Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 08 April 2012

PENILAIAN KEPALA SEKOLAH

                   KEPALA SEKOLAH YANG DINILAI


                                             FORMAT IDENTITAS DIRI

IDENTITAS KEPALA SEKOLAH YANG DINILAI
a.      Nama                                            :  ………………………………………........................ (1)
N I P/No.Seri Karpeg                     :  …………………………………/……...................... (2)
Tempat/Tanggal Lahir                  :  …………………………………/.…........................ (3)
Pangkat/Jabatan/Golongan          :  ………………………………………........................ (4)
TMT sebagai guru/Kepala
Sekolah                                          :  ………………………………/………........................ (5)
NUPTK/NRG                                  :  ………………………………/………........................ (6)
Masa Kerja                                    :  …… Tahun ...... Bulan                                      (7)
Jenis Kelamin                                :           L / P                                                         (8)
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi  : ……………………………………….......................... (9)
Program Keahlian yang diampu   : ………………………………………........................ (10)
b.      Nama Instansi/Sekolah                 : ……………………………………….........................(11)
Telp / Fax                                       : ……………………………………….........................(12)
Kelurahan                                       : ………………………………………........................ (13)
Kecamatan                                     : ……………………………………….........................(14)
Kota/Kabupaten                             : ………………………………………........................ (15)
Provinsi                                          :  ………………………………………....................... (16)
IDENTITAS PENILAI
a.      Nama                                            : ……………………………………….........................(17)
NIP                                                 : ………………………………………..........................18)
b.      SK Penugasan (Jika ada)
Nomor                                           : ………………………………………........................ (19)
Tanggal                                         : ……………………………………….........................(20)
Berlaku sampai dengan                : ……………………………………….........................(21)
                                                                         ……………., ……………, .........… (22)
Penilai,                                                                        Kepala Sekolah yang dinilai,

.................................                                             ……………………………..     (23)
NIP. ……………………......                                           NIP. ……………………...

B.      FORMAT PENILAIAN KINERJA
                   
1.      Kompetensi          : Kepribadian dan Sosial (PKKS 1)                                                
KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI (24)
SKOR
(25)
1.      Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah.

1   2   3   4
2.      Melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.

1   2   3   4
3.      Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.

1   2   3   4
4.      Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.

1   2   3   4
5.       Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

1   2   3   4
6.      Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain.

1   2   3   4
7.      Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah.

1   2   3   4
Jumlah Skor
              (26)
SKOR RATA-RATA = JUMLAH SKOR : 7 =

               (27)
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:                                                                                       (28)   




2.      Kompetensi          : Kepemimpinan Pembelajaran (PKKS 2)
KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
(24)
SKOR
(25)
1.      Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah.

1   2   3   4
2.      Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standard yang tinggi.

1   2   3   4
3.      Mengembangkan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization).

1   2   3   4
4.      Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran.

1   2   3   4
5.      Memegang teguh tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran

1   2   3   4
6.      Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif.

1   2   3   4
7.      Membangun rasa saling percaya dan memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah/madrasah

1   2   3   4
8.      Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.

1   2   3   4
9.      Mengembangan kurikulum dan kegiatan  pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah.

1   2   3   4
10.  Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal.

1   2   3   4
Jumlah Skor
               (26)
SKOR RATA-RATA = JUMLAH SKOR : 10 =

               (27)
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:                                                                                       (28)




1.      Kompetensi          : Pengembangan Sekolah (PKKS 3)
KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
(24)
SKOR
(25)
1.      Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah.

1   2   3   4
2.      Mengembangkan struktur organisasi sekolah/ madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.

1   2   3   4
3.      Melaksanakan pengembangan sekolah/ madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah.

1   2   3   4
4.      Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standard nasional pendidikan.

1   2   3   4
5.      Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat.

1   2   3   4
6.      Merencanakan dan menindaklanjuti hasil monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

1   2   3   4
7.      Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah/madrasah.

1   2   3   4
Jumlah Skor
               (26)
Skor Rata-Rata = Jumlah Skor : 7 =
              (27)
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:                                                                                      (28)





2.      Kompetensi          : Manajemen Sumber Daya (PKKS 4)
KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
(24)
SKOR
(25)
·         Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.

1   2   3   4
·         Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.

1   2   3   4
·         Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip-prinsip efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas.

1   2   3   4
·         Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan, dan kesehatan. 

1   2   3   4
·         Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/ madrasah.

1   2   3   4
·         Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

1   2   3   4
·         Mengelola layanan-layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah.

1   2   3   4
·         Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiat­an pembelajaran dan ma­na­je­men sekolah/madrasah.

1   2   3   4
Jumlah Skor
             (26)
Skor Rata-Rata = Jumlah Skor : 8 =
             (27)
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:                                                                                     (28)








3.      Kompetensi          : Kewirausahaan (PKKS 5)
KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
(24)
SKOR
(25)
1.      Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/ madrasah.

1   2   3   4
2.      Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran.

1   2   3   4
3.      Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

1   2   3   4
4.      Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.

1   2   3   4
5.      Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah/madrasah.

1   2   3   4
Jumlah Skor
               (26)
Skor Rata-Rata = Jumlah Skor : 5 =
              (27)

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:                                                                                      (28)












4.      Kompetensi          : Supervisi Pembelajaran (PKKS 6)
KRITERIA
BUKTI YANG TERIDENTIFIKASI
(24)
SKOR
(25)
1.      Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

1   2   3   4
2.      Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.

1   2   3   4
3.      Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

1   2   3   4
Jumlah Skor
               (26)         
Skor Rata-Rata = Jumlah Skor : 3 =
(27)
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:                                                                                       (28)




























REKAPITULASI HASIL PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

No
Kompetensi Penilaian
Kode
Skor rata-rata
(29)
1.       
Kepribadian dan Sosial
PKKS 1

2.       
Kepemimpinan
PKKS 2

3.       
Pengembangan Sekolah/Madrasah
PKKS 3

4.       
Pengelolaan Sumber Daya
PKKS 4

5.       
Kewirausahaan
PKKS 5

6.       
Supervisi
PKKS 6


Total
(30)

NKKS    = Total Skor Rata-rata /24 X 100 = ................ x     100     =    ...............                 (31)



……………,………………………   (32)
          Kepala Sekolah (33)                                                                    Tim Penilai,         (34)
          yang dinilai,



         Nama                                                                              Nama
         NIP                                                                                  NIP                


Tidak ada komentar :