GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
KELOMPOK 8
|
||
NO
|
NAMA
|
TEMPAT TUGAS
|
1
|
EDY
SUSILO,S.Pd
|
SDN 06
ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA
|
2
|
KIKI
HERLINA,S.Pd
|
SDN 06 ARMA
JAYA BENGKULU UTARA
|
3
|
MUSLIM,S.Pd.
|
SDN 40 KAUR
|
Mapel/Kelompok Kompetensi
|
:
|
PPKn Tinggi Kelompok Kompetensi H
|
|
Kompetensi
|
:
|
Profesional
|
|
Judul Modul
|
:
|
HAK ASASI MANUSIA dan PENEGAKAN HUKUM
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
9 JP @ 45 menit = 405 menit
|
|
Deskripsi Singkat
|
:
|
1.
Implementasi Perlindungan
HAM dalam Masyarakat
2.
Penegakan Hukum dalam Implemenetasi
HAM
3.
Kebebasan Berorganisasi
sebagai cermin penerapan HAM
|
|
Kompetensi
|
|
|
|
a. Kompetensi Inti
|
:
|
|
|
b. Kompetensi Guru
|
:
|
1.
Mendeskripsikan
keputusan bersama sebagai cerminan penerapan Hak Asasi Manusia
|
|
|
|
2.
Mendeskripsikan perilaku
perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
|
|
|
|
3.
Menganalisis
contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar
secara kontekstual
4.
Menganalisis
contoh Kebebasan Berorganisasi
sebagai cermin penerapan Hak asasi manusia
|
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
METODE
|
ALAT BANTU /
MEDIA
|
ESTIMASI WAKTU
|
REFERENSI
|
1.Mendeskripsikan keputusan
bersama sebagai cerminan penerapan Hak Asasi Manusia
Dalam Modul tertulis
1. Menjelaskan pengertian keputusan
bersama
2.Mendeskripsikan keputusan bersama sebagai cerminan
penerapan Hak
Asasi Manusia
3. Memberikan contoh penerapan keputusan bersama di rumah, di
sekolah dan di masyarakat
|
Keputusan
bersama sebagai cerminan penerapan HAM
|
· Pengertian keputusan
bersama (COCOK)
· Manfaat keputusan
bersama ( Dasar Keputusan Bersama)
·
Tata
cara pengambilan keputusan bersama ( Manfaat
Keputusan Bersama)
· Keputusan bersama sebagai cerminan penerapan HAM (Tata Cara Pengambilan
Keputusan Bersama)
·
Sikap
patiuh terhadap keputusan bersama (Contoh
Bentuk-bentuk Keputusan Bersama)
·
6. Sikap Patuh Terhadap
Keputusan Bersama
7. Penerapan HAM di rumah dan di sekolah
|
·
Tanya jawab
·
Diskusi kelas
·
Penugasan mandiri
|
·
LCD
·
Lembar Kerja
·
Media: Koran,majalah
·
Compec disc
·
|
45’
|
·
PPKn SD
·
Realita kehidupan
sehari-hari
· Berbagai
buku sumber belajar PPKn (berbagai penerbit)
· Buku
sejarah Indonesia (30 Indonesia merdeka
|
|
|
|
|
|
|
|
2.Mendeskripsikan
perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara
kontekstual
1.
Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar secara kontekstual
2.
Mendeskripsikan perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar
secara kontekstual
3.
Menganalisis contoh perilaku pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar secara kontekstual
|
perlindungan HAM dalam masyarakat
Implementasi Perlindungan dan Pelanggaran HAM
dalam
Masyarakat
|
·
Landasan
hukum penegakan HAM
·
Upaya
pemajuan, pernghormatan dan penegakan HAM (2.
Undang-Undang Perlindungan HAM)
·
Hambatan
pemajuan, pernghormatan dan penegakan HAM (3. Undang-Undang dan Jaminan Perlindungan Anak)
·
4. Upaya Pemajuan,
Penghormatan, dan Penegakan HAM
·
5. Hambatan dalam
Pemajuan, Penghormatan, dan Penegakan HAM
·
6. Instrumen HAM Nasional
·
7. Hukum Internasional
tentang HAM yang telah diratifikasi Negara RI
·
8. Kasus-Kasus
Pelanggaran HAM di Indonesia
|
·
Tanya jawab
·
Diskusi kelas
·
Penugasan mandiri
|
·
LCD
·
Lembar Kerja
|
|
·
PPKn SD
·
Realita
kehidupan sehari-hari
· Berbagai buku sumber belajar PPKn (berbagai
penerbit)
·
Buku sejarah
Indonesia (30 Indonesia merdeka
|
|
|
|
|
|
|
|
3.Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak
Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
1. Menjelaskan
pengertian organisasi dan
2. Mengidentifikasi
contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam
masyarakat sekitar
secara kontekstual
3. Menganalisis contoh
Kebebasan Berorganisasi sebagai cermin penerapan
Hak asasi manusia
|
contoh perlindungan HAM dalam masyarakat
Kebebasan Berorganisasi dalam Penerapan Hak Asasi
Manusia
|
·
Kasus-kasus
pelanggaran HAM
·
Contoh
Perilaku Perlindungan HAM dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
1. Pengertian organisasi
2. Unsur-unsur organisasi
3. Bentuk-bentuk organisasi
4. Jenis-jenis organisasi
5.
Macam-macam organisasi
|
·
Tanya jawab
·
Diskusi kelas
·
Penugasan mandiri
·
Penugasan kelompok
·
|
·
LCD
·
Lembar Kerja
|
|
·
PPKn SD
·
Realita
kehidupan sehari-hari
· Berbagai
buku sumber belajar PPKn (berbagai penerbit)
·
Buku sejarah Indonesia (30 Indonesia merdeka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh Kebebasan Berorganisasi
sebagai cermin penerapan HAM
|
·
Pengertian
Organisasi
·
Unsur-unsur
organisasi
·
Bentuk-bentuk
organisasi
·
Jenis-jeniss
organisasi
·
Macam-macam
organisasi masyarakat
·
Contoh
kebebasan berorganisasi sebagai cermin penerapan HAM
|
·
Tanya jawab
·
Diskusi kelas
·
Penugasan mandiri
|
·
LCD
·
Lembar Kerja
|
|
·
PPKn SD
·
Realita
kehidupan sehari-hari
|
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel/Kelompok Kompetensi
|
:
|
PPKn Tinggi Kelompok Kompetensi H
|
Kompetensi
|
:
|
Profesional
|
Judul Modul
|
:
|
HAK ASASI MANUSIA dan PENEGAKAN HUKUM
|
Alokasi Waktu
|
:
|
9 JP @ 45 menit = 405 menit
|
Deskripsi Singkat
|
:
|
1.
Implementasi Perlindungan
HAM dalam Masyarakat
2.
Penegakan Hukum dalam
Implemenetasi HAM
3.
Kebebasan Berorganisasi
sebagai cermin penerapan HAM
|
TAHAPAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERSIAPAN
|
Mengecek kelengkapan
alat pembelajaran, seperti LCD
Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer,
atau media pembelajaran lainnya.
|
45’
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Perkenalan dan
mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.
|
45’
|
Mengajak peserta berdinamika dengan tepuk kompak
mengupayakan suasana yang kondusif dan siap mengikuti pelatihan
|
||
Menginformasikan tentang realita dalam kehidupan sehari-hari
, terkait dengan hak asasi manusia (suami, istri, anak)
menjelaskan kompetensi,
tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.
|
||
KEGIATAN INTI
|
a.
Brainstorming tentang problematika kehidupan sehari-hari terkait dengan
realita penerapan Hak Asasi Manusia di lingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat kehidupan ideal berdasarkan norma dengan kasus-kasus pelanggaran
terhadap nilai, norma dan moral Pancasila
|
90’
|
b.
Mengkaji materi Hak Asasi Manusia dan melakukan aktivitas al:
|
180’
|
|
1)
Bersama-sama mengidentifikasi lambadasa hukum penegakan HAM di Indonesia
2)
Diskusi klasikal tentang Undang-Undang Perlindungan HAM dikorelasikan
dengan realita sehari-hari di lingkungan masyarakat
3)
Menugaskan peserta secara mandiri untuk mengkaji jaminan perlindungan HAM
dan upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM
4)
Melakukan aktivitas mengisi lembar kerjatentang contoh pelanggaran HAM
dalam kehidupan sehari-hari
5)
Semua peserta berkelompok dan berdiskusi tentang hambatan penegakan HAM
6)
Instrumen hak asasimanusia dan
kasus yang sedang terjadi di lingkungan sekitar
|
|
|
c.
Diskusi Presentasi & tanya jawab
|
|
|
1)
Kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain
diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan
2)
Selanjutnya semua peserta mengerjakan tugas untuk mengisi lembar kerja
tentang penerapan kebebasan berorganisasi sebagai cerminan hak asasi manusia
yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
|
180’
|
|
d.
Fasilitator menayangkan video/youtube tentang pelanggaran HAM yang
terjadi di lingkungan masyarakat
|
180’
|
|
1)
Tanya jawab tentang tayangan video/youtube
2)
Peserta dibagi dalam kelompok kecil membahas dan mendeskripsikan konten
yang ada dalam tayangan video/youtube
3)
Selanjutnya semua peserta mengerjakan tugas untuk mengisi lembar kerja
tentang Pelanggaran HAM yang ada di daerah
|
|
|
e.
Laporan hasil kerja kelompok
|
45’
|
|
f.
Latihan soal uji kompetensi
|
|
|
|
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereview kegiatan belajar tentang
HAM dan penegakan hukum
|
45’
|
Refleksi dan umpan balik
|
||
Menutup kegiatan dan mengakhiri
dengan berdo’a bersama
|
||
Jumlah alokasi
waktu
|
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar