SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||
1.1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia. 1.2. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah | Organ tubuh manusia dan hewan A. Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (Hlm.3) | o Melakukan kegiatan 1.1 dan tugas 1.1 o Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan o Memahami istilah dari
o Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut o Memahami proses pernapasan pada :
o Mendeskripsikan alat pernapasan hewan | o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan. o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya. o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan Unjuk kerja | Kegiatan 1.1 Hlm.4 Tugas 1.1 Hlm.5 | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Stoples plastik bening besar - Pipa kecil bercabang tiga - Plastisin - Karet gelang - Sedotan - Tiga balon kecil - Lakban - Gunting - Silet | ||||
1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan | Organ tubuh manusia dan hewan B. Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia. (Hlm.13) C. Hubungan Makanan Dan Kesehatan (Hlm.21)) | o Melakukan tugas 1.2 o Menjelaskan tugas dari alat pencernaan dan menyebutkan bagian alat pencernaan
o Memahami fungsi rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar o Menyebutkan gangguan pada alat pencernaan makanan yang berhubung-an dengan makanan dan tata cara makanan o Memahami fungsi dari zat gizi, kandungan zat gizi dalam makanan o Memahami fungsi dari kar-bohidrat, protein, lemak, air, mineral dan protein serta menyebutkan sumbernya o Memahami menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat lima sempurna) o Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar. | o Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia. o Mencari informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. o Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan. o Mengidentifikasi makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat. o Mempraktekkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya. | Tugas Individu | Uraian Objektif | – | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - | ||||
1.4. Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia. | Organ tubuh manusia dan hewan D. Alat Peredaran Darah Pada Manusia. (Hlm.28) | o Melakukan kegiatan 1.2 (Hlm.31) o Memahami fungsi jantung dan pembuluh darah. o Memahami bahwa jantung terdiri dari empat ruang
o Memahami bahwa pembuluh darah - Pembuluh Nadi (Arteri) - Pembuluh Balik (Vena) o Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik o Memahami intilah
o Memahami proses peredaran darah tertutup dan macam peredaran darah berdasarkan panjang pendek jalur yang ditempuh - Pembuluh Nadi (Arteri) - Pembuluh Balik (Vena) o Mampu menghitung denyut nadi sendiri dan orang lain | o Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar. | Tugas Individu | Laporan | Kegiatan 1.2 Hlm.31 | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Stopwatch - Jam tangan | ||||
1.5. Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia | Organ tubuh manusia dan hewan D. Alat Peredaran Darah Pada Manusia. (Hlm.28) | o Melakukan uji kompetensi (Hlm.36) o Latihan soal (Hlm.38) o Memahami penyakit yang menyerang darah dan alat peredaran darah - Anemia - Leukimia - Hipertensi - Penyakit jantung bawaan - Pembuluh nadi mengeras o Memehami cara memelihara kesehatan alat peredaran darah - menghindari makanan berlemak tinggi - membiasakan pola makan yang sehat - kegiatan fisik, istirahat dan olah raga yang teratur o Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik | o Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia. o Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah. | Tugas Individu | Laporan | Uji Kompetensi Hlm 26 Lat Ulangan Hlm.38 | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - | ||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||||||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||||||
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan | Tumbuhan Hijau A. Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau (Hlm.43) | o Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis o Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan - air → diperoleh melalui akar - karbon dioksida → masuk dari udara melalui stomata dan lentisel - cahaya matahari → diserap oleh klorofil o Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar 2.3) o Mengetahui hasil fotosintesis berupa - Karbohidrat - oksigen o Mengetahui tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya a. di dalam umbi b. di dalam buah c. dalam biji d. di dalam batang | o Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #) o Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan. | Tugas Individu | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Tugas 2.1 Hlm.46 | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - | ||||||||||||
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan | Tumbuhan Hijau B. Manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan hijau. (Hlm.48) C. Keadaan dunia tanpa tumbuhan hijau. (Hlm.52) | o Melakukan tugas 2.2 (Hlm.52) o Memahami tumbuhan hijau sebagai sumber makanan o Menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan a. Daun-daunan
b. Bunga-bungaan
c. Buah-buahan
d. Umbi-umbian
e. Tunas
f. Biji
o Mengetahui bahwa tumbuhan mempunyai manfaat sebagai a. Penyedap rasa - gula pasir → tebu - bumbu (merica, cengkeh, pala , kunyit, jahe) b. Obat-obatan - Pil kina (obat penyakit malaria) → kulit pohon kina c. Bahan sandang - Kain katun → serat kapas d. Peralatan rumah tangga - Kursi, meja → kayu dan bambu | o Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya. o Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi. o Memprediksi yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau. | Tugas Individu | Laporan Uraian Objektif | Tugas 2.2 Hlm.52 | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - | ||||||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup | Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya A. Penyesuaian dengan lingkungannya (Hlm.56) | o Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya o Mememahami penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan - Kupu-kupu → alat penghisap nektar yang panjang (probosis) - Lebah→ mempunyai bentuk mulut penjilat o Melakukan tugas 3.1 (Hl.61) o Mememahami hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya - Bunglon → mengubah warna tubuhnya - Walang sangit → mengeluarkan bau yang sangat menyengat - Walang daun → bentuk dan warna tubuh yang menterupai daun - Kala jengking, kelabang, dan lebah → mempunyai sengat - tubuh ke tubuh musuhnya o Melakukan tugas 3.2 (Hl.64) | o Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya. | Tugas Individu | Laporan Uraian Objektif | Tugas 3.1 Hlm.61 Tugas 3.2 Hlm.64 | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - |
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup | Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya B. Penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya | o Memahami peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungannya o Memahami bahwa tumbuhan ada yang hidup di tanah, gurun yuang kering dan panas dan di air. o Memahami bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda - Pohon jati → merontokkan atau menggugurkan daunnya - Kaktus → bentuk daun duri untuk mengurangi penguapan, batang kaktus menyimpan air. - Teratai → Daun berbentuk lebar dan tipis, batangnya memiliki rongga udara - Tumbuhan kantong semar→ Daun berbentuk kantong o Memahami bahwa tumbuhan menyesuaikan diri dari musuhnya - Bunga mawar → Batang bunga mawar memiliki duri-duri kecil - Bunga bugenvi → memiliki duri-duri panjang-panjang - Pohon mangga, kamboja, alamanda → Mengeluarkan getah - Buah durian → Memiliki kulit berduri | o Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam. | – | Uraian Objektif | – | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas | Benda dan sifatnya A. Penyusun bahan tali temali. (Hlm.75) B. Kekuatan bahan tali temali (Hlm.) C. Sifat tali temali | o Melakukan kegiatan 4.1 s.d 4.3 o Memahami peta konsep tentang bahan tali temali o Mengetahui bahan penyusun tali temali - Serat : Senar, nilon, ijuk, untaian kabel kecil pada kabel listrik - Benang : Benang jahit, benang kasur, benang nilon - Tambang atau tali : Tambang plastik, tambang kawat, o Memahami sifat benda yang dapat digunakan sebagai tali: - Lentur - Kuat o Memahami peta konsep tentang bahan tali temali. o Mengelompokkan tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya - Struktur pilinan - Struktur anyaman - Struktur lurus o Memahami kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya o Memahami cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali | o Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali. o Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya. o Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya. o Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas. o Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Kegiatan 4.1 Hlm.75 Kegiatan 4.2 Hlm.77 Kegiatan 4.3 Hlm.80 | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Seutas tambang plastik, benang kasur, benang jahit, ijuk, senar, lensa pembesar, tiga batu kecil, ember berisi air | ||
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap | Benda dan sifatnya D. Perubahan sifat benda (Hlm.81) E.Perubahan wujud yang dapat kembali dan tidak dapat kembali (Hlm.85) | o Melakukan kegiatan 4.4 (Hlm.82) o Tugas 4.1 dan tugas 4.2 o Mengerjakan uji kompetensi (Hlm.88) o Memahami penyebab perubahan pada benda
o Menyebutkan contoh perubahan yang dapat kembali. o Memahami prosese pembuatan garam o Menyebutkan contoh perubahan yang tidak dapat kembali. - Pembusukan pada sayuran dan buah - Pemasakan nasi - Pembuatan bubur - Perkaratan pada besi | o Mengumpulkan data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan. o Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses. o Mengidentifikasi faktor yang menyebabkan perubahan pada benda. o Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses. o Mendeskripsikan kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Kegiatan 4.4 Hlm.81 Tugas 4.1 Hlm.82 Tugas 4.1 Hlm.86 Uji Kompetensi Hlm.88 Lat Soal Hlm.90 Lat Ulangan Umum Hlm.96 | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Sebatang lilin, sehelai kertas, sekantung semen putih, seember air. | ||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) |
Mengetahui, Kepala SD 1 ARGAMAKMUR EDY SUSILO,S.Pd. NIP.196907151993061001 | | .......................................... 20 11 Guru KELAS V RABANI,S.Pd.SD NIP. |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar