RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema : Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema
2)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Muatan
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan
: IPA
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.3
|
Mengidentifikasi macammacam gaya, antara lain:
gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
|
4.3
|
Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan
sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi,
dan gaya gesekan.
|
C. TUJUAN
1.
Setelah
mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menyebutkan informasi baru
tentang Urang Kanekes, si suku Baduy dengan tepat.
2.
Setelah
membaca teks, siswa mampu menyebutkan kata-kata sulit dan menuliskan gagasan
pokok setiap paragraf dalam teks dengan benar.
3.
Setelah
berdiskusi, siswa mampu menjelaskan manfaat gaya listrik dengan benar.
4.
Setelah
membaca teks, siswa mampu menuliskan pengetahuan baru tentang listrik statis
dan listrik dinamis dengan rinci.
D.
MATERI
1. Teks bacaan Urang
Kanekes, si suku Baduy.
2. Menulis kata sulit dan gagasan pokok setiap paragraf
dalam teks.
3. Listrik statis dan listrik dinamis.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks ”Urang Kanekes, si Suku Baduy”.
2.
Guru mengajak siswa bertanya jawab berkaitan dengan bacaan yang telah
dibaca siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa membentuk kelompok dan berdiskusi tentang kata sulit dan pokok
pikiran dalam teks.
2.
Siswa membuat daftar kata-kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya
mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku
catatannya.
3.
Siswa menuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf dalam teks.
4.
Guru menunjuk seorang siswa sebagai wakil setiap kelompok untuk
membacakan hasil diskusi kelompok secara bergantian.
5.
Guru mengingatkan kembali tentang suku Baduy Luar yang telah mengenal
teknologi dan alat elektronik.
6.
Guru meminta siswa mengamati alat elektronik yang ada di dalam kelas,
misalnya bohlam.
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa berdiskusi tentang faktor yang menyebabkan lampu bohlam menyala.
Ayo Mencoba
1.
Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui adanya listrik statis.
2.
Guru menjelaskan penyebab timbulnya listrik statis.
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks tentang listrik statis dan listrik dinamis.
2.
Guru menjelaskan istilah listrik statis dan listrik dinamis.
Tugas
1.
Selanjutnya siswa menuliskan pengetahuan baru tentang listrik statis
dan listrik dinamis.
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Lingkungan
sekolah.
3. Penggaris.
4. Potongan-potongan
kertas.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Berdiskusi tentang kata sulit dan gagasan pokok
dalam setiap paragraf dalam bacaan
Bentuk Penilaian: Nontes
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.
2. Melakukan percobaan tentang listrik statis.
IPA KD 3.3 dan 4.3
Catatan
Guru
1.
Masalah :……….
2.
Ide Baru :………..
3.
Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema : Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema
2)
Muatan
Terpadu : IPA, Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi waktu : 1 hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan
tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Muatan
: IPA
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.3
|
Mengidentifikasi macammacam gaya, antara lain:
gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
|
4.3
|
Mendemonstrasikan
manfaat
|
Muatan
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan
: SBdP
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.3
|
Mengetahui
gerak tari kreasi daerah.
|
4.3
|
Meperagakan gerak tari kreasi daerah.
|
C. TUJUAN
1.
Setelah
mengamati pertunjukan tarian daerah, siswa mampu menjelaskan pola lantai dengan
benar.
2.
Setelah
pertunjukan tarian daerah, siswa dapat memperagakan pola lantai gerakan tarian
daerah yang diamatinya dengan percaya diri.
3.
Setelah
membaca teks, siswa mampu menemukan informasi baru dengan benar.
4.
Setelah
menuliskan, siswa dapat membedakan pengertian listrik statis dan listrik
dinamis dengan bahasa sendiri secara tepat.
5.
Setelah
mencermati gambar alat-alat elektronik, siswa mampu menjelaskan penyebab
alat-alat elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya dengan tepat.
D.
MATERI
1. Menjelaskan pola lantai melalui pertunjukan
tarian daerah.
2. Memperagakan
pola lantai gerakan tarian daerah yang diamati.
3. Pengertian
listrik statis dan listrik dinamis.
4. Penyebab
alat-alat elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Mengamati
1.
Guru membimbing siswa mengamati pertunjukan atau peragaan tarian
daerah.
2.
Siswa mengamati pola lantai tarian (formasi serta arah gerak penari)
selama peragaan tari.
3.
Selanjutnya, siswa menggambar pola lantai tarian hasil pengamatannya.
4.
Guru membimbing siswa untuk melakukan gerakan demi gerakan tari hingga
selesai.
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks tentang pola lantai gerak tari.
2.
Guru membimbing siswa untuk memperoleh informasi baru dari teks bacaan.
Tugas
1.
Siswa mengamati gambar tari Legong dan tari Saman. Selanjutnya, siswa
menuliskan pola lantai dari kedua tarian tersebut.
2.
Guru menceritakan kepada siswa tentang kipas sebagai penunjang gerak
pada tari Legong.
3.
Selanjutnya, guru membahas manfaat kipas dalam kehidupan sehari-hari.
Guru menunjukkan alat elektronik yang memiliki fungsi sama dengan kipas yaitu
kipas angin atau pendingin ruangan.
4.
Siswa mengidentifikasi sumber gaya yang dapat menyebabkan kipas angin
dan pendingin ruangan (AC: air conditoner) dapat bekerja. (Jawaban yang
diharapkan: kedua alat tersebut bekerja dengan menggunakan energi listrik).
Ayo Bercerita
1.
Guru menuliskan pengertian listrik statis dan listrik dinamis dengan
bahasa sendiri dan memberikan contoh gejala lain listrik statis.
2.
Guru meminta siswa membacakan tulisannya secara bergantian.
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa mencermati gambar alat-alat elektronik, seperti lampu senter,
kipas angin, setrika, dan lemari pendingin.
Tugas
1.
Selanjutnya, siswa secara berkelompok berdiskusi mengenai penyebab
alatalat elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya.
2.
Siswa secara berkelompok pula mencari informasi nama-nama alat
elektronik beserta fungsinya. Siswa dapat mengamati lingkungan rumah atau
sekolah untuk menemukan alat-alat tersebut. Hasilnya ditulis dalam tabel.
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Gambar
tarian daerah.
3. Alat-alat
elektronik.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Rubrik tugas menentukan pola lantai dua jenis
tarian.
SBdP KD 3.3 dan 4.3.
2. Rubrik mencari informasi tentang alat-alat
elektronik serta fungsinya.
IPA KD 3.3 dan 4.3.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema : Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema
2)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi waktu : 1 hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan
tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Muatan
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan
: PPKn
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.4
2.4
|
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai
bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
|
3.4
|
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman
suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan.
|
4.4
|
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
|
Muatan
: IPS
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi,
budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
|
4.2
|
Menyajikan hasil identifikasi mengenai
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik
ruang.
|
C. TUJUAN
1.
Setelah
membaca teks tentang rumah adat suku Manggarai, siswa mampu menuliskan
pengetahuan baru dari teks yang telah dibaca dengan benar.
2.
Setelah
berdiskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan tentang bentuk, bahan pembuat, dan
keunikan dari rumah adat daerah mereka dengan tepat.
3.
Setelah
mengamati gambar beberapa rumah adat di Indonesia, siswa mampu menceritakan
daerah asal dan keunikan dari setiap rumah adat dengan tepat.
D.
MATERI
1. Teks
tentang rumah adat suku Manggarai.
2. Bentuk,
bahan pembuat, dan keunikan dari rumah adat daerah.
3. Menceritakan
daerah asal dan keunikan dari setiap rumah adat.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan, pengamatan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo
Membaca
1.
Siswa membaca teks tentang rumah adat suku Manggarai.
2.
Siswa bersama teman sebangku menuliskan pengetahuan baru dari teks yang
telah dibaca.
3.
Siswa diajak bertanya jawab mengenai rumah adat di daerah tempat
tinggal siswa.
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa berdiskusi kelompok tentang bentuk, bahan pembuat, dan keunikan
dari rumah adat daerah mereka.
2.
Setiap wakil kelompok menceritakan hasil diskusi kelompok di depan
kelas.
3.
Siswa mencermati teks bacaan tentang keragaman rumah adat di Indonesia.
4.
Siswa tidak harus menghafalkan seluruh nama rumah adat ini.
Tugas
1.
Guru membimbing siswa mengamati gambar beberapa rumah adat di
Indonesia.
2.
Siswa secara berkelompok mencari informasi tentang daerah asal rumah
adat tersebut serta keunikannya.
3.
Siswa menceritakan daerah asal dan keunikan dari setiap rumah adat di
depan kelas secara bergantian.
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Lingkungan
sekitar.
3. Gambar rumah adat.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Tugas menemukan informasi baru dari bacaan.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.
2. Tugas mencari informasi tentang asal daerah dan
keunikan rumah adat.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.
Catatan
Guru
1.
Masalah :……….
2.
Ide Baru :………..
3.
Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema : Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema
2)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran
ke : 4
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Muatan
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan
: PPKn
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.4
2.4
|
Mensyukuri
berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
|
3.4
|
Mengidentifikasi
berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan.
|
4.4
|
Menyajikan
berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan.
|
Muatan
: IPS
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di
provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan
karakteristik ruang.
|
4.2
|
Menyajikan
hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan
agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta
hubungannya dengan karakteristik ruang.
|
C. TUJUAN
1.
Setelah
berdiskusi, siswa mampu menuliskan nama,
keunikan dan penggunaan pakaian adat yang ada di daerah mereka tinggal dengan
rinci.
2.
Setelah
mengamati beberapa gambar pakaian adat, siswa mampu menuliskan keunikan dari
setiap pakaian adat yang diamatinya dengan tepat.
3.
Setelah berdiskusi, siswa dapat
menjelaskan tindakan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia dengan benar.
4.
Setelah pembiasaan dan praktik,
siswa mampu melakukan tindakan melestarikan pakaian adat di Indonesia dengan
tepat.
5.
Setelah membaca teks tentang
keunikan pakaian adat wanita Minangkabau, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan informasi baru dari teks
bacaan dengan benar.
D.
MATERI
1. Menuliskan nama, keunikan dan penggunaan pakaian adat
yang ada di daerah tempat tinggal.
2. Keunikan
dari setiap pakaian adapt.
3. Tindakan melestarikan pakaian adat di Indonesia.
4. Menuliskan gagasan
pokok dan informasi baru dari teks bacaan keunikan pakaian adat wanita
Minangkabau.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6. Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
tentang pakaian adat.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo
Berdiskusi
1.
Siswa melakukan diskusi kelompok mengenai pakaian adat yang digunakan
di daerah mereka.
2.
Siswa membuat laporan tertulis mengenai nama, keunikan dan penggunaan
pakaian adat yang ada di daerah mereka tinggal.
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks tentang ragam pakaian adat di Indonesia.
2.
Siswa diajak bertanya jawab mengenai isi teks, misalnya adanya perbedaan pakaian adat di setiap
daerah di Indonesia disebabkan oleh adanya perbedaan kondisi geografis
wilayah Indonesia.
Tugas
1.
Siswa mencermati gambar beberapa pakaian adat dari berbagai daerah di
Indonesia.
2.
Siswa menuliskan keunikan dari setiap pakaian adat yang diamati.
3.
Siswa membacakan keunikan dari pakaian adat yang diamatinya.
4.
Siswa diminta membuat kesimpulan dari kegiatan tersebut. Kesimpulan
yang diharapkan: pakaian adat yang ada
di Indonesia sangat beragam dan keragaman itu merupakan kekayaan yang dimiliki
bangsa Indonesia.
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa berdiskusi kelompok mengenai tindakan untuk melestarikan pakaian
adat di Indonesia.
2.
Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas secara bergantian.
3.
Guru menekankan kepada siswa mengenai beberapa contoh tindakan untuk
melestarikan pakaian adat. Tindakan itu antara lain: mengabadikan foto atau
gambar pakaian adat, memakainya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi dengan
modifikasi agar nyaman dipakai serta memakai pakaian adat dalam perayaan hari
kemerdekaan.
4.
Guru memberi pertanyaan kepada siswa mengenai letak geografis daerah
Minangkabau.
5.
Siswa membaca teks tentang Keunikan pakaian adat wanita Minangkabau.
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku mengenai gagasan pokok dan
informasi baru dari teks bacaan.
2.
Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas.
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.
Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
3.
Software Pengajaran
SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
4. Video/slide.
5. Gambar
pakaian adapt.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Berdiskusi mengenai
tindakan melestarikan pakaian daerah.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD PPKn 3.4 dan 4.4.
2. Berdiskusi untuk menentukan gagasan pokok dan
menuliskan informasi baru dari teks.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema : Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema
2)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKn, SBdP
Pembelajaran
ke : 5
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan
tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Muatan
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan
: PPKn
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.4
2.4
|
Mensyukuri
berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
|
3.4
|
Mengidentifikasi
berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan.
|
4.4
|
Menyajikan
berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan.
|
Muatan
: SBdP
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.3
|
Mengetahui
gerak tari kreasi daerah.
|
4.3
|
Meperagakan gerak tari kreasi daerah.
|
C. TUJUAN
1.
Setelah
membaca teks tentang keragaman kesenian daerah di Indonesia, siswa mampu
menyebutkan beberapa nama tari daerah Indonesia dengan benar.
2.
Setelah melihat peragaan tari, siswa
dapat menjelaskan gerakan tangan, kaki, dan kepala saat menari dengan tepat.
3.
Setelah bimbingan guru, siswa mampu
mempraktikkan gerak tangan, kaki, dan kepala saat menari dengan berani dan
percaya diri.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan
gagasan pokok setiap paragraf dalam teks dengan tepat.
D.
MATERI
1. Teks
tentang keragaman kesenian daerah di Indonesia.
2. Nama
tari daerah Indonesia.
3. Gerak tangan, kaki, dan kepala saat menari.
4. Menuliskan gagasan
pokok setiap paragraf dalam teks.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6. Siswa diajak bertanya jawab mengenai kesenian
Indonesia yang beragam. Keragaman itu antara lain meliputi tarian, alat musik,
upacara adat, dan seni pertunjukan.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo
Membaca
1.
Siswa mencermati teks bacaan tentang keragaman kesenian daerah di
Indonesia.
2.
Siswa melakukan permainan untuk mengenal alat musik dan jenis tari yang
ada di Indonesia.
Ayo Mengamati
1.
Siswa mencermati pementasan tarian daerah melalui video atau media
audiovisual lainnya. Setelah itu, siswa menuliskan gerakan tangan, kaki dan
kepala penari.
2.
Guru membimbing siswa untuk mengenali gerakan tangan, kaki, dan kepala
saat menari.
3.
Siswa mempraktikkan gerakan tangan, kepala, dan kaki dalam tarian.
4.
Guru menekankan bahwa dengan mempelajari tarian daerah menunjukkan rasa
cinta terhadap budaya bangsa.
5.
Siswa membaca cermat bacaan berjudul “Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh
Tampilkan Tarian Jawa”.
6.
Siswa secara berkelompok berdiskusi mengenai gagasan utama dari setiap
paragraf dalam bacaan tersebut.
7.
Siswa menuliskan hasil diskusi mereka dalam sebuah peta pikiran.
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Video
tarian daerah.
3. Gambar gerakan tangan, kaki, dan kepala saat menari.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Praktik Menari.
Rubrik praktik menari
SBdP KD 3.3 dan 4.3.
2. Berdiskusi untuk menemukan gagasan pokok setiap
paragraf dalam teks.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema : Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema
2)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran
ke : 6
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Muatan
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan
: SBdP
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.3
|
Mengetahui
gerak tari kreasi daerah.
|
4.3
|
Meperagakan gerak tari kreasi daerah.
|
C. TUJUAN
1.
Setelah
membaca teks, siswa mampu menjelaskan arti kata sulit dalam teks.
2.
Setelah
membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi ide pokok dan informasi baru dari
teks bacaan tersebut dengan benar.
3.
Setelah
pengamatan teks, siswa dapat mengetahui fungsi alat musik dalam pementasan
tari.
4.
Setelah
berlatih, siswa mampu memperagakan tari diiringi dengan alat musik dengan percaya
diri.
D.
MATERI
1. Menjelaskan
arti kata sulit dalam teks.
2. Mengidentifikasi ide pokok dan informasi baru dari teks
bacaan.
3. Fungsi
alat musik dalam pementasan tari.
4. Memperagakan tari diiringi dengan alat musik dengan
percaya diri.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo
Membaca
1.
Siswa membaca teks tentang musik garantung yang berasal dari Sumatera
Utara.
2.
Siswa selanjutnya menuliskan kata-kata sulit, gagasan pokok setiap
paragraf, serta informasi baru dari teks yang telah dibacanya.
Tugas
1.
Guru membimbing siswa untuk menemukan kata-kata sulit serta membahas
artinya. Arti kata-kata sulit dapat
dicari dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.
2.
Siswa membuat laporan tertulis dan mengumpulkannya kepada Bapak atau
Ibu Guru.
3.
Siswa diajak bertanya jawab mengenai penyajian tarian tradisional untuk mengarahkan pada
pemahaman bahwa penyajian tarian tradisional biasanya diiringi dengan musik.
Guru menjelaskan beberapa jenis alat musik serta daerah asalnya.
Ayo Mengamati
1.
Selanjutnya siswa mencermati gambar beberapa alat musik tradisional.
Dalam pengamatan ini, siswa diminta menceritakan pengalamannya berkaitan
dengan alat musik daerah. Sebagai contoh: nama alat musik yang dikenal,
apakah pernah melihat langsung, apakahpernah memainkan, apakah pernah melihat
orang memainkan alat musik itu, tanggapannya terhadap suara alat musik itu.
2.
Guru menanyakan kepada siswa mengenai alat musik yang biasanya digunakan untuk
mengiringi tari daerah di daerah mereka.
Ayo Mencoba
1.
Siswa memperagakan salah satu tari daerah dengan diiringi alat
musik daerah.
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Video
tarian daerah.
3. Gambar alat-alat musik.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Menjelaskan arti kata
sulit, menuliskan gagasan pokok, dan menjelaskan informasi baru dalam teks
bacaan.
Bentuk Penilaian: Nontes (Menjelaskan Informasi)
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.
2. Praktik menari diiringi alat musik.
Rubrik praktik menari
SBdP KD 3.3 dan 4.3.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar