RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas
/ Semester : 4 /2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub
Tema :
Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi
waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.6
|
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara
lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
4.6
|
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
|
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.2
|
Membandingkan siklus hidup
beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
|
4.2
|
Membuat skema siklus hidup
beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan
upaya pelestariannya.
|
C.
TUJUAN
1. Melalui kegiatan mengamati teks puisi dan menjawab
pertanyaan yang terkait dengan puisi, siswa dapat menjelaskan cara membuat
puisi dengan benar.
2. Melalui kegiatan mengamati contoh-contoh puisi, siswa
dapat membuat puisi secara mandiri dengan baik.
3. Dengan mengamati daur hidup dua makhluk hidup yang
berbeda siswa dapat membandingkan dua daur hidup binatang dengan cermat.
4. Dengan membandingkan siklus hidup mahluk hidup yang
berbeda siswa dapat melaporkannya dengan tepat.
D. MATERI
1.
Cara membuat puisi
2.
Daur hidup makhluk hidup.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Membaca
1.
Siswa mencermati dan membaca teks bacaan yang disajikan
di Buku Siswa, bacaan ini mengenai kisah seorang guru yang mengajar siswa berkebutuhan khusus.
Guru memberikan inspirasi kepada siswa tentang makna dari bacaan
tersebut dan mengaitkannya dengan
judul tema (Cita-Cita).
![]()
2.
Guru menegaskan bahwa setiap anak pasti
memiliki cita-cita yang baik, dan semua cita-cita adalah hebat. Guru
memberikan inspirasi kepada siswa untuk terus berusaha menggapai cita-cita
yang mereka miliki.
3.
Siswa mencermati puisi dan membaca puisi
tersebut. Guru membimbing diskusi untuk membaca makna dari teks puisi
tersebut. Siswa mengingat kembali ciri-ciri puisi yang sudah dipelajari
sebelumnya dan mencocokkan ciri-ciri tersebut dengan puisi yang disajikan di
Buku Siswa.
![]()
Ayo Berlatih
1.
Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan di Buku
Siswa untuk memahami lebih rinci tentang puisi yang dibacanya.
![]()
2.
Guru menjelaskan bahwa dalam puisi ditemukan
beberapa hal pokok yang menjadi dasar/patokan dalam menulis puisi.
3.
Puisi selalu memiliki judul dan tema, puisi
juga menunjukkan ciri-ciri yang tidak dimiliki oleh jenis tulisan/bacaan yang
lain.
4.
Siswa mengekspresikan pemahamannya tentang
makna puisi yang dibacanya melalui sebuah gambar.
5.
Siswa mencari satu atau dua contoh puisi dari
Koran, majalah atau buku-buku. Siswa menulis kembali puisi yang ditemukannya
ke dalam buku catatan mereka. Siswa
mengamati dan mempelajari puisi-puisi tersebut dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan dari Buku Siswa.
![]()
6.
Dari hasil pengamatan tersebut, siswa
menuliskan kesimpulan tentang hasil pengamatannya.
7.
Kegiatan ini ditujukan untuk mengukur
pencapaian KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6.
Ayo Berlatih
1.
Siswa bersama dengan guru membaca teks dan
mencermati gambar yang disajikan di Buku Siswa, guru menggunakan topik
bahasan tentang dokter hewan sebagai jembatan untuk membahas tentang hewan
dan daur hidur yang dilaluinya.
![]()
2.
Guru memperkenalkan istilah metamorfosis dan
menjelaskan makna kata tersebut. Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa
dengan memberikan beberapa pertanyaan pancingan: Apakah anak ayam bentuknya
berbeda dengan induknya? Bagaimana dengan kupu-kupu? Apa yang membuatnya
berbeda?
3.
Siswa diminta untuk membaca dengan saksama
keterangan tentang daur hidup beberapa hewan.
Siswa memgamati gambar yang disediakan pada bacaan dengan
saksama. Siswa juga dapat memberikan
keterangan yang sesuai dengan bacaan pada gambar daur hidup hewan yang
sesuai.
Ayo Mencoba
1.
Siswa bekerja dalam kelompok yang terdiri dari
paling sedikit tiga orang. Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk mencari
informasi tentang daur hidup dua ekor hewan yang berbeda (sesuai dengan
penugasan yang diberikan di tiap kelompok).
![]()
2.
Siswa mencatat semua informasi yang mereka
peroleh dalam diagram yang disediakan (gambar hewan, gambar daur hidup,
penjelasan tentang daur hidup dan jenis daur hidupnya)
3.
Siswa mempresentasikan hasil pencarian
informasi dan diskusi kelompoknya di depan kelas, dan menempelkan diagram
dari kelompoknya di dinding kelas. Dalam kelas akan diperoleh banyak informasi
tentang daur hidup berbagai macam hewan.
4.
Siswa bersama dengan kelompoknya melengkapi
tabel tentang perbedaan daur hidup hewan. Siswa menggunakan informasi yang
diperolehnya sebagai bahan untuk dibandingkan. Siswa menuliskan perbedaan dan
persamaan dari kedua daur hidup hewan.
![]()
5.
Siswa mengamati hasil dari kelompok lain dan
mengklasifikasikan jenis hewan berdasarkan jenis daur hidupnya (sempurna atau
tidak sempurna).
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
·
Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·
Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·
Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari
ini?
·
Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka
pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan
pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang
sudah dipelajari.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang
hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan
komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang
dirancang
B. Kerja Sama dengan Orang Tua
·
Bersama dengan orang tua di rumah, siswa mencari contoh-contoh hewan yang
hidup di sekitar tempat tinggalnya dan menentukan jenis daur hidupnya.
C. Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
2.
Gambar metamorfosis.
3.
Teks puisi.
4.
Majalah atau Koran anak.
5.
Lingkungan sekitar.
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Puisi yang
Dibaca
Bentuk penilaian: Tertulis
Instrumen Penilaian: Kunci jawaban
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian:
Mengukur pemahaman siswa tentang puisi
Kunci jawaban:
1.
CIta-Citaku
2. M.
Ridwan Hafidz
3.
Cita-Cita menjadi seorang dokter
4. Dalam puisi terdapat baris dan larik, rima
nya teratur
2. Mencari Informasi Tentang
Daur Hidup Hewan dan Menyajikannya dalam Bentuk Diagram
Bentuk penilaian:
Penugasan
Instrumen Penilaian:
Rubrik
KD IPA 3.2 dan 4.2
Tujuan Kegiatan
Penilaian: Mengukur pemahaman siswa
dalam membandingkan siklus hidup dua hewan yang berbeda dan melaporkan hasil
perbandingan tersebut dalam bentuk laporan.

Catatan Guru
1.
Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen
Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan :
SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester : 4 /2
Tema
: Cita-citaku (Tema 6)
Sub
Tema :
Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, SBdP, IPA
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu
: 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.6
|
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara
lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
4.6
|
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.3
|
Mengetahui gerak tari
kreasi daerah.
|
4.3
|
Meragakan gerak tari
kreasi daerah.
|
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.2
|
Membandingkan siklus hidup
beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
|
4.2
|
Membuat skema siklus hidup
beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan
upaya pelestariannya.
|
C.
TUJUAN
1. Melalui kegiatan membaca puisi “Penari” dan menjawab
pertanyaan berkaitan dengan puisi tersebut, siswa dapat menjelaskan cara
membuat puisi dengan benar.
2. Melalui kegiatan mencari informasi tentang beberapa
gerakan tari daerah, siswa dapat mengetahui dan menjelaskan gerak tari kreasi
daerah dengan rinci.
3. Melalui kegiatan mengikuti gerakan tari daerah, siswa
dapat mempraktikkan gerakan tari kreasi daerah dengan percaya diri.
4. Melalui kegiatan membaca teks “Manfaat Makhuk Hidup di
Sekitar Kita”, dan membuat peta pikiran dari bacaan tersebut, siswa dapat
menjelaskan manfaat makhluk hidup bagi
lingkungan sekitar dengan benar.
5. Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa
membuat laporan hasil pengamatan tentang manfaat makhluk hidup dengan benar.
D. MATERI
1.
Cara membuat puisi.
2.
Gerak tari kreasi daerah.
3.
Peta pikiran.
4.
Manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks yang berjudul “Kisah Seorang
Penari Gandrung Banyuwangi”. Cerita ini digunakan oleh guru untuk memberikan
gambaran tentang macam-macam kegiatan profesi, dan nilai- nilai apa yang
terkandung dalam profesi tersebut. Guru menggunakan cerita ini untuk
menginspirasi siswa tentang usaha yang harus dilakukan seseorang untuk
mencapai cita-citanya.
![]()
2.
Cerita ini juga digunakan sebagai penghubung
kegiatan pembelajaran berikutnya tentang seni tari daerah.
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks puisi yang berjudul Puisi
Penari, siswa mencermati teks puisi
tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan puisi
tersebut. Selain menjawab pertanyaan yang disediakan, siswajuga mengidentifikasikan ciri-ciri puisi yang
dibacanya.
![]()
2.
Guru memberikan penjelasan lebih rinci tentang
puisi tersebut, bahwa puisi memiliki makna dan ciri yang membedakannya dengan
jenis tulisan lain. Kegiatan ini dtujukan untuk memberikan pemahaman kepada
siswa tentang puisi dan bagaimana sebuah puisi dibuat. (Bahasa Indonesia KD
3.6 dan 4.6)
![]()
Ayo Mengamati
1.
Siswa mengamati gambar berbagai jenis tarian
daerah seperti yang disajikan di Buku Siswa, guru memberikan beberapa
pertanyaan yang memancing rasa ingin tahu siswa tentang seni tari daerah.
![]()
2.
Guru dapat menyediakan gambar jenis tarian
daerah yang sesuai dengan kondisi/ budaya daerah setempat atau bahkan
bercerita tentang makna tari daerah setempat untuk menumbuhkan rasa ingin
tahu dan ketertarikan siswa terhadap seni tari daerah.
Ayo Berlatih
1.
Siswa bersama dengan kelompoknya mengerjakan
tugas yang diberikan yaitu mencari informasi tentang sebuah tari daerah.
Informasi yang harus dicari meliputi nama tarian, asal daerah, cerita tentang
tari tersebut, contoh-contoh gerakan dari tarian tersebut dan makna dari
gerakan tarian.
![]()
2.
Bersama-sama dengan anggota kelompoknya, siswa
mencoba menirukan beberapa gerakan tarian (SBDP KD 3.3 dan 4.3
Ayo Membaca
1.
Guru menggunakan teks penghubung yang bercerita
tentang betapa kayanya Indonesia baik dari segi budaya maupun sumber daya
alam sebagai jembatan untuk membahas tentang manfaat makhluk hidup bagi
lingkungan sekitar.
![]()
2.
Siswa
membaca dan mencermati bacaan yang berjudul Manfaat Makhluk Hidup di
Sekitar Kita, siswa menggaris bawahi bagian-bagian penting dari bacaan
tersebut dan mencari beberapa contoh manfaat makhluk hidup bagi lingkungan
sekitar dari teks yang dibacanya.
Ayo Berlatih
1.
Siswa menuangkan pemahamannya tentang bacaan
dengan membuat sebuah peta pikiran yang menjelaskan tentang manfaat tumbuhan
dan hewan dalam kehidupan manusia.
![]()
2.
Kegiatan ini dapat digunakan untuk memberikan
pemahaman kepada siswa tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi kehidupan
manusia.
Ayo Mengamati
1.
Siswa melakukan pengamatan terhadap lingkungan
sekitarnya, siswa membuat daftar tumbuhan dan hewan yang mereka temukan di
lingkugannya dan mengidentifikasikan manfaatnya bagi manusia.
![]()
2.
Siswa membuat laporan dari hasil pengamatannya.
3.
Laporan hasil pengamatan ini dapat digunakan
untuk mengukur pemahaman siswa tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi
manusia dan keterampilan siswa dalam membuat laporan hasil pengamatan .(IPA
KD 3.2 dan 4.2)
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
·
Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·
Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·
Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari
ini?
·
Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka
pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan
pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang
sudah dipelajari.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang
hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan
komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang
dirancang
B. Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
2.
Gambar hewan dan tumbuhan.
3.
Contoh-contoh puisi.
4.
Lingkungan sekitar.
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Menjawab Pertanyaan tentang Puisi yang
Dibacanya
Bentuk penilaian: Tertulis
Instrumen Penilaian: Rubrik kunci jawaban
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian: mengukur pemahaman siswa tentang puisi yang
dibacanya

Kunci Jawaban:
1.
Puisi Penari, karya Hascahya Trilion
Laksono.
2. 6
bait.
3. 2
baris per bait, 12 baris seluruhnya.
4. Bercerita tentang
gemulainya seorang penari yang tercermin dari
gerakan,
lirik mata, dan senyumannya.
2. Menjelaskan Gerak Tari
Kreasi Daerah
Bentuk penilaian:
Penugasan
Instrumen Penilaian:
Rubrik
KD SBDP 3.3 dan 4.3
Tujuan Kegiatan
Penilaian: Mengukur pemahaman siswa tentang tari daerah dan keterampilan siswa
dalam memeragakan gerakan tarian daerah.

3. Menjelaskan Manfaat
Tumbuhan dan Hewan bagi Lingkungan
Bentuk penilaian:
Penugasan
Instrumen Penilaian:
Rubrik
IPA 3.2 dan 4.2
Tujuan Kegiatan
Penilaian: mengukur kemampuan siswa dalam menjelaskan manfaat hewan dan
tumbuhan bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar.

4.
Membuat Laporan Tentang Manfaat Hewan Dan Tumbuhan Bagi Lingkungan
Sekitar
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.2 dan 4.2
Tujuan Kegiatan Penilaian: mengukur kemampuan siswa dalam menjelaskan
manfaat hewan dan tumbuhan bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar dan
keterampilan siswa dalam membuat laporan hasil pengamatan

Catatan Guru
1.
Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen
Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas
/ Semester : 4 /2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub
Tema :
Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi
waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.6
|
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara
lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
4.6
|
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
|
Muatan : PPKn
No
|
Kompetensi
Dasar
|
1.3
2.3
|
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di
masyarakat dalam konteks Bhinneka
Tunggal Ika.
|
3.3
|
Menjelaskan manfaat
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.3
|
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Muatan : IPS
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.1
|
Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
4.1
|
Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
C.
TUJUAN
1. Melalui kegiatan membaca dan mencermati puisi, siswa
mampu menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.
2. Melalui kegiatan mencari informasi dari guru dan
temannya, siswa dapat mengomunikasikan informasi tentang keragaman suku dan
budaya di lingkungan sekitarnya dengan baik.
3. Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa mampu mengidentifikasikan
sumber daya alam yang ada di sekitarnya dan menyajikan hasil pengamatan
tersebut dengan tepat.
D. MATERI
1.
Cara membuat puisi.
2.
Keragaman suku dan budaya dilingkungan sekitar.
3.
Sumber daya alam.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Berdiskusi
1.
Guru menggunakan cerita tentang Cita-cita besar
Patih Gajah Mada sebagai kegiatan pembuka untuk menghubungkan tema dengan
kegiatan pembelajaran.
![]()
2.
Guru memberikan inspirasi kepada siswa melalui tokoh Gajah Mada yang telah
melakukan hal yang sangat besar dalam kehidupannya
Ayo Mencoba
1.
Siswa mencermati dan membaca puisi tentang
Mahapatih Gajah Mada.
![]()
2.
Siswa menceritakan pendapatnya tentang puisi
tersebut, siswa dapat membaca kembali cerita tentang Gajah Mada untuk lebih
memahami isi puisi.
3.
Siswa menyalin puisi tersebut di buku catatan,
dengan memperhatikan kata demi kata dalam puisi tersebut.
4.
Siswa mencoba mengganti beberapa kata disetiap
barisnya dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri atau menggunakan
katakata dari bacaan sebelumnya.
5.
Siswa membaca kembali bait yang sudah diganti
dan melakukan perbaikan apabila dirasa perlu.
6.
Kegiatan ini merupakan latihan bagi siswa dalam
membuat puisi sendiri. (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
Ayo Berkreasi
1.
Siswa mencari informasi dari teman atau orang
lain di sekitarmu ataupun temannya tentang suku asal atau daerah asal mereka.
Siswa memilih dua sampel dari responden yang dimilikinya untuk dirincikan
informasinya.
![]()
2.
Informasi yang dirincikan adalah pulau asal,
bahasa daerah, pakaian adat, rumah adat , kebiasaan adat.
3.
Siswa mengolah informasi yang ia dapatkan dalam
bentuk bagan seperti yang disajikan di Buku Siswa. Siswa mempresentasikan
hasil pencarian informasinya ke depan kelas.
4.
Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengukur pencapaian
kompetensi PPKn 3.3 dan 4.3
Ayo Mengamati
1.
Siswa mencari informasi tentang sumber daya
alam yang ada di daerah kabupaten atau provinsi tempat tinggalnya. Guru dapat membantu siswa dengan
menyediakan informasi tersebut yang dapat berupa tabel atau peta tematik
tentang sebaran sumber daya alam yang ada. Siswa mengidentifikasikan beberapa
sumber daya alam yang ada di sekitarnya, mengidentifikasikan tempat atau
lokasi dari sumber daya alam tersebut dan menjelaskan manfaatnya bagi manusia
dan lingkungan sekitar. Siswa juga mencari tahu bagaimana masyarakat sekitar
menjaga kelestarian sumber daya alam tersebut. Kegiatan ini digunakan untuk
mengukur pencapaian kompetensi IPS 3.1 dan 4.1.
![]() |
150 menit
|
|
||
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
·
Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·
Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·
Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari
ini?
·
Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka
pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan
pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang
sudah dipelajari.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang
hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan
komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang
dirancang
B. Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
2.
Gambar lingkungan.
3.
Contoh-contoh puisi.
4.
Lingkungan sekitar.
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Menceritakan pendapat tentang puisi.
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: daftar periksa
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian: Untuk mengukur pemahaman siswa tentang puisi
yang dibacanya.

2. Mencari Informasi dan
Menyajikan Informasi tentang Keragaman Suku dan Budaya.
Bentuk penilaian:
Penugasan
Instrumen Penilaian:
Kunci jawaban
KD IPS 3.1 dan 4.1
Tujuan Tujuan Kegiatan
Penilaian: Mengukur kemampuan siswa
dalam mengidentifikasi keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya dan
keterampilan siswa dalam menyajikan hasil proses identifikasinya.
Kriteria yang digunakan
sebagai acuan dalam penilaian adalah kelengkapan dan keterbacaan diagram hasil
identifikasi.

3. Mengidentifikasikan
Sumber Daya Alam yang Ada di Lingkungan Sekitar dan Menyajikan Hasil
Identifikasi.
Bentuk penilaian:
Penugasan
Instrumen Penilaian:
Rubrik
KD IPS 3.1 dan 4.1
Tujuan Kegiatan
Penilaian: Mengukur kemampuan siswa
dalam mengidentifikasi jenis-jenis sumberdaya alam yang terdapat di sekitarnya
dan keterampilan siswa dalam menyajikan hasil proses identifikasinya.
Kriteria yang digunakan
sebagai acuan dalam penilaian adalah : kelengkapan laporan (jenis sumber daya
alam, lokasi dan manfaat) dan keterbacaan laporan.

Catatan Guru
1.
Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen
Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas
/ Semester : 4 /2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub
Tema :
Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi
waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.6
|
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara
lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
4.6
|
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
|
Muatan : PPKn
No
|
Kompetensi
Dasar
|
1.3
2.3
|
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di
masyarakat dalam konteks Bhinneka
Tunggal Ika.
|
3.3
|
Menjelaskan manfaat
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.3
|
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Muatan : IPS
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.1
|
Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
4.1
|
Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
C.
TUJUAN
1. Melalui kegiatan membaca teks dan melakukan pengamatan
siswa mampu mengidentifikasikan keragaman suku dan budaya dengan rinci.
2. Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu memahami
makna puisi dan terampil membuat puisi dengan baik.
3. Melalui kegiatan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu
mengidentifikasi sumber daya alam yang ada di sekitarnya dengan benar.
D. MATERI
1.
Keragaman suku dan budaya dilingkungan sekitar.
2.
Cara membuat puisi.
3.
Sumber daya alam.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca dan mencermati teks informasi
yang disajikan di Buku Siswa, dari teks tersebut siswa mencari informasi
tentang keragaman suku dan budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Guru
memimpin diskusi kelas dan membahas tentang contoh-contoh keragaman tersebut.
Guru memfokuskan diskusi tentang keragaman dengan membahas contoh-contoh
keragaman yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.
![]()
Ayo Mencoba
1.
Siswa mencari informasi tentang keragaman yang ada di sekitar mereka, siswa
mengidentifikasi keragaman suku dan budaya yang dimiliki oleh
lingkungannya. Siswa membentuk
kelompok kerja dan mencari informasi dari anggota kelompoknya tentang suku
asal tiap anggota, siswa juga menanyakan informasi kepada guru dan temannya
yang lain.
![]()
2.
Siswa merincikan informasi yang mereka cari
dengan menanyakan tentang rumah adat dari suku-suku tersebut, apa kegunaan
dari rumah adat tersebut dan bagaimana masyarakat menggunakannya.
3.
Siswa menyajikan informasi yang diperolehnya
dalam bentuk diagram seperti yang dicontohkan pada buku Siswa.
Ayo Berlatih
1.
Siswa melakukan survey sederhana untuk mencari
informasi tentang macam-macam pekerjaan orang tua temannya, dari hasil
wawancara tersebut siswa mencari informasi tentang sumber daya alam yang
digunakan oleh orang tua temannya ketika melaksanakan pekerjaannya.
![]()
2.
Siswa menyajikan hasil survey dan pencarian
informasinya dalam bentuk tabel. Dari hasil tabel tersebut, siswa bersama
dengan teman-temannya membuat kesimpulan tentang sumber daya alam apa yang
paling banyak digunakan dan dari mana sumber daya alam tersebut didapatkan.
Ayo Mencoba
1.
Membuat Puisi Tentang Keragaman Suku Dan
Budaya.
![]()
2.
Siswa mengekspresikan rasa kebanggaan dan
pemahamannya tentang keragaman suku dan budaya Indonesia melalui sebuh puisi.
3.
Siswa melengkapi kalimat dalam puisi dan
menjelaskan makna yang disampaikan oleh puisi tersebut.
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
·
Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·
Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·
Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari
ini?
·
Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka
pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan
pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang
sudah dipelajari.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang
hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan
komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang
dirancang
B. Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
2.
Gambar hewan dan tumbuhan.
3.
Contoh-contoh puisi.
4.
Lingkungan sekitar.
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Menjelaskan Makna Puisi
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Daftar periksa
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian: Mengukur kemampuan siswa dalam memahami makna
sebuah puisi

2. Mengidentifikasikan
Keragaman Suku dan Budaya
Bentuk penilaian:
Penugasan
Instrumen Penilaian:
Rubrik
KD IPS 3.1 dan 4.1
Tujuan Kegiatan
Penilaian: mengukur kemampuan siswa
dalam mengidentifikasikan keragaman suku dan budaya dan keterampilan siswa
dalam menyajikan hasil identifikasinya.

3. Melengkapi Puisi
Bentuk penilaian:
Penugasan
Instrumen Penilaian:
Daftar periksa
KD Bahasa Indonesia 3.6
dan 4.6
Tujuan Kegiatan
Penilaian: mengukur kemampuan dan
keterampilan siswa dalam membuat puisi

Catatan Guru
1.
Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen
Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas
/ Semester : 4 /2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub
Tema :
Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi
waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.6
|
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara
lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
4.6
|
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.3
|
Mengetahui gerak tari
kreasi daerah
|
4.3
|
Meragakan gerak tari
kreasi daerah.
|
C.
TUJUAN
1. Melalui kegiatan menulis siswa mampu membuat sebuah puisi
dengan menggunakan kata-kata dengan rima yang hampir sama dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menulis puisi siswa mampu menuangkan
gagasan-gagasan tentang
cita-citanya dengan benar.
3. Melalui kegiatan membuat poster, siswa mampu menuangkan
hasil pencariannya tentang bahasa daerah dan makanan khas daerah dengan
menggunakan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia dengan rinci.
D. MATERI
1.
Membuat puisi dengan menggunakan kata-kata dengan rima yang hampir sama.
2.
Menuangkan gagasan tentang cita-cita.
3.
Membuat poster tentang bahasa daerah dan makanan khas daerah.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.
Siswa mengamati gambar-gambar buku yang terdapat pada halaman 102. Dengan
bimbingan guru, siswa membahas tentang buku-buku cerita tersebut yang
beberapa di antaranya merupakan karya penulis cerita anak Indonesia yang
bernama Clara Ng yang telah telah menulis berbagai macam buku cerita anak
yang sangat menarik. Dengan bimbingan guru, siswa juga membahas tentang apa
saja yang dilakukan oleh profesi seorang penulis.
7.
Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul
Subtema Hebatnya Cita-Citaku.
![]()
8.
Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan
siswa tentang topik Cita-Citaku pertanyaan :
·
Pernahkah kamu melihat buku-buku seperti di atas?
·
Apakah buku cerita kesukaanmu?
·
Apakah kamu juga punya penulis cerita kesayanganmu? Tahukah kamu apa yang dilakukan para
penulis cerita atau sastra Indonesia?
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Berlatih
1.
Dengan bimbingan guru, siswa membahas
tentang betapa hebatnya seorang
penulis cerita anak yang mempunyai peran yang sangat penting bagi pertumbuhan
anak-anak. Guru juga membahas beberapa peran mereka. Siswa lalu mencoba untuk mencari tahu lebih
jauh tentang peran seorang penulis. Siswa juga mencoba menjawab beberapa pertanyaan di
antaranya:
2.
Tahukah kamu peran penting penulis cerita lain
yang kamu ketahui?
3.
Apakah manfaat membaca buku cerita anak
untukmu?
4.
Apakah manfaat membaca untukmu?
Ayo Mencoba
1.
Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang
profesi seorang penulis cerita anak yang merupakan salah satu pekerja seni
sastra tulis yang pekerjaannya merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi
dan pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan
merasakan hal yang sama. Guru membahas contoh lain dari karya sastra yaitu
sebuah puisi karena kata-kata yang digunakan seringkali mempunyai makna yang
dalam. Namun Puisi menggunakan kalimat
yang lebih pendek dibandingkan dengan karangan.
![]() ![]()
2.
Siswa kemudian mencoba membuat sebuah karangan
puisi tentang cita-cita dengan mengukuti langkah-langkah:
·
Bayangkanlah cita-citamu itu. Ceritakanlah kehebatan cita-citamu
itu. Ceritakanlah bagaimana
cita-citamu akan berguna bagi orang lain di sekitarmu.
·
Buatlah beberapa kata kunci dari setiap gagasan
yang kamu miliki.
·
Rangkailah gagasan-gagasan tersebut sehingga
menjadi puisi yang utuh.
·
Pilihlah kata-kata yang memiliki rima hampir
serupa.
·
Tuliskanlah puisimu di dalam buku catatanmu.
·
Lalu bekerjalah bersama dengan teman
sebangkumu.
·
Bacakanlah puisimu kepada teman sebangkumu.
·
Tukarkanlah puisimu dengan puisi milik teman
sebangkumu.
·
Lalu cobalah untuk menuliskan makna puisi
tersebut di dalam sebuah paragraf. Tuliskanlah makna puisi
temanmu di tempat yang telah disediakan.
·
Bacakanlah makna puisi milik temanmu. Berdiskusilah.
Siswa menuliskan hasil
puisinya pada kolom yang terdapat pada buku siswa.
![]()
Ayo Berlatih
1.
Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang
bahasa daerah yang berbeda-beda di Indonesia sesuai dengan suku yang
ada. Siswa juga membahas tentang
bahasa yang merupakan alat untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan pesan
kepada orang lain. Selain itu siswa juga membahas tentang keunikan yang membedakan satu daerah dengan
daerah lainnya. Salah satunya selain
bahasa daerah adalah makanan-makanan khasnya. Siswa lalu melakukan kegiatan
kelompok dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
·
Kamu dan kelompokmu akan melanjutkan kegiatan
sebelumnya tentang keragaman budaya orang-orang yang berada di
sekitarmu. Sebelumnya kamu dan kelompokmu
mencari tahu keragaman rumah adat yang berasal dari suku-suku yang
berbeda. Kali ini kamu akan menggali
lebih dalam tentang bahasa daerah dan makanan khas mereka. Kamu akan menuangkannya dalam bentuk
poster.
·
Siapkan sebuah kertas ukuran A3. Kamu dapat juga menggunakan sebuah kertas
karton dengan ukuran yang sama.
·
Buatlah daftar makanan khas Nusantara yang
sudah pernah kalian nikmati sebelumnya.
Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.
·
Buat juga daftar makanan khas Nusantara yang
ingin kamu nikmati. Jelaskan berasal
dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.
·
Pada bagian yang lain dari postermu, siapkan
satu atau dua kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia, misalnya : “Siapa
namamu?” Lalu carilah makna yang sama
dalam berbagai bahasa daerah di Nusantara.
Pilihlah paling banyak lima bahasa daerah.
·
Gunakan contoh berikut ini untuk membantumu.
·
Tuliskanlah semua manfaat yang kamu dapatkan
dengan mempelajari bahasa daerah dan makanan khas daerah Nusantara.
·
Jelaskan dan presentasikan hasil pekerjaan
kelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.
2.
Siswa menyajikan hasil pencariannya tentang
bahasa daerah dan makanan khas ke dalam bentuk poster.
3.
Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk
memahamkan kepada siswa tentang menggunakan kalimat sederhana dalam bahasa
Indonesia (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6).
![]() |
150 menit
|
|
||
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
·
Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·
Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·
Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari
ini?
·
Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka
pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan
pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang
sudah dipelajari.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang
hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan
komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang
B. Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
2.
Gambar hewan dan tumbuhan.
3.
Contoh-contoh puisi.
4.
Lingkungan sekitar.
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Membuat Puisi Tentang Cita-Cita
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian:
·
Mengukur
kemampuan siswa dalam menuangkan cita-citanya kedalam bentuk puisi.
·
Mengukur
kemampuan siswa dalam membuat kata kunci dan merangkai gagasan-gagasannya
dengan memilih kata-kata yang memiliki rima yang hampir serupa.
·
Mengukur
kemampuan siswa dalam menuliskan makna puisi kedalam sebuah paragraf.


2. Membuat Poster Tentang
Keragaman Budaya
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian:
daftar periksa/rubrik
KD Bahasa Indinesia 3.6
dan 4.6
Tujuan Kegiatan
Penilaian:
·
Mengukur pengetahuan siswa tentang keragaman budaya
daerah berbeda di Indonesia dan menuangkannya dengan kalimat sederhana dalam
bahasa Indonesia.
·
Mengukur keterampilan siswa dalam menuangkan keragaman
bahasa daerah dan makanan khas daerah ke dalam bentuk poster.
·
Mengukur keterampilan siswa dalam menuliskan manfaat yang
didapatkan dalam mempelajari bahasa daerah dan makanan khas daerah Nusantara.

Catatan Guru
1.
Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen
Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas
/ Semester : 4 /2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub
Tema :
Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke
: 6
Alokasi
waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.6
|
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara
lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
4.6
|
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.3
|
Mengetahui gerak tari
kreasi daerah
|
4.3
|
Meragakan gerak tari
kreasi daerah.
|
C.
TUJUAN
1. Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu
mengomunikasikan puisi hasil karyanya sendiri dengan percaya diri.
2. Melalui kegiatan berkreasi, siswa mampu membuat sebuah
tarian kreasi perpaduan tari-tari Merak dengan baik.
D. MATERI
1.
Membaca puisi karya sendiri.
2.
Kreasi perpaduan tari merak.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.
Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman pertama pembelajaran
tentang barisan polisi yang berdiri tegak dalam sebuah upacara. Dengan
bimbingan guru, siswa membahas tentang sosok seorang polisi dan pengabdiannya
kepada masyarakat karena tugasnya menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan
masyarakat.
7.
Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul
Subtema Hebatnya Cita-Citaku.
8.
Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan
siswa tentang topik Cita-Citaku pertanyaan:
·
Pernahkah kamu bertemu seorang polisi?
·
Bagaimanakah perasaanmu ketika bertemu seorang polisi?
·
Apakah ada diantara kalian yang bercita-cita menjadi polisi?
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Mengamati
1.
Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang
merupakan tugas polisi dalam pengabdiannya kepada masyarakat.
![]()
Ayo Mencoba
1.
Siswa lalu mencoba menceritakan gambar-gambar
tersebut dengan teman sebangkunya secara bergantian. Siswa lalu mengamati
gambar-gambar tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada
halaman ini.
![]() ![]()
2.
Siswa lalu membuat sebuah puisi yang isinya
menceritakan tentang kehebatan polisi. Siswa membuat puisi tersebut dengan
mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada halaman ini lalu menyalin puisi
dan menuliskan maknanya pada kolom yang terdapat pada halaman ini.
3.
Siswa kemudian membacakan puisi hasil karyanya
di depan kelas dengan percaya diri.
![]()
Ayo Mencoba
1.
Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya
untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari tari
merak yang berasal dari Jawa Barat. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan
hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring
tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar menghasilkan
harmoni yang indah. Siswa menggunakan properti yang sederhana yang tersedia
di sekitarnya untuk melengkapi pertunjukkan tarinya.
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
·
Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·
Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·
Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari
ini?
·
Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka
pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan
pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang
sudah dipelajari.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang
hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan
komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang
dirancang
B. Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
2.
Gambar-gambar kegiatan polisi di masyarakat.
3.
Gambar contoh tarian merak.
4.
Lingkungan sekitar.
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan
sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Membuat Dan Membaca Puisi Tentang Kehebatan
Polisi
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian:
·
Mengukur
pengetahuan siswa tentang tugas dan kehebatan seorang polisi.
·
Mengukur keterampilan siswa dalam membuat sebuah karya
puisi.
·
Mengukur keterampilan siswa dalam menggunakan kata sifat
yang menjadi bagian dari gagasan pokok setiap bait puisinya.
·
Mengukur kemampuan siswa dalam membaca puisi dengan
intonasi yang benar.

2. Membuat Tari Kreasi Dan
Memeragakannya
Bentuk penilaian:
Penugasan
Instrumen Penilaian :
Rubrik
KD SBDP 3.3 dan 3.4
Tujuan Kegiatan
Penilaian:
·
Mengukur kemampuan siswa dalam membuat tari kreasi
·
Mengukur keterampilan siswa dalam memeragakan tari hasil
kreasi sendiri
·
Mengukur kemampuan siswa dalam membuat gerakan harmoni
yang sesuai dengan musik yang mengiringi tariannya.

Catatan Guru
1.
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA
SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004
|
|
Arma Jaya 2019
Guru Kelas
IV
EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar