KELAS
IV - SEMESTER 1 - TEMA 1
NO
|
MUATAN
PELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
TEMA 1
|
||||||||||||||||||
SUBTEMA
1
|
SUBTEMA
2
|
SUBTEMA
3
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
1
|
PPKn
|
3.4
|
Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
BAHASA INDONESIA
|
3.1
|
Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh
dari teks lisan, tulis, atau visual
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks
lisan, tulis, atau visual
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
IPA
|
3.6
|
Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera
pendengaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
IPS
|
3.2
|
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan
agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta
hubungannya dengan karakteristik ruang.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
PJOK
|
3.1
|
Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Memahami variasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar
melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6
|
SBdP
|
3.3
|
Memahami dasar-dasar gerak tari daerah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TEMA II
NO
|
MUATAN
PELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
TEMA
2
|
||||||||||||||||||
SUBTEMA
1
|
SUBTEMA
2
|
SUBTEMA
3
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
1
|
PPKn
|
3.2
|
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
BAHASA INDONESIA
|
3.1
|
Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh
dari teks lisan, tulis, atau visual
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks
lisan, tulis, atau visual
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.4
|
Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan
berbeda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
MATEMATIKA
|
3.1
|
Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model
konkret
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal,
dan persen) dan hubungan di antaranya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.3
|
Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil
kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4
|
IPA
|
3.5
|
Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk
energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan
bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
IPS
|
3.1
|
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
PJOK
|
3.1
|
Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
SBdP
|
3.2
|
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TEMA III
KELAS
IV - SEMESTER 1 - TEMA 3
|
|||||||||||||||||||||
NO
|
MUATAN
PELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
TEMA
3
|
||||||||||||||||||
SUBTEMA
1
|
SUBTEMA
2
|
SUBTEMA
3
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
1
|
PPKn
|
3.2
|
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
BAHASA INDONESIA
|
3.3
|
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara
menggunakan daftar pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
MATEMATIKA
|
3.3
|
Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil
kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
IPA
|
3.1
|
Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada
hewan dan tumbuhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.8
|
Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber
daya alam di lingkungannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5
|
IPS
|
3.1
|
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
PJOK
|
3.2
|
Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
SBdP
|
3.4
|
Memahami karya seni rupa teknik tempel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PEMETAAN
KD PENGETAHUAN (KI-3)
|
|||||||||||||||||||||
KELAS
IV - SEMESTER 1 - TEMA 4
|
|||||||||||||||||||||
NO
|
MUATAN
PELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
TEMA
4
|
||||||||||||||||||
SUBTEMA
1
|
SUBTEMA
2
|
SUBTEMA
3
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
1
|
PPKn
|
3.1
|
Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
BAHASA INDONESIA
|
3.5
|
Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita,
dongeng, dan sebagainya)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
MATEMATIKA
|
3.9
|
Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi,
persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat
dua
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
IPA
|
3.8
|
Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber
daya alam di lingkungannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
IPS
|
3.3
|
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan
berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan
sekitar sampai provinsi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
PJOK
|
3.4
|
Menerapkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk
membentuk gerak dasar seni beladiri**
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
SBdP
|
3.1
|
Memahami gambar dan bentuk dua
dimensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PEMETAAN
KD PENGETAHUAN (KI-3)
|
|||||||||||||||||||||
KELAS
IV - SEMESTER 1 - TEMA 5
|
|||||||||||||||||||||
NO
|
MUATAN
PELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
TEMA
5
|
||||||||||||||||||
SUBTEMA
1
|
SUBTEMA
2
|
SUBTEMA
3
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
1
|
PPKn
|
3.1
|
Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
BAHASA INDONESIA
|
3.7
|
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.8
|
Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru
diketahui dari teks nonfiksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
MATEMATIKA
|
3.10
|
Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan,
berhimpit) menggunakan model konkret
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
IPA
|
3.7
|
Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera
penglihatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
IPS
|
3.4
|
Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam
di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat
masa kini.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
PJOK
|
3.9
|
Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara
sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
SBdP
|
3.2
|
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar