EDY 196907151993061001
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KESEHATAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari | · Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa | · menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan | · Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan | Tertulis : uraian Pengamatan/perbuatan | 2 minggu | · Gambar · Buku yang relevan |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah | · Kerja sama di lingkungan rumah | · melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah | · Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah | | | |
3. Bahasa Indonesia · Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan · Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan · Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat · Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan. · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak. · Menceritakan pengalaman yang mengesankan. · Memberikan tanggapan dan saran sederhana. · Menjelaskan isi teks | · mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan · menceritakan kembali cerita yang didengar · memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya · membuat kalimat sesuai dengan gambar · menyusun karangan berdasarkan gambar · mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf | · Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan · Menceritakan kembali cerita yang didengar · Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya · Membuat kalimat sesuai dengan gambar · Menyusun karangan berdasarkan gambar · Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf | | | |
4. Matematika · Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah | · Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah | · Garis bilangan · Penjumlahan dan pengurangan · Perkalian dan pembagian · Uang · Alat ukur · Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat | · menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan · menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan | · Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan · Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan | | | |
· 5. IPA : · Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup · Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan · | · Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana · Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga). · Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan | · Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup. · Perubahan pada makhluk hidup · Sifat-sifat benda | · menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya · menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya · menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya · menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya · menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia · menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan · menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zat aditif) terhadap tubuh · menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan · menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan · mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah · mengidentifikasi penyebab pencemaran air · mengidentifikasi penyebab pencemaran udara · menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan | · Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya · Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya · Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya · Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya · Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya · Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya · Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia · Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan · Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh · Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan · Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan · Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah · Mengidentifikasi penyebab pencemaran air · Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara · Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan | | | |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD 1 ARGAMAKMUR ( EDY SUSILO,S.Pd ) NIP.196907151993061001 | | ……...., ………………… 20… Guru Tematik Kelas III (LIS AWATI,A.MA.Pd ) NIP. |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar