Alokasi waktu :
66 jam pelajaran
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
|
Materi Pokok
|
|
Subtema 1: Jenis-jenis pekerjaan
(22 jam pelajaran)
|
|
|
• Mengamati burung Garuda Pancasila dan menyebutkan
simbol serta sila sila pancasila
• Mendiskusikan dalam kelompok tentang makna sila
pertama Pancasila dan contohnya dalam kegiatan sehari hari
• Menuliskan pengalaman diri melaksanakan sila pertama Pancasila yaitu sifat jujur
• Mendiskusikan nilai-nilai yang harus dimiliki untuk mendapatkan
pekerjaan salah satunya jujur
• Menganalis dan menyampaikan pendapat pribadi tentang
sikap tokoh dalam cerita yang berhubungan
dengan nilai-nilai Pancasila
• Menilai dan mendeskripsikan tokoh yang ada di dalam
cerita
• Membaca teks tentang “Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur” dan
mendiskusikannya dihubungkan dengan sila pertama Pancasila
• Menuliskan pendapat pribadi teks yang telah dibaca
tentang “pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur”
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Mendiskusikan tentang pentingnya menjaga kelestarian
tumbuhan sebagai upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam
• Menuliskan dan mempresentasikan contoh kegiatan yang
dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam di lingkungan
sekitar
• Menyusun 3 rencana kegiatan untuk menjaga
kelestarian sumber daya alam di sekitar lingkungan agar terlindungi
• Memilih satu kegiatan menjaga kelestarian alam,
menuliskan laporannya dan mempresentasikan hasil kegiatan tersebut
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca teks tentang pekerjaan di lingkungannya dan mendiskusikannya
• Mengidentifikasi jenis jenis pekerjaan yang
dibutuhkan di masyarakat
• Mendiskusikan tentang jenis pekerjaan tertentu
• Mengidentifikasi pekerjaan di sekitar lingkungan
·
Membandingkan
pekerjaan yang ada di lingkungan tertentu dengan pekerjaan di lingkungan lain
dengan menggunakan diagram Venn secara berkelompok
• Menyusun
laporan dari diagram Venn dalam bentuk tulisan dan mempresentasikannya
secara berkelompok
• Menggali informasi (wawancara) tentang kegiatan
ekonomi dan berbagai pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar
• Mempresentasikan hasil wawancara tentang kegiatan
ekonomi dan berbagai pekerjaan
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi,
distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Menggambar tiga dimensi tentang bangunan idaman
|
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
· Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek
|
Subtema 2: Pekerjaan di Sekitar Kita (22 jam pelajaran)
|
|
|
• Mengamati
simbol dan mendeskripsikan makna sila ke dua Pancasila dengan benar
• Mengidentifikasi aktifitas yang mencerminkan sila
kedua Pancasila dan juga aktifitas yang bertentangan dengan sila kedua
pancasila
• Berdiskusi dan menuliskan kesepakatan kelas tentang pengamalan sila
ke dua Pancasila
· Membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik
terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dengan sila-sila pacasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca cerita pendek, mendiskusikannya dan menjawab
pertanyaannya
• Menyampaikan pendapat secara tulisan dan lisan
tentang cerita tersebut
• Menyampaikan pendapatnya mengenai suatu cerita
secara lisan maupun tulisan
|
BI KD 3.5
BI KD 4.5
|
· Menyampaikan pendapat pribadi
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca cerita tentang pekerjaan tertentu dan
memberikan pendapat
• Menilai unsur cerita (pesan moral), menuliskan dan
menceritakannya
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi,
distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
• Mendiskusikan dan membandingkan penggunaan teknologi
penangkapan ikan baik tradisional ataupun modern
• Menganalisis dan menuliskan pemanfaatan teknologi modern serta
dampaknya bagi pemanfaatan sumber daya alam
·
Menuliskan tentang
sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh kita dan bagaimana membatasi
penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Dampak penggunaan teknologi dalam pemanfaatan sumber
daya alam
|
|
|
|
|
|
|
• Mengamati gambar kegiatan ekonomi mulai dari
produsen sampai konsumen (misalnya ikan yang ditangkap nelayan sampai di
konsumsi masyarakat)
• Mendiskusikan dan mempresentasikan dalam kelompok: jenis kegiatan ekonomi, Jenis barang yang
dijualbelikan, Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan
hasil dari setiap pekerjaan
