Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 01 Agustus 2016

GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA SILABUS DIKLAT

GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT



GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
KELOMPOK 8
NO
NAMA
TEMPAT TUGAS
1
EDY SUSILO,S.Pd
SDN 06 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA
2
KIKI HERLINA,S.Pd
SDN 06 ARMA JAYA BENGKULU UTARA
3
MUSLIM,S.Pd.
SDN 40 KAUR


Mapel/Kelompok Kompetensi
:
PPKn Tinggi Kelompok Kompetensi H

Kompetensi
:
Profesional

Judul Modul
:
HAK ASASI MANUSIA dan PENEGAKAN HUKUM

Alokasi Waktu  
:
9 JP @ 45 menit = 405 menit

Deskripsi Singkat
:
1.       Implementasi Perlindungan HAM dalam  Masyarakat
2.       Penegakan Hukum dalam Implemenetasi HAM
3.       Kebebasan Berorganisasi sebagai cermin penerapan HAM

Kompetensi


a. Kompetensi Inti
:

b. Kompetensi Guru
:
1.       Mendeskripsikan keputusan bersama sebagai cerminan penerapan Hak Asasi Manusia


2.       Mendeskripsikan perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual


3.       Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
4.       Menganalisis contoh Kebebasan Berorganisasi sebagai cermin penerapan Hak asasi manusia












INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
METODE
ALAT BANTU / MEDIA
ESTIMASI WAKTU
REFERENSI
1.Mendeskripsikan keputusan bersama sebagai cerminan penerapan Hak Asasi Manusia
Dalam Modul tertulis
1.    Menjelaskan pengertian keputusan bersama
2.Mendeskripsikan keputusan bersama sebagai cerminan penerapan Hak
   Asasi Manusia
3. Memberikan contoh penerapan keputusan bersama di rumah, di sekolah dan di masyarakat
Keputusan  bersama sebagai cerminan penerapan HAM
·    Pengertian keputusan bersama  (COCOK)
·    Manfaat keputusan bersama ( Dasar Keputusan Bersama)
·    Tata cara pengambilan keputusan bersama ( Manfaat Keputusan Bersama)
·    Keputusan  bersama sebagai cerminan penerapan HAM (Tata Cara Pengambilan Keputusan Bersama)
·    Sikap patiuh terhadap keputusan bersama (Contoh Bentuk-bentuk Keputusan Bersama)
·    6. Sikap Patuh Terhadap Keputusan Bersama
7. Penerapan HAM di rumah dan di sekolah



·         Tanya jawab
·         Diskusi kelas
·         Penugasan mandiri

·         LCD
·         Lembar Kerja
·         Media: Koran,majalah
·         Compec disc
·          
45’
·   PPKn SD
·   Realita kehidupan sehari-hari
·  Berbagai buku sumber belajar PPKn (berbagai penerbit)
·  Buku sejarah Indonesia (30 Indonesia merdeka







2.Mendeskripsikan perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual

1. Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
2. Mendeskripsikan perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar secara kontekstual
3. Menganalisis contoh perilaku pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar secara kontekstual
perlindungan HAM dalam masyarakat

Implementasi Perlindungan dan Pelanggaran HAM dalam
Masyarakat
·         Landasan hukum penegakan HAM
·         Upaya pemajuan, pernghormatan dan penegakan HAM (2. Undang-Undang Perlindungan HAM)
·         Hambatan pemajuan, pernghormatan dan penegakan HAM (3. Undang-Undang dan Jaminan Perlindungan Anak)
·         4. Upaya Pemajuan, Penghormatan, dan Penegakan HAM
·         5. Hambatan dalam Pemajuan, Penghormatan, dan Penegakan HAM
·         6. Instrumen HAM Nasional
·         7. Hukum Internasional tentang HAM yang telah diratifikasi Negara RI
·         8. Kasus-Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
·         Tanya jawab
·         Diskusi kelas
·         Penugasan mandiri
·         LCD
·         Lembar Kerja

·   PPKn SD
·   Realita kehidupan sehari-hari
·  Berbagai buku sumber belajar PPKn (berbagai penerbit)
·   Buku sejarah Indonesia (30 Indonesia merdeka







3.Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
1. Menjelaskan pengertian organisasi dan
2. Mengidentifikasi contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam
masyarakat sekitar secara kontekstual
3. Menganalisis contoh Kebebasan Berorganisasi sebagai cermin penerapan
Hak asasi manusia
contoh perlindungan HAM dalam masyarakat

Kebebasan Berorganisasi dalam Penerapan Hak Asasi
Manusia
·         Kasus-kasus pelanggaran HAM
·         Contoh Perilaku Perlindungan HAM dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
1.       Pengertian organisasi
2.       Unsur-unsur  organisasi
3.        Bentuk-bentuk organisasi
4.       Jenis-jenis organisasi
5.      Macam-macam organisasi

·         Tanya jawab
·         Diskusi kelas
·         Penugasan mandiri
·         Penugasan kelompok
·          
·         LCD
·         Lembar Kerja

·   PPKn SD
·   Realita kehidupan sehari-hari
·  Berbagai buku sumber belajar PPKn (berbagai penerbit)
·   Buku sejarah Indonesia (30 Indonesia merdeka








Contoh  Kebebasan Berorganisasi sebagai cermin penerapan HAM
·         Pengertian Organisasi
·         Unsur-unsur organisasi
·         Bentuk-bentuk organisasi
·         Jenis-jeniss organisasi
·         Macam-macam organisasi masyarakat
·         Contoh kebebasan berorganisasi sebagai cermin penerapan HAM
·         Tanya jawab
·         Diskusi kelas
·         Penugasan mandiri
·         LCD
·         Lembar Kerja

·   PPKn SD
·   Realita kehidupan sehari-hari


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel/Kelompok Kompetensi
:
PPKn Tinggi Kelompok Kompetensi H
Kompetensi
:
Profesional
Judul Modul
:
HAK ASASI MANUSIA dan PENEGAKAN HUKUM
Alokasi Waktu  
:
9 JP @ 45 menit = 405 menit
Deskripsi Singkat
:
1.       Implementasi Perlindungan HAM dalam  Masyarakat
2.       Penegakan Hukum dalam Implemenetasi HAM
3.       Kebebasan Berorganisasi sebagai cermin penerapan HAM


TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
PERSIAPAN
Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media pembelajaran lainnya.
45’
KEGIATAN PENDAHULUAN
Perkenalan dan  mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.
45’
Mengajak peserta berdinamika dengan tepuk kompak mengupayakan suasana yang kondusif dan siap mengikuti pelatihan
Menginformasikan  tentang realita dalam kehidupan sehari-hari , terkait dengan hak asasi manusia (suami, istri, anak)
menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran.
KEGIATAN INTI

a.       Brainstorming tentang problematika kehidupan sehari-hari terkait dengan realita penerapan Hak Asasi Manusia di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat kehidupan ideal berdasarkan norma dengan kasus-kasus pelanggaran terhadap nilai, norma dan moral Pancasila
90’
b.       Mengkaji materi Hak Asasi Manusia dan melakukan aktivitas al:
180’
1)       Bersama-sama mengidentifikasi lambadasa hukum penegakan HAM di Indonesia
2)       Diskusi klasikal tentang Undang-Undang Perlindungan HAM dikorelasikan dengan realita sehari-hari di lingkungan masyarakat
3)       Menugaskan peserta secara mandiri untuk mengkaji jaminan perlindungan HAM dan upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM
4)       Melakukan aktivitas mengisi lembar kerjatentang contoh pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari
5)       Semua peserta berkelompok dan berdiskusi tentang hambatan penegakan HAM
6)       Instrumen hak asasimanusia  dan kasus yang sedang terjadi di lingkungan sekitar


c.       Diskusi Presentasi & tanya jawab

1)       Kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan

2)       Selanjutnya semua peserta mengerjakan tugas untuk mengisi lembar kerja tentang penerapan kebebasan berorganisasi sebagai cerminan hak asasi manusia yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
180’
d.       Fasilitator menayangkan video/youtube tentang pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan masyarakat
180’
1)       Tanya jawab tentang tayangan video/youtube
2)       Peserta dibagi dalam kelompok kecil membahas dan mendeskripsikan konten yang ada dalam tayangan video/youtube
3)       Selanjutnya semua peserta mengerjakan tugas untuk mengisi lembar kerja tentang Pelanggaran HAM yang ada di daerah

e.       Laporan hasil kerja kelompok
45’
f.        Latihan soal uji kompetensi



KEGIATAN PENUTUP

Mereview kegiatan belajar  tentang HAM dan penegakan hukum
45’
Refleksi dan umpan balik
Menutup  kegiatan dan mengakhiri dengan berdo’a bersama
Jumlah alokasi waktu





Tidak ada komentar :