Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 22 Januari 2019

RPP KELAS IV TEMA 6 SUB TEMA2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema                             :  Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke                 :  1
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.6  
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6  
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Muatan : IPA
No
Kompetensi Dasar
3.2  
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2  
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.

C.    TUJUAN
1.     Melalui kegiatan mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan puisi, siswa dapat menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.
2.     Melalui kegiatan mengamati contoh-contoh puisi, siswa dapat membuat puisi secara mandiri dengan baik.
3.     Dengan mengamati daur hidup dua makhluk hidup yang berbeda siswa dapat membandingkan dua daur hidup binatang dengan cermat.
4.     Dengan membandingkan siklus hidup mahluk hidup yang berbeda siswa dapat melaporkannya dengan tepat.

D.    MATERI
1.     Cara membuat puisi
2.     Daur hidup makhluk hidup.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Siswa mencermati dan membaca teks bacaan yang disajikan di Buku Siswa, bacaan ini mengenai kisah seorang guru  yang mengajar siswa berkebutuhan khusus. Guru memberikan inspirasi kepada siswa tentang makna dari bacaan tersebut  dan mengaitkannya dengan judul tema (Cita-Cita).
2.     Guru menegaskan bahwa setiap anak pasti memiliki cita-cita yang baik, dan semua cita-cita adalah hebat. Guru memberikan inspirasi kepada siswa untuk terus berusaha menggapai cita-cita yang mereka miliki.
3.     Siswa mencermati puisi dan membaca puisi tersebut. Guru membimbing diskusi untuk membaca makna dari teks puisi tersebut. Siswa mengingat kembali ciri-ciri puisi yang sudah dipelajari sebelumnya dan mencocokkan ciri-ciri tersebut dengan puisi yang disajikan di Buku Siswa.
Ayo Berlatih
1.     Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan di Buku Siswa untuk memahami lebih rinci tentang puisi yang dibacanya.
2.     Guru menjelaskan bahwa dalam puisi ditemukan beberapa hal pokok yang menjadi dasar/patokan dalam menulis puisi.
3.     Puisi selalu memiliki judul dan tema, puisi juga menunjukkan ciri-ciri yang tidak dimiliki oleh jenis tulisan/bacaan yang lain.
4.     Siswa mengekspresikan pemahamannya tentang makna puisi yang dibacanya melalui sebuah gambar. 
5.     Siswa mencari satu atau dua contoh puisi dari Koran, majalah atau buku-buku. Siswa menulis kembali puisi yang ditemukannya ke dalam buku catatan mereka. Siswa  mengamati dan mempelajari puisi-puisi tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Buku Siswa.
6.     Dari hasil pengamatan tersebut, siswa menuliskan kesimpulan tentang hasil pengamatannya.
7.     Kegiatan ini ditujukan untuk mengukur pencapaian KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6.

Ayo Berlatih
1.     Siswa bersama dengan guru membaca teks dan mencermati gambar yang disajikan di Buku Siswa, guru menggunakan topik bahasan tentang dokter hewan sebagai jembatan untuk membahas tentang hewan dan daur hidur yang dilaluinya.
2.     Guru memperkenalkan istilah metamorfosis dan menjelaskan makna kata tersebut. Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan pancingan: Apakah anak ayam bentuknya berbeda dengan induknya? Bagaimana dengan kupu-kupu? Apa yang membuatnya berbeda?
3.     Siswa diminta untuk membaca dengan saksama keterangan tentang daur hidup beberapa hewan.  Siswa memgamati gambar yang disediakan pada bacaan dengan saksama.  Siswa juga dapat memberikan keterangan yang sesuai dengan bacaan pada gambar daur hidup hewan yang sesuai.

Ayo Mencoba
1.     Siswa bekerja dalam kelompok yang terdiri dari paling sedikit tiga orang. Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk mencari informasi tentang daur hidup dua ekor hewan yang berbeda (sesuai dengan penugasan yang diberikan di tiap kelompok).
2.     Siswa mencatat semua informasi yang mereka peroleh dalam diagram yang disediakan (gambar hewan, gambar daur hidup, penjelasan tentang daur hidup dan jenis daur hidupnya)
3.     Siswa mempresentasikan hasil pencarian informasi dan diskusi kelompoknya di depan kelas, dan menempelkan diagram dari kelompoknya di dinding kelas. Dalam kelas akan diperoleh banyak informasi tentang daur hidup berbagai macam hewan.
4.     Siswa bersama dengan kelompoknya melengkapi tabel tentang perbedaan daur hidup hewan. Siswa menggunakan informasi yang diperolehnya sebagai bahan untuk dibandingkan. Siswa menuliskan perbedaan dan persamaan dari kedua daur hidup hewan.
5.     Siswa mengamati hasil dari kelompok lain dan mengklasifikasikan jenis hewan berdasarkan jenis daur hidupnya (sempurna atau tidak sempurna).
150 menit















Penutup
A.     Ayo Renungkan
·         Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·         Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·         Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang
B.    Kerja Sama dengan Orang Tua
·         Bersama dengan orang tua di rumah, siswa mencari contoh-contoh hewan yang hidup di sekitar tempat tinggalnya dan menentukan jenis daur hidupnya.

C.    Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Gambar metamorfosis.
3.     Teks puisi.
4.     Majalah atau Koran anak.
5.     Lingkungan sekitar.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Puisi yang Dibaca
Bentuk penilaian: Tertulis
Instrumen Penilaian: Kunci jawaban
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6

Tujuan Kegiatan Penilaian: 
Mengukur pemahaman siswa tentang puisi

Kunci jawaban:
1.  CIta-Citaku
2.  M. Ridwan Hafidz
3.  Cita-Cita menjadi seorang dokter
4.  Dalam puisi terdapat baris dan larik, rima nya teratur


2.     Mencari Informasi Tentang Daur Hidup Hewan dan Menyajikannya dalam Bentuk Diagram
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.2 dan 4.2

Tujuan Kegiatan Penilaian:  Mengukur pemahaman siswa dalam membandingkan siklus hidup dua hewan yang berbeda dan melaporkan hasil perbandingan tersebut dalam bentuk laporan.

Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                                 :  4 /2
Tema                                     :  Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema                             :  Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, SBdP, IPA
Pembelajaran ke                 :  2
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.6  
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6  
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengetahui gerak tari kreasi daerah.

4.3  

Meragakan gerak tari kreasi daerah.

Muatan : IPA
No
Kompetensi Dasar
3.2  
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

4.2  
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.

C.    TUJUAN
1.     Melalui kegiatan membaca puisi “Penari” dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan puisi tersebut, siswa dapat menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.
2.     Melalui kegiatan mencari informasi tentang beberapa gerakan tari daerah, siswa dapat mengetahui dan menjelaskan gerak tari kreasi daerah dengan rinci.
3.     Melalui kegiatan mengikuti gerakan tari daerah, siswa dapat mempraktikkan gerakan tari kreasi daerah dengan percaya diri.
4.     Melalui kegiatan membaca teks “Manfaat Makhuk Hidup di Sekitar Kita”, dan membuat peta pikiran dari bacaan tersebut, siswa dapat menjelaskan manfaat makhluk hidup  bagi lingkungan sekitar dengan benar.
5.     Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa membuat laporan hasil pengamatan tentang manfaat makhluk hidup dengan benar.

D.    MATERI
1.     Cara membuat puisi.
2.     Gerak tari kreasi daerah.
3.     Peta pikiran.
4.     Manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks yang berjudul “Kisah Seorang Penari Gandrung Banyuwangi”. Cerita ini digunakan oleh guru untuk memberikan gambaran tentang macam-macam kegiatan profesi, dan nilai- nilai apa yang terkandung dalam profesi tersebut. Guru menggunakan cerita ini untuk menginspirasi siswa tentang usaha yang harus dilakukan seseorang untuk mencapai cita-citanya.
2.     Cerita ini juga digunakan sebagai penghubung kegiatan pembelajaran berikutnya tentang seni tari daerah.

Ayo Membaca
1.     Siswa membaca teks puisi yang berjudul Puisi Penari,  siswa mencermati teks puisi tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan puisi tersebut. Selain menjawab pertanyaan yang disediakan, siswajuga  mengidentifikasikan ciri-ciri puisi yang dibacanya.
2.     Guru memberikan penjelasan lebih rinci tentang puisi tersebut, bahwa puisi memiliki makna dan ciri yang membedakannya dengan jenis tulisan lain. Kegiatan ini dtujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang puisi dan bagaimana sebuah puisi dibuat. (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
Ayo Mengamati
1.     Siswa mengamati gambar berbagai jenis tarian daerah seperti yang disajikan di Buku Siswa, guru memberikan beberapa pertanyaan yang memancing rasa ingin tahu siswa tentang seni tari daerah.
2.     Guru dapat menyediakan gambar jenis tarian daerah yang sesuai dengan kondisi/ budaya daerah setempat atau bahkan bercerita tentang makna tari daerah setempat untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan ketertarikan siswa terhadap seni tari daerah.

Ayo Berlatih
1.     Siswa bersama dengan kelompoknya mengerjakan tugas yang diberikan yaitu mencari informasi tentang sebuah tari daerah. Informasi yang harus dicari meliputi nama tarian, asal daerah, cerita tentang tari tersebut, contoh-contoh gerakan dari tarian tersebut dan makna dari gerakan tarian.
2.     Bersama-sama dengan anggota kelompoknya, siswa mencoba menirukan beberapa gerakan tarian (SBDP KD 3.3 dan 4.3

Ayo Membaca
1.     Guru menggunakan teks penghubung yang bercerita tentang betapa kayanya Indonesia baik dari segi budaya maupun sumber daya alam sebagai jembatan untuk membahas tentang manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.
2.     Siswa  membaca dan mencermati bacaan yang berjudul Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita, siswa menggaris bawahi bagian-bagian penting dari bacaan tersebut dan mencari beberapa contoh manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar dari teks yang dibacanya.

Ayo Berlatih
1.     Siswa menuangkan pemahamannya tentang bacaan dengan membuat sebuah peta pikiran yang menjelaskan tentang manfaat tumbuhan dan hewan dalam kehidupan manusia.
2.     Kegiatan ini dapat digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi kehidupan manusia.

Ayo Mengamati
1.     Siswa melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, siswa membuat daftar tumbuhan dan hewan yang mereka temukan di lingkugannya dan mengidentifikasikan manfaatnya bagi manusia.
2.     Siswa membuat laporan dari hasil pengamatannya.
3.     Laporan hasil pengamatan ini dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia dan keterampilan siswa dalam membuat laporan hasil pengamatan .(IPA KD 3.2 dan 4.2)

150 menit















Penutup
A.     Ayo Renungkan
·         Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·         Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·         Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang

B.    Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Gambar hewan dan tumbuhan.
3.     Contoh-contoh puisi.
4.     Lingkungan sekitar.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Menjawab Pertanyaan tentang Puisi yang Dibacanya
Bentuk penilaian: Tertulis
Instrumen Penilaian: Rubrik kunci jawaban
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6

Tujuan Kegiatan Penilaian:  mengukur pemahaman siswa tentang puisi yang dibacanya

Kunci Jawaban:
1.  Puisi Penari, karya Hascahya Trilion    Laksono.
2.  6 bait.
3.  2 baris per bait, 12 baris seluruhnya.
4.  Bercerita tentang gemulainya seorang penari yang tercermin dari  gerakan,     
     lirik mata, dan senyumannya.

2.     Menjelaskan Gerak Tari Kreasi Daerah
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBDP 3.3 dan 4.3

Tujuan Kegiatan Penilaian: Mengukur pemahaman siswa tentang tari daerah dan keterampilan siswa dalam memeragakan gerakan tarian daerah.

3.     Menjelaskan Manfaat Tumbuhan dan Hewan bagi Lingkungan
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
IPA 3.2 dan 4.2 

Tujuan Kegiatan Penilaian: mengukur kemampuan siswa dalam menjelaskan manfaat hewan dan tumbuhan bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar.

4.     Membuat Laporan Tentang Manfaat Hewan Dan Tumbuhan Bagi Lingkungan Sekitar
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.2 dan 4.2 

Tujuan Kegiatan Penilaian:  mengukur kemampuan siswa dalam menjelaskan manfaat hewan dan tumbuhan bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar dan keterampilan siswa dalam membuat laporan hasil pengamatan


Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema                             :  Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran ke                 :  3
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.6  
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6  
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.3


 2.3    
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.

Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks  Bhinneka Tunggal Ika.

3.3  
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

4.3  

Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

Muatan : IPS
No
Kompetensi Dasar
3.1  
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.1  
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

C.    TUJUAN
1.     Melalui kegiatan membaca dan mencermati puisi, siswa mampu menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.
2.     Melalui kegiatan mencari informasi dari guru dan temannya, siswa dapat mengomunikasikan informasi tentang keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya dengan baik.
3.     Melalui kegiatan mengamati lingkungan  sekitarnya, siswa mampu mengidentifikasikan sumber daya alam yang ada di sekitarnya dan menyajikan hasil pengamatan tersebut dengan tepat.

D.    MATERI
1.     Cara membuat puisi.
2.     Keragaman suku dan budaya dilingkungan sekitar.
3.     Sumber daya alam.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Ayo Berdiskusi
1.     Guru menggunakan cerita tentang Cita-cita besar Patih Gajah Mada sebagai kegiatan pembuka untuk menghubungkan tema dengan kegiatan pembelajaran.
2.     Guru memberikan inspirasi kepada siswa  melalui tokoh Gajah Mada yang telah melakukan hal yang sangat besar dalam kehidupannya

Ayo Mencoba
1.     Siswa mencermati dan membaca puisi tentang Mahapatih Gajah Mada.
2.     Siswa menceritakan pendapatnya tentang puisi tersebut, siswa dapat membaca kembali cerita tentang Gajah Mada untuk lebih memahami isi puisi.
3.     Siswa menyalin puisi tersebut di buku catatan, dengan memperhatikan kata demi kata dalam puisi tersebut.
4.     Siswa mencoba mengganti beberapa kata disetiap barisnya dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri atau menggunakan katakata dari bacaan sebelumnya.
5.     Siswa membaca kembali bait yang sudah diganti dan melakukan perbaikan apabila dirasa perlu.
6.     Kegiatan ini merupakan latihan bagi siswa dalam membuat puisi sendiri. (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)

Ayo Berkreasi
1.     Siswa mencari informasi dari teman atau orang lain di sekitarmu ataupun temannya tentang suku asal atau daerah asal mereka. Siswa memilih dua sampel dari responden yang dimilikinya untuk dirincikan informasinya.
2.     Informasi yang dirincikan adalah pulau asal, bahasa daerah, pakaian adat, rumah adat , kebiasaan adat.
3.     Siswa mengolah informasi yang ia dapatkan dalam bentuk bagan seperti yang disajikan di Buku Siswa. Siswa mempresentasikan hasil pencarian informasinya ke depan kelas.
4.     Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi PPKn 3.3 dan 4.3

Ayo Mengamati
1.     Siswa mencari informasi tentang sumber daya alam yang ada di daerah kabupaten atau provinsi tempat tinggalnya.  Guru dapat membantu siswa dengan menyediakan informasi tersebut yang dapat berupa tabel atau peta tematik tentang sebaran sumber daya alam yang ada. Siswa mengidentifikasikan beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarnya, mengidentifikasikan tempat atau lokasi dari sumber daya alam tersebut dan menjelaskan manfaatnya bagi manusia dan lingkungan sekitar. Siswa juga mencari tahu bagaimana masyarakat sekitar menjaga kelestarian sumber daya alam tersebut. Kegiatan ini digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi IPS 3.1 dan 4.1.

150 menit















Penutup
A.     Ayo Renungkan
·         Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·         Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·         Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang

B.    Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Gambar lingkungan.
3.     Contoh-contoh puisi.
4.     Lingkungan sekitar.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Menceritakan pendapat tentang puisi.
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: daftar periksa
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6

Tujuan Kegiatan Penilaian:  Untuk mengukur pemahaman siswa tentang puisi yang dibacanya.

2.     Mencari Informasi dan Menyajikan Informasi tentang Keragaman Suku dan Budaya.
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Kunci jawaban
KD IPS 3.1 dan 4.1

Tujuan Tujuan Kegiatan Penilaian:  Mengukur kemampuan siswa dalam mengidentifikasi keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya dan keterampilan siswa dalam menyajikan hasil proses  identifikasinya.

Kriteria yang digunakan sebagai acuan dalam penilaian adalah kelengkapan dan keterbacaan diagram hasil identifikasi.

3.     Mengidentifikasikan Sumber Daya Alam yang Ada di Lingkungan Sekitar dan Menyajikan Hasil Identifikasi.
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPS  3.1 dan 4.1

Tujuan Kegiatan Penilaian:  Mengukur kemampuan siswa dalam mengidentifikasi jenis-jenis sumberdaya alam yang terdapat di sekitarnya dan keterampilan siswa dalam menyajikan hasil proses identifikasinya.

Kriteria yang digunakan sebagai acuan dalam penilaian adalah : kelengkapan laporan (jenis sumber daya alam, lokasi dan manfaat) dan keterbacaan laporan.



Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             : SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema                             :  Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran ke             :  4
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.6  
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6  
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.3


 2.3    
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.

Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks  Bhinneka Tunggal Ika.

3.3  
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

4.3  

Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

Muatan : IPS
No
Kompetensi Dasar
3.1  
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.1  
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

C.    TUJUAN
1.     Melalui kegiatan membaca teks dan melakukan pengamatan siswa mampu mengidentifikasikan keragaman suku dan budaya dengan rinci.
2.     Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu memahami makna puisi dan terampil membuat puisi dengan baik.
3.     Melalui kegiatan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam yang ada di sekitarnya dengan benar.

D.    MATERI
1.     Keragaman suku dan budaya dilingkungan sekitar.
2.     Cara membuat puisi.
3.     Sumber daya alam.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.     Siswa membaca dan mencermati teks informasi yang disajikan di Buku Siswa, dari teks tersebut siswa mencari informasi tentang keragaman suku dan budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Guru memimpin diskusi kelas dan membahas tentang contoh-contoh keragaman tersebut. Guru memfokuskan diskusi tentang keragaman dengan membahas contoh-contoh keragaman yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Mencoba
1.     Siswa mencari informasi tentang  keragaman yang ada di sekitar mereka, siswa mengidentifikasi keragaman suku dan budaya yang dimiliki oleh lingkungannya.  Siswa membentuk kelompok kerja dan mencari informasi dari anggota kelompoknya tentang suku asal tiap anggota, siswa juga menanyakan informasi kepada guru dan temannya yang lain.
2.     Siswa merincikan informasi yang mereka cari dengan menanyakan tentang rumah adat dari suku-suku tersebut, apa kegunaan dari rumah adat tersebut dan bagaimana masyarakat menggunakannya.
3.     Siswa menyajikan informasi yang diperolehnya dalam bentuk diagram seperti yang dicontohkan pada buku Siswa.

Ayo Berlatih
1.     Siswa melakukan survey sederhana untuk mencari informasi tentang macam-macam pekerjaan orang tua temannya, dari hasil wawancara tersebut siswa mencari informasi tentang sumber daya alam yang digunakan oleh orang tua temannya ketika melaksanakan pekerjaannya.
2.     Siswa menyajikan hasil survey dan pencarian informasinya dalam bentuk tabel. Dari hasil tabel tersebut, siswa bersama dengan teman-temannya membuat kesimpulan tentang sumber daya alam apa yang paling banyak digunakan dan dari mana sumber daya alam tersebut didapatkan.

Ayo Mencoba
1.     Membuat Puisi Tentang Keragaman Suku Dan Budaya.
2.     Siswa mengekspresikan rasa kebanggaan dan pemahamannya tentang keragaman suku dan budaya Indonesia melalui sebuh puisi.
3.     Siswa melengkapi kalimat dalam puisi dan menjelaskan makna yang disampaikan oleh puisi tersebut.
150 menit















Penutup
A.     Ayo Renungkan
·         Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·         Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·         Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang

B.    Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Gambar hewan dan tumbuhan.
3.     Contoh-contoh puisi.
4.     Lingkungan sekitar.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Menjelaskan Makna Puisi
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Daftar periksa
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6

Tujuan Kegiatan Penilaian:  Mengukur kemampuan siswa dalam memahami makna sebuah puisi

2.     Mengidentifikasikan Keragaman Suku dan Budaya
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPS 3.1 dan 4.1

Tujuan Kegiatan Penilaian:  mengukur kemampuan siswa dalam mengidentifikasikan keragaman suku dan budaya dan keterampilan siswa dalam menyajikan hasil identifikasinya.

3.     Melengkapi Puisi
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Daftar periksa
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6

Tujuan Kegiatan Penilaian:  mengukur kemampuan dan keterampilan siswa dalam membuat puisi


Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….
Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema                             :  Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke                 :  5
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.6  
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6  
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3 
Meragakan gerak tari kreasi daerah.

C.    TUJUAN
1.     Melalui kegiatan menulis siswa mampu membuat sebuah puisi dengan menggunakan kata-kata dengan rima yang hampir sama dengan tepat.
2.     Melalui kegiatan menulis puisi siswa mampu menuangkan gagasan-gagasan tentang cita-citanya dengan benar.
3.     Melalui kegiatan membuat poster, siswa mampu menuangkan hasil pencariannya tentang bahasa daerah dan makanan khas daerah dengan menggunakan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia dengan rinci.

D.    MATERI
1.     Membuat puisi dengan menggunakan kata-kata dengan rima yang hampir sama.
2.     Menuangkan gagasan tentang cita-cita.
3.     Membuat poster tentang bahasa daerah dan makanan khas daerah.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Siswa mengamati gambar-gambar buku yang terdapat pada halaman 102. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang buku-buku cerita tersebut yang beberapa di antaranya merupakan karya penulis cerita anak Indonesia yang bernama Clara Ng yang telah telah menulis berbagai macam buku cerita anak yang sangat menarik. Dengan bimbingan guru, siswa juga membahas tentang apa saja yang dilakukan oleh profesi seorang penulis.
7.     Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Hebatnya Cita-Citaku.
8.     Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku pertanyaan :
·         Pernahkah kamu melihat buku-buku seperti di atas? 
·         Apakah buku cerita kesukaanmu? 
·         Apakah kamu juga punya penulis cerita kesayanganmu?  Tahukah kamu apa yang dilakukan para penulis cerita atau sastra Indonesia? 
10 menit
Inti
Ayo Berlatih
1.     Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang  betapa hebatnya seorang penulis cerita anak yang mempunyai peran yang sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak. Guru juga membahas beberapa peran mereka.  Siswa lalu mencoba untuk mencari tahu lebih jauh tentang peran seorang penulis. Siswa juga mencoba menjawab beberapa pertanyaan di antaranya:
2.     Tahukah kamu peran penting penulis cerita lain yang kamu ketahui? 
3.     Apakah manfaat membaca buku cerita anak untukmu?
4.     Apakah manfaat membaca untukmu?

Ayo Mencoba
1.     Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi seorang penulis cerita anak yang merupakan salah satu pekerja seni sastra tulis yang pekerjaannya merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi dan pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan merasakan hal yang sama. Guru membahas contoh lain dari karya sastra yaitu sebuah puisi karena kata-kata yang digunakan seringkali mempunyai makna yang dalam.  Namun Puisi menggunakan kalimat yang lebih pendek dibandingkan dengan karangan.
2.     Siswa kemudian mencoba membuat sebuah karangan puisi tentang cita-cita dengan mengukuti langkah-langkah:
·         Bayangkanlah cita-citamu itu.  Ceritakanlah kehebatan cita-citamu itu.  Ceritakanlah bagaimana cita-citamu akan berguna bagi orang lain di sekitarmu.
·         Buatlah beberapa kata kunci dari setiap gagasan yang kamu miliki.
·         Rangkailah gagasan-gagasan tersebut sehingga menjadi puisi yang utuh.
·         Pilihlah kata-kata yang memiliki rima hampir serupa.
·         Tuliskanlah puisimu di dalam buku catatanmu.
·         Lalu bekerjalah bersama dengan teman sebangkumu.
·         Bacakanlah puisimu kepada teman sebangkumu.
·         Tukarkanlah puisimu dengan puisi milik teman sebangkumu.
·         Lalu cobalah untuk menuliskan makna puisi tersebut di dalam sebuah paragraf.  Tuliskanlah makna puisi temanmu di tempat yang telah disediakan.
·         Bacakanlah makna puisi milik temanmu.  Berdiskusilah.
Siswa menuliskan hasil puisinya pada kolom yang terdapat pada buku siswa.

Ayo Berlatih
1.     Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang bahasa daerah yang berbeda-beda di Indonesia sesuai dengan suku yang ada.  Siswa juga membahas tentang bahasa yang merupakan alat untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Selain itu siswa juga membahas tentang  keunikan yang membedakan satu daerah dengan daerah lainnya.  Salah satunya selain bahasa daerah adalah makanan-makanan khasnya. Siswa lalu melakukan kegiatan kelompok dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
·         Kamu dan kelompokmu akan melanjutkan kegiatan sebelumnya tentang keragaman budaya orang-orang yang berada di sekitarmu.  Sebelumnya kamu dan kelompokmu mencari tahu keragaman rumah adat yang berasal dari suku-suku yang berbeda.  Kali ini kamu akan menggali lebih dalam tentang bahasa daerah dan makanan khas mereka. Kamu akan menuangkannya dalam bentuk poster.
·         Siapkan sebuah kertas ukuran A3.  Kamu dapat juga menggunakan sebuah kertas karton dengan ukuran yang sama.
·         Buatlah daftar makanan khas Nusantara yang sudah pernah kalian nikmati sebelumnya.  Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.
·         Buat juga daftar makanan khas Nusantara yang ingin kamu nikmati.  Jelaskan berasal dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.
·         Pada bagian yang lain dari postermu, siapkan satu atau dua kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia, misalnya : “Siapa namamu?”  Lalu carilah makna yang sama dalam berbagai bahasa daerah di Nusantara.  Pilihlah paling banyak lima bahasa daerah.
·         Gunakan contoh berikut ini untuk membantumu.
·         Tuliskanlah semua manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari bahasa daerah dan makanan khas daerah Nusantara.
·         Jelaskan dan presentasikan hasil pekerjaan kelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.
2.     Siswa menyajikan hasil pencariannya tentang bahasa daerah dan makanan khas ke dalam bentuk poster.
3.     Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang menggunakan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6).
150 menit















Penutup
A.     Ayo Renungkan
·         Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·         Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·         Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang

B.    Salam dan do’a penutup.
15 menit
G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Gambar hewan dan tumbuhan.
3.     Contoh-contoh puisi.
4.     Lingkungan sekitar.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Membuat Puisi Tentang Cita-Cita
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6

Tujuan Kegiatan Penilaian: 
·         Mengukur kemampuan siswa dalam menuangkan cita-citanya kedalam bentuk puisi.
·         Mengukur kemampuan siswa dalam membuat kata kunci dan merangkai gagasan-gagasannya dengan memilih kata-kata yang memiliki rima yang hampir serupa.
·         Mengukur kemampuan siswa dalam menuliskan makna puisi kedalam sebuah paragraf.

2.     Membuat Poster Tentang Keragaman Budaya
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: daftar periksa/rubrik
KD Bahasa Indinesia 3.6 dan 4.6

Tujuan Kegiatan Penilaian: 
·         Mengukur pengetahuan siswa tentang keragaman budaya daerah berbeda di Indonesia dan menuangkannya dengan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia.
·         Mengukur keterampilan siswa dalam menuangkan keragaman bahasa daerah dan makanan khas daerah ke dalam bentuk poster.
·         Mengukur keterampilan siswa dalam menuliskan manfaat yang didapatkan dalam mempelajari bahasa daerah dan makanan khas daerah Nusantara.



Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001




 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan             :  SDN 174 BENGKULU UTARA
Kelas / Semester                 :  4 /2
Tema                                     :  Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema                             :  Hebatnya Cita-Citaku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke                 :  6
Alokasi waktu                       :  1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.6  
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6  
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.3  
Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3 
Meragakan gerak tari kreasi daerah.

C.    TUJUAN
1.     Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mengomunikasikan puisi hasil karyanya sendiri dengan percaya diri.
2.     Melalui kegiatan berkreasi, siswa mampu membuat sebuah tarian kreasi perpaduan tari-tari Merak dengan baik.

D.    MATERI
1.     Membaca puisi karya sendiri.
2.     Kreasi perpaduan tari merak.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan   : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.     Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.     Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman pertama pembelajaran tentang barisan polisi yang berdiri tegak dalam sebuah upacara. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang sosok seorang polisi dan pengabdiannya kepada masyarakat karena tugasnya menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan masyarakat.
7.     Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Hebatnya Cita-Citaku.
8.     Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku pertanyaan:
·         Pernahkah kamu bertemu seorang polisi?
·         Bagaimanakah perasaanmu ketika bertemu seorang polisi?
·         Apakah ada diantara kalian yang bercita-cita menjadi polisi?
10 menit
Inti
Ayo Mengamati
1.     Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang merupakan tugas polisi dalam pengabdiannya kepada masyarakat.

Ayo Mencoba
1.     Siswa lalu mencoba menceritakan gambar-gambar tersebut dengan teman sebangkunya secara bergantian. Siswa lalu mengamati gambar-gambar tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada halaman ini.

2.     Siswa lalu membuat sebuah puisi yang isinya menceritakan tentang kehebatan polisi. Siswa membuat puisi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada halaman ini lalu menyalin puisi dan menuliskan maknanya pada kolom yang terdapat pada halaman ini.
3.     Siswa kemudian membacakan puisi hasil karyanya di depan kelas dengan percaya diri.

Ayo Mencoba
1.     Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari tari merak yang berasal dari Jawa Barat. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar menghasilkan harmoni yang indah. Siswa menggunakan properti yang sederhana yang tersedia di sekitarnya untuk melengkapi pertunjukkan tarinya.

150 menit















Penutup
A.     Ayo Renungkan
·         Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·         Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·         Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang
B.    Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.     Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.     Gambar-gambar kegiatan polisi di masyarakat.
3.     Gambar contoh tarian merak.
4.     Lingkungan sekitar.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     Membuat Dan Membaca Puisi Tentang Kehebatan Polisi
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6

Tujuan Kegiatan Penilaian: 
·         Mengukur pengetahuan siswa tentang tugas dan kehebatan seorang polisi.
·         Mengukur keterampilan siswa dalam membuat sebuah karya puisi.
·         Mengukur keterampilan siswa dalam menggunakan kata sifat yang menjadi bagian dari gagasan pokok setiap bait puisinya.
·         Mengukur kemampuan siswa dalam membaca puisi dengan intonasi yang benar.


2.     Membuat Tari Kreasi Dan Memeragakannya
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian : Rubrik
KD SBDP 3.3 dan 3.4
Tujuan Kegiatan Penilaian: 
·         Mengukur kemampuan siswa dalam membuat tari kreasi
·         Mengukur keterampilan siswa dalam memeragakan tari hasil kreasi sendiri
·         Mengukur kemampuan siswa dalam membuat gerakan harmoni yang sesuai dengan musik yang mengiringi tariannya.


Catatan Guru
1.

Mengetahui
Kepala SDN 174 BENGKULU UTARA





SUPARTOYO,M.Pd.
NIP. 1960717200461004

Arma Jaya                 2019
Guru Kelas  IV





EDYSUSILO S.Pd.
NIP. 196907151993061001





Tidak ada komentar :