Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 25 Januari 2019

RPP KELAS 4 TEMA 7 SUB TEMA 2 PEMBELAJARN 1-6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke                 :  1
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : IPA
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengidentifikasi macammacam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3 
Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

C.    TUJUAN
1.     Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menyebutkan informasi baru tentang Urang Kanekes, si suku Baduy dengan tepat.
2.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan kata-kata sulit dan menuliskan gagasan pokok setiap paragraf dalam teks dengan benar.
3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan manfaat gaya listrik dengan benar.
4.     Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan pengetahuan baru tentang listrik statis dan listrik dinamis dengan rinci.

D.    MATERI
1.     Teks bacaan  Urang Kanekes, si suku Baduy.
2.     Menulis kata sulit dan gagasan pokok setiap paragraf dalam teks.
3.     Listrik statis dan listrik dinamis.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks ”Urang Kanekes, si Suku Baduy”.
2.     Guru mengajak siswa bertanya jawab berkaitan dengan bacaan yang telah dibaca siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
Ayo Berdiskusi
1.     Siswa membentuk kelompok dan berdiskusi tentang kata sulit dan pokok pikiran dalam teks.
2.     Siswa membuat daftar kata-kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya.
3.     Siswa menuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf dalam teks.
4.     Guru menunjuk seorang siswa sebagai wakil setiap kelompok untuk membacakan hasil diskusi kelompok secara bergantian.
5.     Guru mengingatkan kembali tentang suku Baduy Luar yang telah mengenal teknologi dan alat elektronik.
6.     Guru meminta siswa mengamati alat elektronik yang ada di dalam kelas, misalnya bohlam.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi tentang faktor yang menyebabkan lampu bohlam menyala.

Ayo Mencoba
1.     Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui adanya listrik statis.
2.     Guru menjelaskan penyebab timbulnya listrik statis.

Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks tentang listrik statis dan listrik dinamis.
2.     Guru menjelaskan istilah listrik statis dan listrik dinamis.

Tugas
1.     Selanjutnya siswa menuliskan pengetahuan baru tentang listrik statis dan listrik dinamis.
150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Lingkungan sekolah.
3.     Penggaris.
4.     Potongan-potongan kertas.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Berdiskusi tentang kata sulit dan gagasan pokok dalam setiap paragraf dalam bacaan

Bentuk Penilaian: Nontes
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.


2.     Melakukan percobaan tentang listrik statis.
IPA KD 3.3 dan 4.3


Catatan Guru
1. Masalah                            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  IPA, Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke                 :  2
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : IPA
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengidentifikasi macammacam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

4.3 
Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengetahui gerak tari kreasi daerah.
4.3 
Meperagakan gerak tari kreasi daerah.

C.    TUJUAN
1.     Setelah mengamati pertunjukan tarian daerah, siswa mampu menjelaskan pola lantai dengan benar.
2.     Setelah pertunjukan tarian daerah, siswa dapat memperagakan pola lantai gerakan tarian daerah yang diamatinya dengan percaya diri.
3.     Setelah membaca teks, siswa mampu menemukan informasi baru dengan benar.
4.     Setelah menuliskan, siswa dapat membedakan pengertian listrik statis dan listrik dinamis dengan bahasa sendiri secara tepat.
5.     Setelah mencermati gambar alat-alat elektronik, siswa mampu menjelaskan penyebab alat-alat elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya dengan tepat.

D.    MATERI
1.     Menjelaskan pola lantai melalui pertunjukan tarian daerah.
2.     Memperagakan pola lantai gerakan tarian daerah yang diamati.
3.     Pengertian listrik statis dan listrik dinamis.
4.     Penyebab alat-alat elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Ayo Mengamati
1.     Guru membimbing siswa mengamati pertunjukan atau peragaan tarian daerah.
2.     Siswa mengamati pola lantai tarian (formasi serta arah gerak penari) selama peragaan tari.
3.     Selanjutnya, siswa menggambar pola lantai tarian hasil pengamatannya.
4.     Guru membimbing siswa untuk melakukan gerakan demi gerakan tari hingga selesai.

Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks tentang pola lantai gerak tari.
2.     Guru membimbing siswa untuk memperoleh informasi baru dari teks bacaan.
Tugas
1.     Siswa mengamati gambar tari Legong dan tari Saman. Selanjutnya, siswa menuliskan pola lantai dari kedua tarian tersebut.
2.     Guru menceritakan kepada siswa tentang kipas sebagai penunjang gerak pada tari Legong.
3.     Selanjutnya, guru membahas manfaat kipas dalam kehidupan sehari-hari. Guru menunjukkan alat elektronik yang memiliki fungsi sama dengan kipas yaitu kipas angin atau pendingin ruangan.
4.     Siswa mengidentifikasi sumber gaya yang dapat menyebabkan kipas angin dan pendingin ruangan (AC: air conditoner) dapat bekerja. (Jawaban yang diharapkan: kedua alat tersebut bekerja dengan menggunakan energi listrik).

Ayo Bercerita
1.     Guru menuliskan pengertian listrik statis dan listrik dinamis dengan bahasa sendiri dan memberikan contoh gejala lain listrik statis.
2.     Guru meminta siswa membacakan tulisannya secara bergantian.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa mencermati gambar alat-alat elektronik, seperti lampu senter, kipas angin, setrika, dan lemari pendingin.

Tugas
1.     Selanjutnya, siswa secara berkelompok berdiskusi mengenai penyebab alatalat elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya.
2.     Siswa secara berkelompok pula mencari informasi nama-nama alat elektronik beserta fungsinya. Siswa dapat mengamati lingkungan rumah atau sekolah untuk menemukan alat-alat tersebut. Hasilnya ditulis dalam tabel.


150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Gambar tarian daerah.
3.     Alat-alat elektronik.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Rubrik tugas menentukan pola lantai dua jenis tarian.

SBdP KD 3.3 dan 4.3.



2.     Rubrik mencari informasi tentang alat-alat elektronik serta fungsinya.
IPA KD 3.3 dan 4.3.




Catatan Guru
1. Masalah                            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran ke                 :  3
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.

4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.4



 2.4   
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan

3.4  
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4  
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Muatan : IPS
No
Kompetensi Dasar
3.2  
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2  
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

C.    TUJUAN
1.     Setelah membaca teks tentang rumah adat suku Manggarai, siswa mampu menuliskan pengetahuan baru dari teks yang telah dibaca dengan benar.
2.     Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan tentang bentuk, bahan pembuat, dan keunikan dari rumah adat daerah mereka dengan tepat.
3.     Setelah mengamati gambar beberapa rumah adat di Indonesia, siswa mampu menceritakan daerah asal dan keunikan dari setiap rumah adat dengan tepat.

D.    MATERI
1.     Teks tentang rumah adat suku Manggarai.
2.     Bentuk, bahan pembuat, dan keunikan dari rumah adat daerah.
3.     Menceritakan daerah asal dan keunikan dari setiap rumah adat.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks tentang rumah adat suku Manggarai.
2.     Siswa bersama teman sebangku menuliskan pengetahuan baru dari teks yang telah dibaca.
3.     Siswa diajak bertanya jawab mengenai rumah adat di daerah tempat tinggal siswa.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi kelompok tentang bentuk, bahan pembuat, dan keunikan dari rumah adat daerah mereka.
2.     Setiap wakil kelompok menceritakan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
3.     Siswa mencermati teks bacaan tentang keragaman rumah adat di Indonesia.
4.     Siswa tidak harus menghafalkan seluruh nama rumah adat ini.

Tugas
1.     Guru membimbing siswa mengamati gambar beberapa rumah adat di Indonesia.
2.     Siswa secara berkelompok mencari informasi tentang daerah asal rumah adat tersebut serta keunikannya.
3.     Siswa menceritakan daerah asal dan keunikan dari setiap rumah adat di depan kelas secara bergantian.

150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Lingkungan sekitar.
3.     Gambar rumah adat.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.



1.     Tugas menemukan informasi baru dari bacaan.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.



2.     Tugas mencari informasi tentang asal daerah dan keunikan rumah adat.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.


Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             : SD 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran ke                 :  4
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.

4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.4



 2.4   
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan

3.4  
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

4.4  
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.


Muatan : IPS
No
Kompetensi Dasar
3.2  
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2  
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

C.    TUJUAN
1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan  nama, keunikan dan penggunaan pakaian adat yang ada di daerah mereka tinggal dengan rinci.
2.     Setelah mengamati beberapa gambar pakaian adat, siswa mampu menuliskan keunikan dari setiap pakaian adat yang diamatinya dengan tepat.
3.     Setelah berdiskusi, siswa dapat menjelaskan tindakan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia dengan benar.
4.     Setelah pembiasaan dan praktik, siswa mampu melakukan tindakan melestarikan pakaian adat di Indonesia dengan tepat.
5.     Setelah membaca teks tentang keunikan pakaian adat wanita Minangkabau, siswa mampu menuliskan  gagasan pokok dan informasi baru dari teks bacaan dengan benar.

D.    MATERI
1.     Menuliskan  nama, keunikan dan penggunaan pakaian adat yang ada di daerah tempat tinggal.
2.     Keunikan dari setiap pakaian adapt.
3.     Tindakan melestarikan pakaian adat di Indonesia.
4.     Menuliskan  gagasan pokok dan informasi baru dari teks bacaan keunikan pakaian adat wanita Minangkabau.


E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang pakaian adat.

10 menit
Inti
Ayo Berdiskusi
1.     Siswa melakukan diskusi kelompok mengenai pakaian adat yang digunakan di daerah mereka.
2.     Siswa membuat laporan tertulis mengenai nama, keunikan dan penggunaan pakaian adat yang ada di daerah mereka tinggal.

Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks tentang ragam pakaian adat di Indonesia.
2.     Siswa diajak bertanya jawab mengenai isi teks, misalnya  adanya perbedaan pakaian adat di setiap daerah di Indonesia disebabkan oleh adanya perbedaan kondisi geografis wilayah Indonesia.

Tugas
1.     Siswa mencermati gambar beberapa pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.
2.     Siswa menuliskan keunikan dari setiap pakaian adat yang diamati.
3.     Siswa membacakan keunikan dari pakaian adat yang diamatinya.
4.     Siswa diminta membuat kesimpulan dari kegiatan tersebut. Kesimpulan yang diharapkan:  pakaian adat yang ada di Indonesia sangat beragam dan keragaman itu merupakan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi kelompok mengenai tindakan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia.
2.     Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas secara bergantian.
3.     Guru menekankan kepada siswa mengenai beberapa contoh tindakan untuk melestarikan pakaian adat. Tindakan itu antara lain: mengabadikan foto atau gambar pakaian adat, memakainya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi dengan modifikasi agar nyaman dipakai serta memakai pakaian adat dalam perayaan hari kemerdekaan.
4.     Guru memberi pertanyaan kepada siswa mengenai letak geografis daerah Minangkabau.
5.     Siswa membaca teks tentang Keunikan pakaian adat wanita Minangkabau.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi dengan teman sebangku mengenai gagasan pokok dan informasi baru dari teks  bacaan.
2.     Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas.

150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
3.     Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
4.     Video/slide.
5.     Gambar pakaian adapt.
H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Berdiskusi mengenai tindakan melestarikan pakaian daerah.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD PPKn 3.4 dan 4.4.

2.     Berdiskusi untuk menentukan gagasan pokok dan menuliskan informasi baru dari teks.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.



Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke                 :  5
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.

4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.4



 2.4   
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan

3.4  
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

4.4  
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.


Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengetahui gerak tari kreasi daerah.

4.3  
Meperagakan gerak tari kreasi daerah.

C.    TUJUAN
1.     Setelah membaca teks tentang keragaman kesenian daerah di Indonesia, siswa mampu menyebutkan beberapa nama tari daerah Indonesia dengan benar.
2.     Setelah melihat peragaan tari, siswa dapat menjelaskan gerakan tangan, kaki, dan kepala saat menari dengan tepat.
3.     Setelah bimbingan guru, siswa mampu mempraktikkan gerak tangan, kaki, dan kepala saat menari dengan berani dan percaya diri.
4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu  menuliskan  gagasan pokok setiap paragraf dalam teks dengan tepat.

D.    MATERI
1.     Teks tentang keragaman kesenian daerah di Indonesia.
2.     Nama tari daerah Indonesia.
3.     Gerak tangan, kaki, dan kepala saat menari.
4.     Menuliskan  gagasan pokok setiap paragraf dalam teks.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Siswa diajak bertanya jawab mengenai kesenian Indonesia yang beragam. Keragaman itu  antara lain meliputi tarian, alat musik, upacara adat, dan seni pertunjukan.
10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Siswa mencermati teks bacaan tentang keragaman kesenian daerah di Indonesia.
2.     Siswa melakukan permainan untuk mengenal alat musik dan jenis tari yang ada di Indonesia.

Ayo Mengamati
1.     Siswa mencermati pementasan tarian daerah melalui video atau media audiovisual lainnya. Setelah itu, siswa menuliskan gerakan tangan, kaki dan kepala penari.
2.     Guru membimbing siswa untuk mengenali gerakan tangan, kaki, dan kepala saat menari.
3.     Siswa mempraktikkan gerakan tangan, kepala, dan kaki dalam tarian.
4.     Guru menekankan bahwa dengan mempelajari tarian daerah menunjukkan rasa cinta terhadap budaya bangsa.
5.     Siswa membaca cermat bacaan berjudul “Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa”.
6.     Siswa secara berkelompok berdiskusi mengenai gagasan utama dari setiap paragraf dalam bacaan tersebut.
7.     Siswa menuliskan hasil diskusi mereka dalam sebuah peta pikiran.
150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Video tarian daerah.
3.     Gambar gerakan tangan, kaki, dan kepala saat menari.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Praktik Menari.
Rubrik praktik menari
SBdP KD 3.3 dan 4.3.

2.     Berdiskusi untuk menemukan gagasan pokok setiap paragraf dalam teks.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.


Catatan Guru
1. Masalah                            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Indahnya Keragaman Budaya Negeriku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke                 :  6
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.

4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengetahui gerak tari kreasi daerah.

4.3  
Meperagakan gerak tari kreasi daerah.


C.    TUJUAN
1.     Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan arti kata sulit dalam teks.
2.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi ide pokok dan informasi baru dari teks bacaan tersebut dengan benar.
3.     Setelah pengamatan teks, siswa dapat mengetahui fungsi alat musik dalam pementasan tari.
4.     Setelah berlatih, siswa mampu memperagakan tari diiringi dengan alat musik dengan percaya diri.

D.    MATERI
1.     Menjelaskan arti kata sulit dalam teks.
2.     Mengidentifikasi ide pokok dan informasi baru dari teks bacaan.
3.     Fungsi alat musik dalam pementasan tari.
4.     Memperagakan tari diiringi dengan alat musik dengan percaya diri.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks tentang musik garantung yang berasal dari Sumatera Utara.
2.     Siswa selanjutnya menuliskan kata-kata sulit, gagasan pokok setiap paragraf, serta informasi baru dari teks yang telah dibacanya.

Tugas
1.     Guru membimbing siswa untuk menemukan kata-kata sulit serta membahas artinya. Arti  kata-kata sulit dapat dicari dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.
2.     Siswa membuat laporan tertulis dan mengumpulkannya kepada Bapak atau Ibu Guru.
3.     Siswa diajak bertanya jawab mengenai penyajian  tarian tradisional untuk mengarahkan pada pemahaman bahwa penyajian tarian tradisional biasanya diiringi dengan musik. Guru menjelaskan beberapa jenis alat musik serta daerah asalnya.

Ayo Mengamati
1.     Selanjutnya siswa mencermati gambar beberapa alat musik tradisional. Dalam pengamatan ini, siswa diminta menceritakan pengalamannya berkaitan dengan alat musik daerah. Sebagai contoh: nama alat musik yang dikenal, apakah pernah melihat langsung, apakahpernah memainkan, apakah pernah melihat orang memainkan alat musik itu, tanggapannya terhadap suara alat musik itu.
2.     Guru menanyakan kepada siswa mengenai alat  musik yang biasanya digunakan untuk mengiringi tari daerah di daerah mereka.

Ayo Mencoba
1.     Siswa memperagakan salah satu tari daerah dengan diiringi alat musik  daerah.
150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit


G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Video tarian daerah.
3.     Gambar alat-alat musik.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Menjelaskan arti kata sulit, menuliskan gagasan pokok, dan menjelaskan informasi baru dalam teks bacaan.
Bentuk Penilaian: Nontes (Menjelaskan Informasi)
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.

2.     Praktik menari diiringi alat musik.
Rubrik praktik menari
SBdP KD 3.3 dan 4.3.



Catatan Guru
1. Masalah                            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….


Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001

















Tidak ada komentar :