DELAPAN STANDAR PENDIDIKAN
| ||
1. | Standar Sarana dan Prasarana | |
1.1. | Apakah sarana sekolah sudah memadai? | |
1.2. | Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik? | |
| | |
2. | Standar Isi | |
2.1. | Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan? | |
2.2. | Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi pserta didik? | |
| | |
3. | Standar Proses | |
3.1. | Apakah silabus sudah sesuai dan relevan? | |
3.2. | Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif? | |
3.3. | Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat? | |
3.4. | Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL? | |
3.5. | Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik? | |
3.6. | Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan semangat berprestasi? | |
| | |
4. | Standar Penilaian | |
4.1. | Sistem penilaian apa yang digunakan untuk menilai peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik? | 19 |
4.2. | Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar? | 20 |
4.3. | Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka? | 21 |
| | |
5. | Standar Kompetensi Lulusan | |
5.1. | Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan? | |
5.2. | Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat? | |
| | |
6. | Standar Pengelolaan | |
6.1. | Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak? | |
6.2. | Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai? | |
6.3. | Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar | |
6.4. | Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid? | |
6.5. | Bagaimana cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagai para pendidik dan tenaga kependidikan? | |
6.6. | Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah? | |
| | |
| | |
7. | Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan | |
7.1. | Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi? | |
| | |
8. | Standar Pembiayaan | |
8.1. | Bagaimana sekolah mengelola keuangan? | |
8.2. | Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya? | |
8.3. | Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses? | |
| | |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar