telah dibaca sebelumnya.   Setelah itu, siswa di minta menjawab pertanyaan-pertanyaan di buku siswa dan menuliskan jawabannya pada kolom yang telah disediakan.


4.     Selanjutnya, siswa diajak melakukan diskusi klasikal untuk membahas jawaban pertanyaan tersebut.
5.     Guru memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan jawabannya
6.     Guru membacakan narasi dan meminta siswa mengamati gambar pada buku siswa.

AYO BERLATIH
1.     Siswa diminta mengamati gambar lalu mengidentifikasi karakterinstik individu yang nampak pada gambar. 
2.     Siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang disediakan.
3.     Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan jawabannya.
4.     Guru memberikan penjelasan singkat mengenai keberagaman karakteristik individu.
5.     Siswa dapat mengajukan pertanyaan apabila belum jelas dengan penjelasan guru.

AYO MENGAMATI

1.     Siswa diminta mengamati karakteristik individu berdasarkan ciri fisik anggota keluarganya. Siswa diminta mengisi tabel yang disediakan sesuai dengan hasil pengamatannya.
2.     Siswa juga menuliskan kesimpulan hasil pengamatannya   pada kolom yang tersedia.



AYO RENUNGKAN

1.     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:
2.     Apa yang telah kamu pelajari hari ini? Dalam keluargamu, pasti terdapat keberagaman. Bagaimana keluargamu menyikapi keberagaman yang ada? Jelaskan alasannya.
3.     Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
4.     Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

KERJA SAMA DENGAN ORANG TUA
1.     Siswa melakukan wawancara kepada orang tuanya. Siswa diminta menanyakan tentang cerita rakyat yang ada di daerahnya.
2.     Selesai melakukan wawancara, siswa menuliskan ceritanya di buku tugas.
3.     Saat di sekolah, siswa diminta membacakan ceritanya di depan teman sekelas.
4.     Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.     Guru menutup pelajaran dengan siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
2.     Kelas ditutup dengan doa bersama.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 8 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.     Aplikasi  Pengajaran  kelas 4 semester 2  SD/MI dari JGC.
3.     Buku cerita rakyat dari berbagai daerah
4.     gambar berbagai jenis pekerjaan
5.     Buku Siswa

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran


Catatan Guru
1. Masalah                            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan        :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester           :  4 /2
Tema                            :  Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema                     :  Lingkungan Tempat Tinggalku  (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu            :  PPKn, Bahasa Indonesia, IPS
Pembelajaran ke            :  4
Alokasi waktu                :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan: PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.3

Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya 
di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragamadi masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
2.2
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan.
3.3
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari-hari.

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.9
Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.9
Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
       
Muatan: IPS
No
Kompetensi Dasar
3.3
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3

Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi  dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi

C.    TUJUAN
1.     Dengan kegiatan mencari tahu kegemaran anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu anggota keluarganya.
2.     Dengan kegiatan membaca teks bacaan, siswa dapat menjelaskan jenis pekerjaan dan kegiatan masyarakat terkait dengan kegiatan ekonomi.
3.     Dengan kegiatan mengamati kegiatan penduduk di lingkungan tempat tinggal,  siswa mampu mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait dengan kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalnya.
4.     Dengan kegiatan mengidentifikasi tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita fiksi secara benar.


D.    MATERI
1.     Siswa dapat menjelaskan karakteristik individu anggota keluarganya dengan benar
2.     Siswa dapat menjelaskan jenis pekerjaan dan kegiatan masyarakat terkait dengan kegiatan ekonomi dengan benar
3.     Siswa mampu mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait dengan kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalnya dengan tepat
4.     Siswa dapat menjelaskan tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita fiksi secara benar.
E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan            : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                    : Example Non Example
Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.     Guru memberikan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan panduan yang ada di buku siswa. Oleh karena itulah, guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
·         Apa kamu gemar berolahraga?
·         Apa olahraga kegemaranmu?
·         Apa anggota keluargamu juga gemar berolahraga?
·         Apa saja olahraga kegemaran anggota keluargamu?
·         Apa kamu dan keluargamu pernah berolahraga bersama?

4.     Siswa mengamati gambar lalu membaca narasi pada buku siswa.


5.     Guru memberikan penegasan tentang keragaman kegemaran sebagai salah satu contoh keragaman kerakteristik individu.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
 AYO MENULIS

1.     Siswa ditugasi melakukan wawancara dengan anggota keluarganya. Siswa diminta menanyakan kegemaran setiap anggota keluarganya.
2.     Setelah selesai, siswa diminta melengkapi kolom yang tersedia berdasarkan hasil wawancara.
3.     Selanjutnya, siswa diminta menuliskan manfaat keberagaman kegemaran dalam keluarganya. Siswa juga diminta menuliskan kesimpulan hasil wawancara yang telah ia lakukan sebelumnya pada kolom yang disediakan.

4.     Siswa mengamati gambar lalu membaca narasi pada buku siswa.
5.     Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan ekonomi. Dalam kegiatan ini, guru dapat menggunakan gambar berbagai jenis kegiatan ekonomi sebagai media pembelajaran.

AYO MEMBACA
1.     Siswa membaca teks berjudul Kabupaten Tabanan.
2.     Alternatif kegiatan membaca:
§  Alternatif 1:
Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§  Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
§  Alternatif 3:
Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.


3.     Selesai membaca, siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan di buku siswa terkait bacaan yag dibaca sebelumnya.

4.     Setelah mendapatkan hasil diskusi, siswa diminta menuliskan hasilnya pada kolom yang telah disediakan.


AYO MENGAMATI
1.     Siswa diminta mengamati kegiatan ekonomi dan  jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut di lingkungan tempat tinggalnya.
2.     Setelah melakukan pengamatan, siswa diminta mengisi kolom yang tersedia sesuai hasil pengamatan.

3.     Guru mengajak siswa mengingat kembalimengenai pengertian tokoh.
4.     Selanjutnya, guru memberikan penjelasan singkat mengenai tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita fiksi.

AYO BERLATIH
1.     Siswa diminta membaca kembali cerita berjudul Asal Mula Bukit Catu.


2.       Kemudian, siswa diminta untuk mengidentifikasi tokoh utama dan tokoh   tambahan dalam cerita tersebut. setelah itu, siswa menuliskan jawabannya pada kolom yang telah disediakan.

AYO RENUNGKAN

1.     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:
1.     Apa yang dimaksud dengan tokoh utama?
2.      Bagaimana seorang tokoh cerita dapat disebut tokoh utama?
3.     Apa yang dimaksud dengan tokoh tambahan?
4.     Bagaimana seorang tokoh cerita dapat disebut tokoh tambahan?


2.     Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
3.     Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tanggung jawab sebagai warga masyarakat.


KERJA SAMA DENGAN ORANG TUA
1.     Siswa mencari informasi tentang kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalnya. Siswa juga diminta mencari informasi tentang pengaruh lingkungan terhadap kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.
2.     Selesai mencari informasi, siswa diminta untuk berdiskusi bersama orang tuanya.


    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.     Guru menutup pelajaran dengan siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
2.     Kelas ditutup dengan doa bersama.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 8 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.     Aplikasi  Pengajaran  kelas 4 semester 2  SD/MI dari JGC.
3.     Gambar berbagai jenis kegiatan ekonomi
4.     Buku siswa

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Rubrik Mencari Tahu Kegemaran Setiap Anggota Keluarga



Catatan Guru
1. Masalah                    :……….
2. Ide Baru                    :………..
3. Momen Spesial         :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001


    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Daerah Tempat Tinggalku (Tema 8 )
Sub Tema                             :  Lingkungan Tempat Tinggalku  (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                  :  PPKn, Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke                 :  5
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan: PPKn
No
Kompetensi Dasar
1
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
1.3

Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya 
di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragamadi masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
2.2
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan.
3.3
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari-hari.

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.9
Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.9
Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
       
Muatan: SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.2
Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2
Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

C.    TUJUAN
1.     Dengan kegiatan mengamati peta Indonesia, siswa mengetahui letak daerah tempat tinggalnya.
2.     Dengan kegiatan mengidentifikasi gambar anggota keluarga, siswa mengetahui keberagaman karakteristik individu berdasarkan gambar.
3.     Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu di dalam keluarga.
4.     Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat mengetahui cerita rakyat pada suatu daerah dan mencermati tokoh-tokohnya.
5.     Dengan kegiatan mengidentifikasi tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan tokoh protagonis dan antagonis dalam teks cerita fiksi.
6.     Dengan kegiatan menyanyikan lagu daerah, siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
7.     Dengan kegiatan mengidentifikasi lagu daerah, siswa dapat mengetahui tempo dan tinggi rendah nada dari notasi angka lagu daerah.

D.    MATERI
1.     Siswa mengetahui letak daerah tempat tinggalnya.
2.     Siswa mengetahui keberagaman karakteristik individu berdasarkan gambar.
3.     Siswa dapat menjelaskan karakteristik individu di dalam keluarga.
4.     Siswa dapat mengetahui cerita rakyat pada suatu daerah dan mencermati tokoh-tokohnya.
5.     Siswa dapat menjelaskan tokoh protagonis dan antagonis dalam teks cerita fiksi.
6.     Siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
7.     Siswa dapat mengetahui tempo dan tinggi rendah nada dari notasi angka lagu daerah.
E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan                   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.     Guru memberikan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan panduan yang ada di buku siswa. Oleh karena itulah, guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
1)     Di mana kamu tinggal?
2)     Di pulau manakah kota tempat tinggalmu berada?
4.     Siswa membaca narasi pada buku siswa.
5.     Guru mengajak siswa bertanya jawab mengenai nama pulau di wilayah negara Indonesia menggunakan peta Indonesia.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
 AYO MENGAMATI

1.     Siswa mengamati peta Pulau Sumatra. Kemudian, siswa diminta mencari gambar peta Indonesia lalu melingkari letak daerah tempat tinggalnya.

2.     Siswa membaca narasi lalu mengamati gambar pada buku siswa.

AYO BERLATIH
1.     Setelah mengamati gambar, siswa diminta mengidentifikasi keragaman karakteristik individu pada gambar berdasarkan ciri fisiknya.

2.     Siswa menuliskan hasil identifikasinya pada kolom yang disediakan.
3.      Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa-siswa yang mengalami kesulitan.
4.     Guru memberikan penegasan tentang materi keberagaman karakteristik individu pada gambar, yakni keberagaman ciri fisik.

5.     Guru mengulang kembali materi tentang keragaman karakteristik individu.

AYO MENGAMATI
1.     Siswa mengamati gambar pada buku siswa. Kemudian, siswa diminta menuliskan sifat orang sesuai gambar.

2.     Guru memberikan penegasan dengan menjelaskan tentang keragaman karakteristik individu yang berupa sifat.

3.     Siswa mengamati gambar lalu membaca narasi pada buku siswa.

AYO MEMBACA
1.     Siswa membaca cerita rakyat berjudul Kisah Putri Tangguk.
Alternatif kegiatan membaca:
§  Alternatif 1:
Guru memberikan waktu selama 5 sampai 15 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§  Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
§  Alternatif 3:
Bacaan tersebut dibaca secara
bergantian dan bersambung oleh
seluruh siswa.

2.     Guru mengajak siswa mengulang kembali materi tentang jenis-jenis teks fiksi, tokoh utama, dan tokoh tambahan dalam cerita.
3.     Guru juga menjelaskan mengenai tokoh protagonis dan tokoh antagonis.

AYO BERLATIH

1.     Siswa mengidentifikasi cerita berjudul Kisah Putri Tangguk berdasarkan pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
2.     Siswa menuliskan jawabannya pada kolom yang tersedia pada buku siswa.
3.     Guru mengajak siswa melakukan diskusi klasikal untuk membahas hasil jawaban siswa.
4.     Siswa menyampaikan jawabannya dengan santun dan percaya diri.

5.     Siswa membaca narasi pada buku siswa.
6.     Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang lagu daerah di Indonesia.
7.     Siswa mengamati teks lagu daerah berjudul ”Injit-Injit Semut” sambil mendengarkan penjelasan guru.


AYO MENYANYI

1.     Siswa memperhatikan cara guru menyanyikan lagu daerah berjudul ”Injit-Injit Semut” dengan benar.
2.     Siswa menyanyikan lagu “Injit-Injit Semut” bersama teman satu kelas.


3.     Guru mengajak siswa mengulang kembali materi tentang tempo dan tinggi rendah nada dengan membaca materi pada buku siswa.

AYO BERLATIH

1.     Siswa diminta mengidentifikasi lagu berjudul ”Injit-Injit Semut” dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
2.     Siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia.

3.     Siswa diminta menyampaikan hasil identifikasinya.
4.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain jika terdapat jawaban berbeda.
5.     Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi semua jawaban siswa.
AYO RENUNGKAN

1.     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:
1)      Apa saja yang telah kamu pelajari hari ini?
2)      Apa saja keragaman sifat yang ada dalam keluargamu?
3)      Apa manfaat keragaman sifat dalam keluargamu?
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
2.     Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

KERJA SAMA DENGAN ORANG TUA
1.     Siswa diminta mencari informasi tentang lagu daerah di lingkungan tempat tinggalnya.
2.     Selesai mencari informasi, siswa dapat meminta bantuan orang tua untuk belajar menyanyikan lagu tersebut.
3.     Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.


    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.     Guru menutup pelajaran dengan siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
2.     Kelas ditutup dengan doa bersama.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 8 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.     Aplikasi  Pengajaran  kelas 4 semester 2  SD/MI dari JGC.
3.     Buku siswa
4.     Peta negara Indonesia
5.     Buku cerita rakyat dari berbagai daerah
6.     Rekaman lagu-lagu daerah.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran

Catatan Guru
1. Masalah                            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO
NIP. 196907151993061001




Tidak ada komentar :