Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 29 September 2018

PEMETAAN TEMA-SUB TEMA KI-3 SEMESTER I KELAS 4


KELAS IV - SEMESTER 1 - TEMA 1
NO
MUATAN PELAJARAN
KOMPETENSI DASAR
TEMA 1
SUBTEMA 1
SUBTEMA 2
SUBTEMA 3
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
1
PPKn
3.4
Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan


















2
BAHASA INDONESIA
3.1
Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual


















3.2
Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual


















3
IPA
3.6
Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran


















4
IPS
3.2
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.


















5
PJOK
3.1
Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*


















3.3
Memahami variasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional


















6
SBdP
3.3
Memahami dasar-dasar gerak tari daerah


















TEMA II
NO
MUATAN PELAJARAN
KOMPETENSI DASAR
TEMA 2
SUBTEMA 1
SUBTEMA 2
SUBTEMA 3
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
1
PPKn
3.2
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

 
















2
BAHASA INDONESIA
3.1
Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual


















3.2
Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual


















3.4
Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda


















3
MATEMATIKA
3.1
Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret


















3.2
Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya


















3.3
Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal


















4
IPA
3.5
Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari


















5
IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.


















6
PJOK
3.1
Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*


















7
SBdP
3.2
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada


















TEMA III
KELAS IV - SEMESTER 1 - TEMA 3
NO
MUATAN PELAJARAN
KOMPETENSI DASAR
TEMA 3
SUBTEMA 1
SUBTEMA 2
SUBTEMA 3
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
1
PPKn
3.2
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari


















2
BAHASA INDONESIA
3.3
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan


















3
MATEMATIKA
3.3
Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal


















4
IPA
3.1
Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan


















3.8
Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya


















5
IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.


















6
PJOK
3.2
Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*


















7
SBdP
3.4
Memahami karya seni rupa teknik tempel



















PEMETAAN KD PENGETAHUAN (KI-3)
KELAS IV - SEMESTER 1 - TEMA 4
NO
MUATAN PELAJARAN
KOMPETENSI DASAR
TEMA 4
SUBTEMA 1
SUBTEMA 2
SUBTEMA 3
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
1
PPKn
3.1
Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila


















2
BAHASA INDONESIA
3.5
Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)


















3
MATEMATIKA
3.9
Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua


















4
IPA
3.8
Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya


















5
IPS
3.3
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.


















6
PJOK
3.4
Menerapkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**


















7
SBdP
3.1
Memahami gambar dan bentuk dua  dimensi



















PEMETAAN KD PENGETAHUAN (KI-3)
KELAS IV - SEMESTER 1 - TEMA 5
NO
MUATAN PELAJARAN
KOMPETENSI DASAR
TEMA 5
SUBTEMA 1
SUBTEMA 2
SUBTEMA 3
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
1
PPKn
3.1
Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila


















2
BAHASA INDONESIA
3.7
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi


















3.8
Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi


















3
MATEMATIKA
3.10
Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret


















4
IPA
3.7
Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan


















5
IPS
3.4
Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.


















6
PJOK
3.9
Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari


















7
SBdP
3.2
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada




















Tidak ada komentar :