• Mendiskusikan gambar tentang jenis barang yang diperjualbelikan
dan jenis pekerjaan yang terlibat
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang jenis barang
yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi,
distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Menggambar/melukis kegiatan yang menunjukkan
pengamalan sila ke dua Pancasila dengan kreatif
• Mempresentasikan gambar hasil karyanya sebagai
seorang pelukis
• Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah
dibuat pada pertemuan sebelumnya
• Menuliskan hasil apresiasi terhadap karya gambar
tiga dimensi
•
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dengan sila-sila pacasila
|
· Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Subtema 3: Pekerjaan orang tuaku
(22 jam pelajaran)
|
|
|
• Membaca teks tentang ‘sikap gotong royong dari
nelayan’ dan menjawab pertanyaan
|
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
|
· Pelaksanaan kewajiban dan hak
|
• Mengamati gambar simbol sila ke tiga pancasila,
mencari informasi tentang makna sila ketiga Pancasila
• Menganalisis masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan
pengamalan sila ketiga Pancasila
• Menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila
ketiga Pancasila
• Menceritakan kegiatan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka
pengamalan sila ketiga Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca teks tentang dongeng di daerahnya yang
berkaitan dengan kerja keras/pekerjaan
• Menilai dan menyajikan pesan moral berdasarkan
pendapat pribadi
• Menemukan unsur-unsur cerita dalam dongeng dan
menuliskannya
• Mengidentifikasi unsur instrinsik dari cerita yang
dibaca dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran
|
BI KD 3.5
BI KD 4.5
|
· Pendapat pribadi tentang isi buku sastra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Mengamati gambar kenampakan hutan di Kalimantan dan
mendiskusikan kondisi penurunan pohon di hutan kalimantan
• Mengidentifikasi kegiatan terkait pengontrolan dalam
pemanfaatan sumber daya alam
• Mewarnai peta hutan Kalimantan dan menginformasikan
dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan
sehari-hari dan upaya pencegahan
langkanya ketersediaan sumber daya alam
• Membaca teks tentang ‘Pengrajin cendera mata’ dan
menjawab pertannyaan
· Membaca teks tentang ‘Pengolahan Sampah’ dan membuat
peta pikiran
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Menuliskan upaya pengolahan sampah sebagai upaya
pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Pengolahan sampah
|
• Membaca teks tentang pengrajin kayu dan menjawab
pertanyaannya
• Berdiskusi dalam kelompok tentang proses pengolahan
kayu: dari bahan baku menjadi suatu produk, jenis pekerjaan dan produk yang
dihasilkannya
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi,
distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
• Mengamati bagan tentang proses pembuatan sarung
Samarinda
|
|
|
• Mengidentifikasi berbagai kegiatan ekonomi dan
perkerjaan yang ada di lingkungan sekitar
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
|
• Menggambar perahu nelayan
• Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah
dibuat sebelumnya
• Memberikan apresiasi terhadap karya gambar tiga
dimensi yang dibuat oleh
teman-temannya
• Menyajikan hasil apresiasi terhadap karya gambar
tiga dimensi
|
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
· Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Alokasi waktu : 66 jam pelajaran
Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar yang
akan dicapai
|
Materi Pokok
|
Subtema: 1 Perjuangan Para Pahlawan (22 jam pelajaran)
|
|
|
·
Membaca teks tentang perjuangan Raja
Purnawarman, kemudian menjawab pertanyaan, dan mengulas kembali tentang sikap
kepahlawanannya terkait dengan makna sila keempat Pancasila
·
Menuliskan hasil diskusi tentang sikap
kepahlawanan dalam bentuk tabel
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
·
Kerajaan Hindu dan Buddha
|
|
|
|
·
Mengamati gambar, membaca teks, membuat
peta pikiran dan mempresentasikan tentang pahlawan yang dikenal di daerahnya,
perjuangannya, dan sikap kepahlawanannya dikaitkan dengan makna sila keempat
Pancasila
·
Berdiskusi dan memberikan contoh tentang
sikap sehari-hari dikaitkan dengan pengamalan sila-sila dalam Pancasila. Misalnya: belajar giat yang termasuk
sikap-sikap pahlawan yang harus dicontoh
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
|
|
|
|
·
Membaca teks dan menceritakan kembali isi
cerita tentang penguasa yang dianggap sebagai pahlawan di daerahnya dengan
menggunakan bahasanya sendiri secara rinci
|
BI KD 3.7
BI KD 4.7
|
·
Teks nonfiksi
|
·
Menceritakan contoh sikap-sikap
kepahlawanan yang terjadi di lingkungan sekitar
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
|
·
Melakukan percobaan tentang cahaya,
menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan: cahaya
yang merambat lurus, menembus benda bening, dipantulkan, dibiaskan
·
Menulis laporan tentang sifat cahaya dan
hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar
·
Menyebutkan sifat-sifat cahaya terkait
dengan cakram warna
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
·
Sifat-sifat cahaya
|
|
|
|
|
|
|
·
Membaca prosedur tentang membuat cakram
warna, kemudian melakukan percobaan membuat cakram warna, dan
mengomunikasikan hasilnya dengan detail
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
·
Membuat cakra
|
·
Membaca teks, mengamati gambar,
mengidentifikasi, berdiskusi dan mengomunikasikan peninggalan kerajaan di
masa Hindu, Buddha, dan Islam serta
pengaruhnya bagi wilayah setempat
·
Mengamati salah satu bukti peninggalan
sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih
tersisa yaitu candi Muara Takus
·
Membaca teks tentang kerajaaan di zaman
Hindu Buddha, dan pengaruhnya pada
budaya bangsa
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
·
Kerajaan Hindu Buddha
|
·
Mengamati teks lagu, mengenal notasi,
mengamati contoh yang diberikan guru, dan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar
dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
·
Tanda tempo dan tinggi rendah nada
|
·
Mengamati paranada dalam lagu, menemukan
garis sejajar dan garis berpotongan dalam paranada
|
|
|
|
|
|
Subtema
2: Pahlawanku Kebanggaanku
(22
jam pelajaran)
|
|
|
· Berdiskusi dan
menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima Pancasila
· Memberikan contoh pengamalan dari sila ke lima
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
· Menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan
makna sila kelima, dan menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan
sila kelima Pancasila
· Berdiskusi, mengamati gambar, membaca teks, dan
menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional
Indonesia
· Melakukan simulasi, menjelaskan kaitan sikap
kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca teks dan menyebutkan informasi yang sudah
diketahui dan yang ingin diketahui, dan mempresentasikannya melalui bahasa
lisan dan tulisan
· Berdiskusi dan mempresentasikan informasi dengan
menggunakan tabel KW (know–what do you
want to know)
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
|
|
|
· Melakukan percobaan tentang lup, menyimpulkan, dan
menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan
penglihatan, kemudian dipresentasikan melalui bahasa lisan dan tulisan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Sifat-sifat cahaya
|
· Membaca teks dan menambah informasi terhadap yang
sudah diketahui dan yang ingin diketahui
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
· Melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin,
kemudian menyimpulkan dan menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan
hubungannya dengan penglihatan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Cahaya
dan penglihatan
|
· Mengamati gambar dan mengidentifikasi peninggalan
kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat
· Berdiskusi dan mengomunikas-ikan peninggalan
kerajaan di masa Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan
peta pikiran
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan Islam
|
|
|
|
· Mengamati gambar, membaca teks, dan menyajikan
informasi tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi
masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran
· Menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran
tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat
di wilayah setempat
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
|
|
|
·
Mengamati teks lagu, mengidentifikasi,
mengamati contoh yang diberikan guru, berlatih,
dan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang
tepat
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
·
Tanda tempo dan tinggi rendah nada
|
|
|
|
Subtema
3: Sikap Kepahlawanan
(22
jam pelajaran)
|
|
|
· Berdiskusi dan menuliskan sikap kepahlawan dan
menghubungkan dengan nilai-nilai Pancasila
· Memberikan pendapat terhadap tindakan sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
|
|
|
|
· Membaca teks non fiksi, mengamati gambar,
berdiskusi, dan menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu sosok
yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita
· Mempresentasikan informasi yang diketahui tentang
salah sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita dalam bentuk
simulasi, mempresentasikan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila
Pancasila
|
BI KD 3.7
BI KD 4.7
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
|
|
|
· Menceritakan pengalaman diri dalam mengamalkan
nilai-nilai Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
|
· Mengamati gambar peta pahlawan nasional
· Menyebutkan informasi tentang sikap kepahlawanan
dari pahlawan nasional yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui lebih
lanjut
· Mengumpulkan informasi yang sudah dan ingin
diketahui lebih lanjut
· Membaca teks tentang dan mengisi peta pikiran
tentangnya
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
|
|
|
|
|
|
· Mengidentifikasi sikap kepahlawanan yang dimilikinya
· Mempresentasikan sikap kepahlawanan yang dimilikinya
dan yang dimiliki oleh Raja dimasa Islam serta pengaruhnya pada sikap
masyarakat di sekitar dengan rinci
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan Islam
|
|
|
|
· membaca teks tentang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,
menulis informasi tentang apa yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui
lebih lanjut
· Berdiskusi dan mempresentasikan informasi yang
ditulis melalui Bahasa lisan dan tulisan
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan informasi
|
|
|
|
· Melakukan percobaan dengan berbagai jenis cermin
cekung, cermin cembung dan cermin datar
· Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya
dengan penglihatan dengan benar.
· Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya
dengan penglihatan dengan rinci dan benar
· Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya
dengan penglihatan
· Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya
dengan penglihatan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Cermin
· Cahaya dan indera penglihatan
|
|
|
|
|
|
|
· Membuat periskop dan melakukan percobaan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Membuat meriskop
|
· Mempresentasikan sikap kepahlawanan sebagai
peninggalan sikap kepahlawanan raja-raja di masa Hindu, Buddha dan Islam
serta pengaruhnya
· Mengamati gambar, membaca teks, menyajikan informasi
tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat
di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan Hindu – Buddha
· Kerajaan Islam
|
|
|
|
· Mengamati teks lagu, mengidentifikasi, berlatih, dan menyanyikan syair lagu
panjang
· Menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan tinggi rendah
dan tempo
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
·
Tanda tempo dan tinggi rendah nada
|
|
|
Alokasi waktu : 66 jam pelajaran
Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
|
Materi Pokok
|
Subtema 1: Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan (22 jam
pelajaran)
|
|
|
·
Menyimak cerita/gambar/tayangan tentang keragaman hewan dan tumbuhan di
Indonesia dengan penuh rasa syukur
·
Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai
manusia Indonesia dalam menjaga keragaman hewan dan tumbuhan yang ada
|
IPA
KD 3.1
IPA
KD 4.1
PPKn KD 1.4
PPKn KD 2.4
PPKn KD 3.4
PPKn
KD 4.4
|
·
Bagian tubuh hewan dan tumbuhan
|
|
|
|
·
Mencari informasi tentang interaksi suku bangsa di Indonesia dengan alam
(kearifan lokal)
|
IPS
KD 3.2
IPS
KD 4.2
|
·
Keragaman sosial budaya
|
·
Membaca teks puisi berkaitan dengan
keanekaragaman hewan dan tumbuhan
·
Tanya jawab mengenai isi dan makna puisi
yang telah dibaca
·
Membacakan teks puisi berkaitan dengan
keanekaragaman hewan dan tumbuhan dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
BI
KD 3.6
BI
KD 4.6
|
·
Puisi
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengamati dan mengidentifikasi bagian hewan
dan tumbuhan di sekitar
·
Membuat catatan hasil pengamatan bagian
hewan dan tumbuhan di sekitar dan membuat pertanyaan untuk diskusi
|
IPA
KD 3.1
IPA
KD 4.1
|
·
Bagian tubuh hewan dan tumbuhan
|
|
|
|
·
Membaca teks tentang keragaman kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh
masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya
(pertanian, perikanan, dan peternakan).
·
Mendiskusikan keragaman kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh
masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya
·
Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui
kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari
kreasi yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan
daerah lain
|
IPS
KD 3.4
IPS
KD 4.4
|
·
Keragaman ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
·
Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi
daerah yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan
daerah lain
|
SBdP
KD 3.3
SBdP
KD 4.3
|
·
Tari darerah
|
|
|
|
Subtema 2: Keindahan Alam Negeriku (22 jam pelajaran)
|
|
|
·
Menyimak cerita/ gambar/ tayangan tentang berbagai
bentuk keberagaman tempat tinggal suku bangsa di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa
·
Membaca cerita dan tanya jawab terkait berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan dengan rasa ingin tahu
|
PPKn KD 1.4
PPKn KD 2.4
PPKn KD 3.4
PPKn KD 4.4
|
·
Keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya
di Indonesia
|
|
|
|
·
Mendengarkan puisi yang menggambarkan
keindahan alam Indonesia dan bertanya jawab
·
Membacakan kembali puisi yang didengar
dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
BI KD 3.6
BI KD 4.6
|
·
Puisi
|
|
|
|
·
Membaca teks mengenai fungsi bagian-bagian
hewan dan tumbuhan
·
Mendiskusikan tentang perbedaan bentuk
bagian tertentu dari hewan dan tumbuhan berbeda dengan fungsi yang sama. (misalnya mengapa akar pohon mangga dan
pohon kelapa berbeda bentuknya sedangkan fungsinya sama)
|
IPA KD 3.1
IPA KD 4.1
|
·
Hubungan antara bentuk tubuh hewan dan
tumbuhan serta fungsinya
|
|
|
|
·
Mengamati gambar/foto/tayangan dan
mendiskusikan tentang keragaman
sosial budaya (tari, kuliner, rumah adat, pakaian tradisional, dan lainnya)
·
Mengumpulkan data
tentang keragaman sosial budaya siswa di
sekolah
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
·
Keragaman sosial budaya
|
|
|
|
·
Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari
melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak
tari kreasi di daerah setempat dan daerah lain
·
Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi
daerah sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia keindahan alam dari Tuhan
YME
|
SBdP
KD 3.3
SBdP
KD 4.3
|
·
Dasar gerak tari kreasi daerah
|
|
|
|
|
|
|
Subtema 3. Indahnya Peninggalan Sejarah (22 jam pelajaran)
|
|
|
·
Mengamati gambar/tayangan tentang peninggalan sejarah di Indonesia
·
Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai
manusia Indonesia dalam menjaga peninggalan sejarah
·
Mencari informasi kebermanfaatan
peninggalan sejarah Indonesia sebagai
salah satu sarana pemersatu bangsa
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
PPKn KD 1.4
PPKn KD 2.4
PPKn KD 3.4
PPKn KD 4.4
|
·
Keragaman sosial budaya
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca puisi tentang kemegahan peninggalan sejarah di
daerahnya
· Mendiskusikan isi dan amanat dalam puisi yang dibaca
· Mencari puisi tentang kemegahan peninggalan sejarah
dari sumber lain dan membacakannya dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
BI
KD 3.6
BI
KD 4.6
|
· Puisi
|
|
|
|
|
|
|
·
Mencari informasi mengenai bentuk dan fungsi
bagian tubuh hewan dan tumbuhan
·
Menyajikan informasi tentang bentuk dan
fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dalam suatu laporan
|
IPA KD 3.1
IPA KD 4.1
|
·
Hubungan antara bentuk dan fungsi bagian
tubuh hewan dan tumbuhan
|
|
|
|
·
Membaca teks tentang kemegahan peninggalan
sejarah di daerahnya.
·
Mendiskusikan pengaruh kemegahan
peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat
·
Menyajikan secara lisan maupun tertulis
hasil diskusi pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi
masyarakat
|
IPS
KD 3.4
IPS
KD 4.4
|
·
Keragaman sosial budaya
·
Keragaman ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
·
Mencari informasi mengenai tari daerah yang
dianggap sebagai peninggalan sejarah budaya
·
Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi
daerah sebagai upaya melestarikan peninggalan sejarah budaya
|
SBdP
KD 3.3
SBdP
KD 4.3
|
·
Dasar gerak tari kreasi daerah
|
|
|
Alokasi Waktu : 66
jam pelajaran
Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar yang
akan dicapai
|
Materi Pokok
|
Subtema 1: Aku dan Cita -
Citaku
(22
jam pelajaran)
|
|
|
·
Bermain kartu kata dan kartu gambar tentang
simbol dan sila-sila Pancasila serta maknanya
·
Menyimak cerita/mengamati vidio/film/
gambar tentang berbagai macam profesi dikaitkan dengan sila-sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Hubungan
simbol dengan sila Pancasila
|
|
|
|
·
Menggali informasi melalui wawancara di
rumah tentang berbagai macam profesi orang tua masing-masing
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
·
Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
(produksi, distribusi, konsumsi)
|
·
Menuliskan hasil wawancara dengan bahasa
sendiri, dapat dilengkapi dengan foto/vidio, dan lainnya dikaitkan dengan
sila-sila dalam Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Hubungan
simbol dengan sila Pancasila
|
·
Membaca teks fiksi dengan tema cita-cita
dan profesi
·
Menuliskan isi dan menceritakan dengan
bahasa sendiri tentang tokoh dan watak dalam teks fiksi
|
BI KD 3.9
BI KD 4.9
|
· Teks
fiksi
· Cita-cita
|
|
|
|
·
Menuliskan peta pikiran tentang kesukaan
diri dan cita-cita, dalam bentuk tulisan dan gambar, kemudian dipajang di
kelas
|
|
|
·
Wawancara untuk mendapatkan data tentang
cita-cita teman-teman di lingkungan sekolah
|
|
|
·
Menyajikan hasil laporan wawancara tentang cita-cita
dalam bentuk diagram batang
|
|
|
·
Membawa mainan dari rumah/yang ada di
lingkungan sekolah, bermain bersama dan mengidentifikasi berbagai macam gaya
yang didapatkan dari permainan tersebut. Misalnya : mobil-mobilan
menghasilkan gaya dorong
·
Menuliskan hasil identifikasi, benda (dari
mainan yang dimainkan) dan gaya yang dihasilkan
·
Mengumpulkan data identifikasi, menuliskan
kembali di papan tulis dan mempresentasikan hasil temuan dalam bentuk tabel
data
·
Menyimpulkan bahwa gaya terjadi antara dua
benda
|
IPA KD 3.3
IPA KD 4.3
|
· Pengertian
gaya
· Data
|
|
||
|
|
|
|
|
|
·
Mengamati gambar/foto/vidio/ teks bacaan
tentang: berbagai profesi dan kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan
masyarakat
·
Menghadirkan orang tua/beberapa narasumber
yang mempunyai profesi tertentu untuk menceritakan tentang kegiatan ekonomi
yang dilakukannya
·
Berdiskusi dengan orang tua/beberapa
narasumber tentang bagaimana pengelolaan kegiatan ekonominya
·
Membuat kesimpulan sderhana terkait
sumber-sumber ekonomi dari hasil wawancara dengan orang tua atau beberapa
narasumber
|
IPS
KD 3.4
IPS
KD 4.4
|
· Kegiatan
ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)
· Keragaman
sosial budaya
· Keragaman
ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengamati gambar/vidio/contoh dari guru,
tentang bentuk-bentuk gambar tiga dimensi
·
Menggambar bentuk tiga dimensi yang
berkaitan cita-cita diri dengan teknik bebas
|
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
· Gambar
tiga dimensi
|
|
|
|
|
|
|
Subtema 2: Hebatnya cita
– citaku (22
jam pelajaran)
|
|
|
·
Menggali informasi melalui wawancara
tentang cita-cita yang sudah dicapai dengan orang-orang di lingkungan
sekolah/di luar sekolah
·
Menuliskan hasil laporan wawancara tentang
“hebatnya cita-cita” dikaitkan dengan sila-sila dalam Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Hubungan
simbol dengan sila Pancasila
|
|
|
|
·
Menceritakan tentang hebatnya cita-cita
diri dengan bahasa sederhana
|
BI KD 3.9
BI KD 4.9
|
· Teks
fiksi
|
·
Membaca teks tentang tokoh-tokoh yang
terdapat pada teks fiksi dengan tema hebatnya cita-cita
·
Membandingkan watak masing-masing tokoh
pada teks fiksi dan menuliskan temuan watak/karakter tokoh di kertas yang
ditempel di maajalah dinding
Misalnya : malas, pekerja keras, giat belajar, bersungguh-sungguh
|
BI
KD 3.10
BI
KD 4.10
|
·
Membandingkan tokoh dan watak yang terdapat
pada teks fiksi
|
|
|
|
·
Mengamati gambar/ kejadian nyata yang ada
di sekitarnya atau melakukan demonstrasi tentang gaya. Contoh: mendorong
kursi, mengerek bendera, mainan magnet, menjatuhkan bola, mainan mobil
bergerak di atas permukaan kasar dan licin, dan lain-lain.
•
Melaporkan hasil identifikasi gaya yang
sudah dipraktekkan gaya otot, gaya pegas,
gaya listrik dengan benda-benda yang ada di sekitarnya
|
IPA KD 3.3
IPA KD 4.3
|
· Maca-macam
gaya
|
|
|
|
·
Mengumpulkan data/wawancara dengan beberapa
narasumber (lembaga atau perorangan) tentang kegiatan ekonominya untuk
meningkatkan kehidupan masyarakat
sekitar
·
Menyajikan secara lisan maupun tertulis
hasil identifikasi tentang: kegiatan ekonomi dan perniagaan, lapangan kerja, lembaga ekonomi
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
· Kegiatan
ekonomi
· Perniagaan
untuk meningkatkan kesejahteraan
|
|
|
|
·
Mengamati gambar/ vidio tentang sketsa
gambar bentuk hasil karya seniman, kemudian mengamati benda-benda tiga dimensi yang ada di lingkungan kelas
·
Membuat gambar bentuk dengan memasukkan
unsur nilai estetis, proporsi, gelap terang, dan komposi pada gambar
·
Model gambar bentuk, misalnya: benda-benda
3 dimensi yang ada di dalam kelas, mainan dengan bentuk sederhana
|
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
· Gambar
bentuk dan membentuk berdsarkan objek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Subtema 3 : Giat Berusaha
Meraih Cita–cita (22 jam pelajaran)
|
|
|
·
Membaca teks singkat dan mengamati gambar
orang-orang sukses, kemudian mendiskusikan bersama tentang karakter-karakter
positif yang diperlukan dalam meraih cita-cita dikaitkan dengan sila-sila
dalam Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Hubungan
simbol dengan sila Pancasila
|
·
Membaca teks
tentang cerita petualangan dalam meraih cita-cita, mengidentifikasi karakter/watak
dalam teks dengan tulisan/bahasa sederhana
·
Bermain peran tentang teks cerita
petualangan dalam meraih cita-cita
dengan menggunakan kosakata baku dengan benar
|
BI
KD 3.10
BI
KD 4.10
|
·
Membandingkan tokoh dan watak yang terdapat
pada teks fiksi
|
|
|
|
·
Mendemonstrasikan dan mengidentifikasi
manfaat gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA KD 3.3
IPA KD 4.3
|
· Manfaat
gaya
|
·
Membuat karya tiga dimensi dari bahan limbah (bahan daur
ulang yang ada di sekitar sekolah), yang dikaitkan dengan atribut sesuai
cita-cita kemudian dipajang di depan kelas, diapresiasi bersama
|
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
|
· Karya
tiga dimensi
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar