Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 25 September 2018

ALOKASI WAKTU MATERI TEMA 4-7 KELAS 4





Tema 4                             : Berbagai pekerjaan
Alokasi waktu                  : 66 jam pelajaran

Kompetensi Dasar yang akan dicapai
Materi Pokok
Subtema 1: Jenis-jenis pekerjaan
(22 jam pelajaran)


  Mengamati burung Garuda Pancasila dan menyebutkan simbol serta sila sila pancasila
  Mendiskusikan dalam kelompok tentang makna sila pertama Pancasila dan contohnya dalam kegiatan sehari hari
  Menuliskan pengalaman diri melaksanakan sila pertama Pancasila yaitu sifat jujur
  Mendiskusikan nilai-nilai yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan salah satunya jujur
  Menganalis dan menyampaikan pendapat pribadi tentang sikap tokoh dalam cerita yang berhubungan  dengan nilai-nilai Pancasila
  Menilai dan mendeskripsikan tokoh yang ada di dalam cerita
  Membaca teks tentang “Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur” dan mendiskusikannya dihubungkan dengan sila pertama Pancasila
  Menuliskan pendapat pribadi teks yang telah dibaca tentang “pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur”

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila














  Mendiskusikan tentang pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan sebagai upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam
  Menuliskan dan mempresentasikan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar
  Menyusun 3 rencana kegiatan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam di sekitar lingkungan agar terlindungi
  Memilih satu kegiatan menjaga kelestarian alam, menuliskan laporannya dan mempresentasikan hasil kegiatan tersebut 

IPA  KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam






  Membaca teks tentang pekerjaan di lingkungannya dan mendiskusikannya
  Mengidentifikasi jenis jenis pekerjaan yang dibutuhkan di masyarakat
  Mendiskusikan tentang jenis pekerjaan tertentu
  Mengidentifikasi pekerjaan di sekitar lingkungan
·   Membandingkan pekerjaan yang ada di lingkungan tertentu dengan pekerjaan di lingkungan lain dengan menggunakan diagram Venn secara berkelompok
  Menyusun  laporan dari diagram Venn dalam bentuk tulisan dan mempresentasikannya secara berkelompok
  Menggali informasi (wawancara) tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar
  Mempresentasikan hasil wawancara tentang kegiatan ekonomi dan  berbagai pekerjaan

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)














  Menggambar tiga dimensi tentang bangunan idaman
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek

Subtema 2: Pekerjaan di Sekitar Kita (22 jam pelajaran)


Mengamati  simbol dan mendeskripsikan makna sila ke dua Pancasila dengan benar
Mengidentifikasi aktifitas yang mencerminkan sila kedua Pancasila dan juga aktifitas yang bertentangan dengan sila kedua pancasila
Berdiskusi dan menuliskan  kesepakatan kelas tentang pengamalan sila ke dua Pancasila
· Membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila pacasila






Membaca cerita pendek, mendiskusikannya dan menjawab pertanyaannya
Menyampaikan pendapat secara tulisan dan lisan tentang cerita tersebut
Menyampaikan pendapatnya mengenai suatu cerita secara lisan maupun tulisan

BI KD 3.5
BI KD 4.5
·   Menyampaikan pendapat pribadi




Membaca cerita tentang pekerjaan tertentu dan memberikan pendapat
Menilai unsur cerita (pesan moral), menuliskan dan menceritakannya
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)


   Mendiskusikan dan membandingkan penggunaan teknologi penangkapan ikan baik tradisional ataupun modern
   Menganalisis dan menuliskan pemanfaatan teknologi modern serta dampaknya bagi pemanfaatan sumber daya alam
·   Menuliskan tentang sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh kita dan bagaimana membatasi penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Dampak penggunaan teknologi dalam pemanfaatan sumber daya alam




  Mengamati gambar kegiatan ekonomi mulai dari produsen sampai konsumen (misalnya ikan yang ditangkap nelayan sampai di konsumsi masyarakat)
  Mendiskusikan dan mempresentasikan  dalam kelompok: jenis kegiatan ekonomi, Jenis barang yang dijualbelikan, Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil dari setiap pekerjaan
  Mendiskusikan gambar tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
  Mempresentasikan hasil diskusi tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)






  Menggambar/melukis kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila ke dua Pancasila dengan kreatif
  Mempresentasikan gambar hasil karyanya sebagai seorang pelukis
  Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya
  Menuliskan hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi 
   

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila pacasila
·   Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek







Subtema 3: Pekerjaan orang tuaku
(22 jam pelajaran)


Membaca teks tentang ‘sikap gotong royong dari nelayan’ dan menjawab pertanyaan

PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
·   Pelaksanaan kewajiban dan hak
Mengamati gambar simbol sila ke tiga pancasila, mencari informasi tentang makna sila ketiga Pancasila 
Menganalisis masalah dalam kehidupan sehari-hari  yang berkaitan dengan pengamalan sila ketiga  Pancasila
Menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ketiga Pancasila
Menceritakan kegiatan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka pengamalan sila ketiga Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila






Membaca teks tentang dongeng di daerahnya yang berkaitan dengan kerja keras/pekerjaan
Menilai dan menyajikan pesan moral berdasarkan pendapat pribadi
Menemukan unsur-unsur cerita dalam dongeng dan menuliskannya
Mengidentifikasi unsur instrinsik dari cerita yang dibaca dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran

BI KD 3.5
BI KD 4.5
·   Pendapat pribadi tentang isi buku sastra






Mengamati gambar kenampakan hutan di Kalimantan dan mendiskusikan kondisi penurunan pohon di hutan kalimantan
Mengidentifikasi kegiatan terkait pengontrolan dalam pemanfaatan sumber daya alam
Mewarnai peta hutan Kalimantan dan menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari  dan upaya pencegahan langkanya ketersediaan sumber daya alam
Membaca teks tentang ‘Pengrajin cendera mata’ dan menjawab pertannyaan
· Membaca teks tentang ‘Pengolahan Sampah’ dan membuat peta pikiran

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Ketersediaan sumber-sumber ekonomi








· Menuliskan upaya pengolahan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Pengolahan sampah
Membaca teks tentang pengrajin kayu dan menjawab pertanyaannya
Berdiskusi dalam kelompok tentang proses pengolahan kayu: dari bahan baku menjadi suatu produk, jenis pekerjaan dan produk yang dihasilkannya

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)


Mengamati bagan tentang proses pembuatan sarung Samarinda



Mengidentifikasi berbagai kegiatan ekonomi dan perkerjaan yang ada di lingkungan sekitar

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
Menggambar perahu nelayan
Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat sebelumnya
Memberikan apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi  yang dibuat oleh teman-temannya
Menyajikan hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi 

SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek












Alokasi waktu                  : 66 jam pelajaran

Pembelajaran
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
Materi Pokok
Subtema: 1 Perjuangan Para Pahlawan  (22 jam pelajaran)


·      Membaca teks tentang perjuangan Raja Purnawarman, kemudian menjawab pertanyaan, dan mengulas kembali tentang sikap kepahlawanannya terkait dengan makna sila keempat Pancasila
·      Menuliskan hasil diskusi tentang sikap kepahlawanan dalam bentuk tabel

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·     Kerajaan Hindu dan Buddha


·      Mengamati gambar, membaca teks, membuat peta pikiran dan mempresentasikan tentang pahlawan yang dikenal di daerahnya, perjuangannya, dan sikap kepahlawanannya dikaitkan dengan makna sila keempat Pancasila
·      Berdiskusi dan memberikan contoh tentang sikap sehari-hari dikaitkan dengan pengamalan sila-sila dalam Pancasila. Misalnya: belajar giat yang termasuk sikap-sikap pahlawan yang harus dicontoh

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·     Makna hubungan simbol dan sila Pancasila


·      Membaca teks dan menceritakan kembali isi cerita tentang penguasa yang dianggap sebagai pahlawan di daerahnya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci

BI KD 3.7
BI KD 4.7
·     Teks nonfiksi
·      Menceritakan contoh sikap-sikap kepahlawanan yang terjadi di lingkungan sekitar

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·     Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
·      Melakukan percobaan tentang cahaya, menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan: cahaya yang merambat lurus, menembus benda bening, dipantulkan, dibiaskan
·      Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar
·      Menyebutkan sifat-sifat cahaya terkait dengan cakram warna

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Sifat-sifat cahaya




·      Membaca prosedur tentang membuat cakram warna, kemudian melakukan percobaan membuat cakram warna, dan mengomunikasikan hasilnya dengan detail

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Membuat cakra
·      Membaca teks, mengamati gambar, mengidentifikasi, berdiskusi dan mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Hindu, Buddha, dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat
·      Mengamati salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih  tersisa yaitu candi Muara Takus
·      Membaca teks tentang kerajaaan di zaman Hindu Buddha, dan pengaruhnya pada budaya bangsa

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4





·     Kerajaan Hindu Buddha
·      Mengamati teks lagu, mengenal notasi, mengamati contoh yang diberikan guru, dan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat

SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
·     Tanda tempo dan tinggi rendah nada
·      Mengamati paranada dalam lagu, menemukan garis sejajar dan garis berpotongan dalam paranada






Subtema 2: Pahlawanku Kebanggaanku
(22 jam pelajaran)


·      Berdiskusi dan  menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima Pancasila
·      Memberikan contoh pengamalan dari sila ke lima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·      Menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila kelima, dan menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila kelima Pancasila
·      Berdiskusi, mengamati gambar, membaca teks, dan menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia
·      Melakukan simulasi, menjelaskan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·     Makna hubungan simbol dan sila Pancasila








·      Membaca teks dan menyebutkan informasi yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui, dan mempresentasikannya melalui bahasa lisan dan tulisan
·      Berdiskusi dan mempresentasikan informasi dengan menggunakan tabel KW (know–what do you want to know)

BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi


·      Melakukan percobaan tentang lup, menyimpulkan, dan menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan, kemudian dipresentasikan melalui bahasa lisan dan tulisan

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Sifat-sifat cahaya
·      Membaca teks dan menambah informasi terhadap yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui

BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi
·      Melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, kemudian menyimpulkan dan menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Cahaya dan penglihatan
·      Mengamati gambar dan mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat
·      Berdiskusi dan mengomunikas-ikan peninggalan kerajaan di masa Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·     Kerajaan Islam


·      Mengamati gambar, membaca teks, dan menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran
·      Menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat

BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi


·      Mengamati teks lagu, mengidentifikasi, mengamati contoh yang diberikan guru, berlatih, dan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat

SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
·     Tanda tempo dan tinggi rendah nada



Subtema 3: Sikap Kepahlawanan
(22 jam pelajaran)


·      Berdiskusi dan menuliskan sikap kepahlawan dan menghubungkan dengan nilai-nilai Pancasila
·      Memberikan pendapat terhadap tindakan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·     Makna hubungan simbol dan sila Pancasila


·      Membaca teks non fiksi, mengamati gambar, berdiskusi, dan menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita
·      Mempresentasikan informasi yang diketahui tentang salah sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita dalam bentuk simulasi, mempresentasikan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila

BI KD 3.7
BI KD 4.7
BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi


·      Menceritakan pengalaman diri dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·     Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
·      Mengamati gambar peta pahlawan nasional
·      Menyebutkan informasi tentang sikap kepahlawanan dari pahlawan nasional yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui lebih lanjut
·      Mengumpulkan informasi yang sudah dan ingin diketahui lebih lanjut
·      Membaca teks tentang dan mengisi peta pikiran tentangnya

BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi




·      Mengidentifikasi sikap kepahlawanan yang dimilikinya
·      Mempresentasikan sikap kepahlawanan yang dimilikinya dan yang dimiliki oleh Raja dimasa Islam serta pengaruhnya pada sikap masyarakat di sekitar dengan rinci

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·     Kerajaan Islam


·      membaca teks tentang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, menulis informasi tentang apa yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui lebih lanjut
·      Berdiskusi dan mempresentasikan informasi yang ditulis melalui Bahasa lisan dan tulisan

BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi


·      Melakukan percobaan dengan berbagai jenis cermin cekung, cermin cembung dan cermin datar
·      Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
·      Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar
·      Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan
·      Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Cermin
·     Cahaya dan indera penglihatan




·      Membuat periskop dan melakukan percobaan

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Membuat meriskop
·      Mempresentasikan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan sikap kepahlawanan raja-raja di masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya
·      Mengamati gambar, membaca teks, menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·     Kerajaan Hindu – Buddha
·     Kerajaan Islam


·      Mengamati teks lagu, mengidentifikasi,  berlatih, dan menyanyikan syair lagu panjang
·      Menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan tinggi rendah dan tempo

SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
·     Tanda tempo dan tinggi rendah nada



Alokasi waktu                  : 66 jam pelajaran

Pembelajaran
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
Materi Pokok
Subtema 1: Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan (22 jam pelajaran)


·       Menyimak cerita/gambar/tayangan  tentang keragaman hewan dan tumbuhan di Indonesia dengan penuh rasa syukur
·       Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga keragaman hewan dan tumbuhan yang ada

IPA KD 3.1
IPA KD 4.1
PPKn KD 1.4
PPKn KD 2.4
PPKn KD 3.4
PPKn KD 4.4
·      Bagian tubuh hewan dan tumbuhan


·       Mencari informasi tentang interaksi  suku bangsa di Indonesia dengan alam (kearifan lokal)

IPS KD 3.2
IPS KD 4.2
·      Keragaman sosial budaya
·       Membaca teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan
·       Tanya jawab mengenai isi dan makna puisi yang telah dibaca
·       Membacakan teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan dengan lafal dan intonasi yang tepat

BI KD 3.6
BI KD 4.6
·      Puisi




·       Mengamati dan mengidentifikasi bagian hewan dan tumbuhan di sekitar
·       Membuat catatan hasil pengamatan bagian hewan dan tumbuhan di sekitar dan membuat pertanyaan untuk diskusi

IPA KD 3.1
IPA KD 4.1
·      Bagian tubuh hewan dan tumbuhan


·       Membaca teks tentang keragaman   kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya (pertanian, perikanan, dan peternakan).
·       Mendiskusikan keragaman   kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya
·       Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari kreasi yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·      Keragaman ekonomi




·       Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain

SBdP KD 3.3
SBdP KD 4.3
·      Tari darerah



Subtema 2: Keindahan Alam Negeriku  (22 jam pelajaran)


·      Menyimak cerita/ gambar/ tayangan tentang berbagai bentuk keberagaman tempat tinggal suku bangsa di  Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa
·      Membaca cerita dan tanya jawab terkait berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan rasa ingin tahu
PPKn KD 1.4
PPKn KD 2.4
PPKn KD 3.4
PPKn KD 4.4
·      Keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia


·      Mendengarkan puisi yang menggambarkan keindahan alam Indonesia dan bertanya jawab
·      Membacakan kembali puisi yang didengar dengan lafal dan intonasi yang tepat

BI KD 3.6
BI KD 4.6
·      Puisi


·      Membaca teks mengenai fungsi bagian-bagian hewan dan tumbuhan
·      Mendiskusikan tentang perbedaan bentuk bagian tertentu dari hewan dan tumbuhan berbeda dengan fungsi yang sama.  (misalnya mengapa akar pohon mangga dan pohon kelapa berbeda bentuknya sedangkan fungsinya sama)

IPA KD 3.1
IPA KD 4.1
·      Hubungan antara bentuk tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya


·      Mengamati gambar/foto/tayangan dan mendiskusikan tentang keragaman sosial budaya (tari, kuliner, rumah adat, pakaian tradisional, dan lainnya)
·      Mengumpulkan data tentang keragaman sosial budaya siswa di sekolah

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·      Keragaman sosial budaya


·      Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari kreasi di daerah setempat dan daerah lain
·      Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia keindahan alam dari Tuhan YME

SBdP KD 3.3
SBdP KD 4.3
·      Dasar gerak tari kreasi daerah





Subtema 3. Indahnya Peninggalan Sejarah (22 jam pelajaran)


·      Mengamati gambar/tayangan  tentang peninggalan sejarah di Indonesia
·      Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga peninggalan sejarah
·      Mencari informasi kebermanfaatan peninggalan sejarah  Indonesia sebagai salah satu sarana pemersatu bangsa
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
PPKn KD 1.4
PPKn KD 2.4
PPKn KD 3.4
PPKn KD 4.4
·      Keragaman sosial budaya




·      Membaca puisi  tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya
·      Mendiskusikan isi dan amanat dalam puisi yang dibaca
·      Mencari puisi tentang kemegahan peninggalan sejarah dari sumber lain dan membacakannya dengan lafal dan intonasi yang tepat

BI KD 3.6
BI KD 4.6
·      Puisi




·      Mencari informasi mengenai bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
·      Menyajikan informasi tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dalam suatu laporan

IPA KD 3.1
IPA KD 4.1
·      Hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan


·      Membaca teks tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya.
·      Mendiskusikan pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat
·      Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil diskusi pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·      Keragaman sosial budaya
·      Keragaman ekonomi




·      Mencari informasi mengenai tari daerah yang dianggap sebagai peninggalan sejarah budaya
·      Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah sebagai upaya melestarikan peninggalan sejarah budaya

SBdP KD 3.3
SBdP KD 4.3
·      Dasar gerak tari kreasi daerah



Tema 7                             : Cita - citaku
Alokasi Waktu     : 66 jam pelajaran

Pembelajaran
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
Materi Pokok
Subtema 1: Aku dan Cita - Citaku
(22 jam pelajaran)


·      Bermain kartu kata dan kartu gambar tentang simbol dan sila-sila Pancasila serta maknanya
·      Menyimak cerita/mengamati vidio/film/ gambar  tentang berbagai macam profesi dikaitkan dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Hubungan simbol dengan sila Pancasila


·      Menggali informasi melalui wawancara di rumah tentang berbagai macam profesi orang tua masing-masing

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)
·      Menuliskan hasil wawancara dengan bahasa sendiri, dapat dilengkapi dengan foto/vidio, dan lainnya dikaitkan dengan sila-sila dalam Pancasila
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Hubungan simbol dengan sila Pancasila
·      Membaca teks fiksi dengan tema cita-cita dan profesi
·      Menuliskan isi dan menceritakan dengan bahasa sendiri tentang tokoh dan watak dalam teks fiksi
BI KD 3.9
BI KD 4.9
·   Teks fiksi
·   Cita-cita


·      Menuliskan peta pikiran tentang kesukaan diri dan cita-cita, dalam bentuk tulisan dan gambar, kemudian dipajang di kelas


·      Wawancara untuk mendapatkan data tentang cita-cita teman-teman di lingkungan sekolah


·      Menyajikan hasil laporan wawancara tentang cita-cita dalam bentuk diagram batang



·      Membawa mainan dari rumah/yang ada di lingkungan sekolah, bermain bersama dan mengidentifikasi berbagai macam gaya yang didapatkan dari permainan tersebut. Misalnya : mobil-mobilan menghasilkan gaya dorong
·      Menuliskan hasil identifikasi, benda (dari mainan yang dimainkan) dan gaya yang dihasilkan
·      Mengumpulkan data identifikasi, menuliskan kembali di papan tulis dan mempresentasikan hasil temuan dalam bentuk tabel data
·      Menyimpulkan bahwa gaya terjadi antara dua benda

IPA KD 3.3
IPA KD 4.3
·   Pengertian gaya
·   Data





·      Mengamati gambar/foto/vidio/ teks bacaan tentang: berbagai profesi dan kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
·      Menghadirkan orang tua/beberapa narasumber yang mempunyai profesi tertentu untuk menceritakan tentang kegiatan ekonomi yang dilakukannya
·      Berdiskusi dengan orang tua/beberapa narasumber tentang bagaimana pengelolaan kegiatan ekonominya
·      Membuat kesimpulan sderhana terkait sumber-sumber ekonomi dari hasil wawancara dengan orang tua atau beberapa narasumber

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)
·   Keragaman sosial budaya
·   Keragaman ekonomi






·      Mengamati gambar/vidio/contoh dari guru, tentang bentuk-bentuk gambar tiga dimensi
·      Menggambar bentuk tiga dimensi yang berkaitan cita-cita diri dengan teknik bebas

SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Gambar tiga dimensi





Subtema 2: Hebatnya cita – citaku (22 jam pelajaran)


·      Menggali informasi melalui wawancara tentang cita-cita yang sudah dicapai dengan orang-orang di lingkungan sekolah/di luar sekolah
·      Menuliskan hasil laporan wawancara tentang “hebatnya cita-cita” dikaitkan dengan sila-sila dalam Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Hubungan simbol dengan sila Pancasila


·      Menceritakan tentang hebatnya cita-cita diri dengan bahasa sederhana

BI KD 3.9
BI KD 4.9
·   Teks fiksi
·      Membaca teks tentang tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi dengan tema hebatnya cita-cita
·      Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi dan menuliskan temuan watak/karakter tokoh di kertas yang ditempel di maajalah dinding Misalnya : malas, pekerja keras, giat belajar, bersungguh-sungguh

BI KD 3.10
BI KD 4.10
·   Membandingkan tokoh dan watak yang terdapat pada teks fiksi


·      Mengamati gambar/ kejadian nyata yang ada di sekitarnya atau melakukan demonstrasi tentang gaya. Contoh: mendorong kursi, mengerek bendera, mainan magnet, menjatuhkan bola, mainan mobil bergerak di atas permukaan kasar dan licin, dan lain-lain.
    Melaporkan hasil identifikasi gaya yang sudah dipraktekkan gaya otot, gaya pegas, gaya listrik dengan benda-benda yang ada di sekitarnya

IPA KD 3.3
IPA KD 4.3
·   Maca-macam gaya


·      Mengumpulkan data/wawancara dengan beberapa narasumber (lembaga atau perorangan) tentang kegiatan ekonominya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat sekitar
·      Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang: kegiatan ekonomi dan perniagaan, lapangan kerja, lembaga ekonomi

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi
·   Perniagaan untuk meningkatkan kesejahteraan


·      Mengamati gambar/ vidio tentang sketsa gambar bentuk hasil karya seniman, kemudian mengamati benda-benda tiga dimensi yang ada di lingkungan kelas
·      Membuat gambar bentuk dengan memasukkan unsur nilai estetis, proporsi, gelap terang, dan komposi pada  gambar
·      Model gambar bentuk, misalnya: benda-benda 3 dimensi yang ada di dalam kelas, mainan dengan bentuk sederhana

SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Gambar bentuk dan membentuk berdsarkan objek







Subtema 3 : Giat Berusaha Meraih Cita–cita (22 jam pelajaran)


·      Membaca teks singkat dan mengamati gambar orang-orang sukses, kemudian mendiskusikan bersama tentang karakter-karakter positif yang diperlukan dalam meraih cita-cita dikaitkan dengan sila-sila dalam Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Hubungan simbol dengan sila Pancasila
·      Membaca teks tentang cerita petualangan dalam meraih cita-cita, mengidentifikasi karakter/watak dalam teks dengan tulisan/bahasa sederhana
·      Bermain peran tentang teks cerita petualangan dalam meraih cita-cita dengan menggunakan kosakata baku dengan benar

BI KD 3.10
BI KD 4.10
·   Membandingkan tokoh dan watak yang terdapat pada teks fiksi


·      Mendemonstrasikan dan mengidentifikasi manfaat gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan  dalam kehidupan sehari-hari

IPA KD 3.3
IPA KD 4.3
·   Manfaat gaya
·      Membuat karya tiga dimensi dari bahan limbah (bahan daur ulang yang ada di sekitar sekolah), yang dikaitkan dengan atribut sesuai cita-cita kemudian dipajang di depan kelas, diapresiasi bersama

SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
·   Karya tiga dimensi








Tidak ada komentar :