Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 26 Januari 2019

RPP KELAS 4 TEMA 7 SUB TEMA 3 PEMEBLAJARAN 1-6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan        :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester           :  4 /2
Tema                            :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                     :  Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke            :  1
Alokasi waktu                :  1 hari

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : IPA
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3  
Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan

C.    TUJUAN
1.     Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menuliskan kata sulit dan artinya dari teks bacaan dengan cermat.
2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan rinci.
3.     Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya magnet dengan tepat.
4.     Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya gravitasi dengan tepat.

D.    MATERI
  1. Menuliskan kata sulit dan artinya dari teks bacaan.
  2. Menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan.
  3. Gaya magnet.
  4. Gaya gravitasi.
E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan            : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                    : Example Non Example
Metode                  : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Siswa membaca teks berjudul ”Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”.
10 menit
Inti
Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi membuat daftar kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya.
2.     Siswa berdiskusi untuk menentukan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan.
3.     Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompok mereka.
4.     Guru membimbing agar adanya perbedaan pendapat antarkelompok siswa dapat memperkaya wawasan siswa.


Ayo Mencoba
1.     Siswa melakukan percobaan untuk mengamati benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet.

2.     Siswa melanjutkan percobaan untuk mengetahui interaksi dua buah magnet.


Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan hasil percobaan.
2.     Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan percobaan berdasarkan data hasil pengamatan.
3.     Guru menjelaskan cara kerja alat yang menggunakan magnet, misalnya kompas.

Ayo Mencoba
1.     Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan adanya gaya gravitasi.
2.     Siswa berdiskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan yang telah dilakukan.
3.     Siswa diajak bertanya jawab untuk mengetahui manfaat dari gaya magnet dan gaya gravitasi.
150
menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit


G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Uang logam.
  3. Magnet.
  4. Benda-benda dari bahan logam dan bukan logam.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Berdiskusi menemukan kata sulit dan artinya serta pokok pikiran setiap paragraf teks bacaan
Bentuk Penilaian: Nontes
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.

2.     Melakukan percobaan tentang gaya magnet dan percobaan tentang gaya gravitasi
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.3 dan 4.3.



Catatan Guru
1. Masalah                                :……….
2. Ide Baru                    :………..
3. Momen Spesial         :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan        : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester           :  4 /2
Tema                            :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                     :  Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, SBdP
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu                :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : IPA
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3  
Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.4   
Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
4.4 
Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.

C.    TUJUAN
1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perbedaan dari teknik montase, kolase, mozaik, dan aplikasi dengan benar.
2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks bacaan dengan terperinci.
3.     Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek dengan tepat.
4.     Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

D.    MATERI
  1. Perbedaan teknik montase, kolase, mozaik, dan aplikasi.
  2. Menuliskan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks bacaan.
  3. Hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek.
  4. Manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan            : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                    : Example Non Example
Metode                  : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang keragaman seni rupa yang diketahui.
10 menit
Inti
Ayo Mengamati
1.     Siswa mengamati dengan cermat gambar-gambar hasil karya seni montase, kolase, mozaik, dan aplikasi  pada Buku Siswa. Dalam pengamatan ini siswa diarahkan untuk memperkirakan teknik pembuatan setiap jenis karya pada gambar.
2.     Dari hasil pengamatan gambar, siswa berdiskusi tentang perbedaan dari keempat jenis seni tersebut.
3.     Selesai berdiskusi, siswa membuat laporan tertulis dan membacakannya di depan kelas secara bergantian.
4.     Siswa membaca teks berjudul “Percantik Dekorasi Ruang dengan Seni mozaik”.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi tentang pengetahuan baru yang diperoleh dari teks bacaan. Selanjutnya, siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas.
2.     Siswa diajak bertanya jawab mengenai jenis-jenis permukaan benda. Jawaban yang diharapkan yaitu ada dua macam permukaan benda, yaitu bertekstur kasar dan bertekstur halus.
3.     Siswa melakukan percobaan hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek
4.     Siswa menuliskan hasil percobaan dan menyimpulkannya dalam bentuk laporan.
5.       Siswa berdiskusi kelompok untuk mengetahui manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut.
·         Benda dapat mudah dipegang karena adanya gaya gesek.
·         Ban mobil dibuat dari bahan karet dan permukaannya beralur-alur agar tidak tergelincir.
·         Rem digunakan untuk menghentikan sepeda atau kendaraan bermotor.
·         Ampelas digosokkan ke permukaan kayu agar halus.
·         Gergaji digosok-gosokkan pada kayu agar terpotong.
150
menit

Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Gambar berbagai karya seni.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Rubrik berdiskusi tentang karya seni rupa jenis tempel
SBdP KD 3.4 dan 4.4.

2.     Praktik tentang hubungan antara tekstur permukaan dan gaya gesek
IPA KD 3.3 dan 4.3.




Catatan Guru
1. Masalah                    :……….
2. Ide Baru                    :………..
3. Momen Spesial         :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan        : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester           :  4 /2
Tema                            :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                     :  Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran ke            :  3
Alokasi waktu                :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.4



 2.4   
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4  
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4  
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Muatan : IPS
No
Kompetensi Dasar
3.2  
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2  
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

C.    TUJUAN
1.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan keragaman ekonomi di Indonesia dengan benar.
2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pengetahuan baru yang dapat diperoleh dari teks bacaan dengan tepat. 
3.     Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan arti penting memahami keragaman ekonomi dalam masyarakat Indonesia dengan tepat.
4.     Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan informasi-informasi penting yang termuat dalam teks dengan terperinci.

D.    MATERI
  1. Keragaman ekonomi di Indonesia.
  2. Menjelaskan pengetahuan baru yang dapat diperoleh dari teks bacaan.
E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan            : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                    : Example Non Example
Metode                  : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Siswa bertanya jawab tentang keragaman ekonomi dan keragaman masyarakat diIndonesia.
7.     Guru memberikan contoh keragaman aktivitas ekonomi yang telah diketahui.
10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Untuk memperluas wawasan, siswa membaca teks tentang keragaman ekonomi pada bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan di Indonesia.

Tugas
1.     Siswa berdiskusi mengenai pengetahuan baru yang dapat diperoleh dari teks bacaan.
2.     Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelompok lain.
3.     Guru mengajak siswa bertanya jawab mengenai pekerjaan orang tua mereka. Guru menjelaskan beberapa aktivitas ekonomi yang berhubungan dengan pekerjaan yang disebutkan. Sebagai contoh aktivitas ekonomi di bidang peternakan berhubungan dengan pekerjaan sebagai peternak sapi, peternak ayam, pemasok pakan, dan sebagainya.
4.     Siswa diarahkan untuk memahami bahwkeragaman ekonomi dapat dilihat di antara keluarga siswa satu kelas. Ada keluarga yang memiliki aktivitas sama, tetapi ada yang berbeda. Meskipun berbeda, siswa diharapkan tetap dapat menjaga kesatuan di antara siswa.

Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks mengenai arti penting memahami keragaman ekonomi dalam masyarakat Indonesia.
2.     Siswa menuliskan informasi-informasi penting yang termuat dalam teks. Selanjutnya, siswa membacakannya di depan guru dan teman-temannya.

150
menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit


G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
  4. Video/slide.
  5. Gambar berbagai karya seni.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Menjelaskan informasi baru dalam teks bacaan
Bentuk Penilaian: Nontes (Menjelaskan Informasi)
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7

Catatan Guru
1. Masalah                    :……….
2. Ide Baru                    :………..
3. Momen Spesial         :………….


Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan        :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester           :  4 /2
Tema                            :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                     :  Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu                :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.4



 2.4   
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4  
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4  
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Muatan : IPS
No
Kompetensi Dasar
3.2  
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2  
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

C.    TUJUAN
1.     Setelah mencermati teks, siswa mampu menuliskan informasi-informasi penting dalam teks tersebut dengan benar.
2.     Setelah berdiskusi kelas, siswa mampu menyebutkan aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap keluarga siswa dengan benar.
3.     Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan sikap toleransi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah dengan tepat.
4.     Setelah motivasi dari diri sendiri, siswa mampu menerapkan sikap toleransi di sekolah dengan tepat.

D.    MATERI
1.     Menuliskan informasi-informasi penting dalam teks.
2.     Aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap keluarga siswa.
3.     Sikap toleransi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                  : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Dengan bertanya jawab, guru mengingatkan kembali mengenai empat macam aktivitas ekonomi yang telah dipelajari di Pembelajaran 3, yaitu di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan.

10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Siswa mencermati teks bacaan mengenai aktivitas ekonomi di bidang pertambangan, perdagangan, industri, dan jasa.
2.     Siswa menuliskan informasi-informasi penting dalam teks.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa melakukan diskusi kelas untuk membahas aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap keluarga siswa.
2.     Siswa membuat laporan tertulis dari hasil diskusi.
3.     Diskusi kelas ini berguna untuk memperkaya wawasan siswa tentang aktivitas ekonomi yang ada di sekitar mereka.

Ayo Membaca
1.     Guru mengarahkan siswa untuk mengenal sikap toleransi.
2.     Siswa diajak bertanya jawab  tentang manfaat toleransi dalam masyarakat.
3.     Siswa mencermati teks” Sikap Toleransi terhadap Keragaman”  tentang bentuk sikap toleransi terhadap Keragaman suku, budaya, agama, ras, dan gender.
4.     Siswa menuliskan informasi baru dari teks yang telah dibaca.

Ayo Berdiskusi
1.     Siswa berdiskusi kelompok mengenai sikap toleransi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah.
2.     Seorang wakil siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas.
3.     Guru berpesan kepada siswa untuk mengembangkan sikap toleransi seperti yang telah dibahas dalam diskusi.
4.     Guru menekankan bahwa sikap toleransi dapat menjaga persatuan dan kesatuan siswa di sekolah.
150
menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
3.     Video/slide.
4.     Teks bacaan.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Berdiskusi mengenai aktivitas ekonomi yang dilakukan keluarga siswa

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPS 3.2 dan 4.2.

2.     Berdiskusi mengenai sikap toleransi yang dapat dilakukan di sekolah

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD PPKn 3.4 dan 4.4.


Catatan Guru
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan        : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester           :  4 /2
Tema                            :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                     :  Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke            :  5
Alokasi waktu                :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.4



 2.4   
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4  
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4  
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.4   
Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
4.4  
Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.

C.    TUJUAN
1.     Setelah kerja kelompok, siswa dapat membuat karya seni montase dan kolase dengan serasi.
2.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan perlunya bersikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan  informasi penting dari teks bacaan tersebut kemudian ditulis dalam sebuah peta konsep dengan benar.

D.    MATERI
  1. Karya seni montase dan kolase.
  2. Perlunya bersikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menjelaskan  informasi penting dari teks bacaan.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan            : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                    : Example Non Example
Metode                  : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Guru mengingatkan kembali tentang pengertian dan langkah-langkah membuat karya  seni montase dan kolase. Siswa diberi pertanyaan agar dapat membedakan kedua jenis seni tersebut.

10 menit
Inti
Ayo Mencoba
1.     Siswa secara berkelompok membuat salah satu karya seni montase atau kolase.
2.     Setelah selesai membuat seni montase dan kolase, siswa maju ke depan kelas sambil menunjukkan hasil karya mereka. Siswa lain diminta memberikan komentar dan masukan atas karya yang ditunjukkan.
3.     Siswa membaca teks tentang sikap toleransi.
4.     Siswa diajak bertanya jawab tentang perlunya bersikap toleransi.


Ayo Berdiskusi
1.     Siswa secara berkelompok berdiskusi mengumpulkan informasi penting dalam teks yang dibaca.
2.     Kumpulan informasi kemudian disusun dan ditulis dalam sebuah peta.


150
menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Lingkungan.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Membuat montase
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBdP 3.4 dan 4.4.

2.     Membuat kolase

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBdP 3.4 dan 4.4.

Catatan Guru
1. Masalah                    :……….
2. Ide Baru                    :………..
3. Momen Spesial         :………….


Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan        :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester           :  4 /2
Tema                            :  Indahnya Keragaman di Negeriku (Tema 7)
Sub Tema                     :  Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke            :  6
Alokasi waktu                :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.7  
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7  
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.4   
Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
4.4  
Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.

C.    TUJUAN
1.     Setelah kerja kelompok, siswa mampu membuat karya seni mozaik dan aplikasi dengan baik.
2.     Setelah berdiskusi siswa mampu membuat laporan tertulis dengan benar.
3.     Setelah mencermati teks, siswa mampu menuliskan kata sulit beserta artinya, gagasan pokok dalam setiap paragraf, dan menyusun informasi penting dari teks bacaan dengan benar.

D.    MATERI
  1. Membuat karya seni mozaik dan aplikasi dengan baik.
  2. Membuat laporan tertulis.
  3. Menuliskan kata sulit beserta artinya, gagasan pokok dalam setiap paragraf, dan menyusun informasi penting dari teks bacaan.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan            : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                    : Example Non Example
Metode                  : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Siswa diajak bertanya jawab untuk mengingatkan kembali tentang seni mozaik dan aplikasi. Siswa diharapkan dapat menyebutkan perbedaan kedua jenis seni tersebut.
10 menit
Inti
Ayo Mencoba
1.     Siswa secara berkelompok membuat salah satu dari karya seni mozaik atau aplikasi.
2.     Setelah selesai membuat seni mozaik dan aplikasi, siswa maju ke depan kelas sambil menunjukkan hasil karya mereka. Siswa lain memberikan apresiasi dan masukan atas karya yang ditunjukkan.

Tugas
1.     Siswa membaca teks yang berjudul “Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia”.
2.     Siswa secara berkelompok berdiskusi untuk mencari arti kata-kata sulit dalam teks bacaan.
3.     Selanjutnya siswa juga berdiskusi tentang gagasan pokok dari setiap paragraf dan mengumpulkan informasi penting dalam teks yang dibaca.
4.     Siswa menyusun semua hasil diskusi dalam sebuah laporan tertulis dan dikumpulkan kepada guru.

150
menit















Penutup
Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2.  
  3. Alat dan bahan untuk membuat mozaik dan aplikasi.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Membuat Mozaik

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBdP 3.4 dan 4.4.



2.     Membuat Kolase

Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBdP 3.4 dan 4.4.



Catatan Guru
1. Masalah                                :……….
2. Ide Baru                    :………..
3. Momen Spesial         :………….


Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001












Tidak ada komentar :