Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 27 September 2018

TEMA 5 SUB TEMA I PEMBELAJARAN I-5




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SDN INDONESIA RAYA
Kelas / Semester          :  IV / 1   (Satu)
Tema 5                            :  Pahlawanku
Subtema 1                      :  Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran                :  1
Alokasi Waktu               :  1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.7 Mengagali pengetahuan baru yang didapat dari teks nonfiksi
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
Indikator
3.7.1 Menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks.
4.7.1 Menceritakan kembali isi teks berdasarkan jawaban yang ada.

IPA
3.7 Memahami sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
Indikator
3.7.1 Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Melaporkan hasil percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya dalam bentuk tulisan.
IPS
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
Indikator
3.4.1 Menyebutkan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi mastarakat di wilayah setempat.
4.4.1 membuat laporan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca teks tentang Raja Purnawarman, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.
2.    Setelah menjawab pertanyaan berdasarkan teks, siswa mampu menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
3.    Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.
4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha dan Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran.
5.    Setelah melakukan percobaan tentang cahaya , siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
6.    Setelah melakukan percobaan tentang cahaya, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.





v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Ø  Bahasa Indonesia dan IPA       :         
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
 Integritas
Ø  IPS                                               :
Religius
Disiplin
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Menghargai Prestasi
Gemar Membaca

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPahlawanku”. Nasionalis
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Sebelumnya guru menempelkan gambar seorang anak yang membantu kakek menyeberang jalan. (Mengamati)
§  Guru meminta pendapat siswa tentang kejadian yang ada di dalam gambar. Guru membuat kesimpulan bahwa anak tersebutmemiliki sikap kepahlawanan yaitu berkorban untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Communication
§  Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan banyak belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan dari Raja-Raja di masa Hindu, Budha dan Islam.(Mengkomunikasikan)
§  Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit. Mandiri
§  Setiap siswa kemudian menjawab pertanyaan yang ada dan mendiskusikan jawabannya di kelompok masing-masing. (Menanya)
§  Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. (Mengkomunikasikan)
§  Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Collaboration
§  Guru melanjutkan kegiatan dengan meminta siswa membaca teks tentang Raja Purnawarman dalam hati. Literasi
§  Setiap siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dan secara klasikal guru membahas jawabannya. Seorang siswa bisa diminta untuk menyampaikan jawaban dan siswa lain bisa mempertanyakannya. (Menanya)
§  Siswa kemudian memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian menceritakan kembali isi bacaan dengan memperhatikan fakta-fakta yang ada, runtut dan menggunakan ejaan yang benar.
§  Guru menyampaikan rubrik penilaiankepada siswa. Communication
§  Guru memberi contoh bahwa peninggalan bukan hanya benda bersejarah saja tetapi juga pemikiran atau nilai-nilai yang bisa mempengaruhi hidup masyarakat, misalnya Raja Purnawarman memiliki nilai melindungi orang lain, dalam hal ini rakyatnya. Nilai tersebut dimiliki oleh beberapa tokoh di sekitar mereka dan mempengaruhi kehidupan masyarakat. Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru meminta siswa untuk memberikan beberapa contoh sikap kepahlawanan dari Raja-Raja tersebut yang terlihat di sekitar mereka. Creativity and Innovatio
§  Siswa menuliskan nilai-nilai perjuangan atau peninggalan lainnya dari para raja yang mempengaruhi masyarakat atau daerah di mana mereka tinggal. Tulisan bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda-benda bersejarah. Nasionalis
§  Karena kegiatan berikutnya adalah percobaan, guru sebaiknya mempersiapkan perlengkapan percobaan sebelum kelas dimulai. Perlengkapan dikelompokkan berdasarkan kelompok. Gotong Royong
§  Guru meminta satu perwakilan untuk mengambil perlengkapan percobaan.
§  Siswa dan guru membuat kesepakatan tentang percobaan agar kegiatan bisa berjalan dengan baik.
§  Kelompok melakukan percobaan sesuai dengan prosedur yang ada pada buku pelajaran. Collaboration
§  Setiap siswa mencatat hasil percobaan pada tabel yang telah disiapkan. Mandiri
§  Di akhir laporannya siswa menuliskan kesimpulan. Siswa menyampaikan hasil laporannya di kelompok masing-masing dan perwakilan bisa menyampaikannya di depan kelas. Guru menambah informasi yang dibutuhkan sebagai penguatan. Integritas
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
¡  Buku Siswa Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
§     Percobaan IPA : setiap kelompok membutuhkan 3 karton tebal
-    1 lilin
-    1 senter
-    1 gelas
-    1 lampu senter
-    2 cermin datar
-    1 pensil
-    1 isolasi untuk seluruh kelas untuk menempel karton sehingga bisa berdiri tegak.

§    Gambar seorang anak yang sedang membantu kakek menyeberang jalan


Mengetahui
Kepala Sekolah



…………, ………….2017
Guru Kelas IV













Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Menceritakan kembali isi teks dengan Bahasa sendiri
§  Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Hindu, Budha dan Islam serta pengaruhnya bagi masyarakat sekitar
§  Menyampaikan laporan percobaan tentang cahaya

IPS
D2
D3
D4

IPA
D 1

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


































Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

1. Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi tentang peta pikiran mengapa penting menjaga kelestarian dan sumber daya alam.
Berilah tanda centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan (1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
ü
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
ü
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

Penilaian (penskoran):     Total Nilai Siswa     x 10
                                      Total Nilai Maksimal
Contoh : 3+2+1 =  6 x 10 = 5
12         12

2. Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.
Berilah tanda centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan (1)
Topik cerita
Topik cerita
disampaikan dengan benar
ü
Topik cerita
disampaikan mendekati benar
Topik cerita
disampaikan namun kurang benar
Topik cerita tidak
disampaikan
Alur cerita
Alur cerita
disampaikan dengan lengkap dan runtut.
ü
Alur cerita
disampaikan dengan lengkap namun tidak runtut.
Sebagian besar
alur cerita disampaikan dengan runtut.
Sebagian kecil
alur cerita disampaikan dan tidak runtut.
Ejaan
Seluruh tulisan memiliki ejaan yang benar
Sebagian besar tulisan memiliki ejaan yang
benar
ü
Sebagian kecil tulisan memiliki ejaan yang
benar
Tulisan tidak menggunakan ejaan yang
benar
Fakta pendukung
Fakta pendukung
yang disampaikan seluruhnya sesuai dengan isi cerita
Fakta
pendukung yang disampaikan sebagian besar sesuai denga nisi cerita
ü
Fakta
pendukung yang disampaikan sebagian kecil sesuai denga nisi cerita
Fakta yang
disampaikan tidak sesuai cerita

Penilaian (penskoran):    Total Nilai Siswa    x 10
                                      Total Nilai Maksimal
Contoh : 4+4+3+3 =  14 x 10 = 8,75
                     16          16







  1. IPS
Tugas dinilai dengan cek lis
Indikator penilaian
Ada
Tidak ada
Memuat minimal 2 benda peninggalan sejarah


Menyebutkan minimal 2 ajaran positif yang diwariskan raja-raja


Menyebutkan minimal 2 nilai-nilai sikap
kepahlawanan yang diwariskan para raja


Menyebutkan pengaruh dari peninggalan raja-raja terhadap masyarakat setempat




1.    IPA
Laporan IPA dinilai dengan rubrik
Berilah tanda centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan (1)
Penerapan
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.
ü
Memperlihatkan
pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari .
Memperlihatkan
pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.
Perlu
bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.
Komunikasi
Hasil percobaan
disampaikan dengan jelas serta objektif dengan didukung data penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.
ü
Hasil percobaan
disampaikan dengan jelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.
Hasil
percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.
Prosedur dan
strategi
Seluruh data
dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan
berhasil.
Seluruh data
dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan
strategi agar percobaan berhasi.
ü
Sebagian besar
data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat
bantuan guru.
Sebagian kecil
data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat.
Kesimpulan
Seluruh
kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data penunjang dan tepat.
Kesimpulan
percobaan disampaikan dengan memuat data penunjang dan tepat.
Kesimpulan
percobaan disampaikan dengan memuat data.
ü
Kesimpulan
percobaan disampaikan dengan memuat data namun kurang tepat.

Penilaian (penskoran):      Total Nilai Siswa    x 10
                                       Total Nilai Maksimal
Contoh : 4+3+3+2 = 12 x 10 = 7,5
                     16         16

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN .................
Kelas / Semester          :  IV / 1   (Satu)
Tema 5                            :  Pahlawanku
Subtema 1                      :  Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran                :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.4  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.3  Menerima keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.3  Menerima keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
3.1.10 Menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke empat Pancasila
4.1.10 Memberikan contoh pengamalan dari sila pertama dalam kehidupan sehari-hari.

SBdP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu
Indikator
3.2.3 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar
4.2.3 Menyanyikan notasi lagu maju tak gentar sesuai dengan tinggi rendah nada

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Seletah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke empat Pancasila dengan benar
2.    Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh pengamalan dari sila ke empat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
3.    Setelah mengamati teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar dengan benar
4.    Setelah diberikan contoh, siswa mampu menyanyikan notasi lagu maju tak gentar sesuai dengan tinggi rendah nada dengan benar

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  PPKn dan SBdP  :       Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
 

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPahlawanku”. Nasionalis
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Di awal pembelajaran, guru mengingatkan kembali tentang raja purnawarman. Guru bertanya kepada siswa: Communication
§  Apa saja yang dilakukan oleh raja Purnawarman untuk rakyatnya? Siswa menjawab secara bergantian. (Menanya)
§  Siswa menuliskan 3 hal yang telah dilakukan oleh raja Purnawarman. (Memngumpulkan informasi)
§  Siswa mengisinya di lembar kerja yang ada di buku siswa Mandiri
§  Siswa mendiskusikan pertanyaan tadi secara berkelompok, Siswa mencari sendiri kelompoknya sebanyak 5 siswa dalam satu kelompok. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan pekerjaannya. Guru menunjuk beberapa kelompok untuk mempresentasikan jawaban. Saat berpresentasi, kelompok lain diminta mendengarkan dan memberikan masukan.  Collaboration
§  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya.
§  Siswa akan kembali lagi berdiskusi dengan kelompoknya. Kali ini siswa akan belajar sila ke empat Pancasila. Tetap dalam kelompok yang sama siswa mengamati simbol sila ke empat, mencari informasi, dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-       Tulislah makna dari simbol tersebut?
-       Bagaimana hubungan makna sila ke tiga dengan simbolnya. Gotong Royong
§  Siswa menuliskan hasil diskusinya di kalender bekas. Ketika sudah selesai, siswa diminta untuk memasang pekerjaanya di jendela kelas. Guru mengingatkan untuk memberikan nama kelompok pada setiap pekerjaan. Siswa akan saling melihat pekerjaan temannya. Siswa bisa memberikan masukan dan menuliskannya. Setelah selesai, semua kelompok mengambil kembali pekerjaannya. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan masukkan-masukkan tersebut. Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru memberikan penguatan. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya.
§  Sekarang, siswa dalam kelompok kembali akan menganalisis masalah. Siswa akan menganalisis 3 masalah. Guru menyiapkan nomer (1 sampai 3) yang ditulis di potongan kertas. Guru meminta perwakilan kelompok untuk mengambil kertas tersebut. Nomer tersebut menandakan cerita yang akan dianalisis dalam kelompok.
Guru menyampaikan bahwa Raja Purnawarman sangat gigih dan berani melawan perampok. Beliau membela kepentingan rakyatnya. Beliau berjuang melawan musuhnya dengan semangat perjuangan. Semangat perjuangan inilah yang harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari.
Nasionalis
§  Siswa mengamati notasi angka lagu “Maju tak Gentar. Guru menyanyikan notasi lagu tersubut dan siswa mendengarkan. Nasionalis
§  Siswa mengidentifikasi tinggi rendah nada berdasarkan notasi yang ada.
§  Guru menjelaskan kembali konsep tinggi rendah nada. Communication
§  Guru mempraktikkan urutan nada dan siswa menirukan bersama-sama.
§  Siswa menandai bagian-bagian yang merupakan nada tinggi dan nada rendah. Mandiri
§  Guru dan siswa menyanyikan notasi bersama-sama dengan ketukan dari guru. Integritas
§  Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok dipilih pemimpin. Dalam kelompoknya siswa menyanyikan notasi lagu sesuai dengan tinggi rendah. Pemimpin yang dipilih akan memberikan aba-aba dengan ketukan. Collaboration
§  Setiap kelompok maju ke depan untuk menyanyikan notasi dengan ketukan dari guru. Kelompok lain memberikan komentar. Gotong Royong
§  Siswa yang masih kesulitan bisa berlatih lagi di rumah. Guru bisa meminta bantuan siswa lain untuk mendampingi.
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
¡  Buku Siswa Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
¡  lampu senter




Mengetahui
Kepala Sekolah




(Nama Kepala Sekolah)
NIP :
…………, ………….2017
Guru Kelas IV




(Nama Guru Kelas)
NIP :


Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Mendiskusikan makna sila ke empat Pancasila
§  Menyanyikan notasi lagu Maju tak Gentar

R1
G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


















Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

1.    PPKn : Memberikan contoh aplikasi sila ke 4
Kriteria
ya
tidak
Contoh yang diberikan sesuai dengan makna sila pertama


Memberikan alasan dari contoh yang diberikan dengan benar


Contoh yang diberikan berbeda dengan contoh yang pernah dibahas




2.            SBdP : Menyanyikan notasi lagu Maju tak Gentar dengan tinggi rendah nada.
Kriteria
ya
tidak

Melafalkan notasi dengan benar



Menyanyikan notasi sesuai dengan ketinggian nada



Menyanyikan sesuai dengan tempo ketukan





1.    Diskusi
Diskusi saat membahas simbol sila ke 4 dan analisis cerita
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan (1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN .................
Kelas / Semester          :  IV / 1   (Satu)
Tema 5                            :  Pahlawanku
Subtema 1                      :  Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran                :  3
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.7 Menggali pengetahuan baru yang didapat dari teks nonfiksi
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
Indikator
3.7.2 Menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks dengan menggunakan diagram
4.7.2 Menceritakan kembali isi teks menggunakan kalimat sendiri

IPA
3.7 Memahami sifat- sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
Indikator
3.7.2 Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.2 Melaporkan hasil percobaan cakram warna yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya dalam bentuk tulisan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan sifat-sifat cahaya terkait dengan cakram warna.
2.    Setelah melakukan percobaan dengan cakram warna, siswa mampu mengomunikasikan hasilnya dengan detail.
3.    Setelah membaca teks tentang Raja Balaputradewa, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.
4.    Setelah menjawab pertanyaan tentang teks Raja Balaputradewa, siswa mampu menceritakan teks dengan Bahasa sendiri secara detail

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan IPA  :      Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
 
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPahlawanku”. Nasionalis
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa diajak membaca kembali teks Raja Balaputradewa dan menjawab pertanyaan yang ada pada buku pelajaran. Literasi
§  Berdasarkan jawaban yang siswa miliki, mereka menceritakan isi teks dengan bahasanya sendiri. Guru sebelumnya menyampaikan rubrik yang akan dipakai untuk menilai. Communication
§  Guru meminta salah satu siswa untuk menyampaikan hasilnya dan siswa lain diberi kesempatan untuk bertanya atau mempertanyakan. Gotong Royong
§  Siswa melanjutkan tugas dengan membaca teks singkat tentang cahaya. Literasi
§  Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan melakukan percobaan tentang cahaya. Perwakilan siswa diminta untuk maju kedepan dan mengambil perlengkapan yang sudah disiapkan untuk setiap kelompok. (Mengeksplorasi)  Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru mengingatkan kesepakatan saat melakukan percobaan. Siswa diminta untuk membaca prosedur kegiatan yang terdapat pada buku pelajaran.
§  Setelah percobaan selesai, siswa kemudian menuliskan laporannya. Mandiri
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
¡  Buku Siswa Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
§       Perlengkapan untuk percobaan IPA, setiap kelompok membutuhkan 1 pensil
-       Kertas putih berbentuk lingkaran
-       Pensil warna
                 

Mengetahui
Kepala Sekolah




(Nama Kepala Sekolah)
NIP :
…………, ………….2017
Guru Kelas IV




(Nama Guru Kelas)
NIP :
























Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§   Menceritakan kembali teks dengan Bahasa sendiri
§   Melakukan percobaan cakram warna

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Membuat Cakram Warna                                        
Kamu bisa membuktikan bahwa cahaya                
putih matahari terdiri atas tujuh warna
dengan membuat cakram warna dari kertas
berbentuk lingkaran, warnai kertas sesuai
dengan tujuh warna pelangi. Putarlah
kertas tersebut dengan kecepatan tinggi.
Perhatikan warna yang tampak saat kertas
berputar kencang.
Cobalah beberapa variasi besar juring
lingkaran pada setiap warna. Amati
hasilnya, variasi manakah yang
menghasilkan warna putih paling jelas?






Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4


1.            Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan (1)
Topik cerita
Topik cerita
disampaikan
dengan benar
Topik cerita
disampaikan
mendekati benar
Topik cerita
disampaikan
namun kurang
benar
Topik cerita tidak
disampaikan
Alur cerita
Alur cerita disampaikan dengan lengkap dan runtut.
Alur cerita disampaikan dengan lengkap namun tidak
runtut.
Sebagian besar alur cerita disampaikan dengan runtut.
Sebagian kecil alur cerita disampaikan dan tidak runtut.
Ejaan
Seluruh tulisan memiliki ejaan yang benar
Sebagian besar tulisan memiliki ejaan yang benar
Sebagian kecil tulisan memiliki ejaan yang benar
Tulisan tidak menggunakan ejaan yang benar
Fakta pendukung
Fakta pendukung yang disampaikan seluruhnya sesuai dengan isi cerita
Fakta pendukung yang disampaikan sebagian besar sesuai denga nisi
cerita
Fakta pendukung yang disampaikan sebagian kecil sesuai denga nisi
cerita
Fakta yang disampaikan tidak sesuai cerita

Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

1.    IPA
Laporan percobaan IPA dinilai dengan rubrik
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan (1)
Penerapan Konsep
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan
menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan
menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari .
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan
menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.
Perlu bimbingan saat menyampaikan
bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.
Komunikasi
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas serta objektif dengan didukung data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.
Prosedur dan strategi
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang
digunakan membuat percobaan berhasil.
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan namun masih
membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasi.
Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara
sistematis setelah mendapat bantuan guru.
Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan
strategi yang dipilih tidak tepat.
Kesimpulan
Seluruh kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data penunjang dan tepat.
Kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data penunjang dan tepat.
Kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data.
Kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data namun kurang tepat.

Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN .................
Kelas / Semester          :  IV / 1   (Satu)
Tema 5                            :  Pahlawanku
Subtema 1                      :  Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran                :  4
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia 
3.7 Mengagali pengetahuan baru yang didapat dari teks nonfiksi
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
Indikator
3.7.1 Mengidentifkasi informasi dari teks nonfiksi yang dibaca
4.7.1 Menuliskan informasi dari teks non fiksi

PPKn
1     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.4  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.3  Menerima keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.3  Menerima keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari- hari
Indikator
3.1.11 Menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila ke 4
4.1.11 Menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila-sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifkasi informasi dari teks non fiksi yang dibaca dengan terperinci.
¡  Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan informasi dari teks non fiksi dengan terperinci.
¡  Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila ke 4 dengan terperinci.
¡  Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila ke 4 Pancasila dengan terperinci.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn  :       Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPahlawanku”. Nasionalis
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Di awal pembelajaran, guru bertanya selain Purnawarman, tahukah kalian tentang Raja lainnya? Apa yang kalian ketahui tentang Balaputradewa? (Mengamati)
§  Siswa menjawab dengan mengangkat tangan. Guru menuliskan hal-hal yang diketahui oleh siswa di papan tulis. Communication
§  Sekarang, siswa membaca teks tentang “Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya” yang ada di buku siswa. Siswa memberikan tanpa pada informasi penting. Siswa membaca teks dengan membaca dalam hati. Literasi
§  Siswa mendiskusikan pertanyaan tadi secara berkelompok, Siswa mencari sendiri kelompoknya sebanyak 5 siswa dalam satu kelompok. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan pekerjaannya. Guru menunjuk beberapa kelompok untuk mempresentasikan jawaban. Saat berpresentasi, kelompok lain diminta mendengarkan dan memberikan masukan. Collaboration
§  Guru memberikan penguatan jawaban dari setiap pertanyaan yang ada dalam tabel.
§  Siswa menuliskan hasil diskusinya di kalender bekas. Ketika sudah selesai, siswa diminta untuk memasang pekerjaanya di jendela kelas. Guru mengingatkan untuk memberikan nama kelompok pada setiap pekerjaan. Siswa akan saling melihat pekerjaan temannya. Siswa bisa memberikan masukan dan menuliskannya. Setelah selesai, semua kelompok mengambil kembali pekerjaannya. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan masukkan-masukkan tersebut. Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru memberikan penguatan. Guru bisa bertanya atau menyampaikan tokoh di daerahnya yang juga memiliki nilai-nilai baik. Nasionalis
§  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya. (Menanya)
§  Di akhir pembelajaran, guru meminta siswa untuk menuliskan refleksi diri. Apakah tindakannya dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan makna sila ke 4 Pancasila. Siswa menulisnya di lembar kerja di buku siswa. (Mengeksplorasi)
§  Siswa diminta mengamati salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih tersisa adalah candi Muara Takus. Nasionalis

150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
¡  Buku Siswa Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
¡  Lampu senter







Mengetahui
Kepala Sekolah






Tidak ada komentar :