RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SD 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
(Sub Tema 1)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa
Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.3
|
Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya
otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
|
4.3
|
Mendemonstrasikan manfaat gaya
dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet,
gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
|
C. TUJUAN
1.
Setelah mencermati teks bacaan yang
disajikan, siswa mampu menemukan informasi tentang suku bangsa di Indonesia
dengan benar.
2.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menyebutkan informasi baru mengenai suku bangsa di
Indonesia dengan tepat.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menuliskan kata sulit dalam bacaan dan mampu menjelaskan artinya dengan tepat.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan dan menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan
benar.
5.
Setelah melakukan percobaan, siswa
mampu menjelaskan pengertian gaya dengan tepat.
6.
Setelah melakukan pengamatan dan
diskusi, siswa mampu menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap
benda dengan tepat.
D. MATERI
1. Teks bacaan “Suku Bangsa di Indonesia”.
2. Menulis kata sulit.
3. Menulis pokok piiran dari paragraf.
4. Pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6. Siswa membaca teks dan mengamati gambar pada buku siswa sebagai pembuka
kegiatan pembelajaran.
![]()
7. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan pada Buku Siswa.
8. Siswa menjawab pertanyaaan tersebut untuk menstimulus rasa ingin tahu
siswa tentang topik yang akan dipelajari.
![]() |
10 menit
|
Inti
|
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa membuat daftar kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari
artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku
catatannya.
![]()
Contoh:
·
Slogan artinya kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat.
·
Sensus penduduk adalah penghitungan jumlah penduduk dalam jangka waktu
tertentu oleh pemerintah.
·
Adat artinya aturan atau kebiasaan yang telah dilakukan sejak dahulu.
·
Siswa berdiskusi kelompok untuk melengkapi tabel kata-kata sulit dan
artinya dari teks bacaan pada Buku Siswa. Hasil pekerjaan ini dapat digunakan
untuk bahan tanya jawab antarsiswa.
·
Siswa berdiskusi untuk menemukan pokok pikiran setiap paragraf dalam
bacaan.
Ayo Bercerita
1.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompok
mereka.
![]()
2.
Siswa mengamati gambar beberapa alat transportasi tradisional
menggunakan tenaga hewan dari berbagai daerah di Indonesia.
![]()
3.
Siswa menceritakan alat transportasi tradisional yang pernah ditemui,
baik di daerahnya sendiri maupun dari daerah lain.
4.
Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. Jawaban yang diharapkan
adalah: saat kuda atau kerbau menarik bendi atau pedati, maka bendi atau
pedati akan bergerak (berpindah tempat).
Ayo Mencoba
1.
Siswa melakukan percobaan gaya pada benda-benda di sekitarnya.
2.
Siswa menuliskan hasil percobaan dalam tabel pengamatan.
3.
Catatan: Gaya dapat menyebabkan benda berpindah tempat. Gaya juga dapat
menyebabkan perubahan bentuk benda.
Tugas
·
Siswa menuliskan bentuk-bentuk gaya yang telah dilakukan atau dilihat,
lalu membacakannya di depan kelas.
Ayo Mengamati
1.
Siswa mengamati gambar pada Buku Siswa, lalu menentukan macam gaya yang
bekerja beserta pengaruhnya terhadap benda.
![]()
2.
Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut.
·
Mobil pada gambar dapat bergerak karena didorong menggunakan kekuatan
otot.
·
Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik.
·
Jarum dapat menempel karena tarikan gaya magnet.
·
Buah jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi.
·
Lemari mudah digeser dengan bantuan keset/kain yang diletakkan di bawah
lemari.
3.
Siswa mengamati gambar-gambar kegiatan yang menggunakan gaya
otot.Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruh gaya
otot terhadap benda.
Ayo Berdiskusi
(Jawaban yang diharapkan:
1.
Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot makhluk hidup, baik
manusia atau hewan.
2.
Pengaruh gaya otot terhadap benda: benda berpindah tempat atau berubah
bentuk).
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks tentang seni gerabah di Indonesia.
2.
Dengan berdiskusi kelompok, siswa mampu menuliskan informasi-informasi
baru dalam teks. Siswa menuliskan dengan ejaan yang tepat dan penggunaan
tanda baca yang benar.
![]() |
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Buku bacaan tentang suku bangsa di Indonesia.
3. Gambar-gambar yang berhubungan dengan gaya.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Menuliskan kata sulit dan pokok pikiran dalam setiap paragraf teks
bacaan.
Bentuk Penilaian: Nontes
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7

2. Melakukan pengamatan dan berdiskusi tentang macam-macam gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.3 dan 4.3.

Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
(Sub Tema 1)
Muatan
Terpadu : IPA, Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.3
|
Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya
otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
|
4.3
|
Mendemonstrasikan manfaat gaya
dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet,
gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
|
Muatan : Bahasa
Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
|
4.2
|
Menyanyikan
lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
|
C. TUJUAN
1.
Setelah menyanyikan lagu “Apuse”,
siswa mampu menemukan naik turunnya nada pada lagu “Apuse” dengan tepat.
2.
Setelah berlatih, siswa mampu
menyanyikan lagu “Apuse” sesuai dengan naik turunnya nada pada lagu “Apuse”
dengan percaya diri.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
mengenal contoh-contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari dengan
benar.
4.
Setelah membaca kembali teks “Suku
Bangsa di Indonesia”, siswa mampu menuliskan pengetahuan yang sudah
diketahui dan pengetahuan yang baru diperoleh dari bacaan dengan tepat.
D. MATERI
1. Lagu “Apuse”.
2. Contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari.
3. Membaca teks “Suku Bangsa di Indonesia”
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Mengamati
1.
Siswa mencermati not dan syair lagu “Apuse”.
![]()
2.
Guru memberi contoh menyanyikan lagu
“Apuse”.
Ayo Bernyanyi
1.
Siswa menyanyikan lagu “Apuse”
bersama dengan teman-temannya
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa berdiskusi mengenai naik turunnya nada pada lagu “Apuse”.
2.
Diskusi dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil. Selanjutnya,
tiap-tiap kelompok membacakan hasil diskusinya untuk dibandingkan dengan
hasil diskusi kelompok-kelompok lain.
Ayo Bercerita
1.
Siswa menceritakan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian.
![]()
2.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang menggunakan
gaya otot.
Ayo Mencoba
1.
Siswa melakukan percobaan yang melibatkan gaya otot.
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh pemanfaatan gaya otot
dalam kehidupan sehari-hari.
![]()
2.
Siswa membaca kembali teks “Suku Bangsa di Indonesia”. Selanjutnya
siswa menuliskan pengetahuan yang sudah diketahui dan pengetahuan yang baru
diperoleh dari bacaan.
![]() ![]() |
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman
Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Notasi angka dan syair lagu“Apuse”.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Rubrik Praktik menyanyikan lagu “Apuse”.
SBdP KD 3.2 dan 4.2.

Catatan
Guru
1.
Masalah :……….
2.
Ide Baru :………..
3.
Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD Negeri 7 Jarai
Kelas
/ Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub
Tema :
Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPKn, Bahasa Indonesia, IPS
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi
waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : PPKn
No
|
Kompetensi
Dasar
|
1.4
2.4
|
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk
keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
|
3.4
|
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
|
4.4
|
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.7
|
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke
dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan : IPS
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.2
|
Mengidentifikasi
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
|
4.2
|
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian
sumber daya alam di lingkungannya.
|
C.
TUJUAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi
keragaman bahasa daerah di Indonesia dengan benar.
2. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan ide pokok dan informasi baru dari teks bacaan
tersebut dengan tepat.
3. Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu menyebutkan
kegiatan yang dapat mencegah punahnya bahasa daerah dengan benar.
D. MATERI
1.
Keragaman bahasa daerah di Indonesia.
2.
Menyebutkan ide pokok dan informasi
baru dari teks bacaan.
3.
Kegiatan yang dapat mencegah punahnya bahasa daerah.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa melakukan diskusi kelompok mengenai
bahasa daerah yang digunakan oleh anggota kelompok.
![]()
2.
Siswa membuat laporan tertulis dari hasil
diskusi.
3.
Guru membimbing siswa untuk menemukan kata-kata
dari bahasa daerah untuk memperkaya perbendaharaan kata siswa.
Ayo Membaca
1.
Siswa
membaca teks bacaan tentang bahasa daerah di Indonesia yang terancam
punah.
![]()
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku mengenai ide pokok dan
informasi baru yang terdapat dalam bacaan.
2.
Siswa membuat laporan hasil diskusi dalam
bentuk tabel.
3.
Guru menyampaikan pesan kepada siswa agar
selalu menjaga kelestarian bahasa daerah.
Salah satu caranya, dengan menggunakan bahasa daerah dalam percakapan
sehari-hari.
![]()
4.
Guru mengajak siswa bertanya jawab mengenai
macam-macam bahasa daerah.
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa membaca teks pada Buku Siswa tentang
ragam bahasa daerah di Indonesia. Siswa tidak harus menghafal seluruh ragam
bahasa daerah, tetapi sebaiknya siswa mengetahui ragam bahasa daerah yang
digunakan di daerah tempat tinggalnya.
![]()
2.
Guru memberikan kesempatan kepada siswauntuk
menyampaikan bahasa daerah di Indonesia yang belum dibahas dalam teks.
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa berdiskusi kelompok mengenai kegiatan
yang dapat mencegah punahnya bahasa daerah.
2.
Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas
secara bergantian.
3.
Guru menyampaikan pesan bahwa tindakan nyata
untuk melestarikan bahasa daerah perlu dilakukan setiap siswa.
Tugas
1.
Guru meminta siswa menuliskan sebuah cerita
rakyat menggunakan bahasa daerah.
![]() |
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a
penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
2.
Lingkungan.
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Berdiskusi mengenai bahasa daerah yang
digunakan siswa.
Bentuk
Penilaian: Kinerja
Instrumen
Penilaian: Rubrik
KD IPS 3.2 dan 4.2.

2. Berdiskusi mengenai kegiatan mencegah punahnya
bahasa daerah.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian:
Rubrik
KD PPKn 3.4 dan 4.4.

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
(Sub Tema 1)
Muatan
Terpadu : PPKn, Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran
ke : 5
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : PPKn
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.4
2.4
|
Mensyukuri
berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
Menampilkan
sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan
budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
|
3.4
|
Mengidentifikasi
berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan.
|
4.4
|
Menyajikan
berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan.
|
Muatan : Bahasa
Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
|
4.2
|
Menyanyikan
lagu dengan memerhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
|
C. TUJUAN
1.
Setelah mencermati notasi dan syair
sebuah lagu, siswa mampu mengetahui tempo serta tinggi rendah nada dalam lagu
tersebut dengan tepat.
2.
Setelah permainan alat musik, siswa
mampu menyanyikan lagu sesuai dengan nada yang benar dengan percaya diri.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
mengidentifikasi keragaman agama di Indonesia dengan benar.
4.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menuliskan gagasan pokok dan pengetahuan baru dalam bacaan dengan tepat.
D. MATERI
1. Tempo dan tinggi rendah nada dalam sebuah lagu.
2. Keragaman agama di Indonesia.
3. Menulis gagasan poko dan pengetahuan baru dalam
bacaan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6. Guru mengingatkan kembali mengenai keragaman bahasa dan suku bangsa di
Indonesia (misalnya dengan bertanya jawab). Guru tetap menekankan rasa
persatuan meskipun kondisi siswa berasal dari berbagai suku.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Mengamati
1.
Siswa diajak membaca notasi angka/notasi balok dan syair lagu “Satu
Nusa Satu Bangsa”.
![]()
Ayo Mencoba
1.
Salah satu siswa memainkan alat musik, misalnya pianika untuk
memudahkan siswa menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” sesuai dengan nada
yang benar.
2.
Guru mengarahkan siswa tentang tanda-tanda tempo dalam sebuah lagu, ada
tanda tempo cepat, tanda tempo sedang, dan tanda tempo lambat.
3.
Guru membimbing siswa menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” sesuai
dengan tanda tempo yang sesuai.
![]()
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks tentang keragaman agama di Indonesia.
2.
Siswa diajak bertanya jawab tentang keragaman agama di Indonesia.
![]()
Ayo Berdiskusi
1.
Siswa berdiskusi mengenai tempat ibadah, kitab suci, dan hari besar
agama-agama yang ada di Indonesia.
2.
Siswa menuliskan tempat ibadah, kitab suci, dan hari besar agama-agama
yang ada di Indonesia dalam sebuah peta pikiran.
3.
Guru menjelaskan kepada siswa bahwa setiap siswa memiliki hak untuk
menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing-masing.
4.
Siswa membaca kembali teks bacaan berjudul “Keragaman Agama di
Indonesia.
Tugas
1.
Siswa menuliskan gagasan pokok dan pengetahuan baru dalam bacaan
"Keragaman agama di Indonesia".
![]() |
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Lingkungan.
3. Alat musik.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBdP 3.2 dan 4.2.

2. Berdiskusi tentang keragaman agama di Indonesia
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD PPKn 3.4 dan 4.4


Catatan
Guru
1.
Masalah :……….
2.
Ide Baru :………..
3.
Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Indahnya
Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
(Sub Tema 1)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran
ke : 6
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa
Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
|
4.2
|
Menyanyikan
lagu dengan memerhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
|
C. TUJUAN
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menyebutkan kata sulit, gagasan pokok dalam setiap paragraf, dan informasi baru
dalam teks bacaan dengan benar.
2.
Setelah berlatih, siswa mampu
menceritakan cerita rakyat dengan bahasa daerahnya secara bergantian di depan
kelas dengan rasa percaya diri.
3.
Setelah mencermati notasi lagu, siswa
mampu menyanyikan lagu sesuai dengan nada dan tempo lagu tersebut dengan tepat.
D. MATERI
1. Menyebutkan kata sulit, gagasan pokok dalam setiap
paragraf.
2. Menceritakan cerita rakyat.
3. Menyanyikan lagu sesuai dengan nada dan tempo lagu.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Membaca
1.
Siswa mencermati teks bacaan tentang karnaval mini di Sintang.
![]()
Tugas
1.
Siswa secara mandiri menemukan kata sulit, gagasan pokok dalam setiap
paragraf, dan informasi baru dalam teks bacaan.
2.
Beberapa siswa membacakan hasil kegiatan di atas.
![]()
Ayo Bercerita
1.
Siswa menceritakan cerita rakyat yang dibuat dengan bahasa daerahnya
secara bergantian di depan kelas.
![]()
2.
Guru menjelaskan kepada siswa bahwa bahasa daerah juga dapat dipelajari
dari berbagai lagu daerah.
3.
Siswa diajak bertanya jawab mengenai nama-nama lagu daerah di
Indonesia.
4.
Siswa mengamati tabel lagu daerah di Indonesia yang ada dalam teks pada
Buku Siswa.
5.
Siswa tidak harus menghafalkan seluruh judul lagu daerah pada tabel.
Siswa dapat hanya menghafalkan judul lagu daerahnya dan daerah terdekat dari
tempat tinggalnya.
Ayo Mencoba
1.
Guru meminta beberapa siswa menyanyikan lagu daerah yang dikenal secara
bergantian.
2.
Siswa mencermati notasi lagu “Bubuy Bulan” dan “Ampar-Ampar Pisang”.
![]()
Ayo Bernyanyi
1.
Siswa menyanyikan lagu “Bubuy Bulan” dan “Ampar-Ampar Pisang”.
![]() |
150 menit
|
|
||
Penutup
|
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Notasi lagu daerah.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Menyanyikan lagu ““Bubuy Bulan” atau “Ampar-Ampar
Pisang””
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBdP 3.2 dan 4.2.
·
Rubrik
Praktik menyanyikan lagu“Bubuy Bulan” atau “Ampar-Ampar Pisang”.

Catatan
Guru
1.
Masalah :……….
2.
Ide Baru :………..
3.
Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar