Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 23 Januari 2019

RPP KELAS 4-TEMA 7 SUB TEMA 1





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             :  SD 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke                 :  1
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.

4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : IPA
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

4.3  
Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.


C.    TUJUAN
1.     Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan informasi tentang suku bangsa di Indonesia dengan benar.
2.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi baru mengenai suku bangsa di Indonesia dengan tepat.
3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan kata sulit dalam bacaan dan mampu menjelaskan artinya dengan tepat.
4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dan menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan benar.
5.     Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan pengertian gaya dengan tepat.
6.     Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat.

D.    MATERI
1.     Teks bacaan “Suku Bangsa di Indonesia”.
2.     Menulis kata sulit.
3.     Menulis pokok piiran dari paragraf.
4.     Pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda.

E.     PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah







F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Siswa membaca teks dan mengamati gambar pada buku siswa sebagai pembuka kegiatan pembelajaran.
7.     Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan pada Buku Siswa.
8.     Siswa menjawab pertanyaaan tersebut untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang topik yang akan dipelajari.
10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa membuat daftar kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya.
Contoh:
·         Slogan artinya kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat.
·         Sensus penduduk adalah penghitungan jumlah penduduk dalam jangka waktu tertentu oleh pemerintah.
·         Adat artinya aturan atau kebiasaan yang telah dilakukan sejak dahulu.
·         Siswa berdiskusi kelompok untuk melengkapi tabel kata-kata sulit dan artinya dari teks bacaan pada Buku Siswa. Hasil pekerjaan ini dapat digunakan untuk bahan tanya jawab antarsiswa.
·         Siswa berdiskusi untuk menemukan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan.

Ayo Bercerita
1.     Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompok mereka.
2.     Siswa mengamati gambar beberapa alat transportasi tradisional menggunakan tenaga hewan dari berbagai daerah di Indonesia.
3.     Siswa menceritakan alat transportasi tradisional yang pernah ditemui, baik di daerahnya sendiri maupun dari daerah lain.
4.     Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. Jawaban yang diharapkan adalah: saat kuda atau kerbau menarik bendi atau pedati, maka bendi atau pedati akan bergerak (berpindah tempat).

Ayo Mencoba
1.     Siswa melakukan percobaan gaya pada benda-benda di sekitarnya.
2.     Siswa menuliskan hasil percobaan dalam tabel pengamatan.
3.     Catatan: Gaya dapat menyebabkan benda berpindah tempat. Gaya juga dapat menyebabkan perubahan bentuk benda.
Tugas
·         Siswa menuliskan bentuk-bentuk gaya yang telah dilakukan atau dilihat, lalu membacakannya di depan kelas.

Ayo Mengamati
1.     Siswa mengamati gambar pada Buku Siswa, lalu menentukan macam gaya yang bekerja beserta pengaruhnya terhadap benda.
2.     Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut.
·         Mobil pada gambar dapat bergerak karena didorong menggunakan kekuatan otot.
·         Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik.
·         Jarum dapat menempel karena tarikan gaya magnet.
·         Buah jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi.
·         Lemari mudah digeser dengan bantuan keset/kain yang diletakkan di bawah lemari.
3.     Siswa mengamati gambar-gambar kegiatan yang menggunakan gaya otot.Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruh gaya otot terhadap benda.

Ayo Berdiskusi
(Jawaban yang diharapkan:
1.     Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot makhluk hidup, baik manusia atau hewan.
2.     Pengaruh gaya otot terhadap benda: benda berpindah tempat atau berubah bentuk).

Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks tentang seni gerabah di Indonesia.
2.     Dengan berdiskusi kelompok, siswa mampu menuliskan informasi-informasi baru dalam teks. Siswa menuliskan dengan ejaan yang tepat dan penggunaan tanda baca yang benar.
150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Buku bacaan tentang suku bangsa di Indonesia.
3.     Gambar-gambar yang berhubungan dengan gaya.

H.    PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Menuliskan kata sulit dan pokok pikiran dalam setiap paragraf teks bacaan.
Bentuk Penilaian: Nontes
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7

2.     Melakukan pengamatan dan berdiskusi tentang macam-macam gaya dan  pengaruhnya terhadap benda.

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.3 dan 4.3.



Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                  :  IPA, Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke                 :  2
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : IPA
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3  
Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.2  
Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2  
Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

C.    TUJUAN
1.     Setelah menyanyikan lagu “Apuse”, siswa mampu menemukan naik turunnya nada pada lagu “Apuse” dengan tepat.
2.     Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu “Apuse” sesuai dengan naik turunnya nada pada lagu “Apuse” dengan percaya diri.
3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengenal contoh-contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.     Setelah membaca kembali teks “Suku Bangsa di Indonesia”,  siswa  mampu menuliskan pengetahuan yang sudah diketahui dan pengetahuan yang baru diperoleh dari bacaan dengan tepat.

D.    MATERI
1.     Lagu “Apuse”.
2.     Contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari.
3.     Membaca teks “Suku Bangsa di Indonesia”

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah








F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Ayo Mengamati
1.     Siswa mencermati not dan syair lagu “Apuse”.
2.     Guru memberi contoh menyanyikan lagu  “Apuse”.

Ayo Bernyanyi
1.     Siswa menyanyikan lagu “Apuse”  bersama dengan teman-temannya

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi mengenai naik turunnya nada pada lagu “Apuse”.
2.     Diskusi dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil. Selanjutnya, tiap-tiap kelompok membacakan hasil diskusinya untuk dibandingkan dengan hasil diskusi kelompok-kelompok lain.

Ayo Bercerita
1.     Siswa menceritakan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian.
2.     Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang menggunakan gaya otot.

Ayo Mencoba
1.     Siswa melakukan percobaan yang melibatkan gaya otot.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari.
2.     Siswa membaca kembali teks “Suku Bangsa di Indonesia”. Selanjutnya siswa menuliskan pengetahuan yang sudah diketahui dan pengetahuan yang baru diperoleh dari bacaan.


150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Notasi angka dan syair lagu“Apuse”.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Rubrik Praktik menyanyikan lagu “Apuse”.
SBdP KD 3.2 dan 4.2.





Catatan Guru
1. Masalah                            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             :  SD Negeri 7 Jarai
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                  :  PPKn, Bahasa Indonesia, IPS
Pembelajaran ke                 :  4
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.4 



 2.4  
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4  
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4  
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : IPS
No
Kompetensi Dasar
3.2  
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

4.2  
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.


C.    TUJUAN
1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi keragaman bahasa daerah di Indonesia dengan benar.
2.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan  ide pokok dan informasi baru dari teks bacaan tersebut dengan tepat.
3.     Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu menyebutkan kegiatan yang dapat mencegah punahnya bahasa daerah dengan benar.

D.    MATERI
1.     Keragaman bahasa daerah di Indonesia.
2.     Menyebutkan  ide pokok dan informasi baru dari teks bacaan.
3.     Kegiatan yang dapat mencegah punahnya bahasa daerah.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Ayo Berdiskusi
1.     Siswa melakukan diskusi kelompok mengenai bahasa daerah yang digunakan oleh anggota kelompok.
2.     Siswa membuat laporan tertulis dari hasil diskusi.
3.     Guru membimbing siswa untuk menemukan kata-kata dari bahasa daerah untuk memperkaya perbendaharaan kata siswa.

Ayo Membaca
1.     Siswa  membaca teks bacaan tentang bahasa daerah di Indonesia yang terancam punah.
 Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi dengan teman sebangku mengenai ide pokok dan informasi baru yang terdapat dalam bacaan.
2.     Siswa membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk tabel.
3.     Guru menyampaikan pesan kepada siswa agar selalu menjaga kelestarian bahasa daerah.  Salah satu caranya, dengan menggunakan bahasa daerah dalam percakapan sehari-hari.
4.     Guru mengajak siswa bertanya jawab mengenai macam-macam bahasa daerah.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa membaca teks pada Buku Siswa tentang ragam bahasa daerah di Indonesia. Siswa tidak harus menghafal seluruh ragam bahasa daerah, tetapi sebaiknya siswa mengetahui ragam bahasa daerah yang digunakan di daerah tempat tinggalnya.
2.     Guru memberikan kesempatan kepada siswauntuk menyampaikan bahasa daerah di Indonesia yang belum dibahas dalam teks.       
Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi kelompok mengenai kegiatan yang dapat mencegah punahnya bahasa daerah.
2.     Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas secara bergantian.
3.     Guru menyampaikan pesan bahwa tindakan nyata untuk melestarikan bahasa daerah perlu dilakukan setiap siswa.
Tugas
1.     Guru meminta siswa menuliskan sebuah cerita rakyat menggunakan bahasa daerah.
150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Lingkungan.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Berdiskusi mengenai bahasa daerah yang digunakan siswa.

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPS 3.2 dan 4.2.


2.     Berdiskusi mengenai kegiatan mencegah punahnya bahasa daerah.

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD PPKn 3.4 dan 4.4.

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                  :  PPKn, Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke                 :  5
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.4 


 2.4  
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4  
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4  
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.2  
Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2  
Menyanyikan lagu dengan memerhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

C.    TUJUAN
1.     Setelah mencermati notasi dan syair sebuah lagu, siswa mampu mengetahui tempo serta tinggi rendah nada dalam lagu tersebut dengan tepat.
2.     Setelah permainan alat musik, siswa mampu menyanyikan lagu sesuai dengan nada yang benar dengan percaya diri.
3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi keragaman agama di Indonesia dengan benar.
4.     Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan pengetahuan baru dalam bacaan dengan tepat.


D.    MATERI
1.     Tempo dan tinggi rendah nada dalam sebuah lagu.
2.     Keragaman agama di Indonesia.
3.     Menulis gagasan poko dan pengetahuan baru dalam bacaan.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah




F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Guru mengingatkan kembali mengenai keragaman bahasa dan suku bangsa di Indonesia (misalnya dengan bertanya jawab). Guru tetap menekankan rasa persatuan meskipun kondisi siswa berasal dari berbagai suku.
10 menit
Inti
Ayo Mengamati
1.     Siswa diajak membaca notasi angka/notasi balok dan syair lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”.


Ayo Mencoba
1.     Salah satu siswa memainkan alat musik, misalnya pianika untuk memudahkan siswa menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” sesuai dengan nada yang benar.
2.     Guru mengarahkan siswa tentang tanda-tanda tempo dalam sebuah lagu, ada tanda tempo cepat, tanda tempo sedang, dan tanda tempo lambat.
3.     Guru membimbing siswa menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” sesuai dengan tanda tempo yang sesuai. 

Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks tentang keragaman agama di Indonesia.
2.     Siswa diajak bertanya jawab tentang keragaman agama di Indonesia.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi mengenai tempat ibadah, kitab suci, dan hari besar agama-agama yang ada di Indonesia.
2.     Siswa menuliskan tempat ibadah, kitab suci, dan hari besar agama-agama yang ada di Indonesia dalam sebuah peta pikiran. 
3.     Guru menjelaskan kepada siswa bahwa setiap siswa memiliki hak untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing-masing.
4.     Siswa membaca kembali teks bacaan berjudul “Keragaman Agama di Indonesia.

Tugas
1.     Siswa menuliskan gagasan pokok dan pengetahuan baru dalam bacaan "Keragaman agama di Indonesia".
150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit
G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Lingkungan.
3.     Alat musik.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBdP 3.2 dan 4.2.

2.     Berdiskusi tentang keragaman agama di Indonesia

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD PPKn 3.4 dan 4.4



Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                             :  Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke                 :  6
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.2  
Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2  
Menyanyikan lagu dengan memerhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

C.    TUJUAN
1.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan kata sulit, gagasan pokok dalam setiap paragraf, dan informasi baru dalam teks bacaan dengan benar.
2.     Setelah berlatih, siswa mampu menceritakan cerita rakyat dengan bahasa daerahnya secara bergantian di depan kelas dengan rasa percaya diri.
3.     Setelah mencermati notasi lagu, siswa mampu menyanyikan lagu sesuai dengan nada dan tempo lagu tersebut dengan tepat.

D.    MATERI
1.     Menyebutkan kata sulit, gagasan pokok dalam setiap paragraf.
2.     Menceritakan cerita rakyat.
3.     Menyanyikan lagu sesuai dengan nada dan tempo lagu.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Siswa mencermati teks bacaan tentang karnaval mini di Sintang.

Tugas
1.     Siswa secara mandiri menemukan kata sulit, gagasan pokok dalam setiap paragraf, dan informasi baru dalam teks bacaan.
2.     Beberapa siswa membacakan hasil kegiatan di atas.


Ayo Bercerita
1.     Siswa menceritakan cerita rakyat yang dibuat dengan bahasa daerahnya secara bergantian di depan kelas.
2.     Guru menjelaskan kepada siswa bahwa bahasa daerah juga dapat dipelajari dari berbagai lagu daerah.
3.     Siswa diajak bertanya jawab mengenai nama-nama lagu daerah di Indonesia.
4.     Siswa mengamati tabel lagu daerah di Indonesia yang ada dalam teks pada Buku Siswa.
5.     Siswa tidak harus menghafalkan seluruh judul lagu daerah pada tabel. Siswa dapat hanya menghafalkan judul lagu daerahnya dan daerah terdekat dari tempat tinggalnya.

Ayo Mencoba
1.     Guru meminta beberapa siswa menyanyikan lagu daerah yang dikenal secara bergantian.
2.     Siswa mencermati notasi lagu “Bubuy Bulan” dan “Ampar-Ampar Pisang”.
Ayo Bernyanyi
1.     Siswa menyanyikan lagu “Bubuy Bulan” dan “Ampar-Ampar Pisang”.
150 menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Notasi lagu daerah.


H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Menyanyikan lagu ““Bubuy Bulan” atau “Ampar-Ampar Pisang””

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBdP 3.2 dan 4.2.

·         Rubrik Praktik menyanyikan lagu“Bubuy Bulan” atau “Ampar-Ampar Pisang”.



Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001















Tidak ada komentar :