Deskripsi PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
1. Indikator Sekolah
NILAI | Deskripsi | INDIKATOR SEKOLAH | INDIKATOR KELAS |
Religius | · Suatu sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain. | § Merayakan hari-hari besar keagamaan § Menyelenggarakan ibadah rutin | § Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran. § |
Jujur | § Perilaku yang didasarkan pada kebenaran, menghindari perilaku yang salah, dan menjadikan dirinya menjadi orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. | § Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang § Tranparansi laporan sekolah secara berkala § Menyediakan papan pengumuman permohonan maaf | § Menyerahkan barang temuan § Tranparansi laporan kelas secara berkala § Mengakui kekeliruan § Tidak menyontek |
Toleransi | § Suatu tindakan dan sikap yang menghargai pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari pendapat, sikap, dan tindakan dirinya. | § Memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi. § Memberikan perlakuan yang sama terhadap masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan kelompok masyarakat yang berkebutuhan khusus | § Memberikan pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi. § Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus § Bekerja dalam kelompok yang heterogen |
Disiplin | · Suatu tindakan tertib dan aptuh pada berbagai ketentuan dan peraturan yang harus dilaksanakannya. | § Memiliki catatan kehadiran § Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang paling disiplin § Memiliki tata tertib sekolah | § Hadir tepat waktu § Mematuhi aturan |
Kerja Keras | · Suatu upaya yang diperlihatkan untuk selalu menggunakan waktu yang tersedia untuk suatu pekerjaan dengan sebaik-baiknya sehingga pekerjaan yang dilakukan selesai pada waktunya | § Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang bekerja keras dalam meningkatkan prestasi sekolah § Menciptakan suasana sekolah yang menantang dan memacu untuk bekerja keras | § Pantang menyerah § Memiliki etos kerja § Memiliki daya tahan kerja |
Kreatif | § Berpikir untuk menghasilkan suatu cara atau produk baru dari apa yang telah dimiliki | § Menciptakan situasi yang bisa menumbuhkan daya kreatif, berpikir dan bertindak. § Memberikan fasilitas warga sekolah untuk memamerkan dan memasarkan hasil karya kreatif mereka. | § Menciptakan barang tidak bernilai menjadi bernilai § Memberikan nilai tambah barang |
Mandiri | · kemampuan melakukan pekerjaan sendiri dengan kemampuan yang telah dimilikinya | § Memberdayakan potensi sekolah § Membangun fasilitas sekolah dengan kemampuan yang dimiliki sekolah. | § Percaya diri § Mampu mengerjakan tugas dan menyelesaikannya secara individual |
Demokratis | · Sikap dan tindakan yang menilai tinggi hak dan kewajiban dirinya dan orang lain dalam kedudukan yang sama | § Melibatkan warga sekolah dalam setiap pengambilan keputusan § Menciptakan suasana sekolah yang menerima perbedaan. § Pemilihan kepengurusan sekolah secara terbuka | § Mengambil keputusan secara bersama § Seluruh produk kebijakan melalui musyawarah dan mufakat § Mengimplementasikan model-model pembelajaran yang dialogis |
Rasa Ingin Tahu | · Suatu sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui apa yang dipelajarinya secara lebih mendalam dan meluas dalam berbagai aspek terkait. | § Menyediakan media komunikasi (media cetak/media elektronik) bagi warga sekolah. § Memfasilitasi warga sekolah untuk bereksplorasi dalam pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. | § Senang mencari informasi § Eksplorasi lingkungan secara terprogram § Tersedia media komunikasi (media cetak/media elektronik) |
Semangat Kebangsaan | · suatu cara berpikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. | § Melakukan upacara rutin sekolah § Melakukan upacara hari-hari besar nasional § Menyelenggarakan peringatan hari kepahlawanan nasional. | § Bekerja sama dengan teman sekelas tanpa memandang perbedaan § Mendiskusikan hari-hari besar nasional |
Cinta Tanah Air | · suatu sikap yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya. | § Menggunakan produk buatan dalam negeri § Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar § Menayangkan film tentang masyarakat, wilayah, dan flora dan fauna Indonesia | § Memajangkan: Foto Presiden dan wakil Presiden, Bendera Negara, Lambang negara, Peta Indonesia, Gambar kehidupan masyarakat Indonesia, § Menggunakan produk buatan dalam negeri |
Menghargai Prestasi | · suatu sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain. | § Memberikan penghargaan atas hasil prestasi kepada warga sekolah § Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi | § Memberikan penghargaan atas hasil karya siswa § Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi |
Bersahabat | § suatu tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerjasama dengan orang lain. | § Suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antar warga sekolah § Berkomunikasi dengan bahasa yang santun § Saling menghargai dan menjaga kehormatan § Pergaulan dengan cinta kasih dan rela berkorban | § Seting kelas yang memudahkan terjadinya interaksi siswa § Pembelajaran yang dialogis § Guru mendengarkan keluhan-keluhan siswa |
Cinta Damai | · suatu sikap dan tindakan yang selalu menyebabkan orang lain senang dan dirinya diterima dengan baik oleh orang lain, masyarakat dan bangsa | § Menciptakan suasana yang damai § Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan § Membiasakan perilaku warga sekolah yang tidak bias gender § Perilaku seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang | § Menciptakan suasana kelas yang damai § Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan § Pembelajaran yang tidak bias gender § Kekerabatan di kelas yang penuh kasih sayang |
Gemar Membaca | · suatu kebiasaan yang selalu menyediakan waktu untuk membaca bahan bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. § | § Tidak terdapat tumpukan buku yang berdebu § Frekuensi kunjungan perpustakaan | § Tidak terdapat tumpukan buku yang berdebu § Frekuensi kunjungan perpustakaan |
Peduli Lingkungan | § suatu sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. | § Memelihara lingkungan sekolah § Tersedia tempat pembuangan sampah § Hemat enerji § Membuat biopori | § Memelihara lingkungan kelas § Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam kelas § Hemat enerji |
Peduli Sosial | · suatu sikap dan tindakan yang selalu ingin memberikan bantuan untuk membantu orang lain dan masyarakat dalam meringankan kesulitan yang mereka hadapi. | § Berempati kepada sesama warga sekolah § Melakukan aksi sosial § Menyisihkan sebagian haknya untuk orang lain | § Berempati kepada sesama teman kelas § Melakukan aksi sosial § Membangun kerukunan warga kelas |
Tanggungjawab | Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan YME | · Membuat laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis. · Melakukan tugas tanpa disuruh · Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalh dalam lingkup terdekat · Menghindarkan kecurangan dalam pelaksanaan tugas | · Pelaksanaan tugas piket secara teratur. · Peran serta aktif dalam kegiatan sekolah · Mengajukan usul pemecahan masalah |
Menghargai diri sendiri/ tahu potensi diri sendiri | Sikap dan perilaku yang mencerminkan penghargaan seseorang terhadap dirinya sendiri maupun kepada orang lain dengan memahami kelebihan dan kekurangannya. | · Memiliki kesadaran akan keragaman dan batas-batas kemampuan diri · Tidak bergantung pada orang lain | Melakukan tugas dengan kemampuan sendiri |
Keterbukaan | Sikap dan perilaku yang mencerminkan adanya keterusterangan terhadap apa yang dipikirkan, diinginkan, diketahui serta kesediaan menerima saran dan kritik orang lain, keterbukaan, keikhlasan | · Berbicara apa adanya · Mengemukakan pendapat · Terbuka terhadap pendapat orang lain | · Mau mempertimbangkan saran pihak lain · Mengakui kesalahan diri sendiri dan berupaya memperbaiki · Berterus terang dalam mengemukakan pendapat |
Cinta dan kasih sayang | Sikap dan perilaku yang mencerminkan adanya unsur memberi perhatian, perlindungan, penghormatan, tanggungjawab, dan pengorbanan terhadap orang yang dicintai dan dikasihi. | · Memiliki kepedulian dan keinginan membantu mereka yang membutuhkan · Ikut merasakan penderitaan orang lain · Memelihara hubungan baik sewajarnya diantara sesama | · Belajar kelompok · Mengumpulkan dana sosial · Bersikap ramah |
Tatakrama dan sopan santun | Sikap dan perilaku sopan santun dalam bertindak dan bertuturkata terhadap orang tanpa menyinggung/menyakiti serta menghargai tata cara yang berlaku sesuai dengan norma, budaya, dan adat istiadat. | · Memberi salam bila bertemu · Berbicara dengan menggunakan tutur kata yang santun | · Minta izin kepada guru bila meninggalkan ruang/kegiatan · Berbicara dengan menggunakan tutur kata yang santun |
Rasa malu | Sikap dan perilaku yang menunjukkan tidak enak hati, hina, rendah karena berbuat sesuatu yang tidak sesuai dengan hati nurani, norma dan aturan. Perasaan seseorang berupa rasa tidak enak , tercela, disisihkan , aib, hina, dan perasaan yang tidak menggembirakan lainnya, sebagai akibat dari sikap dan prilakunya yang menyimpang dari norma dan aturan, atau merasa tidak mampu berbuat dan menyelesaikan masalah | · Memelihara kehormatan diri pribadi dan lingkungan sekolah · Tidak membicarakan yang jelek tentang orang lain · Memelihara penampilan sesopan mungkin | · Berbusana dengan rapi sesuai aturan · Bertutur kata dan berperilaku yang santun |
Kebersamaan dan gotong royong | Sikap dan perilaku seseorang yang mencerminkan adanya kesadaran dan kemauan untuk bersama-sama, saling membantu dan saling memberi tanpa pamrih | · Melakukan tugas-tugas piket · Memberi kontribusi dalam mengerjakan tugas kelompok · Memprakarsai kerjasama dalam kelompok | · Melaksanakan piket kelas · Kerja baktidi ruang kelas · Berbagi peran sebagai pengurus kelas |
Saling menghormati | Sikap dan perilaku untuk menghargai dalam hubungan antar individu dan kelompok berdasarkan norma dan tatacara yang berlaku | · Menghormati guru · Menghormati orang yang lebih tua · Memberi kesempatan kepada pihak lain yang lebih berhak | · Memperhatikan dan mendengarkan pembelajaran dari guru · Menghormati sesama teman di dalam kelas · Berperilaku dan bertutur santun sesamanya |
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan | Selalu menempatkan pada tempatnya, selalu tanggap terhadap lingkungan yang tidak bersih dengan aksi yang nyata, | ||
Menjunjung tinggi sportifitas | Menghargai prestasi orang lain Mentaati peraturan Berani berbuat berani bertanggung jawab | Berani mengakui kesalahan dan mengakui kebenaran orang lain | |
Ramah tamah | Menghargai siapa saja dengan penuh keikhlasan | ||
Cinta dan kasih sayang | Sifat dan karakter seseorang yang mengandung adanya unsur menyayangi, mau memberi perhatian, memiliki, melindungi, menghormati, bertanggung jawab, dan pengorbanan terhadap apa saja yang dicintai dan dikasihaninya | ||
Egaliter | |||
Berpikir positif | Sikap konstruktif, mendahului sisi positifnya, berpikir jernih tapi sederhana, sadar atas keragaman dan kemampuan diri | · Menunjukkan sikap konstruktif · Menilai segala sesuaiu dengan mendahulukan sisi baiknya · Mementingkan cara berpikir yang jernih tapi sederhana | · Mengajukan ide-ide positif · Melakukan penilaian secar obyektif · Berpikir apa adanya |
Bersahabat | · Menghargai perbedaan dan kemajemukan | ||
Rasa tanggung jawab | Sikap dan perilaku seseorang untk melaksanakan tugas dan kewajibannya, atau yang seharusnya ia lakukan. | § Merawat fasilitas kelas · Membuat jadwal piket, struktur organisasi kelas | |
Keberanian | Sifat dan karakter seseorang yang mencerminkan adanya unsur keberanian berbuat, mau mengemukakan pikiran dan pendapatnya, mau mencoba hal-hal yang baru, mau berkembang, tidak minder dan rendah diri, mau tampil, mencoba bergaul, tidak malu, dan memiliki semangat yang tinggi untuk bersikap dan berbuat, sejauh hal itu tidak bertentangan dengan nilai, norma, dan peraturan yang beraturan dalam lingkungan hidupnya |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar