Alokasi waktu : 66 jam pelajaran
Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar yang
akan dicapai
|
Materi Pokok
|
Subtema: 1 Perjuangan Para Pahlawan (22 jam pelajaran)
|
|
|
·
Membaca teks tentang perjuangan Raja
Purnawarman, kemudian menjawab pertanyaan, dan mengulas kembali tentang sikap
kepahlawanannya terkait dengan makna sila keempat Pancasila
·
Menuliskan hasil diskusi tentang sikap
kepahlawanan dalam bentuk tabel
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
·
Kerajaan Hindu dan Buddha
|
|
|
|
·
Mengamati gambar, membaca teks, membuat
peta pikiran dan mempresentasikan tentang pahlawan yang dikenal di daerahnya,
perjuangannya, dan sikap kepahlawanannya dikaitkan dengan makna sila keempat
Pancasila
·
Berdiskusi dan memberikan contoh tentang
sikap sehari-hari dikaitkan dengan pengamalan sila-sila dalam Pancasila. Misalnya: belajar giat yang termasuk
sikap-sikap pahlawan yang harus dicontoh
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
|
|
|
|
·
Membaca teks dan menceritakan kembali isi
cerita tentang penguasa yang dianggap sebagai pahlawan di daerahnya dengan
menggunakan bahasanya sendiri secara rinci
|
BI KD 3.7
BI KD 4.7
|
·
Teks nonfiksi
|
·
Menceritakan contoh sikap-sikap
kepahlawanan yang terjadi di lingkungan sekitar
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
|
·
Melakukan percobaan tentang cahaya,
menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan: cahaya
yang merambat lurus, menembus benda bening, dipantulkan, dibiaskan
·
Menulis laporan tentang sifat cahaya dan
hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar
·
Menyebutkan sifat-sifat cahaya terkait
dengan cakram warna
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
·
Sifat-sifat cahaya
|
|
|
|
|
|
|
·
Membaca prosedur tentang membuat cakram
warna, kemudian melakukan percobaan membuat cakram warna, dan
mengomunikasikan hasilnya dengan detail
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
·
Membuat cakra
|
·
Membaca teks, mengamati gambar,
mengidentifikasi, berdiskusi dan mengomunikasikan peninggalan kerajaan di
masa Hindu, Buddha, dan Islam serta
pengaruhnya bagi wilayah setempat
·
Mengamati salah satu bukti peninggalan
sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih
tersisa yaitu candi Muara Takus
·
Membaca teks tentang kerajaaan di zaman
Hindu Buddha, dan pengaruhnya pada
budaya bangsa
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
·
Kerajaan Hindu Buddha
|
·
Mengamati teks lagu, mengenal notasi,
mengamati contoh yang diberikan guru, dan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar
dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
·
Tanda tempo dan tinggi rendah nada
|
·
Mengamati paranada dalam lagu, menemukan
garis sejajar dan garis berpotongan dalam paranada
|
|
|
|
|
|
Subtema
2: Pahlawanku Kebanggaanku
(22
jam pelajaran)
|
|
|
· Berdiskusi dan
menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima Pancasila
· Memberikan contoh pengamalan dari sila ke lima
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
· Menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan
makna sila kelima, dan menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan
sila kelima Pancasila
· Berdiskusi, mengamati gambar, membaca teks, dan
menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional
Indonesia
· Melakukan simulasi, menjelaskan kaitan sikap
kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca teks dan menyebutkan informasi yang sudah
diketahui dan yang ingin diketahui, dan mempresentasikannya melalui bahasa
lisan dan tulisan
· Berdiskusi dan mempresentasikan informasi dengan
menggunakan tabel KW (know–what do you
want to know)
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
|
|
|
· Melakukan percobaan tentang lup, menyimpulkan, dan
menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan
penglihatan, kemudian dipresentasikan melalui bahasa lisan dan tulisan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Sifat-sifat cahaya
|
· Membaca teks dan menambah informasi terhadap yang
sudah diketahui dan yang ingin diketahui
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
· Melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin,
kemudian menyimpulkan dan menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan
hubungannya dengan penglihatan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Cahaya
dan penglihatan
|
· Mengamati gambar dan mengidentifikasi peninggalan
kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat
· Berdiskusi dan mengomunikas-ikan peninggalan
kerajaan di masa Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan
peta pikiran
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan Islam
|
|
|
|
· Mengamati gambar, membaca teks, dan menyajikan
informasi tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi
masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran
· Menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran
tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat
di wilayah setempat
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
|
|
|
·
Mengamati teks lagu, mengidentifikasi,
mengamati contoh yang diberikan guru, berlatih,
dan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang
tepat
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
·
Tanda tempo dan tinggi rendah nada
|
|
|
|
Subtema
3: Sikap Kepahlawanan
(22
jam pelajaran)
|
|
|
· Berdiskusi dan menuliskan sikap kepahlawan dan
menghubungkan dengan nilai-nilai Pancasila
· Memberikan pendapat terhadap tindakan sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
|
|
|
|
· Membaca teks non fiksi, mengamati gambar,
berdiskusi, dan menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu sosok
yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita
· Mempresentasikan informasi yang diketahui tentang
salah sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita dalam bentuk
simulasi, mempresentasikan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila
Pancasila
|
BI KD 3.7
BI KD 4.7
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
|
|
|
· Menceritakan pengalaman diri dalam mengamalkan
nilai-nilai Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
|
· Mengamati gambar peta pahlawan nasional
· Menyebutkan informasi tentang sikap kepahlawanan
dari pahlawan nasional yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui lebih
lanjut
· Mengumpulkan informasi yang sudah dan ingin
diketahui lebih lanjut
· Membaca teks tentang dan mengisi peta pikiran
tentangnya
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
|
|
|
|
|
|
· Mengidentifikasi sikap kepahlawanan yang dimilikinya
· Mempresentasikan sikap kepahlawanan yang dimilikinya
dan yang dimiliki oleh Raja dimasa Islam serta pengaruhnya pada sikap
masyarakat di sekitar dengan rinci
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan Islam
|
|
|
|
· membaca teks tentang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,
menulis informasi tentang apa yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui
lebih lanjut
· Berdiskusi dan mempresentasikan informasi yang
ditulis melalui Bahasa lisan dan tulisan
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
|
|
|
· Melakukan percobaan dengan berbagai jenis cermin
cekung, cermin cembung dan cermin datar
· Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya
dengan penglihatan dengan benar.
· Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya
dengan penglihatan dengan rinci dan benar
· Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya
dengan penglihatan
· Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya
dengan penglihatan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Cermin
· Cahaya dan indera penglihatan
|
|
|
|
|
|
|
· Membuat periskop dan melakukan percobaan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Membuat meriskop
|
· Mempresentasikan sikap kepahlawanan sebagai
peninggalan sikap kepahlawanan raja-raja di masa Hindu, Buddha dan Islam
serta pengaruhnya
· Mengamati gambar, membaca teks, menyajikan informasi
tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat
di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan Hindu – Buddha
· Kerajaan Islam
|
|
|
|
· Mengamati teks lagu, mengidentifikasi, berlatih, dan menyanyikan syair lagu
panjang
· Menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan tinggi rendah
dan tempo
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
·
Tanda tempo dan tinggi rendah nada
|
|
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar